kecilkan semua  

Teks -- Kisah Para Rasul 1:2-14 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
1:2 sampai pada hari Ia terangkat. Sebelum itu Ia telah memberi perintah-Nya oleh Roh Kudus kepada rasul-rasul yang dipilih-Nya. 1:3 Kepada mereka Ia menunjukkan diri-Nya setelah penderitaan-Nya selesai, dan dengan banyak tanda Ia membuktikan, bahwa Ia hidup. Sebab selama empat puluh hari Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah. 1:4 Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang -- demikian kata-Nya -- "telah kamu dengar dari pada-Ku. 1:5 Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus."
Yesus terangkat ke sorga
1:6 Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: "Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?" 1:7 Jawab-Nya: "Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya. 1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi." 1:9 Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka. 1:10 Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, 1:11 dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga."
Rasul-rasul menanti-nanti
1:12 Maka kembalilah rasul-rasul itu ke Yerusalem dari bukit yang disebut Bukit Zaitun, yang hanya seperjalanan Sabat jauhnya dari Yerusalem. 1:13 Setelah mereka tiba di kota, naiklah mereka ke ruang atas, tempat mereka menumpang. Mereka itu ialah Petrus dan Yohanes, Yakobus dan Andreas, Filipus dan Tomas, Bartolomeus dan Matius, Yakobus bin Alfeus, dan Simon orang Zelot dan Yudas bin Yakobus. 1:14 Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama, dengan beberapa perempuan serta Maria, ibu Yesus, dan dengan saudara-saudara Yesus.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Alfeus the father of James, one of the twelve,the father of Levi (Matthew), one of the twelve.
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Andreas the brother of Simon Peter
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Bartolomeus a man who was one of the twelve apostles
 · Filipus a man who was one of the twelve apostles,a son of Herod the Great; husband of Herodias; ruler of Iturea and Traconitis north and west of Galilee,a man who was one of the seven chosen to serve tables at the church at Jerusalem
 · Galilea a place where Israel encamped between Jericho and the Jordan,a town between Dor and Tirza in the territory of Ephraim (YC),a town just north of Joppa, originally a military base (YC),a place 12 miles south of Shechem now called Jiljiliah (YC)
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Maria mother of Jesus and wife of Joseph,a woman from Magdala in Galilee,the mother of James and Joses,the wife of Cleophas,the sister of Lazarus and Martha in Bethany,the mother of John Mark who was a nephew of Barnabas,a Christian woman in Rome who helped Paul
 · Matius a son of Alpheus; a tax collector who became one of the twelve apostles
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Samaria inhabitant(s) of Samaria
 · Petrus a man who was a leader among the twelve apostles and wrote the two epistles of Peter
 · Samaria residents of the district of Samaria
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Simon a son of Jonas and brother of Andrew; an apostle of Jesus Christ,a man who was one of the apostles of Christ and also called 'the Zealot',a brother of Jesus,a man who was a well-know victim of leprosy who had been healed by Jesus (NIV note),a man from Cyrene who was forced to carry the cross of Jesus,a Pharisee man in whose house Jesus' feet were washed with tears and anointed,the father of Judas Iscariot,a man who was a sorcerer in Samaria and who wanted to buy the gifts of the Spirit,a man who was a tanner at Joppa and with whom Peter was staying when Cornelius sent for him
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Tomas a man who was one of the twelve apostles also called on three occasions,
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yakobus a son of Zebedee; brother of John; an apostle,a son of Alpheus; an apostle,a brother of Jesus; writer of the epistle of James,the father (or brother) of the apostle Judas
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yohanes a son of Zebedee; younger brother of James; the beloved disciple of Christ,a relative of Annas the high priest,a son of Mary the sister of Barnabas, and surnamed Mark,the father of Simon Peter
 · Yudas a son of Mary and Joseph; half-brother of Jesus)
 · Yudea a region that roughly corresponded to the earlier kingdom of Judah
 · Yunus a son of Amittai; the prophet God sent to Nineveh,the prophet who was swallowed by the great fish; son of Amittai


Topik/Tema Kamus: Bait Allah /Bait Suci | Yesus | Rasul | Yesus Kristus | Naik, Kenaikan Kristus | Maria | Roh Kudus | Yakobus | Datang, Kedatangan Kristus | Bartolomeus | Orang Yahudi | Andreas | Doa Keluarga | Bangkit, Kebangkitan Kristus | Awan Kemuliaan | Filipus | Tomas | Tadeus | Simon | Kerja, Bekerja Keras | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kis 1:3 - MENAMPAKKAN DIRI. Nas : Kis 1:3 Lihat cat. --> Mat 28:9 [atau ref. Mat 28:9] tentang penampakan-penampakan Kristus setelah Dia bangkit dari antara ora...

Nas : Kis 1:3

Lihat cat. --> Mat 28:9

[atau ref. Mat 28:9]

tentang penampakan-penampakan Kristus setelah Dia bangkit dari antara orang mati

Full Life: Kis 1:4 - MENANTIKAN JANJI BAPA. Nas : Kis 1:4 (Dalam versiInggris NIV, ungkapan ini diterjemahkan "karunia yang dijanjikan Bapa"). Karunia yang dijanjikan Bapa (Yoel 2:28-29; Mat ...

Nas : Kis 1:4

(Dalam versiInggris NIV, ungkapan ini diterjemahkan "karunia yang dijanjikan Bapa"). Karunia yang dijanjikan Bapa (Yoel 2:28-29; Mat 3:11) adalah baptisan dalam Roh Kudus

(lihat cat. --> Kis 1:5).

[atau ref. Kis 1:5]

Penggenapan janji itu dilukiskan sebagai "penuhlah dengan Roh Kudus" (Kis 2:4). Jadi, "dibaptis dengan Roh Kudus" dan "dipenuhi dengan Roh Kudus" adakalanya dipertukartempatkan dalam kitab ini.

Baptisan dalam Roh Kudus jangan disamakan dengan menerima Roh Kudus pada saat pembaharuan

(lihat art. PEMBAHARUAN).

Dua pengalaman ini merupakan karya Roh yang berbeda, sering kali dipisahkan oleh waktu

(lihat art. PEMBAHARUAN PARA MURID).

