Teks -- Keluaran 13:1-22 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Kel 13:2 - KUDUSKANLAH BAGI-KU SEMUA ANAK SULUNG.
Nas : Kel 13:2
Karena Allah telah menyelamatkan semua anak sulung Israel dan
membebaskan orang Israel dari Mesir, kini mereka dianggap-Nya sebagai ...
Nas : Kel 13:2
Karena Allah telah menyelamatkan semua anak sulung Israel dan membebaskan orang Israel dari Mesir, kini mereka dianggap-Nya sebagai milik sendiri.
- 1) Bangsa itu diperintahkan untuk mengakui hal ini dengan menguduskan anak sulung mereka untuk melayani Allah. Kemudian tanggung-jawab ini dialihkan kepada suku Lewi sebagai wakil umat itu. Sekalipun demikian, umat itu harus "menebus" (atau "membeli kembali") anak-anak itu dengan membayar harga tertentu (ayat Kel 13:13; bd. Bil 3:11-13,50-51; Bil 18:16).
- 2) Tindakan ini mengingatkan orang Israel bahwa Allah telah menebus mereka dari perbudakan dan penjajahan di Mesir dan bahwa mereka adalah milik-Nya. Yusuf dan Maria menyerahkan Yesus sebagai anak sulung mereka untuk menaati hukum ini (Luk 2:22-23).
Full Life: Kel 13:7 - SESUATUPUN YANG BERAGI TIDAK BOLEH DILIHAT.
Nas : Kel 13:7
Selama minggu Paskah, ragi (Ibr. _se'or_, yaitu semua zat yang dapat
mengakibatkan fermentasi dalam adonan atau cairan) dan semua ba...
Nas : Kel 13:7
Selama minggu Paskah, ragi (Ibr. _se'or_, yaitu semua zat yang dapat mengakibatkan fermentasi dalam adonan atau cairan) dan semua bahan yang kena ragi (Ibr. _hamets_; yaitu segala sesuatu yang telah mengalami fermentasi atau beragi) harus dibuang dari rumah orang Israel (bd. Kel 12:15,19). Dalam Kel 13:7 _hamets_ diterjemahkan "sesuatu pun yang beragi"; tetapi arti harfiah adalah "sesuatu yang difermentasi." Semua makanan untuk Paskah harus disesuaikan dengan perintah ilahi ini
(lihat art. PASKAH).
- 1) Alasan utama dari larangan ini sangat mungkin ditemukan dalam ajaran
alkitabiah yang memandang fermentasi atau sesuatu yang difermentasi
sebagai melambangkan kecemaran, kejahatan, dan ketidaksucian moral
(1Kor 5:6-8;
lihat cat. --> Mat 16:6;
lihat cat. --> Mr 8:15).
- 2) Perhatikan pula bahwa hukum Musa tidak meminta anggur, baik yang
difermentasi maupun yang tidak, dipakai sepanjang minggu Paskah. Akan
tetapi, anggur atau makanan apa pun yang dipakai harus sesuai dengan
peraturan tidak boleh ada ragi atau fermentasi ini (Kel 12:20).
Karena peristiwa ini memandang ke depan kepada korban darah Kristus yang
sempurna
(lihat art. PASKAH),
dapatlah dimengerti bahwa sama sekali tidak boleh ada pencemaran di dalam apa yang melambangkan darah-Nya (bd. Kel 34:25; Im 2:11; 6:17; 1Kor 5:7-8;lihat cat. --> Luk 22:18;
[atau ref. Luk 22:18]
lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (1)).
Full Life: Kel 13:21 - DALAM TIANG AWAN.
Nas : Kel 13:21
Allah menempatkan tiang awan dan tiang api sebagai bukti kehadiran,
kasih, dan perhatian-Nya kepada Israel (bd. Kel 40:38; Bil 9:15...
