kecilkan semua  

Teks -- Wahyu 19:11-16 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Firman Allah
19:11 Lalu aku melihat sorga terbuka: sesungguhnya, ada seekor kuda putih; dan Ia yang menungganginya bernama: "Yang Setia dan Yang Benar", Ia menghakimi dan berperang dengan adil. 19:12 Dan mata-Nya bagaikan nyala api dan di atas kepala-Nya terdapat banyak mahkota dan pada-Nya ada tertulis suatu nama yang tidak diketahui seorangpun, kecuali Ia sendiri. 19:13 Dan Ia memakai jubah yang telah dicelup dalam darah dan nama-Nya ialah: "Firman Allah." 19:14 Dan semua pasukan yang di sorga mengikuti Dia; mereka menunggang kuda putih dan memakai lenan halus yang putih bersih. 19:15 Dan dari mulut-Nya keluarlah sebilah pedang tajam yang akan memukul segala bangsa. Dan Ia akan menggembalakan mereka dengan gada besi dan Ia akan memeras anggur dalam kilangan anggur, yaitu kegeraman murka Allah, Yang Mahakuasa. 19:16 Dan pada jubah-Nya dan paha-Nya tertulis suatu nama, yaitu: "Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Why 19:11 - AKU MELIHAT SORGA TERBUKA. Nas : Wahy 19:11 Ayat ini menyatakan awal kedatangan Kristus kali kedua ke bumi sebagai Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan (ayat Wahy 19...

Nas : Wahy 19:11

Ayat ini menyatakan awal kedatangan Kristus kali kedua ke bumi sebagai Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan (ayat Wahy 19:16). Ia datang dari sorga sebagai Pejuang-Mesias (bd. 2Tes 1:7-8) untuk menegakkan kebenaran dan keadilan (Mazm 96:13), untuk menghukum bangsa-bangsa dan berperang melawan kejahatan (bd. Yoh 5:30). Inilah peristiwa yang telah dinanti-nantikan oleh orang yang setia dari segala angkatan.

Full Life: Why 19:14 - SEMUA PASUKAN. Nas : Wahy 19:14 Pasukan-pasukan yang kembali bersama Kristus termasuk semua orang kudus yang sudah ada di dalam sorga (bd. Wahy 17:14). Pakaian pu...

Nas : Wahy 19:14

Pasukan-pasukan yang kembali bersama Kristus termasuk semua orang kudus yang sudah ada di dalam sorga (bd. Wahy 17:14). Pakaian putih mereka menegaskan hal ini.

Full Life: Why 19:15 - MEMUKUL SEGALA BANGSA. Nas : Wahy 19:15 Ketika Kristus kembali ke bumi, Ia akan menghukum bangsa-bangsa yang fasik. "Menggembalakan mereka dengan gada besi" berarti membi...

Nas : Wahy 19:15

Ketika Kristus kembali ke bumi, Ia akan menghukum bangsa-bangsa yang fasik. "Menggembalakan mereka dengan gada besi" berarti membinasakan mereka (Mazm 2:9). "Ia akan memeras anggur dalam kilangan anggur" menunjukkan kedahsyatan hukuman-Nya (bd. Yes 64:1-2; Za 14:3-4; Mat 24:29-30; bd.

lihat cat. --> Wahy 14:19).

[atau ref. Wahy 14:19]

Full Life: Why 19:15 - KEGERAMAN MURKA ALLAH, YANG MAHAKUASA. Nas : Wahy 19:15 Ini merupakan peringatan yang keras bahwa Allah membenci dosa. Pandangan sentimental bahwa Kristus bersikap toleran terhadap dosa ...

Nas : Wahy 19:15

Ini merupakan peringatan yang keras bahwa Allah membenci dosa. Pandangan sentimental bahwa Kristus bersikap toleran terhadap dosa dan kemesuman sama sekali tidak terdapat dalam penyataan Kristus tentang diri-Nya di dalam kitab ini

(lihat cat. --> Wahy 19:17 berikut).

[atau ref. Wahy 19:17]

Jerusalem: Why 19:11 - -- Di sini Wahyu mulai berkata tentang akhir zaman. Setelah Babel musnah, seperti sudah dinubuatkan, Wah 14:8,14-15, lalu terlaksana juga, Wah 16:19-20; ...

Di sini Wahyu mulai berkata tentang akhir zaman. Setelah Babel musnah, seperti sudah dinubuatkan, Wah 14:8,14-15, lalu terlaksana juga, Wah 16:19-20; 17:12-14, maka Kristus yang setia, Wah 3:14+, mewujudkan "Hari Yahwe" dengan membinasakan semua musuh Gereja. Gambar Kristus, Wah 19:11-12, sama seperti penggambaran dahulu, dipengaruhi berbagai nubuat dari Perjanjian Lama, Wah 12:5; 14:6-20; 17:14.

Jerusalem: Why 19:12 - banyak mahkota Oleh karena dia memang "Raja di atas segala raja", Wah 19:16; bdk Wah 5:3,13.

Oleh karena dia memang "Raja di atas segala raja", Wah 19:16; bdk Wah 5:3,13.

