Teks -- Yohanes 2:14-22 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Yoh 2:15 - MENGUSIR MEREKA SEMUA DARI BAIT SUCI.
Nas : Yoh 2:15
Lihat cat. --> Luk 19:45.
[atau ref. Luk 19:45]
Jerusalem: Yoh 2:19 - Jawab Yesus Dalam injil keempat Kristus suka menggunakan kata-kata yang di samping artinya yang biasa (satu-satunya yang dimengerti para pendengar) dapat memperol...
Dalam injil keempat Kristus suka menggunakan kata-kata yang di samping artinya yang biasa (satu-satunya yang dimengerti para pendengar) dapat memperoleh suatu arti lain, arti adikodrati atau kiasan; bdk Yoh 2:21+ (Bait Allah); Yoh 3:4+ (lahir kembali); Yoh 4:15+ (air hidup) Yoh 6:34+ (roti hidup); Yoh 7:35+ (pergi); Yoh 8:33+ (perhambaan); Yoh 11:12 (membangunkan); Yoh 12:34+ (meninggikan); Yoh 13:9+ (membasuh); Yoh 13:36+ dst, (pergi); Yoh 14:22+ (menyatakan diri). Dari sebab itu orang salah tangkap dan Yesus mendapat kesempatan memaparkan ajaranNya lebih jauh. Bdk Yoh 3:11+.
Jerusalem: Yoh 2:20 - empat puluh enam tahun Bait Allah mulai dipugar sekitar th. 19 seb mas. Maka dari itu peristiwa yang diceritakan di sini terjadi waktu paskah sekitar th. 28 Mas.
Bait Allah mulai dipugar sekitar th. 19 seb mas. Maka dari itu peristiwa yang diceritakan di sini terjadi waktu paskah sekitar th. 28 Mas.
Jerusalem: Yoh 2:21 - tubuhNya sendiri Tubuh Kristus yang dibangkitkan dari alam maut akan menjadi pusat ibadat "dalam roh dan kebenaran", Yoh 4:21 dst, tempat Allah hadir, Yoh 7:37-39; Yoh...
Tubuh Kristus yang dibangkitkan dari alam maut akan menjadi pusat ibadat "dalam roh dan kebenaran", Yoh 4:21 dst, tempat Allah hadir, Yoh 7:37-39; Yoh 19:34. Inipun sebuah lambang utama dalam karangan-karangan Yohanes. Bdk Wah 2:22. Bandingkan Paulus, 1Ko 12:12+.
Ende: Yoh 2:14 - Didalam kenisah Sebenarnja dalam bagian kenisah jang disebut halaman
orang kafir, namun demikian dipandang djuga sebagai kudus. Bintang-bintang jang
diperdagangkan di...
Sebenarnja dalam bagian kenisah jang disebut halaman orang kafir, namun demikian dipandang djuga sebagai kudus. Bintang-bintang jang diperdagangkan disitu melulu jang diperlukan untuk kurban-kurban jang hendak dipersembahkan.
Ende: Yoh 2:18 - -- Tindakan Jesus ini diberikan pula oleh Joanes sebagai bukti, bahwa Jesus insjaf
akan kekuasaanNja jang mutlak sebagai Mesias dan Putera Allah. Perhati...
Tindakan Jesus ini diberikan pula oleh Joanes sebagai bukti, bahwa Jesus insjaf akan kekuasaanNja jang mutlak sebagai Mesias dan Putera Allah. Perhatikanlah ungkapan "rumah BapaKu" dalam Yoh 2:16 tadi.
Ende: Yoh 2:20 - Empatpuluh enam tahun Kenisah itu mulai dibangunkan oleh Herodes dalam
tahun 19 seb. Kr.
Kenisah itu mulai dibangunkan oleh Herodes dalam tahun 19 seb. Kr.
Ende: Yoh 2:22 - -- Banjak peristiwa dalam hidup Jesus dan utjapan-utjapanNja baru dimengerti oleh
murid-murid Jesus sesudah kebangkitanNja, lebih lagi sesudah Pentakosta...
Banjak peristiwa dalam hidup Jesus dan utjapan-utjapanNja baru dimengerti oleh murid-murid Jesus sesudah kebangkitanNja, lebih lagi sesudah Pentakosta oleh ilahi Roh Kudus.
