kecilkan semua  

Teks -- Ibrani 10:10-12 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
10:10 Dan karena kehendak-Nya inilah kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh persembahan tubuh Yesus Kristus. 10:11 Selanjutnya setiap imam melakukan tiap-tiap hari pelayanannya dan berulang-ulang mempersembahkan korban yang sama, yang sama sekali tidak dapat menghapuskan dosa. 10:12 Tetapi Ia, setelah mempersembahkan hanya satu korban saja karena dosa, Ia duduk untuk selama-lamanya di sebelah kanan Allah,
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Ibr 10:5-10 - KORBAN DAN PERSEMBAHAN. Nas : Ibr 10:5-10 Mazm 40:7-9 dikutip untuk membuktikan bahwa korban Yesus Kristus yang dilakukan dengan sukarela dan taat itu merupakan korban yan...

Nas : Ibr 10:5-10

Mazm 40:7-9 dikutip untuk membuktikan bahwa korban Yesus Kristus yang dilakukan dengan sukarela dan taat itu merupakan korban yang lebih baik daripada korban binatang dalam PL;

lihat art. PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU.

Ende: Ibr 10:5-11 - -- Dengan kutipan dari Maz 40:7-9 ini pengarang hendak membuktikan bahwa inti dan hakekat kurban Jesus ialah ketaatan kepada BapaNja, dan bahwa ketaatan ...

Dengan kutipan dari Maz 40:7-9 ini pengarang hendak membuktikan bahwa inti dan hakekat kurban Jesus ialah ketaatan kepada BapaNja, dan bahwa ketaatan ini djauh lebih berharga daripada segala kurban ibadat Jahudi. Bdl. Ibr 5:8 dan Fili 4:18:

Ende: Ibr 10:12 - Tetap duduk Duduk, tetapi tetap djuga melandjutkan pengurbananNja disalib sebagai "leiturgos" didalam kemah Allah disurga. Ia tunggu sampai hasil pengurbananNja p...

Duduk, tetapi tetap djuga melandjutkan pengurbananNja disalib sebagai "leiturgos" didalam kemah Allah disurga. Ia tunggu sampai hasil pengurbananNja penuh. Bdl. Ibr 7:24-25; 9-24 dan Rom 8:34.

Ref. Silang FULL: Ibr 10:10 - telah dikuduskan // untuk selama-lamanya // persembahan tubuh · telah dikuduskan: Ibr 10:14; Ef 5:26; Ef 5:26 · untuk selama-lamanya: Ibr 7:27; Ibr 7:27 · persembahan tubuh: Ibr 2:14; 1Pet 2:...

· telah dikuduskan: Ibr 10:14; Ef 5:26; [Lihat FULL. Ef 5:26]

· untuk selama-lamanya: Ibr 7:27; [Lihat FULL. Ibr 7:27]

· persembahan tubuh: Ibr 2:14; 1Pet 2:24

Ref. Silang FULL: Ibr 10:11 - mempersembahkan korban // menghapuskan dosa · mempersembahkan korban: Ibr 5:1 · menghapuskan dosa: Ibr 10:1,4

· mempersembahkan korban: Ibr 5:1

· menghapuskan dosa: Ibr 10:1,4

Ref. Silang FULL: Ibr 10:12 - karena dosa // kanan Allah · karena dosa: Ibr 5:1 · kanan Allah: Mr 16:19; Mr 16:19

· karena dosa: Ibr 5:1

· kanan Allah: Mr 16:19; [Lihat FULL. Mr 16:19]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Ibr 10:10 - -- 10:10 ...kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh persembahan tubuh Yesus Kristus. Ayat ini berkata bahwa "kita telah dikuduskan." ...

10:10 ...kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh persembahan tubuh Yesus Kristus.

Ayat ini berkata bahwa "kita telah dikuduskan." Kalau penulis surat ini memakai istilah "kudus," maksudnya lain dari arti yang dimaksudkan oleh Rasul Paulus. Dalam tulisan Paulus, orang percaya dapat menjadi semakin kudus, karena istilah ini dipakai berkaitan dengan sikap hati dan perbuatan kita sebagai orang percaya. Tetapi kalau kata yang sama dipakai dalam Surat Ibrani, kata itu berarti bahwa orang percaya sudah menjadi kudus, secara total (dengan harapan bahwa perbuatannya juga ikut menjadi kudus!) Paulus memakai kata ini dalam diskusi pengkudusan, sedangkan dalam Surat Ibrani kata ini dipakai dalam diskusi penebusan.