Jerusalem: Why 19:13 - dicelup dalam darah Ini (lihat Wah 19:15) menyinggung Yes 63:1. Jubah itu melambangkan kemenangan berdarah atas semua musuh umat Allah, bdk Wah 5:5

Ini (lihat Wah 19:15) menyinggung Yes 63:1. Jubah itu melambangkan kemenangan berdarah atas semua musuh umat Allah, bdk Wah 5:5

Jerusalem: Why 19:13 - namaNya Berbagai nama Penunggang kuda yang menang, Wah 19:12,13,16, mengungkapkan berbagai segi kepribadianNya. Pada nama (yang tidak diketahui orang, Wah 19:...

Berbagai nama Penunggang kuda yang menang, Wah 19:12,13,16, mengungkapkan berbagai segi kepribadianNya. Pada nama (yang tidak diketahui orang, Wah 19:12) ditambahkan nama "Firman". Ini menyoroti Penunggang itu sebagai pewahyuan Allah yang berdaya, bdk Yoh 1:1,14: khususnya sebagai pelaksana keputusan-keputusan Allah, Wah 20:11-12; 22:12; bdk Wis 18:14-18.

Jerusalem: Why 19:14 - pasukan yang di sorga Yaitu para malaikat, bdk Mat 26:53, atau (dan ini kiranya lebih tepat) rombongan para martir, Wah 14:4; 17:14, yang berpakaian putih-bersih, bdk Wah 1...

Yaitu para malaikat, bdk Mat 26:53, atau (dan ini kiranya lebih tepat) rombongan para martir, Wah 14:4; 17:14, yang berpakaian putih-bersih, bdk Wah 19:8; 3:5,18; 6:11; 16:15; dan juga Mat 22:11 dst.

Jerusalem: Why 19:15 - pedang tajam Pedang adalah senjata khusus Firman yang membasmi, bdk Wah 1:16; Yes 11:4; 49:2; Hos 6:5; Wis 18:15; 2Te 2:8; Ibr 4:12

Pedang adalah senjata khusus Firman yang membasmi, bdk Wah 1:16; Yes 11:4; 49:2; Hos 6:5; Wis 18:15; 2Te 2:8; Ibr 4:12

Jerusalem: Why 19:15 - kilangan anggur Dalam kitab-kitab para nabi kilangan anggur melambangkan pemusnahan musuh Umat oleh Allah pada "Hari Besar" murkaNya, bdk Kej 49:9-12; Yer 25:30; Yes ...

Dalam kitab-kitab para nabi kilangan anggur melambangkan pemusnahan musuh Umat oleh Allah pada "Hari Besar" murkaNya, bdk Kej 49:9-12; Yer 25:30; Yes 63:1-6; Yoe 3:13; Zef 1:15. Mengenai "anggur murkaNya", bdk Wah 14:8+, Wah 14:19-20; Yes 51:17.

Jerusalem: Why 19:16 - suatu nama Nama itu mengungkapkan bahwa Kristus adalah "Tuan", bdk Wah 17:14; Fili 2:9-11. Nama itu jauh melebihi semua gelar penghujat yang dimiliki binatang it...

Nama itu mengungkapkan bahwa Kristus adalah "Tuan", bdk Wah 17:14; Fili 2:9-11. Nama itu jauh melebihi semua gelar penghujat yang dimiliki binatang itu, Wah 13:1; 17:3.

Ende: Why 19:11-12 - -- Kemenangan Kristus berdjalan terus. Babylon telah lenjap, tetapi naga itu, (Wah 12:3) dan kedua binatang kakitangannja (Wah 13:1-11) masih berkuasa.

Kemenangan Kristus berdjalan terus. Babylon telah lenjap, tetapi naga itu, (Wah 12:3) dan kedua binatang kakitangannja (Wah 13:1-11) masih berkuasa.

Ende: Why 19:11 - Jang Setia dan jang Benar ialah Kristus sebagai Penebus, Radja dan Hakim.

ialah Kristus sebagai Penebus, Radja dan Hakim.

Ende: Why 19:13 - Tertjelup dalam darah Kurban Kristus disalib adalah pokok kemenanganNja.

Kurban Kristus disalib adalah pokok kemenanganNja.

Ende: Why 19:15 - Pedang tadjam Sabda Allah jang keluar dari mulut Kristus sanggup memusnahkan sekalian musuh Allah.

Sabda Allah jang keluar dari mulut Kristus sanggup memusnahkan sekalian musuh Allah.

Ende: Why 19:15 - Orang kafir jaitu orang jang dengan tegar hati tetap menolak, malah memusuhi Kristus dan umatNja.

jaitu orang jang dengan tegar hati tetap menolak, malah memusuhi Kristus dan umatNja.

Ende: Why 19:16 - Pada pahaNja Menurut beberapa ahli bahasa djuga dapat diterdjemahkan: "pada pandjiNja".

Menurut beberapa ahli bahasa djuga dapat diterdjemahkan: "pada pandjiNja".

Ref. Silang FULL: Why 19:11 - sorga terbuka // yang menungganginya // Yang Benar // dan berperang · sorga terbuka: Mat 3:16; Mat 3:16 · yang menungganginya: Wahy 19:19,21; Wahy 6:2 · Yang Benar: Wahy 3:14 · dan berperang...

