Teks -- 1 Korintus 12:1--13:13 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life -> 1Kor 12:1; 1Kor 12:1-6; 1Kor 12:3; 1Kor 12:7; 1Kor 12:12; 1Kor 12:13; 1Kor 12:25; 1Kor 12:28; 1Kor 12:29-30; 1Kor 13:1; 1Kor 13:2; 1Kor 13:4-7; 1Kor 13:8; 1Kor 13:13
Full Life: 1Kor 12:1 - TENTANG KARUNIA-KARUNIA ROH.
Nas : 1Kor 12:1
Dalam pasal 1Kor 12:1-14:40 Paulus menulis tentang
karunia-karunia Roh Kudus yang dianugerahkan kepada tubuh Kristus. Karunia
ini a...
Nas : 1Kor 12:1
Dalam pasal 1Kor 12:1-14:40 Paulus menulis tentang karunia-karunia Roh Kudus yang dianugerahkan kepada tubuh Kristus. Karunia ini adalah bagian yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan dan pelayanan jemaat yang mula-mula. Allah berkehendak agar karunia ini akan terus bekerja sampai Kristus datang kembali
(lihat cat. --> 1Kor 1:7).
[atau ref. 1Kor 1:7]
Maksud Allah dalam pemberian karunia rohani ini adalah sebagai berikut:
- 1) Untuk menyatakan kasih karunia, kuasa, dan kasih Roh Kudus di antara umat-Nya dalam pertemuan umum, rumah, keluarga, dan kehidupan pribadi mereka (ayat 1Kor 12:4-7; 14:25; Rom 15:18-19; Ef 4:8);
- 2) Untuk menolong supaya pemberitaan Injil menjadi efektif, dengan cara memberikan peneguhan adikodrati kepada berita itu (Mr 16:15-20; Kis 14:8-18; 16:16-18; 19:11-20; 28:1-10);
- 3) Untuk memenuhi kebutuhan manusia dan untuk menguatkan dan membangun kerohanian jemaat (ayat 1Kor 12:7,14-30; 14:3,12,26) dan juga orang percaya secara pribadi (1Kor 14:4) yaitu, untuk menyempurnakan orang percaya dalam "kasih yang timbul dari hati yang suci, dari hati nurani yang murni dan dari iman yang tulus ikhlas" (1Tim 1:5; bd. 1Kor 13:1-13).
- 4) Untuk berperang dengan efektif dalam peperangan rohani melawan Iblis dan kuasa-kuasa kejahatan (Yes 61:1; Kis 8:5-7; 26:18; Ef 6:11-12). Ayat-ayat yang berkenaan dengan karunia rohani meliputi Rom 12:3-8; 1Kor 1:7; 12:1-14:40; Ef 4:4-16; 1Pet 4:10-11.
Full Life: 1Kor 12:1-6 - KARUNIA-KARUNIA ROHANI.
Nas : 1Kor 12:1-6
Istilah yang dipakai oleh Alkitab untuk karunia rohani menyatakan
sifatnya.
1) "Karunia-karunia rohani" (Yun. _pneumatika_, ...
Nas : 1Kor 12:1-6
Istilah yang dipakai oleh Alkitab untuk karunia rohani menyatakan sifatnya.
- 1) "Karunia-karunia rohani" (Yun. _pneumatika_, berasal dari kata _pneuma_, artinya "Roh") menunjuk kepada manifestasi adikodrati yang datang sebagai karunia dari Roh Kudus yang bekerja melalui orang percaya demi kebaikan bersama (ayat 1Kor 12:1,7; 14:1).
- 2) "Karunia-karunia" (Yun. _charismata_, berasal dari kata _charis_,
artinya "kasih karunia") menunjukkan bahwa karunia rohani mencakup baik
motivasi batin dan kuasa untuk menyelenggarakan pelayanan (yaitu,
pemberian kesanggupan), yang diterima dari Roh Kudus; karunia semacam
itu memberi kekuatan rohani kepada tubuh Kristus dan mereka yang
memerlukan pertolongan rohani (ayat 1Kor 12:4; Ef 4:11; 1Pet 4:10;
lihat cat. --> Rom 12:6;
[atau ref. Rom 12:6]
lihat art. KARUNIA-KARUNIA PELAYANAN GEREJA).
- 3) "Pelayanan" atau "pelayanan-pelayanan" (Yun. _diakoniai_, berasal dari kata _diakonia_, artinya "pelayanan") menekankan bahwa ada berbagai cara pelayanan dan bahwa karunia tertentu meliputi penerimaan kesanggupan dan kuasa untuk menolong orang lain (ayat 1Kor 12:4-5,27-31; Ef 4:7,11-13). Paulus menunjukkan bahwa segi pelayanan karunia itu mencerminkan pelayanan yang bersifat "hamba" dari kehidupan Tuhan Yesus. Demikianlah, pekerjaan karunia-karunia didefinisikan berkenaan dengan kehadiran dan pekerjaan Kristus di antara kita (bd. ayat 1Kor 12:3; 1:4).
- 4) "Pekerjaan" atau "pengaruh-pengaruh" (Yun. _energemata_, berasal dari kata _energes_, artinya "aktif atau penuh tenaga") menandakan bahwa karunia rohani itu adalah pekerjaan langsung dari kuasa Allah Bapa dan membuahkan hasil-hasil tertentu (ayat 1Kor 12:6,10).
- 5) "Manifestasi Roh" (Yun. _phanerosis_, berasal dari kata _phaneros_, artinya "terwujud") menekankan bahwa karunia rohani itu menjadi manifestasi langsung dari pekerjaan dan kehadiran Roh Kudus di dalam perhimpunan jemaat (ayat 1Kor 12:7-11).
Full Life: 1Kor 12:3 - YESUS ADALAH TUHAN.
Nas : 1Kor 12:3
Paulus memulai pembicaraan tentang karunia rohani dengan kebenaran
bahwa karunia dan manifestasi Roh Kudus akan memuliakan Yesus se...
Nas : 1Kor 12:3
Paulus memulai pembicaraan tentang karunia rohani dengan kebenaran bahwa karunia dan manifestasi Roh Kudus akan memuliakan Yesus sebagai Tuhan atas gereja. Kriteria tertinggi kegiatan Roh ialah adanya manifestasi yang terus berkembang mengenai pribadi, kehadiran, kuasa, kasih, dan kebenaran Tuhan Yesus Kristus. Dalam manifestasi karunia rohani, Kristus sendiri melayani oleh Roh itu melalui umat-Nya (lih. ayat 1Kor 12:12-27; Mat 25:40).
Full Life: 1Kor 12:7 - PENYATAAN ROH.
Nas : 1Kor 12:7
Untuk ulasan mengenai karunia-karunia rohani sebagai penyataan Roh,
serta uraian tentang berbagai karunia yang didaftarkan di sini,...
Nas : 1Kor 12:7
Untuk ulasan mengenai karunia-karunia rohani sebagai penyataan Roh, serta uraian tentang berbagai karunia yang didaftarkan di sini,
lihat art. KARUNIA ROHANI BAGI ORANG PERCAYA).
Full Life: 1Kor 12:12 - DEMIKIAN PULA KRISTUS.
Nas : 1Kor 12:12
Lihat cat. --> 1Kor 12:1
[atau ref. 1Kor 12:1]
tentang karunia rohani dan tubuh Kristus.
Nas : 1Kor 12:12
Lihat cat. --> 1Kor 12:1
[atau ref. 1Kor 12:1]
tentang karunia rohani dan tubuh Kristus.
Full Life: 1Kor 12:13 - DALAM SATU ROH KITA SEMUA ... TELAH DIBAPTIS.
Nas : 1Kor 12:13
Baptisan "dalam satu Roh" tidak menunjuk kepada baptisan air ataupun
baptisan orang percaya dalam Roh Kudus, seperti yang terjadi ...
Nas : 1Kor 12:13
Baptisan "dalam satu Roh" tidak menunjuk kepada baptisan air ataupun baptisan orang percaya dalam Roh Kudus, seperti yang terjadi pada hari Pentakosta (lih. Mr 1:8;
lihat cat. --> Kis 2:4).
