kecilkan semua  

Teks -- Roma 4:25 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
4:25 yaitu Yesus, yang telah diserahkan karena pelanggaran kita dan dibangkitkan karena pembenaran kita.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Topik/Tema Kamus: Abraham | Gambaran, Teladan Kristus | Benar Kebenaran Di Hadapan Allah | Iman | Roma, Surat | Bangkit, Kebangkitan Kristus | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Rm 4:25 - DIBANGKITKAN KARENA PEMBENARAN KITA. Nas : Rom 4:25 Pembenaran tidak ada tanpa hidup, kehadiran, dan kasih karunia Yesus Kristus yang bekerja di dalam hidup kita. Pembenaran bukanlah t...

Nas : Rom 4:25

Pembenaran tidak ada tanpa hidup, kehadiran, dan kasih karunia Yesus Kristus yang bekerja di dalam hidup kita. Pembenaran bukanlah tindakan tunggal pada waktu lalu, tetapi adalah pembenaran seumur hidup dalam persekutuan dengan Yesus Kristus Tuhan kita.

Jerusalem: Rm 4:25 - dibangkitkan karena pembenaran kita Kebenaran sesungguhnya penyertaan pertama dalam hidup Kristus yang dibangkitkan, Rom 6:4; 8:10 dll; Paulus tidak pernah memisahkan kematian Yesus dari...

Kebenaran sesungguhnya penyertaan pertama dalam hidup Kristus yang dibangkitkan, Rom 6:4; 8:10 dll; Paulus tidak pernah memisahkan kematian Yesus dari kebangkitanNya.

Ref. Silang FULL: Rm 4:25 - karena pelanggaran // karena pembenaran · karena pelanggaran: Yes 53:5,6; Rom 5:6,8; 8:32; 2Kor 5:21 · karena pembenaran: Yes 53:11; Rom 3:24; 5:1,9,16,18; 8:30; 1Kor 6:11; 2Ko...

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Rm 4:25 - -- 4:25 yang243 telah diserahkan karena pelanggaran kita, dan dibangkitkan karena pembenaran kita. Suasana khidmat yang dapat dirasakan dalam ayat ini m...

4:25 yang243 telah diserahkan karena pelanggaran kita, dan dibangkitkan karena pembenaran kita.

Suasana khidmat yang dapat dirasakan dalam ayat ini memberi kesan bahwa ayat ini berasal dari sebuah kidung rohani atau "liturgi" jemaat. Cranfield244 menjelaskan bahwa perkataan ini mirip Yesaya 53:5, 6, dan 12.245 Cranfield246 juga mengamati suatu hubungan yang erat antara dibangkitkan karena pembenaran kita dan Yesaya 53:11 dalam bahasa Ibrani, karena dalam Yesaya 53:11 kebangkitan Hamba TUHAN diceriterakan ("sesudah kesusahan jiwaNya, Dia akan melihat terang") dan pembenaran ("HambaKu itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang").

Hubungan antara dua anak kalimat ini, diserahkan karena pelanggaran kita, dan dibangkitkan karena pembenaran kita, perlu dipikirkan.247 Menurut Roma 5:9 kita "dibenarkan oleh darahNya," jadi baik kematianNya (Dia diserahkan) atau kebangkitanNya dapat dikatakan menghasilkan pembenaran kita. Roma 4:25 ini tidak berarti bahwa kematianNya hanya berkaitan dengan pelanggaran kita saja, dan kebangkitanNya hanya berkaitan dengan pembenaran kita saja. Struktur kalimat ini mencerminkan kesejajaran sebagai gaya bahasa puisi.

Seperti apa yang dikatakan dalam bagian Pendahuluan di atas, Paulus mencatat kesimpulan atau ringkasan pada akhir bagian diskusi. Dengan menyebut Tuhan Yesus sebagai yang telah diserahkan karena pelanggaran kita, dan dibangkitkan karena pembenaran kita, maka Paulus mencatat suatu kesimpulan dari semua yang dikatakannya dalam Roma 3:21-4:25, bahkan dalam seluruh Roma 1-4.

Paulus sudah membuktikan bahwa orang yang tidak percaya kepada Allah (baik orang kafir maupun orang yang mencari pembenaran melalui ketaatan) berada di bawah murka Allah, tetapi orang yang percaya kepada Dia yang membangkitkan Tuhan Yesus dibenarkan oleh Allah.

