kecilkan semua  

Teks -- Wahyu 13:1-8 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Binatang yang keluar dari dalam laut
13:1 (#12-#18) Dan ia tinggal berdiri di pantai laut. (#13-#1) Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat. 13:2 Binatang yang kulihat itu serupa dengan macan tutul, dan kakinya seperti kaki beruang dan mulutnya seperti mulut singa. Dan naga itu memberikan kepadanya kekuatannya, dan takhtanya dan kekuasaannya yang besar. 13:3 Maka tampaklah kepadaku satu dari kepala-kepalanya seperti kena luka yang membahayakan hidupnya, tetapi luka yang membahayakan hidupnya itu sembuh. Seluruh dunia heran, lalu mengikut binatang itu. 13:4 Dan mereka menyembah naga itu, karena ia memberikan kekuasaan kepada binatang itu. Dan mereka menyembah binatang itu, sambil berkata: "Siapakah yang sama seperti binatang ini? Dan siapakah yang dapat berperang melawan dia?" 13:5 Dan kepada binatang itu diberikan mulut, yang penuh kesombongan dan hujat; kepadanya diberikan juga kuasa untuk melakukannya empat puluh dua bulan lamanya. 13:6 Lalu ia membuka mulutnya untuk menghujat Allah, menghujat nama-Nya dan kemah kediaman-Nya dan semua mereka yang diam di sorga. 13:7 Dan ia diperkenankan untuk berperang melawan orang-orang kudus dan untuk mengalahkan mereka; dan kepadanya diberikan kuasa atas setiap suku dan umat dan bahasa dan bangsa. 13:8 Dan semua orang yang diam di atas bumi akan menyembahnya, yaitu setiap orang yang namanya tidak tertulis sejak dunia dijadikan di dalam kitab kehidupan dari Anak Domba, yang telah disembelih.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Why 13:1 - SEEKOR BINATANG KELUAR DARI DALAM LAUT. Nas : Wahy 13:1 Pasal Wahy 13:1-18 menggambarkan permusuhan antara antikristus dan Allah serta umat-Nya selama masa kesengsaraan itu. Seekor binata...

Nas : Wahy 13:1

Pasal Wahy 13:1-18 menggambarkan permusuhan antara antikristus dan Allah serta umat-Nya selama masa kesengsaraan itu. Seekor binatang yang keluar dari dalam laut itu adalah pemerintahan dunia yang besar dan terakhir dalam sejarah, yang terdiri atas sepuluh kerajaan di bawah kuasa antikristus

(lihat cat. --> Wahy 17:12;

lihat cat. --> Dan 2:40;

lihat cat. --> Dan 2:41-43;

lihat cat. --> Dan 2:44-45;

lihat cat. --> Dan 7:24-25;

lihat cat. --> Dan 11:36-45).

[atau ref. Wahy 17:12; Dan 2:40-45; 7:24-25; 11:36-45]

Laut melambangkan banyak bangsa (bd. Wahy 17:15). Iblis memberikan kuasanya kepada pemerintahan ini dan menggunakannya untuk melawan Allah dan umat-Nya (ayat Wahy 13:2). Lih. Wahy 17:8-11 untuk penjelasan malaikat mengenai binatang tersebut.

Full Life: Why 13:2 - BINATANG ... MACAN TUTUL. Nas : Wahy 13:2 Binatang ini, yaitu binatang dari ayat Wahy 13:1, tidak hanya melambangkan kerajaan dunia bukan Yahudi pada akhir zaman, tetapi jug...

Nas : Wahy 13:2

Binatang ini, yaitu binatang dari ayat Wahy 13:1, tidak hanya melambangkan kerajaan dunia bukan Yahudi pada akhir zaman, tetapi juga raja atas kerajaan itu. Binatang itu adalah seorang, sekejam seekor binatang buas, yang akan memperoleh kuasa politik dan agama di dunia pada zaman itu (lih. Wahy 17:13; Dan 7:4-6; 8:25; 9:27). Ia disebut sebagai "manusia durhaka" dalam 2Tes 2:3-4 dan "antikristus" dalam 1Yoh 2:18 ("anti" berarti "sebagai pengganti"; demikianlah antikristus itu akan mengaku bahwa ialah Kristus yang sejati, Mesias yang benar, Mat 24:24-25; 2Tes 2:3-4). Ia akan mengikat perjanjian dengan bangsa Israel

(lihat cat. --> Dan 9:27;

[atau ref. Dan 9:27]

lihat art. ZAMAN ANTIKRISTUS).

Full Life: Why 13:3 - LUKA YANG MEMBAHAYAKAN HIDUPNYA. Nas : Wahy 13:3 Tampaklah kepada seluruh dunia bahwa antikristus telah menderita luka yang membahayakan hidupnya, namun dihidupkan kembali oleh kua...

Nas : Wahy 13:3

Tampaklah kepada seluruh dunia bahwa antikristus telah menderita luka yang membahayakan hidupnya, namun dihidupkan kembali oleh kuasa adikodrati Iblis (ayat Wahy 13:2,14; bd. 2Tes 2:9;

lihat cat. --> Wahy 17:8).

[atau ref. Wahy 17:8]

Rupanya Allah akan mengizinkan Iblis untuk mencoba meniru kuasa Kristus. Barangkali ini menjadi cara utama Iblis untuk memperdaya seluruh umat manusia (bd. 2Tes 2:9-10).

Full Life: Why 13:7 - BERPERANG MELAWAN ORANG-ORANG KUDUS. Nas : Wahy 13:7 Selama masa kesengsaraan itu, orang harus memilih apakah mereka akan mengikuti jalan yang mudah dan terkenal dari agama baru atau a...

Nas : Wahy 13:7

Selama masa kesengsaraan itu, orang harus memilih apakah mereka akan mengikuti jalan yang mudah dan terkenal dari agama baru atau akan percaya pada Kristus dan tetap setia saja.

  1. 1) Mereka yang tetap setia kepada Allah dan Firman-Nya akan dianiaya dan mungkin dibunuh

    (lihat cat. --> Wahy 6:9;

    lihat cat. --> Wahy 7:9).

    [atau ref. Wahy 6:9; 7:9]

  2. 2) Iblis akan "mengalahkan mereka", bukan dalam arti bahwa iman mereka dihancurkan, tetapi dalam kematian syahid (Wahy 6:9-11). Selama "empat puluh dua bulan" antikristus akan berperang melawan orang kudus (ayat Wahy 13:5).

Full Life: Why 13:8 - SEMUA ORANG ... AKAN MENYEMBAHNYA. Nas : Wahy 13:8 Antikristus memperkenalkan dirinya sebagai allah dan memiliki kuasa adikodrati atas dunia roh-roh jahat (2Tes 2:4,9). Karena itu, i...