BIS -> Kel 13:18
Jerusalem -> Kel 12:1--13:16; Kel 13:1-2; Kel 13:11-16; Kel 13:13; Kel 13:17-22; Kel 13:17; Kel 13:17; Kel 13:18; Kel 13:22
Jerusalem: Kel 12:1--13:16 - -- Kisah yang panjang ini mengenai Paskah mencakup berbagai unsur. Ada sebuah sumber kuno yang berasal dari tradisi Yahwista, Kel 12:21-23,27,29-39; ada ...
Kisah yang panjang ini mengenai Paskah mencakup berbagai unsur. Ada sebuah sumber kuno yang berasal dari tradisi Yahwista, Kel 12:21-23,27,29-39; ada beberapa tambahan yang bergaya bahasa tradisi Ulangan. Kel 12:24-27; 13:3-16, barangkali juga Kel 13:1-2; dan ada beberapa tambahan dari penggubah dari tradisi Para Imam yakni: peraturan mengenai ibadat dan keterangan tentang arti perayaan Paskah, Kel 12:1-20,28,40-51. Baik tambahan-tambahan tsb dibandingkan dengan Ima 23:5-8; Bil 28:16-25; Ula 16:1-8. - Sebenarnya perayaan Paskah dan perayaan Hari Raya Roti Tidak Beragi aslinya dua pesta yang berbeda. Hari Raya Roti Tidak beragi adalah sebuah pesta kaum tani. Pesta itu baru mulai dirayakan Israel setelah menetap di tanah Kanaan; baru sesudah pembaharuan agama yang dilancarkan raja Yosia pesta pertanian tsb disatukan dengan perayaan Paskah. Perayaan Paskah itu berasal dari zaman sebelum bangsa Israel terbentuk. Setiap tahun pesta itu dirayakan suku-suku Badui (peternak) hendak memohon perlindungan dewanya atas kawanan ternaknya. Kisah kuno yang berawal dengan Kel 12:21 menyebut pesta itu tanpa keterangan apapun. Ini mengandaikan bahwa Paskah sudah dikenal sebelumnya. Dapat diterima bahwa sewaktu Musa minta izin dari Firaun untuk mengadakan "perayaan TUHAN", bdk Kel 3:18; 5:1; 7:16; 8:1,8,20,27; 9:1,13; 10:4,24, apa yang dimaksudkan justru pesta Paskah tsb. kalau demikian duduknya perkara, maka hubungan antara perayaan Paskah dengan tulah yang kesepuluh dan keluaran Israel dari Mesir serba kebetulan: keluaran itu kebetulan bertepatan dengan perayaan Paskah kuno itu. Tetapi oleh karena kedua peristiwa tsb benar-benar bertepatan waktunya, maka dapat dibenarkan bahwa tambahan-tambahan yang disisipkan oleh tradisi Ulangan, Kel 12:24-27; 13:3-10 menerangkan perayaan Paskah (dan juga Hari Raya Roti Tidak Beragi) sebagai kenangan akan keluaran Israel dari negeri Mesir, bdk kitab Ulangan sendiri, Kel 16:1-3. Tradisi Para Imam menghubungkan seluruh tata upacara Paskah kuno dengan tulah yang kesepuluh dan keluaran Israel dari negeri Mesir, Kel 12:11-14,42. Tetapi sebelum tradisi Para Imam menghubungkannya sudah berhubungan juga. Sebab kisah yang berasal dari tradisi Yahwista, Kel 12:34-39, sudah menghubungkan upacara kuno dengan roti tidak beragi yang termasuk upacara Paskah dahulu, dengan keluaran dari negeri Mesir. Oleh karena dikaitkan pada peristiwa yang memutuskan dalam sejarah bangsa Israel, yaitu panggilannya oleh Tuhan, maka upacara kuno itu mendapat makna keagamaan yang serba baru: upacara-upacara itu sekarang merayakan keselamatan yang dikurniakan Allah kepada umatNya, sebagaimana diungkapkan dalam wejangan yang menurut Kel 12:26-27; 13:8 membarengi perayaan itu. Dengan demikian Paskah Yahudi merupakan persiapan bagi Paskah Kristen: Kristus, anak domba Allah, dikorbankan (salib), lalu disantap (perjamuan Tuhan) dalam rangka Paskah Yahudi (pekan suci). Kristus membawa keselamatan bagi seluruh dunia. Pembaharuan mistik dari tindakan penyelamatan itu menjadi poros ibadat Kristen yang berkisar pada Ekaristi, korban dan perjanjian suci serentak.