Ref. Silang FULL: Yoh 2:14 - dan merpati // penukar-penukar uang · dan merpati: Im 1:14; Ul 14:26
· penukar-penukar uang: Ul 14:25
· menghanguskan Aku: Mazm 69:10
Ref. Silang FULL: Yoh 2:18 - Orang-orang Yahudi // Tanda // bertindak demikian · Orang-orang Yahudi: Yoh 1:19; Yoh 1:19
· Tanda: Yoh 2:11; Yoh 2:11
· bertindak demikian: Mat 12:38; Mat 12:38
Ref. Silang FULL: Yoh 2:19 - tiga hari · tiga hari: Mat 16:21; Mat 16:21; Mat 26:61; 27:40; Mr 14:58; 15:29; Kis 6:14
· tiga hari: Mat 16:21; [Lihat FULL. Mat 16:21]; Mat 26:61; 27:40; Mr 14:58; 15:29; Kis 6:14
· ialah tubuh-Nya: 1Kor 6:19
Ref. Silang FULL: Yoh 2:22 - telah dikatakan-Nya // Kitab Suci · telah dikatakan-Nya: Luk 24:5-8; Yoh 12:16; 14:26
· Kitab Suci: Mazm 16:10; Luk 24:27; Luk 24:27
· telah dikatakan-Nya: Luk 24:5-8; Yoh 12:16; 14:26
· Kitab Suci: Mazm 16:10; Luk 24:27; [Lihat FULL. Luk 24:27]
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg: Yoh 2:14 - -- 2:14 Dalam Bait Suci231 didapati-Nya pedagang-pedagang lembu, kambing domba dan merpati, dan penukar-penukar uang232 duduk di situ.
Sebuah peristiwa y...
2:14 Dalam Bait Suci231 didapati-Nya pedagang-pedagang lembu, kambing domba dan merpati, dan penukar-penukar uang232 duduk di situ.
Sebuah peristiwa yang mirip peristiwa ini juga dicatat dalam Matius 21:12-13; Markus 11:15-17; dan Lukas 19:45-46, namun ada beberapa perbedaan,233 sehingga Morris234 dan Carson235 berkata bahwa ada dua peristiwa "Pembersihan Bait Allah"; dengan yang pertama pelayanan Tuhan Yesus yang terbuka dan umum dimulai, dan dengan yang kedua pelayanan itu ditutup. Setelah "Pembersihan" yang pertama, Dia hanya ditegur oleh pemimpim-pemimpin agama Yahudi, mungkin karena Dia tidak dianggap ancaman yang berarti, tetapi setelah "Pembersihan" yang kedua "mereka berusaha untuk membinasakan Dia, sebab mereka takut kepada-Nya, melihat seluruh orang banyak takjub akan pengajaran-Nya" (Markus 11:18).
Besarnya laba pedagang dan penukar uang yang berjualan di pelataran Bait Suci tidak jelas.236 Nampaknya Tuhan Yesus tidak berkeberatan karena keserakahan mereka, tetapi karena pelataran orang bukan Yahudi, yang dimaksudkan sebagai tempat khusus di mana orang bukan Yahudi dapat berkumpul dan menyembah dalam suasana yang tenang, dipenuhi dengan suasana pasar, bukan suasana tempat ibadah.237
2. Pedagang-pedagang diusir dari Bait Allah (2:12-17)
Hagelberg: Yoh 2:14 - -- 2:14 Dalam Bait Suci231 didapati-Nya pedagang-pedagang lembu, kambing domba dan merpati, dan penukar-penukar uang232 duduk di situ.
Sebuah peristiwa y...
2:14 Dalam Bait Suci231 didapati-Nya pedagang-pedagang lembu, kambing domba dan merpati, dan penukar-penukar uang232 duduk di situ.
Sebuah peristiwa yang mirip peristiwa ini juga dicatat dalam Matius 21:12-13; Markus 11:15-17; dan Lukas 19:45-46, namun ada beberapa perbedaan,233 sehingga Morris234 dan Carson235 berkata bahwa ada dua peristiwa "Pembersihan Bait Allah"; dengan yang pertama pelayanan Tuhan Yesus yang terbuka dan umum dimulai, dan dengan yang kedua pelayanan itu ditutup. Setelah "Pembersihan" yang pertama, Dia hanya ditegur oleh pemimpim-pemimpin agama Yahudi, mungkin karena Dia tidak dianggap ancaman yang berarti, tetapi setelah "Pembersihan" yang kedua "mereka berusaha untuk membinasakan Dia, sebab mereka takut kepada-Nya, melihat seluruh orang banyak takjub akan pengajaran-Nya" (Markus 11:18).