Nas : Wahy 13:8

Antikristus memperkenalkan dirinya sebagai allah dan memiliki kuasa adikodrati atas dunia roh-roh jahat (2Tes 2:4,9). Karena itu, ia akan disembah (ayat Wahy 13:4,8,12; 14:9; 16:2). Dengan kata lain, agama antikristus itu mengajarkan doktrin keilahian manusia (bd. Kej 3:5). Sebagai pengganti kebenaran bahwa di dalam Kristus Allah telah menjadi manusia (Yoh 1:14), ia memberitakan kebohongan bahwa di dalam dirinya sendiri sifat manusiawi telah atau bisa berubah menjadi Allah (2Tes 2:4). Ajaran aliran "Zaman Baru" masa kini menekankan doktrin antikristus ini dan barangkali sedang mempersiapkan massa untuk akhirnya menerima doktrin tersebut.

Full Life: Why 13:8 - ANAK DOMBA YANG TELAH DISEMBELIH Nas : Wahy 13:8 (seharusnya ditambah -- "sejak dunia dijadikan" -- versi Inggris NIV). Kematian Kristus yang menebus demi keselamatan umat manusia ...

Nas : Wahy 13:8

(seharusnya ditambah -- "sejak dunia dijadikan" -- versi Inggris NIV). Kematian Kristus yang menebus demi keselamatan umat manusia telah ditetapkan sejak penciptaan dunia

(lihat cat. --> Wahy 17:8;

[atau ref. Wahy 17:8]

Kej 3:15; 1Pet 1:18-20).

BIS: Why 13:1 - Lalu naga itu berdiri Lalu naga itu berdiri: beberapa naskah kuno: Lalu saya berdiri (lihat ayat 10).

Lalu naga itu berdiri: beberapa naskah kuno: Lalu saya berdiri (lihat ayat 10).

Jerusalem: Why 4:1--16:21 - -- Dalam bab-bab ini dahulu Allah digambarkan duduk di atas takhtaNya di sorga diiringi isi sorga, bab 4. Kemudian pandangan merangkum dunia semesta yang...

Dalam bab-bab ini dahulu Allah digambarkan duduk di atas takhtaNya di sorga diiringi isi sorga, bab 4. Kemudian pandangan merangkum dunia semesta yang nasibnya diserahkan kepada Anak Domba. Ini dilambangkan oleh Kitab yang dimeterai, yang diserahkan kepada Anak Domba, bab 5. Lalu menyusullah berbagai penglihatan besar yang berupa lambang. Penglihatan-penglihatan itu, bab 6-16, menyiapkan "Hari Besar", yakni hari murka Allah menimpa para penganiaya, bab 17-19.

Jerusalem: Why 12:1--14:20 - -- Bab 12-14 Bagian ini melanjutkan penggambaran persiapan akhir dunia. Dengan cara dan gambar-gambar lain bagian ini melukiskan perjuangan yang kini ber...

Bab 12-14 Bagian ini melanjutkan penggambaran persiapan akhir dunia. Dengan cara dan gambar-gambar lain bagian ini melukiskan perjuangan yang kini berlangsung antara Naga dan Anak Domba. Bab 12 mencampurkan unsur-unsur dari dua penglihatan yang berbeda, yaitu: perjuangan Naga melawan Perempuan serta keturunannya, Wah 12:1-6 dan Wah 12:13-17; perjuangan Mikhael melawan Naga, Wah 12:7-12.

Jerusalem: Why 13:1 - ia tinggal berdiri Var: aku tinggal berdiri. Kalau demikian, kalimat ini harus dihubungkan dengan Wah 18:1

Var: aku tinggal berdiri. Kalau demikian, kalimat ini harus dihubungkan dengan Wah 18:1

Jerusalem: Why 13:2 - naga itu Ialah Iblis, Wah 12:3+. Binatang itu menerima segenap kuasanya dari Iblis, bdk Mat 4:8-9 dsj; Yoh 12:31+; 2Te 2:9.

Ialah Iblis, Wah 12:3+. Binatang itu menerima segenap kuasanya dari Iblis, bdk Mat 4:8-9 dsj; Yoh 12:31+; 2Te 2:9.

Jerusalem: Why 13:3 - -- Ayat ini menyinggung salah satu pemulihan negara Roma yang sebentar tergoncang (pembunuhan atas diri Caesar? Kerusuhan yang menyusul kematian Nero?) B...

Ayat ini menyinggung salah satu pemulihan negara Roma yang sebentar tergoncang (pembunuhan atas diri Caesar? Kerusuhan yang menyusul kematian Nero?) Binatang yang berluka tetapi sembuh itu merupakan gambar ejekan Kristus yang mati tetapi bangkit.

Jerusalem: Why 13:4 - Siapakah yang sama... Bdk nama Mikhael, Wah 12:7.

Bdk nama Mikhael, Wah 12:7.

Ende: Why 13:1-2 - Binatang pertama ini dipandang sebagai lambang pemerintahan Roma, jang kaisar-kaisarnja mau disembah sebagai dewa (tuhan) dan mulai dengan kaisar Nero terus-me...

pertama ini dipandang sebagai lambang pemerintahan Roma, jang kaisar-kaisarnja mau disembah sebagai dewa (tuhan) dan mulai dengan kaisar Nero terus-menerus dengan sebengis-bengisnja mengedjar umat Kristus.

Ende: Why 13:2 - -- Kaisar-kaisar itu bersama para "radja" bawahannja, tak lain tak bukan hanja kakitangan "naga" (sjaitan) itu.

Kaisar-kaisar itu bersama para "radja" bawahannja, tak lain tak bukan hanja kakitangan "naga" (sjaitan) itu.

Ref. Silang FULL: Why 13:1 - dalam laut // bertanduk // tertulis nama-nama · dalam laut: Dan 7:1-6; Wahy 15:2; 16:13 · bertanduk: Wahy 12:3; Wahy 12:3 · tertulis nama-nama: Dan 11:36; Wahy 17:3

· dalam laut: Dan 7:1-6; Wahy 15:2; 16:13

· bertanduk: Wahy 12:3; [Lihat FULL. Wahy 12:3]

· tertulis nama-nama: Dan 11:36; Wahy 17:3

Ref. Silang FULL: Why 13:2 - macan tutul // kaki beruang // mulut singa // dan kekuasaannya · macan tutul: Dan 7:6 · kaki beruang: Dan 7:5 · mulut singa: Dan 7:4 · dan kekuasaannya: Wahy 2:13; 16:10

· macan tutul: Dan 7:6

· kaki beruang: Dan 7:5

· mulut singa: Dan 7:4

· dan kekuasaannya: Wahy 2:13; 16:10

Ref. Silang FULL: Why 13:3 - itu sembuh // dunia heran · itu sembuh: Wahy 13:12,14 · dunia heran: Wahy 17:8

· itu sembuh: Wahy 13:12,14

· dunia heran: Wahy 17:8

Ref. Silang FULL: Why 13:4 - sama seperti · sama seperti: Kel 15:11

· sama seperti: Kel 15:11

Ref. Silang FULL: Why 13:5 - dan hujat // dua bulan · dan hujat: Dan 7:8,11,20,25; 11:36; 2Tes 2:4 · dua bulan: Wahy 11:2; Wahy 11:2

· dan hujat: Dan 7:8,11,20,25; 11:36; 2Tes 2:4

· dua bulan: Wahy 11:2; [Lihat FULL. Wahy 11:2]

Ref. Silang FULL: Why 13:6 - di sorga · di sorga: Wahy 12:12

· di sorga: Wahy 12:12

Ref. Silang FULL: Why 13:7 - untuk berperang // dan bangsa · untuk berperang: Dan 7:21; Wahy 11:7 · dan bangsa: Wahy 5:9; 7:9; 10:11; 17:15

· untuk berperang: Dan 7:21; Wahy 11:7

· dan bangsa: Wahy 5:9; 7:9; 10:11; 17:15

Ref. Silang FULL: Why 13:8 - atas bumi // sejak dunia // kitab kehidupan // Anak Domba · atas bumi: Wahy 13:12,14; Wahy 3:10; Wahy 3:10 · sejak dunia: Mat 25:34; Mat 25:34 · kitab kehidupan: Wahy 20:12; Wahy 20:12 &m...

