kecilkan semua  

Teks -- Galatia 2:1-21 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Paulus diakui oleh para rasul
2:1 Kemudian setelah lewat empat belas tahun, aku pergi pula ke Yerusalem dengan Barnabas dan Tituspun kubawa juga. 2:2 Aku pergi berdasarkan suatu penyataan. Dan kepada mereka kubentangkan Injil yang kuberitakan di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi -- dalam percakapan tersendiri kepada mereka yang terpandang --, supaya jangan dengan percuma aku berusaha atau telah berusaha. 2:3 Tetapi kendatipun Titus, yang bersama-sama dengan aku, adalah seorang Yunani, namun ia tidak dipaksa untuk menyunatkan dirinya. 2:4 Memang ada desakan dari saudara-saudara palsu yang menyusup masuk, yaitu mereka yang menyelundup ke dalam untuk menghadang kebebasan kita yang kita miliki di dalam Kristus Yesus, supaya dengan jalan itu mereka dapat memperhambakan kita. 2:5 Tetapi sesaatpun kami tidak mau mundur dan tunduk kepada mereka, agar kebenaran Injil dapat tinggal tetap pada kamu. 2:6 Dan mengenai mereka yang dianggap terpandang itu -- bagaimana kedudukan mereka dahulu, itu tidak penting bagiku, sebab Allah tidak memandang muka -- bagaimanapun juga, mereka yang terpandang itu tidak memaksakan sesuatu yang lain kepadaku. 2:7 Tetapi sebaliknya, setelah mereka melihat bahwa kepadaku telah dipercayakan pemberitaan Injil untuk orang-orang tak bersunat, sama seperti kepada Petrus untuk orang-orang bersunat 2:8 -- karena Ia yang telah memberikan kekuatan kepada Petrus untuk menjadi rasul bagi orang-orang bersunat, Ia juga yang telah memberikan kekuatan kepadaku untuk orang-orang yang tidak bersunat. 2:9 Dan setelah melihat kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, maka Yakobus, Kefas dan Yohanes, yang dipandang sebagai sokoguru jemaat, berjabat tangan dengan aku dan dengan Barnabas sebagai tanda persekutuan, supaya kami pergi kepada orang-orang yang tidak bersunat dan mereka kepada orang-orang yang bersunat; 2:10 hanya kami harus tetap mengingat orang-orang miskin dan memang itulah yang sungguh-sungguh kuusahakan melakukannya.
Paulus bertentangan dengan Petrus
2:11 Tetapi waktu Kefas datang ke Antiokhia, aku berterang-terang menentangnya, sebab ia salah. 2:12 Karena sebelum beberapa orang dari kalangan Yakobus datang, ia makan sehidangan dengan saudara-saudara yang tidak bersunat, tetapi setelah mereka datang, ia mengundurkan diri dan menjauhi mereka karena takut akan saudara-saudara yang bersunat. 2:13 Dan orang-orang Yahudi yang lainpun turut berlaku munafik dengan dia, sehingga Barnabas sendiri turut terseret oleh kemunafikan mereka. 2:14 Tetapi waktu kulihat, bahwa kelakuan mereka itu tidak sesuai dengan kebenaran Injil, aku berkata kepada Kefas di hadapan mereka semua: "Jika engkau, seorang Yahudi, hidup secara kafir dan bukan secara Yahudi, bagaimanakah engkau dapat memaksa saudara-saudara yang tidak bersunat untuk hidup secara Yahudi?"
Yang terutama, juga untuk orang Kristen keturunan Yahudi
2:15 Menurut kelahiran kami adalah orang Yahudi dan bukan orang berdosa dari bangsa-bangsa lain. 2:16 Kamu tahu, bahwa tidak seorangpun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kamipun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: "tidak ada seorangpun yang dibenarkan" oleh karena melakukan hukum Taurat. 2:17 Tetapi jika kami sendiri, sementara kami berusaha untuk dibenarkan dalam Kristus ternyata adalah orang-orang berdosa, apakah hal itu berarti, bahwa Kristus adalah pelayan dosa? Sekali-kali tidak. 2:18 Karena, jikalau aku membangun kembali apa yang telah kurombak, aku menyatakan diriku sebagai pelanggar hukum Taurat. 2:19 Sebab aku telah mati oleh hukum Taurat untuk hukum Taurat, supaya aku hidup untuk Allah. Aku telah disalibkan dengan Kristus; 2:20 namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku. 2:21 Aku tidak menolak kasih karunia Allah. Sebab sekiranya ada kebenaran oleh hukum Taurat, maka sia-sialah kematian Kristus.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Antiokhia a city in Syria located 15 miles inland from the Mediterranean Sea on the Orontes River,a principal city of the province of Pisidia in Asia Minor, west of Iconium.
 · Barnabas a man who was Paul's companion on several of his journeys
 · Kefas a nickname for Simon, son of John
 · Petrus a man who was a leader among the twelve apostles and wrote the two epistles of Peter
 · Titus a Christian Greek man who accompanied Paul and was left in Crete to settle the churches there
 · wilayah bangsa-bangsa lain a non-Jewish person
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yakobus a son of Zebedee; brother of John; an apostle,a son of Alpheus; an apostle,a brother of Jesus; writer of the epistle of James,the father (or brother) of the apostle Judas
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yohanes a son of Zebedee; younger brother of James; the beloved disciple of Christ,a relative of Annas the high priest,a son of Mary the sister of Barnabas, and surnamed Mark,the father of Simon Peter
 · Yunani the language used by the people of Greece


Topik/Tema Kamus: Paulus | Yakobus | Petrus | Barnabas | Sunat | Benar Kebenaran Di Hadapan Allah | Titus | Gembala, Surat-Surat ~G/Pastoral) | Iman | Injil | Benar, Kebenaran Rohani | Orang Bukan Yahudi | Cari, Mencari Allah | Hidup Rohani | Yohanes | Mati, Kematian Kristus | Merdeka, Kemerdekaan Kristen | Orang Miskin | Sekutu, Persekutuan Dengan | Tiang | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Galilah , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Gal 2:5 - SESAATPUN KAMI TIDAK MAU MUNDUR DAN TUNDUK KEPADA MEREKA. Nas : Gal 2:5 Paulus bersikap toleran dan sabar terhadap banyak hal (bd. 1Kor 13:4-7), tetapi tegar dalam hal "kebenaran Injil". Penyataan yang dit...

Nas : Gal 2:5

Paulus bersikap toleran dan sabar terhadap banyak hal (bd. 1Kor 13:4-7), tetapi tegar dalam hal "kebenaran Injil". Penyataan yang diterimanya dari Kristus (Gal 1:12) adalah satu-satunya Injil yang memiliki kuasa untuk menyelamatkan semua orang yang percaya (Rom 1:16). Paulus memahami bahwa Injil ini sama sekali tidak boleh berkompromi demi kedamaian, kesatuan atau pendapat mutakhir. Kemuliaan Kristus dan keselamatan orang yang terhilang itu dipertaruhkan. Dewasa ini, kalau kita meniadakan satu bagian dari Injil menurut penyataan PB, kita mulai merusakkan satu-satunya amanat yang menyelamatkan kita dari kebinasaan abadi (bd. Mat 18:6).

