kecilkan semua  

Teks -- Ibrani 5:1-10 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
5:1 Sebab setiap imam besar, yang dipilih dari antara manusia, ditetapkan bagi manusia dalam hubungan mereka dengan Allah, supaya ia mempersembahkan persembahan dan korban karena dosa. 5:2 Ia harus dapat mengerti orang-orang yang jahil dan orang-orang yang sesat, karena ia sendiri penuh dengan kelemahan, 5:3 yang mengharuskannya untuk mempersembahkan korban karena dosa, bukan saja bagi umat, tetapi juga bagi dirinya sendiri. 5:4 Dan tidak seorangpun yang mengambil kehormatan itu bagi dirinya sendiri, tetapi dipanggil untuk itu oleh Allah, seperti yang telah terjadi dengan Harun. 5:5 Demikian pula Kristus tidak memuliakan diri-Nya sendiri dengan menjadi Imam Besar, tetapi dimuliakan oleh Dia yang berfirman kepada-Nya: "Anak-Ku Engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini", 5:6 sebagaimana firman-Nya dalam suatu nas lain: "Engkau adalah Imam untuk selama-lamanya, menurut peraturan Melkisedek." 5:7 Dalam hidup-Nya sebagai manusia, Ia telah mempersembahkan doa dan permohonan dengan ratap tangis dan keluhan kepada Dia, yang sanggup menyelamatkan-Nya dari maut, dan karena kesalehan-Nya Ia telah didengarkan. 5:8 Dan sekalipun Ia adalah Anak, Ia telah belajar menjadi taat dari apa yang telah diderita-Nya, 5:9 dan sesudah Ia mencapai kesempurnaan-Nya, Ia menjadi pokok keselamatan yang abadi bagi semua orang yang taat kepada-Nya, 5:10 dan Ia dipanggil menjadi Imam Besar oleh Allah, menurut peraturan Melkisedek.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Harun a son of Amram; brother of Moses,son of Amram (Kohath Levi); patriarch of Israel's priests,the clan or priestly line founded by Aaron
 · Melkisedek the king of Salem who blessed Abraham and received his tithe,king of Salem who blessed Abraham and received his tithe


Topik/Tema Kamus: Imam Agung | Daniel | Imam Agung atau Imam Besar | Imam Besar | Harun | Melkisedek | Kristus, Imam Besar | Nubuat Tentang Kristus | Belas Kasihan Dan Simpati Kristus | Gambaran, Teladan Kristus | Anak ...; Gelar untuk Yesus | Taat | Taat, Ketaatan Kepada Allah | Rendah, Kerendahan Hati Kristus | Selamat, Keselamatan | Doa | Sembah, Persembahan | Korban | Malkisedik | Hamba Tuhan | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Ibr 5:1 - SETIAP IMAM BESAR. Nas : Ibr 5:1 Dua syarat perlu untuk keimaman yang sah: 1) Imam itu harus menunjukkan rasa simpati, lemah lembut, dan sabar terhadap mereka...

Nas : Ibr 5:1

Dua syarat perlu untuk keimaman yang sah:

  1. 1) Imam itu harus menunjukkan rasa simpati, lemah lembut, dan sabar terhadap mereka yang tersesat karena kebodohan, dosa atau kelemahan yang tidak disengaja (ayat Ibr 5:2; 4:15; bd. Im 4:1-35; Bil 15:27-29).
  2. 2) Ia harus diangkat oleh Allah (ayat Ibr 5:4-6). Kristus memenuhi kedua syarat ini

    (lihat cat. --> Im 8:2).

    [atau ref. Im 8:2]

Full Life: Ibr 5:6 - MENURUT PERATURAN MELKISEDEK. Nas : Ibr 5:6 Melkisedek adalah tokoh PL yang misterius. Ia muncul dalam pasal Kej 14:1-24 sebagai imam Allah dari Salem (mungkin Yerusalem, Ibr 7:...

Nas : Ibr 5:6

Melkisedek adalah tokoh PL yang misterius. Ia muncul dalam pasal Kej 14:1-24 sebagai imam Allah dari Salem (mungkin Yerusalem, Ibr 7:1; Kej 14:18; Mazm 110:1-4) sebelum zaman keimaman Lewi. Keimaman Kristus sejenis dengan keimaman Melkisedek

(lihat cat. --> Ibr 7:1;

lihat cat. --> Ibr 7:3).

