kecilkan semua  

Teks -- Wahyu 13:7 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
13:7 Dan ia diperkenankan untuk berperang melawan orang-orang kudus dan untuk mengalahkan mereka; dan kepadanya diberikan kuasa atas setiap suku dan umat dan bahasa dan bangsa.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Topik/Tema Kamus: Perang | Lihat, Penglihatan | Wahyu | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Why 13:7 - BERPERANG MELAWAN ORANG-ORANG KUDUS. Nas : Wahy 13:7 Selama masa kesengsaraan itu, orang harus memilih apakah mereka akan mengikuti jalan yang mudah dan terkenal dari agama baru atau a...

Nas : Wahy 13:7

Selama masa kesengsaraan itu, orang harus memilih apakah mereka akan mengikuti jalan yang mudah dan terkenal dari agama baru atau akan percaya pada Kristus dan tetap setia saja.

  1. 1) Mereka yang tetap setia kepada Allah dan Firman-Nya akan dianiaya dan mungkin dibunuh

    (lihat cat. --> Wahy 6:9;

    lihat cat. --> Wahy 7:9).

    [atau ref. Wahy 6:9; 7:9]

  2. 2) Iblis akan "mengalahkan mereka", bukan dalam arti bahwa iman mereka dihancurkan, tetapi dalam kematian syahid (Wahy 6:9-11). Selama "empat puluh dua bulan" antikristus akan berperang melawan orang kudus (ayat Wahy 13:5).

Jerusalem: Why 4:1--16:21 - -- Dalam bab-bab ini dahulu Allah digambarkan duduk di atas takhtaNya di sorga diiringi isi sorga, bab 4. Kemudian pandangan merangkum dunia semesta yang...

Dalam bab-bab ini dahulu Allah digambarkan duduk di atas takhtaNya di sorga diiringi isi sorga, bab 4. Kemudian pandangan merangkum dunia semesta yang nasibnya diserahkan kepada Anak Domba. Ini dilambangkan oleh Kitab yang dimeterai, yang diserahkan kepada Anak Domba, bab 5. Lalu menyusullah berbagai penglihatan besar yang berupa lambang. Penglihatan-penglihatan itu, bab 6-16, menyiapkan "Hari Besar", yakni hari murka Allah menimpa para penganiaya, bab 17-19.

Jerusalem: Why 12:1--14:20 - -- Bab 12-14 Bagian ini melanjutkan penggambaran persiapan akhir dunia. Dengan cara dan gambar-gambar lain bagian ini melukiskan perjuangan yang kini ber...

Bab 12-14 Bagian ini melanjutkan penggambaran persiapan akhir dunia. Dengan cara dan gambar-gambar lain bagian ini melukiskan perjuangan yang kini berlangsung antara Naga dan Anak Domba. Bab 12 mencampurkan unsur-unsur dari dua penglihatan yang berbeda, yaitu: perjuangan Naga melawan Perempuan serta keturunannya, Wah 12:1-6 dan Wah 12:13-17; perjuangan Mikhael melawan Naga, Wah 12:7-12.

Ref. Silang FULL: Why 13:7 - untuk berperang // dan bangsa · untuk berperang: Dan 7:21; Wahy 11:7 · dan bangsa: Wahy 5:9; 7:9; 10:11; 17:15

· untuk berperang: Dan 7:21; Wahy 11:7

· dan bangsa: Wahy 5:9; 7:9; 10:11; 17:15

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Why 13:7 - -- 13:7 suku dan kaum dan bahasa dan bangsa

13:7 suku dan kaum dan bahasa dan bangsa

Hagelberg: Why 13:7 - -- 13:7 suku dan kaum dan bahasa dan bangsa

13:7 suku dan kaum dan bahasa dan bangsa

Hagelberg: Why 13:7 - -- 13:7 Dan kepadanya diberikan untuk berperang melawan orang-orang kudus dan untuk mengalahkan mereka; dan kepadanya diberikan kuasa atas setiap suku da...

