kecilkan semua  

Teks -- Yohanes 15:12-17 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
15:12 Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. 15:13 Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya. 15:14 Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. 15:15 Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku. 15:16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu. 15:17 Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yoh 15:16 - PERGI DAN MENGHASILKAN BUAH. Nas : Yoh 15:16 Semua orang Kristen dipilih "dari dunia" (ayat Yoh 15:19) untuk "berbuah" (ayat Yoh 15:2,4-5,8). Berbuah ini menunjuk kepada (...

Nas : Yoh 15:16

Semua orang Kristen dipilih "dari dunia" (ayat Yoh 15:19) untuk "berbuah" (ayat Yoh 15:2,4-5,8). Berbuah ini menunjuk kepada

  1. (1) kebajikan-kebajikan rohani, seperti buah Roh yang disebutkan dalam Gal 5:22-23 -- kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri (bd. Ef 5:9; Kol 1:6; Ibr 12:11; Yak 3:18); dan
  2. (2) berusaha membawa orang kepada Kristus (Yoh 4:36; 12:24).

Jerusalem: Yoh 13:2--17:26 - -- Cerita tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya dan wejangan yang menyertainya, Yoh 13:2-20, merupakan pendahuluan bagi wejangan-wejangan besar yang...

Cerita tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya dan wejangan yang menyertainya, Yoh 13:2-20, merupakan pendahuluan bagi wejangan-wejangan besar yang diucapkan Yesus dalam bab 13-17. Sebagaimana disajikan oleh Yohanes wejangan-wejangan itu mempersatukan berbagai wejangan yang disampaikan Yesus pada waktu yang berbeda-beda.Bab 16 adalah majemuk sekali dan agaknya hanya dalam bentuk lain menyajikan sekali lagi apa yang dikatakan Yesus dalam bab 14. Wejangan-wejangan itu oleh Yohanes ditempatkan di sini, yakni pada saat Yesus beralih dari hidup di dunia ke hidup sorgawiNya, dengan maksud menyingkapkan makna hidup Yesus yang terdalam.

Ende: Yoh 15:16 - Menghasilkan buah-buah Dalam hubungan ini Jesus tentu memaksudkan buah-buah kekudusan jang diperoleh dengan memenuhi segala perintah.

Dalam hubungan ini Jesus tentu memaksudkan buah-buah kekudusan jang diperoleh dengan memenuhi segala perintah.

Ref. Silang FULL: Yoh 15:12 - mengasihi kamu · mengasihi kamu: Yoh 15:17; Yoh 13:34; Yoh 13:34

· mengasihi kamu: Yoh 15:17; Yoh 13:34; [Lihat FULL. Yoh 13:34]

Ref. Silang FULL: Yoh 15:13 - untuk sahabat-sahabatnya · untuk sahabat-sahabatnya: Kej 44:33; Yoh 10:11; Rom 5:7,8

· untuk sahabat-sahabatnya: Kej 44:33; Yoh 10:11; Rom 5:7,8

Ref. Silang FULL: Yoh 15:14 - adalah sahabat-Ku // yang Kuperintahkan · adalah sahabat-Ku: Ayub 16:20; Ams 18:24; Luk 12:4 · yang Kuperintahkan: Mat 12:50

· adalah sahabat-Ku: Ayub 16:20; Ams 18:24; Luk 12:4

· yang Kuperintahkan: Mat 12:50

Ref. Silang FULL: Yoh 15:15 - kepada kamu · kepada kamu: Yoh 8:26

· kepada kamu: Yoh 8:26

Ref. Silang FULL: Yoh 15:16 - menetapkan kamu // menghasilkan buah // dalam nama-Ku · menetapkan kamu: Yoh 15:19; Yoh 13:18 · menghasilkan buah: Yoh 15:5 · dalam nama-Ku: Mat 7:7; Mat 7:7

· menetapkan kamu: Yoh 15:19; Yoh 13:18

· menghasilkan buah: Yoh 15:5

· dalam nama-Ku: Mat 7:7; [Lihat FULL. Mat 7:7]

Ref. Silang FULL: Yoh 15:17 - yang lain · yang lain: Yoh 15:12

· yang lain: Yoh 15:12

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Yoh 15:12 - -- 15:12 Inilah perintah-Ku,1077 yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. Perintah-perintah yang harus ditaati diringkaskan ...

15:12 Inilah perintah-Ku,1077 yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu.