[atau ref. Ibr 7:1-3]

Full Life: Ibr 5:7 - RATAP TANGIS DAN KELUHAN. Nas : Ibr 5:7 Ayat ini mungkin menunjuk kepada kehebatan doa Yesus di Taman Getsemani. Doa Yesus "didengarkan" bukan dalam pengertian bahwa Allah m...

Nas : Ibr 5:7

Ayat ini mungkin menunjuk kepada kehebatan doa Yesus di Taman Getsemani. Doa Yesus "didengarkan" bukan dalam pengertian bahwa Allah menyingkirkan semua hal yang berhubungan dengan kematian, tetapi dalam pengertian bahwa Ia menerima pertolongan Allah untuk mengalami segala penderitaan yang sudah ditetapkan bagi-Nya. Adakalanya kita juga menghadapi berbagai pencobaan dan doa kita yang sungguh-sungguh tampaknya tidak didengar. Pada saat-saat semacam itu, kita harus ingat bahwa Yesus telah diuji dengan cara yang sama dan bahwa Allah akan memberikan kasih karunia yang cukup kepada kita untuk mengalami penderitaan yang diizinkan-Nya dalam kehidupan kita

(lihat cat. --> Mat 26:39).

[atau ref. Mat 26:39]

Full Life: Ibr 5:8 - IA TELAH BELAJAR MENJADI TAAT. Nas : Ibr 5:8 Kristus belajar dari pengalaman segala penderitaan dan pengorbanan yang sering kali merupakan akibat dari ketaatan yang setia kepada ...

Nas : Ibr 5:8

Kristus belajar dari pengalaman segala penderitaan dan pengorbanan yang sering kali merupakan akibat dari ketaatan yang setia kepada Allah di dalam dunia yang bejat ini (bd. Ibr 12:2; Yes 50:4-6; Fili 2:8). Ia menjadi Juruselamat dan Imam Besar yang sempurna karena penderitaan dan kematian-Nya dijalani tanpa dosa. Oleh karena itu, Kristus memenuhi syarat dalam segala hal (ayat Ibr 5:1-6) untuk menyediakan keselamatan kekal bagi kita (ayat Ibr 5:9;

lihat cat. --> Ibr 2:10).

[atau ref. Ibr 2:10]

Full Life: Ibr 5:9 - KESELAMATAN ... BAGI SEMUA ORANG YANG TAAT KEPADA-NYA. Nas : Ibr 5:9 Keselamatan abadi yang diperoleh melalui penderitaan Yesus (ayat Ibr 5:8) tersedia hanya bagi mereka yang taat kepada-Nya melalui ima...

Nas : Ibr 5:9

Keselamatan abadi yang diperoleh melalui penderitaan Yesus (ayat Ibr 5:8) tersedia hanya bagi mereka yang taat kepada-Nya melalui iman. Iman yang menyelamatkan adalah iman yang taat (Yoh 8:31; Rom 1:5; 16:26; Yak 2:17-26).

Jerusalem: Ibr 5:1-10 - -- Dalam seluruh bagian ini tekanan terletak pada kemanusiaan Imam Besar waktu hidupNya sebagai manusia (harafiah: dalam daging, Ibr 5:7). Untuk dapat me...

Dalam seluruh bagian ini tekanan terletak pada kemanusiaan Imam Besar waktu hidupNya sebagai manusia (harafiah: dalam daging, Ibr 5:7). Untuk dapat mewakili manusia perlulah Ia menjadi sama dengan mereka; untuk dapat merasa kasihan terhadap kemalangan manusia perlulah Ia sendiri ikut serta di dalamnya, bdk Ibr 2:17-18; 4:15. Adapun kemanusiaan "kedagingan" itu, Rom 7:5+, nampak pada Yesus selama seluruh hidupNya, dalam kelemahanNya, Ibr 5:2, dan teristimewa waktu mengalami ketakutan di hadapan kematian dan menjalani kematian itu sendiri.

Jerusalem: Ibr 5:1 - korban karena dosa Mempersembahkan korban itu termasuk tugas Imam Besar (bdk Ima 1; 4; 9). Tugas itu tidak diserahkan kepada Musa tetapi kepada Harun. Korban itu selanju...