Besarnya laba pedagang dan penukar uang yang berjualan di pelataran Bait Suci tidak jelas.236 Nampaknya Tuhan Yesus tidak berkeberatan karena keserakahan mereka, tetapi karena pelataran orang bukan Yahudi, yang dimaksudkan sebagai tempat khusus di mana orang bukan Yahudi dapat berkumpul dan menyembah dalam suasana yang tenang, dipenuhi dengan suasana pasar, bukan suasana tempat ibadah.237
B. Pelayanan yang Awal: Tanda, Perbuatan, dan Kata (2:1-4:45)
II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)
Hagelberg: Yoh 2:15 - -- 2:15 Ia membuat cambuk dari tali lalu mengusir mereka semua238 dari Bait Suci dengan semua kambing domba dan lembu mereka; uang penukar-penukar dihamb...
2:15 Ia membuat cambuk dari tali lalu mengusir mereka semua238 dari Bait Suci dengan semua kambing domba dan lembu mereka; uang penukar-penukar dihamburkan-Nya ke tanah dan meja-meja mereka dibalikkan-Nya.
Cambuk dari tali itu bukanlah alat kekejaman yang melukai binatang dan manusia, tetapi mungkin tanpa sebuah cambuk binatang itu tidak dapat diusir dari pelataran Bait Suci.
Hagelberg: Yoh 2:15 - -- 2:15 Ia membuat cambuk dari tali lalu mengusir mereka semua238 dari Bait Suci dengan semua kambing domba dan lembu mereka; uang penukar-penukar dihamb...
2:15 Ia membuat cambuk dari tali lalu mengusir mereka semua238 dari Bait Suci dengan semua kambing domba dan lembu mereka; uang penukar-penukar dihamburkan-Nya ke tanah dan meja-meja mereka dibalikkan-Nya.
Cambuk dari tali itu bukanlah alat kekejaman yang melukai binatang dan manusia, tetapi mungkin tanpa sebuah cambuk binatang itu tidak dapat diusir dari pelataran Bait Suci.
Hagelberg: Yoh 2:16 - -- 2:16 Kepada pedagang-pedagang merpati Ia berkata: "Ambil semuanya ini dari sini, jangan kamu membuat rumah Bapa-Ku239 menjadi tempat berjualan240."
Di...
2:16 Kepada pedagang-pedagang merpati Ia berkata: "Ambil semuanya ini dari sini, jangan kamu membuat rumah Bapa-Ku239 menjadi tempat berjualan240."
Di pelataran Bait Suci Tuhan Yesus melawan penjualan binatang-binatang untuk dikorbankan, tetapi Dia tidak melawan sistem pengorbanan itu sendiri. Dia mendukung semua kegiatan Bait Allah yang diwajibkan dalam Firman Allah. Salah satu kegiatan itu adalah perkumpulan orang-orang bukan Yahudi yang mengasihi Allah. Mereka, sebagai orang bukan Yahudi, tidak dapat masuk ke pelataran yang lebih dekat pada Bait Allah, tetapi pelataran yang dipakai untuk menjual binatang dan menukar uang sebenarnya dikhususkan untuk mereka, supaya di situ mereka dapat menyembah Allah dalam roh dan kebenaran.
Mungkin Zakharia 14:12, yang berbunyi "... Dan tidak akan ada lagi pedagang di rumah TUHAN semesta alam pada waktu itu", ada di hati Tuhan Yesus pada waktu itu.
Hagelberg: Yoh 2:16 - -- 2:16 Kepada pedagang-pedagang merpati Ia berkata: "Ambil semuanya ini dari sini, jangan kamu membuat rumah Bapa-Ku239 menjadi tempat berjualan240."
Di...
2:16 Kepada pedagang-pedagang merpati Ia berkata: "Ambil semuanya ini dari sini, jangan kamu membuat rumah Bapa-Ku239 menjadi tempat berjualan240."
