Teks -- Yohanes 20:23-31 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Yoh 20:23 - JIKALAU KAMU MENGAMPUNI DOSA ORANG.
Nas : Yoh 20:23
Lihat cat. --> Mat 16:19.
[atau ref. Mat 16:19]
Full Life: Yoh 20:28 - YA TUHANKU DAN ALLAHKU.
Nas : Yoh 20:28
Alkitab menyatakan bahwa Yesus itu Allah. Inilah landasan dari iman
Kristen dan sangat penting bagi keselamatan kita. Kalau Kristus...
Nas : Yoh 20:28
Alkitab menyatakan bahwa Yesus itu Allah. Inilah landasan dari iman Kristen dan sangat penting bagi keselamatan kita. Kalau Kristus bukan Allah, tidak mungkin Ia mengadakan pendamaian bagi dosa-dosa dunia ini. Ke-Allahan Yesus ditunjukkan oleh hal-hal berikut:
- 1) Alkitab memberikan nama-nama ilahi kepada-Nya:
- (a) Allah (Yoh 20:28; Yes 9:5; Rom 9:5; Tit 2:13; Ibr 1:8);
- (b) Anak Allah (Yoh 5:25; Mat 16:16-17; 8:29; 27:40,43; Mr 14:61-62; Luk 22:70);
- (c) Yang Awal dan Yang Akhir (Wahy 1:17; 2:8; 22:13);
- (d) Alfa dan Omega (Wahy 1:8; 22:13);
- (e) Awal dan Akhir (Wahy 22:13);
- (f) Yang Kudus (Hos 11:9; Kis 3:14);
- (g) Tuhan (Luk 2:11; Kis 4:33; 9:17; 16:31);
- (h) Tuhan dari semua orang dan Raja kemuliaan (Mazm 24:8-10; Kis 10:36; 1Kor 2:8).
- 2) Penyembahan ilahi diberikan kepada Kristus (Yoh 5:23; 13:13; Yoh 20:28; Mat 14:33; Luk 5:8), dan doa-doa dipanjatkan kepada-Nya (Kis 7:59; 1Kor 1:2; 2Kor 12:8-9).
- 3) Jabatan-jabatan ilahi ditetapkan kepada-Nya:
- (a) pencipta semesta alam (Yoh 1:3; Kol 1:16; Ibr 1:8,10; Wahy 3:14);
- (b) penopang segala sesuatu (Kol 1:17; Ibr 1:3);
- (c) yang mengampuni dosa (Mr 2:5,10; Luk 7:48-50);
- (d) pemberi hidup kebangkitan (Yoh 5:28-29; 6:39-44);
- (e) hakim semua orang (Yoh 5:21-23; Mat 25:31-46; Kis 17:31; 2Tim 4:1);
- (f) pemberi keselamatan (Yoh 5:24-26; 6:47; 10:28; 17:2).
- 4) PB melihat Kristus dalam pernyataan-pernyataan PL tentang Tuhan: bd. Mazm 23:1 dengan Yoh 10:11; Mazm 102:25-28 dengan Ibr 1:10-12; Yes 8:13-14 dengan 1Pet 2:7-8; Yer 17:10 dengan Wahy 2:23; Yeh 34:11-12 dengan Luk 19:10.
- 5) Nama Yesus Kristus dikaitkan dengan nama Allah Bapa (Yoh 14:1,23; Mat 28:19; Rom 1:7; 2Kor 13:14; Kol 2:2; 1Tes 3:11; Yak 1:1; Wahy 5:13; 7:10).
- 6) Ketidakberdosaan dan kesucian Kristus bersaksi tentang keilahian-Nya (Luk 1:35; 2Kor 5:21; Ibr 4:15).
- 7) Kristus dinyatakan sebagai Anak Allah melalui kebangkitan-Nya
(Rom 1:4).
Bukti-bukti yang meyakinkan tentang keilahian Kristus berarti bahwa orang
Kristen harus bersikap sama terhadap Kristus sebagaimana terhadap Allah
Bapa. Mereka harus percaya kepada-Nya, menyembah Dia, berdoa kepada-Nya,
melayani dan mengasihi Dia (juga
lihat cat. --> Yoh 1:1;
lihat cat. --> Mr 1:11,
mengenai Trinitas).
BIS -> Yoh 20:31
percaya: beberapa naskah kuno: tetap percaya.
Var: murid-murid itu.
Ende: Yoh 20:23 - Siapa jang kamu ampuni ... Disini Jesus memberi rasul-rasul kuasa
kehakiman atas dosa-dosa orang.
... Disini Jesus memberi rasul-rasul kuasa kehakiman atas dosa-dosa orang.
Ende: Yoh 20:31 - Hidup dalam namaNja dalam kesatuan dengan Dia.
Yoh 20:31 mengesankan bahwa Joanes mula-mula bermaksud menutup
karangannja dengan ajat ini, dan baru kemudian menambahkan b...
dalam kesatuan dengan Dia.
Yoh 20:31 mengesankan bahwa Joanes mula-mula bermaksud menutup karangannja dengan ajat ini, dan baru kemudian menambahkan bab 21 ini lagi.
