kecilkan semua  

Teks -- Ibrani 9:3-8 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
9:3 Di belakang tirai yang kedua terdapat suatu kemah lagi yang disebut tempat yang maha kudus. 9:4 Di situ terdapat mezbah pembakaran ukupan dari emas, dan tabut perjanjian, yang seluruhnya disalut dengan emas; di dalam tabut perjanjian itu tersimpan buli-buli emas berisi manna, tongkat Harun yang pernah bertunas dan loh-loh batu yang bertuliskan perjanjian, 9:5 dan di atasnya kedua kerub kemuliaan yang menaungi tutup pendamaian. Tetapi hal ini tidak dapat kita bicarakan sekarang secara terperinci. 9:6 Demikianlah caranya tempat yang kudus itu diatur. Maka imam-imam senantiasa masuk ke dalam kemah yang paling depan itu untuk melakukan ibadah mereka, 9:7 tetapi ke dalam kemah yang kedua hanya Imam Besar saja yang masuk sekali setahun, dan harus dengan darah yang ia persembahkan karena dirinya sendiri dan karena pelanggaran-pelanggaran, yang dibuat oleh umatnya dengan tidak sadar. 9:8 Dengan ini Roh Kudus menyatakan, bahwa jalan ke tempat yang kudus itu belum terbuka, selama kemah yang pertama itu masih ada.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Harun a son of Amram; brother of Moses,son of Amram (Kohath Levi); patriarch of Israel's priests,the clan or priestly line founded by Aaron


Topik/Tema Kamus: Kemah Suci | Kemah Tuhan | Hukum, Hukum Musa | Tabir Yang Suci | Tempat Maha Kudus | Tabut | Sembah, Persembahan | Peti Perjanjian | Kerub | Tutup, Tutup Perdamaian | Manna | Tabut Perjanjian | Orang Yahudi | Pendamaian (Korban Kristus) | Naik, Kenaikan Kristus | Hari Pendamaian | Imam Agung atau Imam Besar | Harun | Perjanjian | Bara, Perbaraan | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Ibr 9:1-7 - PERJANJIAN YANG PERTAMA. Nas : Ibr 9:1-7 Ketika membahas bahwa perjanjian yang baru jauh lebih unggul daripada perjanjian yang lama (yang pertama), penulis surat ini mengan...

Nas : Ibr 9:1-7

Ketika membahas bahwa perjanjian yang baru jauh lebih unggul daripada perjanjian yang lama (yang pertama), penulis surat ini menganalisis ciri-ciri utama dari ibadah dan upacara korban dalam agama Israel.

Lihat art. PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU.

Full Life: Ibr 9:4 - TABUT PERJANJIAN. Nas : Ibr 9:4 Tabut perjanjian merupakan sebuah peti kudus yang berisi sebuah buli-buli manna (suatu peringatan akan pemeliharaan Allah), tongkat H...

Nas : Ibr 9:4

Tabut perjanjian merupakan sebuah peti kudus yang berisi sebuah buli-buli manna (suatu peringatan akan pemeliharaan Allah), tongkat Harun (suatu peringatan akan perbuatan-perbuatan Allah yang ajaib) dan kedua loh batu yang bertuliskan Sepuluh Firman (suatu peringatan akan pentingnya hukum-hukum Allah sebagai patokan kekudusan bagi umat-Nya). Tutup tabut ini adalah sebuah lempengan emas yang disebut tutup pendamaian atau takhta kasih karunia yang menyatakan kemurahan Allah yang menebus melalui darah yang tertumpah

(lihat cat. --> Ibr 9:5 berikut).

[atau ref. Ibr 9:5]

Full Life: Ibr 9:5 - TUTUP PENDAMAIAN. Nas : Ibr 9:5 Pada Hari Pendamaian, baik darah lembu jantan yang mengadakan pendamaian bagi imam besar dan keluarganya maupun darah kambing yang be...

Nas : Ibr 9:5

Pada Hari Pendamaian, baik darah lembu jantan yang mengadakan pendamaian bagi imam besar dan keluarganya maupun darah kambing yang berfungsi sebagai kurban karena dosa-dosa bangsa Israel dipercikkan di atas tutup pendamaian ini di hadapan Allah (Im 16:2,14;

lihat art. HARI PENDAMAIAN).