[atau ref. Kis 2:4]
Sebaliknya, itu menunjuk kepada tindakan Roh membaptis orang percaya ke dalam tubuh Kristus, yang menyatukan mereka ke dalam tubuh itu dan menjadikan mereka satu secara rohani dengan orang percaya lainnya. Ini suatu perubahan rohani (yaitu, pembaharuan/kelahiran kembali) yang terjadi pada waktu pertobatan dan menempatkan orang percaya itu "dalam Kristus"
(lihat art. PEMBAHARUAN).
Full Life: 1Kor 12:25 - ANGGOTA-ANGGOTA YANG BERBEDA ITU SALING MEMPERHATIKAN.
Nas : 1Kor 12:25
Karunia-karunia rohani tidak harus menjadi dasar untuk menghormati
seorang atau menganggap seorang percaya lebih penting daripada ...
Nas : 1Kor 12:25
Karunia-karunia rohani tidak harus menjadi dasar untuk menghormati seorang atau menganggap seorang percaya lebih penting daripada orang percaya yang lain (ayat 1Kor 12:22-24). Sebaliknya, setiap orang ditempatkan dalam tubuh Kristus menurut kehendak Allah (ayat 1Kor 12:18), dan semua anggota itu penting untuk kesehatan rohani dan fungsi yang tepat dari tubuh itu. Karunia rohani harus digunakan, bukan dalam kesombongan atau demi kemuliaan pribadi, tetapi dengan kerinduan yang tulus untuk menolong orang lain dan dengan hati yang betul-betul saling memperdulikan (lih. pasal 1Kor 13:1-13).
Full Life: 1Kor 12:28 - ALLAH TELAH MENETAPKAN BEBERAPA ORANG DALAM JEMAAT.
Nas : 1Kor 12:28
Di sini Paulus memberikan sebagian daftar dari karunia rohani (lih.
Rom 12:6-8 dan Ef 4:11-13 untuk daftar karunia pelayanan yang ...
Nas : 1Kor 12:28
Di sini Paulus memberikan sebagian daftar dari karunia rohani (lih. Rom 12:6-8 dan Ef 4:11-13 untuk daftar karunia pelayanan yang lain).
Lihat art. KARUNIA-KARUNIA PELAYANAN GEREJA,
untuk definisi tentang rasul, nabi, pemberita Injil, gembala dan pengajar; juga
lihat cat. --> Yoh 6:2
[atau ref. Yoh 6:2]
untuk definisi "mukjizat-mukjizat";
lihat cat. --> Rom 12:7,
lihat cat. --> Rom 12:8
[atau ref. Rom 12:7-8]
untuk catatan tetang karunia "menolong orang lain" ("menunjukkan kemurahan") dan karunia "administrasi" ("kepemimpinan").
Full Life: 1Kor 12:29-30 - ADAKAH MEREKA SEMUA ... BERKATA-KATA DALAM BAHASA ROH?
Nas : 1Kor 12:29-30
Dalam pertanyaan retoris Paulus ini tersirat suatu jawaban negatif.
Konteks dari pasal 1Kor 12:1-31 menunjukkan bahwa Paulus se...
Nas : 1Kor 12:29-30
Dalam pertanyaan retoris Paulus ini tersirat suatu jawaban negatif. Konteks dari pasal 1Kor 12:1-31 menunjukkan bahwa Paulus sedang menunjuk kepada penggunaan karunia berkata-kata dalam bahasa roh dan pasangannya, yaitu karunia menafsirkan bahasa roh, dalam kebaktian ibadah. Dia tidak berusaha membatasi pemakaian bahasa roh dalam doa dan pujian yang ditujukan kepada Allah secara pribadi (bd. 1Kor 14:5). Kebanyakan orang percaya yang telah dibaptis dalam Roh Kudus merasa mudah untuk berdoa dalam bahasa roh waktu mereka menyerahkan diri kepada Roh. Pada hari Pentakosta (Kis 2:4), di Kaisarea (Kis 10:44-46) dan di Efesus (Kis 19:2-6), semua orang yang dipenuhi dengan Roh Kudus berkata-kata dalam bahasa roh sebagai suatu tanda bahwa mereka telah menerima kepenuhan Roh itu
(lihat art. BERKATA-KATA DENGAN BAHASA ROH).
Full Life: 1Kor 13:1 - TETAPI ... TIDAK MEMPUNYAI KASIH.
Nas : 1Kor 13:1
Pasal 1Kor 13:1-13 adalah lanjutan dari pembahasan Paulus
tentang pertanyaan mengenai karunia rohani. Di sini ia menekankan bahwa
m...
Nas : 1Kor 13:1
Pasal 1Kor 13:1-13 adalah lanjutan dari pembahasan Paulus tentang pertanyaan mengenai karunia rohani. Di sini ia menekankan bahwa memiliki karunia Roh tanpa mempunyai kasih tidak berguna sama sekali (ayat 1Kor 13:1-3). "Jalan yang lebih utama lagi" (1Kor 12:31) ialah menjalankan karunia rohani dalam kasih (ayat 1Kor 13:4-8). Sebagai satu-satunya keadaan di mana karunia rohani dapat memenuhi kehendak Allah, kasih haruslah menjadi prinsip yang mengendalikan semua manifestasi rohani. Karena itu, Paulus menasihati jemaat Korintus untuk "mengejar kasih itu dan berusaha memperoleh karunia Roh" (1Kor 14:1). Mereka harus dengan sungguh-sungguh menginginkan hal-hal dari Roh karena mereka dengan tulus ingin menolong, menghibur, dan memberkati orang lain dalam hidup ini.
Full Life: 1Kor 13:2 - AKU SAMA SEKALI TIDAK BERGUNA.
Nas : 1Kor 13:2
Mereka yang hidupnya dipenuhi dengan "kegiatan keagamaan" belum
tentu menyenangkan hati Allah; bahkan, bisa jadi mereka itu sama se...
Nas : 1Kor 13:2
Mereka yang hidupnya dipenuhi dengan "kegiatan keagamaan" belum tentu menyenangkan hati Allah; bahkan, bisa jadi mereka itu sama sekali bukan orang percaya. Misalnya, mereka yang berkata-kata dengan bahasa roh, bernubuat, mempunyai pengetahuan atau melakukan pekerjaan-pekerjaan iman yang besar, namun pada saat yang sama kekurangan kasih dan kebenaran yang seperti Kristus, maka mereka itu "sama sekali tidak berguna" di pemandangan Allah. Menurut pertimbangan Allah, kerohanian dan pernyataan iman mereka itu hampa (ayat 1Kor 13:1), dan mereka tidak memiliki tempat yang sesungguhnya dalam kerajaan-Nya (bd. 1Kor 6:9-10). Mereka tidak saja berkekurangan dalam kepenuhan Roh, tetapi diri mereka juga tidak didiami oleh Roh. Manifestasi rohani melalui mereka tidak berasal dari Allah tetapi dari roh yang lain, yaitu roh jahat
(lihat cat. --> Kis 8:21;
lihat cat. --> 1Yoh 4:1;
[atau ref. Kis 8:21; 1Yoh 4:1]
lihat art. KRITERIA UNTUK BAPTISAN DALAM ROH).
Yang penting bagi iman Kristen yang sejati ialah kasih yang diungkap melalui suatu etika yang tidak menyakitkan orang lain dan yang bertekun dalam kesetiaan kepada Kristus dan Firman-Nya (juga
lihat cat. --> 1Kor 13:13).
[atau ref. 1Kor 13:13]
Full Life: 1Kor 13:4-7 - KASIH ITU SABAR.
Nas : 1Kor 13:4-7
Bagian ini menggambarkan kasih sebagai suatu kegiatan dan kelakuan,
bukan sekadar suatu perasaan batin atau motivasi. Segi-segi k...
Nas : 1Kor 13:4-7
Bagian ini menggambarkan kasih sebagai suatu kegiatan dan kelakuan, bukan sekadar suatu perasaan batin atau motivasi. Segi-segi kasih yang beraneka ragam dalam ayat-ayat ini menunjukkan sifat Allah Bapa, Anak, dan Roh Kudus. Setiap orang percaya harus berusaha untuk berkembang dalam kasih semacam ini.
Full Life: 1Kor 13:8 - BAHASA ROH AKAN BERHENTI.