Mempersembahkan korban itu termasuk tugas Imam Besar (bdk Ima 1; 4; 9). Tugas itu tidak diserahkan kepada Musa tetapi kepada Harun. Korban itu selanjutnya akan dibahas dengan panjang lebar. Oleh karena terkait pada dosa, korban itu menyatakan bahwa Imam Besar di hadirat Allah setia kawan manusia.

Jerusalem: Ibr 5:7 - kesalehanNya Istilah Yunani (eulabeis) mengandung rasa hormat dan ketaatan, sehingga searti dengan sungguh-sungguh menjalankan agama, sikap keagamaan yang mendalam...

Istilah Yunani (eulabeis) mengandung rasa hormat dan ketaatan, sehingga searti dengan sungguh-sungguh menjalankan agama, sikap keagamaan yang mendalam. Doa Yesus waktu maut mendekat dijiwai seluruhnya oleh ketaatan kepada kehendak Bapa, bdk Mat 26:39,42. Itulah sebabnya Ia didengar dan doaNya dikabulkan

Jerusalem: Ibr 5:7 - Ia telah didengarkan Doa Yesus tidak dikabulkan begitu rupa sehingga diselamatkan dari kematian (seperti kerap diartikan oleh saudara muslimin), sebab justru untuk itulah ...

Doa Yesus tidak dikabulkan begitu rupa sehingga diselamatkan dari kematian (seperti kerap diartikan oleh saudara muslimin), sebab justru untuk itulah Ia telah datang, Yoh 12:27. Tetapi Yesus diselamatkan dari kekuasaan Maut, Kis 2:24 dst, sehingga kematianNya oleh Allah dirobah menjadi peninggian yang mulia, Yoh 12:27 dst; Yoh 13:31 dst; Yoh 17:5; Fili 2:9-11; Ibr 2:9.

Jerusalem: Ibr 5:8-10 - -- Dalam ayat-ayat ini sudah diketengahkan semua pokok yang diuraikan dalam bab 6-10.

Dalam ayat-ayat ini sudah diketengahkan semua pokok yang diuraikan dalam bab 6-10.

Jerusalem: Ibr 5:9 - kesempurnaanNya Ialah kesempurnaan Yesus sebagai Imam dan Korban.

Ialah kesempurnaan Yesus sebagai Imam dan Korban.

Ende: Ibr 5:7 - HidupNja dalam daging Maksudnja: hidupNja sebagai manusia dalam segala kelemahan manusiawi. Dalam ajat ini pengarang tentu ingat akan doa-doa Jesus di Getsemani dan seruanN...

Maksudnja: hidupNja sebagai manusia dalam segala kelemahan manusiawi.

Dalam ajat ini pengarang tentu ingat akan doa-doa Jesus di Getsemani dan seruanNja kepada BapaNja disalib.

Ende: Ibr 5:7 - Dikabulkan Bukan setjara diluputkan dari sengsaraNja, melainkan dengan mendapat kekuatan untuk bertahan. Tetapi ia dikabulkan djuga dalam arti, bahwa Ia mendapat...

Bukan setjara diluputkan dari sengsaraNja, melainkan dengan mendapat kekuatan untuk bertahan. Tetapi ia dikabulkan djuga dalam arti, bahwa Ia mendapat kekuatan untuk bertahan. Tetapi Ia dikabulkan djuga dalam arti, bahwa Ia mendapat kemenangan jang sempurna dengan matiNja disalib dan dalam kebangkitanNja.

Ende: Ibr 5:9 - Mentjapai kesempurnaanNja Dapat ditafsirkan: kesempurnaan ketaatan dan pengurbananNja dalam mati disalib dengan segala kerelaan, ataupun kesempurnaan kemuliaanNja jang mutlak d...

Dapat ditafsirkan: kesempurnaan ketaatan dan pengurbananNja dalam mati disalib dengan segala kerelaan, ataupun kesempurnaan kemuliaanNja jang mutlak disebelah kanan Allah.