· sorga terbuka: Mat 3:16; [Lihat FULL. Mat 3:16]

· yang menungganginya: Wahy 19:19,21; Wahy 6:2

· Yang Benar: Wahy 3:14

· dan berperang: Kel 15:3; Mazm 96:13; Yes 11:4

Ref. Silang FULL: Why 19:12 - nyala api // banyak mahkota // dan pada-Nya // Ia sendiri · nyala api: Wahy 1:14; Wahy 1:14 · banyak mahkota: Wahy 6:2; 12:3 · dan pada-Nya: Wahy 19:16 · Ia sendiri: Wahy 2:17; Wah...

· nyala api: Wahy 1:14; [Lihat FULL. Wahy 1:14]

· banyak mahkota: Wahy 6:2; 12:3

· dan pada-Nya: Wahy 19:16

· Ia sendiri: Wahy 2:17; [Lihat FULL. Wahy 2:17]

Ref. Silang FULL: Why 19:13 - dalam darah // Firman Allah · dalam darah: Yes 63:2,3 · Firman Allah: Yoh 1:1

· dalam darah: Yes 63:2,3

· Firman Allah: Yoh 1:1

Ref. Silang FULL: Why 19:14 - lenan halus // yang putih · lenan halus: Wahy 19:8 · yang putih: Wahy 3:4; Wahy 3:4

· lenan halus: Wahy 19:8

· yang putih: Wahy 3:4; [Lihat FULL. Wahy 3:4]

Ref. Silang FULL: Why 19:15 - sebilah pedang // akan memukul // gada besi // kilangan anggur · sebilah pedang: Wahy 19:21; Wahy 1:16; Wahy 1:16 · akan memukul: Yes 11:4; 2Tes 2:8 · gada besi: Mazm 2:9; Wahy 2:27; 12:5 &mid...

· sebilah pedang: Wahy 19:21; Wahy 1:16; [Lihat FULL. Wahy 1:16]

· akan memukul: Yes 11:4; 2Tes 2:8

· gada besi: Mazm 2:9; Wahy 2:27; 12:5

· kilangan anggur: Wahy 14:20; [Lihat FULL. Wahy 14:20]

Ref. Silang FULL: Why 19:16 - paha-Nya tertulis // segala tuan · paha-Nya tertulis: Wahy 19:12 · segala tuan: 1Tim 6:15; 1Tim 6:15

· paha-Nya tertulis: Wahy 19:12

· segala tuan: 1Tim 6:15; [Lihat FULL. 1Tim 6:15]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Why 19:11 - -- 19:11 Lalu aku melihat surga terbuka: sesungguhnya, ada seekor kuda putih; dan Ia yang menungganginya bernama: "Yang Setia dan Yang Benar", Ia menghak...

19:11 Lalu aku melihat surga terbuka: sesungguhnya, ada seekor kuda putih; dan Ia yang menungganginya bernama: "Yang Setia dan Yang Benar", Ia menghakimi dan berperang dengan adil.

Walaupun pasal 19:9-10 di atas merupakan peralihan, tetapi dalam ayat ini terkesan bahwa Tuhan datang secara mendadak.

Nama Yang Setia dan Yang Benar mengingatkan kita pada pasal 3:14. Tuhan Yesus tidak datang untuk balas dendam secara sembarangan, tetapi untuk menghakimi dan berperang dengan adil.

Hagelberg: Why 19:11-16 - -- 7. Dia Kembali (19:11-16) Antara kisah Pelacur Besar/Babel (pasal 17:1-19:10) dan kisah Pengantin Kristus/Yerusalem Baru (pasal 21:9-22:10), terdapat ...

7. Dia Kembali (19:11-16)

Antara kisah Pelacur Besar/Babel (pasal 17:1-19:10) dan kisah Pengantin Kristus/Yerusalem Baru (pasal 21:9-22:10), terdapat kisah peralihan kerajaan,613 atau kisah kedatangan Kristus. Di sini kisah kemenangan-Nya atas segala yang melawan Dia sangatlah ditekankan. Beberapa penafsir berkata bahwa Alkitab tidak mengatakan dengan jelas bahwa Dia akan kembali ke dunia ini secara badaniah, atau secara harfiah. Namun dalam ayat-ayat yang berikut ini kata malaikat dalam Kisah Para Rasul 1:11 digenapi: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke surga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke surga." Jika Yesus Kristus dibangkitkan dan naik ke surga secara badaniah, maka Dia akan kembali secara badaniah.

Hagelberg: Why 19:11 - -- 19:11 Lalu aku melihat surga terbuka: sesungguhnya, ada seekor kuda putih; dan Ia yang menungganginya bernama: "Yang Setia dan Yang Benar", Ia menghak...

19:11 Lalu aku melihat surga terbuka: sesungguhnya, ada seekor kuda putih; dan Ia yang menungganginya bernama: "Yang Setia dan Yang Benar", Ia menghakimi dan berperang dengan adil.

Walaupun pasal 19:9-10 di atas merupakan peralihan, tetapi dalam ayat ini terkesan bahwa Tuhan datang secara mendadak.