Nas : 1Kor 13:8
Karunia rohani seperti nubuat, bahasa roh, dan pengetahuan akan
lenyap pada akhir zaman ini. Saat itu digambarkan dengan kata-kata ...
Nas : 1Kor 13:8
Karunia rohani seperti nubuat, bahasa roh, dan pengetahuan akan lenyap pada akhir zaman ini. Saat itu digambarkan dengan kata-kata "jika yang sempurna tiba" (ayat 1Kor 13:10), yaitu pada akhir sejarah, ketika pengetahuan dan sifat orang percaya menjadi sempurna dalam kekekalan sesudah kedatangan Kristus yang kedua kali (ayat 1Kor 13:12; 1:7). Sebelum saat itu, kita memerlukan Roh Kudus dan karunia-karunia-Nya dalam jemaat-jemaat kita. Di bagian ini dan bagian-bagian lain dari Alkitab tidak ada petunjuk yang menyatakan bahwa manifestasi Roh melalui karunia-Nya akan lenyap pada akhir zaman rasuli.
Full Life: 1Kor 13:13 - YANG PALING BESAR ... IALAH KASIH.
Nas : 1Kor 13:13
Sudah jelas dari pasal ini bahwa Allah memuliakan sifat serupa
dengan Kristus lebih daripada pelayanan, iman atau pemilikan karuni...
Nas : 1Kor 13:13
Sudah jelas dari pasal ini bahwa Allah memuliakan sifat serupa dengan Kristus lebih daripada pelayanan, iman atau pemilikan karunia rohani.
- 1) Allah menghargai dan menekankan sifat hidup yang bertindak dalam kasih, kesabaran (ayat 1Kor 13:4), kemurahan hati (ayat 1Kor 13:4), tidak mencari keuntungan diri sendiri (ayat 1Kor 13:5), tidak bersukacita karena ketidakadilan tetapi karena kebenaran (ayat 1Kor 13:6), kejujuran (ayat 1Kor 13:6), dan sabar menanggung segala sesuatu (ayat 1Kor 13:7), jauh lebih tinggi daripada iman yang memindahkan gunung atau melakukan pekerjaan besar dalam jemaat (ayat 1Kor 13:1-2,8,13).
- 2) Yang paling besar dalam Kerajaan Allah adalah mereka yang besar
dalam kesalehan batin dan kasih bagi Allah, bukan mereka yang besar
dengan prestasi lahiriah
(lihat cat. --> Luk 22:24-30).
[atau ref. Luk 22:24-30]
Kasih Allah yang dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus selalu lebih besar dari iman, pengharapan, atau sesuatu yang lain (Rom 5:5).
BIS -> 1Kor 13:3
untuk dibakar: beberapa naskah kuno: supaya dapat berbangga.
Jerusalem -> 1Kor 12:1--14:40; 1Kor 12:2; 1Kor 12:4-6; 1Kor 12:8; 1Kor 12:8; 1Kor 12:9; 1Kor 12:10; 1Kor 12:10; 1Kor 12:12-30; 1Kor 12:12; 1Kor 12:28; 1Kor 12:28; 1Kor 12:28; 1Kor 13:1-13; 1Kor 13:1; 1Kor 13:3; 1Kor 13:4-7; 1Kor 13:8; 1Kor 13:13
Jerusalem: 1Kor 12:1--14:40 - -- Ketiga bab ini, 12-14, membahas penggunaan baik dari karunia-karunia Roh Kudus (karismata). Karunia-karunia itu dianugerahkan kepada jemaat sebagai ta...
Ketiga bab ini, 12-14, membahas penggunaan baik dari karunia-karunia Roh Kudus (karismata). Karunia-karunia itu dianugerahkan kepada jemaat sebagai tanda bukti kelihatan dari kehadiran Roh Kudus. Karunia-karunia itu juga dimaksudkan untuk menanggapi keadaan jemaat yang masih baru, yang mentalitas kafirnya dahulu belum juga diresapi kepercayaan Kristen. Orang-orang Korintus mengutamakan karunia-karunia yang paling mengherankan lalu digunakan dalam suasana yang tidak keruan. Dalam hal itu mereka meniru upacara-upacara kafir. Paulus turun tangan dengan menandaskan, bahwa karunia-karunia itu dianugerahkan buat pembinaan jemaat, sehingga tidak boleh menimbulkan persaingan (bab 12). Kemudian Paulus menjelaskan bahwa ada urutan nilai dalam karunia-karunia itu sekedar memberi sumbangannya bagi pembinaan jemaat.
Jerusalem: 1Kor 12:2 - berhala-berhala yang bisu Disinggunglah berbagai gejala tak keruan, keributan dan tindakan berlebihan yang menyertai sementara upacara ibadah kafir. Gejala-gejala itu dianggap ...
Disinggunglah berbagai gejala tak keruan, keributan dan tindakan berlebihan yang menyertai sementara upacara ibadah kafir. Gejala-gejala itu dianggap tanda bukti ibadah itu sejati. Sebaliknya dalam perkumpulan-perkumpulan jemaat Kristen isi wejangan dan khotbah dan bukan ciri ekstatisnya yang menjadi tanda kebenarannya.
Jerusalem: 1Kor 12:4-6 - -- Perhatikanlah bagaimana ketiga diri ilahi disebut asal-usul segala karunia, bdk 2Ko 13:13+.
Perhatikanlah bagaimana ketiga diri ilahi disebut asal-usul segala karunia, bdk 2Ko 13:13+.
Jerusalem: 1Kor 12:8 - berkata-kata dengan hikmat Ini kiranya tidak lain dari kemampuan untuk menjelaskan kebenaran-kebenaran paling tinggi dari agama Kristen mengenai kehidupan ilahi dan kehidupan Al...
Ini kiranya tidak lain dari kemampuan untuk menjelaskan kebenaran-kebenaran paling tinggi dari agama Kristen mengenai kehidupan ilahi dan kehidupan Allah di dalam diri kita, ialah "ajaran sempurna" yang disebutkan dalam Ibr 6:1. Lihat juga 1Ko 2:6-16
Jerusalem: 1Kor 12:8 - berkata-kata dengan pengetahuan Ialah kemampuan untuk menjelaskan "asas-asas pertama dari ajaran tentang Kristus", Ibr 6:1.
Ialah kemampuan untuk menjelaskan "asas-asas pertama dari ajaran tentang Kristus", Ibr 6:1.
Ialah tingkat iman yang luar biasa, bdk 1Ko 13:2.
Jerusalem: 1Kor 12:10 - karunia untuk membedakan Ialah kemampuan untuk menentukan manakah asal-usul (Allah, atau kodrat, atau Yang Jahat) gejala-gejala karismatis
Ialah kemampuan untuk menentukan manakah asal-usul (Allah, atau kodrat, atau Yang Jahat) gejala-gejala karismatis
Jerusalem: 1Kor 12:10 - karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh Karunia "glossolalia" ini ialah: karunia untuk memuji dengan mengucapkan bunyi-bunyi yang tidak dapat dimengerti dan dengan terbawa oleh Roh Kudus dal...
Karunia "glossolalia" ini ialah: karunia untuk memuji dengan mengucapkan bunyi-bunyi yang tidak dapat dimengerti dan dengan terbawa oleh Roh Kudus dalam keadaan yang kurang lebih ekstatis. Paulus menyebut karunia itu dengan dua ungkapan, yaitu: berkata-kata dengan bahasa roh (1Ko 14:5,6,18,23,39) atau berkata-kata dengan bahas roh (1Ko 14:2,4,9,13,14,19,26,27). Terjemahan Indonesia ini tidak membedakan kedua ungkapan itu. Karunia ini pada awal mula sudah ditemukan pada jemaat Kristen, yaitu waktu untuk pertama kalinya dituruni Roh Kudus yang a.l. menyebabkan glossolalia. Lih. Kis 2:3-4; 10:44-46 dan 1Ko 11:15; 16:6.
Jerusalem: 1Kor 12:12-30 - -- Meskipun menggunakan perbandingan yang lazim dalam dunia yang berkebudayaan Yunani-Romawi antara sebuah masyarakat dengan tubuh yang terdiri atas berb...