· atas bumi: Wahy 13:12,14; Wahy 3:10; [Lihat FULL. Wahy 3:10]

· sejak dunia: Mat 25:34; [Lihat FULL. Mat 25:34]

· kitab kehidupan: Wahy 20:12; [Lihat FULL. Wahy 20:12]

· Anak Domba: Yoh 1:29; [Lihat FULL. Yoh 1:29]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Why 13:1 - -- 13:1 Dan saya berdiri di pantai laut.457 Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tandu...

13:1 Dan saya berdiri di pantai laut.457 Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat.

Binatang yang pertama, yang dari laut, adalah seorang manusia yang dinamai Anti-Kristus.458 Ia datang dari dalam laut, maka ada kesamaan dengan tuannya, yang datang dari dalam lubang jurang maut (pasal 9:2-11) dan yang akan ditutup kembali dalam jurang maut selama seribu tahun (pasal 20:3). Selain kesamaan itu, dalam pasal 12:3 naga itu "berkepala tujuh dan bertanduk sepuluh, dan di atas kepalanya ada tujuh mahkota".

Binatang yang dilihat Yohanes bertanduk sepuluh, sama seperti binatang yang keempat yang diceritakan dalam Daniel pasal 7:7-8 dan 7:19-25. Dalam Daniel pasal 7:24 sepuluh tanduk itu adalah "kesepuluh raja yang muncul dari kerajaan itu".

Binatang itu juga berkepala tujuh. Dalam Wahyu 17:9-10 ketujuh kepala itu ditafsirkan sebagai tujuh gunung dan tujuh raja. Mungkin itu berarti bahwa tokoh jahat ini menguasai tujuh raja. Angka tujuh melambangkan bukan "kesempurnaan" tetapi "totalitas".459 Binatang itu jauh dari sempurna, tetapi kejahatannya sudah bersifat total.

Binatang itu mempunyai sepuluh mahkota, sedangkan dalam pasal 19:12 dikatakan mengenai Kristus bahwa "...di atas kepala-Nya terdapat banyak mahkota...."

Pada abad pertama kaisar-kaisar Roma semakin sering memakai sebutan ilahi tentang diri mereka sendiri, sampai Kaisar Domitianus menyebut dirinya secara resmi sebagai "Tuhan dan Allah".460 Nama-nama seperti itu dapat disamakan dengan nama-nama hujat yang dipakai oleh binatang itu.

Oknum ini sudah disinggung dalam Kitab Daniel pasal 7. Ternyata nubuatan dalam Kitab Daniel tentang "tanduk kecil" itu sementara digenapi dalam pribadi Antiokhes Epifanes, tetapi penggenapan yang menyeluruh diceritakan dalam Kitab Wahyu, mulai dari ayat ini. Oknum ini juga dinubuatkan dalam Injil Matius 24:15 dan Lukas 21:20.

Beberapa penafsir Kitab Wahyu berkata bahwa binatang ini melambangkan Kekaisaran Romawi, atau menunjuk ke salah satu kaisar. Menurut Walvoord,461 ayat ini menceritakan Kekaisaran Romawi yang akan dipulihkan kembali pada akhir zaman, dan secara khusus, binatang ini adalah pemimpin Kekaisaran Romawi yang dipulihkan itu.

Hagelberg: Why 13:1 - -- 13:1 Dan saya berdiri di pantai laut.457 Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tandu...

13:1 Dan saya berdiri di pantai laut.457 Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat.

Binatang yang pertama, yang dari laut, adalah seorang manusia yang dinamai Anti-Kristus.458 Ia datang dari dalam laut, maka ada kesamaan dengan tuannya, yang datang dari dalam lubang jurang maut (pasal 9:2-11) dan yang akan ditutup kembali dalam jurang maut selama seribu tahun (pasal 20:3). Selain kesamaan itu, dalam pasal 12:3 naga itu "berkepala tujuh dan bertanduk sepuluh, dan di atas kepalanya ada tujuh mahkota".

Binatang yang dilihat Yohanes bertanduk sepuluh, sama seperti binatang yang keempat yang diceritakan dalam Daniel pasal 7:7-8 dan 7:19-25. Dalam Daniel pasal 7:24 sepuluh tanduk itu adalah "kesepuluh raja yang muncul dari kerajaan itu".

Binatang itu juga berkepala tujuh. Dalam Wahyu 17:9-10 ketujuh kepala itu ditafsirkan sebagai tujuh gunung dan tujuh raja. Mungkin itu berarti bahwa tokoh jahat ini menguasai tujuh raja. Angka tujuh melambangkan bukan "kesempurnaan" tetapi "totalitas".459 Binatang itu jauh dari sempurna, tetapi kejahatannya sudah bersifat total.

Binatang itu mempunyai sepuluh mahkota, sedangkan dalam pasal 19:12 dikatakan mengenai Kristus bahwa "...di atas kepala-Nya terdapat banyak mahkota...."

Pada abad pertama kaisar-kaisar Roma semakin sering memakai sebutan ilahi tentang diri mereka sendiri, sampai Kaisar Domitianus menyebut dirinya secara resmi sebagai "Tuhan dan Allah".460 Nama-nama seperti itu dapat disamakan dengan nama-nama hujat yang dipakai oleh binatang itu.

Oknum ini sudah disinggung dalam Kitab Daniel pasal 7. Ternyata nubuatan dalam Kitab Daniel tentang "tanduk kecil" itu sementara digenapi dalam pribadi Antiokhes Epifanes, tetapi penggenapan yang menyeluruh diceritakan dalam Kitab Wahyu, mulai dari ayat ini. Oknum ini juga dinubuatkan dalam Injil Matius 24:15 dan Lukas 21:20.

Beberapa penafsir Kitab Wahyu berkata bahwa binatang ini melambangkan Kekaisaran Romawi, atau menunjuk ke salah satu kaisar. Menurut Walvoord,461 ayat ini menceritakan Kekaisaran Romawi yang akan dipulihkan kembali pada akhir zaman, dan secara khusus, binatang ini adalah pemimpin Kekaisaran Romawi yang dipulihkan itu.

Hagelberg: Why 6:1--20:3 - -- B. Masa Kesengsaraan (6:1-20:3) Bentuk Bagian Ini Bentuk bagian yang mengisahkan masa kesengsaraan ini menarik. Ada tujuh segel, tujuh sangkakala, dan...