Nama Yang Setia dan Yang Benar mengingatkan kita pada pasal 3:14. Tuhan Yesus tidak datang untuk balas dendam secara sembarangan, tetapi untuk menghakimi dan berperang dengan adil.

Hagelberg: Why 6:1--20:3 - -- B. Masa Kesengsaraan (6:1-20:3) Bentuk Bagian Ini Bentuk bagian yang mengisahkan masa kesengsaraan ini menarik. Ada tujuh segel, tujuh sangkakala, dan...

B. Masa Kesengsaraan (6:1-20:3)

Bentuk Bagian Ini

Bentuk bagian yang mengisahkan masa kesengsaraan ini menarik. Ada tujuh segel, tujuh sangkakala, dan tujuh cawan. (Mungkinkah Mazmur 79:12, yang berkata, "Dan balikkanlah ke atas pangkuan tetangga kami tujuh kali lipat cela yang telah didatangkan kepada-Mu, ya Tuhan!" melatarbelakangi hukuman tujuh segel, tujuh sangkakala, dan tujuh cawan?) Segel, sangkakala, dan cawan ini merupakan kerangka atau garis besar dari bagian ini. Enam segel itu dibuka Tuhan, disertai hukuman atas bumi. Lalu segel yang ketujuh terdiri dari tujuh sangkakala.299 Keenam sangkakala pertama diceritakan, lalu yang ketujuh terdiri dari tujuh cawan. Struktur ini menekankan dahsyatnya hukuman atas "mereka yang diam di bumi". Segel yang ketujuh merupakan ketujuh sangkakala, dan sangkakala yang ketujuh merupakan ketujuh cawan.300 Jadi, sesudah "yang diam di bumi" mengalami hukuman-hukuman dahsyat yang mulai dari segel yang pertama sampai dengan segel yang keenam, mungkin mereka akan berpikir, "Tinggal hanya satu hukuman lagi, bukankah ada tujuh segel?" Tetapi mereka akan heran, sebab yang "satu" lagi itu terdiri dari tujuh hukuman lagi, yang ditandai dengan tujuh sangkakala. Lalu, sesudah hukuman-hukuman dari enam sangkakala, mungkin mereka akan berpikir, "Akhirnya, hanya satu hukuman lagi..." tetapi mereka akan heran, karena yang "satu" lagi itu terdiri dari tujuh hukuman lagi, yang disebut tujuh cawan.301

Struktur ini menekankan betapa dahsyatnya hukuman-hukuman itu. Selain itu, ternyata segel, sangkakala, dan cawan menjadi garis besar, kerangka, atau "rantai" kisah ini. Selain "rantai kisah" ini ada beberapa hal lain yang juga disisipkan. Setiap "tambahan" ini juga merupakan dorongan untuk ketujuh jemaat itu.

Bagian ini menceritakan "Masa Kesengsaraan", yang merupakan "minggu" yang ke-70 dalam Kitab Daniel pasal 9, suatu masa yang berkelanjutan tujuh tahun. Di antara nas-nas yang lain, Amos 5:18-20 menceritakan kesengsaraan yang akan dialami umat Israel pada masa itu.

Menurut tafsiran lain, keenam segel dalam Wahyu 6 melambangkan masa ini, "zaman gereja", yang penuh dengan peperangan dan penderitaan seperti dikatakan di dalam Markus 13:5-13 ("Semua itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru").

Tetapi paham tersebut agak sulit diterima, kalau kita membaca 6:8, "Dan kepada mereka diberikan kuasa atas seperempat dari bumi untuk membunuh dengan pedang dan dengan kelaparan dan sampar, dan dengan binatang-binatang buas yang ada di bumi." Jadi kalau segel yang keempat dibuka, paling tidak kira-kira satu milyar orang akan dibunuh. Itu bukan zaman sekarang. Alasan lain berkaitan dengan permintaan Tuhan Yesus, yang disebutkan dalam Wahyu 5 dan Mazmur 2:8. Seandainya enam segel itu menceritakan keadaan kita dalam "zaman gereja", artinya gulungan kitab itu sudah diminta Tuhan, dan segel itu sedang dibuka. Dengan demikian, menurut tafsiran tersebut, pembukaan enam segel menghabiskan waktu 2000 tahun, tetapi tujuh sangkakala dan tujuh cawan hanya makan waktu kurang dari tiga tahun. Ini tidak mustahil, tetapi agak aneh.

Lebih baik, sesuai dengan dahsyatnya pembukaan segel dan kepentingan pengambilan gulungan kitab, pengambilan gulungan kitab dianggap permulaan Masa Kesengsaraan, dan pembukaan segel dianggap sebagai sebagian dari hukuman Allah atas "yang diam di bumi" pada Masa Kesengsaraan. Hukuman yang dahsyat harus mendahului pendirian Kerajaan Allah di bumi, sangat jelas dalam Amos 5:18-20 dan Yesaya 2:12-21.