Ini sesuai dengan pemakaiannya di dalam ayat 10, di mana dikatakan bahwa kita "dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya." Kita sudah dikuduskan, dan tidak usah mengharapkan apa-apa dari korban bakaran di Bait Allah di Yerusalem.

Pasal 10:11-12 ada suatu kontras yang kuat di antara Imam Besar kita, yang sekarang sudah selesai dengan pelayanan pengorbananNya, sehingga Dia "duduk," dan imam-imam yang "berdiri" dan melayani "tiap-tiap hari" dan "berulang-ulang" kali. Hanya dalam terjemahan bahasa Indonesia istilah "berdiri" tidak kelihatan, sehingga kontrasnya kurang kelihatan. Tidak ada kursi di dalam Bait Allah di Yerusalem, karena pekerjaan imam-imam di dalam pelayanan itu tidak akan selesai dengan korban-korban binatang. Ini juga menjadi bukti bahwa pelayanan Yesus jauh lebih mulia dari pada pelayanan yang diatur dalam Perjanjian Lama. Mereka harus mengorbankan binatang terus-menerus, sedangkan "oleh satu korban saja Ia telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan."

Untuk menutup bagian ini sekali lagi dia mengutip dari Yeremia 31:33-34. Kutipan ini sangat menegaskan bahwa melalui Perjanjian Baru, di luar hukum Taurat, mereka akan mendapat berkat yang jauh lebih indah, dan dosa mereka akan diampuni.

Pasal 10:18 menegaskan bahwa kalau ada "pengampunan" seperti dijanjikan dalam Yeremia 31:34, maka tidak ada apa-apa lagi yang "dipersembahkan karena dosa," karena dosa manusia sudah dibereskan di hadapan Tuhan Allah. Pernyataan ini akan menjadi titik tolak bagi peringatan yang berikut, karena para pembaca pertama digodai untuk meninggalkan Korban yang Sempurna itu, walaupun sama sekali tidak ada korban yang lain di hadapan Allah yang hidup. Dalam peringatan yang berikut, yaitu pasal 10:19-39, bahaya yang mereka hadapi akan digambarkan.

Bagian ini (7:1-10:18) sudah membuktikan bahwa Imam Besar yang kita punyai adalah sangat mulia.

Hagelberg: Ibr 8:1--10:18 - -- 2. Pelayanan yang lebih baik (8:1-10:18) Kalau di atas imamat dan Imam Besar dibicarakan, di dalam bagian ini pelayanan dari Imam Besar kita dibicara...

2. Pelayanan yang lebih baik (8:1-10:18)

Kalau di atas imamat dan Imam Besar dibicarakan, di dalam bagian ini pelayanan dari Imam Besar kita dibicarakan.

a. Pendahuluan pada pelayanan yang lebih baik (8:1-6)

Hagelberg: Ibr 10:10 - -- 10:10 ...kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh persembahan tubuh Yesus Kristus. Ayat ini berkata bahwa "kita telah dikuduskan." ...

10:10 ...kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh persembahan tubuh Yesus Kristus.

Ayat ini berkata bahwa "kita telah dikuduskan." Kalau penulis surat ini memakai istilah "kudus," maksudnya lain dari arti yang dimaksudkan oleh Rasul Paulus. Dalam tulisan Paulus, orang percaya dapat menjadi semakin kudus, karena istilah ini dipakai berkaitan dengan sikap hati dan perbuatan kita sebagai orang percaya. Tetapi kalau kata yang sama dipakai dalam Surat Ibrani, kata itu berarti bahwa orang percaya sudah menjadi kudus, secara total (dengan harapan bahwa perbuatannya juga ikut menjadi kudus!) Paulus memakai kata ini dalam diskusi pengkudusan, sedangkan dalam Surat Ibrani kata ini dipakai dalam diskusi penebusan.

Ini sesuai dengan pemakaiannya di dalam ayat 10, di mana dikatakan bahwa kita "dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya." Kita sudah dikuduskan, dan tidak usah mengharapkan apa-apa dari korban bakaran di Bait Allah di Yerusalem.

Pasal 10:11-12 ada suatu kontras yang kuat di antara Imam Besar kita, yang sekarang sudah selesai dengan pelayanan pengorbananNya, sehingga Dia "duduk," dan imam-imam yang "berdiri" dan melayani "tiap-tiap hari" dan "berulang-ulang" kali. Hanya dalam terjemahan bahasa Indonesia istilah "berdiri" tidak kelihatan, sehingga kontrasnya kurang kelihatan. Tidak ada kursi di dalam Bait Allah di Yerusalem, karena pekerjaan imam-imam di dalam pelayanan itu tidak akan selesai dengan korban-korban binatang. Ini juga menjadi bukti bahwa pelayanan Yesus jauh lebih mulia dari pada pelayanan yang diatur dalam Perjanjian Lama. Mereka harus mengorbankan binatang terus-menerus, sedangkan "oleh satu korban saja Ia telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan."