B. Masa Kesengsaraan (6:1-20:3)

Bentuk Bagian Ini

Bentuk bagian yang mengisahkan masa kesengsaraan ini menarik. Ada tujuh segel, tujuh sangkakala, dan tujuh cawan. (Mungkinkah Mazmur 79:12, yang berkata, "Dan balikkanlah ke atas pangkuan tetangga kami tujuh kali lipat cela yang telah didatangkan kepada-Mu, ya Tuhan!" melatarbelakangi hukuman tujuh segel, tujuh sangkakala, dan tujuh cawan?) Segel, sangkakala, dan cawan ini merupakan kerangka atau garis besar dari bagian ini. Enam segel itu dibuka Tuhan, disertai hukuman atas bumi. Lalu segel yang ketujuh terdiri dari tujuh sangkakala.299 Keenam sangkakala pertama diceritakan, lalu yang ketujuh terdiri dari tujuh cawan. Struktur ini menekankan dahsyatnya hukuman atas "mereka yang diam di bumi". Segel yang ketujuh merupakan ketujuh sangkakala, dan sangkakala yang ketujuh merupakan ketujuh cawan.300 Jadi, sesudah "yang diam di bumi" mengalami hukuman-hukuman dahsyat yang mulai dari segel yang pertama sampai dengan segel yang keenam, mungkin mereka akan berpikir, "Tinggal hanya satu hukuman lagi, bukankah ada tujuh segel?" Tetapi mereka akan heran, sebab yang "satu" lagi itu terdiri dari tujuh hukuman lagi, yang ditandai dengan tujuh sangkakala. Lalu, sesudah hukuman-hukuman dari enam sangkakala, mungkin mereka akan berpikir, "Akhirnya, hanya satu hukuman lagi..." tetapi mereka akan heran, karena yang "satu" lagi itu terdiri dari tujuh hukuman lagi, yang disebut tujuh cawan.301

Struktur ini menekankan betapa dahsyatnya hukuman-hukuman itu. Selain itu, ternyata segel, sangkakala, dan cawan menjadi garis besar, kerangka, atau "rantai" kisah ini. Selain "rantai kisah" ini ada beberapa hal lain yang juga disisipkan. Setiap "tambahan" ini juga merupakan dorongan untuk ketujuh jemaat itu.

Bagian ini menceritakan "Masa Kesengsaraan", yang merupakan "minggu" yang ke-70 dalam Kitab Daniel pasal 9, suatu masa yang berkelanjutan tujuh tahun. Di antara nas-nas yang lain, Amos 5:18-20 menceritakan kesengsaraan yang akan dialami umat Israel pada masa itu.

Menurut tafsiran lain, keenam segel dalam Wahyu 6 melambangkan masa ini, "zaman gereja", yang penuh dengan peperangan dan penderitaan seperti dikatakan di dalam Markus 13:5-13 ("Semua itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru").

Tetapi paham tersebut agak sulit diterima, kalau kita membaca 6:8, "Dan kepada mereka diberikan kuasa atas seperempat dari bumi untuk membunuh dengan pedang dan dengan kelaparan dan sampar, dan dengan binatang-binatang buas yang ada di bumi." Jadi kalau segel yang keempat dibuka, paling tidak kira-kira satu milyar orang akan dibunuh. Itu bukan zaman sekarang. Alasan lain berkaitan dengan permintaan Tuhan Yesus, yang disebutkan dalam Wahyu 5 dan Mazmur 2:8. Seandainya enam segel itu menceritakan keadaan kita dalam "zaman gereja", artinya gulungan kitab itu sudah diminta Tuhan, dan segel itu sedang dibuka. Dengan demikian, menurut tafsiran tersebut, pembukaan enam segel menghabiskan waktu 2000 tahun, tetapi tujuh sangkakala dan tujuh cawan hanya makan waktu kurang dari tiga tahun. Ini tidak mustahil, tetapi agak aneh.

Lebih baik, sesuai dengan dahsyatnya pembukaan segel dan kepentingan pengambilan gulungan kitab, pengambilan gulungan kitab dianggap permulaan Masa Kesengsaraan, dan pembukaan segel dianggap sebagai sebagian dari hukuman Allah atas "yang diam di bumi" pada Masa Kesengsaraan. Hukuman yang dahsyat harus mendahului pendirian Kerajaan Allah di bumi, sangat jelas dalam Amos 5:18-20 dan Yesaya 2:12-21.

Isi Bagian Ini

Dari segi isi (bukan bentuk), bagian ini ada kesamaannya dengan Markus 13 (juga Matius 24 dan Lukas 21), saat Tuhan Yesus bernubuat mengenai akhir zaman. Beasley-Murray302 mencatat kesamaan-kesamaan tersebut sebagai berikut:

Markus 13

Wahyu 6

1. Perang-perang

1. Perang-perang

2. Perselisihan inter-

nasional

2. Perselisihan inter-

nasional

3. Gempa bumi

3. Kelaparan

4. Kelaparan

4. Wabah/sampar

5. Penganiayaan

5. Penganiayaan

6. Gerhana, bintang

berjatuhan,

goncangan

kuasa-kuasa langit

6. Gempa bumi, gerhana,

bintang berjatuhan,

pembesar bersembunyi

di gua, langit menyusut

Hagelberg: Why 4:1--22:21 - -- III. Bagian Ketiga: \"... apa yang akan terjadi sesudah ini...\" (4:1-22:21) Dengan membandingkan Wahyu 1:19 ("Tuliskanlah... apa yang akan terjadi s...

III. Bagian Ketiga: \"... apa yang akan terjadi sesudah ini...\" (4:1-22:21)

Dengan membandingkan Wahyu 1:19 ("Tuliskanlah... apa yang akan terjadi sesudah ini") dan 4:1 ("Naiklah kemari dan Aku akan menunjuk kepadamu apa yang harus terjadi sesudah ini") kita mengetahui bahwa pasal 4 merupakan permulaan dari bagian ketiga. Bagian ketiga ini akan menceritakan "apa yang akan/harus terjadi sesudah" hal-hal mengenai ketujuh jemaat. Apa yang dibahas dalam pasal 1-3 sudah terjadi. Ketujuh jemaat itu sudah tidak ada lagi, sedangkan apa yang digambarkan dalam pasal 4-22 belum terjadi.

Fungsi bagian ini:

Memang Tuhan Yesus sudah menjanjikan pahala yang indah dan hebat kepada yang setia, kepada "barangsiapa yang menang", kepada "yang menuruti apa yang tertulis di dalam" Kitab Wahyu. Dalam bagian ketiga ini dibuktikan bahwa janji-janji itu bukan omong kosong, tetapi Dia mampu menggenapi janji-Nya, karena Dia akan mengalahkan musuh-Nya dan mendirikan Kerajaan-Nya. Juga, mereka yang menganiaya anggota jemaat Kristus akan dikalahkan oleh Raja atas segala raja, sehingga mereka yang dianiaya akan dihibur dan didorong untuk setia di dalam penganiayaan.