Di pelataran Bait Suci Tuhan Yesus melawan penjualan binatang-binatang untuk dikorbankan, tetapi Dia tidak melawan sistem pengorbanan itu sendiri. Dia mendukung semua kegiatan Bait Allah yang diwajibkan dalam Firman Allah. Salah satu kegiatan itu adalah perkumpulan orang-orang bukan Yahudi yang mengasihi Allah. Mereka, sebagai orang bukan Yahudi, tidak dapat masuk ke pelataran yang lebih dekat pada Bait Allah, tetapi pelataran yang dipakai untuk menjual binatang dan menukar uang sebenarnya dikhususkan untuk mereka, supaya di situ mereka dapat menyembah Allah dalam roh dan kebenaran.
Mungkin Zakharia 14:12, yang berbunyi "... Dan tidak akan ada lagi pedagang di rumah TUHAN semesta alam pada waktu itu", ada di hati Tuhan Yesus pada waktu itu.
Hagelberg: Yoh 2:17 - -- 2:17 Maka teringatlah murid-murid-Nya, bahwa ada tertulis: "Cinta241 untuk rumah-Mu akan242 menghanguskan Aku."
Semangat untuk penyembuhan yang benar,...
2:17 Maka teringatlah murid-murid-Nya, bahwa ada tertulis: "Cinta241 untuk rumah-Mu akan242 menghanguskan Aku."
Semangat untuk penyembuhan yang benar, di tempat yang telah dipilih Allah sendiri, membakar di hati Tuhan Yesus. Semangat yang sama akan menimbulkan perlawanan yang akan menghanguskan Dia, sampai Dia akan disalibkan.
Tidak jelaslah, kapan mereka mengingat ayat itu. Jika mereka mengingat pada waktu itu, maka yang menonjol adalah semangat atau cinta Dia, tetapi jika mereka mengingat hal ini sesudah Dia disalibkan, seperti apa yang dikatakan dalam pasal 2:22, maka yang menonjol dalam pikiran mereka adalah istilah menghanguskan.243
Dengan demikian Yohanes memberi suatu petunjuk yang kecil, yang begitu halus, bahwa Yesus akan menderita.
Hagelberg: Yoh 2:17 - -- 2:17 Maka teringatlah murid-murid-Nya, bahwa ada tertulis: "Cinta241 untuk rumah-Mu akan242 menghanguskan Aku."
Semangat untuk penyembuhan yang benar,...
2:17 Maka teringatlah murid-murid-Nya, bahwa ada tertulis: "Cinta241 untuk rumah-Mu akan242 menghanguskan Aku."
Semangat untuk penyembuhan yang benar, di tempat yang telah dipilih Allah sendiri, membakar di hati Tuhan Yesus. Semangat yang sama akan menimbulkan perlawanan yang akan menghanguskan Dia, sampai Dia akan disalibkan.
Tidak jelaslah, kapan mereka mengingat ayat itu. Jika mereka mengingat pada waktu itu, maka yang menonjol adalah semangat atau cinta Dia, tetapi jika mereka mengingat hal ini sesudah Dia disalibkan, seperti apa yang dikatakan dalam pasal 2:22, maka yang menonjol dalam pikiran mereka adalah istilah menghanguskan.243
Dengan demikian Yohanes memberi suatu petunjuk yang kecil, yang begitu halus, bahwa Yesus akan menderita.
Hagelberg: Yoh 2:18 - -- 2:18 Orang-orang Yahudi menantang244 Yesus, katanya: "Tanda apakah dapat Engkau tunjukkan kepada kami, bahwa Engkau berhak bertindak demikian?"
Pemimp...
2:18 Orang-orang Yahudi menantang244 Yesus, katanya: "Tanda apakah dapat Engkau tunjukkan kepada kami, bahwa Engkau berhak bertindak demikian?"
Pemimpin-pemimpin agama Yahudi245 berhak, ataupun berkewajiban, menyelidiki peristiwa yang baru terjadi di pelataran Bait Allah. Mungkin mereka berpikir, "Sang Mesias berhak membersihkan Bait Allah, tetapi siapakah orang ini?" Perhatian mereka wajar, tetapi sikap mereka tidak benar. Mereka tidak memikirkan kebenaran peristiwa ini. Mereka tidak merenungkan apakah kelakuan Yesus itu benar, apakah pelataran Bait Allah ini perlu dibersihkan dari pedagang-pedagang dan binatang-binatang. Selain itu, mereka menuntut sebuah tanda, seolah-olah Tuhan Allah harus minta ijin dari mereka lebih dulu, sebelum Dia mengutus seorang nabi, ataupun Mesias, untuk membersikah Bait Allah yang mereka punya!246 Permintaan seperti itu tidak pernah dikabulkan oleh Tuhan Yesus.