Full Life: Kis 1:5 - DENGAN (DALAM) ROH KUDUS. Nas : Kis 1:5 Kata depan "dengan" adalah terjemahan dari kata Yunani _en_ yang sering kali diterjemahkan juga sebagai "dalam". Banyak orang lebih s...

Nas : Kis 1:5

Kata depan "dengan" adalah terjemahan dari kata Yunani _en_ yang sering kali diterjemahkan juga sebagai "dalam". Banyak orang lebih suka terjemahan "kamu akan dibaptiskan dalam Roh Kudus". Dengan demikian, "dibaptiskan dengan air" dapat juga diterjemahkan "dibaptiskan dalam air". Yesus sendirilah membaptiskan orang yang percaya kepada-Nya dalam Roh Kudus

(lihat cat. --> Yoh 1:33).

[atau ref. Yoh 1:33]

Full Life: Kis 1:8 - KAMU AKAN MENERIMA KUASA. Nas : Kis 1:8 Ayat ini merupakan ayat kunci kitab ini. Tujuan utama baptisan dalam Roh ini ialah penerimaan kuasa untuk bersaksi bagi Kristus sehin...

Nas : Kis 1:8

Ayat ini merupakan ayat kunci kitab ini. Tujuan utama baptisan dalam Roh ini ialah penerimaan kuasa untuk bersaksi bagi Kristus sehingga orang yang hilang dapat dimenangkan dan diajarkan untuk menaati semua yang diperintahkan-Nya. Hasilnya ialah bahwa Kristus dikenal, dikasihi, dipuji, dan dijadikan Tuhan atas umat pilihan Allah (bd. Mat 28:18-20; Luk 24:49; Yoh 5:23; 15:26-27).

  1. 1) "Kuasa" (Yun. _dunamis_) bukanlah sekadar kekuatan atau kemampuan; istilah ini khusus menunjuk kepada kuasa yang bekerja, yang bertindak. Lukas (dalam Injilnya dan dalam Kisah Para Rasul) menekankan bahwa kuasa Roh Kudus termasuk kekuasaan untuk mengusir roh-roh jahat dan urapan untuk menyembuhkan orang sakit sebagai kedua tanda penting yang menyertai pemberitaan Kerajaan Allah (mis. Luk 4:14,18,36; 5:17; Luk 6:19; Luk 9:1-2; Kis 6:8; 8:4-8,12-13; 10:38; 14:3; 19:8-12). Baptisan dalam Roh Kudus adalah persediaan Allah untuk membebaskan kuasa dari Roh Kudus ke dalam kehidupan orang percaya

    (lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).

  2. 2) Lukas dalam ayat ini tidak menghubungkan baptisan dalam Roh dengan keselamatan dan pembaharuan pribadi, namun kuasa ilahi di dalam orang percaya untuk bersaksi dengan keefektifan besar

    (lihat art. PEMBAHARUAN PARA MURID)

  3. 3) Karya utama Roh Kudus dalam bersaksi dan memberitakan Injil berhubungan dengan kedatangan-Nya atas orang percaya untuk kuasa dan kesaksian-Nya mengenai karya penyelamatan dan kebangkitan Kristus (bd. Kis 2:14-42). Lih. catatan berikutnya untuk ulasan bagaimana Roh bersaksi dan maknanya dalam kehidupan kita.

Full Life: Kis 1:8 - KAMU AKAN MENJADI SAKSI-KU. Nas : Kis 1:8 Baptisan dalam Roh Kudus bukan hanya memberikan kuasa untuk memberitakan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat (lih. catatan di atas), ...

Nas : Kis 1:8

Baptisan dalam Roh Kudus bukan hanya memberikan kuasa untuk memberitakan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat (lih. catatan di atas), tetapi juga meningkatkan keefektifan kesaksian itu karena hubungan yang diperdalam dan diperkuat dengan Bapa, Anak, dan Roh Kudus sebagai akibat kepenuhan Roh itu (bd. Yoh 14:26; 15:26,27).

  1. 1) Roh Kudus menyingkapkan dan memperdalam kehadiran pribadi Yesus Kristus kepada kita (Yoh 14:16-18). Kesaksian apa pun mengenai persekutuan intim dengan Yesus Kristus akan menghasilkan keinginan yang makin membara pada pihak kita untuk mengasihi, menghormati, dan menyenangkan Juruselamat kita

    (lihat art. AJARAN TENTANG ROH KUDUS).

  2. 2) Roh Kudus memberi kesaksian tentang "kebenaran" (Yoh 16:8,10) bahkan "seluruh kebenaran" (Yoh 16:13) yang "akan memuliakan Kristus" (Yoh 16:14), bukan hanya dengan kata-kata, tetapi juga dengan perbuatan. Demikianlah, kita yang sudah menerima kesaksian Roh mengenai karya penebusan Kristus dengan sendirinya akan menyatakan sifat Kristus, kasih, kebenaran, dan keadilan dalam kehidupan kita (bd. 1Kor 13:1-13).
  3. 3) Baptisan dalam Roh Kudus merupakan titik tolak di mana orang diberikan kuasa untuk bersaksi tentang Kristus dan menginsafkan orang yang terhilang akan dosa, kebenaran, dan penghakiman

    (lihat cat. --> Yoh 16:8).

    [atau ref. Yoh 16:8]

    Dampak dari keinsafan semacam itu akan tampak di dalam diri mereka yang memberitakan berita itu maupun dalam mereka yang menerimanya (Kis 2:39-40).
  4. 4) Baptisan dalam Roh Kudus hanya dapat diberikan kepada mereka yang hatinya sudah berbalik kepada Allah dalam pertobatan dari cara hidup yang fasik (Kis 2:38; 3:26). Baptisan itu dipelihara dengan komitmen yang sungguh-sungguh kepada Kristus

    (lihat cat. --> Kis 5:32).