Ref. Silang FULL: Ibr 5:1 - dengan Allah // dan korban // karena dosa · dengan Allah: Ibr 2:17 · dan korban: Ibr 8:3; 9:9 · karena dosa: Ibr 7:27

· dengan Allah: Ibr 2:17

· dan korban: Ibr 8:3; 9:9

· karena dosa: Ibr 7:27

Ref. Silang FULL: Ibr 5:2 - yang sesat // dengan kelemahan · yang sesat: Yes 29:24; Ibr 2:18; 4:15 · dengan kelemahan: Ibr 7:28

· yang sesat: Yes 29:24; Ibr 2:18; 4:15

· dengan kelemahan: Ibr 7:28

Ref. Silang FULL: Ibr 5:3 - bagi umat · bagi umat: Im 9:7; 16:6; Ibr 7:27; 9:7

· bagi umat: Im 9:7; 16:6; Ibr 7:27; 9:7

Ref. Silang FULL: Ibr 5:4 - telah terjadi · telah terjadi: Kel 28:1; Bil 14:40; 18:7

· telah terjadi: Kel 28:1; Bil 14:40; 18:7

Ref. Silang FULL: Ibr 5:5 - tidak memuliakan // Imam Besar // yang berfirman // telah Kuperanakkan · tidak memuliakan: Yoh 8:54 · Imam Besar: Ibr 2:17; Ibr 2:17 · yang berfirman: Ibr 1:1; Ibr 1:1 · telah Kuperanakkan: Maz...

· tidak memuliakan: Yoh 8:54

· Imam Besar: Ibr 2:17; [Lihat FULL. Ibr 2:17]

· yang berfirman: Ibr 1:1; [Lihat FULL. Ibr 1:1]

· telah Kuperanakkan: Mazm 2:7; Mat 3:17; [Lihat FULL. Mat 3:17]

Ref. Silang FULL: Ibr 5:6 - peraturan Melkisedek // · peraturan Melkisedek: Ibr 5:10; Kej 14:18; Ibr 6:20; 7:1-22 · : Mazm 110:4; Ibr 7:17,21

· peraturan Melkisedek: Ibr 5:10; Kej 14:18; Ibr 6:20; 7:1-22

· : Mazm 110:4; Ibr 7:17,21

Ref. Silang FULL: Ibr 5:7 - dan permohonan // ratap tangis // karena kesalehan-Nya // telah didengarkan · dan permohonan: Luk 22:41-44 · ratap tangis: Mat 27:46,50; Luk 23:46 · karena kesalehan-Nya: Mr 14:36 · telah didengarka...

· dan permohonan: Luk 22:41-44

· ratap tangis: Mat 27:46,50; Luk 23:46

· karena kesalehan-Nya: Mr 14:36

· telah didengarkan: Mazm 22:25

Ref. Silang FULL: Ibr 5:8 - adalah Anak // telah diderita-Nya · adalah Anak: Ibr 1:2; Ibr 1:2 · telah diderita-Nya: Fili 2:8; Fili 2:8

· adalah Anak: Ibr 1:2; [Lihat FULL. Ibr 1:2]

· telah diderita-Nya: Fili 2:8; [Lihat FULL. Fili 2:8]

Ref. Silang FULL: Ibr 5:9 - mencapai kesempurnaan-Nya · mencapai kesempurnaan-Nya: Ibr 2:10; Ibr 2:10

· mencapai kesempurnaan-Nya: Ibr 2:10; [Lihat FULL. Ibr 2:10]

Ref. Silang FULL: Ibr 5:10 - Imam Besar // peraturan Melkisedek · Imam Besar: Ibr 5:5; Ibr 2:17; Ibr 2:17 · peraturan Melkisedek: Ibr 5:6; Ibr 5:6

· Imam Besar: Ibr 5:5; Ibr 2:17; [Lihat FULL. Ibr 2:17]

· peraturan Melkisedek: Ibr 5:6; [Lihat FULL. Ibr 5:6]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Ibr 5:1-4 - -- 1. Persyaratan Umum untuk Imam (5:1-4) Untuk mencapai tujuan itu, persyaratannya harus lebih dahulu disebut. Ada empat persyaratan bagi seorang imam...

1. Persyaratan Umum untuk Imam (5:1-4)

Untuk mencapai tujuan itu, persyaratannya harus lebih dahulu disebut. Ada empat persyaratan bagi seorang imam.