Hagelberg: Yoh 2:18-22 - -- 3. Yesus mengganti Bait Allah (2:18-22)
Dalam nas ini mereka yang akan melawan Tuhan Yesus menantang Dia. Tanggapan-Nya (yang saat itu belum dimengert...
3. Yesus mengganti Bait Allah (2:18-22)
Dalam nas ini mereka yang akan melawan Tuhan Yesus menantang Dia. Tanggapan-Nya (yang saat itu belum dimengerti) diuraikan oleh Yohanes sebagai pernyataan bahwa Dia akan dibunuh dan bangkit dari antara orang mati.
Hagelberg: Yoh 2:18 - -- 2:18 Orang-orang Yahudi menantang244 Yesus, katanya: "Tanda apakah dapat Engkau tunjukkan kepada kami, bahwa Engkau berhak bertindak demikian?"
Pemimp...
2:18 Orang-orang Yahudi menantang244 Yesus, katanya: "Tanda apakah dapat Engkau tunjukkan kepada kami, bahwa Engkau berhak bertindak demikian?"
Pemimpin-pemimpin agama Yahudi245 berhak, ataupun berkewajiban, menyelidiki peristiwa yang baru terjadi di pelataran Bait Allah. Mungkin mereka berpikir, "Sang Mesias berhak membersihkan Bait Allah, tetapi siapakah orang ini?" Perhatian mereka wajar, tetapi sikap mereka tidak benar. Mereka tidak memikirkan kebenaran peristiwa ini. Mereka tidak merenungkan apakah kelakuan Yesus itu benar, apakah pelataran Bait Allah ini perlu dibersihkan dari pedagang-pedagang dan binatang-binatang. Selain itu, mereka menuntut sebuah tanda, seolah-olah Tuhan Allah harus minta ijin dari mereka lebih dulu, sebelum Dia mengutus seorang nabi, ataupun Mesias, untuk membersikah Bait Allah yang mereka punya!246 Permintaan seperti itu tidak pernah dikabulkan oleh Tuhan Yesus.
2:19 Bait Allah, dan tubuh Tuhan Yesus
2:19 Bait Allah, dan tubuh Tuhan Yesus
Hagelberg: Yoh 2:19 - -- 2:19 Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak247 Bait Allah248 ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali."
Dalam Markus 8:11-12 sikap Tuhan Ye...
2:19 Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak247 Bait Allah248 ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali."
Dalam Markus 8:11-12 sikap Tuhan Yesus terhadap mereka yang minta tanda dinyatakan: "Lalu muncullah orang-orang Farisi dan bersoal jawab dengan Yesus. Untuk mencobai Dia mereka meminta dari pada-Nya suatu tanda dari surga. Maka mengeluhlah Ia dalam hati-Nya dan berkata: 'Mengapa angkatan ini meminta tanda? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberi tanda.'" Bandingkanlah juga Yohanes 6:30 dan Matius 16:3. Dalam Injil Sinoptik Dia berkata bahwa kebangkitan-Nya adalah tanda yang satu-satunya yang disediakan bagi mereka (Matius 12:38-40; 16:1-4; dan Lukas 11:29-30).
Pernyataan ini sangat mengesankan, dan tidak dilupakan. Menghancurkan ataupun merusah sebuah tempat ibadah adalah pelanggaran yang menuntut hukuman mati di lingkaran Yunani dan Romawi.249 Mereka mempergunakan kata-kata ini pada waktu Tuhan Yesus diadili dan disalibkan, tetapi kutipan mereka salah. Dia tidak berkata, "Aku akan merubuhkan Bait Suci buatan tangan manusia ini" (Matius 26:60 dst.; 27:40; Markus 14:57-59; dan 15:29). Lihat juga Kisah Para Rasul 6:14.
Tuhan Yesus mengalihkan pokok pembahasan dari Bait Allah yang terdiri dari batu pada Bait Allah yang jauh lebih utama, yaitu tubuh jasmani-Nya. Peralihan itu tidak Dia ucapkan dengan sembarangan, karena apa yang telah mendorong mereka untuk mempertanyakan hak Dia untuk mengusir pedagang dan binatang dari Bait Allah, juga akan mendorong mereka untuk membunuh Dia. Demikian juga kuasa-Nya yang Dia pakai untuk membersihkan Bait Allah tadi juga akan dipakai untuk membangkitkan Dia dari antara orang-orang mati!