    [atau ref. Kis 5:32]

  5. 5) Baptisan dalam Roh Kudus merupakan suatu baptisan ke dalam Roh yang kudus adanya (bd. "Roh kekudusan" dalam Rom 1:4). Jadi, jikalau Roh Kudus sungguh-sungguh berkarya di dalam kita dalam segala kepenuhannya, kita akan hidup lebih selaras dengan kekudusan Kristus. Berdasarkan kebenaran alkitabiah ini, setiap orang yang dibaptiskan dalam Roh Kudus akan memiliki kerinduan yang sangat untuk menyenangkan Kristus dengan segala cara; yaitu, kepenuhan Roh melengkapi karya Roh Kudus yang menyelamatkan dan menguduskan dalam kehidupan kita. Mereka yang mengakui dipenuhi Roh Kudus, namun hidup bertentangan dengan Roh kekudusan, menipu dirinya. Mereka yang mempertunjukkan karunia-karunia rohani, mengadakan mukjizat dan tanda-tanda ajaib, namun tak punya iman, kasih, dan kebenaran sejati bukan melakukannya melalui Roh Kudus, melainkan dengan roh yang tidak suci, yang tidak berasal dari Allah (Mat 7:21-23; bd. Mat 24:24; 2Kor 11:13-15; juga

    lihat art. KRITERIA UNTUK BAPTISAN DALAM ROH).

    Untuk ulasan lebih lanjut mengenai bersaksi bagi Kristus,

    lihat cat. --> Kis 13:31.

    [atau ref. Kis 13:31]

Full Life: Kis 1:14 - BERTEKUN DENGAN SEHATI DALAM DOA BERSAMA-SAMA. Nas : Kis 1:14 Pengalaman Pentakosta senantiasa melibatkan tanggung jawab manusia. Mereka yang membutuhkan pencurahan Roh agar berkuasa untuk melak...

Nas : Kis 1:14

Pengalaman Pentakosta senantiasa melibatkan tanggung jawab manusia. Mereka yang membutuhkan pencurahan Roh agar berkuasa untuk melakukan pekerjaan Allah harus menyerahkan dirinya kepada Roh Kudus lewat suatu komitmen kepada kehendak Allah dan melalui doa (ayat Kis 1:4; 2:38; Kis 9:11-17; bd. Yes 40:29-31; Luk 11:5-13; 24:49). Perhatikan kesamaan-kesamaan di antara turunnya Roh Kudus atas Yesus dan turun-Nya atas murid Yesus.

  1. 1) Roh Kudus turun ke atas mereka setelah mereka berdoa (Luk 3:21-22; Kis 1:14; 2:4).
  2. 2) Ada kenyataan-kenyataan yang dapat dilihat dari Roh (Luk 3:22; Kis 2:2-4).
  3. 3) Pelayanan Yesus dan para rasul baru dimulai setelah Roh Kudus turun ke atas mereka (bd. Mat 3:16 dengan Mat 4:17; Luk 3:21-23 dengan Luk 4:14-19; bd. Kis 2:14-47).

BIS: Kis 1:4 - pada waktu Ia berkumpul bersama mereka pada waktu Ia berkumpul bersama mereka: ketika mereka berkumpul; atau ketika Ia makan bersama mereka.

pada waktu Ia berkumpul bersama mereka: ketika mereka berkumpul; atau ketika Ia makan bersama mereka.

Jerusalem: Kis 1:2 - terangkat Teks Barat tidak menyebutkan pengangkatan ke sorga

Teks Barat tidak menyebutkan pengangkatan ke sorga

Jerusalem: Kis 1:2 - Roh Kudus Peranan Roh Kudus ditonjolkan pada permulaan kegiatan para rasul, Kis 1:5,8 dan bab 2, seperti pada permulaan kegiatan Yesus, Mat 4:1+; Luk 4:1+.

Peranan Roh Kudus ditonjolkan pada permulaan kegiatan para rasul, Kis 1:5,8 dan bab 2, seperti pada permulaan kegiatan Yesus, Mat 4:1+; Luk 4:1+.

Jerusalem: Kis 1:3 - Kerajaan Allah Bdk Mat 4:17+; ini tetap merupakan pokok utama pemberian para rasul, bdk Kis 8:12; 19:8; 20:25; 28:23,31 seperti merupakan pokok utama pemberitaan Yes...

Bdk Mat 4:17+; ini tetap merupakan pokok utama pemberian para rasul, bdk Kis 8:12; 19:8; 20:25; 28:23,31 seperti merupakan pokok utama pemberitaan Yesus sendiri, bdk Mat 3:2+; Mar 1:1+.

Jerusalem: Kis 1:4 - Yerusalem Menurut pandangan Lukas Yerusalem oleh Allah ditentukan menjadi pusat karya penyelamatan, Luk 2:22+; Luk 2:38+. Di sana karya Yesus di dunia diselesai...

Menurut pandangan Lukas Yerusalem oleh Allah ditentukan menjadi pusat karya penyelamatan, Luk 2:22+; Luk 2:38+. Di sana karya Yesus di dunia diselesaikan, Luk 24:33 dst, dan dari situ bertolaklah karya para rasul yang memberitakan Injil kepada dunia semesta, Luk 24:47; Kis 1:8,12; 6:7; 8:1; 11:19; 15:30,36, dll.

Jerusalem: Kis 1:5 - dibaptis dengan Roh Kudus Baptisan dengan Roh Kudus yang dinubuatkan oleh Yohanes Pembaptis, Mat 3:11 dsj, dan yang di sini dijanjikan oleh Yesus itu akan mulai dilaksanakan de...

Baptisan dengan Roh Kudus yang dinubuatkan oleh Yohanes Pembaptis, Mat 3:11 dsj, dan yang di sini dijanjikan oleh Yesus itu akan mulai dilaksanakan dengan pencurahan Roh Kudus pada hari Pentakosta, Kis 2:1-4. Sesuai dengan perintah Kristus, Mat 28:19, para rasul akan tetap membaptis dengan air, Kis 2:41; 8:12,38; 9:18; 10:48; 16:15,33; 18:8; 19:5, sebagai upacara pemasukan ke dalam kerajaan Mesias, bdk Mat 3:6+, tetapi mereka membaptis "dalam nama Yesus", Kis 2:38+; berkat iman dan karya yang dilaksanakan Kristus, bdk Rom 6:4+, baptisan itu selanjutnya berdaya menghapus dosa dan memberikan Roh Kudus, Kis 2:38. Sehubungan dengan baptisan Kristen dengan air itu muncullah sebuah upacara lain ialah penumpangan tangan, 1Ti 4:14+, yang bermaksud secara kelihatan dan karismatis memberikan Roh Kudus, serupa dengan pemberian Roh Kudus pada hari Pentakosta, Kis 8:16-19; 9:17-18; 19:5-6 (tetapi bdk Kis 10:44-48). Upacara ini menjadi asal-usul sakramen penguatan. Di samping sakramen-sakramen Kristen tersebut, baptisan Yohanes juga masih beberapa lamanya dipraktekkan oleh sementara orang Kristen yang kurang terdidik, Kis 19:3.

