Teks -- Bilangan 25:6-8 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Jerusalem: Bil 20:1--25:18 - -- Bagian ini terutama memuat ceritera-ceritera. Pada pokoknya ceritera-ceritera itu berasal dari kumpulan-kumpulan tradisi yang disebut. Yahwista dan El...
Bagian ini terutama memuat ceritera-ceritera. Pada pokoknya ceritera-ceritera itu berasal dari kumpulan-kumpulan tradisi yang disebut. Yahwista dan Elohista. Kedua kumpulan itu mengangkat bahannya dari berbagai tradisi lain yang nadanya agak berbeda satu sama lain. Tradisi-tradisi itu disusun baik secara berurutan maupun dicampuradukkan. Tradisi-tradisi tua ini sukar dipisahkan secara terperinci. Pikiran pokok yang menjiwai keseluruhan ialah: Jemaat yang kudus terus maju dalam perjalanannya, kendati halangan dan rintangan yang dihadapinya.
Jerusalem: Bil 25:1-18 - -- Ceritera kuno, Bil 25:1-5, mengandaikan keadaan historis yang sama seperti yang melatarbelakangi ceritera-ceritera mengenai Bileam, bdk Bil 22:36+. Te...
Ceritera kuno, Bil 25:1-5, mengandaikan keadaan historis yang sama seperti yang melatarbelakangi ceritera-ceritera mengenai Bileam, bdk Bil 22:36+. Tempat kudus bagi Baal-Peor, bdk Bil 23:28, terletak di perbatasan Israel dengan Moab. Kedua bangsa itu berziarah ke tempat kudus itu. Perempuan-perempuan Moab membujuk orang Israel, sehingga turut beribadat kepada dewa (dewata) mereka, bdk Bil 31:16. Bil 25:6-18 yang melalui Bil 25:18 dihubungkan dengan tempat kudus yang sama, berasal dari tradisi Para Imam. Tetapi tradisi Para Imam itu memanfaatkan sebuah tradisi lebih tua. Dalam ceritera tua itu tampil berperan seorang perempuan Midian. Suku Midian itu memang mengembara di seluruh kawasan itu, bdk Bil 22:4,7, jauh di luar wilayah mereka sendiri, bdk Kel 2:11+. Mereka juga berziarah ke tempat kudus yang sama. Ceritera ini menjadi alasan mengapa diceriterakan juga perang melawan Midian, Bil 31:1+. Tradisi mengenai Musa memandang baik suku Midian, bdk Kel 2:18+, tetapi dalam tradisi lain ini suku itu menjadi musuh Israel. Bdk Hak 7-9.
Jerusalem: Bil 25:6 - seorang perempuan Midian Harafiah: perempuan Midian itu. Yaitu perempuan yang nanti akan disebut.
Harafiah: perempuan Midian itu. Yaitu perempuan yang nanti akan disebut.
Jerusalem: Bil 25:8 - ruang tengah Mungkin dimaksud sebuah ruang khusus yang teruntuk bagi pelacuran kudus.
Mungkin dimaksud sebuah ruang khusus yang teruntuk bagi pelacuran kudus.
Ende: Bil 25:6 - menangis jakni dalam upatjara perkabungan. Anehnja orang-orang Moab
hilang dari kisah dan diganti dengan orang-orang Midian. Dua tradisi jang
bertjampur.
jakni dalam upatjara perkabungan. Anehnja orang-orang Moab hilang dari kisah dan diganti dengan orang-orang Midian. Dua tradisi jang bertjampur.
Ende: Bil 25:8 - bagian kemah untuk wanita Terdjemahan ini tidak pasti. Demikianpun halnja
dengan "pada bagian perutnja".
Terdjemahan ini tidak pasti. Demikianpun halnja dengan "pada bagian perutnja".
Endetn -> Bil 25:6
diperbaiki. Tertulis: "(wanita) itu".
Ref. Silang FULL: Bil 25:6 - perempuan Midian // sedang bertangis-tangisan · perempuan Midian: Kej 25:2; Kej 25:2
· sedang bertangis-tangisan: Bil 14:1; Bil 14:1; Hak 2:4; Rut 1:9; 1Sam 11:4; 2Sam 15:30; Ezr 10:...
Ref. Silang FULL: Bil 25:7 - oleh Pinehas // sebuah tombak · oleh Pinehas: Kel 6:24; Kel 6:24; Yos 22:13; Hak 20:28
· sebuah tombak: Hak 5:8; 1Sam 13:19,22; 1Raj 18:28; Mazm 35:3; 46:10; Yoel 3:1...
· oleh Pinehas: Kel 6:24; [Lihat FULL. Kel 6:24]; Yos 22:13; Hak 20:28
· sebuah tombak: Hak 5:8; 1Sam 13:19,22; 1Raj 18:28; Mazm 35:3; 46:10; Yoel 3:10; Mi 4:3
· Maka berhentilah: Mazm 106:30