Teks -- Yohanes 5:25-28 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life -> Yoh 5:26
Full Life: Yoh 5:26 - DIBERIKAN-NYA ANAK MEMPUNYAI HIDUP DALAM DIRI-NYA SENDIRI.
Nas : Yoh 5:26
Tabiat Yesus Kristus sendiri merupakan sumber hidup kekal; hidup itu
terdapat di dalam diri-Nya. Akan tetapi, kuasa semacam itu tida...
Nas : Yoh 5:26
Tabiat Yesus Kristus sendiri merupakan sumber hidup kekal; hidup itu terdapat di dalam diri-Nya. Akan tetapi, kuasa semacam itu tidak diberikan Allah kepada orang percaya yaitu mempunyai hidup kekal di dalam diri mereka sendiri. Kita memiliki hidup hanya sementara bersekutu dengan Kristus, yaitu Kristus hidup di dalam kita melalui hubungan iman yang hidup Gal 2:20;
(lihat cat. --> Yoh 15:4;
lihat cat. --> Yoh 15:6).
[atau ref. Yoh 15:4,6]
Jerusalem: Yoh 5:19-46 - -- Dalam wejangan ini diutarakan dua pokok:
1). Bapa telah menyerahkan kepada Anak kekuasaan untuk memberi hidup Yoh 19:30.
2). Bapa memberi kesaks...
Dalam wejangan ini diutarakan dua pokok:
1). Bapa telah menyerahkan kepada Anak kekuasaan untuk memberi hidup
Ialah orang yang mati secara rohani.
Jerusalem: Yoh 5:28 - mendengar suaraNya Ini mengenai kebangkitannya orang-orang mati pada hari terakhir, bdk Mat 22:29-32.
Ini mengenai kebangkitannya orang-orang mati pada hari terakhir, bdk Mat 22:29-32.
Ende -> Yoh 5:27
Ende: Yoh 5:27 - Sebab Ia Putera manusia Jesus gemar menamakan Dirinja "Putera manusia",
agaknja berdasarkan nubuat nabi Daniel. Dalam Dan 7:13 dikatakan bahwa
\"segala kekuasaan akan diserah...
Jesus gemar menamakan Dirinja "Putera manusia", agaknja berdasarkan nubuat nabi Daniel. Dalam Dan 7:13 dikatakan bahwa \"segala kekuasaan akan diserahkan kepada Putera manusia".
Ref. Silang FULL: Yoh 5:25 - sudah tiba // akan mendengar · sudah tiba: Yoh 4:23; 16:32
· akan mendengar: Yoh 8:43,47
· sudah tiba: Yoh 4:23; 16:32
· akan mendengar: Yoh 8:43,47
Ref. Silang FULL: Yoh 5:26 - mempunyai hidup · mempunyai hidup: Ul 30:20; Ayub 10:12; 33:4; Mazm 36:10; Yoh 1:4; Yoh 1:4
· mempunyai hidup: Ul 30:20; Ayub 10:12; 33:4; Mazm 36:10; Yoh 1:4; [Lihat FULL. Yoh 1:4]
· akan tiba: Yoh 4:21; 16:2
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg -> Yoh 5:25; Yoh 5:16-30; Yoh 5:25; Yoh 5:16-47; Yoh 5:1--7:52; Yoh 1:19--10:42; Yoh 5:26; Yoh 5:26; Yoh 5:27; Yoh 5:27; Yoh 5:28; Yoh 5:28
Hagelberg: Yoh 5:25 - -- 5:25 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya saatnya akan tiba dan sudah tiba,514 bahwa orang-orang mati akan mendengar suara Anak Allah515, dan mereka yan...
5:25 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya saatnya akan tiba dan sudah tiba,514 bahwa orang-orang mati akan mendengar suara Anak Allah515, dan mereka yang mendengarnya, akan hidup.