Jerusalem: Kis 1:6 - berkumpul Kis 1:6 melanjutkan cerita yang dihentikan dalam Luk 24:49

Kis 1:6 melanjutkan cerita yang dihentikan dalam Luk 24:49

Jerusalem: Kis 1:6 - kerajaan bagi Israel Penegakan kerajaan Mesias oleh para rasul masih dianggap sebagai pemulihan sementara dari kerajaan Daud. Bdk Mat 4:17+.

Penegakan kerajaan Mesias oleh para rasul masih dianggap sebagai pemulihan sementara dari kerajaan Daud. Bdk Mat 4:17+.

Jerusalem: Kis 1:7 - masa dan waktu Allah memasukkan rencana penyelamatanNya ke dalam sejarah umat manusia, sejak awal mula (Rom 16:25+; 1Ko 2:7; Efe 1:4; 3:9,11; Kol 1:26; 2Ti 1:9; bdk ...

Allah memasukkan rencana penyelamatanNya ke dalam sejarah umat manusia, sejak awal mula (Rom 16:25+; 1Ko 2:7; Efe 1:4; 3:9,11; Kol 1:26; 2Ti 1:9; bdk Mat 25:34) menentukan "masa dan waktu", bdk Dan 2:21; 1Te 5:1; 1) dahulu masa persiapan, Ibr 1:2; 9:9; 1Pe 1:11, dan "masa kesabaran Allah", Rom 3:26; Kis 17:30; kemudian 2) "kegenapan waktu", Gal 4:4+, ialah saat yang dipilih untuk kedatangan Mesias yang membuka masa keselamatan, Rom 3:26+; selanjutnya 3) masa yang berlangsung hingga Parusia, 2Ko 6:2+; dan akhirnya 4) Hari terakhir, 1Ko 1:8+ dan hari pengadilan terakhir, Rom 2:6+, yang didahului "waktu-waktu kemudian", 1Ti 4:1+.

Jerusalem: Kis 1:8 - Roh Kudus Merupakan pokok yang disenangi Lukas (Luk 4:1+) dan biasanya nampak sebagai suatu kekuatan atau daya, Luk 1:35; 24:49; Kis 1:8; 10:38; Rom 15:13,19; 1...

Merupakan pokok yang disenangi Lukas (Luk 4:1+) dan biasanya nampak sebagai suatu kekuatan atau daya, Luk 1:35; 24:49; Kis 1:8; 10:38; Rom 15:13,19; 1Ko 2:4-5; 1Te 1-5; Ibr 2:4, yang dari Allah dikirim oleh Kristus, Kis 2:33, untuk penyiaran Kabar Gembira. Roh itu memberikan berbagai karunia, 1Ko 12:4 dst yang mengesahkan pewartaan: karunia bahasa-bahasa lain, Kis 2:4+, karunia membuat mujizat, Kis 10:38, karunia bernubuat, Kis 11:27+; Kis 20:23; 21:11, karunia hikmat, Kis 6:3,5,10; Roh itu memberikan kekuatan untuk memberitakan Kristus kendati pengejaran, Kis 4:8,31; 5:32; 6:10; bdk Fili 1:19, dan memberikan kesaksian tentang Dia, Mat 10:20 dsj; Yoh 15:26; Kis 1:8; 2Ti 1:7 dst, bdk catatan berikut: membimbing Gereja dalam mengambil keputusan-keputusan yang penting: orang-orang kapir diijinkan masuk dalam Gereja, Kis 8:29,39; 10:19,44-47; 11; 12-16; 15:8; menghapus bagi mereka kewajiban hukum Taurat, Kis 15:28, dan menjiwai karya Paulus di dunia bukan Yahudi, Kis 13:2 dst; Kis 16:6-7; 19:1 (teks barat), bdk Mat 3:16+. Tetapi Kisah Para Rasul juga mengenal karunia Roh Kudus yang diterima waktu orang dibaptis dan yang memberikan pengampunan dosa, Kis 2:38; bdk Rom 5:5+

Jerusalem: Kis 1:8 - saksiKu Tugas utama para rasul ialah memberikan kesaksian: tentang kebangkitan Yesus, Luk 24:48; Kis 2:32; 3:15; 4:33; 5:32; 13:31; 22:15, dan bahkan tentang ...

Tugas utama para rasul ialah memberikan kesaksian: tentang kebangkitan Yesus, Luk 24:48; Kis 2:32; 3:15; 4:33; 5:32; 13:31; 22:15, dan bahkan tentang seluruh karyaNya di depan umum, Luk 1:2; Yoh 15:27; Kis 1:22; 10:39 dst. Bdk Rom 1:1+

Jerusalem: Kis 1:8 - sampai ke ujung bumi Tugas para rasul merangkum dunia semesta, Yes 45:14. Tahap-tahap yang dalam ayat ini disebutkan menggariskan kerangka geografis Kisah Para Rasul: Yeru...

Tugas para rasul merangkum dunia semesta, Yes 45:14. Tahap-tahap yang dalam ayat ini disebutkan menggariskan kerangka geografis Kisah Para Rasul: Yerusalem yang menjadi tempat di mana injil Lukas berhenti dan yang sekarang menjadi titik tolaknya; bdk Luk 2:38+.

Jerusalem: Kis 1:9 - awan Bilamana Perjanjian Lama menggambarkan penampakan Allah maka awan menjadi unsur yang lazim, Kel 13:22, dan demikianpun halnya dengan Perjanjian Baru, ...

Bilamana Perjanjian Lama menggambarkan penampakan Allah maka awan menjadi unsur yang lazim, Kel 13:22, dan demikianpun halnya dengan Perjanjian Baru, Luk 9:34-35 dsj. Awan itupun membarengi, Dan 7:13, Parusia Anak Manusia, Mat 24:30+; di sini Kis 1:11; bdk 1Te 4:17; Wah 1:7; 14:14-16.