Jerusalem: Kel 13:1-2 - -- Hukum mengenai anak sulung, Kel 13:1-2,11-16, ini merupakan sebuah sisipan yang gaya bahasanya mirip dengan gaya bahasa Ulangan. Hukum itu tidak bersa...
Hukum mengenai anak sulung, Kel 13:1-2,11-16, ini merupakan sebuah sisipan yang gaya bahasanya mirip dengan gaya bahasa Ulangan. Hukum itu tidak bersangkutan dengan perayaan Paskah, tetapi dengan kematian anak sulung orang Mesir. Dalam "Kitab Perjanjian", Kel 22:29-30, hukum itu disajikan terlepas dari Paskah. Bdk Kej 22:1+.
Jerusalem: Kel 13:11-16 - -- Menurut kitab-kitab hukum Israel yang tertua, Kel 22:29-30; 34:19-20, anak sulung manusia dan ternak adalah milik Tuhan. Anak sulung ternak dipersemba...
Menurut kitab-kitab hukum Israel yang tertua, Kel 22:29-30; 34:19-20, anak sulung manusia dan ternak adalah milik Tuhan. Anak sulung ternak dipersembahkan sebagai korban, Ula 15:19-20, dan sebagiannya diberikan kepada para imam, Bil 18:15-18. Anak sulung keledai tidak dipersembahkan sebagai korban, tetapi batang lehernya dipatahkan, Kel 13:13; 34:20; Bil 18:15. Begitu pula halnya dengan semua binatang haram, Ima 27:26-27. anak sulung manusia selalu ditebus, Kel 13:13; 34:19-20; Bil 3:46-47; bdk Kej 22. Nas-nas tersebut, Kel 13:14 dst; Bil 3:13; 8:17, menghubungkan penetapan tentang anak sulung itu dengan keluaran orang Israel dari Mesir dan dengan tulah yang kesepuluh. Orang-orang Lewi dikuduskan kepada Tuhan sebagai pengganti anak-anak sulung orang Israel yang lain, yang diselamatkan waktu anak-anak sulung orang Mesir dibasmi, Bil 3:13,40-51; 8:16-18.
Jerusalem: Kel 13:13 - mematahkan batang lehernya Keledai adalah binatang haram yang tidak boleh dipersembahkan sebagai korban.
Keledai adalah binatang haram yang tidak boleh dipersembahkan sebagai korban.
Jerusalem: Kel 13:17-22 - -- Di sini mulailah kisah keluaran yang sebenarnya ialah perjalanan umat Israel melalui padang gurun menuju Tanah yang disajikan. Tahap sejarah umat Isra...
Di sini mulailah kisah keluaran yang sebenarnya ialah perjalanan umat Israel melalui padang gurun menuju Tanah yang disajikan. Tahap sejarah umat Israel inilah yang kemudian oleh para nabi diingat sebagai masa pernikahan Tuhan dengan umatNya, Yer 2:2; Hos 2:13; 11:1 dst; Yeh 16:8. Dalam seluruh Kitab Suci Allah tetap disebut sebagai "yang menuntun umat Israel dari tanah Mesir", Yos 24:17; Ams 2:10,3:1; Mik 6:4; Maz 81:11. Bagian kedua kitab Yesaya memberitahukan kembalinya umat Israel dari pembuangan sebagai suatu keluaran yang baru, Yes 40:3+. Tradisi Kristen mengartikan perjalanan umat Israel di padang gurun sebagai pralambang perjalanan Gereja (dan masing-masing orang beriman) kepada akhirat.
Jerusalem: Kel 13:17 - melalui jalan Sangat sukar menetapkan perjalanan yang ditempuh umat Israel yang keluar dari negeri Mesir dan mana perhentian-perhentiannya di perjalanan itu. Meskip...