Tema hidup atau kehidupan kekal merupakan salah satu tema yang sangat penting dalam Injil Yohanes. Tema kehidupan dikembangkan dalam percakapan Tuhan Yesus dengan Nikodemus (barangsiapa "diperanakkan kembali" atau "diperanakkan dari atas" memperoleh kehidupan Allah). Tema yang sama dikembangkan dalam percakapan Tuhan Yesus dengan perempuan di sumur Yakob ("air kehidupan" membawa hidup yang kekal), dan di dalam kisah penyembuhan anak pegawai istana (istilah "hidup" dipakai tiga kali dalam pasal 4:50-53). Dalam bagian ini kata hidup sudah dipakai dua kali dalam pasal 5:21. Oleh karena itu, maka sangat layak bahwa ungkapan "pindah dari dalam maut ke dalam hidup" dalam ayat 24 diuraikan dalam ayat ini dan ayat yang berikut.
Sebenarnya ada dua kemungkinan mengenai arti dari istilah mati dan hidup. Jika dua istilah ini dipakai secara jasmani, maka yang dimaksudkan dalam ayat ini adalah mujizat kebangkitan jasmani, tetapi tampaknya kedua istilah tersebut dipakai dengan arti "rohani", seperti dalam Efesus 2:1, yang berkata, "Kamu dahulu sudah mati karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu" dan Efesus 2:5, yang berkata, "telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus, sekalipun kita telah mati oleh kesalahan-kesalahan kita--oleh kasih karunia kamu diselamatkan." Barrett516 membandingkan ayat ini dengan ayat 28-29. Dia mengamati bahwa ungkapan dan sudah tiba tidak dipakai dalam ayat 28, dan kuburan disebutkan dalam ayat 28. Dua pengamatan ini menimbulkan tafsiran bahwa ayat 25 menceritakan kehidupan atau kebangkitan rohani yang dialami orang percaya pada zaman ini, sedangkan ayat 28-29 menceritakan kebangkitan jasmani yang akan dialami oleh setiap orang pada akhir zaman.
Namun sebaiknya kita tidak terlalu membedakan kehidupan akhir zaman dan kehidupan yang dinyatakan melalui mujizat penyembuhan dan kebangkitan. Kehidupan akhir zaman dicurahkan saat inipun. Dengan kata lain, saatnya untuk mengalami kehidupan ilahi akan tiba dan sudah tiba.517
Dalam pasal 6:63, 68 dan 11:43 suara Tuhan Yesus menghidupkan. Dalam ayat 24 "mendengar perkataan" Tuhan Yesus disamakan dengan "percaya kepada" Allah Bapa.
Hagelberg: Yoh 5:16-30 - -- a. Hubungan Yesus dan Bapa-Nya (5:16-30)
Sebagai tanggapan kepada mereka yang mau menganiaya Dia, Tuhan Yesus menguraikan hubungan-Nya dengan Allah Ba...
a. Hubungan Yesus dan Bapa-Nya (5:16-30)
Sebagai tanggapan kepada mereka yang mau menganiaya Dia, Tuhan Yesus menguraikan hubungan-Nya dengan Allah Bapa. Uraian ini, yang pertama dalam Injil Yohanes, mendasar, mengejutkan, dan nekat.
Uraian-Nya tidak memadamkan sikap mereka. Tuhan Yesus mengerti bahwa sikap-Nya memaksakan mereka untuk menyerah dan menerima Dia atau menolak dan melawan Dia.
Hagelberg: Yoh 5:25 - -- 5:25 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya saatnya akan tiba dan sudah tiba,514 bahwa orang-orang mati akan mendengar suara Anak Allah515, dan mereka yan...
5:25 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya saatnya akan tiba dan sudah tiba,514 bahwa orang-orang mati akan mendengar suara Anak Allah515, dan mereka yang mendengarnya, akan hidup.
Tema hidup atau kehidupan kekal merupakan salah satu tema yang sangat penting dalam Injil Yohanes. Tema kehidupan dikembangkan dalam percakapan Tuhan Yesus dengan Nikodemus (barangsiapa "diperanakkan kembali" atau "diperanakkan dari atas" memperoleh kehidupan Allah). Tema yang sama dikembangkan dalam percakapan Tuhan Yesus dengan perempuan di sumur Yakob ("air kehidupan" membawa hidup yang kekal), dan di dalam kisah penyembuhan anak pegawai istana (istilah "hidup" dipakai tiga kali dalam pasal 4:50-53). Dalam bagian ini kata hidup sudah dipakai dua kali dalam pasal 5:21. Oleh karena itu, maka sangat layak bahwa ungkapan "pindah dari dalam maut ke dalam hidup" dalam ayat 24 diuraikan dalam ayat ini dan ayat yang berikut.