Full Life: Gal 2:6 - ALLAH TIDAK MEMANDANG MUKA. Nas : Gal 2:6 Allah tidak pernah pilih kasih terhadap orang berdasarkan keturunan, reputasi, kedudukan atau prestasinya (bd. Im 19:15; Ul 10:17; Ay...

Nas : Gal 2:6

Allah tidak pernah pilih kasih terhadap orang berdasarkan keturunan, reputasi, kedudukan atau prestasinya (bd. Im 19:15; Ul 10:17; Ayub 34:19; Kis 10:34; Ef 6:9).

  1. 1) Allah melihat dan menilai hati, yaitu bagian batin seorang, dan Ia menyenangi mereka yang hatinya sungguh-sungguh berpaling kepada-Nya dalam kasih, iman, dan kekudusan (bd. 1Sam 16:7; Mat 23:28; Luk 16:15; Yoh 7:24; 2Kor 10:7;

    lihat cat. --> 1Kor 13:1).

    [atau ref. 1Kor 13:1]

  2. 2) Demikianlah, Allah tidak lebih memperhatikan kasih, persekutuan, dan doa orang yang terpelajar daripada yang tidak terpelajar, yang kaya lebih daripada yang miskin, yang berkuasa daripada yang lemah; prinsip abadi Allah ialah bahwa Dia menerima "setiap orang dari bangsa manapun yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran" (Kis 10:35).

Full Life: Gal 2:10 - MENGINGAT ORANG-ORANG MISKIN. Nas : Gal 2:10 Tema yang disebut berkali-kali dalam Alkitab adalah pentingnya menolong orang miskin (Kel 23:10-11; Ul 15:7-11; Yer 22:16; Am 2:6-7;...

Nas : Gal 2:10

Tema yang disebut berkali-kali dalam Alkitab adalah pentingnya menolong orang miskin (Kel 23:10-11; Ul 15:7-11; Yer 22:16; Am 2:6-7; Mat 6:2-4; Yoh 13:29). Di sekitar kita senantiasa akan ada orang yang memerlukan bantuan. Orang miskin, khususnya "kawan-kawan kita seiman" (Gal 6:10) memerlukan bantuan jasmaniah dan doa kita

(lihat art. PEMELIHARAAN ORANG MISKIN DAN MELARAT).

Full Life: Gal 2:11 - AKU BERTERANG-TERANG MENENTANGNYA. Nas : Gal 2:11 Siapa pun gembala atau pimpinan rohani yang bersalah atau munafik (ayat Gal 2:13) harus dilawan dan ditegur (bd. 1Tim 5:20). Ini har...

Nas : Gal 2:11

Siapa pun gembala atau pimpinan rohani yang bersalah atau munafik (ayat Gal 2:13) harus dilawan dan ditegur (bd. 1Tim 5:20). Ini harus dilakukan tanpa pilih kasih; bahkan orang yang terkemuka seperti rasul Petrus, yang dipakai Tuhan dengan luar biasa, memerlukan teguran membangun (ayat Gal 2:11-17; bd. 1Tim 5:20-21). Alkitab menunjukkan bahwa Petrus menyadari kesalahannya dan menerima teguran Paulus dengan rendah hati dan sikap menyesal. Kemudian hari, ia menyebut Paulus "saudara kita yang kekasih" (2Pet 3:15).

Full Life: Gal 2:12 - TAKUT AKAN SAUDARA-SAUDARA YANG BERSUNAT. Nas : Gal 2:12 "Saudara-saudara yang bersunat" adalah orang Kristen Yahudi, khususnya dalam jemaat di Yerusalem, yang percaya bahwa tanda sunat dar...

Nas : Gal 2:12

"Saudara-saudara yang bersunat" adalah orang Kristen Yahudi, khususnya dalam jemaat di Yerusalem, yang percaya bahwa tanda sunat dari PL masih diperlukan untuk semua orang percaya dari perjanjian yang baru. Mereka juga mengajar bahwa orang Kristen Yahudi tidak boleh makan bersama-sama dengan orang percaya bukan Yahudi yang tidak mengikuti kebiasaan dan peraturan makanan orang Yahudi. Walaupun Petrus mengetahui bahwa Allah menerima orang percaya bukan Yahudi tanpa sikap memihak (Kis 10:34-35), dia menyangkal keyakinannya sendiri karena takut kecaman dan kemungkinan kehilangan kekuasaan di gereja Yerusalem. Pengunduran dirinya dari meja persekutuan dengan orang Kristen bukan Yahudi mendukung kesalahpahaman bahwa ada dua tubuh Kristus -- Yahudi dan bukan Yahudi.

Full Life: Gal 2:16 - DIBENARKAN ... OLEH KARENA IMAN. Nas : Gal 2:16 Di sini Paulus membahas pertanyaan bagaimana orang berdosa dapat dibenarkan, yaitu diampuni dosanya, diterima oleh Allah dan memilik...

Nas : Gal 2:16

Di sini Paulus membahas pertanyaan bagaimana orang berdosa dapat dibenarkan, yaitu diampuni dosanya, diterima oleh Allah dan memiliki hubungan yang benar dengan-Nya. Hal itu tidak akan terjadi dengan "melakukan hukum Taurat," tetapi oleh iman yang hidup dalam Kristus Yesus

(lihat art. KATA-KATA ALKITABIAH UNTUK KESELAMATAN).

Full Life: Gal 2:19 - AKU TELAH MATI ... UNTUK HUKUM TAURAT. Nas : Gal 2:19 Teks : Lihat cat. --> Rom 7:4 [atau ref. Rom 7:4] mengenai arti mati terhadap hukum Taurat; lih...

Nas : Gal 2:19

Teks :

Lihat cat. --> Rom 7:4

[atau ref. Rom 7:4]

mengenai arti mati terhadap hukum Taurat;

lihat cat. --> Mat 5:17

[atau ref. Mat 5:17]

mengenai hubungan orang percaya dengan hukum Taurat;

lihat art. HUKUM PERJANJIAN LAMA.

Full Life: Gal 2:19 - AKU TELAH DISALIBKAN DENGAN KRISTUS. Nas : Gal 2:19 Paulus menggambarkan hubungannya dengan Kristus dari segi kasih sayang pribadi yang mendalam dan ketergantungan kepada Tuhannya. Mer...

Nas : Gal 2:19

Paulus menggambarkan hubungannya dengan Kristus dari segi kasih sayang pribadi yang mendalam dan ketergantungan kepada Tuhannya. Mereka yang beriman kepada Kristus hidup dalam kesatuan intim dengan Tuhan mereka, baik dalam kematian maupun kebangkitan-Nya.