Tutup pendamaian yang di bumi ini melambangkan takhta kasih karunia sorgawi yang dapat dihampiri oleh orang-orang percaya karena darah Kristus untuk menerima kasih karunia dan pertolongan (Ibr 4:16).

Full Life: Ibr 9:7 - KEMAH YANG KEDUA. Nas : Ibr 9:7 Kemah kedua, yang dinamakan tempat Mahakudus, melambangkan kehadiran Allah. Imam besar dilarang keras memasuki tempat ini lebih darip...

Nas : Ibr 9:7

Kemah kedua, yang dinamakan tempat Mahakudus, melambangkan kehadiran Allah. Imam besar dilarang keras memasuki tempat ini lebih daripada sekali tiap tahun. Roh Kudus mengajarkan bahwa di bawah perjanjian yang lama, masuk dengan leluasa kepada Allah belum dimungkinkan karena persekutuan yang akrab dengan-Nya hanya dapat terjadi jikalau hati nurani seseorang telah dibersihkan secara sempurna (ayat Ibr 9:8-9). Penyucian ini tersedia ketika Kristus mati sebagai kurban yang abadi karena dosa.

Jerusalem: Ibr 9:4 - -- Bdk Kel 30:6; 40:26, yang berkata bahwa mezbah pembakaran ukupan, Kel 30:1, terdapat di bagian "Tempat Kudus" dan tidak di bagian "Tempat Mahakudus", ...

Bdk Kel 30:6; 40:26, yang berkata bahwa mezbah pembakaran ukupan, Kel 30:1, terdapat di bagian "Tempat Kudus" dan tidak di bagian "Tempat Mahakudus", Ibrani mengikuti sebuah tradisi lain tentang ibadat Israel.

Ende: Ibr 9:3 - Tirai kedua Tirai ini mentjeraikan ruangan jang mahakudus dari ruangan jang kudus.

Tirai ini mentjeraikan ruangan jang mahakudus dari ruangan jang kudus.

Ende: Ibr 9:4 - Papan batu Ialah dua batu jang bertuliskan intisari perdjandjian jang ditetapkan Allah dengan umat Israel di Sinai.

Ialah dua batu jang bertuliskan intisari perdjandjian jang ditetapkan Allah dengan umat Israel di Sinai.

Ende: Ibr 9:5 - Tutupan perdamaian ialah tutupan "peti perdjandjian" dari emas, jang dinaungi dua patung mas kerubim bersajap, dan dipandang sebagai tachta tempat Allah hadir, misalnja ...

ialah tutupan "peti perdjandjian" dari emas, jang dinaungi dua patung mas kerubim bersajap, dan dipandang sebagai tachta tempat Allah hadir, misalnja pada hari perdamaian. Pada hari perdamaian itu, setahun sekali, imam agung harus masuk ruangan jang mahakudus itu dan meretjiki tachta itu dengan darah seekor binatang jang baru-baru dikurbankan, dan dengan itu meminta pengampunan dosa bagi seluruh umat.

Ende: Ibr 9:8-9 - -- Ruangan jang Mahakudus disini berarti surga tempat Allah bersemajam. Surga itu masih tertutup bagi umat manusia selama "kemah lama", jaitu ibadat dan ...

Ruangan jang Mahakudus disini berarti surga tempat Allah bersemajam. Surga itu masih tertutup bagi umat manusia selama "kemah lama", jaitu ibadat dan hukum Perdjandjian Lama, masih ada dan berlaku.

Ref. Silang FULL: Ibr 9:3 - maha kudus · maha kudus: Kel 26:31-33

· maha kudus: Kel 26:31-33

Ref. Silang FULL: Ibr 9:4 - pembakaran ukupan // tabut perjanjian // berisi manna // pernah bertunas // bertuliskan perjanjian · pembakaran ukupan: Kel 30:1-5 · tabut perjanjian: Kel 25:10-22 · berisi manna: Kel 16:32,33 · pernah bertunas: Bil 17:10...

