Teks -- Yohanes 8:56 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Jerusalem: Yoh 8:56 - hariKu Sekali lagi Yesus mengetrapkan pada diriNya sebuah ungkapan yang dalam Perjanjian Lama hanya dipakai sehubungan dengan Allah, ialah "Hari Tuhan/Yahwe"...
Sekali lagi Yesus mengetrapkan pada diriNya sebuah ungkapan yang dalam Perjanjian Lama hanya dipakai sehubungan dengan Allah, ialah "Hari Tuhan/Yahwe", bdk Amo 5:18
Jerusalem: Yoh 8:56 - ia bersukacita Abraham telah "melihat" hari Yesus (seperti Yesaya "melihat kemuliaanNya", Yoh 12:41) dari "jauh", bdk Ibr 11:13; Bil 24:17; yaitu dalam sebuah kejadi...
Abraham telah "melihat" hari Yesus (seperti Yesaya "melihat kemuliaanNya", Yoh 12:41) dari "jauh", bdk Ibr 11:13; Bil 24:17; yaitu dalam sebuah kejadian yang bersifat nubuat: kelahiran Ishak yang menimbulkan "ketawa" Abraham, Kej 17:17. Dengan demikian maka Yesus menyatakan bahwa Dialah apa yang sesungguhnya dijanjikan kepada Abraham; Yesuslah Ishak rohani.
Ende -> Yoh 8:56
Ende: Yoh 8:56 - HariKu KedatanganKu kedunia, atau lebih tepat barangkali: penjelesaian
tugasKu disalib, untuk memenuhi djandji Allah kepada Abraham, bahwa segala
bangsa akan...
KedatanganKu kedunia, atau lebih tepat barangkali: penjelesaian tugasKu disalib, untuk memenuhi djandji Allah kepada Abraham, bahwa segala bangsa akan diberkati dalamnja.
Ref. Silang FULL -> Yoh 8:56
Ref. Silang FULL: Yoh 8:56 - Abraham // telah melihatnya · Abraham: Yoh 8:37,39; Kej 18:18
· telah melihatnya: Mat 13:17; Mat 13:17
· Abraham: Yoh 8:37,39; Kej 18:18
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg: Yoh 8:56 - -- 8:56 Abraham bapamu bersukacita bahwa ia melihat745 hari-Ku dan ia telah melihatnya746 dan ia bersukacita."
Tiba-tiba Tuhan Yesus mengucapkan sesuatu ...
8:56 Abraham bapamu bersukacita bahwa ia melihat745 hari-Ku dan ia telah melihatnya746 dan ia bersukacita."
Tiba-tiba Tuhan Yesus mengucapkan sesuatu yang begitu besar, sehingga mereka terpaksa harus memilih. Dia memaksa supaya mereka memihak pada Dia, atau melawan Dia. Demikian juga dengan pemakaian ungkapan "Aku Adalah" dalam ayat 58, mereka harus memilih, dan sikap hati mereka harus dinyatakan.
Tuhan Yesus menegur mereka. Seolah-olah Dia berkata, "Dia yang kamu anggap sebagai bapamu, Abraham, dia bersukacita mengenai Aku, tetapi kamu mau membunuh Aku. Kamu munafik."
Mengenai masalah kapan Abraham melihat dan bersukacita, ada rabi Yahudi yang berkata bahwa Allah mengilhamkan rahasia-rahasia Zaman Mesias kepada Abraham.747 Jadi, mungkin Abraham bersukacita pada saat dia menerima ilham khusus dari Allah.748
Ungkapan hari-Ku hanya dipakai di sini dalam seluruh Alkitab. Ungkapan "Hari Tuhan" merujuk pada hari Kiamat, jadi tampaknya Dia menyamakan diri-Nya dengan Tuhan. Jelaslah, Tuhan Yesus berkata bahwa Dia adalah penggenapan pengharapan Abraham.
Hagelberg: Yoh 8:31-59 - -- c. Anak-anak Abraham (8:31-59)
Ada kesulitan tafsiran dalam bagian ini, karena tampaknya mereka yang percaya kepada Tuhan Yesus dalam ayat 30, menyata...
c. Anak-anak Abraham (8:31-59)
Ada kesulitan tafsiran dalam bagian ini, karena tampaknya mereka yang percaya kepada Tuhan Yesus dalam ayat 30, menyatakan sikap yang sombong, dan tidak siap menerima perkataan Tuhan Yesus dalam ayat 33 dan seterusnya, sampai mereka siap membunuh Tuhan Yesus dalam ayat 37. Lagi pula dalam ayat 44 Tuhan Yesus berkata bahwa Iblis adalah bapa mereka, mereka tidak percaya kepada-Nya dalam ayat 45, dan dalam ayat 59 mereka sungguh berusaha melempari Dia dengan batu. Mungkinkah orang percaya dapat berubah begitu cepat? Mungkinkah mereka begitu plin-plan?