  1. 1) Semua orang percaya telah disalibkan bersama Yesus di kayu salib. Mereka telah mati terhadap hukum Taurat sebagai jalan keselamatan dan kini hidup untuk Allah melalui Kristus (ayat Gal 2:19). Karena keselamatan dalam Kristus, dosa tidak lagi berkuasa atas mereka

    (lihat cat. --> Rom 6:11;

    [atau ref. Rom 6:11]

    bd. Rom 6:4,8,14; Gal 5:24; 6:14; Kol 2:12,20).
  2. 2) Kita yang sudah disalibkan bersama Kristus kini hidup bersama Dia dalam hidup kebangkitan-Nya. Kristus dan kekuatan-Nya tinggal dalam kita, menjadi sumber segenap kehidupan kita dan pusat semua pikiran, perkataan, dan perbuatan kita (Yoh 15:1-6; Ef 3:17). Hidup kebangkitan Yesus terus-menerus disalurkan kepada kita melalui Roh Kudus (Yoh 16:13-14; Rom 8:10-11).
  3. 3) Keikutsertaan kita dalam kematian dan kebangkitan Kristus terjadi oleh iman, yaitu keyakinan yang kokoh, kasih, pengabdian, dan kesetiaan kita kepada Anak Allah yang mengasihi kita dan menyerahkan diri-Nya untuk kita (bd. Yoh 3:16;

    lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).

    Hidup beriman ini dapat dilihat sebagai hidup oleh Roh (Gal 3:3; Gal 5:25; bd. Rom 8:9-11).

Full Life: Gal 2:21 - KEBENARAN. Nas : Gal 2:21 Pengertian Paulus mengenai pembenaran (ayat Gal 2:16-17) dan kebenaran meliputi lebih daripada sekadar suatu pernyataan yang sah ole...

Nas : Gal 2:21

Pengertian Paulus mengenai pembenaran (ayat Gal 2:16-17) dan kebenaran meliputi lebih daripada sekadar suatu pernyataan yang sah oleh Allah. Kebenaran yang datang melalui iman meliputi perubahan moral (ayat Gal 2:19), kasih karunia Allah (ayat Gal 2:21), dan hubungan dengan Kristus yang membuat kita mengambil bagian dalam hidup kebangkitan-Nya (ayat Gal 2:20). Kenyataan ini diperkuat dalam Gal 3:21 di mana Paulus menjelaskan bahwa kebenaran yang datang oleh iman dalam Kristus memberikan hidup, suatu kehidupan yang dipandang sebagai menerima Roh (Gal 3:2-3,14;

lihat art. KATA-KATA ALKITABIAH UNTUK KESELAMATAN).

BIS: Gal 2:10 - justru senang justru senang: atau telah sungguh-sungguh.

justru senang: atau telah sungguh-sungguh.

Jerusalem: Gal 2:1 - empat belas tahun Terhitung mulai dengan pertobatan Paulus atau mulai dengan perjumpaannya yang terakhir dengan Petrus. Boleh jadi jangka waktu tiga tahun (Gal 1:18) da...

Terhitung mulai dengan pertobatan Paulus atau mulai dengan perjumpaannya yang terakhir dengan Petrus. Boleh jadi jangka waktu tiga tahun (Gal 1:18) dan empat belas tahun (Gal 2:1) sebenarnya hanya dua setengah dan tiga belas setengah tahun. Sebab menurut kebiasaan orang dahulu seluruh tahun-tahun turut diperhitungkan, meskipun hampir-hampir berakhir atau baru mulai.

Jerusalem: Gal 2:2 - -- Paulus tentu saja tidak menyangsikan kebenaran Injilnya. Tetapi dalam mendirikan jemaat-jemaatnya, ia tidak mau memutuskan hubungan dengan jemaat indu...

Paulus tentu saja tidak menyangsikan kebenaran Injilnya. Tetapi dalam mendirikan jemaat-jemaatnya, ia tidak mau memutuskan hubungan dengan jemaat induk di Yerusalem. Itulah sebabnya maka pengumpulan uang guna orang-orang miskin di Yerusalem dianggap sangat penting, bdk 1Ko 16:1+; lihat juga Gal 2:10.

Jerusalem: Gal 2:3 - tidak dipaksa untuk menyunatkan dirinya Sehubungan dengan Timotius yang mempunyai ibu Yahudi, sikap Paulus lebih lunak, Kis 16:3; bdk 1Ko 9:20.

Sehubungan dengan Timotius yang mempunyai ibu Yahudi, sikap Paulus lebih lunak, Kis 16:3; bdk 1Ko 9:20.

Jerusalem: Gal 2:6 - yang dianggap terpandang itu Ialah keduabelas rasul

Ialah keduabelas rasul

Jerusalem: Gal 2:6 - sesuatu yang lain Sesuatu yang lain dari Injil Paulus, Gal 2:2.

Sesuatu yang lain dari Injil Paulus, Gal 2:2.

Jerusalem: Gal 2:9 - Yakobus, Kefas dan Yohanes Var: Yakobus, Petrus dan Yohanes. Var lain: Yakobus dan Yohanes

Var: Yakobus, Petrus dan Yohanes. Var lain: Yakobus dan Yohanes

Jerusalem: Gal 2:9 - supaya kami pergi ... dan mereka ... pembagian ini lebih bersifat pembagian wilayah kerja dari pada pembagian bangsa-bangsa. "Orang-orang yang bersunat" terutama orang-orang Yahudi di dae...

pembagian ini lebih bersifat pembagian wilayah kerja dari pada pembagian bangsa-bangsa. "Orang-orang yang bersunat" terutama orang-orang Yahudi di daerah Palestina. Sebab Paulus sendiri selalu lebih dahulu menghadapi orang Yahudi untuk mewartakan Injil kepada mereka, Kis 13:5+.

Jerusalem: Gal 2:11 - sebab ia salah Pada dirinya kelakuan Petrus itu dapat dibenarkan. Paulus sendiri ada kalanya berlaku demikian juga, Kis 16:3; 21:26; 1Ko 8:13; Rom 14:21; bdk 1Ko 9:2...

Pada dirinya kelakuan Petrus itu dapat dibenarkan. Paulus sendiri ada kalanya berlaku demikian juga, Kis 16:3; 21:26; 1Ko 8:13; Rom 14:21; bdk 1Ko 9:20. Hanya dalam situasi di Antiokhia itu ada kesan seolah-olah hanya orang-orang Yahudi yang menepati hukum Taurat sajalah orang Kristen sejati. Dan kelakuan Petrus dalam situasi itu dapat mengakibatkan munculnya dua jemaat terpisah, bahkan juga dalam perayaan perjamuan Ekaristi. Terlebih kelakuan Petrus itu "menyembunyikan" pendapatnya yang sebenarnya, Gal 2:13, pada hal semestinya dinyatakan dengan terus terang.

Jerusalem: Gal 2:12 - saudara-saudara yang tidak bersunat Harafiah: bangsa-bangsa lain; yaitu orang-orang Kristen bekas kafir, bdk Gal 2:14

Harafiah: bangsa-bangsa lain; yaitu orang-orang Kristen bekas kafir, bdk Gal 2:14

Jerusalem: Gal 2:12 - saudara-saudara yang bersunat Harafiah: dari yang bersunat. Maksudnya orang-orang Yahudi yang masuk Kristen. Mereka sama dengan "orang-orang Yahudi" dalam Gal 2:13.