Dalam pasal 1:17 Paulus berkata "Orang yang benar karena iman akan hidup." Sampai di sini baru diuraikan bahwa orang memang dibenarkan karena iman, dan hanya karena iman saja. Dalam Roma pasal 5-8 Paulus akan menguraikan bahwa orang yang dibenarkan akan hidup.

Hagelberg: Rm 4:1-25 - -- b. Kebenaran Allah Disaksikan dari PL 4:1-4:25 Jadi, bagaimanakah hukum Taurat diteguhkan, dan tidak dibatalkan? Paulus telah berkata bahwa manusia...

b. Kebenaran Allah Disaksikan dari PL 4:1-4:25

Jadi, bagaimanakah hukum Taurat diteguhkan, dan tidak dibatalkan? Paulus telah berkata bahwa manusia tidak dapat dibenarkan melalui ketaatan pada hukum Taurat. Dalam bagian ini dia akan membuktikan bahwa pernyataan tersebut sesuai dengan ajaran Perjanjian Lama. Dia akan membuktikannya melalui kesaksian dua tokoh Perjanjian Lama yang paling hebat199 dari segi ketaatan, yaitu Bapa Abraham dan Raja Daud. Dua tokoh tersebut dipilih karena kalau pernyataan tersebut dapat dibuktikan melalui kesaksian mereka, maka pernyataan tersebut telah dibuktikan untuk semua.

i. Abraham Dibenarkan karena Iman 4:1-4:5

Bagi orang-orang Yahudi Bapa Abraham adalah teladan, seorang tokoh yang dibenarkan karena perbuatannya. Paulus setuju bahwa dia luar biasa, dan bahwa dia dibenarkan, tetapi Paulus tidak setuju bahwa dia dibenarkan karena perbuatannya.

Hagelberg: Rm 4:25 - -- 4:25 yang243 telah diserahkan karena pelanggaran kita, dan dibangkitkan karena pembenaran kita. Suasana khidmat yang dapat dirasakan dalam ayat ini m...

4:25 yang243 telah diserahkan karena pelanggaran kita, dan dibangkitkan karena pembenaran kita.

Suasana khidmat yang dapat dirasakan dalam ayat ini memberi kesan bahwa ayat ini berasal dari sebuah kidung rohani atau "liturgi" jemaat. Cranfield244 menjelaskan bahwa perkataan ini mirip Yesaya 53:5, 6, dan 12.245 Cranfield246 juga mengamati suatu hubungan yang erat antara dibangkitkan karena pembenaran kita dan Yesaya 53:11 dalam bahasa Ibrani, karena dalam Yesaya 53:11 kebangkitan Hamba TUHAN diceriterakan ("sesudah kesusahan jiwaNya, Dia akan melihat terang") dan pembenaran ("HambaKu itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang").

Hubungan antara dua anak kalimat ini, diserahkan karena pelanggaran kita, dan dibangkitkan karena pembenaran kita, perlu dipikirkan.247 Menurut Roma 5:9 kita "dibenarkan oleh darahNya," jadi baik kematianNya (Dia diserahkan) atau kebangkitanNya dapat dikatakan menghasilkan pembenaran kita. Roma 4:25 ini tidak berarti bahwa kematianNya hanya berkaitan dengan pelanggaran kita saja, dan kebangkitanNya hanya berkaitan dengan pembenaran kita saja. Struktur kalimat ini mencerminkan kesejajaran sebagai gaya bahasa puisi.

Seperti apa yang dikatakan dalam bagian Pendahuluan di atas, Paulus mencatat kesimpulan atau ringkasan pada akhir bagian diskusi. Dengan menyebut Tuhan Yesus sebagai yang telah diserahkan karena pelanggaran kita, dan dibangkitkan karena pembenaran kita, maka Paulus mencatat suatu kesimpulan dari semua yang dikatakannya dalam Roma 3:21-4:25, bahkan dalam seluruh Roma 1-4.

Paulus sudah membuktikan bahwa orang yang tidak percaya kepada Allah (baik orang kafir maupun orang yang mencari pembenaran melalui ketaatan) berada di bawah murka Allah, tetapi orang yang percaya kepada Dia yang membangkitkan Tuhan Yesus dibenarkan oleh Allah.