Sebenarnya ada dua kemungkinan mengenai arti dari istilah mati dan hidup. Jika dua istilah ini dipakai secara jasmani, maka yang dimaksudkan dalam ayat ini adalah mujizat kebangkitan jasmani, tetapi tampaknya kedua istilah tersebut dipakai dengan arti "rohani", seperti dalam Efesus 2:1, yang berkata, "Kamu dahulu sudah mati karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu" dan Efesus 2:5, yang berkata, "telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus, sekalipun kita telah mati oleh kesalahan-kesalahan kita--oleh kasih karunia kamu diselamatkan." Barrett516 membandingkan ayat ini dengan ayat 28-29. Dia mengamati bahwa ungkapan dan sudah tiba tidak dipakai dalam ayat 28, dan kuburan disebutkan dalam ayat 28. Dua pengamatan ini menimbulkan tafsiran bahwa ayat 25 menceritakan kehidupan atau kebangkitan rohani yang dialami orang percaya pada zaman ini, sedangkan ayat 28-29 menceritakan kebangkitan jasmani yang akan dialami oleh setiap orang pada akhir zaman.
Namun sebaiknya kita tidak terlalu membedakan kehidupan akhir zaman dan kehidupan yang dinyatakan melalui mujizat penyembuhan dan kebangkitan. Kehidupan akhir zaman dicurahkan saat inipun. Dengan kata lain, saatnya untuk mengalami kehidupan ilahi akan tiba dan sudah tiba.517
Dalam pasal 6:63, 68 dan 11:43 suara Tuhan Yesus menghidupkan. Dalam ayat 24 "mendengar perkataan" Tuhan Yesus disamakan dengan "percaya kepada" Allah Bapa.
Hagelberg: Yoh 5:16-47 - -- 2. Tanggapan Yesus pada oposisi (5:16-47)
Dalam bagian ini, oposisi yang disebutkan secara sepintas dalam pasal 1:10-11490 sudah berkembang sampai mer...
Hagelberg: Yoh 5:1--7:52 - -- C. Oposisi Timbul: tambah tanda, perbuatan, dan kata (5:1-7:52)
Dalam bagian ini pertentangan antara Tuhan Yesus dan pemimpin-pemimpin orang Yahudi ti...
II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)
Hagelberg: Yoh 5:26 - -- 5:26 Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, demikian juga diberikan-Nya Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri.
Pernyata...
5:26 Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, demikian juga diberikan-Nya Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri.
Pernyataan yang sangat penting ini telah disebutkan secara sepintas dalam bagian pendahuluan. Dalam pasal 1:4 kita membaca bahwa "Dalam Dia ada hidup". Kepentingan pernyataan ini lebih nyata dalam konteks ini. Jika Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, maka percakapan-Nya dengan Nikodemus dan perempuan di sumur Yakub bukan omong kosong. Segala mujizat penyembuhan dan kebangkitan sangat wajar jika Dia mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri. Menurut ayat ini, hidup yang Dia miliki adalah sama dengan hidup yang dimiliki Allah Bapa, yaitu hidup ilahi, hidup kekal.
Hagelberg: Yoh 5:26 - -- 5:26 Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, demikian juga diberikan-Nya Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri.
Pernyata...
5:26 Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, demikian juga diberikan-Nya Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri.
Pernyataan yang sangat penting ini telah disebutkan secara sepintas dalam bagian pendahuluan. Dalam pasal 1:4 kita membaca bahwa "Dalam Dia ada hidup". Kepentingan pernyataan ini lebih nyata dalam konteks ini. Jika Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, maka percakapan-Nya dengan Nikodemus dan perempuan di sumur Yakub bukan omong kosong. Segala mujizat penyembuhan dan kebangkitan sangat wajar jika Dia mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri. Menurut ayat ini, hidup yang Dia miliki adalah sama dengan hidup yang dimiliki Allah Bapa, yaitu hidup ilahi, hidup kekal.