Perintah-perintah yang harus ditaati diringkaskan menjadi satu perintah: supaya kita saling mengasihi. Jika kita saling mengasihi seperti itu, pastilah segala perintah yang lain juga kita taati. Perintah ini disebut "perintah baru" dalam pasal 13:34. Standar kasih kita kepada saudara-saudara seiman adalah kasih Kristus kepada kita.

Hagelberg: Yoh 15:9-16 - -- b. Penjelasannya (15:9-16) Setelah mereka mendengar apa yang dikatakan dalam ayat 1-8, mereka ingin mengerti lebih banyak mengenai ungkapan "tinggal d...

b. Penjelasannya (15:9-16)

Setelah mereka mendengar apa yang dikatakan dalam ayat 1-8, mereka ingin mengerti lebih banyak mengenai ungkapan "tinggal di dalam Aku". Memang ungkapan itu bersifat umum, dan mereka memerlukan pengertian yang lebih spesifik dan tertentu. Arti kiasan pokok dan ranting anggur dijelaskan dalam bagian ini. Tuhan Yesus tidak lagi memakai kiasan dalam bagian ini. Dia berbicara terus-terang mengenai kehidupan kita yang terkait erat dengan Dia, yang menikmati kasih-Nya dan yang menuruti Firman-Nya.

Hagelberg: Yoh 15:12 - -- 15:12 Inilah perintah-Ku,1077 yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. Perintah-perintah yang harus ditaati diringkaskan ...

15:12 Inilah perintah-Ku,1077 yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu.

Perintah-perintah yang harus ditaati diringkaskan menjadi satu perintah: supaya kita saling mengasihi. Jika kita saling mengasihi seperti itu, pastilah segala perintah yang lain juga kita taati. Perintah ini disebut "perintah baru" dalam pasal 13:34. Standar kasih kita kepada saudara-saudara seiman adalah kasih Kristus kepada kita.

Hagelberg: Yoh 15:1-16 - -- 1. Pokok anggur dan ranting (15:1-16) Setelah Tuhan Yesus menginjili perempuan itu di sumur Yakob, murid-murid-Nya mengajak Dia makan, tetapi Dia menj...

1. Pokok anggur dan ranting (15:1-16)

Setelah Tuhan Yesus menginjili perempuan itu di sumur Yakob, murid-murid-Nya mengajak Dia makan, tetapi Dia menjawab, "Pada-Ku ada makanan yang tidak kamu kenal." Saat itu mereka belum mengerti mengenai pentingnya kehidupan yang "berbuah" bagi Allah Bapa. Percakapan ini dalam pasal 15 menjadi kesempatan yang baik untuk menguraikan hubungan yang erat antara murid dan Tuhan Yesus, suatu hubungan yang memungkinkan "buah" yang berkenan.

Dalam pasal 8:31-32, Tuhan Yesus berkata kepada orang-orang yang percaya kepada-Nya, "Jikalau kamu tetap1053 dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu." Pada waktu itu situasi tidak memungkinkan penjelasan lebih lanjut, tetapi di sini, pada saat-saat terakhir sebelum Dia dikhianati, Dia menjelaskan lebih dalam apa artinya "kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu".

Dalam pasal 14 pentingnya kasih dan ketaatan diuraikan lebih dalam. Pasal 14:23 menceritakan suatu hasil dari kasih dan ketaatan: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia." Tuhan Yesus sungguh menghendaki supaya murid-murid-Nya memahami hal ini sebelum Dia harus berpisah dari mereka, maka Dia kembangkan tema ini, dengan memakai suatu kiasan panjang mengenai pokok anggur dan rantingnya, yang menguraikan persekutan yang dinikmati oleh orang yang mengasihi dan menaati Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 15:1--16:33 - -- C. Pesan Perpisahan: bagian kedua (15:1-16:33)

C. Pesan Perpisahan: bagian kedua (15:1-16:33)

Hagelberg: Yoh 13:1--20:31 - -- IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31) Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah b...

IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)

Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah berakhir. Dia meninggalkan orang banyak, dan Dia memperhatikan murid-murid-Nya. Tema kematian-Nya semakin jelas dalam perkataan-Nya kepada mereka.

Hagelberg: Yoh 15:13 - -- 15:13 Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.1078 Ungkapan "seperti Aku telah meng...