Isi Bagian Ini

Dari segi isi (bukan bentuk), bagian ini ada kesamaannya dengan Markus 13 (juga Matius 24 dan Lukas 21), saat Tuhan Yesus bernubuat mengenai akhir zaman. Beasley-Murray302 mencatat kesamaan-kesamaan tersebut sebagai berikut:

Markus 13

Wahyu 6

1. Perang-perang

1. Perang-perang

2. Perselisihan inter-

nasional

2. Perselisihan inter-

nasional

3. Gempa bumi

3. Kelaparan

4. Kelaparan

4. Wabah/sampar

5. Penganiayaan

5. Penganiayaan

6. Gerhana, bintang

berjatuhan,

goncangan

kuasa-kuasa langit

6. Gempa bumi, gerhana,

bintang berjatuhan,

pembesar bersembunyi

di gua, langit menyusut

Hagelberg: Why 4:1--22:21 - -- III. Bagian Ketiga: \"... apa yang akan terjadi sesudah ini...\" (4:1-22:21) Dengan membandingkan Wahyu 1:19 ("Tuliskanlah... apa yang akan terjadi s...

III. Bagian Ketiga: \"... apa yang akan terjadi sesudah ini...\" (4:1-22:21)

Dengan membandingkan Wahyu 1:19 ("Tuliskanlah... apa yang akan terjadi sesudah ini") dan 4:1 ("Naiklah kemari dan Aku akan menunjuk kepadamu apa yang harus terjadi sesudah ini") kita mengetahui bahwa pasal 4 merupakan permulaan dari bagian ketiga. Bagian ketiga ini akan menceritakan "apa yang akan/harus terjadi sesudah" hal-hal mengenai ketujuh jemaat. Apa yang dibahas dalam pasal 1-3 sudah terjadi. Ketujuh jemaat itu sudah tidak ada lagi, sedangkan apa yang digambarkan dalam pasal 4-22 belum terjadi.

Fungsi bagian ini:

Memang Tuhan Yesus sudah menjanjikan pahala yang indah dan hebat kepada yang setia, kepada "barangsiapa yang menang", kepada "yang menuruti apa yang tertulis di dalam" Kitab Wahyu. Dalam bagian ketiga ini dibuktikan bahwa janji-janji itu bukan omong kosong, tetapi Dia mampu menggenapi janji-Nya, karena Dia akan mengalahkan musuh-Nya dan mendirikan Kerajaan-Nya. Juga, mereka yang menganiaya anggota jemaat Kristus akan dikalahkan oleh Raja atas segala raja, sehingga mereka yang dianiaya akan dihibur dan didorong untuk setia di dalam penganiayaan.

Struktur bagian ini:

Struktur bagian ini dapat dibagi ke dalam beberapa bagian, sebagai berikut:

Visi Takhta sebagai Pendahuluan, 4:1-5:14

Masa Kesengsaraan, 6:1-20:3

Kerajaan Seribu Tahun, 20:4-15

Yerusalem yang Baru, 21:1-22:5

Penjelasan Akhir dari Penglihatan, 22:6-17

Bagian Penutup dari Kitab, 22:18-21

Hagelberg: Why 19:12 - -- 19:12 Dan mata-Nya bagaikan nyala api dan di atas kepala-Nya terdapat banyak mahkota614 dan pada-Nya ada tertulis suatu nama yang tidak diketahui seor...

19:12 Dan mata-Nya bagaikan nyala api dan di atas kepala-Nya terdapat banyak mahkota614 dan pada-Nya ada tertulis suatu nama yang tidak diketahui seorang pun, kecuali Ia sendiri.

Beberapa unsur di sini mengaitkan bagian ini dengan penglihatan dalam pasal satu, dan juga sifat-sifat Kristus dalam pasal dua dan tiga. Dia adalah "Yang Setia dan Yang Benar", dan mata-Nya bagaikan nyala api. Kita perlu menyadari bahwa Dia yang menegur dan menghibur kita dalam pasal dua dan tiga adalah Dia yang akan datang sebagai Pemenang dan Hakim pada akhir zaman.

Banyak orang berusaha menduga-duga mengenai siapa nama dari frase nama yang tidak diketahui seorang pun, kecuali Ia sendiri. Sebenarnya sudah cukup kalau dikatakan bahwa kita tidak dapat mengetahui nama itu, sama seperti adanya pengenalan akan Bapa dan Anak-Nya yang di luar pengetahuan kita, menurut Matius 11:27.

Hagelberg: Why 19:12 - -- 19:12 Dan mata-Nya bagaikan nyala api dan di atas kepala-Nya terdapat banyak mahkota614 dan pada-Nya ada tertulis suatu nama yang tidak diketahui seor...

19:12 Dan mata-Nya bagaikan nyala api dan di atas kepala-Nya terdapat banyak mahkota614 dan pada-Nya ada tertulis suatu nama yang tidak diketahui seorang pun, kecuali Ia sendiri.

Beberapa unsur di sini mengaitkan bagian ini dengan penglihatan dalam pasal satu, dan juga sifat-sifat Kristus dalam pasal dua dan tiga. Dia adalah "Yang Setia dan Yang Benar", dan mata-Nya bagaikan nyala api. Kita perlu menyadari bahwa Dia yang menegur dan menghibur kita dalam pasal dua dan tiga adalah Dia yang akan datang sebagai Pemenang dan Hakim pada akhir zaman.