13:7 Dan kepadanya diberikan untuk berperang melawan orang-orang kudus dan untuk mengalahkan mereka; dan kepadanya diberikan kuasa atas setiap suku dan kaum470 dan bahasa dan bangsa.

Terhadap yang di surga, dia hanya dapat "menghujat"; tetapi terhadap umat Allah yang masih di bumi dia berperang dengan kuasa yang diberikan kepadanya.

Sesungguhnya, Anti-Kristus dapat mengalahkan orang-orang kudus. Istilah mengalahkan471 yang dipakai di sini sama dengan kata yang dipakai dalam pasal 12:11, saat Yohanes berkata, "Dan mereka (saudara-saudara kita) mengalahkan dia (pendakwa) oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka." Istilah yang sama juga dipakai dalam pasal 11:7 dan dalam pasal 15:2. Kata tersebut juga dipakai tujuh kali dalam pasal 2-3 mengenai "barangsiapa yang menang". Ini tidak kontradiktif, karena Iblis hanya dapat mengalahkan mereka secara jasmani, dan sebaliknya mereka dapat mengalahkan Iblis secara rohani dan kekal.472

Anti-Kristus bukan merupakan seorang raja yang mempunyai kerajaan biasa. Tidak lama lagi, Kristus akan mendirikan Kerajaan Seribu Tahun di seluruh bumi. Kerajaan Anti-Kristus adalah tiruannya! Dia Raja Dunia. Dia berkuasa atas setiap suku dan umat dan bahasa dan bangsa. Keempat istilah ini dipakai dalam pasal 5:9; 7:9; 10:11; 11:9; 14:6; dan 17:15, yaitu tujuh nas. Menurut Bauckham,473 angka empat sering mengacu pada dunia, dan angka tujuh adalah angka totalitas, maka dengan memakai empat istilah ini tujuh kali, Yohanes menegaskan bahwa apa yang ditulisnya adalah untuk seluruh bumi. Dapat juga diamati bahwa urutan keempat kata ini tidak sama dalam ketujuh nas tersebut.

Hagelberg: Why 13:7 - -- 13:7 Dan kepadanya diberikan untuk berperang melawan orang-orang kudus dan untuk mengalahkan mereka; dan kepadanya diberikan kuasa atas setiap suku da...

13:7 Dan kepadanya diberikan untuk berperang melawan orang-orang kudus dan untuk mengalahkan mereka; dan kepadanya diberikan kuasa atas setiap suku dan kaum470 dan bahasa dan bangsa.

Terhadap yang di surga, dia hanya dapat "menghujat"; tetapi terhadap umat Allah yang masih di bumi dia berperang dengan kuasa yang diberikan kepadanya.

Sesungguhnya, Anti-Kristus dapat mengalahkan orang-orang kudus. Istilah mengalahkan471 yang dipakai di sini sama dengan kata yang dipakai dalam pasal 12:11, saat Yohanes berkata, "Dan mereka (saudara-saudara kita) mengalahkan dia (pendakwa) oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka." Istilah yang sama juga dipakai dalam pasal 11:7 dan dalam pasal 15:2. Kata tersebut juga dipakai tujuh kali dalam pasal 2-3 mengenai "barangsiapa yang menang". Ini tidak kontradiktif, karena Iblis hanya dapat mengalahkan mereka secara jasmani, dan sebaliknya mereka dapat mengalahkan Iblis secara rohani dan kekal.472

Anti-Kristus bukan merupakan seorang raja yang mempunyai kerajaan biasa. Tidak lama lagi, Kristus akan mendirikan Kerajaan Seribu Tahun di seluruh bumi. Kerajaan Anti-Kristus adalah tiruannya! Dia Raja Dunia. Dia berkuasa atas setiap suku dan umat dan bahasa dan bangsa. Keempat istilah ini dipakai dalam pasal 5:9; 7:9; 10:11; 11:9; 14:6; dan 17:15, yaitu tujuh nas. Menurut Bauckham,473 angka empat sering mengacu pada dunia, dan angka tujuh adalah angka totalitas, maka dengan memakai empat istilah ini tujuh kali, Yohanes menegaskan bahwa apa yang ditulisnya adalah untuk seluruh bumi. Dapat juga diamati bahwa urutan keempat kata ini tidak sama dalam ketujuh nas tersebut.