Ada dua kemungkinan. Pertama, iman yang disebutkan dalam ayat 30 dan 31 bukan iman yang menyelamatkan. Mereka hanya mengaku percaya, tetapi tidak percaya dengan iman yang benar.710 Kedua, kelompok yang percaya dibahas dalam ayat 30-32, sedangkan ayat 33-59 membahas mereka yang melawan Dia sejak ayat 12.711
Tafsiran yang pertama sulit diterima, karena tidak ada pentunjuk dalam Injil Yohanes bahwa ada iman yang tidak menyelamatkan. Ide itu berasal dari suatu teologia yang tidak dapat menerima adanya orang yang percaya (dengan iman yang menyelamatkan!) tetapi belum menjadi murid Tuhan Yesus. Ungkapan yang dipakai dalam ayat 30, "percaya kepada-Nya", adalah ungkapan yang sama (baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Yunani) dengan ungkapan yang dipakai dalam Yohanes 3:16.
Tafsiran yang kedua dapat diterima, dan didukung dari struktur pasal ini. Sepanjang pasal ini ada suatu kelompok orang yang tetap melawan Dia. Mereka disebut "orang-orang Farisi" dalam ayat 13, "orang-orang Yahudi" dalam ayat 22, 48, 52, dan 57, dan "mereka" dalam ayat 14, 19, 23, 25, 27, 33, 34, 39, 41, 42, dan 59. Dari kelompok itu, muncullah sebuah kelompok orang yang percaya kepada Tuhan Yesus. Dengan kata, "kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya", Rasul Yohanes menandai bahwa ayat 31 dan 32 diucapkan oleh Tuhan Yesus kepada orang percaya itu. Tetapi "mereka" yang tidak percaya mendengar perkataan-Nya itu, dan mereka marah. Mereka memotong percapakan antara Tuhan Yesus dan orang Yahudi yang percaya, karena mereka berkeberatan dengan kata "memerdekakan", yang berarti mereka itu tidak merdeka. Orang Yahudi yang percaya tidak diberi kesempatan untuk menanggapi ayat 31-32, oleh karena teman-teman mereka yang tidak mau percaya menjadi marah, dan ramai-ramai berdebat dengan Tuhan Yesus. Dengan demikian bagian ini menyatakan kontras itu antara mereka yang percaya, dan mereka yang menolak, yang sudah dibahas dalam bahasan pasal 7:12.
Hagelberg: Yoh 8:56 - -- 8:56 Abraham bapamu bersukacita bahwa ia melihat745 hari-Ku dan ia telah melihatnya746 dan ia bersukacita."
Tiba-tiba Tuhan Yesus mengucapkan sesuatu ...
8:56 Abraham bapamu bersukacita bahwa ia melihat745 hari-Ku dan ia telah melihatnya746 dan ia bersukacita."
Tiba-tiba Tuhan Yesus mengucapkan sesuatu yang begitu besar, sehingga mereka terpaksa harus memilih. Dia memaksa supaya mereka memihak pada Dia, atau melawan Dia. Demikian juga dengan pemakaian ungkapan "Aku Adalah" dalam ayat 58, mereka harus memilih, dan sikap hati mereka harus dinyatakan.
Tuhan Yesus menegur mereka. Seolah-olah Dia berkata, "Dia yang kamu anggap sebagai bapamu, Abraham, dia bersukacita mengenai Aku, tetapi kamu mau membunuh Aku. Kamu munafik."
Mengenai masalah kapan Abraham melihat dan bersukacita, ada rabi Yahudi yang berkata bahwa Allah mengilhamkan rahasia-rahasia Zaman Mesias kepada Abraham.747 Jadi, mungkin Abraham bersukacita pada saat dia menerima ilham khusus dari Allah.748
Ungkapan hari-Ku hanya dipakai di sini dalam seluruh Alkitab. Ungkapan "Hari Tuhan" merujuk pada hari Kiamat, jadi tampaknya Dia menyamakan diri-Nya dengan Tuhan. Jelaslah, Tuhan Yesus berkata bahwa Dia adalah penggenapan pengharapan Abraham.
Hagelberg: Yoh 8:12-59 - -- 1. Di hari raya Pondok Daun II: perdebatan Yesus dengan \"orang-orang Yahudi\" (8:12-59)
1. Di hari raya Pondok Daun II: perdebatan Yesus dengan \"orang-orang Yahudi\" (8:12-59)
Hagelberg: Yoh 8:12--10:42 - -- D. Konfrontasi yang Radikal: puncak tanda, perbuatan, dan kata (8:12-10:42)
D. Konfrontasi yang Radikal: puncak tanda, perbuatan, dan kata (8:12-10:42)
II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)