Untuk menutup bagian ini sekali lagi dia mengutip dari Yeremia 31:33-34. Kutipan ini sangat menegaskan bahwa melalui Perjanjian Baru, di luar hukum Taurat, mereka akan mendapat berkat yang jauh lebih indah, dan dosa mereka akan diampuni.

Pasal 10:18 menegaskan bahwa kalau ada "pengampunan" seperti dijanjikan dalam Yeremia 31:34, maka tidak ada apa-apa lagi yang "dipersembahkan karena dosa," karena dosa manusia sudah dibereskan di hadapan Tuhan Allah. Pernyataan ini akan menjadi titik tolak bagi peringatan yang berikut, karena para pembaca pertama digodai untuk meninggalkan Korban yang Sempurna itu, walaupun sama sekali tidak ada korban yang lain di hadapan Allah yang hidup. Dalam peringatan yang berikut, yaitu pasal 10:19-39, bahaya yang mereka hadapi akan digambarkan.

Bagian ini (7:1-10:18) sudah membuktikan bahwa Imam Besar yang kita punyai adalah sangat mulia.

Hagelberg: Ibr 7:1--10:18 - -- C. Imam yang lebih baik dengan Pelayanan yang lebih baik (7:1-10:18) Inti dari bagian ini ialah: Imam Besar yang kita punya adalah sangat mulia. Ayat...

C. Imam yang lebih baik dengan Pelayanan yang lebih baik (7:1-10:18)

Inti dari bagian ini ialah: Imam Besar yang kita punya adalah sangat mulia.

Ayat terakhir dari pasal 6 menyebut peraturan Melkisedek, dan kata-kata itu menjadi suatu peralihan untuk bagian ini di mana Yesus dikaitkan dengan Melkisedek. Kejadian 14 merupakan latar belakang dari diskusi ini.

Hagelberg: Ibr 5:1--10:39 - -- III. Bagian Kedua: Anak/Imam Allah (pasal 5:1-10:39) Bagian yang pertama sudah menguraikan kepada kita dua kebenaran. 1) bahwa Yesus, yang ditahbis...

III. Bagian Kedua: Anak/Imam Allah (pasal 5:1-10:39)

Bagian yang pertama sudah menguraikan kepada kita dua kebenaran. 1) bahwa Yesus, yang ditahbiskan sebagai Raja oleh Allah, memiliki suatu posisi dan masa depan yang sangat mulia, dan 2) bahwa kita yang mengikuti Dia dengan setia akan menikmati suatu kemenangan/warisan yang mulia. Di dalam bagian itu Yesus direnungkan terutama sebagai Raja kita yang merintis kemenangan. Di dalam bagian yang kedua ini Yesus akan direnungkan terutama sebagai Imam Besar kita. Bukannya unsur ini tidak ada di dalam bagian pertama. Ada juga unsur ini (2:17, 3:1-6, dan 4:14-16), tetapi tidak menonjol sebagai tema utama. Sekarang, di dalam bagian kedua ini, peranan Yesus sebagai Imam Besar kita akan direnungkan, dan, sama dengan apa yang ada dalam bagian pertama, beberapa peringatan akan disisipkan di dalam renungan ini.

Pada hakekatnya bagian ini (pasal 5-10) berkata bahwa Yesus adalah Imam Besar Agung, yang layak, yang lebih baik, dan yang menjadi dasar yang kuat bagi pahala kita, maka kita harus mendekati Tuhan Allah kita.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Ibr 10:7-18 - Imamat Kristus Imamat Kristus (10:7-18) ...

SH: Ibr 10:1-18 - Karya Kristus bagi masa lalu dan masa depan Anda (Selasa, 2 Mei 2000) Karya Kristus bagi masa lalu dan masa depan Anda Karya Kristus bagi masa lalu dan masa depan Anda. Seb...

SH: Ibr 10:1-18 - Sudah Ada Kristus, Cukuplah! (Kamis, 24 Agustus 2017) Sudah Ada Kristus, Cukuplah! Mengikut Kristus adalah keputusan yang harus dijalani dengan tekad yang kuat. Karena...

SH: Ibr 10:1-18 - Garansi Seumur Hidup (Senin, 3 Juli 2023) Garansi Seumur Hidup Setiap barang dibuat untuk bertahan dalam jangka waktu tertentu. Kita jarang menjumpai baran...