Harafiah: dari yang bersunat. Maksudnya orang-orang Yahudi yang masuk Kristen. Mereka sama dengan "orang-orang Yahudi" dalam Gal 2:13.

Jerusalem: Gal 2:13 - orang-orang Yahudi Ialah orang-orang Kristen keturunan Yahudi. Mereka juga disebut "saudara-saudara yang bersunat", Gal 2:12.

Ialah orang-orang Kristen keturunan Yahudi. Mereka juga disebut "saudara-saudara yang bersunat", Gal 2:12.

Jerusalem: Gal 2:15-21 - -- Bagian ini lebih-lebih ditujukan kepada orang-orang Kristen yang ke-Yahudi-an, terutama di daerah Galatia, dan bukanlah kepada Petrus.

Bagian ini lebih-lebih ditujukan kepada orang-orang Kristen yang ke-Yahudi-an, terutama di daerah Galatia, dan bukanlah kepada Petrus.

Jerusalem: Gal 2:15 - orang berdosa dari bangsa-bangsa lain Ungkapan ini berupa ironi yang halus. Sebenarnya Paulus tidak pernah menyangkal adanya keistimewaan-keistimewaan bangsa Yahudi, Rom 1:16; 3:1; 9:4-5, ...

Ungkapan ini berupa ironi yang halus. Sebenarnya Paulus tidak pernah menyangkal adanya keistimewaan-keistimewaan bangsa Yahudi, Rom 1:16; 3:1; 9:4-5, walaupun mereka untuk sementara waktu tidak sampai percaya, Rom 11:12, dst.

Jerusalem: Gal 2:17 - orang-orang berdosa Yaitu oleh karena tidak menaati hukum Taurat.

Yaitu oleh karena tidak menaati hukum Taurat.

Jerusalem: Gal 2:19 - aku telah mati ... untuk hukum Taurat Ungkapan yang pendek padat ini diartikan dengan macam-macam cara. Dapat diartikan: oleh karena disalibkan bersama dengan Kristus, maka orang Kristen b...

Ungkapan yang pendek padat ini diartikan dengan macam-macam cara. Dapat diartikan: oleh karena disalibkan bersama dengan Kristus, maka orang Kristen bersama dengan Kristus dan di dalam Dia sudah mati bagi hukum Taurat, bdk Rom 7:1 dst, oleh karena hukum Taurat itu sendiri yang menjatuhkan hukuman mati, Gal 3:13; lalu orang Kristen menjadi penyerta dalam hidup Kristus yang dibangkitkan, Rom 6:4-10; 7:4-6 serta catatannya. Sementara ahli lain mengartikan kalimat itu: Orang Kristen meninggalkan hukum Taurat justru untuk mentaati Perjanjian Lama, Gal 3:19,24; Rom 10:4; atau: Orang Kristen telah mati untuk hukum Taurat, supaya mentaati hukum lain, yakni hukum iman atau hukum Roh Kudus, Rom 8:2.

Jerusalem: Gal 2:20 - Kristus yang hidup di dalam aku Oleh karena iman, Rom 1:16, Kristus sendiri entah bagaimanapun juga menjadi pelaku segala perbuatan hidup Kristen, Rom 8:2,10-11+; Fili 1:21; bdk Kol ...

Oleh karena iman, Rom 1:16, Kristus sendiri entah bagaimanapun juga menjadi pelaku segala perbuatan hidup Kristen, Rom 8:2,10-11+; Fili 1:21; bdk Kol 3:3+

Jerusalem: Gal 2:20 - di dalam daging Meskipun masih "di dalam daging", Rom 7:5+, namun hidup seorang Kristen sudah "dirohanikan" berkat iman, bdk Efe 3:17. Mengenai keadaan yang tegang it...

Meskipun masih "di dalam daging", Rom 7:5+, namun hidup seorang Kristen sudah "dirohanikan" berkat iman, bdk Efe 3:17. Mengenai keadaan yang tegang itu, bdk Rom 8:18-27

Jerusalem: Gal 2:20 - oleh iman dalam Anak Allah Var: oleh iman dalam Allah dan dalam Kristus.

Var: oleh iman dalam Allah dan dalam Kristus.

Jerusalem: Gal 2:21 - tidak menolak kasih-karunia Allah Yaitu dengan kembali kepada Hukum Taurat, bdk Gal 3:17.

Yaitu dengan kembali kepada Hukum Taurat, bdk Gal 3:17.

Ende: Gal 2:1 - Empatbelas tahun Tidak terang apakah itu terhitung, dari ketika bertobatnja atau kundjungannja ke Jerusalem jang diberitakan dalam Gal 1:18. Dan dianggap, bahwa keperg...

Tidak terang apakah itu terhitung, dari ketika bertobatnja atau kundjungannja ke Jerusalem jang diberitakan dalam Gal 1:18. Dan dianggap, bahwa kepergian ini samalah dengan perdjalanan jang ditjeritakan dalam Kis 15:2-4.

Ende: Gal 2:2 - Jang dianggap berwenang jang oleh pengandjur-pengandjur Jahudi dinamakan rasul sedjati dan resmi, dan memang merupakan putjuk pimpinan umat induk di Jerusalem, jaitu Jakobus ...

jang oleh pengandjur-pengandjur Jahudi dinamakan rasul sedjati dan resmi, dan memang merupakan putjuk pimpinan umat induk di Jerusalem, jaitu Jakobus sebagai uskup Jerusalem, lagipun Petrus dan Joanes.

Ende: Gal 2:3 - -- "Berlari". Paulus gemar mengandjurkan kegiatan dalam agama dengan menggunakan kiasan-kiasan dari dunia olah-raga. Menempuh djalan menudju kesempurnaan...

"Berlari". Paulus gemar mengandjurkan kegiatan dalam agama dengan menggunakan kiasan-kiasan dari dunia olah-raga. Menempuh djalan menudju kesempurnaan hidup dan hidup abadi dinamakan "berdjalan", kalau ditempuh dengan lebih giat dan bersemangat, digunakannja istilah "berlari" atau "berlumba".

Ende: Gal 2:4 - Saudara-saudara palsu jang bukan sadja adjaran dan andjuran-andjurannja palsu, tetapi tidak djudjur djuga.

jang bukan sadja adjaran dan andjuran-andjurannja palsu, tetapi tidak djudjur djuga.

Ende: Gal 2:4 - Kebebasan kita kebebasan dari persunatan dan penganutan hukum Jahudi dengan segala larangan dan ketentuan-ketentuannja jang pitjik dan tak berguna.

kebebasan dari persunatan dan penganutan hukum Jahudi dengan segala larangan dan ketentuan-ketentuannja jang pitjik dan tak berguna.

Ende: Gal 2:4 - Memperbudakkan jaitu memaksa "anak-anak Allah" mendjadi hamba hukum Jahudi.

jaitu memaksa "anak-anak Allah" mendjadi hamba hukum Jahudi.

Ende: Gal 2:5 - Kebenaran Indjil jang dimaksudkan disini, ialah "kebebasan dalam Kristus".

jang dimaksudkan disini, ialah "kebebasan dalam Kristus".