Hagelberg: Yoh 5:27 - -- 5:27 Dan Ia telah memberikan kuasa kepada-Nya untuk menghakimi, karena Ia adalah Anak Manusia.518
Menurut pengertian orang Yahudi, hanya Allah yang "m...
5:27 Dan Ia telah memberikan kuasa kepada-Nya untuk menghakimi, karena Ia adalah Anak Manusia.518
Menurut pengertian orang Yahudi, hanya Allah yang "mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri", dan hanya Allah yang dapat menghakimi. Maka ayat ini dan ayat 26 mengejutkan. Yesus, yang "mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri", juga diberi kuasa untuk menghakimi. Dialah yang menentukan siapa dibangkitkan, Dialah yang juga membangkitkan mereka.
Allah melakukan ini karena Tuhan Yesus adalah Anak Manusia. Tuhan Yesus adalah Anak Manusia dengan arti, Dialah yang dinubuatkan dalam Kitab Daniel 7:13-14, dan karena Tuhan Yesus, sebagai manusia sejati, layak untuk menggenapi apa yang diperintahkan dalam Kejadian 1:26.
Hagelberg: Yoh 5:27 - -- 5:27 Dan Ia telah memberikan kuasa kepada-Nya untuk menghakimi, karena Ia adalah Anak Manusia.518
Menurut pengertian orang Yahudi, hanya Allah yang "m...
5:27 Dan Ia telah memberikan kuasa kepada-Nya untuk menghakimi, karena Ia adalah Anak Manusia.518
Menurut pengertian orang Yahudi, hanya Allah yang "mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri", dan hanya Allah yang dapat menghakimi. Maka ayat ini dan ayat 26 mengejutkan. Yesus, yang "mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri", juga diberi kuasa untuk menghakimi. Dialah yang menentukan siapa dibangkitkan, Dialah yang juga membangkitkan mereka.
Allah melakukan ini karena Tuhan Yesus adalah Anak Manusia. Tuhan Yesus adalah Anak Manusia dengan arti, Dialah yang dinubuatkan dalam Kitab Daniel 7:13-14, dan karena Tuhan Yesus, sebagai manusia sejati, layak untuk menggenapi apa yang diperintahkan dalam Kejadian 1:26.
Hagelberg: Yoh 5:28 - -- 5:28 Janganlah kamu heran akan hal itu, sebab saatnya akan tiba,519 bahwa semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suara-Nya,
Tuhan Yesus meng...
5:28 Janganlah kamu heran akan hal itu, sebab saatnya akan tiba,519 bahwa semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suara-Nya,
Tuhan Yesus menghimbau supaya mereka tidak heran oleh karena apa yang telah Dia katakan, karena buktinya besok, pada saat yang akan tiba. Pada waktu itu, suara-Nya yang saat ini dapat memberi hidup ilahi (dalam bentuk menyembuhkan, membangkitkan, menyelamatkan) akan membangkitkan orang dari kuburan mereka. Dengan demikian Tuhan Yesus menjelaskan bahwa Dia memakai kehidupan ilahi yang Dia miliki dalam diri-Nya sendiri untuk menyembuhkan, menyelamatkan, membangkitkan orang seperti Lazarus, dan akhirnya untuk membangkitkan semua orang dari dalam kuburan mereka.
Hagelberg: Yoh 5:28 - -- 5:28 Janganlah kamu heran akan hal itu, sebab saatnya akan tiba,519 bahwa semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suara-Nya,
Tuhan Yesus meng...
5:28 Janganlah kamu heran akan hal itu, sebab saatnya akan tiba,519 bahwa semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suara-Nya,
Tuhan Yesus menghimbau supaya mereka tidak heran oleh karena apa yang telah Dia katakan, karena buktinya besok, pada saat yang akan tiba. Pada waktu itu, suara-Nya yang saat ini dapat memberi hidup ilahi (dalam bentuk menyembuhkan, membangkitkan, menyelamatkan) akan membangkitkan orang dari kuburan mereka. Dengan demikian Tuhan Yesus menjelaskan bahwa Dia memakai kehidupan ilahi yang Dia miliki dalam diri-Nya sendiri untuk menyembuhkan, menyelamatkan, membangkitkan orang seperti Lazarus, dan akhirnya untuk membangkitkan semua orang dari dalam kuburan mereka.