Carson250 mengamati bahwa itu penting bahwa Bait Allah dan lingkungannya dipenuhi suasana ibadah yang sejati (pasal 2:13-17), tetapi lebih penting lagi kita mengerti bahwa Bait Allah itu melambangkan dan merujuk pada Tuhan Yesus sendiri.
Hagelberg: Yoh 2:19 - -- 2:19 Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak247 Bait Allah248 ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali."
Dalam Markus 8:11-12 sikap Tuhan Ye...
2:19 Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak247 Bait Allah248 ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali."
Dalam Markus 8:11-12 sikap Tuhan Yesus terhadap mereka yang minta tanda dinyatakan: "Lalu muncullah orang-orang Farisi dan bersoal jawab dengan Yesus. Untuk mencobai Dia mereka meminta dari pada-Nya suatu tanda dari surga. Maka mengeluhlah Ia dalam hati-Nya dan berkata: 'Mengapa angkatan ini meminta tanda? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberi tanda.'" Bandingkanlah juga Yohanes 6:30 dan Matius 16:3. Dalam Injil Sinoptik Dia berkata bahwa kebangkitan-Nya adalah tanda yang satu-satunya yang disediakan bagi mereka (Matius 12:38-40; 16:1-4; dan Lukas 11:29-30).
Pernyataan ini sangat mengesankan, dan tidak dilupakan. Menghancurkan ataupun merusah sebuah tempat ibadah adalah pelanggaran yang menuntut hukuman mati di lingkaran Yunani dan Romawi.249 Mereka mempergunakan kata-kata ini pada waktu Tuhan Yesus diadili dan disalibkan, tetapi kutipan mereka salah. Dia tidak berkata, "Aku akan merubuhkan Bait Suci buatan tangan manusia ini" (Matius 26:60 dst.; 27:40; Markus 14:57-59; dan 15:29). Lihat juga Kisah Para Rasul 6:14.
Tuhan Yesus mengalihkan pokok pembahasan dari Bait Allah yang terdiri dari batu pada Bait Allah yang jauh lebih utama, yaitu tubuh jasmani-Nya. Peralihan itu tidak Dia ucapkan dengan sembarangan, karena apa yang telah mendorong mereka untuk mempertanyakan hak Dia untuk mengusir pedagang dan binatang dari Bait Allah, juga akan mendorong mereka untuk membunuh Dia. Demikian juga kuasa-Nya yang Dia pakai untuk membersihkan Bait Allah tadi juga akan dipakai untuk membangkitkan Dia dari antara orang-orang mati!
Carson250 mengamati bahwa itu penting bahwa Bait Allah dan lingkungannya dipenuhi suasana ibadah yang sejati (pasal 2:13-17), tetapi lebih penting lagi kita mengerti bahwa Bait Allah itu melambangkan dan merujuk pada Tuhan Yesus sendiri.
Hagelberg: Yoh 2:20 - -- 2:20 Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: "Empat puluh enam tahun orang mendirikan251 Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?"
Mer...
2:20 Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: "Empat puluh enam tahun orang mendirikan251 Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?"
Mereka tidak menangkap peralihan yang Dia ucapkan. Mereka berpikir Dia masih membahas Bait Allah yang dibangun dengan batu-batu. Culpepper252 menjelaskan bahwa di sini kita melihat kesalah pahaman yang pertama dalam Injil Yohanes. Seharusnya mereka mengerti bahwa Dia tidak berbicara mengenai Bait Allah yang terdiri dari batu-batu, dan mereka mencari arti yang lain, tetapi dalam hal ini mereka gagal.
Proyek Pembangunan yang dilaksanakan oleh Raja Herodes sangat terkenal dan sangat mengesankan. Antara lain, pada tahun 20 atau 19 SM dia mulai memperbaiki Bait Allah yang dibangun oleh Zerubabel 500 tahun sebelumnya. Pembangunan Bait Allah selesai pada tahun 63 atau 64.253
Hagelberg: Yoh 2:20 - -- 2:20 Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: "Empat puluh enam tahun orang mendirikan251 Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?"
Mer...
2:20 Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: "Empat puluh enam tahun orang mendirikan251 Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?"