Ende: Gal 2:6 - Tidak mewadjibkan apa-apa jaitu tidak suatupun perubahan pada "Indjil"nja. Ada jang menterdjemahkan: tidak menambahkan apa-apa.

jaitu tidak suatupun perubahan pada "Indjil"nja. Ada jang menterdjemahkan: tidak menambahkan apa-apa.

Ende: Gal 2:7-9 - Mengulurkan tangannja rela berdjabat tangan sebagai tanda persetudjuan dan pengakuan, bahwa Paulus rasul sedjati, sederadjat dan seberwenang dengan mereka. Pembagian pekerd...

rela berdjabat tangan sebagai tanda persetudjuan dan pengakuan, bahwa Paulus rasul sedjati, sederadjat dan seberwenang dengan mereka.

Pembagian pekerdjaan kerasulan jang ditentukan dalam Gal 2:9, bukan dimaksudkan sebagai mutlak. Disegala tempat Paulus pertama-tama pergi mengadjar didalam sinagoga-sinagoga, dan baik Petrus, maupun rasul-rasul lain, selalu berusaha mempertobatkan orang-orang bukan Jahudi djuga. Buktinja jang djelas, ialah umat Roma.

Ende: Gal 2:10 - Kaum miskin Orang Galatia sudah tahu, siapa jang dimaksudkan, jaitu orang-orang miskin didalam umat-induk di Jerusalem. Pendermaan itu terutama dianggap sebagai t...

Orang Galatia sudah tahu, siapa jang dimaksudkan, jaitu orang-orang miskin didalam umat-induk di Jerusalem. Pendermaan itu terutama dianggap sebagai tanda persatuan antara sekalian umat dan chususnja dengan umat induk itu. Maksud itu sangat ditekankan Paulus dalam mengandjurkan pendermaan itu. Batjalah 2Ko 9:13-14.

Ende: Gal 2:11-14 - -- Peristiwa ini tentu sadja diadjukan Paulus, pertama-tama untuk membuktikan bahwa Petrus, meskipun pernah bersikap mendua, namun sependapat dengannja. ...

Peristiwa ini tentu sadja diadjukan Paulus, pertama-tama untuk membuktikan bahwa Petrus, meskipun pernah bersikap mendua, namun sependapat dengannja. Ketjaman jang agak tadjam menjatakan kegelisahan dan kesungguhan Paulus, sebab takutnja, kalau-kalau teladan Petrus dan orang Jahudi lainnja, chususnja Barnabas, meragu-ragukan dan menggelisahkan umat-umat jang seperti Antiochia sebagian besar terdiri dari orang-orang bekas penjembah dewa-dewa. Sikap itu merusakkan djuga perasaan persaudaraan dan kesatuan umat.

Ende: Gal 2:11 - Kefas Demikian bunjinja nama djulukan dalam bahasa Aramea jang diberikan Jesus kepada "Simon" (Mat 16:18), terdjemahannja dalam bahasa Junani "Petros" atau ...

Demikian bunjinja nama djulukan dalam bahasa Aramea jang diberikan Jesus kepada "Simon" (Mat 16:18), terdjemahannja dalam bahasa Junani "Petros" atau "Petra" (batu).

Ende: Gal 2:12 - Dari lingkungan Jakobus Aslinja "dari Jakobus", tetapi itu tidak berarti, bahwa mereka dikirim oleh Jakobus. Itu sudah bertentangan dengan sikap Jakobus dalam Kis 15:24. Mere...

Aslinja "dari Jakobus", tetapi itu tidak berarti, bahwa mereka dikirim oleh Jakobus. Itu sudah bertentangan dengan sikap Jakobus dalam Kis 15:24. Mereka adalah anggota umat Jerusalem jang dipimpin oleh Jakobus, dan dalam umat itu masih banjak orang segan melepaskan diri dari hukum dan adat-istiadat Jahudi.

Ende: Gal 2:12 - Makan semedja Bagi orang Jahudi terlarang keras makan bersama dengan orang-orang takbersunat, sebab orang ini sendiri dan makanan mereka dianggap "nadjis".

Bagi orang Jahudi terlarang keras makan bersama dengan orang-orang takbersunat, sebab orang ini sendiri dan makanan mereka dianggap "nadjis".

Ende: Gal 2:12 - Sebab takut Tentu sadja bukan sebab ia takut dihardik, melainkan sebab ia tidak mau menjinggung perasaan pendatang-pendatang itu.

Tentu sadja bukan sebab ia takut dihardik, melainkan sebab ia tidak mau menjinggung perasaan pendatang-pendatang itu.

Ende: Gal 2:14 - Terhadap kebenaran Indjil Segi kebenaran jang dimaksudkan disini diuraikan dalam fasal berikut.

Segi kebenaran jang dimaksudkan disini diuraikan dalam fasal berikut.

Ende: Gal 2:14 - Bangsa-bangsa penjembah dewa-dewa Kami mengelakkan pemakaian kata "kafir" (kufur) sebab mengandung tjorak penghinaan dalam pemakaian umum. Bunjinja terlalu kasar dalam mulut Paulus jan...

Kami mengelakkan pemakaian kata "kafir" (kufur) sebab mengandung tjorak penghinaan dalam pemakaian umum. Bunjinja terlalu kasar dalam mulut Paulus jang tentu hormat terhadap bangsa-bangsa jang diserahkan pertobatannja kepadanja, dan anggota-anggota umat-umat jang bekas penjembah dewa-dewa itu.

Ende: Gal 2:15 - -- Benar djuga kalimat ini. Bdl. Rom 9:4-5. Tetapi disini sangat bertjorak sindiran terhadap orang-orang Jahudi, para pengandjur palsu, jang masih memand...

Benar djuga kalimat ini. Bdl. Rom 9:4-5. Tetapi disini sangat bertjorak sindiran terhadap orang-orang Jahudi, para pengandjur palsu, jang masih memandang saudara-saudara takbersunat sebagai tidak sederadjat dengan mereka, malah sebagai "nadjis".

Ende: Gal 2:16 - -- Apa jang dikatakan Paulus disini dengan ringkas, akan mendjadi atjara utama suratnja kepada umat Roma.

Apa jang dikatakan Paulus disini dengan ringkas, akan mendjadi atjara utama suratnja kepada umat Roma.

Ende: Gal 2:16 - Dibenarkan Tentang istilah "kebenaran" dan "membenarkan" batjalah uraian Kata Pendahuluan II, fasal 3, halaman 536 (tjetakan V 1968).

Tentang istilah "kebenaran" dan "membenarkan" batjalah uraian Kata Pendahuluan II, fasal 3, halaman 536 (tjetakan V 1968).

Ende: Gal 2:16 - Hukum dalam surat-surat Paulus hampir selalu berarti hukum taurat atau hukum Jahudi dengan segala ketentuan adat-istiadat. Batjalah uraian Kata Pendahuluan ...

dalam surat-surat Paulus hampir selalu berarti hukum taurat atau hukum Jahudi dengan segala ketentuan adat-istiadat. Batjalah uraian Kata Pendahuluan II fasal 9 halaman 547 (tjetakan V 1968).