15:13 Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.1078

Ungkapan "seperti Aku telah mengasihi kamu" dalam ayat 12 dikembangkan dalam ayat ini, sehingga besarnya kasih yang Dia punya menjadi nyata. Namun mungkin waktu itu murid-murid Tuhan Yesus belum dapat mengerti bahwa tidak lama lagi Tuhan Yesus sendiri menjadi seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabat-Nya. 1 Yohanes 3:16 meringkas dua ayat ini dengan kata, "Demikianlah kita ketahui kasih Kristus, yaitu bahwa Ia telah menyerahkan nyawa-Nya untuk kita; jadi kitapun wajib menyerahkan nyawa kita untuk saudara-saudara kita."

Hagelberg: Yoh 15:13 - -- 15:13 Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.1078 Ungkapan "seperti Aku telah meng...

15:13 Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.1078

Ungkapan "seperti Aku telah mengasihi kamu" dalam ayat 12 dikembangkan dalam ayat ini, sehingga besarnya kasih yang Dia punya menjadi nyata. Namun mungkin waktu itu murid-murid Tuhan Yesus belum dapat mengerti bahwa tidak lama lagi Tuhan Yesus sendiri menjadi seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabat-Nya. 1 Yohanes 3:16 meringkas dua ayat ini dengan kata, "Demikianlah kita ketahui kasih Kristus, yaitu bahwa Ia telah menyerahkan nyawa-Nya untuk kita; jadi kitapun wajib menyerahkan nyawa kita untuk saudara-saudara kita."

Hagelberg: Yoh 15:14 - -- 15:14 Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau1079 kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. Dalam 2 Tawarikh 20:7; Yesaya 41:8; dan Yakobus 2:23 Abraham d...

15:14 Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau1079 kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.

Dalam 2 Tawarikh 20:7; Yesaya 41:8; dan Yakobus 2:23 Abraham disebut sebagai sahabat (atau "kekasih") Allah. Mereka, dan juga kita, memperoleh kesempatan untuk ikut Abraham dalam status sahabat Tuhan Yesus, jikalau mereka taat. Seorang sahabat Kristus adalah seseorang yang taat. Orang itu tinggal di dalam Dia, dan firman-Nya tinggal di dalam orang itu. Dalam ayat ini Dia memakai sebuah istilah yang baru, sahabat-Ku, untuk menceritakan suatu status yang telah merupakan tema pokok bagian ini.

Dalam pasal 1-12, julukan "orang selamat" ditawarkan kepada barangsiapa percaya kepada Tuhan Yesus. Dalam bagian ini julukan sahabat-Ku ditawarkan kepada barangsiapa yang percaya dan berbuat apa yang Kuperintahkan kepadanya. Perbedaan ini penting. Sebaiknya tawaran yang pertama tidak dicampurkan dengan syarat tawaran kedua. Kita perlu membedakan antara dua tawaran ini dan syaratnya masing-masing.

Hagelberg: Yoh 15:14 - -- 15:14 Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau1079 kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. Dalam 2 Tawarikh 20:7; Yesaya 41:8; dan Yakobus 2:23 Abraham d...

15:14 Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau1079 kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.

Dalam 2 Tawarikh 20:7; Yesaya 41:8; dan Yakobus 2:23 Abraham disebut sebagai sahabat (atau "kekasih") Allah. Mereka, dan juga kita, memperoleh kesempatan untuk ikut Abraham dalam status sahabat Tuhan Yesus, jikalau mereka taat. Seorang sahabat Kristus adalah seseorang yang taat. Orang itu tinggal di dalam Dia, dan firman-Nya tinggal di dalam orang itu. Dalam ayat ini Dia memakai sebuah istilah yang baru, sahabat-Ku, untuk menceritakan suatu status yang telah merupakan tema pokok bagian ini.

Dalam pasal 1-12, julukan "orang selamat" ditawarkan kepada barangsiapa percaya kepada Tuhan Yesus. Dalam bagian ini julukan sahabat-Ku ditawarkan kepada barangsiapa yang percaya dan berbuat apa yang Kuperintahkan kepadanya. Perbedaan ini penting. Sebaiknya tawaran yang pertama tidak dicampurkan dengan syarat tawaran kedua. Kita perlu membedakan antara dua tawaran ini dan syaratnya masing-masing.

Hagelberg: Yoh 15:15 - -- 15:15 Aku tidak menyebut kamu lagi hamba,1080 sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku te...

15:15 Aku tidak menyebut kamu lagi hamba,1080 sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.

Kita diajak menjadi sahabat Allah! Allah yang telah menebus kita rindu melibatkan kita dalam apa yang diperbuat-Nya. Dia hendak bersekutu dengan kita sebagai sahabat. Tidak memuaskan hati Allah jika Dia hanya memiliki kita sebagai budak yang harus tunduk. Namun ayat yang sebelumnya mengatakan dengan jelas bahwa ada syarat menjadi sahabat Allah, yaitu kita harus berbuat apa yang Dia perintahkan kepada kita.