Hagelberg: Why 6:1--20:3 - -- B. Masa Kesengsaraan (6:1-20:3) Bentuk Bagian Ini Bentuk bagian yang mengisahkan masa kesengsaraan ini menarik. Ada tujuh segel, tujuh sangkakala, dan...

B. Masa Kesengsaraan (6:1-20:3)

Bentuk Bagian Ini

Bentuk bagian yang mengisahkan masa kesengsaraan ini menarik. Ada tujuh segel, tujuh sangkakala, dan tujuh cawan. (Mungkinkah Mazmur 79:12, yang berkata, "Dan balikkanlah ke atas pangkuan tetangga kami tujuh kali lipat cela yang telah didatangkan kepada-Mu, ya Tuhan!" melatarbelakangi hukuman tujuh segel, tujuh sangkakala, dan tujuh cawan?) Segel, sangkakala, dan cawan ini merupakan kerangka atau garis besar dari bagian ini. Enam segel itu dibuka Tuhan, disertai hukuman atas bumi. Lalu segel yang ketujuh terdiri dari tujuh sangkakala.299 Keenam sangkakala pertama diceritakan, lalu yang ketujuh terdiri dari tujuh cawan. Struktur ini menekankan dahsyatnya hukuman atas "mereka yang diam di bumi". Segel yang ketujuh merupakan ketujuh sangkakala, dan sangkakala yang ketujuh merupakan ketujuh cawan.300 Jadi, sesudah "yang diam di bumi" mengalami hukuman-hukuman dahsyat yang mulai dari segel yang pertama sampai dengan segel yang keenam, mungkin mereka akan berpikir, "Tinggal hanya satu hukuman lagi, bukankah ada tujuh segel?" Tetapi mereka akan heran, sebab yang "satu" lagi itu terdiri dari tujuh hukuman lagi, yang ditandai dengan tujuh sangkakala. Lalu, sesudah hukuman-hukuman dari enam sangkakala, mungkin mereka akan berpikir, "Akhirnya, hanya satu hukuman lagi..." tetapi mereka akan heran, karena yang "satu" lagi itu terdiri dari tujuh hukuman lagi, yang disebut tujuh cawan.301

Struktur ini menekankan betapa dahsyatnya hukuman-hukuman itu. Selain itu, ternyata segel, sangkakala, dan cawan menjadi garis besar, kerangka, atau "rantai" kisah ini. Selain "rantai kisah" ini ada beberapa hal lain yang juga disisipkan. Setiap "tambahan" ini juga merupakan dorongan untuk ketujuh jemaat itu.

Bagian ini menceritakan "Masa Kesengsaraan", yang merupakan "minggu" yang ke-70 dalam Kitab Daniel pasal 9, suatu masa yang berkelanjutan tujuh tahun. Di antara nas-nas yang lain, Amos 5:18-20 menceritakan kesengsaraan yang akan dialami umat Israel pada masa itu.

Menurut tafsiran lain, keenam segel dalam Wahyu 6 melambangkan masa ini, "zaman gereja", yang penuh dengan peperangan dan penderitaan seperti dikatakan di dalam Markus 13:5-13 ("Semua itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru").

Tetapi paham tersebut agak sulit diterima, kalau kita membaca 6:8, "Dan kepada mereka diberikan kuasa atas seperempat dari bumi untuk membunuh dengan pedang dan dengan kelaparan dan sampar, dan dengan binatang-binatang buas yang ada di bumi." Jadi kalau segel yang keempat dibuka, paling tidak kira-kira satu milyar orang akan dibunuh. Itu bukan zaman sekarang. Alasan lain berkaitan dengan permintaan Tuhan Yesus, yang disebutkan dalam Wahyu 5 dan Mazmur 2:8. Seandainya enam segel itu menceritakan keadaan kita dalam "zaman gereja", artinya gulungan kitab itu sudah diminta Tuhan, dan segel itu sedang dibuka. Dengan demikian, menurut tafsiran tersebut, pembukaan enam segel menghabiskan waktu 2000 tahun, tetapi tujuh sangkakala dan tujuh cawan hanya makan waktu kurang dari tiga tahun. Ini tidak mustahil, tetapi agak aneh.