Jerusalem: Kis 1:11 - -- Dalam teks barat ayat ini berbunyi: Dia yang diangkat meninggalkan kamu, Yesus yang sama itu akan datang (kembali) seperti itu, dengan cara yang sama

Dalam teks barat ayat ini berbunyi: Dia yang diangkat meninggalkan kamu, Yesus yang sama itu akan datang (kembali) seperti itu, dengan cara yang sama

Jerusalem: Kis 1:11 - datang kembali Ialah kedatangan mulia dalam Parusia, bdk Mat 16:27 dsj; Mat 24:30 dsj+; Mat 25:31; 1Te 4:16; 2Te 1:7 dst.

Ialah kedatangan mulia dalam Parusia, bdk Mat 16:27 dsj; Mat 24:30 dsj+; Mat 25:31; 1Te 4:16; 2Te 1:7 dst.

Jerusalem: Kis 1:13 - Yudas bin Yakobus Kata "bin" ditambahkan (seperti halnya dengan: Yakobus bin Alfeus). Rasul Yudas ini berbeda dengan Yudas saudara Yesus, bdk Mat 13:55; Mar 6:3, yang a...

Kata "bin" ditambahkan (seperti halnya dengan: Yakobus bin Alfeus). Rasul Yudas ini berbeda dengan Yudas saudara Yesus, bdk Mat 13:55; Mar 6:3, yang adalah saudara Yakobus (Yud 1). Rupanya rasul Yakobus bin Alfeus juga tidak boleh disamakan dengan Yakobus, saudara Yesus, Kis 12:17; 15:13, dll.

Jerusalem: Kis 1:14 - dalam doa bersama Dalam Kisah para rasul terdapat beberapa contoh ketekunan dalam berdoa seperti dianjurkan, Mat 6:5+, dan dilaksanakan, Mat 14:23+, oleh Yesus: Jemaat ...

Dalam Kisah para rasul terdapat beberapa contoh ketekunan dalam berdoa seperti dianjurkan, Mat 6:5+, dan dilaksanakan, Mat 14:23+, oleh Yesus: Jemaat berdoa dengan diketuai rasul-rasul, Kis 4:23-30; 6:4, dan pusat doa itu ialah "pemecahan roti", Kis 2:42,46; 20:7-11. Peristiwa-peristiwa penting disertai doa, seperti misalnya: waktu pejabat umat dipilih dan ditahbiskan, Kis 1:24; 6;6; 13:3; 14:23, waktu orang-orang Samaria diberi Roh Kudus melalui peletakan tangan, Kis 8:15, waktu jemaat dianiaya, Kis 4:24-31; 12:5,12. Ada juga orang yang secara pribadi berdoa: Stefanus berdoa untuk dirinya sendiri dan para pembunuhnya, Kis 7:59-60, Paulus berdoa setelah Yesus nampak kepadanya, Kis 9:11, Petrus dan Paulus berdoa sebelum mengerjakan mujizat; Kis 9:40; 28:8, Petrus berdoa waktu oleh Allah disuruh menerima Kornelius, Kis 10:9; 11:5, yang sendiri tekun dalam berdoa, Kis 10:2,4,30-31. Paulus dan Silas berdoa waktu di penjara, Kis 16:25, dan Paulus berdoa waktu pamitan dengan sahabat-sahabatnya di Miletus, Kis 20:36, dan Tirus, Kis 21:5. Biasanya doa itu berupa doa permohonan, a.1. untuk mendapat pengampunan dosa, Kis 8:22-24. Tetapi ada juga pujian, Kis 16:25, dan syukur,Kis 28:15. Dan juga dapat berupa kesaksian iman, seperti "berseru kepada nama Tuhan", Kis 2:21,38; 9:14,21; 22:16, sebagai doa khas Kristen

Jerusalem: Kis 1:14 - saudara-saudara Yesus Ialah kemenakan Yesus, bdk Mat 12:46+.

Ialah kemenakan Yesus, bdk Mat 12:46+.

Ende: Kis 1:1-4 - -- Kis 1:1-3 menundjukkan bahwa ada hubungan langsung antara Kisah Rasul-rasul dengan Indjil ketiga. Kis 1:4 sebagai ulangan dari Luk 24:29 merupakan sua...

Kis 1:1-3 menundjukkan bahwa ada hubungan langsung antara Kisah Rasul-rasul dengan Indjil ketiga. Kis 1:4 sebagai ulangan dari Luk 24:29 merupakan suatu mata-rantai penghubung.

Ende: Kis 1:6 - -- Murid-murid jang bertanja rupanja belum lepas dari angan-angan nasional Jahudi, bahwa Keradjaan Allah jang baru, jaitu keradjaan Mesias, harus berdasa...

Murid-murid jang bertanja rupanja belum lepas dari angan-angan nasional Jahudi, bahwa Keradjaan Allah jang baru, jaitu keradjaan Mesias, harus berdasarkan keradjaan politik, jang mereka bajangkan sebagai keradjaan David jang terpilih.

Ende: Kis 1:7-8 - -- Jesus rupanja merasa tak perlu mendjawab pertanjaan murid-murid tadi. Tak lama lagi Roh Kudus akan mendjawab dengan memberi pengertian jang benar. Jes...

Jesus rupanja merasa tak perlu mendjawab pertanjaan murid-murid tadi. Tak lama lagi Roh Kudus akan mendjawab dengan memberi pengertian jang benar. Jesus hanja mengulangi amanatNja bahwa mereka bertugas memberi kesaksian akan kebenaran Indjil sampai keperbatasan bumi, jaitu bahwa keradjaan Mesias meliputi seluruh bumi.

Ende: Kis 1:12 - -- Bagi orang Jahudi terlarang berdjalan pada hari Sabat lebih djauh dari dua ribu elo, kira-kira 900 m.

Bagi orang Jahudi terlarang berdjalan pada hari Sabat lebih djauh dari dua ribu elo, kira-kira 900 m.

Ende: Kis 1:13 - -- Teranglah bahwa rasul-rasul jang disebut namanja disini, dan bersiap untuk menerima Roh Kudus dan bertolak melaksanakan amanat Jesus, adalah jang sama...