Banyak orang berusaha menduga-duga mengenai siapa nama dari frase nama yang tidak diketahui seorang pun, kecuali Ia sendiri. Sebenarnya sudah cukup kalau dikatakan bahwa kita tidak dapat mengetahui nama itu, sama seperti adanya pengenalan akan Bapa dan Anak-Nya yang di luar pengetahuan kita, menurut Matius 11:27.

Hagelberg: Why 19:13 - -- 19:13 Dan Ia memakai jubah yang telah dicelup dalam darah dan nama-Nya ialah: "Firman Allah". Walaupun Dia belum terjun ke dalam peperangan, jubah yan...

19:13 Dan Ia memakai jubah yang telah dicelup dalam darah dan nama-Nya ialah: "Firman Allah".

Walaupun Dia belum terjun ke dalam peperangan, jubah yang Dia pakai telah dicelup dalam darah. Rupanya darah yang disebutkan dalam ayat ini adalah darah Tuhan Yesus sendiri,615 sehingga ayat ini mengingatkan kita bahwa Dia yang akan datang untuk menghakimi manusia adalah Dia yang telah datang untuk menyelamatkannya.616 Anak Domba Allah yang telah disembelih sama dengan Anak Domba Allah yang mengambil gulungan kitab yang disegel dengan tujuh segel.

Selain "suatu nama yang tidak diketahui seorang pun, kecuali Ia sendiri", Dia juga mempunyai nama Firman Allah, Anak Allah yang sudah menjelma menjadi manusia.617

Hagelberg: Why 19:13 - -- 19:13 Dan Ia memakai jubah yang telah dicelup dalam darah dan nama-Nya ialah: "Firman Allah". Walaupun Dia belum terjun ke dalam peperangan, jubah yan...

19:13 Dan Ia memakai jubah yang telah dicelup dalam darah dan nama-Nya ialah: "Firman Allah".

Walaupun Dia belum terjun ke dalam peperangan, jubah yang Dia pakai telah dicelup dalam darah. Rupanya darah yang disebutkan dalam ayat ini adalah darah Tuhan Yesus sendiri,615 sehingga ayat ini mengingatkan kita bahwa Dia yang akan datang untuk menghakimi manusia adalah Dia yang telah datang untuk menyelamatkannya.616 Anak Domba Allah yang telah disembelih sama dengan Anak Domba Allah yang mengambil gulungan kitab yang disegel dengan tujuh segel.

Selain "suatu nama yang tidak diketahui seorang pun, kecuali Ia sendiri", Dia juga mempunyai nama Firman Allah, Anak Allah yang sudah menjelma menjadi manusia.617

Hagelberg: Why 19:14 - -- 19:14 Dan semua pasukan yang di surga mengikuti Dia; mereka menunggang kuda putih dan memakai lenan halus yang putih bersih. Apakah mereka yang mengik...

19:14 Dan semua pasukan yang di surga mengikuti Dia; mereka menunggang kuda putih dan memakai lenan halus yang putih bersih.

Apakah mereka yang mengikuti Dia adalah malaikat atau orang-orang yang "menang" yang akan "duduk bersama-sama dengan" Kristus? Kalau ayat ini merupakan penggenapan dari Wahyu pasal 17:14, maka ayat ini menggambarkan keadaan mereka yang sudah menerima dan menuruti segala yang diperintahkan dalam Wahyu pasal 2-3.

Mereka tidak ikut dalam peperangan, mereka hanya mengikuti Dia saja.

Sama seperti Tuhan Yesus, mereka juga menunggang kuda putih. Mereka ikut dalam kekudusan dan kemenangan Juru Selamat dan Raja mereka. Dan sesuai dengan janji yang dicatat dalam pasal 3:5, mereka memakai lenan halus yang putih bersih.

Hagelberg: Why 19:14 - -- 19:14 Dan semua pasukan yang di surga mengikuti Dia; mereka menunggang kuda putih dan memakai lenan halus yang putih bersih. Apakah mereka yang mengik...

19:14 Dan semua pasukan yang di surga mengikuti Dia; mereka menunggang kuda putih dan memakai lenan halus yang putih bersih.

Apakah mereka yang mengikuti Dia adalah malaikat atau orang-orang yang "menang" yang akan "duduk bersama-sama dengan" Kristus? Kalau ayat ini merupakan penggenapan dari Wahyu pasal 17:14, maka ayat ini menggambarkan keadaan mereka yang sudah menerima dan menuruti segala yang diperintahkan dalam Wahyu pasal 2-3.

Mereka tidak ikut dalam peperangan, mereka hanya mengikuti Dia saja.

Sama seperti Tuhan Yesus, mereka juga menunggang kuda putih. Mereka ikut dalam kekudusan dan kemenangan Juru Selamat dan Raja mereka. Dan sesuai dengan janji yang dicatat dalam pasal 3:5, mereka memakai lenan halus yang putih bersih.

Hagelberg: Why 19:15 - -- 19:15 Dan dari mulut-Nya keluarlah sebilah pedang tajam yang akan memukul segala bangsa. Dan Ia akan memerintah618 mereka dengan gada besi dan Ia akan...

19:15 Dan dari mulut-Nya keluarlah sebilah pedang tajam yang akan memukul segala bangsa. Dan Ia akan memerintah618 mereka dengan gada besi dan Ia akan memeras anggur dalam kilangan anggur, yaitu kegeraman murka Allah, Yang Mahakuasa.