Struktur bagian ini:

Struktur bagian ini dapat dibagi ke dalam beberapa bagian, sebagai berikut:

Visi Takhta sebagai Pendahuluan, 4:1-5:14

Masa Kesengsaraan, 6:1-20:3

Kerajaan Seribu Tahun, 20:4-15

Yerusalem yang Baru, 21:1-22:5

Penjelasan Akhir dari Penglihatan, 22:6-17

Bagian Penutup dari Kitab, 22:18-21

Hagelberg: Why 13:2 - -- 13:2 Binatang yang kulihat itu serupa dengan macan tutul, dan kakinya seperti kaki beruang dan mulutnya seperti mulut singa. Dan naga itu memberikan k...

13:2 Binatang yang kulihat itu serupa dengan macan tutul, dan kakinya seperti kaki beruang dan mulutnya seperti mulut singa. Dan naga itu memberikan kepadanya kekuatannya, dan takhtanya dan kekuasaannya yang besar.

Bandingkanlah rupa binatang ini dengan binatang di dalam Daniel 7. Daniel melihat "seekor singa", "seekor binatang yang lain, yang kedua, rupanya seperti beruang", "seekor binatang yang lain, rupanya seperti macan tutul", dan yang keempat, yang "menakutkan dan dahsyat".

Anti-Kristus dipakai oleh Iblis, yang memberikan kepadanya kekuatannya, dan takhtanya dan kekuasaannya yang besar. Walaupun Iblis sudah dilemparkan ke bumi, dia masih memiliki kekuasaan yang besar, dan kuasa itu dipercayakan kepada binatang yang dari dalam laut itu.

Hagelberg: Why 13:2 - -- 13:2 Binatang yang kulihat itu serupa dengan macan tutul, dan kakinya seperti kaki beruang dan mulutnya seperti mulut singa. Dan naga itu memberikan k...

13:2 Binatang yang kulihat itu serupa dengan macan tutul, dan kakinya seperti kaki beruang dan mulutnya seperti mulut singa. Dan naga itu memberikan kepadanya kekuatannya, dan takhtanya dan kekuasaannya yang besar.

Bandingkanlah rupa binatang ini dengan binatang di dalam Daniel 7. Daniel melihat "seekor singa", "seekor binatang yang lain, yang kedua, rupanya seperti beruang", "seekor binatang yang lain, rupanya seperti macan tutul", dan yang keempat, yang "menakutkan dan dahsyat".

Anti-Kristus dipakai oleh Iblis, yang memberikan kepadanya kekuatannya, dan takhtanya dan kekuasaannya yang besar. Walaupun Iblis sudah dilemparkan ke bumi, dia masih memiliki kekuasaan yang besar, dan kuasa itu dipercayakan kepada binatang yang dari dalam laut itu.

Hagelberg: Why 13:3 - -- 13:3 Dan462 satu dari kepala-kepalanya seperti kena luka fatal,463 tetapi luka fatal itu disembuhkan.464 Seluruh dunia heran, lalu mengikut binatang i...

13:3 Dan462 satu dari kepala-kepalanya seperti kena luka fatal,463 tetapi luka fatal itu disembuhkan.464 Seluruh dunia heran, lalu mengikut binatang itu.

Dalam pasal 13:14 dicatat bahwa luka yang diderita, luka yang disembuhkan, adalah luka akibat pedang.

Mungkin kepala itu sungguh mati, lalu bangkit dari antara orang mati sebagai mukjizat dari Iblis, tetapi mungkin juga ini hanya mukjizat palsu, suatu tiruan dari kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus, Anak Domba Allah.465

Kaisar Nero bunuh diri pada tahun 68 M, sebelum Kitab Wahyu ditulis. Setelah kematiannya muncul kabar angin bahwa sebenarnya dia tidak mati. Lalu ada kabar angin yang lain yang mengatakan bahwa dia akan bangkit dari antara orang mati. Menurut beberapa penafsir, Nerolah yang dimaksudkan dalam ayat ini.466 Tetapi rupanya kepala yang diceritakan dalam ayat ini menunjuk ke salah satu raja yang dikuasai oleh Anti-Kristus pada akhir zaman.

Hagelberg: Why 13:3 - -- 13:3 Dan462 satu dari kepala-kepalanya seperti kena luka fatal,463 tetapi luka fatal itu disembuhkan.464 Seluruh dunia heran, lalu mengikut binatang i...

13:3 Dan462 satu dari kepala-kepalanya seperti kena luka fatal,463 tetapi luka fatal itu disembuhkan.464 Seluruh dunia heran, lalu mengikut binatang itu.

Dalam pasal 13:14 dicatat bahwa luka yang diderita, luka yang disembuhkan, adalah luka akibat pedang.

Mungkin kepala itu sungguh mati, lalu bangkit dari antara orang mati sebagai mukjizat dari Iblis, tetapi mungkin juga ini hanya mukjizat palsu, suatu tiruan dari kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus, Anak Domba Allah.465

Kaisar Nero bunuh diri pada tahun 68 M, sebelum Kitab Wahyu ditulis. Setelah kematiannya muncul kabar angin bahwa sebenarnya dia tidak mati. Lalu ada kabar angin yang lain yang mengatakan bahwa dia akan bangkit dari antara orang mati. Menurut beberapa penafsir, Nerolah yang dimaksudkan dalam ayat ini.466 Tetapi rupanya kepala yang diceritakan dalam ayat ini menunjuk ke salah satu raja yang dikuasai oleh Anti-Kristus pada akhir zaman.

Hagelberg: Why 13:4 - -- 13:4 Dan mereka menyembah naga itu, yang memberikan kekuasaan kepada binatang itu. Dan mereka menyembah binatang itu, sambil berkata: "Siapakah yang s...

13:4 Dan mereka menyembah naga itu, yang memberikan kekuasaan kepada binatang itu. Dan mereka menyembah binatang itu, sambil berkata: "Siapakah yang sama seperti binatang ini? Dan siapakah yang dapat berperang melawan dia?"

Iblis dan Anti-Kristus tidak hanya mencari kuasa politis. Mereka ingin juga disembah manusia. Iblis tetap mau dianggap sama seperti Allah, seperti apa yang dikatakan dalam Yesaya 14:14. Baik naga, yaitu Iblis, maupun binatang, yaitu Anti-Kristus, disembah oleh mereka yang diam di bumi karena kuasanya begitu hebat. Orang merasa bahwa kuasa mereka begitu besar, sehingga untuk mengadakan perlawanan terhadap mereka merupakan hal yang sia-sia .

Dengan mengucapkan "Siapakah yang sama seperti binatang ini?", mereka memberikan pujian yang seharusnya diberikan kepada Tuhan Allah, seperti dalam Keluaran 15:11; Mazmur 89:7; Yesaya 40:25; dan Mikha 7:18.467

Pada akhir zaman, dan juga pada zaman Yohanes, pemerintah menuntut untuk disembah. Setiap pemerintah yang menuntut disembah adalah sekutu dari Iblis. Kenyataan ini tidak bertentangan dengan ajaran Rasul Paulus dalam Surat Roma pasal 13, perihal orang percaya yang diwajibkan untuk "takluk kepada pemerintah yang di atasnya", karena orang percaya harus memberi "kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah" (Matius 22:21). Kalau pemerintah menuntut disembah, berarti dia menuntut sesuatu yang tidak boleh dia tuntut, sesuatu yang sebenarnya hanya boleh diminta oleh Tuhan Allah. Dia sudah menuntut di luar jangkauan kekuasaannya. Demikian juga kalau pemerintah menuntut supaya pemberitaan Firman Anak Domba dihentikan.