Ende: Gal 2:17-18 - -- Kedua kalimat padat dan agak kabur ini dapat ditafsirkan barangkali seperti berikut:

Kedua kalimat padat dan agak kabur ini dapat ditafsirkan barangkali seperti berikut:

Ende: Gal 2:17-18 - Masih berdosa masih berdosa, sebab belum tjukup dibenarkan oleh kepertjajaan dan permandian, kalau untuk dibenarkan perlu lagi disunat dan mengamalkan hukum taurat....

masih berdosa, sebab belum tjukup dibenarkan oleh kepertjajaan dan permandian, kalau untuk dibenarkan perlu lagi disunat dan mengamalkan hukum taurat. Lagi pula saudara-saudara Jahudi, termasuk pengandjur-pengandjur palsu sendiri, jang pertjaja dan mengandjurkan, bahwa penganutan hukum perlu untuk diselamatkan, dengan itu mengakui, bahwa mereka mendjadi orang berdosa (pelanggar), dengan bertobat kepada Kristus dan dengan itu keluar dari lingkungan hukum taurat. Demikian pula saudara-saudara bukan Jahudi jang mempertjajai dan mengikuti pengandjur-pengandjur palsu itu, mengakui bahwa mereka pun belum dibenarkan sepenuhnja oleh permandian dan sebab itu masih orang berdosa.

Lain dari itu, semua mereka itu menjatakan, seolah-olah Kristus telah menipu mereka, dan menjebabkan mereka berdosa, dengan mengadjar bahwa hukum taurat telah dibatalkan.

Ende: Gal 2:19 - -- Oleh karena hukum aku telah terhadap hukum". "Oleh karena hukum" dapat ditafsirkan: penjelidikan buku-buku Perdjandjian Lama telah mejakinkan Paulus, ...

Oleh karena hukum aku telah terhadap hukum". "Oleh karena hukum" dapat ditafsirkan: penjelidikan buku-buku Perdjandjian Lama telah mejakinkan Paulus, dan sebenarnja harus mejakinkan tiap-tiap orang Jahudi, bahwa nubuat-nubuat Perdjandjian Lama telah dipenuhi dalam Jesus, lagi bahwa tugas Perdjandjian Lama sudah selesai dan diganti dengan hukum Indjil. Lain tafsiran lagi, berhubung dengan kalimat "aku telah disalibkan bersama dengan Kristus", ialah: Kristus dihukum mati berdasarkan (pura-pura berdasarkan) tuntutan-tuntutan hukum taurat. Dengan itu Ia sebenarnja dikeluarkan (dikutjilkan) dari lingkungan hukum taurat, djadi lepas dari padanja. Demikian halnja Paulus dan sekalian orang Jahudi jang pertjaja akan Kristus dan dalam permandian turut mati (disalibkan) denganNja. Bdl. Rom 7:1-4.

Ende: Gal 2:20 - Bukan aku sendiri jang hidup dll Artinja dalam segala pikiran dan tindakan aku semata-mata dan melulu didjiwai tjita-tjita Kristus, dan hidup bagi Kristus.

Artinja dalam segala pikiran dan tindakan aku semata-mata dan melulu didjiwai tjita-tjita Kristus, dan hidup bagi Kristus.

Ende: Gal 2:21 - Tidak mengingkari rahmat seperti pengandjur-pengandjur palsu dan para pengikutnja. Paulus tidak mau berlagak seolah-olah rahmat Allah dan kepertjajaan akan Kristus tidak tjuku...

seperti pengandjur-pengandjur palsu dan para pengikutnja. Paulus tidak mau berlagak seolah-olah rahmat Allah dan kepertjajaan akan Kristus tidak tjukup, bukan satu-satunja sjarat keselamatan.

Ref. Silang FULL: Gal 2:1 - ke Yerusalem // dengan Barnabas // dan Tituspun · ke Yerusalem: Kis 15:2 · dengan Barnabas: Kis 4:36; Kis 4:36 · dan Tituspun: 2Kor 2:13; 2Kor 2:13

· ke Yerusalem: Kis 15:2

· dengan Barnabas: Kis 4:36; [Lihat FULL. Kis 4:36]

· dan Tituspun: 2Kor 2:13; [Lihat FULL. 2Kor 2:13]

Ref. Silang FULL: Gal 2:2 - suatu penyataan // bukan Yahudi // aku berusaha · suatu penyataan: 1Kor 2:10; 1Kor 2:10 · bukan Yahudi: Kis 15:4,12 · aku berusaha: 1Kor 9:24; 1Kor 9:24

· suatu penyataan: 1Kor 2:10; [Lihat FULL. 1Kor 2:10]

· bukan Yahudi: Kis 15:4,12

· aku berusaha: 1Kor 9:24; [Lihat FULL. 1Kor 9:24]

Ref. Silang FULL: Gal 2:3 - kendatipun Titus // seorang Yunani · kendatipun Titus: Gal 2:1; 2Kor 2:13; 2Kor 2:13 · seorang Yunani: Kis 16:3; 1Kor 9:21

· kendatipun Titus: Gal 2:1; 2Kor 2:13; [Lihat FULL. 2Kor 2:13]

· seorang Yunani: Kis 16:3; 1Kor 9:21

Ref. Silang FULL: Gal 2:4 - saudara-saudara palsu // yang menyelundup // menghadang kebebasan · saudara-saudara palsu: Kis 1:16; Kis 1:16; 2Kor 11:26 · yang menyelundup: Yud 1:4 · menghadang kebebasan: Gal 5:1,13

· saudara-saudara palsu: Kis 1:16; [Lihat FULL. Kis 1:16]; 2Kor 11:26

· yang menyelundup: Yud 1:4

· menghadang kebebasan: Gal 5:1,13

Ref. Silang FULL: Gal 2:5 - kebenaran Injil · kebenaran Injil: Gal 2:14

· kebenaran Injil: Gal 2:14

Ref. Silang FULL: Gal 2:6 - dianggap terpandang // memandang muka // memaksakan sesuatu · dianggap terpandang: Gal 2:2 · memandang muka: Kis 10:34; Kis 10:34; Wahy 2:23; Wahy 2:23 · memaksakan sesuatu: 1Kor 15:11

· dianggap terpandang: Gal 2:2

· memandang muka: Kis 10:34; [Lihat FULL. Kis 10:34]; Wahy 2:23; [Lihat FULL. Wahy 2:23]

· memaksakan sesuatu: 1Kor 15:11

Ref. Silang FULL: Gal 2:7 - telah dipercayakan // tak bersunat // kepada Petrus · telah dipercayakan: 1Tes 2:4; 1Tim 1:11 · tak bersunat: Kis 9:15; Kis 9:15 · kepada Petrus: Gal 2:9,11,14

· telah dipercayakan: 1Tes 2:4; 1Tim 1:11

· tak bersunat: Kis 9:15; [Lihat FULL. Kis 9:15]

· kepada Petrus: Gal 2:9,11,14

Ref. Silang FULL: Gal 2:8 - menjadi rasul // kekuatan kepadaku · menjadi rasul: Kis 1:25 · kekuatan kepadaku: 1Kor 1:1; 1Kor 1:1

· menjadi rasul: Kis 1:25

· kekuatan kepadaku: 1Kor 1:1; [Lihat FULL. 1Kor 1:1]

Ref. Silang FULL: Gal 2:9 - dianugerahkan kepadaku // maka Yakobus // Kefas // sebagai sokoguru // dengan Barnabas // tidak bersunat · dianugerahkan kepadaku: Rom 12:3; Rom 12:3 · maka Yakobus: Kis 15:13; Kis 15:13 · Kefas: Gal 2:7,11,14 · sebagai sokogur...