· pembakaran ukupan: Kel 30:1-5

· tabut perjanjian: Kel 25:10-22

· berisi manna: Kel 16:32,33

· pernah bertunas: Bil 17:10

· bertuliskan perjanjian: Kel 31:18; 32:15

Ref. Silang FULL: Ibr 9:5 - kerub kemuliaan // tutup pendamaian · kerub kemuliaan: Kel 25:17-19 · tutup pendamaian: Kel 25:20-22; 26:34

· kerub kemuliaan: Kel 25:17-19

· tutup pendamaian: Kel 25:20-22; 26:34

Ref. Silang FULL: Ibr 9:6 - imam-imam senantiasa · imam-imam senantiasa: Bil 28:3

· imam-imam senantiasa: Bil 28:3

Ref. Silang FULL: Ibr 9:7 - dalam kemah // yang masuk // sekali setahun // dengan darah // dirinya sendiri // tidak sadar · dalam kemah: Ibr 9:2,3 · yang masuk: Im 16:11-19 · sekali setahun: Im 16:34 · dengan darah: Im 16:11,14 · dirinya...

· dalam kemah: Ibr 9:2,3

· yang masuk: Im 16:11-19

· sekali setahun: Im 16:34

· dengan darah: Im 16:11,14

· dirinya sendiri: Im 16:11; Ibr 5:2,3

· tidak sadar: Ibr 5:2,3

Ref. Silang FULL: Ibr 9:8 - Kudus menyatakan // bahwa jalan · Kudus menyatakan: Ibr 3:7; Ibr 3:7 · bahwa jalan: Yoh 14:6; Ibr 10:19,20

· Kudus menyatakan: Ibr 3:7; [Lihat FULL. Ibr 3:7]

· bahwa jalan: Yoh 14:6; Ibr 10:19,20

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Ibr 8:1--10:18 - -- 2. Pelayanan yang lebih baik (8:1-10:18) Kalau di atas imamat dan Imam Besar dibicarakan, di dalam bagian ini pelayanan dari Imam Besar kita dibicara...

2. Pelayanan yang lebih baik (8:1-10:18)

Kalau di atas imamat dan Imam Besar dibicarakan, di dalam bagian ini pelayanan dari Imam Besar kita dibicarakan.

a. Pendahuluan pada pelayanan yang lebih baik (8:1-6)

Hagelberg: Ibr 7:1--10:18 - -- C. Imam yang lebih baik dengan Pelayanan yang lebih baik (7:1-10:18) Inti dari bagian ini ialah: Imam Besar yang kita punya adalah sangat mulia. Ayat...

C. Imam yang lebih baik dengan Pelayanan yang lebih baik (7:1-10:18)

Inti dari bagian ini ialah: Imam Besar yang kita punya adalah sangat mulia.

Ayat terakhir dari pasal 6 menyebut peraturan Melkisedek, dan kata-kata itu menjadi suatu peralihan untuk bagian ini di mana Yesus dikaitkan dengan Melkisedek. Kejadian 14 merupakan latar belakang dari diskusi ini.

Hagelberg: Ibr 5:1--10:39 - -- III. Bagian Kedua: Anak/Imam Allah (pasal 5:1-10:39) Bagian yang pertama sudah menguraikan kepada kita dua kebenaran. 1) bahwa Yesus, yang ditahbis...

III. Bagian Kedua: Anak/Imam Allah (pasal 5:1-10:39)

Bagian yang pertama sudah menguraikan kepada kita dua kebenaran. 1) bahwa Yesus, yang ditahbiskan sebagai Raja oleh Allah, memiliki suatu posisi dan masa depan yang sangat mulia, dan 2) bahwa kita yang mengikuti Dia dengan setia akan menikmati suatu kemenangan/warisan yang mulia. Di dalam bagian itu Yesus direnungkan terutama sebagai Raja kita yang merintis kemenangan. Di dalam bagian yang kedua ini Yesus akan direnungkan terutama sebagai Imam Besar kita. Bukannya unsur ini tidak ada di dalam bagian pertama. Ada juga unsur ini (2:17, 3:1-6, dan 4:14-16), tetapi tidak menonjol sebagai tema utama. Sekarang, di dalam bagian kedua ini, peranan Yesus sebagai Imam Besar kita akan direnungkan, dan, sama dengan apa yang ada dalam bagian pertama, beberapa peringatan akan disisipkan di dalam renungan ini.