Lebih baik, sesuai dengan dahsyatnya pembukaan segel dan kepentingan pengambilan gulungan kitab, pengambilan gulungan kitab dianggap permulaan Masa Kesengsaraan, dan pembukaan segel dianggap sebagai sebagian dari hukuman Allah atas "yang diam di bumi" pada Masa Kesengsaraan. Hukuman yang dahsyat harus mendahului pendirian Kerajaan Allah di bumi, sangat jelas dalam Amos 5:18-20 dan Yesaya 2:12-21.

Isi Bagian Ini

Dari segi isi (bukan bentuk), bagian ini ada kesamaannya dengan Markus 13 (juga Matius 24 dan Lukas 21), saat Tuhan Yesus bernubuat mengenai akhir zaman. Beasley-Murray302 mencatat kesamaan-kesamaan tersebut sebagai berikut:

Markus 13

Wahyu 6

1. Perang-perang

1. Perang-perang

2. Perselisihan inter-

nasional

2. Perselisihan inter-

nasional

3. Gempa bumi

3. Kelaparan

4. Kelaparan

4. Wabah/sampar

5. Penganiayaan

5. Penganiayaan

6. Gerhana, bintang

berjatuhan,

goncangan

kuasa-kuasa langit

6. Gempa bumi, gerhana,

bintang berjatuhan,

pembesar bersembunyi

di gua, langit menyusut

Hagelberg: Why 4:1--22:21 - -- III. Bagian Ketiga: \"... apa yang akan terjadi sesudah ini...\" (4:1-22:21) Dengan membandingkan Wahyu 1:19 ("Tuliskanlah... apa yang akan terjadi s...

III. Bagian Ketiga: \"... apa yang akan terjadi sesudah ini...\" (4:1-22:21)

Dengan membandingkan Wahyu 1:19 ("Tuliskanlah... apa yang akan terjadi sesudah ini") dan 4:1 ("Naiklah kemari dan Aku akan menunjuk kepadamu apa yang harus terjadi sesudah ini") kita mengetahui bahwa pasal 4 merupakan permulaan dari bagian ketiga. Bagian ketiga ini akan menceritakan "apa yang akan/harus terjadi sesudah" hal-hal mengenai ketujuh jemaat. Apa yang dibahas dalam pasal 1-3 sudah terjadi. Ketujuh jemaat itu sudah tidak ada lagi, sedangkan apa yang digambarkan dalam pasal 4-22 belum terjadi.

Fungsi bagian ini:

Memang Tuhan Yesus sudah menjanjikan pahala yang indah dan hebat kepada yang setia, kepada "barangsiapa yang menang", kepada "yang menuruti apa yang tertulis di dalam" Kitab Wahyu. Dalam bagian ketiga ini dibuktikan bahwa janji-janji itu bukan omong kosong, tetapi Dia mampu menggenapi janji-Nya, karena Dia akan mengalahkan musuh-Nya dan mendirikan Kerajaan-Nya. Juga, mereka yang menganiaya anggota jemaat Kristus akan dikalahkan oleh Raja atas segala raja, sehingga mereka yang dianiaya akan dihibur dan didorong untuk setia di dalam penganiayaan.

Struktur bagian ini:

Struktur bagian ini dapat dibagi ke dalam beberapa bagian, sebagai berikut:

Visi Takhta sebagai Pendahuluan, 4:1-5:14

Masa Kesengsaraan, 6:1-20:3

Kerajaan Seribu Tahun, 20:4-15

Yerusalem yang Baru, 21:1-22:5

Penjelasan Akhir dari Penglihatan, 22:6-17

Bagian Penutup dari Kitab, 22:18-21

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Why 13:1-10 - Binatang yang Keluar dari dalam Laut Penggambaran lebih jauh lagi mengenai musuh-musuh jemaat dalam bentuk yan...