Meskipun menggunakan perbandingan yang lazim dalam dunia yang berkebudayaan Yunani-Romawi antara sebuah masyarakat dengan tubuh yang terdiri atas berbagai anggota, namun Paulus tidak mengambil gagasannya tentang Tubuh Kristus dari perbandingan itu. Gagasan ini sebenarnya berasal dari pengalaman Paulus sendiri waktu mulai percaya, bdk Kis 9:4 dst; Gal 1:15 dst, ialah dari kepercayaan kepada Yesus yang dibangkitkan dengan tubuhNya yang dihidupkan oleh Roh Kudus, Rom 1:4+, sebagai yang pertama dari dunia baru, 1Ko 15:23; orang Kristen bahkan dalam tubuhnya, Rom 8:11+, dipersatukan dengan tubuh Yesus itu melalui upacara baptisan, 1Ko 12:13; bdk Rom 6:4+, dan Ekaristi, 1Ko 10:16 dst. Dengan jalan itu orang Kristen menjadi "anggota" tubuh Yesus yang bangkit itu, 1Ko 6:15, dan bersama denganNya menjadi "Tubuh Kristus" yang kita menyebutkannya sebagai "Tubuh Mistik", 1Ko 12:27; bdk Rom 12:4 dst. Pikiran yang sangat realistis ini mulai tampil dalam 1 Korintus, kemudian dalam "surat-surat dari penjara" (Efesus, Kolose) diperkembangkan lebih jauh. Memanglah perdamaian manusia yang menjadi anggota tubuh Kristus, Efe 5:30, selalu dikerjakan melalui tubuh Kristus yang disalibkan "menurut daging" tetapi dihidupkan "menurut Roh", Efe 2:14-18; Kol 1:22. Hanya persatuan Tubuh yang mengumpulkan semua orang Kristen dalam Roh yang sama, Efe 4:4; Kol 3:15, serta penyamaan dengan Gereja, Efe 1:22 dst; Efe 5:23; Kol 1:18,24, dalam surat-surat dari penjara itu lebih ditekankan. Dengan jalan itu gagasan "tubuh Kristus" dijadikan lebih bersifat pribadi, Efe 4:12 dst; Kol 2:19, dan selanjutnya Kristus ditonjolkan sebagai "kepala", Efe 1:22; 4:15 dst; Efe 5:23; Kol 1:18; 2:19 (bandingkan dengan 1Ko 12:21); dalam hal ini Paulus kiranya terpengaruh oleh pikirannya tentang Kristus sebagai "Kepala semua pemerintah dan penguasa", Kol 2:10. Akhirnya "tubuh Kristus" bahkan sampai merangkum, entahlah bagaimana, seluruh jagat raya yang dipersatukan di bawah kekuasaan Kyrios, Tuhan Kristus, Efe 1:23+, bdk Yoh 2:21+.
Jerusalem: 1Kor 12:12 - demikian pula Kristus Seperti tubuh manusia membuat anggota-anggotanya yang banyak menjadi satu, demikianpun Kristus sebagai asas pemersatu GerejaNya membuat semua orang Kr...
Seperti tubuh manusia membuat anggota-anggotanya yang banyak menjadi satu, demikianpun Kristus sebagai asas pemersatu GerejaNya membuat semua orang Kristen menjadi satu sebagai TubuhNya.
Jerusalem: 1Kor 12:28 - pengajar Ialah orang yang dalam setiap jemaat bertugas secara teratur dan lazim mengajar agama
Ialah orang yang dalam setiap jemaat bertugas secara teratur dan lazim mengajar agama
Jerusalem: 1Kor 12:28 - untuk melayani Ialah karunia (panggilan) untuk merelakan diri bagi karya amal dalam jemaat
Ialah karunia (panggilan) untuk merelakan diri bagi karya amal dalam jemaat
Ialah tugas membimbing dan memimpin umat.
Jerusalem: 1Kor 13:1-13 - -- Bab ini menjadi tiga bagian: Kasih adalah karunia yang paling utama (1Ko 13:1-3); karya amal kasih (1Ko 13:4-7); kasih tetap tinggal (1Ko 13:8-13). Ka...
Bab ini menjadi tiga bagian: Kasih adalah karunia yang paling utama (1Ko 13:1-3); karya amal kasih (1Ko 13:4-7); kasih tetap tinggal (1Ko 13:8-13). Kasih yang langsung dimaksudkan ialah kasih persaudaraan. Paulus tidak langsung berpikir kepada kasih kepada Allah, tetapi secara tersirat kasih itu turut dipikirkan, khususnya dalam 1Ko 13:13 di mana kasih dihubungkan dengan iman dan pengharapan.
Jerusalem: 1Kor 13:1 - kasih Berbeda dengan cinta berahi yang berpusatkan pada diri sendiri maka kasih (Yunaninya: agape) ialah cinta yang terarah kepada orang lain dan hanya meng...
Berbeda dengan cinta berahi yang berpusatkan pada diri sendiri maka kasih (Yunaninya: agape) ialah cinta yang terarah kepada orang lain dan hanya mengejar kepentingan orang lain itu. Kasih itu bersumberkan Allah, yang terlebih dahulu mengasihi, 1Yo 4:19, dan menyerahkan AnakNya sendiri hendak memperdamaikan orang berdosa dengan diriNya, Rom 5:8; 8:32-39; 2Ko 5:18-21; Efe 2:4-7 (bdk Yoh 3:16 dst; 1Yo 4:9-10), dan menjadikan mereka orang pilihanNya, Efe 1:4, atau anak-anakNya, 1Yo 3:1. Kasih itu tidak hanya suatu sifat Allah (Bapa), Rom 5:5; 8:39; 2Ko 13:11,13; Fili 2:1; 2Te 2:16; bdk 1Yo 2:15, tetapi bahkan "zat" dan "hakekatNya", 1Yo 4:7 dst; 1Yo 4:16. Dan demikianpun halnya dengan Anak Allah, Rom 8:35,37,39; 2Ko 5:14; Efe 3:19; 1Ti 1:14; 2Ti 1:13, yang mengasihi Bapa seperti Ia sendiri dikasihi oleh Bapa, Efe 1:6; Kol 1:13; bdk Yoh 3:35; 10:17; 14:31, dan seperti Ia mengasihi manusia, Yoh 13:1,34; 14:21; 15:9. Bagi manusia itu Anak Allah telah menyerahkan diriNya, 2Ko 5:14 dst; Gal 2:20; Efe 5:2,25; 1Ti 1:14 dst; bdk Yoh 15:13; 1Yo 3:16; Wah 1:15. Kasih itu akhirnya tidak lain dari kasih Roh Kudus, Rom 15:30; Kol 1:8, dan Roh itu mencurahkannya ke dalam hati orang Kristen, Rom 5:5+; bdk Gal 5:22, dan begitu menyanggupkan mereka untuk melaksanakan, bdk Rom 8:4, perintah utama Hukum ialah kasih kepada Allah dan sesama manusia, Mat 22:37-40 dsj; Rom 13:8-10; Gal 5:14. Sebab mengasihi saudara dan bahkan musuh, Mat 5:43-48 dsj, merupakan akibat dan bukti kasih Allah, yang tidak boleh tidak ada, 1Yo 3:17; 4:20 dst. Kasih itu adalah perintah baru yang diberikan Yesus, Yoh 13:34 dst; Yoh 15:12,17; 1Yo 3:23, dll, dan oleh murid-muridNya terus dianjurkan, Rom 13:8; Gal 5:13 dst; Efe 1:15; Fili 2:2 dst; Kol 1:4; 1Te 3:12; 2Te 1:3; File 5,7; bdk Yak 2:8; 1Pe 1:22; 2:17; 4:8; 1Yo 2:10; 3:10 dst; 1Yo 3:14 dll. Dengan kasih itulah Paulus mengasihi sahabat-sahabat dan jemaat-jemaatnya, 2Ko 2:4; 12:15, dll, dan dengan kasih itupun ia dikasihi oleh mereka, Kol 1:8; 1Te 3:6, dll. Kasih itu berlandaskan kejujuran dan kerendahan hati; ia lupa akan kepentingan sendiri dan memberikan dirinya kepada yang lain, Rom 12:9 dst; 1Ko 13:4-7; 2Ko 6:6; Fili 2:2 dst; ia suka melayani, Gal 5:13; bdk Ibr 6:10, dan menanggung sesama saudara, Efe 4:2; bdk Rom 14:15; 2Ko 2:7 dst. Kasih itu perlu menyatakan diri dalam perbuatan, 2Ko 8:8-11,24; bdk 1Yo 3:18, dan menepati segala perintah Tuhan, Yoh 14:15; 1Yo 5:2 dst, dll, sehingga kepercayaan sungguh berbuah, Gal 5:6; bdk Ibr 10:24. Kasih itu merupakan pengikat yang menyempurnakan, Kol 3:14; bdk 2Pe 1:7, dan "menutupi dosa", 1Pe 4:8; bdk Luk 7:47. Karena mengandalkan Allah maka kasih tidak takut kepada apapun, Rom 8:28-39; bdk 1Yo 4:17 dst. Dengan berpegang teguh kepada kebenaran, Efe 4:15; bdk 2Te 2:10, kasih memberi akhlak yang tepat, Fili 1:9 dst, dan membuka manusia bagi pengetahuan rohani tentang rahasia ilahi, Kol 2:2; bdk 1Yo 4:7, tentang kasih Kristus yang melampaui segala pengetahuan, Efe 3:17-19; bdk 1Ko 8:1-3; 13:8-12. Kasih membuat Kristus, Efe 3:17, dan bahkan seluruh Tritunggal, 2Ko 13:13+; bdk Yoh 14:15-23, diam dalam hati orang; kasih memberi makan kepada kehidupan yang bertumpu pada iman, pengharapan dan kasih, bdk Rom 1:16+; Rom 5:2+; dan di antaranya kasihlah yang utama, 1Ko 13:13, sebab kasih tidak berkesudahan, 1Ko 13:8. Memanglah kasih itu akan sampai ke puncaknya bila orang melihat muka dengan muka, 1Ko 13:12; bdk 1Yo 3:2, dan Allah memberikan kepada orang pilihanNya segala sesuatunya yang dijanjikan kepada mereka yang mengasihi Dia, 1Ko 2:9; Rom 8:28; Efe 6:24; 2Ti 4:8, bdk Yak 1:12; 2:5.