Pada hakekatnya bagian ini (pasal 5-10) berkata bahwa Yesus adalah Imam Besar Agung, yang layak, yang lebih baik, dan yang menjadi dasar yang kuat bagi pahala kita, maka kita harus mendekati Tuhan Allah kita.

Hagelberg: Ibr 9:8 - -- 9:8 Jalan ke tempat yang kudus itu belum terbuka, selama kemah yang pertama itu masih ada. Pasal 9:8 penting bagi perkembangan pikiran ini. "Jalan ...

9:8 Jalan ke tempat yang kudus itu belum terbuka, selama kemah yang pertama itu masih ada.

Pasal 9:8 penting bagi perkembangan pikiran ini. "Jalan ke tempat yang kudus itu belum terbuka" dengan peraturan-peraturan ibadah di bawah Perjanjian Lama. Di dalam pasal 10:19-20, akan dijelaskan bahwa melalui pengorbanan Yesus, Imam Besar kita, kita memperoleh jalan untuk masuk tempat yang dulunya terlarang, tempat yang maha kudus. Dalam hal ini, Agama Yahudi dan Agama Islam memiliki suatu kesamaan, di mana dua-duanya menyangkal kepentingan penebusan dosa untuk memperoleh jalan masuk ke hadirat Tuhan Allah. Mungkinkah hal ini menjadi kunci yang menyatakan pentingnya surat ini dalam konteks pelayanan kita?

3) Dengan kematianNya Kristus menjadi Pengantara dari Perjanjian yang lebih baik (9:11-15)

Hagelberg: Ibr 9:8 - -- 9:8 Jalan ke tempat yang kudus itu belum terbuka, selama kemah yang pertama itu masih ada. Pasal 9:8 penting bagi perkembangan pikiran ini. "Jalan ...

9:8 Jalan ke tempat yang kudus itu belum terbuka, selama kemah yang pertama itu masih ada.

Pasal 9:8 penting bagi perkembangan pikiran ini. "Jalan ke tempat yang kudus itu belum terbuka" dengan peraturan-peraturan ibadah di bawah Perjanjian Lama. Di dalam pasal 10:19-20, akan dijelaskan bahwa melalui pengorbanan Yesus, Imam Besar kita, kita memperoleh jalan untuk masuk tempat yang dulunya terlarang, tempat yang maha kudus. Dalam hal ini, Agama Yahudi dan Agama Islam memiliki suatu kesamaan, di mana dua-duanya menyangkal kepentingan penebusan dosa untuk memperoleh jalan masuk ke hadirat Tuhan Allah. Mungkinkah hal ini menjadi kunci yang menyatakan pentingnya surat ini dalam konteks pelayanan kita?

3) Dengan kematianNya Kristus menjadi Pengantara dari Perjanjian yang lebih baik (9:11-15)

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Ibr 9:1-7 - Perkakas Kemah Suci Setelah menyatakan bahwa penyelenggaraan Perjanjian Lama telah usang dan ak...

Matthew Henry: Ibr 9:8-14 - Imamat Kristus Imamat Kristus (9:8-14) ...

SH: Ibr 9:1-10 - Yang terutama dalam hidup (Sabtu, 29 April 2000) Yang terutama dalam hidup Yang terutama dalam hidup. Kemah pertemuan yang dibangun Musa adalah sebuah ...

SH: Ibr 9:1-10 - Pendamaian yang sempurna (Rabu, 2 November 2005) Pendamaian yang sempurna Judul: Pendamaian yang sempurna Penulis Ibrani melanjutkan uraiannya meng...

SH: Ibr 9:1-10 - Beribadah itu Menaklukkan Diri (Senin, 21 Agustus 2017) Beribadah itu Menaklukkan Diri Ibadah sejatinya adalah sikap tunduk kepada Allah. Manusia perlu menyadari bahwa A...