Mereka tidak menangkap peralihan yang Dia ucapkan. Mereka berpikir Dia masih membahas Bait Allah yang dibangun dengan batu-batu. Culpepper252 menjelaskan bahwa di sini kita melihat kesalah pahaman yang pertama dalam Injil Yohanes. Seharusnya mereka mengerti bahwa Dia tidak berbicara mengenai Bait Allah yang terdiri dari batu-batu, dan mereka mencari arti yang lain, tetapi dalam hal ini mereka gagal.
Proyek Pembangunan yang dilaksanakan oleh Raja Herodes sangat terkenal dan sangat mengesankan. Antara lain, pada tahun 20 atau 19 SM dia mulai memperbaiki Bait Allah yang dibangun oleh Zerubabel 500 tahun sebelumnya. Pembangunan Bait Allah selesai pada tahun 63 atau 64.253
Hagelberg: Yoh 2:21 - -- 2:21 Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri.
Setelah mereka salah paham, si narator, yaitu Yohanes sendiri, menjelaskan...
2:21 Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri.
Setelah mereka salah paham, si narator, yaitu Yohanes sendiri, menjelaskan kepada para pembaca apa yang dimaksudkan-Nya.254
Walaupun beberapa sarjana berkata bahwa tubuh-Nya sendiri merujuk pada Jemaat Kristus, tetapi kiasan tersebut dipakai oleh Rasul Paulus, bukan Rasul Yohanes. Yang dimaksudkan adalah tubuh-Nya yang jasmani. Nas ini merupakan nubuatan mengenai kematian dan kebangkitan Kristus, suatu nubuatan yang tidak dipahami pada saat itu.
Selain sikap perlawanan yang terlihat, selain nubuatan kematian dan kebangkitan yang terlihat, di dalam peristiwa ini ada kontras antara Bait Allah yang terdiri dari batu-batu, yaitu Bait Allah yang berlalu, dan Tuhan Yesus sebagai tempat kediaman Allah. Kontras ini hanya tersirat dan tidak ditekankan, tetapi kontras ini sudah terlihat dalam pasal 1:17 ("...sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus"), perbandingan antara Yesus dan Yohanes Pembaptis, dan persitiwa air yang menjadi anggur.
Hagelberg: Yoh 2:21 - -- 2:21 Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri.
Setelah mereka salah paham, si narator, yaitu Yohanes sendiri, menjelaskan...
2:21 Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri.
Setelah mereka salah paham, si narator, yaitu Yohanes sendiri, menjelaskan kepada para pembaca apa yang dimaksudkan-Nya.254
Walaupun beberapa sarjana berkata bahwa tubuh-Nya sendiri merujuk pada Jemaat Kristus, tetapi kiasan tersebut dipakai oleh Rasul Paulus, bukan Rasul Yohanes. Yang dimaksudkan adalah tubuh-Nya yang jasmani. Nas ini merupakan nubuatan mengenai kematian dan kebangkitan Kristus, suatu nubuatan yang tidak dipahami pada saat itu.
Selain sikap perlawanan yang terlihat, selain nubuatan kematian dan kebangkitan yang terlihat, di dalam peristiwa ini ada kontras antara Bait Allah yang terdiri dari batu-batu, yaitu Bait Allah yang berlalu, dan Tuhan Yesus sebagai tempat kediaman Allah. Kontras ini hanya tersirat dan tidak ditekankan, tetapi kontras ini sudah terlihat dalam pasal 1:17 ("...sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus"), perbandingan antara Yesus dan Yohanes Pembaptis, dan persitiwa air yang menjadi anggur.
Hagelberg: Yoh 2:22 - -- 2:22 Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat255 oleh murid-murid-Nya bahwa hal itu telah dikatakan-Nya, dan merekapun pe...
2:22 Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat255 oleh murid-murid-Nya bahwa hal itu telah dikatakan-Nya, dan merekapun percayalah akan Kitab Suci256 dan257 akan perkataan yang telah diucapkan Yesus.
Dalam pasal 2:11 kita membaca bahwa "murid-murid-Nya percaya kepada-Nya", dan dalam ayat ini kita juga membaca bahwa mereka percayalah akan Kitab Suci dan akan perkataan yang telah diucapkan Yesus. Iman bukan merupakan suatu barang yang mudah diukur, tetapi mungkin dalam dua nas ini kita dapat mengerti bahwa iman mereka sedang bertumbuh dan berkembang.