Menurut budaya dan hukum zaman itu, seorang hamba atau "budak" adalah sebuah alat yang dipakai untuk memperoleh suatu hasil. Dia tidak memiliki hak asasi manusia.1081 Seorang tuan yang memiliki budak-budak tidak berbicara kepada mereka supaya mereka ikut terbeban mengenai urusan-urusan tuan itu.

Dalam Roma 6:16-22 Rasul Paulus memakai ungkapan "budak kebenaran" dan "budak Allah", tetapi konteks itu jauh dari konteks ini. Dalam Surat Roma Rasul Paulus menjelaskan bahwa manusia harus mengabdi pada seorang tuan, yaitu kepada Allah, ataupun kepada dosa, dan tidak ada pilihan yang lain. Dalam konteks Yohanes pasal 15 kiasan tentang perbudakan digunakan dengan cara yang lain. Rasul Paulus membandingkan perbudakan pada dosa dengan perbudakan pada Allah, tetapi Tuhan Yesus membandingkan perbudakan dengan persahabatan. Paulus menghimbau supaya penyerahan kita total, sehingga kita menjadi seperti seorang budak di depan Allah, sedangkan Tuhan Yesus menceritakan kebaikan Allah, yang siap mengangkat kita pada status sahabat, asalkan penyerahan kita memungkinkan status tersebut!

Dia telah memberitahukan kepada mereka segala sesuatu yang telah Dia dengar dari Bapa-Nya. Namun pasal 16:12 berkata, "masih banyak hal yang harus" dikatakan kepada mereka, "tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya." Pasal 16:13 menjalaskan bahwa "apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran". Mereka masih perlu diajar, bukan karena ajaran Tuhan Yesus kurang lengkap, tetapi karena saat itu mereka "belum dapat menanggungnya."

Hagelberg: Yoh 15:15 - -- 15:15 Aku tidak menyebut kamu lagi hamba,1080 sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku te...

15:15 Aku tidak menyebut kamu lagi hamba,1080 sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.

Kita diajak menjadi sahabat Allah! Allah yang telah menebus kita rindu melibatkan kita dalam apa yang diperbuat-Nya. Dia hendak bersekutu dengan kita sebagai sahabat. Tidak memuaskan hati Allah jika Dia hanya memiliki kita sebagai budak yang harus tunduk. Namun ayat yang sebelumnya mengatakan dengan jelas bahwa ada syarat menjadi sahabat Allah, yaitu kita harus berbuat apa yang Dia perintahkan kepada kita.

Menurut budaya dan hukum zaman itu, seorang hamba atau "budak" adalah sebuah alat yang dipakai untuk memperoleh suatu hasil. Dia tidak memiliki hak asasi manusia.1081 Seorang tuan yang memiliki budak-budak tidak berbicara kepada mereka supaya mereka ikut terbeban mengenai urusan-urusan tuan itu.

Dalam Roma 6:16-22 Rasul Paulus memakai ungkapan "budak kebenaran" dan "budak Allah", tetapi konteks itu jauh dari konteks ini. Dalam Surat Roma Rasul Paulus menjelaskan bahwa manusia harus mengabdi pada seorang tuan, yaitu kepada Allah, ataupun kepada dosa, dan tidak ada pilihan yang lain. Dalam konteks Yohanes pasal 15 kiasan tentang perbudakan digunakan dengan cara yang lain. Rasul Paulus membandingkan perbudakan pada dosa dengan perbudakan pada Allah, tetapi Tuhan Yesus membandingkan perbudakan dengan persahabatan. Paulus menghimbau supaya penyerahan kita total, sehingga kita menjadi seperti seorang budak di depan Allah, sedangkan Tuhan Yesus menceritakan kebaikan Allah, yang siap mengangkat kita pada status sahabat, asalkan penyerahan kita memungkinkan status tersebut!

Dia telah memberitahukan kepada mereka segala sesuatu yang telah Dia dengar dari Bapa-Nya. Namun pasal 16:12 berkata, "masih banyak hal yang harus" dikatakan kepada mereka, "tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya." Pasal 16:13 menjalaskan bahwa "apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran". Mereka masih perlu diajar, bukan karena ajaran Tuhan Yesus kurang lengkap, tetapi karena saat itu mereka "belum dapat menanggungnya."