· dianugerahkan kepadaku: Rom 12:3; [Lihat FULL. Rom 12:3]

· maka Yakobus: Kis 15:13; [Lihat FULL. Kis 15:13]

· Kefas: Gal 2:7,11,14

· sebagai sokoguru: 1Tim 3:15; Wahy 3:12

· dengan Barnabas: Gal 2:1; Kis 4:36; [Lihat FULL. Kis 4:36]

· tidak bersunat: Kis 9:15; [Lihat FULL. Kis 9:15]

Ref. Silang FULL: Gal 2:10 - orang-orang miskin · orang-orang miskin: Kis 24:17; Kis 24:17

· orang-orang miskin: Kis 24:17; [Lihat FULL. Kis 24:17]

Ref. Silang FULL: Gal 2:11 - waktu Kefas // ke Antiokhia · waktu Kefas: Gal 2:7,9,14 · ke Antiokhia: Kis 11:19; Kis 11:19

· waktu Kefas: Gal 2:7,9,14

· ke Antiokhia: Kis 11:19; [Lihat FULL. Kis 11:19]

Ref. Silang FULL: Gal 2:12 - kalangan Yakobus // tidak bersunat // yang bersunat · kalangan Yakobus: Kis 15:13; Kis 15:13 · tidak bersunat: Kis 11:3 · yang bersunat: Kis 10:45; 11:2

· kalangan Yakobus: Kis 15:13; [Lihat FULL. Kis 15:13]

· tidak bersunat: Kis 11:3

· yang bersunat: Kis 10:45; 11:2

Ref. Silang FULL: Gal 2:13 - sehingga Barnabas · sehingga Barnabas: Gal 2:1; Kis 4:36; Kis 4:36

· sehingga Barnabas: Gal 2:1; Kis 4:36; [Lihat FULL. Kis 4:36]

Ref. Silang FULL: Gal 2:14 - kebenaran Injil // kepada Kefas // secara Yahudi // secara Yahudi · kebenaran Injil: Gal 2:5 · kepada Kefas: Gal 2:7,9,11 · secara Yahudi: Kis 10:28 · secara Yahudi: Gal 2:12

· kebenaran Injil: Gal 2:5

· kepada Kefas: Gal 2:7,9,11

· secara Yahudi: Kis 10:28

· secara Yahudi: Gal 2:12

Ref. Silang FULL: Gal 2:15 - Menurut kelahiran // orang berdosa · Menurut kelahiran: Fili 3:4,5 · orang berdosa: 1Sam 15:18; Luk 24:7

· Menurut kelahiran: Fili 3:4,5

· orang berdosa: 1Sam 15:18; Luk 24:7

Ref. Silang FULL: Gal 2:16 - hukum Taurat // Kristus Yesus // yang dibenarkan · hukum Taurat: Rom 3:28; Rom 3:28 · Kristus Yesus: Rom 9:30; Rom 9:30 · yang dibenarkan: Rom 3:28; Rom 3:28; Rom 4:25; Rom 4:2...

· hukum Taurat: Rom 3:28; [Lihat FULL. Rom 3:28]

· Kristus Yesus: Rom 9:30; [Lihat FULL. Rom 9:30]

· yang dibenarkan: Rom 3:28; [Lihat FULL. Rom 3:28]; Rom 4:25; [Lihat FULL. Rom 4:25]

Ref. Silang FULL: Gal 2:17 - orang-orang berdosa // Sekali-kali tidak · orang-orang berdosa: Gal 2:15 · Sekali-kali tidak: Gal 3:21

· orang-orang berdosa: Gal 2:15

· Sekali-kali tidak: Gal 3:21

Ref. Silang FULL: Gal 2:19 - hukum Taurat // untuk Allah // dengan Kristus · hukum Taurat: Rom 7:4; Rom 7:4 · untuk Allah: Rom 6:10,11,14; 2Kor 5:15 · dengan Kristus: Rom 6:6; Rom 6:6

· hukum Taurat: Rom 7:4; [Lihat FULL. Rom 7:4]

· untuk Allah: Rom 6:10,11,14; 2Kor 5:15

· dengan Kristus: Rom 6:6; [Lihat FULL. Rom 6:6]

Ref. Silang FULL: Gal 2:20 - dalam aku // Anak Allah // mengasihi aku // untuk aku · dalam aku: Rom 8:10; Rom 8:10; 1Pet 4:2 · Anak Allah: Mat 4:3; Mat 4:3 · mengasihi aku: Rom 8:37; Rom 8:37 · untuk aku: ...

· dalam aku: Rom 8:10; [Lihat FULL. Rom 8:10]; 1Pet 4:2

· Anak Allah: Mat 4:3; [Lihat FULL. Mat 4:3]

· mengasihi aku: Rom 8:37; [Lihat FULL. Rom 8:37]

· untuk aku: Gal 1:4; [Lihat FULL. Gal 1:4]

Ref. Silang FULL: Gal 2:21 - hukum Taurat · hukum Taurat: Gal 3:21

· hukum Taurat: Gal 3:21

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Gal 2:1-10 - Perjalanan Rasul Paulus ke Yerusalem; Keputusan dan Keteguhannya Di dalam pasal ini Rasul Paulus melanjutkan penjelasan yang telah ia mulai...

Matthew Henry: Gal 2:11-21 - Rasul Petrus Ditegur oleh Rasul Paulus Rasul Petrus Ditegur oleh Rasul Paulus (2:11-21) ...

SH: Gal 2:1-10 - Gereja sejati mendukung PI (Senin, 6 Juni 2005) Gereja sejati mendukung PI Gereja sejati mendukung PI Misi pengabaran Injil adalah tugas gereja. Itu s...

SH: Gal 2:1-10 - Antara kualitas dan jabatan (Senin, 22 Agustus 2011) Antara kualitas dan jabatan Judul: Antara kualitas dan jabatan Semua orang ingin diakui sesuai dengan ...

SH: Gal 2:1-10 - Pelayanan Holistis (Senin, 9 September 2019) Pelayanan Holistis Tradisi mudik biasanya terjadi ketika menjelang hari raya agama. Tiap-tiap orang ingin merayak...

SH: Gal 2:11-21 - Tolak standar ganda! (Selasa, 7 Juni 2005) Tolak standar ganda! Tolak standar ganda! Joni adalah salah seorang simpatisan Kristen yang akhirnya ...