Sangat sukar menetapkan perjalanan yang ditempuh umat Israel yang keluar dari negeri Mesir dan mana perhentian-perhentiannya di perjalanan itu. Meskipun dalam Kel 12:17 ini terdapat suatu keterangan tegas, namun sejumlah ayat lain menyarankan bahwa umat Israel menempuh suatu jalan di sebelah utara, yaitu melalui "Negeri orang Filistin" (nama itu di sini memang tampil sebelum waktunya). Mungkin dalam perbedaan tsb nampaklah dua tradisi yang berbeda-beda. Dan dua-duanya berdasarkan ingatan akan keluaran dua kelompok orang Israel yang berbeda juga, bdk Kel 7:14+; Kel 16:18
Jerusalem: Kel 13:17 - jalan ini yang paling dekat Jalan itu ialah jalan yang lazimnya ditempuh orang yang pergi dari negeri Mesir ke Palestina (dan sebaliknya). Sepanjang jalan itu terdapat sumur-sumu...
Jalan itu ialah jalan yang lazimnya ditempuh orang yang pergi dari negeri Mesir ke Palestina (dan sebaliknya). Sepanjang jalan itu terdapat sumur-sumur air dan benteng yang membuat jalan itu menjadi aman. Jalan itu melalui Sile (El Kantara sekarang). Kelompok orang Israel yang melarikan diri dari negeri Mesir pasti tidak menempuh jalan ini. Tetapi kelompok yang diusir tentu saja dapat memilih jalan itu. Pada kenyataannya ketiga tempat yang disebutkan namanya dalam Kel 14:2 agaknya terletak sepanjang jalan itu. Tetapi tradisi mengenai keluaran berupa pelarian menarik beberapa unsur dari tradisi mengenai keluaran berupa pengusiran.
Jerusalem: Kel 13:18 - Laut Teberau Kata-kata ini (Ibraninya:yam suf) adalah sebuah sisipan. Ceritera asli hanya secara umum berkata: orang Israel melalui jalan padang gurun menuju ke ti...
Kata-kata ini (Ibraninya:yam suf) adalah sebuah sisipan. Ceritera asli hanya secara umum berkata: orang Israel melalui jalan padang gurun menuju ke timur (atau tenggara). Adapun arti ungkapan Ibrani yam suf tidak pasti dan tidak pasti juga di mana terletak Laut Teberau (nama Mesir). Nama laut itu tidak disebut lagi dalam Kel 14, yang hanya berkata tentang "laut" saja. Satu-satunya nas tua yang menyebut Laut Teberau sebagai tempat terjadinya mujizat itu ialah Kej 15:4.
Jerusalem: Kel 13:22 - tiang awan Dalam Pentateukh disebut beberapa cara Tuhan menyatakan kehadiranNya: tiang awan dan tiang api (tradisi Yahwista); awan gelap dan awan (tradisi Elohis...
Dalam Pentateukh disebut beberapa cara Tuhan menyatakan kehadiranNya: tiang awan dan tiang api (tradisi Yahwista); awan gelap dan awan (tradisi Elohista); akhirnya "kemuliaan" Tuhan yang dikaitkan pada awan dan yang merupakan "api yang menghanguskan", Kel 24:17; kemuliaan itu bergerak seperti Allah sendiri bergerak (tradisi Para Imam, bdk Kel 19:16+.) Semua gagasan dan lambang tsb banyak dipakai dalam karangan-karangan para mistikus.
Ende: Kel 13:1 - -- Ajat-ajat ini mempersiapkan ajat. 11-16 (Kel 13:11-16). Wadjib
mengorbankan anak sulung tidak dari semula berhubungan dengan pesta Paskah.
Maksudnja: ...