Dengan tuntutan yang sempurna dari Roh Allah, Rasul Yohanes memilih peristiwa-peristiwa tertentu, yang telah dia saksikan, sehingga pada waktu Injil Yohanes dibaca, para pembaca dituntun mengikuti perkembangan tema yang pokok. Lihatlah: dalam pasal 1:43-51 peristiwa pertemuan Natanael dan Tuhan Yesus dicatat. Dalam peristiwa itu, ada penyataan kemuliaan Tuhan Yesus khusus kepada Natanael, dan dia percaya: ("Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!") Lalu dalam pasal 2:1-12 ada penyataan kemuliaan Tuhan Yesus khusus kepada murid-murid-Nya, dan mereka "percaya kepada-Nya". Peristiwa yang berikut, yaitu nas ini, berakhir dengan suatu catatan yang mengkaitkan ungkapan ini mengenai suatu Bait Allah yang akan dirombak dan didirikan kembali dengan peristiwa kebangkitan Tuhan Yesus, yaitu tanda utama. Dan pada waktu itu, setelah kebangkitan-Nya, merekapun percayalah. Dengan kata lain, dalam tiga nas tersebut (pasal 1:43-2:22) kita mengamati tanda yang menyatakan kemuliaan Tuhan Yesus, dan iman. Memang tanda yang menjadi pokok pasal 2:13-22 ditunda perwujudannya sampai akhir kitab, tetapi Yohanes mengemukakannya dalam pasal 2:22. Tema tanda ini diteruskan dalam dua nas yang berikut. Dalam pasal 2:23 "mereka telah melihat tanda-tanda yang diadakan-Nya", dan dalam pasal 3:2 "tidak ada seorangpun yang dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu, jika Allah tidak menyertainya". Hubungan antara tanda dan iman sangat penting bagi Rasul Yohanes.
Hagelberg: Yoh 2:22 - -- 2:22 Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat255 oleh murid-murid-Nya bahwa hal itu telah dikatakan-Nya, dan merekapun pe...
2:22 Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat255 oleh murid-murid-Nya bahwa hal itu telah dikatakan-Nya, dan merekapun percayalah akan Kitab Suci256 dan257 akan perkataan yang telah diucapkan Yesus.
Dalam pasal 2:11 kita membaca bahwa "murid-murid-Nya percaya kepada-Nya", dan dalam ayat ini kita juga membaca bahwa mereka percayalah akan Kitab Suci dan akan perkataan yang telah diucapkan Yesus. Iman bukan merupakan suatu barang yang mudah diukur, tetapi mungkin dalam dua nas ini kita dapat mengerti bahwa iman mereka sedang bertumbuh dan berkembang.
Dengan tuntutan yang sempurna dari Roh Allah, Rasul Yohanes memilih peristiwa-peristiwa tertentu, yang telah dia saksikan, sehingga pada waktu Injil Yohanes dibaca, para pembaca dituntun mengikuti perkembangan tema yang pokok. Lihatlah: dalam pasal 1:43-51 peristiwa pertemuan Natanael dan Tuhan Yesus dicatat. Dalam peristiwa itu, ada penyataan kemuliaan Tuhan Yesus khusus kepada Natanael, dan dia percaya: ("Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!") Lalu dalam pasal 2:1-12 ada penyataan kemuliaan Tuhan Yesus khusus kepada murid-murid-Nya, dan mereka "percaya kepada-Nya". Peristiwa yang berikut, yaitu nas ini, berakhir dengan suatu catatan yang mengkaitkan ungkapan ini mengenai suatu Bait Allah yang akan dirombak dan didirikan kembali dengan peristiwa kebangkitan Tuhan Yesus, yaitu tanda utama. Dan pada waktu itu, setelah kebangkitan-Nya, merekapun percayalah. Dengan kata lain, dalam tiga nas tersebut (pasal 1:43-2:22) kita mengamati tanda yang menyatakan kemuliaan Tuhan Yesus, dan iman. Memang tanda yang menjadi pokok pasal 2:13-22 ditunda perwujudannya sampai akhir kitab, tetapi Yohanes mengemukakannya dalam pasal 2:22. Tema tanda ini diteruskan dalam dua nas yang berikut. Dalam pasal 2:23 "mereka telah melihat tanda-tanda yang diadakan-Nya", dan dalam pasal 3:2 "tidak ada seorangpun yang dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu, jika Allah tidak menyertainya". Hubungan antara tanda dan iman sangat penting bagi Rasul Yohanes.