Jerusalem: 1Kor 13:3 - menyerahkan tubuhku untuk dibakar Var: menyerahkan tubuhku untuk kubanggakan.
Var: menyerahkan tubuhku untuk kubanggakan.
Jerusalem: 1Kor 13:4-7 - -- Dalam ayat-ayat ini ciri kasih ditentukan dengan lima belas kata kerja. Maka sifat kasih ialah amal yang diinspirasikan olehnya.
Dalam ayat-ayat ini ciri kasih ditentukan dengan lima belas kata kerja. Maka sifat kasih ialah amal yang diinspirasikan olehnya.
Jerusalem: 1Kor 13:8 - kasih tidak berkesudahan Pengetahuan tentang Allah tidak sempurna dan tidak langsung (1Ko 13:11-12). Karena itu pengetahuan itu akan diganti bila kita melihat muka dengan muka...
Pengetahuan tentang Allah tidak sempurna dan tidak langsung (1Ko 13:11-12). Karena itu pengetahuan itu akan diganti bila kita melihat muka dengan muka. Sebaliknya, kasih orang-orang pilihan kelak sama dengan kasihnya di dunia ini.
Jerusalem: 1Kor 13:13 - ketiga hal ini Juga dalam 1Te 1:3 iman, pengharapan dan kasih disebut bersama-sama. Paulus dalam hal ini kiranya mempunyai pendahulu-pendahulu. Dalam surat-suratnya ...
Juga dalam 1Te 1:3 iman, pengharapan dan kasih disebut bersama-sama. Paulus dalam hal ini kiranya mempunyai pendahulu-pendahulu. Dalam surat-suratnya Paulus masih sering menyebutkan iman, pengharapan dan kasih bersama-sama, kalaupun urutannya tidak selalu sama: 1Te 5:8; 1Ko 13:7,13; Gal 5:5 dst; Rom 5:1-5; 12:6-12; Kol 1:4-5; Efe 1:15-18; 4:2-5; 1Ti 6:11; Tit 2:2; bdk Ibr 6:10-12; 10:22-24; 1Pe 1:3-9,21 dst. Ada kalanya iman dan kasih disebutkan bersama-sama, 1Te 3:6; 2Te 1:3; File 5; atau ketabahan dan iman, 2Te 1:4, atau kasih dan ketabahan, 2Te 3:5. Bdk 2Ko 13:13.
Ende -> 1Kor 12:1; 1Kor 12:2; 1Kor 12:3; 1Kor 12:8; 1Kor 12:8; 1Kor 12:9; 1Kor 12:10; 1Kor 12:10; 1Kor 12:10; 1Kor 12:12-26; 1Kor 12:27-30; 1Kor 12:31; 1Kor 12:31; 1Kor 13:1-13; 1Kor 13:1; 1Kor 13:2; 1Kor 13:2; 1Kor 13:2; 1Kor 13:3; 1Kor 13:6; 1Kor 13:7; 1Kor 13:7; 1Kor 13:8; 1Kor 13:9-10; 1Kor 13:11; 1Kor 13:12; 1Kor 13:13
Ende: 1Kor 12:1 - Kurnia-kurnia Roh Kurnia-kurnia Roh jang dibitjarakan dalam bab ini dan
kedua bab jang berikut adalah pernjataan kuasa Roh Kudus setjara adjaib dalam
atau pada anggota-...
Kurnia-kurnia Roh jang dibitjarakan dalam bab ini dan kedua bab jang berikut adalah pernjataan kuasa Roh Kudus setjara adjaib dalam atau pada anggota-anggota umat, bukan untuk kepentingan-kepentingan mereka pribadi, melainkan semata-mata untuk membangun dan meneguhkan iman seluruh umat, ataupun untuk mejakinkan orang jang belum bertobat.
Pengertian tentang nilai dan maksud beberapa kurnia, chususnja tentang kurnia bernubuat dan kurnia bahasa gaib, rupanja kurang djelas sehingga mengenai hal ini pula umat mengadjukan pertanjaan-pertanjaan kepada Paulus.
Ende: 1Kor 12:2 - -- Orang Korintus sedjak ketjilnja terpesona oleh matjam-matjam kegaiban jang
sering mengiringi perajaan ibadat orang penjembah berhala didalam kuil-kuil...
Orang Korintus sedjak ketjilnja terpesona oleh matjam-matjam kegaiban jang sering mengiringi perajaan ibadat orang penjembah berhala didalam kuil-kuil. Orang menimbulkan matjam-matjam daja gaib dalam dirinja, jang lalu dinjatakan dengan gerakan-gerakan badan dan utjapan-utjapan gandjil, sampai kegila-gilaan. Tidak mengherankan kalau orang-orang jang baru bertobat sekedar menjamakan kurnia-kurnia Roh Kudus tertentu dengan daja gaib orang-orang kafir itu. Bdl. misalnja sikap Simon, tukang sihir itu, dalam Kis 8:18-19.
Ende: 1Kor 12:3 - Terkutuklah Jesus Seruan ini barangkali kedengaran dari mulut penentang-penentang
Indjil, baik Jahudi maupun orang-orang kafir. Maksud Paulus disini tentulah
memperinga...
Seruan ini barangkali kedengaran dari mulut penentang-penentang Indjil, baik Jahudi maupun orang-orang kafir. Maksud Paulus disini tentulah memperingatkan umat, bahwa mereka harus tahu membedakan antara daja gaib jang datang dari roh-roh djahat, dan pernjataan Roh Kudus sedjati. Kalau ungkapan-ungkapannja dan udjudnja bertentangan dengan Indjil, tentulah datang dari roh-roh djahat.
Ende: 1Kor 12:8 - Perkataan kebidjaksanaan Diduga bahwa mereka jang diberi kurnia ini,
mendapat pengertian djelas dan dalam-dalam tentang rahasia agama, guna
memberikan keterangan kepada umat.
Diduga bahwa mereka jang diberi kurnia ini, mendapat pengertian djelas dan dalam-dalam tentang rahasia agama, guna memberikan keterangan kepada umat.