Bagaimana Dia menghakimi mereka yang diam di bumi dikiaskan dengan tiga kiasan yang diambil dari Perjanjian Lama, yaitu pedang tajam yang keluar dari mulut-Nya, gada besi, dan kilangan anggur. Sesuai dengan apa yang dikatakan mengenai Tuhan Yesus dalam pasal 2:12, dari mulut-Nya keluarlah sebilah pedang tajam. Dalam konteks pasal 2-3 pedang itu dapat dipakai untuk melawan musuh, dan juga dapat dipakai untuk menghajar umat-Nya sendiri. Dalam konteks pasal 19, pedang tajam ini akan dipakai untuk memukul segala bangsa. Semesta alam diciptakan hanya dengan Firman yang diucapkan. Demikian juga dunia ini dihakimi dengan apa yang keluar dari mulut-Nya. Dalam Yesaya 11:4 dikatakan, "...Ia akan menghajar bumi dengan perkataan-Nya seperti dengan tongkat, dan dengan napas mulut-Nya ia akan membunuh orang fasik." Lihatlah juga 2 Tesalonika 2:8 dan Ibrani 4:12. Rupanya Firman Kristus layak dikiaskan sebagai sebilah pedang tajam yang akan memukul segala bangsa.

Maksud kata-kata yang dipakai dalam pasal 2:27 dan 12:5, Ia akan memerintah mereka dengan gada besi, dijelaskan lagi dengan ungkapan Ia akan memeras anggur dalam kilangan anggur, yaitu kegeraman murka Allah. Ini bukan kemarahan Kristus sendiri, tetapi murka Allah. Sesuai dengan apa yang dikatakan dalam pasal 19:11, "Ia menghakimi dan berperang dengan adil." Kiasan ini diambil dari Mazmur 2:9.

Sama seperti buah anggur diinjak-injak dalam kilangan anggur, demikian juga mereka akan menderita. Kiasan ini, yang diambil dari Yesaya 63:2-4, juga dipakai dalam Wahyu pasal 14:19-20.

Hagelberg: Why 19:15 - -- 19:15 Dan dari mulut-Nya keluarlah sebilah pedang tajam yang akan memukul segala bangsa. Dan Ia akan memerintah618 mereka dengan gada besi dan Ia akan...

19:15 Dan dari mulut-Nya keluarlah sebilah pedang tajam yang akan memukul segala bangsa. Dan Ia akan memerintah618 mereka dengan gada besi dan Ia akan memeras anggur dalam kilangan anggur, yaitu kegeraman murka Allah, Yang Mahakuasa.

Bagaimana Dia menghakimi mereka yang diam di bumi dikiaskan dengan tiga kiasan yang diambil dari Perjanjian Lama, yaitu pedang tajam yang keluar dari mulut-Nya, gada besi, dan kilangan anggur. Sesuai dengan apa yang dikatakan mengenai Tuhan Yesus dalam pasal 2:12, dari mulut-Nya keluarlah sebilah pedang tajam. Dalam konteks pasal 2-3 pedang itu dapat dipakai untuk melawan musuh, dan juga dapat dipakai untuk menghajar umat-Nya sendiri. Dalam konteks pasal 19, pedang tajam ini akan dipakai untuk memukul segala bangsa. Semesta alam diciptakan hanya dengan Firman yang diucapkan. Demikian juga dunia ini dihakimi dengan apa yang keluar dari mulut-Nya. Dalam Yesaya 11:4 dikatakan, "...Ia akan menghajar bumi dengan perkataan-Nya seperti dengan tongkat, dan dengan napas mulut-Nya ia akan membunuh orang fasik." Lihatlah juga 2 Tesalonika 2:8 dan Ibrani 4:12. Rupanya Firman Kristus layak dikiaskan sebagai sebilah pedang tajam yang akan memukul segala bangsa.

Maksud kata-kata yang dipakai dalam pasal 2:27 dan 12:5, Ia akan memerintah mereka dengan gada besi, dijelaskan lagi dengan ungkapan Ia akan memeras anggur dalam kilangan anggur, yaitu kegeraman murka Allah. Ini bukan kemarahan Kristus sendiri, tetapi murka Allah. Sesuai dengan apa yang dikatakan dalam pasal 19:11, "Ia menghakimi dan berperang dengan adil." Kiasan ini diambil dari Mazmur 2:9.

Sama seperti buah anggur diinjak-injak dalam kilangan anggur, demikian juga mereka akan menderita. Kiasan ini, yang diambil dari Yesaya 63:2-4, juga dipakai dalam Wahyu pasal 14:19-20.

Hagelberg: Why 19:16 - -- 19:16 Dan pada jubah-Nya dan paha-Nya tertulis suatu nama, yaitu: "Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan". Selain nama yang dipakai dalam pasa...

19:16 Dan pada jubah-Nya dan paha-Nya tertulis suatu nama, yaitu: "Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan".

Selain nama yang dipakai dalam pasal 19:13, yaitu "Firman Allah", Dia juga mempunyai nama Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan. Nama itu tertulis pada jubah-Nya, rupanya supaya terlihat waktu berperang.619 Nama itu juga dipakai dalam Wahyu pasal 17:14; 1 Timotius 6:15; dan Daniel 2:47, dan tampaknya nama ini pertama kali dipakai dalam Ulangan 10:17.620 Nama ini menegaskan kedaulatan mutlak yang dimiliki oleh Kristus.