Yang pertama, seorang imam adalah manusia, dan dia ditetapkan untuk mewakili manusia di hadapan Allah dengan "persembahan dan korban" (5:1).

Yang kedua disebut dalam 5:2: "Ia harus dapat mengerti orang-orang yang jahil...." Kata "mengerti" ini berarti "mengukur perasaannya sendiri." Ini berarti bahwa seorang imam harus dapat melayani dengan perasaan yang dikekang dan seimbang, tidak masa bodoh, dan tidak juga dikuasai dengan perasaan. Seharusnya dia dapat menguasai dirinya terhadap "yang jahil" dan "yang sesat" karena dia sendiri tidak sempurna, tetapi "penuh dengan kelemahan."

Yang ketiga disebut dalam 5:3, yaitu bahwa imam-imam harus juga "mempersembahkan korban...bagi dirinya sendiri." Selanjutnya di dalam 7:27 kita akan membaca bahwa dalam hal ini Tuhan Yesus tidak sama dengan imam biasa, karena Dia tidak berdosa (4:15) dan tidak perlu mempersembahkan korban bagi diriNya sendiri.

Yang keempat disebut dalam ayat empat: seorang imam harus "dipanggil oleh Allah" sendiri.

Hagelberg: Ibr 5:1-10 - -- A. Pendahuluan: Imam yang memenuhi persyaratan (5:1-10) Inti dari pendahuluan ini adalah bahwa Tuhan Yesus memenuhi segala persyaratan untuk menjadi...

A. Pendahuluan: Imam yang memenuhi persyaratan (5:1-10)

Inti dari pendahuluan ini adalah bahwa Tuhan Yesus memenuhi segala persyaratan untuk menjadi Imam Besar.

Hagelberg: Ibr 5:1--10:39 - -- III. Bagian Kedua: Anak/Imam Allah (pasal 5:1-10:39) Bagian yang pertama sudah menguraikan kepada kita dua kebenaran. 1) bahwa Yesus, yang ditahbis...

III. Bagian Kedua: Anak/Imam Allah (pasal 5:1-10:39)

Bagian yang pertama sudah menguraikan kepada kita dua kebenaran. 1) bahwa Yesus, yang ditahbiskan sebagai Raja oleh Allah, memiliki suatu posisi dan masa depan yang sangat mulia, dan 2) bahwa kita yang mengikuti Dia dengan setia akan menikmati suatu kemenangan/warisan yang mulia. Di dalam bagian itu Yesus direnungkan terutama sebagai Raja kita yang merintis kemenangan. Di dalam bagian yang kedua ini Yesus akan direnungkan terutama sebagai Imam Besar kita. Bukannya unsur ini tidak ada di dalam bagian pertama. Ada juga unsur ini (2:17, 3:1-6, dan 4:14-16), tetapi tidak menonjol sebagai tema utama. Sekarang, di dalam bagian kedua ini, peranan Yesus sebagai Imam Besar kita akan direnungkan, dan, sama dengan apa yang ada dalam bagian pertama, beberapa peringatan akan disisipkan di dalam renungan ini.

Pada hakekatnya bagian ini (pasal 5-10) berkata bahwa Yesus adalah Imam Besar Agung, yang layak, yang lebih baik, dan yang menjadi dasar yang kuat bagi pahala kita, maka kita harus mendekati Tuhan Allah kita.

Hagelberg: Ibr 5:5 - -- 5:5 ...Kristus tidak memuliakan diriNya sendiri... Dengan ini si penulis mengutip nats dari Kitab Mazmur untuk membuktikan bahwa Tuhan Yesus tidak me...

5:5 ...Kristus tidak memuliakan diriNya sendiri...

Dengan ini si penulis mengutip nats dari Kitab Mazmur untuk membuktikan bahwa Tuhan Yesus tidak menetapkan diriNya sebagai Imam Besar. Nats yang pertama, dari Maz. 2:7, dikutip sekali lagi, rupanya untuk mengingatkan kita bahwa Yesus tidak menetapkan diriNya untuk menjadi Raja. Nats yang kedua (dari Maz. 110:4) dikutip untuk menyatakan bahwa sama seperti Dia ditetapkan oleh Allah untuk menjadi Raja, juga Dia ditetapkan oleh Allah untuk menjadi Imam. Satu ayat yang lain (110:1) dari mazmur ini sudah dikutip di dalam Ibrani 1:13, sehingga Maz. 110 menjembatani panggilan Tuhan Yesus untuk menjadi Raja dengan panggilanNya untuk menjadi Imam Besar. Memang, Mazmur 110 menceritakan "Penobatan Raja Imam."