Dalam pasal 1:17 Paulus berkata "Orang yang benar karena iman akan hidup." Sampai di sini baru diuraikan bahwa orang memang dibenarkan karena iman, dan hanya karena iman saja. Dalam Roma pasal 5-8 Paulus akan menguraikan bahwa orang yang dibenarkan akan hidup.

Hagelberg: Rm 3:21--4:25 - -- 2. Kebenaran Allah Dinyatakan 3:21-4:25 (aiwn/aion hidup) Dalam bagian ini Paulus menyatakan bahwa kebenaran Allah diberikan kepada orang yang perc...

2. Kebenaran Allah Dinyatakan 3:21-4:25

(aiwn/aion hidup)

Dalam bagian ini Paulus menyatakan bahwa kebenaran Allah diberikan kepada orang yang percaya kepada Yesus Kristus.

Sampai di sini semua yang diuraikan berpusat pada murka Allah. Aiwn/Aion kematian dikuasai oleh kuasa Dosa. Tetapi di sini Paulus mulai menyoroti sesuatu yang baru, yaitu kebenaran Allah. Nygren163 menyamakan aiwn/aion hidup yang mulai diceriterakan di sini dengan "ciptaan baru... yang sudah datang" yang disebut dalam II Korintus 5:17. Kalau judul 1:18-3:20 adalah "Murka Allah," judul yang tepat untuk 3:21-4:25 adalah "Kebenaran Allah."

Hagelberg: Rm 1:18--4:25 - -- A. Orang yang Dibenarkan karena Iman 1:18-4:25 Allah memurkai setiap orang, baik orang bukan Yahudi yang tidak benar, maupun orang Yahudi yang mengej...

A. Orang yang Dibenarkan karena Iman 1:18-4:25

Allah memurkai setiap orang, baik orang bukan Yahudi yang tidak benar, maupun orang Yahudi yang mengejar kebenaran dengan Taurat Musa. Yang dibenarkan hanyalah mereka yang percaya kepada Kristus.

Mulai di sini sampai dengan pasal 8 Paulus menguraikan tema yang dikemukakan di dalam pasal 1:16-17. Untuk menguraikan bagaimana kebenaran Allah dinyatakan dalam Injil yang menyelamatkan, dia harus lebih dahulu menyatakan bahwa murka Allah sedang dinyatakan atas dosa segala manusia. Dia harus membuktikan perlunya keselamatan itu. Kebenaran Allah adalah kebenaran yang satu-satunya, dan kebenaran itu hanya dinyatakan "dari iman kepada iman."

Di sini layak dicatat bahwa di dalam bagian ini bukanlah Paulus yang menghakimi angkatan itu, tetapi Injil Kristus yang menghakimi semua manusia. Bukan berarti angkatan itu lebih buruk dari pada angkatan-angkatan yang terdahulu, atau yang kemudian, tetapi mengingat kebenaran Allah semua manusia buruk.

Hagelberg: Rm 1:18--15:13 - -- II. Injil 1:18-15:13 Cranfield,65 setelah menyelidiki seluruh bagian ini, menyatakan bahwa Paulus "membiarkan Injil berbicara sendiri... untuk menen...

II. Injil 1:18-15:13

Cranfield,65 setelah menyelidiki seluruh bagian ini, menyatakan bahwa Paulus "membiarkan Injil berbicara sendiri... untuk menentukan bentuk dan isi bagian utama dari suratnya." Perkataan ini tepat. Paulus tidak menyusun bagian ini (1:18-15:13) untuk menangani suatu situasi tertentu di kota Roma, tetapi bagian ini terbentuk sesuai dengan suatu "akal intern" dari Injil Kristus sendiri. Bukan tidak ada pengaruh sama sekali dari situasi di Roma. Mungkin rencana Paulus untuk mengadakan perjalanan ke Spanyol mempengaruhi beberapa perincian dalam surat ini, tetapi secara keseluruhan, bentuk dan isi bagian ini, 1:18-15:13, ditentukan dari logisnya Injil Kristus saja.

Dalam bagian utama ini isi dan akibat kebenaran dari Allah bagi manusia diuraikan.66

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Rm 4:23-25 - Perkara Abraham Perkara Abraham (Roma 4:23-25) ...