Teranglah bahwa rasul-rasul jang disebut namanja disini, dan bersiap untuk menerima Roh Kudus dan bertolak melaksanakan amanat Jesus, adalah jang sama dengan jang mula-mula dipilih dan selama dua tiga tahun dididik setjara istimewa oleh Jesus. Oleh hal itu njata pula, bahwa pertumbuhan dan perkembangan umat jang diriwajatkan dalam karangan Kis. Ras. ini, dengan sebenar-benarnja umat Keradjaan Allah baru jang dimaklumkan oleh Jesus, dan berdiri "diatas dasar para rasul dan nabi-nabi, dan Jesus sebagai batu sendinja" Efe 2:20.

Ende: Kis 1:13 - Jakobus anak Alfeus Demikian ia disebut djuga dalam Mat 10:3 dan Luk 6:14. Ia sangat umum disamakan dengan Jakobus, jang akan kita djumpai dalam Kis 12:17; 15:13; 21:18; ...

Demikian ia disebut djuga dalam Mat 10:3 dan Luk 6:14. Ia sangat umum disamakan dengan Jakobus, jang akan kita djumpai dalam Kis 12:17; 15:13; 21:18; Gal 1:19, dan jang mendjadi pemimpin agung (uskup) umat induk Jerusalem, sesudah berangkatnja Petrus jang diberikan dalam Kis 12:17. Iapun penulis surat jang berdjudul "surat Jakobus" (Jak.) dalam Kitab Kudus.

Ende: Kis 1:14 - Saudara-saudara murid-murid jang sekaum keluarga dengan Jesus.

murid-murid jang sekaum keluarga dengan Jesus.

Ref. Silang FULL: Kis 1:2 - Ia terangkat // memberi perintah-Nya // kepada rasul-rasul // yang dipilih-Nya · Ia terangkat: Kis 1:9,11; Mr 16:19; Mr 16:19 · memberi perintah-Nya: Mat 28:19,20 · kepada rasul-rasul: Mr 6:30; Mr 6:30 &middo...

· Ia terangkat: Kis 1:9,11; Mr 16:19; [Lihat FULL. Mr 16:19]

· memberi perintah-Nya: Mat 28:19,20

· kepada rasul-rasul: Mr 6:30; [Lihat FULL. Mr 6:30]

· yang dipilih-Nya: Yoh 13:18; 15:16,19

Ref. Silang FULL: Kis 1:3 - menampakkan diri // Kerajaan Allah · menampakkan diri: Mat 28:17; Luk 24:34,36; Yoh 20:19,26; 21:1,14; 1Kor 15:5-7 · Kerajaan Allah: Mat 3:2; Mat 3:2

· menampakkan diri: Mat 28:17; Luk 24:34,36; Yoh 20:19,26; 21:1,14; 1Kor 15:5-7

· Kerajaan Allah: Mat 3:2; [Lihat FULL. Mat 3:2]

Ref. Silang FULL: Kis 1:4 - situ menantikan // kamu dengar · situ menantikan: Mazm 27:14 · kamu dengar: Luk 24:49; Yoh 14:16; Kis 2:33

· situ menantikan: Mazm 27:14

· kamu dengar: Luk 24:49; Yoh 14:16; Kis 2:33

Ref. Silang FULL: Kis 1:5 - dengan air // Roh Kudus · dengan air: Mr 1:4; Mr 1:4 · Roh Kudus: Mr 1:8; Mr 1:8

· dengan air: Mr 1:4; [Lihat FULL. Mr 1:4]

· Roh Kudus: Mr 1:8; [Lihat FULL. Mr 1:8]

Ref. Silang FULL: Kis 1:6 - ini memulihkan · ini memulihkan: Mat 17:11; Kis 3:21

· ini memulihkan: Mat 17:11; Kis 3:21

Ref. Silang FULL: Kis 1:7 - menurut kuasa-Nya · menurut kuasa-Nya: Ul 29:29; Mazm 102:14; Mat 24:36

· menurut kuasa-Nya: Ul 29:29; Mazm 102:14; Mat 24:36

Ref. Silang FULL: Kis 1:8 - atas kamu // menjadi saksi-Ku // dan Samaria // ujung bumi · atas kamu: Kis 2:1-4 · menjadi saksi-Ku: Luk 24:48; Luk 24:48 · dan Samaria: Kis 8:1-25 · ujung bumi: Mat 28:19; Mat 28:...

· atas kamu: Kis 2:1-4

· menjadi saksi-Ku: Luk 24:48; [Lihat FULL. Luk 24:48]

· dan Samaria: Kis 8:1-25

· ujung bumi: Mat 28:19; [Lihat FULL. Mat 28:19]

Ref. Silang FULL: Kis 1:9 - demikian, terangkatlah · demikian, terangkatlah: Kis 1:2; Mr 16:19; Mr 16:19

· demikian, terangkatlah: Kis 1:2; Mr 16:19; [Lihat FULL. Mr 16:19]

Ref. Silang FULL: Kis 1:10 - berpakaian putih · berpakaian putih: Yoh 20:12; Yoh 20:12

· berpakaian putih: Yoh 20:12; [Lihat FULL. Yoh 20:12]

Ref. Silang FULL: Kis 1:11 - orang-orang Galilea // datang kembali · orang-orang Galilea: Kis 2:7 · datang kembali: Mat 16:27; Mat 16:27

· orang-orang Galilea: Kis 2:7

· datang kembali: Mat 16:27; [Lihat FULL. Mat 16:27]

Ref. Silang FULL: Kis 1:12 - ke Yerusalem // Bukit Zaitun · ke Yerusalem: Luk 24:52 · Bukit Zaitun: Mat 21:1; Mat 21:1

· ke Yerusalem: Luk 24:52

· Bukit Zaitun: Mat 21:1; [Lihat FULL. Mat 21:1]

Ref. Silang FULL: Kis 1:13 - ruang atas // bin Yakobus · ruang atas: Kis 9:37; 20:8 · bin Yakobus: Mat 10:2-4; Mr 3:16-19; Luk 6:14-16

· ruang atas: Kis 9:37; 20:8

· bin Yakobus: Mat 10:2-4; Mr 3:16-19; Luk 6:14-16

Ref. Silang FULL: Kis 1:14 - dalam doa // beberapa perempuan // dengan saudara-saudara · dalam doa: Kis 2:42; 4:24; 6:4; Luk 18:1; Luk 18:1; Rom 1:10; Rom 1:10 · beberapa perempuan: Luk 23:49,55 · dengan saudara-saud...