Hagelberg: Why 13:4 - -- 13:4 Dan mereka menyembah naga itu, yang memberikan kekuasaan kepada binatang itu. Dan mereka menyembah binatang itu, sambil berkata: "Siapakah yang s...

13:4 Dan mereka menyembah naga itu, yang memberikan kekuasaan kepada binatang itu. Dan mereka menyembah binatang itu, sambil berkata: "Siapakah yang sama seperti binatang ini? Dan siapakah yang dapat berperang melawan dia?"

Iblis dan Anti-Kristus tidak hanya mencari kuasa politis. Mereka ingin juga disembah manusia. Iblis tetap mau dianggap sama seperti Allah, seperti apa yang dikatakan dalam Yesaya 14:14. Baik naga, yaitu Iblis, maupun binatang, yaitu Anti-Kristus, disembah oleh mereka yang diam di bumi karena kuasanya begitu hebat. Orang merasa bahwa kuasa mereka begitu besar, sehingga untuk mengadakan perlawanan terhadap mereka merupakan hal yang sia-sia .

Dengan mengucapkan "Siapakah yang sama seperti binatang ini?", mereka memberikan pujian yang seharusnya diberikan kepada Tuhan Allah, seperti dalam Keluaran 15:11; Mazmur 89:7; Yesaya 40:25; dan Mikha 7:18.467

Pada akhir zaman, dan juga pada zaman Yohanes, pemerintah menuntut untuk disembah. Setiap pemerintah yang menuntut disembah adalah sekutu dari Iblis. Kenyataan ini tidak bertentangan dengan ajaran Rasul Paulus dalam Surat Roma pasal 13, perihal orang percaya yang diwajibkan untuk "takluk kepada pemerintah yang di atasnya", karena orang percaya harus memberi "kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah" (Matius 22:21). Kalau pemerintah menuntut disembah, berarti dia menuntut sesuatu yang tidak boleh dia tuntut, sesuatu yang sebenarnya hanya boleh diminta oleh Tuhan Allah. Dia sudah menuntut di luar jangkauan kekuasaannya. Demikian juga kalau pemerintah menuntut supaya pemberitaan Firman Anak Domba dihentikan.

Hagelberg: Why 13:5 - -- 13:5 Dan kepada binatang itu diberikan mulut, yang penuh kesombongan dan hujat; kepadanya diberikan juga kuasa untuk mengadakan perang468 empat puluh ...

13:5 Dan kepada binatang itu diberikan mulut, yang penuh kesombongan dan hujat; kepadanya diberikan juga kuasa untuk mengadakan perang468 empat puluh dua bulan lamanya.

Biasanya kalau bentuk pasif seperti ini dipakai, Tuhan Allah yang melakukannya, jadi dalam kasus ini rupanya Allah memberikan kuasa untuk mengadakan perang empat puluh dua bulan lamanya. Memang dalam pasal 13: 2 dan 4 Iblislah yang memberi kuasa kepada binatang itu, tetapi dalam ayat ini pembaca mengerti bahwa di balik tindakan Iblis, Allah yang Mahakuasa masih berdiri dan masih menjalankan kehendak-Nya, menurut hikmat-Nya yang melampaui segala akal dan hikmat manusia. Allah yang dihujat, Allah yang anak-Nya diperangi, Dialah yang memungkinkan Anti-Kristus bertindak, dengan batasan waktu yang tegas.

Sekali lagi disebutkan masa empat puluh dua bulan, yaitu tiga setengah tahun. Menurut Walvoord,469 Anti-Kristus berkuasa selama Masa Aniaya Besar yang belangsung tujuh tahun, tetapi selama tiga setengah tahun terakhir dia mengambil rupa pemerintah yang berkuasa atas seluruh dunia, dan dia menjalankan penganiayaan yang berat, dengan segala kesombongan dan hujat.

Dalam Kitab Daniel pasal 7:8, 11, dan 25; dan pasal 11:36-45, sikap yang sama dinubuatkan.

Hagelberg: Why 13:5 - -- 13:5 Dan kepada binatang itu diberikan mulut, yang penuh kesombongan dan hujat; kepadanya diberikan juga kuasa untuk mengadakan perang468 empat puluh ...

13:5 Dan kepada binatang itu diberikan mulut, yang penuh kesombongan dan hujat; kepadanya diberikan juga kuasa untuk mengadakan perang468 empat puluh dua bulan lamanya.

Biasanya kalau bentuk pasif seperti ini dipakai, Tuhan Allah yang melakukannya, jadi dalam kasus ini rupanya Allah memberikan kuasa untuk mengadakan perang empat puluh dua bulan lamanya. Memang dalam pasal 13: 2 dan 4 Iblislah yang memberi kuasa kepada binatang itu, tetapi dalam ayat ini pembaca mengerti bahwa di balik tindakan Iblis, Allah yang Mahakuasa masih berdiri dan masih menjalankan kehendak-Nya, menurut hikmat-Nya yang melampaui segala akal dan hikmat manusia. Allah yang dihujat, Allah yang anak-Nya diperangi, Dialah yang memungkinkan Anti-Kristus bertindak, dengan batasan waktu yang tegas.

Sekali lagi disebutkan masa empat puluh dua bulan, yaitu tiga setengah tahun. Menurut Walvoord,469 Anti-Kristus berkuasa selama Masa Aniaya Besar yang belangsung tujuh tahun, tetapi selama tiga setengah tahun terakhir dia mengambil rupa pemerintah yang berkuasa atas seluruh dunia, dan dia menjalankan penganiayaan yang berat, dengan segala kesombongan dan hujat.

Dalam Kitab Daniel pasal 7:8, 11, dan 25; dan pasal 11:36-45, sikap yang sama dinubuatkan.

Hagelberg: Why 13:6 - -- 13:6 Lalu ia membuka mulutnya untuk menghujat Allah, menghujat nama-Nya dan kemah kediaman-Nya dan semua mereka yang diam di surga. Sikap menghujat ba...

13:6 Lalu ia membuka mulutnya untuk menghujat Allah, menghujat nama-Nya dan kemah kediaman-Nya dan semua mereka yang diam di surga.

Sikap menghujat bagi Anti-Kristus tidak bersifat sampingan, tetapi mendasar.

Hagelberg: Why 13:6 - -- 13:6 Lalu ia membuka mulutnya untuk menghujat Allah, menghujat nama-Nya dan kemah kediaman-Nya dan semua mereka yang diam di surga. Sikap menghujat ba...

13:6 Lalu ia membuka mulutnya untuk menghujat Allah, menghujat nama-Nya dan kemah kediaman-Nya dan semua mereka yang diam di surga.

Sikap menghujat bagi Anti-Kristus tidak bersifat sampingan, tetapi mendasar.