SH: Ibr 9:1-10 - Bersih, tetapi Belum Suci (Sabtu, 1 Juli 2023) Bersih, tetapi Belum Suci Kita tahu perbedaan antara membilas dan mencuci. Kedua kegiatan itu melibatkan air, tet...

Utley: Ibr 9:1-5 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 9:1-5...

Utley: Ibr 9:6-10 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 9:6-10...

Topik Teologia: Ibr 9:7 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Kristus dalam Paralel Jabatan yang Diparalelkan dengan Kristus ...

Topik Teologia: Ibr 9:8 - -- Roh Kudus Roh yang Mengajar Luk 12:12 ...

TFTWMS: Ibr 9:3-5 - Tempat Maha Kudus TEMPAT MAHA KUDUS (Ibrani 9:3-5) 3 Di belakang tirai yang kedua terda...

TFTWMS: Ibr 9:1-10 - Pelajaran Dari Kemah Suci Pelajaran Dari Kemah Suci (Ibrani 9:1-10) Ketika kita memahami injil...

TFTWMS: Ibr 9:6-7 - Hari Pendamaian HARI PENDAMAIAN (Ibrani 9:6, 7) 6 Demikianlah caranya tempat yang kud...

TFTWMS: Ibr 9:8-9 - Simbolisme: Jalan SIMBOLISME: JALAN (Ibrani 9:8, 9a) 8 Dengan ini Roh Kudus menyatakan,...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Disebutkan Tema : Perjanjian yang Lebih Baik Tanggal P...

Full Life: Ibrani (Garis Besar) Garis Besar I. Argumentasi: Kristus dan Iman Kristen Lebih Unggul daripada Agama Orang...

Matthew Henry: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Mengenai surat kerasulan ini kita harus mengadakan penyelidikan atas, ...

Jerusalem: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus ...

Ende: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT KEPADA ORANG-ORANG IBRANI KATA PENGANTAR Kepada siapakah surat ini ditudjukan Djudul surat ini "Kep...

Hagelberg: Ibrani (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Latar Belakang Selain orang-orang Yahudi yang tinggal di Israel, ada ya...

Hagelberg: Ibrani (Garis Besar) GARIS BESAR ibrani I. Pendahuluan (...

Hagelberg: Ibrani DAFTAR PUSTAKA ibrani Daftar Kepustakaan Hodges, Zane, bahan kuliah dari Greek 225, "Epistle t...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) DI BALIK TIRAI VERSUS SECARA TERBUKA (Ibrani 9:3) Imam Besar melakukan tugasn...

TFTWMS: Ibrani (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Disadur dari Neil R. Lightfoot, Everyone's Guide to Hebrews (Grand Rapids, Mich.: ...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Kata Pengantar Ibrani 7:1-9:15 Dalam ...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) LOH-LOH BATU DAN MANNA (Ibrani 9:4) Loh-loh batu yang berisi Sepuluh Perintah...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) PENGECUALIAN KEMAH SUCI (Ibrani 9:6, 7) Tentunya, setiap orang Kriste...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) JALAN MENUJU TEMPAT KUDUS (Ibrani 9:8) Orang sering mengatakan bahwa mereka i...

BIS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT KEPADA ORANG IBRANI PENGANTAR Surat Kepada Orang Ibrani ini ditujukan kepada sekelompok orang Kristen, y...

Ajaran: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti pokok-pokok ajaran dari Kitab Ibrani, dan mempraktekkannya dalam kehidupan...

Intisari: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Kabar baik tentang hal-hal yang lebih baik SIAPA PENULIS SURAT IBRANI?Kita sama sekali tidak tahu siapa penulis surat Ibr...

Garis Besar Intisari: Ibrani (Pendahuluan Kitab) [1] PUTRA ALLAH: LEBIH TINGGI DARIPADA PARA MALAIKAT Ibr 1:1-2:18...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #08: Klik ikon untuk memisahkan teks alkitab dan catatan secara horisontal atau vertikal. [SEMUA]
dibuat dalam 0.10 detik
dipersembahkan oleh YLSA