Teks -- Mazmur 99:1-3 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life -> Mzm 99:3
Full Life: Mzm 99:3 - NAMA-MU YANG BESAR DAN DAHSYAT; KUDUSLAH IA.
Nas : Mazm 99:3
Tuhan Allah demikian mengagumkan dan kudus sehingga nama-Nya pun
harus diperlakukan dengan penuh hormat. Jangan sekali-kali meremeh...
Nas : Mazm 99:3
Tuhan Allah demikian mengagumkan dan kudus sehingga nama-Nya pun harus diperlakukan dengan penuh hormat. Jangan sekali-kali meremehkan Allah karena Dia bertakhta jauh di atas kekuatan, keadilan, kemurnian dan kebesaran manusia. Kita harus mengasihi dan takut akan Allah (ayat Mazm 99:1-2) dan waspada sehingga tidak memakai nama-Nya secara sembarangan seperti yang diperbuat oleh dunia
(lihat cat. --> Kel 20:7;
lihat cat. --> Mat 6:9).
BIS -> Mzm 99:1
Jerusalem: Mzm 99:1-9 - TUHAN, Raja yang kudus Mazmur ini juga memuji Tuhan sebagai Raja, bdk Maz 47+, di akhir zaman, tetapi khususnya menonjolkan kekudusanNya. Lagu ini terdiri atas tiga bagian y...
Mazmur ini juga memuji Tuhan sebagai Raja, bdk Maz 47+, di akhir zaman, tetapi khususnya menonjolkan kekudusanNya. Lagu ini terdiri atas tiga bagian yang masing-masing ditutup dengan seruan: Kuduslah Ia (TUHAN), Maz 99;3,5,9. Tuhan diluhurkan sebagai Raja di Sion, tempat kediamanNya, Maz 99:1-3, sebagai Yang Kudus dan Penegak tata susila, Maz 99:4-5. Tetapi Ia juga Pengampun dan Penyayang, Maz 99:6-8. Maka sepatutnyalah orang sujud menyembahNya, Maz 99:9.
Jerusalem: Mzm 99:2 - Kuduslah Bdk Maz 6:3-5; Im 17:1+. Kekudusan adalah sifat hakiki Allah dan pertama-tama berarti: Allah samasekali berbeda dengan makhluk-makhlukNya, jauh melamp...
Bdk Maz 6:3-5; Im 17:1+. Kekudusan adalah sifat hakiki Allah dan pertama-tama berarti: Allah samasekali berbeda dengan makhluk-makhlukNya, jauh melampauinya dan terpisah dari padanya, sehingga Allah tidak terhampiri dan sangat menakutkan (secara agamiah; menimbulkan rasa keseganan), bdk Kel 33:20+. Kekudusan itu mencakup juga apa atau siapa yang mendekati Tuhan dan dikuduskan. Karena bersangkutan dengan ibadat, maka kekudusan berkaitan dengan ketahiran juga. Tetapi terutama kekudusan Allah menyangkut tata susila. Allah yang kudus menegakkan dan mempertahankan tata susila dan menuntut bahwa manusia berlaku sesuai tata susila itu.
Ende -> Mzm 99:1-9; Mzm 99:1
Ende: Mzm 99:1-9 - -- Mazmur ini terdiri atas tiga bagian, jang masing2 ditutup dengan kuduslah Ia
(Jahwe) (Maz 99:1-3,4-5,6-9). Lagu inipun memudji Radja Jahwe di Sion
(Ma...
Mazmur ini terdiri atas tiga bagian, jang masing2 ditutup dengan kuduslah Ia (Jahwe) (Maz 99:1-3,4-5,6-9). Lagu inipun memudji Radja Jahwe di Sion (Maz 99:1-3), chususnja sebagai Jang Kudus dan pendiri tatasusila antara manusia (Maz 99:4-5). Namun ia djuga pengampun dan berbelaskasihan (Maz 99:6-8). Mazmur ditutup dengan adjakan untuk bersudjud didepan kekudusan Allah (Maz 99:9).
Barangkali lagu ini dinjanjikan oleh beberapa golongan penjanji.
itu adalah gambar (atau patung) diatas Peti Perdjandjian di Bait-Allah.
Ref. Silang FULL: Mzm 99:1 - itu Raja // bangsa-bangsa gemetar // Ia duduk // atas kerub-kerub · itu Raja: 1Taw 16:31; 1Taw 16:31; Mazm 97:1; Mazm 97:1
· bangsa-bangsa gemetar: Kel 15:14; Kel 15:14; 1Taw 16:30; 1Taw 16:30
· ...
· itu Raja: 1Taw 16:31; [Lihat FULL. 1Taw 16:31]; Mazm 97:1; [Lihat FULL. Mazm 97:1]
· bangsa-bangsa gemetar: Kel 15:14; [Lihat FULL. Kel 15:14]; 1Taw 16:30; [Lihat FULL. 1Taw 16:30]
Ref. Silang FULL: Mzm 99:2 - maha besar // di Sion // Ia tinggi · maha besar: Mazm 48:2; Mazm 48:2
· di Sion: Mazm 2:6
· Ia tinggi: Kel 15:1; Mazm 46:11; 97:9; 113:4; 148:13
· maha besar: Mazm 48:2; [Lihat FULL. Mazm 48:2]
· di Sion: Mazm 2:6
· Ia tinggi: Kel 15:1; Mazm 46:11; 97:9; 113:4; 148:13