SH: Why 13:1-18 - Binatang-binatang yang mengerikan (Jumat, 8 November 2002) Binatang-binatang yang mengerikan Binatang-binatang yang mengerikan. Dalam upaya memerangi umat A...

SH: Why 13:1-18 - Kuasa tipu daya (Rabu, 23 November 2005) Kuasa tipu daya Judul: Kuasa tipu daya Tujuan utama hidup manusia adalah menyembah dan melakukan k...

SH: Why 13:1-18 - Judul: Baca Gali Alkitab 4 (Jumat, 28 November 2014) Judul: Baca Gali Alkitab 4 Apa saja yang Anda baca? 1. Seperti apakah rupa binatang yang keluar dari dalam la...

SH: Why 13:1-10 - Kristus palsu (Jumat, 28 November 2014) Kristus palsu Judul: Kristus palsu Tritunggal yang najis merupakan musuh utama Tritunggal sejati. Tent...

SH: Why 13:1-10 - Tabah dalam Iman (Senin, 3 Oktober 2022) Tabah dalam Iman Dalam film seri Early Edition (tahun 1990-an), Gary Hobson selalu mendapat surat kabar edisi har...

Utley: Why 13:7-10 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 13:7-10...

TFTWMS: Why 13:3-8 - Pelajaran Empat: Iblis Menggunakan Tekanan Teman PELAJARAN EMPAT: IBLIS MENGGUNAKAN TEKANAN TEMAN (Wahyu 13:3, 4, 8) ...

TFTWMS: Why 13:5-7 - Pelajaran Lima: Iblis Dibatasi PELAJARAN LIMA: IBLIS DIBATASI (Wahyu 13:5, 7) Kebenaran yang sejauh...

TFTWMS: Why 13:1-7 - Pelajaran Tiga: Iblis Menggunakan Kekuatan PELAJARAN TIGA: IBLIS MENGGUNAKAN KEKUATAN (Wahyu 13:1, 2, 4, 7) ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Perjuangan dan Penyelesaian Tanggal Penulisan...

Full Life: Wahyu (Garis Besar) Garis Besar Prolog (Wahy 1:1-8) ...

Matthew Henry: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tidak semestinya mengurangi nama baik dan wewenang kitab ini bahwa ia sud...

Jerusalem: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Kata "Wahyu" dalam judul Kitab in...

Ende: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHJU JOANES KATA PENGANTAR Tjorak chas karangan ini Dalam ajat pertama, mengenai isinja, karangan ini di...

Hagelberg: Wahyu (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Walaupun kitab ini seringkali ditafsirkan dengan pendekatan yang bermacam-macam, sang...

Hagelberg: Wahyu (Garis Besar) GARIS BESAR wahyu I. Bagian Pertama: "...apa yang telah kaulihat..." (...

Hagelberg: Wahyu DAFTAR PUSTAKA wahyu Daftar Kepustakaan Bauckham, Richard, The Climax of Prophecy: Studies on the B...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) LIHAT , DENGAR , DAN SIMAK WAHYU 13:1-10 Tuj...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 13:1-10) Ketika saya mengacukan ayat ...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 "Tiga R" meliputi keterampilan dasar reading [membaca], writing [menulis], dan arith...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) "PENGANGKATAN" Meskipun banyak tokoh agama berbicara tentang Pengangkatan, jutaan orang tetap bingung dengan ist...

BIS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Wahyu Kepada Yohanes ini ditulis pada masa orang-orang Kristen ditekan dan dian...

Ajaran: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran yang ada dalam Kitab Wahyu, sehingga mereka melakukannya dal...

Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Apa yang akan terjadi pada masa depan PENULIS.Penulisnya disebut sebagai 'Yohanes' sebanyak empat kali (...

Garis Besar Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Wah 1:1-20...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #25: Tekan Tombol pada halaman Studi Kamus untuk melihat bahan lain berbahasa inggris. [SEMUA]
dibuat dalam 0.07 detik
dipersembahkan oleh YLSA