Hagelberg: Why 13:7 - -- 13:7 suku dan kaum dan bahasa dan bangsa

13:7 suku dan kaum dan bahasa dan bangsa

Hagelberg: Why 13:7 - -- 13:7 suku dan kaum dan bahasa dan bangsa

13:7 suku dan kaum dan bahasa dan bangsa

Hagelberg: Why 13:7 - -- 13:7 Dan kepadanya diberikan untuk berperang melawan orang-orang kudus dan untuk mengalahkan mereka; dan kepadanya diberikan kuasa atas setiap suku da...

13:7 Dan kepadanya diberikan untuk berperang melawan orang-orang kudus dan untuk mengalahkan mereka; dan kepadanya diberikan kuasa atas setiap suku dan kaum470 dan bahasa dan bangsa.

Terhadap yang di surga, dia hanya dapat "menghujat"; tetapi terhadap umat Allah yang masih di bumi dia berperang dengan kuasa yang diberikan kepadanya.

Sesungguhnya, Anti-Kristus dapat mengalahkan orang-orang kudus. Istilah mengalahkan471 yang dipakai di sini sama dengan kata yang dipakai dalam pasal 12:11, saat Yohanes berkata, "Dan mereka (saudara-saudara kita) mengalahkan dia (pendakwa) oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka." Istilah yang sama juga dipakai dalam pasal 11:7 dan dalam pasal 15:2. Kata tersebut juga dipakai tujuh kali dalam pasal 2-3 mengenai "barangsiapa yang menang". Ini tidak kontradiktif, karena Iblis hanya dapat mengalahkan mereka secara jasmani, dan sebaliknya mereka dapat mengalahkan Iblis secara rohani dan kekal.472

Anti-Kristus bukan merupakan seorang raja yang mempunyai kerajaan biasa. Tidak lama lagi, Kristus akan mendirikan Kerajaan Seribu Tahun di seluruh bumi. Kerajaan Anti-Kristus adalah tiruannya! Dia Raja Dunia. Dia berkuasa atas setiap suku dan umat dan bahasa dan bangsa. Keempat istilah ini dipakai dalam pasal 5:9; 7:9; 10:11; 11:9; 14:6; dan 17:15, yaitu tujuh nas. Menurut Bauckham,473 angka empat sering mengacu pada dunia, dan angka tujuh adalah angka totalitas, maka dengan memakai empat istilah ini tujuh kali, Yohanes menegaskan bahwa apa yang ditulisnya adalah untuk seluruh bumi. Dapat juga diamati bahwa urutan keempat kata ini tidak sama dalam ketujuh nas tersebut.

Hagelberg: Why 13:7 - -- 13:7 Dan kepadanya diberikan untuk berperang melawan orang-orang kudus dan untuk mengalahkan mereka; dan kepadanya diberikan kuasa atas setiap suku da...

13:7 Dan kepadanya diberikan untuk berperang melawan orang-orang kudus dan untuk mengalahkan mereka; dan kepadanya diberikan kuasa atas setiap suku dan kaum470 dan bahasa dan bangsa.

Terhadap yang di surga, dia hanya dapat "menghujat"; tetapi terhadap umat Allah yang masih di bumi dia berperang dengan kuasa yang diberikan kepadanya.

Sesungguhnya, Anti-Kristus dapat mengalahkan orang-orang kudus. Istilah mengalahkan471 yang dipakai di sini sama dengan kata yang dipakai dalam pasal 12:11, saat Yohanes berkata, "Dan mereka (saudara-saudara kita) mengalahkan dia (pendakwa) oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka." Istilah yang sama juga dipakai dalam pasal 11:7 dan dalam pasal 15:2. Kata tersebut juga dipakai tujuh kali dalam pasal 2-3 mengenai "barangsiapa yang menang". Ini tidak kontradiktif, karena Iblis hanya dapat mengalahkan mereka secara jasmani, dan sebaliknya mereka dapat mengalahkan Iblis secara rohani dan kekal.472

Anti-Kristus bukan merupakan seorang raja yang mempunyai kerajaan biasa. Tidak lama lagi, Kristus akan mendirikan Kerajaan Seribu Tahun di seluruh bumi. Kerajaan Anti-Kristus adalah tiruannya! Dia Raja Dunia. Dia berkuasa atas setiap suku dan umat dan bahasa dan bangsa. Keempat istilah ini dipakai dalam pasal 5:9; 7:9; 10:11; 11:9; 14:6; dan 17:15, yaitu tujuh nas. Menurut Bauckham,473 angka empat sering mengacu pada dunia, dan angka tujuh adalah angka totalitas, maka dengan memakai empat istilah ini tujuh kali, Yohanes menegaskan bahwa apa yang ditulisnya adalah untuk seluruh bumi. Dapat juga diamati bahwa urutan keempat kata ini tidak sama dalam ketujuh nas tersebut.

Hagelberg: Why 13:8 - -- 13:8 Dan semua orang yang diam di atas bumi akan menyembahnya, yaitu setiap orang yang namanya tidak tertulis di dalam kitab kehidupan dari Anak Domba...

13:8 Dan semua orang yang diam di atas bumi akan menyembahnya, yaitu setiap orang yang namanya tidak tertulis di dalam kitab kehidupan dari Anak Domba, yang telah disembelih sejak dunia dijadikan.474

Mereka semua yang tidak percaya kepada Tuhan Yesus mengikuti "binatang" ini. Dengan ini sikap hati manusia yang tanpa Kristus dinyatakan dengan terus-terang. Akhirnya tidak ada manusia yang setengah menyembah binatang itu, dan juga setengah menyembah Tuhan Allah. Manusia tidak rindu untuk mengenal Allah, sebaliknya mereka rindu berdosa. Kadang-kadang dalam diskusi mengenai pilihan Allah, dan mengenai neraka, dikatakan seolah-olah Allah tidak adil karena adanya orang yang tidak sempat percaya Tuhan Yesus, yang dibuang ke neraka. Kata orang, bagaimana jika di antara mereka ada orang yang mau percaya, tetapi tidak sempat diinjili? Kitab Wahyu menanggapi diskusi itu dengan tegas: tidak ada orang seperti itu. Sebenarnya Rasul Paulus mengambil sikap yang sama dalam Roma 1:18-32. Semua manusia mau menyembah "binatang" itu, kecuali yang hatinya sudah disentuh oleh Roh Allah sehingga dia percaya kepada Tuhan Yesus.

Istilah kitab kehidupan dibahas dalam bahasan mengenai pasal 3:5. Tuhan Allah yang berkedaulatan telah memilih mereka yang percaya kepada-Nya, dan nama mereka telah dicatat dalam kitab kehidupan. Nama mereka yang menyembah binatang itu tidak dicatat.

Kedaulatan ini menjadi penghiburan yang kuat bagi mereka yang menderita di bawah Kaisar Roma pada zaman Yohanes, dan di bawah kuasa Anti-Kristus pada akhir zaman, juga bagi setiap orang pada zaman ini yang menderita penganiayaan karena nama Kristus.

Hagelberg: Why 13:8 - -- 13:8 Dan semua orang yang diam di atas bumi akan menyembahnya, yaitu setiap orang yang namanya tidak tertulis di dalam kitab kehidupan dari Anak Domba...