Pengetahuan barangkali dalam arti 1Ko 8:1.
Ende: 1Kor 12:9 - Kepertjajaan Inilah tentu sadja kepertjajaan jang dimaksudkan Jesus dalam
Mat 17:19-21; 21:21 dan Luk 17:6.
Inilah tentu sadja kepertjajaan jang dimaksudkan Jesus dalam Mat 17:19-21; 21:21 dan Luk 17:6.
Ende: 1Kor 12:10 - Kurnia bernubuat Terdjemahan sebenarnja kurang tepat. Maksudnja
berbitjara sebagai nabi, tetapi jang dinamakan "nabi" didalam geredja purba,
ialah mereka jang atas dor...
Terdjemahan sebenarnja kurang tepat. Maksudnja berbitjara sebagai nabi, tetapi jang dinamakan "nabi" didalam geredja purba, ialah mereka jang atas dorongan Roh Kudus mengadjar dalam perkumpulan-perkumpulan umat, dan dengan ilham Roh Kudus memberi peringatan-peringatan dan nasehat-nasehat, kadang-kadang djuga menjatakan hal-hal jang tersembunji. Menilik ajat 28 (1Ko 12:28), "nabi" merupakan suatu pangkat jang tetap djuga, sedjadjar dengan "rasul" dan "pengadjar".
Ende: 1Kor 12:10 - Membedakan roh-roh jaitu apakah pernjataan-pernjataan adjaib benar-benar
berasal dari Roh Kudus atau tidak.
jaitu apakah pernjataan-pernjataan adjaib benar-benar berasal dari Roh Kudus atau tidak.
Ende: 1Kor 12:10 - Bahasa gaib Terdjemahan istilah asli jang kabur maknanja sukar dalam
tiap-tiap bahasa. Terdjemahan lurus kira-kira "tuturan lidah". Maksudnja
barangkali" tuturan ...
Terdjemahan istilah asli jang kabur maknanja sukar dalam tiap-tiap bahasa. Terdjemahan lurus kira-kira "tuturan lidah". Maksudnja barangkali" tuturan jang diutjapkan oleh lidah sadja tanpa berpikir. Kenjataannja ialah: seorang tampil ke muka memuliakan Allah dengan suara berlaku, penuh keterharuan, tetapi tidak djelas bentuk kata-kata dan kalimat-kalimatnja, maupun artinja sehingga tidak dapat dipahami oleh seorangpun, kalau tidak ditafsirkan oleh seorang jang diberi "kurnia penafsiran". Kurnia bahasa gaib ini terlalu digemari dan dinilai orang Korintus, hal mana tidak dibenarkan Paulus, malah sangat diketjamnja.
Ende: 1Kor 12:12-26 - -- Mengenai seluruh uraian fasal ini hendaklah diperhatikan keterangan jang
berikut: Paulus membandingkan umat (seluruh umat Kristus atau "Geredja") deng...
Mengenai seluruh uraian fasal ini hendaklah diperhatikan keterangan jang berikut: Paulus membandingkan umat (seluruh umat Kristus atau "Geredja") dengan tubuh manusia, sebagai perpaduan banjak anggota mendjadi kesatuan jang bulat utuh dan berdjiwa satu, ialah Roh Kudus. Tetapi dalam ajat 12 (1Ko12:12) ganti istilah "umat Kristus" Paulus menamakan umat sendiri "Kristus". Hal itu mengandung makna jang penting dan dalam. Didepan mata batin rasul terbajanglah seluruh umat Kristus, bagaikan tubuh Kristus didalam kemuliaanNja surgawi. Tubuh Kristus sedjak kebangkitanNja bersifat roh, dalam arti tidak terikat lagi pada hukum alami dan misalnja tidak dibatasi oleh ruangan dan waktu. Tubuh Kristus jang mulai dan bersifat roh itu dapat merangkum seluruh umat disegala tempat dan segala waktu. Malahan tubuh mulia ini barulah mendapat kelengkapannja jang sempurna dalam kesatuannja dengan seluruh umatnja itu.
Kesatuan ini biasanja disebut "Tubuh Mistik Kristus". Istilah ini djangan ditanggap sebagai suatu kiasan atau gambaran chajal sadja, melainkan jang tepat merupakan suatu kenjataan jang benar-benar ada dan hidup, hanja tidak kelihatan pada mata djasmani. Kristus jang dengan sendirinja berdjiwa Roh Allah, dalam kesatuan dengan umatNja memberi Roh Allah itu kepada seluruh tubuh dan sekalian anggota masing-masing, sehingga seluruh tubuh (umat bersama-sama dengan Kristus) berdjiwa satu jang sama, ialah Roh Allah atau Roh Kudus.
Untuk mengerti baik ungkapan-ungkapan jang mungkin terasa aneh dan kabur, baiklah kalau diperhatikan, bahwa Paulus dalam uraian bab ini tidak tegas membedakan antara gambaran (kiasan) dan apa jang digambarkan. Jang satu melebur sadja dalam jang lain. Bila Paulus berkata tentang tubuh manusia, pandangan mata batinnja tetap berlekat pada apa jang dikiaskannja, ialah umat Kristus dan anggota-anggota tertentu. Demikian misalnja ia menggambarkan anggota tubuh manusia sebagai berpribadi, jaitu sebagai manusia jang berpikir dan berkata.
Dalam seluruh uraian pula, terbajang didepan mata Rasul, sebagai pokok uraian, kenjataan bahwa ada perselisihan, perpetjahan dan kurang tjinta-kasih didalam umat. Sebab itu seluruh uraian mengandung peringatan-peringatan dan nasehat-nasehat, pun teguran-teguran seperti jang berikut. Anggota-anggota jang merasa kurang diindahkan, kurang diberi kurnia jang njata, atau tidak mempunjai suatu djabatan, djangan merasa malu atau ketjil hati sebab itu, seolah-olah mereka kurang dipenuhi Roh Kudus. Mereka djangan iri hati atau tjemburu, sebab kurnia-kurnia jang diberikan untuk kepentingan orang lain (seluruh umat), ataupun suatu kedudukan tinggi dalam urusan umat, sedikitpun tidak mengenai martabat dan kemuliaan hakiki sebagai anggota tubuh Kristus, anak Allah dan waris surga. Sebaliknja mereka jang diberi kurnia-kurnia atau suatu djabatan dalam umat djangan sombong dan angkuh hati terhadap saudara-saudaranja jang kurang dikurniai dan rupa-rupanja lemah. Jang nampaknja kurang kehormatan lahiriah dalam lingkungan umat, harus setjara istimewa ditjintai dan dihormati oleh seluruh umat, sebagaimana Allah sendiri memberi tjontoh (ajat 24) 1Ko 12:24. Lagi pula demi kesatuan dalam Kristus tak boleh dibiarkan timbul perselisihan, perpetjahan atau pembedaan didalam umat. Segala anggota harus dengan tulus-ichlas saling tjinta-mentjintai dan tolong-menolong, tanpa membeda-bedakan.
Ende: 1Kor 12:27-30 - -- Jang agak samar-samar tergambar dalam ajat-ajat 12-26 (1Ko 12:12-26),
kini dikatakan setjara langsung dan tegas. Paulus menekankan bahwa susunan
lahir...
Jang agak samar-samar tergambar dalam ajat-ajat 12-26 (1Ko 12:12-26), kini dikatakan setjara langsung dan tegas. Paulus menekankan bahwa susunan lahiriah umat diatur oleh Allah sendiri, sebab itu tiap-tiap anggota harus takluk dan mentjukupkan diri dengan peraturan Allah itu.
Ajat terachir ini merupakan peralihan kepada bab berikut.
Ende: 1Kor 12:31 - Djalan jang paling agung "Djalan" disini, seperti umumnja dalam bahasa
Paulus, berarti tjara hidup menurut tjita-tjita agama.
"Djalan" disini, seperti umumnja dalam bahasa Paulus, berarti tjara hidup menurut tjita-tjita agama.
Ende: 1Kor 13:1-13 - -- Bab ini sering diberi djudul "Madah Tjinta-kasih". Dan memang, dalam memaparkan
keagungan tjinta-kasih, jaitu tjinta kepada Allah jang berwudjud pula ...