SH: Rm 4:16-25 - Dibenarkan karena iman (Sabtu, 4 April 2009) Dibenarkan karena iman Judul: Dibenarkan karena iman Salah satu pengajaran penting iman Kristen adalah...

SH: Rm 4:16-25 - Oleh kasih karunia melalui iman (Rabu, 13 Mei 2009) Oleh kasih karunia melalui iman Judul: Oleh kasih karunia melalui iman Apa yang dimaksud dengan iman? ...

SH: Rm 4:13-25 - Memegang teguh janji Tuhan. (Senin, 18 Mei 1998) Memegang teguh janji Tuhan. Memegang teguh janji Tuhan. Menilik usianya yang sudah usur dan kondisi la...

SH: Rm 4:13-25 - Apa dasar Abraham dibenarkan? (Kamis, 1 Juni 2006) Apa dasar Abraham dibenarkan? Judul: Apa dasar Abraham dibenarkan? Jika pertanyaan ini dilontarkan...

SH: Rm 4:13-25 - Iman dan Janji (Kamis, 20 Oktober 2016) Iman dan Janji Kita hidup pada zaman di mana manusia sangat mudah melanggar janji, seperti: janji perkawinan, jan...

SH: Rm 4:1-15 - Pembenaran, kasih karunia, iman (Selasa, 12 Mei 2009) Pembenaran, kasih karunia, iman Judul: Pembenaran, kasih karunia, iman Untuk memperkuat argumentasi me...

SH: Rm 4:1-25 - Apakah Aku Punya Iman yang Cukup? (Minggu, 26 Juni 2022) Apakah Aku Punya Iman yang Cukup? Apakah iman saja cukup? Bukankah perbuatan juga merupakan hal yang esensial? Ji...

Utley: Rm 4:16-25 - --NASKAH NASB (UPDATED): Rom 4:16-25...

Topik Teologia: Rm 4:25 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yesus Mengerjakan Pekerjaan Allah ...

TFTWMS: Rm 4:16-25 - Abraham, Bapak Semua Orang Percaya ABRAHAM, BAPAK SEMUA ORANG PERCAYA (Roma 4:16-25) 16 Karena itulah ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Roma (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Kebenaran Allah telah Dinyatakan Tanggal Penul...

Full Life: Roma (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Rom 1:1-17) ...

Matthew Henry: Roma (Pendahuluan Kitab) Jika kita boleh membandingkan satu kitab dengan kitab lainnya dan me...

Jerusalem: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus ...

Ende: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT RASUL PAULUS KEPADA UMAT ROMA KATA PENGANTAR Menurut pendapat paling umum, surat kepada umat Roma ini ditulis ole...

Hagelberg: Roma (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Keunikan Surat Roma Surat Roma adalah satu-satunya surat yang ditulis o...

Hagelberg: Roma (Garis Besar) GARIS BESAR roma I. Pendahuluan 1:1-1:17 ...

Hagelberg: Roma DAFTAR PUSTAKA roma Daftar Kepustakaan Barclay, William, Pemahaman Alkitab Setiap Hari: Roma...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Diselamatkan Oleh Darah! (Roma 3:25; 5:9) Paulus menulis dalam ...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) PASAL 4 CONTOH DARI ABRAHAM, ORANG BERIMAN ...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Mengikuti Jejak Kehidupan Abraham (Roma 4) Para pembaca Pa...

TFTWMS: Roma (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 James R. Edwards, Romans, New International Biblical Commentary (Peabody, Mass.: Hendri...

BIS: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS KEPADA JEMAAT DI ROMA PENGANTAR Surat Paulus Kepada Jemaat di Roma ditulis untuk mempersiapkan me...

Ajaran: Roma (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran utama Kitab Roma dan yakin bahwa manusia diselamatkan hanya...

Intisari: Roma (Pendahuluan Kitab) Inti InjilMENGAPA ROMA?Dalam Kisah para Rasul kita saksikan Paulus memulai gereja-gereja di tempat-tempat yang sekarang ki...

Garis Besar Intisari: Roma (Pendahuluan Kitab) [1] 'MENGAPA SAYA MENULIS...' Rom 1:1-7...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #03: Coba gunakan operator (AND, OR, NOT, ALL, ANY) untuk menyaring pencarian Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 0.08 detik
dipersembahkan oleh YLSA