13:8 Dan semua orang yang diam di atas bumi akan menyembahnya, yaitu setiap orang yang namanya tidak tertulis di dalam kitab kehidupan dari Anak Domba, yang telah disembelih sejak dunia dijadikan.474

Mereka semua yang tidak percaya kepada Tuhan Yesus mengikuti "binatang" ini. Dengan ini sikap hati manusia yang tanpa Kristus dinyatakan dengan terus-terang. Akhirnya tidak ada manusia yang setengah menyembah binatang itu, dan juga setengah menyembah Tuhan Allah. Manusia tidak rindu untuk mengenal Allah, sebaliknya mereka rindu berdosa. Kadang-kadang dalam diskusi mengenai pilihan Allah, dan mengenai neraka, dikatakan seolah-olah Allah tidak adil karena adanya orang yang tidak sempat percaya Tuhan Yesus, yang dibuang ke neraka. Kata orang, bagaimana jika di antara mereka ada orang yang mau percaya, tetapi tidak sempat diinjili? Kitab Wahyu menanggapi diskusi itu dengan tegas: tidak ada orang seperti itu. Sebenarnya Rasul Paulus mengambil sikap yang sama dalam Roma 1:18-32. Semua manusia mau menyembah "binatang" itu, kecuali yang hatinya sudah disentuh oleh Roh Allah sehingga dia percaya kepada Tuhan Yesus.

Istilah kitab kehidupan dibahas dalam bahasan mengenai pasal 3:5. Tuhan Allah yang berkedaulatan telah memilih mereka yang percaya kepada-Nya, dan nama mereka telah dicatat dalam kitab kehidupan. Nama mereka yang menyembah binatang itu tidak dicatat.

Kedaulatan ini menjadi penghiburan yang kuat bagi mereka yang menderita di bawah Kaisar Roma pada zaman Yohanes, dan di bawah kuasa Anti-Kristus pada akhir zaman, juga bagi setiap orang pada zaman ini yang menderita penganiayaan karena nama Kristus.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Why 13:1-10 - Binatang yang Keluar dari dalam Laut Penggambaran lebih jauh lagi mengenai musuh-musuh jemaat dalam bentuk yan...

SH: Why 12:13--13:1 - Si Naga memerangi umat Allah (Kamis, 27 November 2014) Si Naga memerangi umat Allah Judul: Si Naga memerangi umat Allah Bagi orang percaya, Iblis sudah dikal...

SH: Why 12:13--13:1 - Perburuan Iblis dan Pemeliharaan Allah (Minggu, 2 Oktober 2022) Perburuan Iblis dan Pemeliharaan Allah Iblis tidak terlihat dengan mata jasmani, tetapi sejak zaman Adam dan Hawa...

SH: Why 12:1--13:1 - Perang bintang (Selasa, 22 November 2005) Perang bintang Judul: Perang bintang Perang Bintang yang memaparkan realitas seperti yang dimaksud...

SH: Why 13:1-18 - Binatang-binatang yang mengerikan (Jumat, 8 November 2002) Binatang-binatang yang mengerikan Binatang-binatang yang mengerikan. Dalam upaya memerangi umat A...

SH: Why 13:1-18 - Kuasa tipu daya (Rabu, 23 November 2005) Kuasa tipu daya Judul: Kuasa tipu daya Tujuan utama hidup manusia adalah menyembah dan melakukan k...

SH: Why 13:1-18 - Judul: Baca Gali Alkitab 4 (Jumat, 28 November 2014) Judul: Baca Gali Alkitab 4 Apa saja yang Anda baca? 1. Seperti apakah rupa binatang yang keluar dari dalam la...

SH: Why 13:1-10 - Kristus palsu (Jumat, 28 November 2014) Kristus palsu Judul: Kristus palsu Tritunggal yang najis merupakan musuh utama Tritunggal sejati. Tent...

SH: Why 13:1-10 - Tabah dalam Iman (Senin, 3 Oktober 2022) Tabah dalam Iman Dalam film seri Early Edition (tahun 1990-an), Gary Hobson selalu mendapat surat kabar edisi har...

Utley: Why 13:1-6 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 13:1-6...

Utley: Why 13:7-10 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 13:7-10...

Topik Teologia: Why 13:1 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Allah Dosa-dosa Pencemaran Tempat Suci Menyebut Nama Allah Sembarangan Pengh...

Topik Teologia: Why 13:8 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Domba Allah Yoh ...

TFTWMS: Why 13:1-2 - Pelajaran Dua: Iblis Menggunakan Intimidasi PELAJARAN DUA: IBLIS MENGGUNAKAN INTIMIDASI (Wahyu 13:1, 2) Bayangka...

TFTWMS: Why 13:1-7 - Pelajaran Tiga: Iblis Menggunakan Kekuatan PELAJARAN TIGA: IBLIS MENGGUNAKAN KEKUATAN (Wahyu 13:1, 2, 4, 7) ...

TFTWMS: Why 13:3-8 - Pelajaran Empat: Iblis Menggunakan Tekanan Teman PELAJARAN EMPAT: IBLIS MENGGUNAKAN TEKANAN TEMAN (Wahyu 13:3, 4, 8) ...

TFTWMS: Why 13:5-7 - Pelajaran Lima: Iblis Dibatasi PELAJARAN LIMA: IBLIS DIBATASI (Wahyu 13:5, 7) Kebenaran yang sejauh...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Perjuangan dan Penyelesaian Tanggal Penulisan...

Full Life: Wahyu (Garis Besar) Garis Besar Prolog (Wahy 1:1-8) ...

Matthew Henry: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tidak semestinya mengurangi nama baik dan wewenang kitab ini bahwa ia sud...

Jerusalem: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Kata "Wahyu" dalam judul Kitab in...

Ende: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHJU JOANES KATA PENGANTAR Tjorak chas karangan ini Dalam ajat pertama, mengenai isinja, karangan ini di...

Hagelberg: Wahyu (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Walaupun kitab ini seringkali ditafsirkan dengan pendekatan yang bermacam-macam, sang...

Hagelberg: Wahyu (Garis Besar) GARIS BESAR wahyu I. Bagian Pertama: "...apa yang telah kaulihat..." (...

Hagelberg: Wahyu DAFTAR PUSTAKA wahyu Daftar Kepustakaan Bauckham, Richard, The Climax of Prophecy: Studies on the B...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) LIHAT , DENGAR , DAN SIMAK WAHYU 13:1-10 Tuj...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 13:1-10) Ketika saya mengacukan ayat ...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 "Tiga R" meliputi keterampilan dasar reading [membaca], writing [menulis], dan arith...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) "PENGANGKATAN" Meskipun banyak tokoh agama berbicara tentang Pengangkatan, jutaan orang tetap bingung dengan ist...

BIS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Wahyu Kepada Yohanes ini ditulis pada masa orang-orang Kristen ditekan dan dian...

Ajaran: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran yang ada dalam Kitab Wahyu, sehingga mereka melakukannya dal...

Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Apa yang akan terjadi pada masa depan PENULIS.Penulisnya disebut sebagai 'Yohanes' sebanyak empat kali (...

Garis Besar Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Wah 1:1-20...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #27: Arahkan mouse pada tautan ayat untuk menampilkan teks ayat dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.15 detik
dipersembahkan oleh YLSA