Hagelberg: Why 19:16 - -- 19:16 Dan pada jubah-Nya dan paha-Nya tertulis suatu nama, yaitu: "Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan". Selain nama yang dipakai dalam pasa...

19:16 Dan pada jubah-Nya dan paha-Nya tertulis suatu nama, yaitu: "Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan".

Selain nama yang dipakai dalam pasal 19:13, yaitu "Firman Allah", Dia juga mempunyai nama Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan. Nama itu tertulis pada jubah-Nya, rupanya supaya terlihat waktu berperang.619 Nama itu juga dipakai dalam Wahyu pasal 17:14; 1 Timotius 6:15; dan Daniel 2:47, dan tampaknya nama ini pertama kali dipakai dalam Ulangan 10:17.620 Nama ini menegaskan kedaulatan mutlak yang dimiliki oleh Kristus.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Why 19:11-21 - Sang Penunggang Kuda Putih Sang Penunggang Kuda Putih (19:11-21) ...

SH: Why 19:11-21 - Firman hidup yang menang (Minggu, 17 Desember 2006) Firman hidup yang menang Judul: Firman hidup yang menang Paparan tentang Kristus dan kemenangan-Nya menjad...

SH: Why 19:11-16 - Langit Terbuka? (Minggu, 16 Oktober 2022) Langit Terbuka? Perikop Wahyu 19:11-16 menyatakan surga ...

SH: Why 19:6-16 - Dialah Sang Raja! (Sabtu, 16 November 2002) Dialah Sang Raja! Dialah Sang Raja! Porsi nas ini sebenarnya mencakup bagian-bagian dari dua ...

SH: Why 19:6-16 - Raja yang datang sebagai pemenang (Rabu, 10 Desember 2014) Raja yang datang sebagai pemenang Judul: Raja yang datang sebagai pemenang Sejak pasal ...

Utley: Why 19:11-16 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 19:11-16...

Topik Teologia: Why 19:11 - -- Yesus Kristus Penggenapan Mat 25:31 ...

Topik Teologia: Why 19:12 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Keadaan yang Berkenaa...

Topik Teologia: Why 19:13 - -- Yesus Kristus Penggenapan Mat 25:31 ...

Topik Teologia: Why 19:14 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Keadaan yang Berkenaa...

Topik Teologia: Why 19:15 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Rangkap Allah Allah yang Mahakuasa (Yun.: T...

Topik Teologia: Why 19:16 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Deskriptif Allah Tuhan Segala tuhan ...

TFTWMS: Why 19:11-16 - Yesus YESUS (Wahyu 19:11-16) Banyak mahkota (ay. ...

TFTWMS: Why 19:11-16 - Kuasa-nya Lengkap KUASA-NYA LENGKAP (Wahyu 19:11-16) Yohanes memulai dengan mengatak...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Perjuangan dan Penyelesaian Tanggal Penulisan...

Full Life: Wahyu (Garis Besar) Garis Besar Prolog (Wahy 1:1-8) ...

Matthew Henry: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tidak semestinya mengurangi nama baik dan wewenang kitab ini bahwa ia sud...

Jerusalem: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Kata "Wahyu" dalam judul Kitab in...

Ende: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHJU JOANES KATA PENGANTAR Tjorak chas karangan ini Dalam ajat pertama, mengenai isinja, karangan ini di...

Hagelberg: Wahyu (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Walaupun kitab ini seringkali ditafsirkan dengan pendekatan yang bermacam-macam, sang...

Hagelberg: Wahyu (Garis Besar) GARIS BESAR wahyu I. Bagian Pertama: "...apa yang telah kaulihat..." (...

Hagelberg: Wahyu DAFTAR PUSTAKA wahyu Daftar Kepustakaan Bauckham, Richard, The Climax of Prophecy: Studies on the B...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Pertempuran Yang Tak Pernah & Tak Akan Pernah Ada ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 16:13, 14, 1 6-21) Jika...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Mereka yang menggunakan pendekatan sejarah-berlanjut umumnya menafsirkan ketiga pertempuran in...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) "RAJA SEGALA RAJA & TUAN SEGALA TUAN" WAHYU 19:11-21...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 19:11-21) Anda telah mempelajari kitab Wahyu cuk...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Ini tidak harus berarti bahwa mereka pada akhirnya dikalahkan di berbagai. Sebaliknya, ini mer...

BIS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Wahyu Kepada Yohanes ini ditulis pada masa orang-orang Kristen ditekan dan dian...

Ajaran: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran yang ada dalam Kitab Wahyu, sehingga mereka melakukannya dal...

Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Apa yang akan terjadi pada masa depan PENULIS.Penulisnya disebut sebagai 'Yohanes' sebanyak empat kali (...

Garis Besar Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Wah 1:1-20...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #08: Klik ikon untuk memisahkan teks alkitab dan catatan secara horisontal atau vertikal. [SEMUA]
dibuat dalam 0.16 detik
dipersembahkan oleh YLSA