SH: Gal 2:11-14 - Jangan kurbankan kebenaran (Selasa, 23 Agustus 2011) Jangan kurbankan kebenaran Judul: Jangan kurbankan kebenaran Rasa tidak enak terhadap orang lain terka...

SH: Gal 2:11-14 - Antara Kata dan Aksi Nyata (Selasa, 10 September 2019) Antara Kata dan Aksi Nyata Pandangan hidup manusia berbeda satu dengan yang lain. Hal yang serupa terlihat juga d...

SH: Gal 2:15-21 - Hidupku bukannya aku lagi (Rabu, 24 Agustus 2011) Hidupku bukannya aku lagi Judul: Hidupku bukannya aku lagi Paulus telah dengan tegas menegur Petrus ya...

SH: Gal 2:15-21 - Menghadirkan Kristus (Rabu, 11 September 2019) Menghadirkan Kristus Pada awal proses rehabilitasi, seorang pecandu narkoba bisa sangat menderita. Tubuh, yang te...

Utley: Gal 2:1-10 - --NASKAH NASB (UPDATED): Gal 2:1-10...

Utley: Gal 2:11-21 - --NASKAH NASB (UPDATED): Gal 2:11-21...

Galilah: Gal 2:1-10 - Injil Anugerah Didukung oleh Para Rasul Galatia 2:1-10 Sub Tema: Injil Anugerah Didukung oleh Para Rasul ...

Galilah: Gal 2:11-14 - Pengalaman Paulus Membela Injil Anugerah Galatia 2:11-14 Sub Tema: Pengalaman Paulus Membela Injil Anugerah ...

Galilah: Gal 2:15-21 - Injil Anugerah Diringkas Galatia 2:15-21 Sub Tema: Injil Anugerah Diringkas Menur...

Topik Teologia: Gal 2:4 - -- Dosa Deskripsi tentang Dosa-dosa dan Pendosa Pengudusan Pekerjaan Allah di dalam Pengudusan Kita Pen...

Topik Teologia: Gal 2:5 - -- Gereja Masalah-masalah Yang Dihadapi Gereja Masalah Teologis dalam Gereja Kesalahan-kesalahan Doktrinal ...

Topik Teologia: Gal 2:7 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Tugas Terhadap Orang Lain Pada Umumn...

Topik Teologia: Gal 2:9 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Bagian dari Tubuh Manusia sebagai Aspek Moral Kemanus...

Topik Teologia: Gal 2:10 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Menyenangkan Orang Lain (Altruisme...

Topik Teologia: Gal 2:11 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia sebagai Suatu Kesatuan Hidup Keutuhan Manusia Direpresentasikan oleh Wajah ...

Topik Teologia: Gal 2:13 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Sesama Dosa-dosa Penipuan Kemunafikan ...

Topik Teologia: Gal 2:14 - -- Keselamatan Iman yang Menyelamatkan Hubungan Iman yang Menyelamatkan dengan Perbuatan Keselamatan adalah oleh Iman...

Topik Teologia: Gal 2:15 - -- Keselamatan Iman yang Menyelamatkan Hubungan Iman yang Menyelamatkan dengan Perbuatan Keselamatan adalah oleh Iman...

Topik Teologia: Gal 2:16 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Keselamatan Keselamatan ad...

Topik Teologia: Gal 2:17 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Keselamatan Keselamatan adalah oleh Iman, Bukan Perbuatan ...

Topik Teologia: Gal 2:18 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yesus Disejajarkan dengan Allah ...

Topik Teologia: Gal 2:20 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia ...

Topik Teologia: Gal 2:21 - -- Keselamatan Keselamatan adalah Bukan Atas Dasar Perbuatan Kita Kis 15:...

TFTWMS: Gal 2:1-10 - Pertemuan Paulus Dengan Sokoguru Jerusalem PERTEMUAN PAULUS DENGAN SOKOGURU JERUSALEM (Galatia 2:1-10) 1 Kemudi...

TFTWMS: Gal 2:11-14 - Memaksa Orang Bukan Yahudi Untuk Hidup Seperti Orang Yahudi Memaksa Orang Bukan Yahudi Untuk Hidup Seperti Orang Yahudi (Galatia 2:11-14) ...

TFTWMS: Gal 2:15-21 - Dibenarkan Oleh Iman Kepada Kristus Dibenarkan oleh Iman kepada Kristus (Galatia 2:15-21) 15 Menurut ke...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Galatia (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Keselamatan Karena Kasih Karunia oleh Iman Tan...

Full Life: Galatia (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Gal 1:1-10) ...

Matthew Henry: Galatia (Pendahuluan Kitab) Surat Paulus ini tidak ditujukan kepada satu atau banyak jemaat di suatu k...

Galilah: Galatia (Garis Besar) Bibliografi Arichea, D. C., & Nida, E. A. A handbook on Paul’s letter to the Galatians....

Galilah: Galatia (Pendahuluan Kitab) GALILAH Surat Galatia Simon Pyatt M.Th ...

Galilah: Galatia (Pendahuluan Kitab) Pendahuluan Galatia Sangat jelas bahwa penulis dari surat Galatia ini adalah Paulus sendiri. ...

Jerusalem: Galatia (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus ...

Ende: Galatia (Pendahuluan Kitab) SURAT RASUL PAULUS KEPADA UMAT-UMAT GALATIA KATA PENGANTAR Pada perdjalanan pertama (Kis. Ras. 15:2-14:28) Paulus dan B...

TFTWMS: Galatia (Pendahuluan Kitab) PASAL 2 RIWAYAT HIDUP PAULUS MEMBELA INJIL KRISTUS (BAGIAN 2) ...

TFTWMS: Galatia (Pendahuluan Kitab) Karakter Barnabas, Bagian 1 (Galatia 2:1-10, 13) Barnabas d...

TFTWMS: Galatia (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Untuk ketiga kalinya, kata "Kemudian" (e¡peita, epeita) muncul dalam lingkup ...

TFTWMS: Galatia (Pendahuluan Kitab) Kesaksian Para Rasul dan Yesus (Galatia 2:7, 8) Para rasul sepenuhnya...

TFTWMS: Galatia (Pendahuluan Kitab) "Rahasia Kristus" (Galatia 2:11-21) Salah satu aspek pali...

BIS: Galatia (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS KEPADA JEMAAT-JEMAAT DI GALATIA PENGANTAR Setelah Kabar Baik tentang Yesus mulai diberitakan dan diterim...

Ajaran: Galatia (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti bahwa hidup sebagai orang Kristen bukanlah hidup yang di bawah atau diperi...

Intisari: Galatia (Pendahuluan Kitab) Sepucuk surat tentang Injil yang sejati MENGAPA SURAT INI DITULIS.Paulus menulis surat yang sangat penting ini, karena or...

Garis Besar Intisari: Galatia (Pendahuluan Kitab) [1] PAULUS MEMBERI SALAM KEPADA PARA PEMBACANYA Gal 1:1-5...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #15: Gunakan tautan Nomor Strong untuk mempelajari teks asli Ibrani dan Yunani. [SEMUA]
dibuat dalam 0.21 detik
dipersembahkan oleh YLSA