Ajat-ajat ini mempersiapkan ajat. 11-16 (Kel 13:11-16). Wadjib mengorbankan anak sulung tidak dari semula berhubungan dengan pesta Paskah. Maksudnja: mengakui Allah sebagai Tuhan segala sesuatu jang hidup, dan memohon berkatNja atas hidup didunia ini, pun pula meminta kesuburan. Dalam hal ini ada persamaannja dengan pesta-pesta roti-roti tidak beragi. Bahwa sementara itu orang teringat akan anak-anak sulung Mesir jang binasa, sedangkan anak-anak sulung Israel diselamatkan, tidak sukar difahami. (Lihat Kel 11:5 tjatatan; dan Bil 3:13; 8:17). Demikianlah peraturan ini dimasukkan dalam rangka perajaan Paskah.
Ende: Kel 13:3 - -- Peraturan-peraturan ini berasal dari tradisi D, jang mementingkan pengadjaran
jang menjertai perajaan ibadat (Lihat aj. 8,14-15(Kel 13:8,14-15) dan
ba...
Peraturan-peraturan ini berasal dari tradisi D, jang mementingkan pengadjaran jang menjertai perajaan ibadat (Lihat aj. 8,14-15(Kel 13:8,14-15) dan bandingkan Kel 12:26-27).
Ende: Kel 13:5 - -- Bangsa Kanaanit dan Amorit termasuk penghuni-penghuni Palestina bangsa Semit,
jang berpindah kesana dalam berbagai gelombang. Menurut ahli-ahli lainnj...
Bangsa Kanaanit dan Amorit termasuk penghuni-penghuni Palestina bangsa Semit, jang berpindah kesana dalam berbagai gelombang. Menurut ahli-ahli lainnja jang disebut bangsa Amorit ialah para penduduk daerah pantai disebelah Utara. Bangsa Kanaanit mendiami daerah pantai disebelah Selatan. Bangsa Hittit: penduduk bukan Semit, semula berasal dari pantai Selatan Laut Hitam (Sungai Halys). Suku Jebusit menduduki daerah jang kelak-kemudiannja termasuk wilajah kota Jerusalem.
Ende: Kel 13:9 - -- Mungkin jang dimaksudkan disini suatu tanda, jang dikenakan pada tangan atau
dahi sebagai peringatan, bahwa jang ditandai itu mendjadi milik seseorang...
Mungkin jang dimaksudkan disini suatu tanda, jang dikenakan pada tangan atau dahi sebagai peringatan, bahwa jang ditandai itu mendjadi milik seseorang lain atau suatu dewa. Dilingkungan Israel perajaan tahunan mendjadi ganti tanda sematjam itu. Tetapi dimasa sesudah pembuangan kata-kata itu ditafsirkan tepat seperti apa adanja, lalu orang mengikatkan pada tangan dan dahi bumbung-bumbung kulit berisikan ajat-ajat dari Hukum Musa.
Ende: Kel 13:12 - -- Lihat Kel 22:28-29; 34:19-20; Ula 15:19-23. Kemudian ini
mendjadi pemberian djuga bagi para imam: Ula 18:3-4; Yeh 44:30.
Lihat Kel 22:28-29; 34:19-20; Ula 15:19-23. Kemudian ini mendjadi pemberian djuga bagi para imam: Ula 18:3-4; Yeh 44:30.
Ende: Kel 13:13 - -- Kemudian keledai tidak digolongkan binatang-binatang jang halal, sehingga tidak
boleh pula dikorbankan (Ima 11:3; 22:19; Bil 18:15). Hukum keras-keras...
Kemudian keledai tidak digolongkan binatang-binatang jang halal, sehingga tidak boleh pula dikorbankan (Ima 11:3; 22:19; Bil 18:15). Hukum keras-keras melarang korban kanak-kanak (lihat Kej 22:13 tjatatan).
Ende: Kel 13:17 - -- Djalan ke Palestina jang dekat dan banjak dilalui menjusur pantai Laut Tengah
melalui Sile (=El-Qantara) dan Gaza. Sepandjang djalan itu ada perigi-pe...
Djalan ke Palestina jang dekat dan banjak dilalui menjusur pantai Laut Tengah melalui Sile (=El-Qantara) dan Gaza. Sepandjang djalan itu ada perigi-periginja, tetapi ada pos-pos pendjagaan Mesir djuga. Maka dari itu tidak baiklah umat Israel menempuh djalan ini.