Bab ini sering diberi djudul "Madah Tjinta-kasih". Dan memang, dalam memaparkan keagungan tjinta-kasih, jaitu tjinta kepada Allah jang berwudjud pula dalam tjinta-kasih kepada sesama manusia. Paulus demikian terharu, sehingga bahasanja mendjelma berungkapan indah-indah dan berirama mendjadi suatu sjair sedjati berbentuk bebas.
Bab ini terdiri dari tiga bagian.
Dalam bagian pertama (1-3) ditandaskan, bahwa segala keunggulan dan djasa tidak berharga kalau tidak didjiwai tjinta-kasih.
Dalam bagian kedua (4-7) Paulus menondjolkan sifat-sifat tjinta-kasih sedjati. Dalam pada itu ia membajangkan tjinta-kasih itu sebagai berpribadi, jaitu sebagai seorang manusia jang menaruh tjinta-kasih jang sempurna.
Dalam bagian ketiga (8-13) diutarakan nilai mutlak dan abadi tjinta-kasih, sebagai tjinta kepada Allah dalam kesatuan dengan tjinta Allah sendiri, jang memang mengandung tjinta-kasih sempurna kepada sesama manusia djuga.
Ende: 1Kor 13:1 - Bertutur dengan lidah-lidah.... Paulus disini ingat dan memperingatkan
akan kurnia jang kita namakan "bahasa gaib", dan jang aslinja agaknja lebih
tepat diterdjemahkan dengan "tutura...
Paulus disini ingat dan memperingatkan akan kurnia jang kita namakan "bahasa gaib", dan jang aslinja agaknja lebih tepat diterdjemahkan dengan "tuturan lidah". Mengingat itu ungkapan "dengan segala lidah manusia dan Malaekat" berarti kurnia tersebut pada tingkatan setinggi-tingginja. Djustru kurnia bahasa gaib itu terlebih dihargai dan digemari orang Korintus.
Baik ingat 1Ko 12:10 dan tjatatan disitu.
Ende: 1Kor 13:2 - Memahami segala rahasia Barangkali dimaksudkan sebagai termasuk kurnia
bernubuat itu. Mungkin djuga dimaksudkan kedua kurnia jang disebut dalam 1Ko 12:8.
Barangkali dimaksudkan sebagai termasuk kurnia bernubuat itu. Mungkin djuga dimaksudkan kedua kurnia jang disebut dalam 1Ko 12:8.
Baik batja 1Ko 12:9 dan tjatatan disitu.
Ende: 1Kor 13:3 - -- Menjedekahkan seluruh harta benda dan mengurbankan diri semata-mata malah sampai
rela mati, untuk kepentingan sesama manusia, merupakan amalan dan dja...
Menjedekahkan seluruh harta benda dan mengurbankan diri semata-mata malah sampai rela mati, untuk kepentingan sesama manusia, merupakan amalan dan djasa jang tertinggi tingkatnja, namun dihadapan Allah sama sekali tidak berharga kalau tidak berpangkal pada dan diiringi tjinta-kasih jang luhur.
Ende: 1Kor 13:6 - -- Maksudnja: tidak bersukatjita, kalau ia melihat orang diperlakukan dengan tak
adil, tetapi suka melihat orang berbuat baik ataupun orang diperlakukan ...
Maksudnja: tidak bersukatjita, kalau ia melihat orang diperlakukan dengan tak adil, tetapi suka melihat orang berbuat baik ataupun orang diperlakukan dengan adil.
Ende: 1Kor 13:7 - Menutupi Maksudnja: lekas memaafkan dan melupakan kesalahan orang
terhadap dirinja, tidak mengadukannja kepada hakim, atau umumnja tidak suka
mempertjakapkan a...
Maksudnja: lekas memaafkan dan melupakan kesalahan orang terhadap dirinja, tidak mengadukannja kepada hakim, atau umumnja tidak suka mempertjakapkan atau membuka kesalahan orang lain.
dan "mengharap", jaitu apa jang dikatakan dan didjandjikan orang.
Ende: 1Kor 13:8 - -- Tjinta-kasih kepada sesama dalam kesatuannja dengan tjinta kepada Allah adalah
bernilai mutlak dan akan dibawa-serta masuk kehidupan abadi.
Tjinta-kasih kepada sesama dalam kesatuannja dengan tjinta kepada Allah adalah bernilai mutlak dan akan dibawa-serta masuk kehidupan abadi.
Ende: 1Kor 13:9-10 - -- Kurnia-kurnia Roh dengan segala pengetahuan dan ketjakapannja meliputi beberapa
hal dan segi-segi sadja, tetapi akan lengkap dalam "mengenal Allah dar...
Kurnia-kurnia Roh dengan segala pengetahuan dan ketjakapannja meliputi beberapa hal dan segi-segi sadja, tetapi akan lengkap dalam "mengenal Allah dari muka kemuka".
Ende: 1Kor 13:11 - -- Baru dalam kehidupan abadi kita mentjapai kedewasaan kita dalam Kristus, jaitu
segala pengetahuan, pengertian dan ketjakapan setjara matang dan sempur...
Baru dalam kehidupan abadi kita mentjapai kedewasaan kita dalam Kristus, jaitu segala pengetahuan, pengertian dan ketjakapan setjara matang dan sempurna.
Ende: 1Kor 13:12 - -- Pengetahuan kita, djuga dilapangan rohani-ataskodrati, adalah samar-samar dan
dangkal sadja, sebab kita melihat bajangan Allah seperti kelihatan pada ...
Pengetahuan kita, djuga dilapangan rohani-ataskodrati, adalah samar-samar dan dangkal sadja, sebab kita melihat bajangan Allah seperti kelihatan pada machluk sadja. Dan wahju Allah pula disampaikan kepada kita dalam bentuk bahasa manusiawi, jang tidak mungkin menggambarkan agak tepat dan utuh dunia Ilahi dengan rahasia-rahasianja.
Kemudian kita akan memandang Allah sendiri, dan akan melihat dan mengenal didalam Allah wudjud dan sifat-sifat segalanja jang ada. Dan kita akan melihat Allah "dari muka kemuka", jang menurut maksud ungkapan Kitab Kudus bertjorak Ibrani ini, berarti saling memandang dan mengenal dengan segala kemesraan. Hendaklah disini kita perhatikan, bahwa dalam bahasa Kitab Kudus "dikenal (oleh Allah) berarti "diindahkan dan ditjintai". Demikian "mengenal Allah" disini berarti "melihat dan mentjintai Allah". Didalam kehidupan abadi pengetahuan dan tjinta melebur mendjadi suatu kesatuan sempurna berdasarkan tjinta.
Ende: 1Kor 13:13 - Sekarang jaitu dalam kehidupan didunia, ketiga keutamaan Ilahi tetap
tinggal. Kemudian kepertjajaan diganti dengan memandang dan pengharapan dengan
memiliki. T...
jaitu dalam kehidupan didunia, ketiga keutamaan Ilahi tetap tinggal. Kemudian kepertjajaan diganti dengan memandang dan pengharapan dengan memiliki. Tjinta tetap tinggal dalam kehidupan abadi sambil meliputi seluruh kesempurnaan.