Setelah persyaratan yang keempat ditangani, yang pertama ditangani dengan berkata bahwa Dia "mempersembahkan doa dan permohonan."

Lalu kemudian persyaratan yang kedua ditangani, karena Dia sudah menderita, "dengan ratap tangis...."

Setelah itu, persyaratan yang ketiga ditangani. Tetapi ini lain dari yang lain, karena Dia tidak berdosa, dan tidak mempersembahkan apa-apa untuk diriNya. Dia "sempurna," dan menjadi "pokok keselamatan." Kata "sempurna" ini dapat berarti "sempurna," dapat juga berarti "dewasa," atau "siap," "diperlengkapi untuk tugasnya." Bisa diamati bahwa sama seperti istilah ini dipakai di sini berkaitan dengan tugasNya sebagai Imam Besar, juga di dalam 2:10 istilah yang sama dipakai berkaitan dengan tugasNya sebagai Raja dan Perintis kita pada kemenanganNya.

Akhirnya persyaratan yang keempat ditangani lagi. "Ia dipanggil menjadi Imam Besar oleh Allah." Ini ditegaskan oleh si penulis dengan dikemukakan dua kali. Tuhan Yesus tidak mencari kemuliaan, tetapi peranan ini ditentukan oleh Allah.

Pokoknya, Tuhan Yesus memenuhi segala persyaratan untuk menjadi imam.

Hagelberg: Ibr 5:5-10 - -- 2. AnakNya menjadi Imam (5:5-10) Di dalam bagian ini apa yang sudah dikatakan mengenai persyaratan untuk menjadi imam akan dipertimbangkan dari sudut...

2. AnakNya menjadi Imam (5:5-10)

Di dalam bagian ini apa yang sudah dikatakan mengenai persyaratan untuk menjadi imam akan dipertimbangkan dari sudut Tuhan Yesus. Persyaratan yang keempat ditangani lebih dahulu.

Hagelberg: Ibr 5:5 - -- 5:5 ...Kristus tidak memuliakan diriNya sendiri... Dengan ini si penulis mengutip nats dari Kitab Mazmur untuk membuktikan bahwa Tuhan Yesus tidak me...

5:5 ...Kristus tidak memuliakan diriNya sendiri...

Dengan ini si penulis mengutip nats dari Kitab Mazmur untuk membuktikan bahwa Tuhan Yesus tidak menetapkan diriNya sebagai Imam Besar. Nats yang pertama, dari Maz. 2:7, dikutip sekali lagi, rupanya untuk mengingatkan kita bahwa Yesus tidak menetapkan diriNya untuk menjadi Raja. Nats yang kedua (dari Maz. 110:4) dikutip untuk menyatakan bahwa sama seperti Dia ditetapkan oleh Allah untuk menjadi Raja, juga Dia ditetapkan oleh Allah untuk menjadi Imam. Satu ayat yang lain (110:1) dari mazmur ini sudah dikutip di dalam Ibrani 1:13, sehingga Maz. 110 menjembatani panggilan Tuhan Yesus untuk menjadi Raja dengan panggilanNya untuk menjadi Imam Besar. Memang, Mazmur 110 menceritakan "Penobatan Raja Imam."

Setelah persyaratan yang keempat ditangani, yang pertama ditangani dengan berkata bahwa Dia "mempersembahkan doa dan permohonan."

Lalu kemudian persyaratan yang kedua ditangani, karena Dia sudah menderita, "dengan ratap tangis...."

Setelah itu, persyaratan yang ketiga ditangani. Tetapi ini lain dari yang lain, karena Dia tidak berdosa, dan tidak mempersembahkan apa-apa untuk diriNya. Dia "sempurna," dan menjadi "pokok keselamatan." Kata "sempurna" ini dapat berarti "sempurna," dapat juga berarti "dewasa," atau "siap," "diperlengkapi untuk tugasnya." Bisa diamati bahwa sama seperti istilah ini dipakai di sini berkaitan dengan tugasNya sebagai Imam Besar, juga di dalam 2:10 istilah yang sama dipakai berkaitan dengan tugasNya sebagai Raja dan Perintis kita pada kemenanganNya.