Djadi mereka menempuh djalan lebih disebelah Selatan (Lihat: Kata Pengantar).
Ende: Kel 13:19 - -- Lihat Kej 50:25. Demikianlah nampak dengan djelasnja hubungan antara
umat Israel jang telah bebas dan para Bapa Bangsa.
Lihat Kej 50:25. Demikianlah nampak dengan djelasnja hubungan antara umat Israel jang telah bebas dan para Bapa Bangsa.
Etam tidak dapat ditentukan dengan pasti letaknja.
Ende: Kel 13:21 - -- Tuhan mewahjukan diri sebagai Pemimpin pengungsian mereka. Tradisi J berbicara
tentang tiang awam serta tiang api; tradisi E tentang awan gelap dan Ma...
Tuhan mewahjukan diri sebagai Pemimpin pengungsian mereka. Tradisi J berbicara tentang tiang awam serta tiang api; tradisi E tentang awan gelap dan Malaikat Allah (Kej 14:9). Tradisi P menganggap tiang berapi ini sebagai perwahjuan Kemuliaan Jahwe (kabod). Dalam Kitab Sutji awan kerap kali menandakan hadirnja Tuhan, tachtaNja ataupun djuga kendaraanNja (Ula 33:26; Maz 97:2; Yes 19:1; Maz 104:3; Ayu 22:14). Ajat ini membajangkan adanja awan gelap disertai halilintar. Gedjala jang sama nampak pula pada penampakkan di gunung Sinai (Kel 19:9,16); Ula 4:11; 5:22-24). Kemuliaan Jahwe-lah jang menampakkan diri (Kel 16:10; 24:15-18). Oleh karena itu awan ini turun djuga atas Tempat Kudus, tempat hadirnja Jahwe (Kel 40:34-38); bandingkan Yes 6:4). Gambaran- gambaran ini menekankan, bahwa Jahwe sendiri tidak kelihatan bagi manusia (Kel 33:20- 23); Ula 4:15-18).
Djuga pada pembebasan jang kedua, jakni sesudah pembuangan Babylon, Jahwe melindungi umatNja dengan tjara jang sama (Yes 52:12). Gambaran jang sama digunakan pula untuk melambangkan kebidjaksanaan ilahi, jang menetap di Israel: Sir 24:3-4.
Dalam Perdjandjian Baru digunakan djuga, jakni berhubungan dengan Jesus Kristus, sebagai penampakkan Kemuliaan Tuhan diantara kita: Yoh 1:14; Luk 1:35 dan djelas sekali pada Mat 17:1-8 par. Pergantian rupa Kristus dibukit nampak erat hubungannja dengan penampakan digunung Sinai.
Ref. Silang FULL: Kel 13:2 - anak sulung · anak sulung: Kel 13:12,13,15; Kel 22:29; 34:20; Im 27:26; Bil 3:13; 8:17; 18:15; Ul 15:19; Neh 10:36; Luk 2:23%&
· anak sulung: Kel 13:12,13,15; Kel 22:29; 34:20; Im 27:26; Bil 3:13; 8:17; 18:15; Ul 15:19; Neh 10:36; Luk 2:23%&
Ref. Silang FULL: Kel 13:3 - dari Mesir // kekuatan tangan-Nya // yang beragi · dari Mesir: Kel 13:14; Kel 7:4; Im 26:13; Bil 1:1; 9:1; 22:5; 26:4; Ul 4:45; 5:6; Mazm 81:11; 114:1
· kekuatan tangan-Nya: Kel 3:20; K...