Hagelberg: Yoh 15:16 - -- 15:16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu ...

15:16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap,1082 supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.

Ajaran pemilihan Allah sudah diceritakan dalam Injil Yohanes.1083 Mungkin ajaran tersebut dikemukakan dalam konteks ini supaya mereka tidak menjadi sombong, sebagai sahabat Tuhan Yesus.

Menurut Carson1084 ayat ini menceritakan empat tujuan mengapa Tuhan Yesus memilih dan menetapkan mereka:

1) supaya mereka pergi

2) supaya mereka menghasilkan buah

3) supaya buah mereka tetap

4) supaya doa mereka dikabulkan oleh Allah Bapa

Pemakaian istilah pergi (dan juga istilah menetapkan1085) memberi kesan bahwa buah yang dimaksudkan dalam ayat ini adalah hasil penginjilan sedunia, hasil mereka sebagai utusan ke ujung bumi. Buah yang akan menetap adalah orang-orang di seluruh dunia yang akan mereka muridkan.

Sekali lagi Tuhan Yesus mengetengahkan tema doa yang dikabulkan. Dalam ayat 7 Dia telah menjelaskan bahwa kehidupan di dalam Dia dan doa yang dikabulkan tidak dapat dipisahkan. Dalam pasal 16:23 ajaran mengenai doa dikembangkan lagi.

Hagelberg: Yoh 15:16 - -- 15:16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu ...

15:16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap,1082 supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.

Ajaran pemilihan Allah sudah diceritakan dalam Injil Yohanes.1083 Mungkin ajaran tersebut dikemukakan dalam konteks ini supaya mereka tidak menjadi sombong, sebagai sahabat Tuhan Yesus.

Menurut Carson1084 ayat ini menceritakan empat tujuan mengapa Tuhan Yesus memilih dan menetapkan mereka:

1) supaya mereka pergi

2) supaya mereka menghasilkan buah

3) supaya buah mereka tetap

4) supaya doa mereka dikabulkan oleh Allah Bapa

Pemakaian istilah pergi (dan juga istilah menetapkan1085) memberi kesan bahwa buah yang dimaksudkan dalam ayat ini adalah hasil penginjilan sedunia, hasil mereka sebagai utusan ke ujung bumi. Buah yang akan menetap adalah orang-orang di seluruh dunia yang akan mereka muridkan.

Sekali lagi Tuhan Yesus mengetengahkan tema doa yang dikabulkan. Dalam ayat 7 Dia telah menjelaskan bahwa kehidupan di dalam Dia dan doa yang dikabulkan tidak dapat dipisahkan. Dalam pasal 16:23 ajaran mengenai doa dikembangkan lagi.

Hagelberg: Yoh 15:17 - -- 15:17 Perintah-perintah ini1086 Kuperintahkan kepadamu, supaya kamu mengasihi seorang akan yang lain." Tema kasih seorang kepada yang lain diulangi se...

15:17 Perintah-perintah ini1086 Kuperintahkan kepadamu, supaya kamu mengasihi seorang akan yang lain."

Tema kasih seorang kepada yang lain diulangi sebagai peralihan pada tema kebencian dari dunia. Kasih yang nyata antara sesama dalam Kristus terlihat oleh orang luar. Tuhan Yesus menghendaki supaya kita memahami tanggapan mereka pada kasih itu.

Hagelberg: Yoh 15:17--16:4 - -- 2. Oposisi dari dunia (15:17-16:4a) Melalui kiasan pokok anggur dan ranting-ranting serta penjelasannya kita mengerti bahwa kita harus tinggal di dala...

2. Oposisi dari dunia (15:17-16:4a)

Melalui kiasan pokok anggur dan ranting-ranting serta penjelasannya kita mengerti bahwa kita harus tinggal di dalam kasih Kristus, dan bahwa dengan sikap tersebut kita menghasilkan buah. Namun jika ada sikap dan buah tersebut, ada juga perlawanan. Dunia pasti membenci hubungan yang mantap antara murid dan Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 15:17 - -- 15:17 Perintah-perintah ini1086 Kuperintahkan kepadamu, supaya kamu mengasihi seorang akan yang lain." Tema kasih seorang kepada yang lain diulangi se...

15:17 Perintah-perintah ini1086 Kuperintahkan kepadamu, supaya kamu mengasihi seorang akan yang lain."