· dalam doa: Kis 2:42; 4:24; 6:4; Luk 18:1; [Lihat FULL. Luk 18:1]; Rom 1:10; [Lihat FULL. Rom 1:10]

· beberapa perempuan: Luk 23:49,55

· dengan saudara-saudara: Mat 12:46; [Lihat FULL. Mat 12:46]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kis 1:1-5 - Bukti-bukti Kebangkitan Kristus; Pesan Kristus kepada Rasul-rasul-Nya Sejarawan yang terilhami ini memulai ceritanya dalam Kisah Para Rasul,...

Matthew Henry: Kis 1:6-11 - Pesan Kristus kepada Para Rasul-Nya; Kenaikan Kristus ke Sorga Pesan Kristus kepada Para Rasul-Nya; Kenaikan Kristus ke Sorga ( Kis 1:6-11) ...

Matthew Henry: Kis 1:12-14 - Para Rasul di Yerusalem Para Rasul di Yerusalem ( Kis 1:12-14) ...

SH: Kis 1:1-14 - Karya nyata Yesus (Jumat, 21 Mei 1999) Karya nyata Yesus Karya nyata Yesus. Penjelasan Lukas ini merupakan kelanjutan dari penjelasannya ...

SH: Kis 1:1-11 - Wawasan baru kemuridan (Jumat, 6 Juni 2003) Wawasan baru kemuridan Wawasan baru kemuridan. Zaman kita kini adalah zaman yang ironis. Berbagai info...

SH: Kis 1:1-11 - Menjadi saksi Kristus (Kamis, 21 Mei 2009) Menjadi saksi Kristus Judul: Menjadi saksi Kristus Apa yang menjadikan peristiwa di perikop pertama Ki...

SH: Kis 1:1-11 - Dua kacamata (Kamis, 13 Mei 2010) Dua kacamata Judul: Dua kacamata Empat puluh hari berlalu sudah dari hari Paskah. Tuhan Yesus sudah be...

SH: Kis 1:1-11 - Menjadi Saksi Kristus (Kamis, 17 Mei 2018) Menjadi Saksi Kristus Kisah Para Rasul adalah kitab kedua yang ditulis Lukas untuk Teofilus yang merupakan tokoh ...

SH: Kis 1:1-5 - Berita benar, sikap benar (Kamis, 9 Juni 2011) Berita benar, sikap benar Judul: Berita benar, sikap benar Kebenaran objektif di dalam kekristenan buk...

SH: Kis 1:5 - Baptisan Roh Kudus (Sabtu, 22 Mei 2010) Baptisan Roh Kudus Judul: Baptisan Roh Kudus Syukur Roh Kudus telah hadir, membuat kehadiran Yesus ter...

SH: Kis 1:6-11 - Kesempatan untuk menjadi saksi (Jumat, 10 Juni 2011) Kesempatan untuk menjadi saksi Judul: Kesempatan untuk menjadi saksi Philip Yancey, dalam bukunya "Buk...

SH: Kis 1:6-11 - Pergi untuk kembali (Kamis, 29 Mei 2014) Pergi untuk kembali Judul: Pergi untuk kembali Minggus Tahitu, seorang penulis lagu tempo dulu, menuli...

SH: Kis 1:6-11 - Yang Perlu Diketahui (Kamis, 5 Mei 2016) Yang Perlu Diketahui Sering kali keingintahuan kita dilandasi oleh motivasi yang ada di dalam diri kita untuk ses...

SH: Kis 1:6-11 - Kepastian Kedatangan Kristus Kembali (Kamis, 21 Mei 2020) Kepastian Kedatangan Kristus Kembali Allah kita adalah Allah yang teratur. Ia melakukan apa yang menjadi ketetapa...

SH: Kis 1:6-11 - Menjadi Saksi Kristus (Kamis, 16 Mei 2024) Menjadi Saksi Kristus Ragam peristiwa yang menakjubkan ditunjukan oleh Yesus. Hal ini telah membuktikan bahwa Ia ...

SH: Kis 1:6-8 - Tanggung jawab untuk bersaksi (Minggu, 27 Mei 2012) Tanggung jawab untuk bersaksi Judul: Tanggung jawab untuk bersaksi Bangkitnya Yesus dari kematian memb...

SH: Kis 1:12-26 - Dua belas (Sabtu, 7 Juni 2003) Dua belas Dua belas. Sebagian orang menganggap bahwa Alkitab menarik karena penuh dengan angka-ang...

SH: Kis 1:12-26 - Bertekun dalam penantian (Sabtu, 11 Juni 2011) Bertekun dalam penantian Judul: Bertekun dalam penantian Bagi sebagian orang, menanti bukanlah perkara...

SH: Kis 1:12-14 - Menantikan kuasa dari Atas (Jumat, 22 Mei 2009) Menantikan kuasa dari Atas Judul: Menantikan kuasa dari Atas Apa yang bisa dilakukan oleh para pengiku...

SH: Kis 1:12-14 - Janji Penyertaan-Nya (Jumat, 18 Mei 2018) Janji Penyertaan-Nya Sebelum Yesus menderita dan disalibkan, Ia telah mengingatkan para murid untuk tegar menghad...

Utley: Kis 1:1-5 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 1:1-5...

Utley: Kis 1:6-11 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 1:6-11...

Utley: Kis 1:12-14 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 1:12-14...

Topik Teologia: Kis 1:2 - -- Roh Kudus Roh Kudus dan Kehidupan Kristus Roh dan Yesus pada Masa dan Sesudah Kesengsaraan-Nya Roh di dalam Period...

Topik Teologia: Kis 1:3 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Keadaan yang Berkenaa...

Topik Teologia: Kis 1:4 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kedaulatan Pemerintahan Allah Pemerintahan Allah (Kerajaan) di...

Topik Teologia: Kis 1:5 - -- Roh Kudus Roh di dalam Periode Paska Kebangkitan Luk 24:49 ...

Topik Teologia: Kis 1:6 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kedaulatan Pemerintahan Allah Pemerintahan Allah (Kerajaan) di...

Topik Teologia: Kis 1:7 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kedaulatan Pemerintahan Allah Pemerintahan Allah (Kerajaan) di...