Akhirnya persyaratan yang keempat ditangani lagi. "Ia dipanggil menjadi Imam Besar oleh Allah." Ini ditegaskan oleh si penulis dengan dikemukakan dua kali. Tuhan Yesus tidak mencari kemuliaan, tetapi peranan ini ditentukan oleh Allah.

Pokoknya, Tuhan Yesus memenuhi segala persyaratan untuk menjadi imam.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Ibr 5:1-9 - Keimaman Kristus Dalam pasal ini Rasul Paulus melanjutkan pembicaraannya mengenai keimaman K...

Matthew Henry: Ibr 5:10-14 - Keimaman Kristus Keimaman Kristus (5:10-14) ...

SH: Ibr 5:1-10 - Belajar dari Ketaatan Yesus (Rabu, 9 Agustus 2017) Belajar dari Ketaatan Yesus Memang mudah untuk taat ketika Allah memberikan apa yang menjadi keinginan hati kita....

SH: Ibr 4:14--5:10 - Apakah hari ini saudara merasa sangat sedih? (Kamis, 7 Oktober 1999) Apakah hari ini saudara merasa sangat sedih? Apakah hari ini saudara merasa sangat sedih? Yesus perna...

SH: Ibr 4:14--5:10 - Setia seperti Kristus (Rabu, 26 Oktober 2005) Setia seperti Kristus Setia seperti Kristus Dengan kekuatan diri sendiri, tidak seorang pun san...

SH: Ibr 4:14-16 - Imam Agung yang Sempurna (Selasa, 8 Agustus 2017) Imam Agung yang Sempurna Tidak sedikit manusia yang masih mencari jalan menuju keselamatan.Banyak cara digunakan ...

Utley: Ibr 5:1-4 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 5:1-4...

Utley: Ibr 5:5-10 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 5:5-10...

Topik Teologia: Ibr 5:1 - -- Keselamatan Panggilan Natur Panggilan Untuk Apa Allah Memanggil Manusia Allah Memanggil Manusia untu...

Topik Teologia: Ibr 5:2 - -- Keselamatan Panggilan Natur Panggilan Untuk Apa Allah Memanggil Manusia Allah Memanggil Manusia untu...

Topik Teologia: Ibr 5:4 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Kristus dalam Pelambangan Pribadi yang Melambangkan Kristus ...

Topik Teologia: Ibr 5:5 - -- Yesus Kristus Harun Kel 28:1 ...

Topik Teologia: Ibr 5:6 - -- Yesus Kristus Imam Ibr 2:17 ...

Topik Teologia: Ibr 5:7 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Keadaan dan Peristiwa...

Topik Teologia: Ibr 5:8 - -- Yesus Kristus Melkisedek Kej 14:18-20 ...

Topik Teologia: Ibr 5:9 - -- Yesus Kristus Melkisedek Kej 14:18-20 ...

Topik Teologia: Ibr 5:10 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Kristus dalam Pelambangan Pribadi yang Melambangkan Kristus ...

TFTWMS: Ibr 5:1-4 - Peranan Imam Besar Peranan Imam Besar (Ibrani 5:1-4) 1 Sebab setiap imam besar, yang dip...

TFTWMS: Ibr 5:1-2 - Imam Besar, Pengantara IMAM BESAR, PENGANTARA (Ibrani 5:1, 2) Kebutuhan akan seorang imam me...

TFTWMS: Ibr 5:3 - Imam Besar, Orang Yang Mempersembahkan Korban Dosa IMAM BESAR, ORANG YANG MEMPERSEMBAHKAN KORBAN DOSA (Ibrani 5:3) Satu tema kit...

TFTWMS: Ibr 5:4 - Imam Besar, Orang Yang Dipanggil Secara Ilahiyat IMAM BESAR, ORANG YANG DIPANGGIL SECARA ILAHIYAT (Ibrani 5:4) Ayat ...