· dari Mesir: Kel 13:14; Kel 7:4; Im 26:13; Bil 1:1; 9:1; 22:5; 26:4; Ul 4:45; 5:6; Mazm 81:11; 114:1
Ref. Silang FULL: Kel 13:5 - orang Kanaan // orang Yebus // dan madunya // ibadah ini · orang Kanaan: Kel 13:11
· orang Yebus: Kel 3:8; Kel 3:8
· dan madunya: Kel 3:8; Kel 3:8
· ibadah ini: Kel 12:25-26
· hari raya: Kel 12:15-20; [Lihat FULL. Kel 12:15] s/d 20
· anakmu laki-laki: Kel 10:2; [Lihat FULL. Kel 10:2]; Mazm 78:5-6
Ref. Silang FULL: Kel 13:9 - pada tanganmu // di dahimu // dengan tangan · pada tanganmu: Yes 44:5
· di dahimu: Kel 13:16; Ul 6:8; 11:18; Ams 3:3; Mat 23:5
· dengan tangan: Kel 3:20; Kel 3:20
Ref. Silang FULL: Kel 13:10 - kaupegang ketetapan // pada waktunya · kaupegang ketetapan: Kel 12:14; Kel 12:14
· pada waktunya: Mazm 75:3; 102:14
· kaupegang ketetapan: Kel 12:14; [Lihat FULL. Kel 12:14]
· pada waktunya: Mazm 75:3; 102:14
Ref. Silang FULL: Kel 13:11 - orang Kanaan // dengan sumpah // nenek moyangmu · orang Kanaan: Kel 13:5; Kel 13:5
· dengan sumpah: Kej 22:16; Kej 22:16; Ul 1:8
· nenek moyangmu: Kej 12:7; Kej 12:7; Kej 17:19...
Ref. Silang FULL: Kel 13:12 - bagi Tuhan · bagi Tuhan: Kej 4:4; Kej 4:4; Im 27:26; Bil 3:13; 18:15,17; Luk 2:23%&
· bagi Tuhan: Kej 4:4; [Lihat FULL. Kej 4:4]; Im 27:26; Bil 3:13; 18:15,17; Luk 2:23%&
Ref. Silang FULL: Kel 13:13 - anak keledai // batang lehernya // anak-anakmu lelaki // haruslah kautebus · anak keledai: Kel 13:15; Im 27:11
· batang lehernya: Kel 34:20; Yes 66:3
· anak-anakmu lelaki: Bil 18:15
· haruslah kaut...
Ref. Silang FULL: Kel 13:14 - apabila anakmu // rumah perbudakan · apabila anakmu: Kel 10:2; Kel 10:2
· rumah perbudakan: Kel 20:2; Ul 7:8; 28:68
· apabila anakmu: Kel 10:2; [Lihat FULL. Kel 10:2]
· rumah perbudakan: Kel 20:2; Ul 7:8; 28:68
· ke Mesir: Kel 14:11; Bil 14:1-4; Ul 17:16; Hos 11:5
Ref. Silang FULL: Kel 13:18 - Allah menuntun // sedia berperang · Allah menuntun: Kel 15:22; Mazm 136:16; Yeh 20:10
· sedia berperang: Yos 1:14; 4:13
· Allah menuntun: Kel 15:22; Mazm 136:16; Yeh 20:10
· sedia berperang: Yos 1:14; 4:13
Ref. Silang FULL: Kel 13:19 - tulang-tulang Yusuf // dari sini · tulang-tulang Yusuf: Yos 24:32; Kis 7:16; Ibr 11:22
· dari sini: Kej 47:29-30; Kej 47:29; Kej 47:30
Ref. Silang FULL: Kel 13:20 - dari Sukot // padang gurun · dari Sukot: Kel 12:37; Kel 12:37
· padang gurun: Bil 33:6
Ref. Silang FULL: Kel 13:21 - di depan // tiang awan · di depan: Kel 32:1; 33:14; Ul 2:7; 31:8; Hak 4:14; 5:4; Mazm 68:8; 77:21; Yer 2:2; Hab 3:13
· tiang awan: Kel 14:19,24; 24:16; 33:9-10...
· di depan: Kel 32:1; 33:14; Ul 2:7; 31:8; Hak 4:14; 5:4; Mazm 68:8; 77:21; Yer 2:2; Hab 3:13
· tiang awan: Kel 14:19,24; 24:16; 33:9-10; 34:5; 40:38; Bil 9:16; 12:5; 14:14; Ul 1:33; Neh 9:12,19; Mazm 78:14; 99:7; 105:39; Yes 4:5; 1Kor 10:1