Tema kasih seorang kepada yang lain diulangi sebagai peralihan pada tema kebencian dari dunia. Kasih yang nyata antara sesama dalam Kristus terlihat oleh orang luar. Tuhan Yesus menghendaki supaya kita memahami tanggapan mereka pada kasih itu.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yoh 15:9-17 - Kasih Kristus terhadap Murid-murid-Nya Kasih Kristus terhadap Murid-murid-Nya (15:9-17) ...

SH: Yoh 15:9-17 - Kasih terbesar (Sabtu, 06 Maret 1999) Kasih terbesar Kasih terbesar. "Penyakit" yang sebenarnya paling dihindari setiap orang ialah keti...

SH: Yoh 15:9-17 - Kasih menghasilkan buah (Minggu, 2 April 2006) Kasih menghasilkan buah Judul: Kasih menghasilkan buah Pada perikop ini, panggilan gereja untuk me...

SH: Yoh 15:9-17 - Sekali lagi, mengasihi (Minggu, 9 Maret 2008) Sekali lagi, mengasihi Judul: Sekali lagi, mengasihi Entah ada berapa milyar murid Yesus yang kini hid...

SH: Yoh 15:9-17 - Menjadi Sahabat (Selasa, 23 Maret 2021) Menjadi Sahabat William Charles Fry (1837-1882) mengungkapkan keyakinan imannya bahwa Yesus adalah sahabat sejati...

SH: Yoh 15:1-8 - Tinggal dalam Yesus (Sabtu, 1 April 2006) Tinggal dalam Yesus Judul: Tinggal dalam Yesus Dalam Perjanjian Lama, Israel disebut sebagai kebun...

SH: Yoh 15:1-17 - Yesus dan kita (Senin, 18 Maret 2002) Yesus dan kita Yesus dan kita. Dalam perumpamaan ini, ada dua hal penting yang berkaitan dengan sudut...

SH: Yoh 15:1-17 - Tinggal di dalam Yesus (Jumat, 4 April 2014) Tinggal di dalam Yesus Judul: Tinggal di dalam Yesus Perpisahan dapat membuat hubungan di antara pihak...

Utley: Yoh 15:12-17 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 15:12-17...

Topik Teologia: Yoh 15:12 - -- Keselamatan Keselamatan Secara Umum Keselamatan adalah Didasarkan Atas Kasih Allah ...

Topik Teologia: Yoh 15:13 - -- Keselamatan Keselamatan Secara Umum Keselamatan adalah Didasarkan Atas Kasih Allah ...

Topik Teologia: Yoh 15:14 - -- Keselamatan Ketekunan Peringatan untuk Bertekun 1Ta 16:11 ...

Topik Teologia: Yoh 15:15 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Misi Yesus Yes...

Topik Teologia: Yoh 15:16 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam ...

Topik Teologia: Yoh 15:17 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Tugas Terhadap Orang Lain Pada Umumn...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah Tanggal Penulisan: 80-95 M...

Full Life: Yohanes (Garis Besar) Garis Besar Prolog tentang Logos (Yoh 1:1-18)...

Matthew Henry: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Kita tidak sedang membahas kapan dan di mana Injil ini dituliskan. Kita yakin Injil ini diberikan melalui inspirasi Allah kepada Yohanes, saudara Y...

Jerusalem: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INJIL YOHANES PENGANTAR INJIL YOHANES DAN SURAT-SURAT YOHANES Injil Yoh...

Ende: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN JOANES KATA PENGANTAR Karangan Indjil ini biasa disebut "Indjil keempat". Menurut riwajat...

Hagelberg: Yohanes (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Prakata Pendahuluan Injil Yohanes dapat diumpamakan sebagai sebuah kolam yang b...

Hagelberg: Yohanes (Garis Besar) GARIS BESAR I. KATA PENGANTAR (1:1-18...

Hagelberg: Yohanes DAFTAR PUSTAKA Daftar Kepustakaan Barrett, C. K., The Gospel According to St. John, an Introduction with C...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) "AKULAH POKOK ANGGUR" (Yohanes 15:1-16:4) Salinan luki...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (YOHANES 15:1-16:4) Yesus telah mengingatkan kita bah...

TFTWMS: Yohanes (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Lihat 9:22, 34, 35...

BIS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES PENGANTAR Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus d...

Ajaran: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusi...

Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Firman Allah terakhir kepada manusia INJIL YANG BERBEDA.Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan p...

Garis Besar Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #21: Untuk mempelajari Sejarah/Latar Belakang kitab/pasal Alkitab, gunakan Boks Temuan pada Tampilan Alkitab. [SEMUA]
dibuat dalam 0.13 detik
dipersembahkan oleh YLSA