TFTWMS: Ibr 5:5-10 - Yesus Memenuhi Syarat Sebagai Imam Besar Kita Yesus Memenuhi Syarat Sebagai Imam Besar Kita (Ibrani 5:5-10) 5 Demi...

TFTWMS: Ibr 5:5-6 - Ia Dimuliakan IA DIMULIAKAN (Ibrani 5:5, 6) 5 Demikian pula Kristus tidak memuliaka...

TFTWMS: Ibr 5:7 - Ia Berdoa Dengan Kuasa IA BERDOA DENGAN KUASA (Ibrani 5:7) 7 Dalam hidup-Nya sebagai manusia, Ia tel...

TFTWMS: Ibr 5:8-9 - Ia Belajar Menjadi Taat IA BELAJAR MENJADI TAAT (Ibrani 5:8, 9) 8 Dan sekalipun Ia adalah Ana...

TFTWMS: Ibr 5:10 - Ia Dipanggil Menjadi Imam Besar Kita IA DIPANGGIL MENJADI IMAM BESAR KITA (Ibrani 5:10) 10 Dan Ia dipanggil menja...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Disebutkan Tema : Perjanjian yang Lebih Baik Tanggal P...

Full Life: Ibrani (Garis Besar) Garis Besar I. Argumentasi: Kristus dan Iman Kristen Lebih Unggul daripada Agama Orang...

Matthew Henry: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Mengenai surat kerasulan ini kita harus mengadakan penyelidikan atas, ...

Jerusalem: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus ...

Ende: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT KEPADA ORANG-ORANG IBRANI KATA PENGANTAR Kepada siapakah surat ini ditudjukan Djudul surat ini "Kep...

Hagelberg: Ibrani (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Latar Belakang Selain orang-orang Yahudi yang tinggal di Israel, ada ya...

Hagelberg: Ibrani (Garis Besar) GARIS BESAR ibrani I. Pendahuluan (...

Hagelberg: Ibrani DAFTAR PUSTAKA ibrani Daftar Kepustakaan Hodges, Zane, bahan kuliah dari Greek 225, "Epistle t...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) IMAM BESAR YANG EFEKTIF (Ibrani 5:1, 2) Seorang imam besar haruslah s...

TFTWMS: Ibrani (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Josephus Wars 4.3.6, 10. 2 James Burton Coffman, Commentar...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) MENANGANI DENGAN LEMBUT ORANG YANG TIDAK TAHU DAN SESAT (Ibrani 5:2) Di kalan...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) MENGHORMATI ALLAH (Ibrani 5:4, 5) Persyaratan bagi seorang penatua di...

TFTWMS: Ibrani (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Philip Edgcumbe Hughes, A Commentary on the Epistle to the Hebrews (Grand Rapids, Mich....

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) YESUS BERDOA (Ibrani 5:7) "Berdoa dengan sembrono" mungkin menjadi ...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) KITA HARUS BELAJAR, SEPERTI YESUS BELAJAR (Ibrani 5:8, 9) Orang belaj...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) KESELAMATAN KEKAL (Ibrani 5:9) "Jika itu kekal, maka itu tidak bisa hila...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) DIPANGGIL SEBAGAI IMAM BESAR (Ibrani 5:10) Penulis kitab Ibrani secara jelas...

BIS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT KEPADA ORANG IBRANI PENGANTAR Surat Kepada Orang Ibrani ini ditujukan kepada sekelompok orang Kristen, y...

Ajaran: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti pokok-pokok ajaran dari Kitab Ibrani, dan mempraktekkannya dalam kehidupan...

Intisari: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Kabar baik tentang hal-hal yang lebih baik SIAPA PENULIS SURAT IBRANI?Kita sama sekali tidak tahu siapa penulis surat Ibr...

Garis Besar Intisari: Ibrani (Pendahuluan Kitab) [1] PUTRA ALLAH: LEBIH TINGGI DARIPADA PARA MALAIKAT Ibr 1:1-2:18...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #16: Tampilan Pasal untuk mengeksplorasi pasal; Tampilan Ayat untuk menganalisa ayat; Multi Ayat/Kutipan untuk menampilkan daftar ayat. [SEMUA]
dibuat dalam 0.18 detik
dipersembahkan oleh YLSA