Ref. Silang FULL -> 1Kor 12:1; 1Kor 12:2; 1Kor 12:3; 1Kor 12:4; 1Kor 12:6; 1Kor 12:7; 1Kor 12:8; 1Kor 12:9; 1Kor 12:10; 1Kor 12:11; 1Kor 12:12; 1Kor 12:13; 1Kor 12:14; 1Kor 12:18; 1Kor 12:20; 1Kor 12:27; 1Kor 12:28; 1Kor 12:30; 1Kor 12:31; 1Kor 13:1; 1Kor 13:2; 1Kor 13:3; 1Kor 13:4; 1Kor 13:5; 1Kor 13:6; 1Kor 13:7; 1Kor 13:8; 1Kor 13:9; 1Kor 13:10; 1Kor 13:11; 1Kor 13:12; 1Kor 13:13
Ref. Silang FULL: 1Kor 12:1 - tentang karunia-karunia // kamu mengetahui · tentang karunia-karunia: Rom 1:11; 1Kor 1:7; 14:1,37
· kamu mengetahui: Rom 11:25; Rom 11:25
· tentang karunia-karunia: Rom 1:11; 1Kor 1:7; 14:1,37
Ref. Silang FULL: 1Kor 12:2 - mengenal Allah // kepada berhala-berhala · mengenal Allah: Ef 2:2; Ef 2:2
· kepada berhala-berhala: Mazm 115:5; Yer 10:5; Hab 2:18,19
· mengenal Allah: Ef 2:2; [Lihat FULL. Ef 2:2]
· kepada berhala-berhala: Mazm 115:5; Yer 10:5; Hab 2:18,19
Ref. Silang FULL: 1Kor 12:3 - Terkutuklah Yesus // adalah Tuhan // Roh Kudus · Terkutuklah Yesus: Rom 9:3; 1Kor 16:22
· adalah Tuhan: Yoh 13:13; Yoh 13:13
· Roh Kudus: 1Yoh 4:2,3
· Terkutuklah Yesus: Rom 9:3; 1Kor 16:22
· adalah Tuhan: Yoh 13:13; [Lihat FULL. Yoh 13:13]
· Roh Kudus: 1Yoh 4:2,3
· satu Roh: 1Kor 12:8-11; Rom 12:4-8; Ef 4:11; Ibr 2:4
Ref. Silang FULL: 1Kor 12:6 - tetapi Allah // semua orang · tetapi Allah: Ef 4:6
· semua orang: Fili 2:13; Fili 2:13
· kepentingan bersama: 1Kor 14:12; Ef 4:12
Ref. Silang FULL: 1Kor 12:8 - dengan hikmat // dengan pengetahuan · dengan hikmat: 1Kor 2:6
· dengan pengetahuan: 2Kor 8:7; 2Kor 8:7
Ref. Silang FULL: 1Kor 12:9 - memberikan iman // untuk menyembuhkan · memberikan iman: Mat 17:19,20; 1Kor 13:2
· untuk menyembuhkan: 1Kor 12:28,30; Mat 10:1
· memberikan iman: Mat 17:19,20; 1Kor 13:2
· untuk menyembuhkan: 1Kor 12:28,30; Mat 10:1
Ref. Silang FULL: 1Kor 12:10 - memberikan kuasa // untuk bernubuat // bermacam-macam roh // bahasa roh · memberikan kuasa: 1Kor 12:28-30; Gal 3:5
· untuk bernubuat: Ef 4:11; Ef 4:11
· bermacam-macam roh: 1Yoh 4:1
· bahasa roh...
Ref. Silang FULL: 1Kor 12:12 - satu tubuh // pula Kristus · satu tubuh: Rom 12:5; Rom 12:5
· pula Kristus: 1Kor 12:27
· satu tubuh: Rom 12:5; [Lihat FULL. Rom 12:5]
· pula Kristus: 1Kor 12:27
Ref. Silang FULL: 1Kor 12:13 - satu Roh // orang merdeka // telah dibaptis // diberi minum · satu Roh: Ef 2:18
· orang merdeka: Gal 3:28; Kol 3:11
· telah dibaptis: Mr 1:8; Mr 1:8
· diberi minum: Yoh 7:37-39
· banyak anggota: 1Kor 12:12,20
Ref. Silang FULL: 1Kor 12:18 - telah memberikan // yang dikehendaki-Nya · telah memberikan: 1Kor 12:28
· yang dikehendaki-Nya: 1Kor 12:11
· telah memberikan: 1Kor 12:28
· yang dikehendaki-Nya: 1Kor 12:11
· satu tubuh: 1Kor 12:12,14; Rom 12:5; [Lihat FULL. Rom 12:5]
Ref. Silang FULL: 1Kor 12:27 - tubuh Kristus // adalah anggotanya · tubuh Kristus: Ef 1:23; 4:12; Kol 1:18,24
· adalah anggotanya: Rom 12:5; Rom 12:5
· tubuh Kristus: Ef 1:23; 4:12; Kol 1:18,24
Ref. Silang FULL: 1Kor 12:28 - dalam Jemaat // sebagai rasul // sebagai nabi // untuk menyembuhkan // untuk memimpin // bahasa roh · dalam Jemaat: 1Kor 10:32; 1Kor 10:32
· sebagai rasul: Ef 4:11; Ef 4:11
· sebagai nabi: Ef 4:11; Ef 4:11
· untuk menyembu...
· dalam Jemaat: 1Kor 10:32; [Lihat FULL. 1Kor 10:32]
· sebagai rasul: Ef 4:11; [Lihat FULL. Ef 4:11]
· sebagai nabi: Ef 4:11; [Lihat FULL. Ef 4:11]
· untuk menyembuhkan: 1Kor 12:9
· untuk memimpin: Rom 12:6-8
· bahasa roh: 1Kor 12:10; Mr 16:17; [Lihat FULL. Mr 16:17]
· bahasa roh: 1Kor 12:10
· Jadi berusahalah: 1Kor 14:1,39
Ref. Silang FULL: 1Kor 13:2 - untuk bernubuat // segala rahasia // seluruh pengetahuan // memiliki iman // memindahkan gunung · untuk bernubuat: 1Kor 13:8; Ef 4:11; Ef 4:11; Kis 11:27; Kis 11:27
· segala rahasia: 1Kor 14:2
· seluruh pengetahuan: 2Kor 8:7;...
Ref. Silang FULL: 1Kor 13:3 - ada padaku // untuk dibakar · ada padaku: Luk 19:8; Kis 2:45; Kis 2:45
· untuk dibakar: Dan 3:28
Ref. Silang FULL: 1Kor 13:4 - itu sabar // tidak sombong · itu sabar: 1Tes 5:14
· tidak sombong: 1Kor 5:2
Ref. Silang FULL: 1Kor 13:5 - diri sendiri // tidak pemarah // menyimpan kesalahan · diri sendiri: 1Kor 10:24; 1Kor 10:24
· tidak pemarah: Mat 5:22; Mat 5:22
· menyimpan kesalahan: Ayub 14:16,17; Ams 10:12; 17:9;...
· diri sendiri: 1Kor 10:24; [Lihat FULL. 1Kor 10:24]
· tidak pemarah: Mat 5:22; [Lihat FULL. Mat 5:22]
· menyimpan kesalahan: Ayub 14:16,17; Ams 10:12; 17:9; 1Pet 4:8
Ref. Silang FULL: 1Kor 13:6 - karena ketidakadilan // karena kebenaran · karena ketidakadilan: 2Tes 2:12
· karena kebenaran: 2Yoh 1:4; 3Yoh 1:3,4
· karena ketidakadilan: 2Tes 2:12
· karena kebenaran: 2Yoh 1:4; 3Yoh 1:3,4
· sabar menanggung: 1Kor 13:8,13
Ref. Silang FULL: 1Kor 13:8 - berkesudahan; nubuat // bahasa roh · berkesudahan; nubuat: 1Kor 13:2
· bahasa roh: 1Kor 13:1
· tidak lengkap: 1Kor 13:12; 1Kor 8:2; [Lihat FULL. 1Kor 8:2]
· sempurna tiba: Fili 3:12
· kanak-kanak itu: Mazm 131:2
Ref. Silang FULL: 1Kor 13:12 - dalam cermin // dengan muka // sendiri dikenal · dalam cermin: Ayub 26:14; 36:26
· dengan muka: Kej 32:30; Ayub 19:26; 1Yoh 3:2
· sendiri dikenal: 1Kor 8:3; Gal 4:9
· dalam cermin: Ayub 26:14; 36:26
· dengan muka: Kej 32:30; Ayub 19:26; 1Yoh 3:2
Ref. Silang FULL: 1Kor 13:13 - dan kasih // ialah kasih · dan kasih: Rom 5:2-5; Gal 5:5,6; Ef 4:2-5; Kol 1:4,5; 1Tes 1:3; 5:8; Ibr 6:10-12
· ialah kasih: Mat 22:37-40; 1Kor 16:14; Gal 5:6; 1Yo...
· dan kasih: Rom 5:2-5; Gal 5:5,6; Ef 4:2-5; Kol 1:4,5; 1Tes 1:3; 5:8; Ibr 6:10-12
· ialah kasih: Mat 22:37-40; 1Kor 16:14; Gal 5:6; 1Yoh 4:7-12,16