SH: Ibr 10:1-10 - Bukan kurban melainkan iman (Sabtu, 5 November 2005) Bukan kurban melainkan iman Judul: Bukan kurban melainkan iman Tidak perlu menjadi orang pintar un...

SH: Ibr 10:11-18 - Dibebaskan secara sempurna (Minggu, 6 November 2005) Dibebaskan secara sempurna Judul: Dibebaskan secara sempurna Orang yang menyandarkan diri kepada H...

Utley: Ibr 10:1-10 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 10:1-10...

Utley: Ibr 10:11-18 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 10:11-18...

Topik Teologia: Ibr 10:10 - -- Yesus Kristus Bakaran Ima 1:2,4 ...

Topik Teologia: Ibr 10:11 - -- Keselamatan Kematian Kristus sebagai Tindakan Penyelamatan Kematian Kristus adalah Penebusan yang Sempurna Ajaran ...

Topik Teologia: Ibr 10:12 - -- Yesus Kristus Penggenapan Kis 2:32 ...

TFTWMS: Ibr 10:8-10 - Korban Itu Adalah Perjanjian Pertama KORBAN ITU ADALAH PERJANJIAN PERTAMA (Ibrani 10:8-10) 8 Di atas Ia ...

TFTWMS: Ibr 10:1-10 - Kedudukan Korban Kedudukan Korban (Ibrani 10:1-10) Sifat tidak memadai korban hewan ...

TFTWMS: Ibr 10:11-18 - Dikuduskan Oleh Kristus Dikuduskan Oleh Kristus (Ibrani 10:11-18) Setelah menekankan ketid...

TFTWMS: Ibr 10:11-12 - Kristus, Tuhan Kita Yang Duduk KRISTUS, TUHAN KITA YANG DUDUK (Ibrani 10:11, 12) 11 Selanjutnya s...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Disebutkan Tema : Perjanjian yang Lebih Baik Tanggal P...

Full Life: Ibrani (Garis Besar) Garis Besar I. Argumentasi: Kristus dan Iman Kristen Lebih Unggul daripada Agama Orang...

Matthew Henry: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Mengenai surat kerasulan ini kita harus mengadakan penyelidikan atas, ...

Jerusalem: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus ...

Ende: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT KEPADA ORANG-ORANG IBRANI KATA PENGANTAR Kepada siapakah surat ini ditudjukan Djudul surat ini "Kep...

Hagelberg: Ibrani (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Latar Belakang Selain orang-orang Yahudi yang tinggal di Israel, ada ya...

Hagelberg: Ibrani (Garis Besar) GARIS BESAR ibrani I. Pendahuluan (...

Hagelberg: Ibrani DAFTAR PUSTAKA ibrani Daftar Kepustakaan Hodges, Zane, bahan kuliah dari Greek 225, "Epistle t...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) APA YANG PENGUDUSAN BOLEHKAN (Ibrani 10:10) Tanpa pengudusan, orang tidak d...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) PASUKAN SUKARELA (Ibrani 10:8-10) "Kapten" (...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Ringkasan Ibrani 9:16-10:39 Dengan mempelajari bagian ini, ...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) KHOTBAH DALAM KHOTBAH (Ibrani 10:1-18) Penulis Ibrani sedang meninj...

TFTWMS: Ibrani (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Neil R. Lightfoot, Jesus Christ Today: A Commentary on the Book of Hebrews (Grand Rapid...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) BERDIRI, TIDAK DUDUK (Ibrani 10:11, 12) Tidak ada yang duduk di ha...

TFTWMS: Ibrani (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Gareth L. Reese, A Critical and Exegetical Commentary on the Epistle to the Hebrews (Mo...

BIS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT KEPADA ORANG IBRANI PENGANTAR Surat Kepada Orang Ibrani ini ditujukan kepada sekelompok orang Kristen, y...

Ajaran: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti pokok-pokok ajaran dari Kitab Ibrani, dan mempraktekkannya dalam kehidupan...

Intisari: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Kabar baik tentang hal-hal yang lebih baik SIAPA PENULIS SURAT IBRANI?Kita sama sekali tidak tahu siapa penulis surat Ibr...

Garis Besar Intisari: Ibrani (Pendahuluan Kitab) [1] PUTRA ALLAH: LEBIH TINGGI DARIPADA PARA MALAIKAT Ibr 1:1-2:18...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #07: Klik ikon untuk mendengarkan pasal yang sedang Anda tampilkan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.10 detik
dipersembahkan oleh YLSA