Topik Teologia: Kis 1:8 - -- Roh Kudus Sifat Ilahi Roh Kudus Pernyataan Yesus tentang Roh Mat 10:20...

Topik Teologia: Kis 1:9 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Keadaan yang Berkenaa...

Topik Teologia: Kis 1:10 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Eskatologi Kedatangan Kristus Kedua Kali ...

Topik Teologia: Kis 1:11 - -- Yesus Kristus Penggenapan Mat 25:31 ...

Topik Teologia: Kis 1:12 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita dan Peranannya Dalam Agama Wanita Dalam Jemaat yang Mula-mula Wanita-wanita adalah Bag...

Topik Teologia: Kis 1:14 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Tubuh Manusia Yesus Memiliki Keturunan Secara Jasmaniah ...

TFTWMS: Kis 1:1-2 - Cerita Bersambung Teragung Yang Pernah Ditulis 1 CERITA BERSAMBUNG TERAGUNG YANG PERNAH DITULIS (Kis 1:1, 2) Pada mu...

TFTWMS: Kis 1:1-5 - Tinjauan Diberikan TINJAUAN DIBERIKAN (Kis 1:1-5) Lukas memulai kitab Kisah dengan mengi...

TFTWMS: Kis 1:4-8 - Pemerintahan Dijanjikan PEMERINTAHAN DIJANJIKAN (Kis 1:4-8) Ketika mengajar murid-murid-Nya t...

TFTWMS: Kis 1:8 - Tentang Apakah Semuanya Ini? 2 TENTANG APAKAH SEMUANYA INI? (Kis 1:8) Garis besar paling sederhana Kitab K...

TFTWMS: Kis 1:9-11 - Kedatangan Kembali Diumumkan KEDATANGAN KEMBALI DIUMUMKAN (Kis 1:9-11) Setelah empat puluh hari, ...

TFTWMS: Kis 1:12-14 - Hubungan Diperkuat HUBUNGAN DIPERKUAT (Kis 1:12-14) Selagi para rasul meluangkan waktu...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Penulis : Lukas Tema : Penyebaran Injil yang Penuh Keberhasilan Melalui ...

Full Life: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Kis 1:1-11) ...

Matthew Henry: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) ...

Jerusalem: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH PARA RASUL PENGANTAR Injil ketiga dan Kisah para Rasul aslinya merup...

Ende: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL KATA PENGANTAR Tentang isi dan maksud karangan ini umumnja Mula-mula sebagai landjutan ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) PERSIAPAN DI MENIT-MENIT TERAKHIR (Kis 1:1-11) Seorang pembuat filem...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) GARIS BESAR KITAB KISAH PARA RASUL (Pasal 1-28) ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) DAFTAR KATA: BAGIAN PERTAMA Baptisan (baptisma atau baptismos)-Kata "baptisan" merup...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) ROH KUDUS DALAM KITAB KISAH TIGA MANIFESTASI KUASA ILAHI Roh Kudus adalah salah satu oknum ke-Allah-an (Kolosia ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Ringkasan Kitab Kisah: PENEBUSAN TERLAKSANA Kitab Kisah menjawab banyak nubuatan yang membingungkan. Seandainya kitab ini ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Ringkasan Kitab Kisah: FIRMAN ALLAH DITEGUHKAN OLEH PELBAGAI MUJIZAT Dalam semua peristiwa pemakaian mujizat secara menakj...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Ringkasan Kitab Kisah: KISAH TENTANG SESUATU YANG BARU Hembusan udara segar bertiup melewati Kitab Kisah -suatu aroma yang...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Ringkasan Kitab Kisah: INJIL UNIVERSAL BERAKSI Tidak mudah bagi anak-anak Abraham untuk meninggalkan hukum Musa. Dibutuhka...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Ringkasan Kitab Kisah: CATATAN TENTANG KOMITMEN Kitab Kisah adalah kitab tentang perubahan. Kitab itu mencatat era pembuat...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Ringkasan Kitab Kisah: KEDATANGAN GEREJA Dalam kitab Kisah muncul sesuatu yang baru dan mengejutkan yang menunjukkan klima...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Ringkasan Kitab Kisah: PEMERINTAHAN BARU ALLAH Para pelajar Alkitab melihat adanya pemerintahan Allah di antara umat manus...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Ringkasan Kitab Kisah: IBADAH BARU UNTUK KEMULIAAN KRISTUS Dalam satu hari praktik ibadah ribuan orang Yahudi berubah! Bag...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Ringkasan Kitab Kisah: KEBAJIKAN PENUH KASIH Kebajikan dan perhatian terhadap semua orang lain merupakan hal yang sama sek...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Ringkasan Kitab Kisah: POTRET GEREJA-GEREJA TELADAN Kitab Kisah merupakan satu-satunya kitab yang menceritakan bagaimana j...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Ringkasan Kitab Kisah: PEKERJAAN ALKITABIAH GEREJA Kitab Kisah memperlihatkan apa yang harus dilakukan oleh gereja Tuhan. ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 1:1, 2) Apabila kita membaca Kitab Kisah, kitab itu m...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 1:1-11) Ketika William Booth, pendiri Salvation Army...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Daripada memakai ilustrasi pribadi untuk memulai pelajaran, Anda mungkin ingin menggunakan sat...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Yesus berbuat dahulu, baru kemudian mengajar. Jika pengajaran kita ingin effekti...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 1:8) Yesus tidak hanya "terus bekerja dan mengajar"...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Kisah 13:2; 15:28; 16:6....

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) MENUNGGU DI YERUSALEM (Kis 1:12-26) Dalam pelajaran kita yang terak...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 1:12-26) Sebagaimana pewartaan peristiwa hebat dala...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 "Seperjalanan Sabat adalah jarak yang ditentukan oleh para guru Yahudi untuk orang Yahudi...

BIS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL PENGANTAR Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tuj...

Ajaran: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kas...

Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Kisah tentang gereja yang bersaksi SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh ju...

Garis Besar Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) [1] PENGANTAR Kis 1:1-26 Masa empat puluh hari dan sesudahnya:...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #34: Tip apa yang ingin Anda lihat di sini? Beritahu kami dengan klik "Laporan Masalah/Saran" di bagian bawah halaman. [SEMUA]
dibuat dalam 0.26 detik
dipersembahkan oleh YLSA