· tetap ada: Mat 16:19; 18:18
Ref. Silang FULL: Yoh 20:25 - dalam lambung-Nya // akan percaya · dalam lambung-Nya: Yoh 20:20
· akan percaya: Mr 16:11
Ref. Silang FULL: Yoh 20:26 - Damai sejahtera // bagi kamu · Damai sejahtera: Yoh 14:27; Yoh 14:27
· bagi kamu: Yoh 20:21
Ref. Silang FULL: Yoh 20:29 - engkau percaya // namun percaya · engkau percaya: Yoh 3:15; Yoh 3:15
· namun percaya: 1Pet 1:8
Ref. Silang FULL: Yoh 20:30 - tanda lain // kitab ini · tanda lain: Yoh 2:11; Yoh 2:11
· kitab ini: Yoh 21:25
Ref. Silang FULL: Yoh 20:31 - kamu percaya // Anak Allah // dalam nama-Nya · kamu percaya: Yoh 3:15; Yoh 3:15; Yoh 19:35
· Anak Allah: Mat 4:3; Mat 4:3
· dalam nama-Nya: Mat 25:46; Mat 25:46
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg -> Yoh 20:23; Yoh 20:19-23; Yoh 20:23; Yoh 20:1-31; Yoh 13:1--20:31; Yoh 20:24; Yoh 20:24-29; Yoh 20:24; Yoh 20:25; Yoh 20:25; Yoh 20:26; Yoh 20:26; Yoh 20:27; Yoh 20:27; Yoh 20:28; Yoh 20:28; Yoh 20:29; Yoh 20:29; Yoh 20:30; Yoh 20:30-31; Yoh 20:30; Yoh 20:31; Yoh 20:31
Hagelberg: Yoh 20:23 - -- 20:23 Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada."1414
Demikian juga pe...
20:23 Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada."1414
Demikian juga pemberian otoritas mengampuni dosa orang sangat penting dari segi pengutusan yang diceritakan dalam ayat 21 di atas. Tuhan Yesus diutus dengan otoritas mengampuni dosa orang menurut pasal 9:39-41. Kalau Tuhan Yesus mengutus mereka sama seperti Bapa telah mengutus Dia, maka mereka juga memerlukan otoritas mengampuni dosa orang.1415 Namun perlu diingat bahwa Tuhan Yesus tidak mengampuni dosa tanpa iman dalam hati mereka yang diampuni (pasal 3:16) ataupun di luar pilihan Allah Bapa (demikian doa Tuhan Yesus dalam pasal 17:2 "Sama seperti Engkau telah memberikan kepada-Nya kuasa atas segala yang hidup, demikian pula Ia akan memberikan hidup yang kekal kepada semua yang telah Engkau berikan kepada-Nya."). Pengampunan dosa tidak dapat dipisahkan dari iman dalam Tuhan Yesus ataupun pilihan Bapa.
Memang pasal 20:23 ini dipakai oleh orang yang hendak memberi otoritas rohani yang luar biasa kepada orang-orang yang ditabiskan dalam gereja mereka. Biasanya orang seperti itu tidak melihat bahwa mereka yang disebutkan dalam Epesus 4:11 (yaitu "baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar") ditugaskan "untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus" dalam Epesus 4:12, bukan untuk menjalankan pelayanan masing-masing. Demikian juga mereka tidak menekankan Efesus 4:16 yang berkata, "Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, --yang rapih tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota--menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih."
Mungkin mereka hendak berkata bahwa ayat ini memberi kuasa itu secara khusus kepada kesebelas murid, yang akan menjadi rasul, tetapi Yohanes tidak berkata bahwa mereka yang dimaksudkan dalam ayat ini, atau dalam ayat 20-23, terbatas pada kesebelas rasul. Yohanes hanya menjelaskan bahwa Tomas tidak hadir waktu itu. Namun Lukas 24:33, yang menceritakan peristiwa yang sama,1416 berkata bahwa yang hadir pada waktu itu adalah "kesebelas murid itu... bersama-sama dengan teman-teman mereka." Lukas berkata dengan jelas bahwa lebih dari "kesebelas murid itu" berada di situ. Apa yang dikatakan dalam ayat 21-23 tidak perlu dibatasi secara khusus bagi rasul-rasul dan keturunan mereka, karena Yohanes ataupun Tuhan Yesus tidak memberi petunjuk bahwa jumlah mereka yang diberi otoritas harus dibatasi.
Orang-orang Yahudi, seperti semua mereka yang berada dalam kamar itu malam hari itu, mengerti bahwa hanya Allah sendiri yang dapat mengampuni dosa (Markus 2:7). Tuhan Yesus tidak mau meniadakan paham tersebut, tetapi Dia mau melibatkan kita dalam proses itu, sesuai dengan bahasan ayat 21 di atas. Sebaiknya ketiga ayat ini dimengerti seperti ini: "Kamu Kuutus (ayat 21), kamu pergi dengan pertolongan Roh Kudus (ayat 22), dan kamu memberitakan Injil Keselamatan sehingga barangsiapa mendengar dan percaya, diampuni (ayat 23). Jika orang tidak mendengar dan percaya Injil, maka dosa mereka tidak diampuni." Bukankah ini sesuai dengan inti dari Injil Yohanes? Sekali lagi, tidak mungkin pengampunan dosa dipisahkan dari pilihan Allah Bapa ataupun iman dalam nama Tuhan Yesus. Ayat ini tidak mungkin berarti bahwa ada manusia yang mempunyai otoritas untuk mengampuni dosa sembarang orang, jika mereka di luar pilihan Allah dan tanpa iman.
Dalam Injil Yohanes kita sudah mengamati tema bahwa Tuhan Yesus menghakimi, seperti dalam pasal 3:17; 9:39; dan 12:31. Pekerjaan penghakiman berjalan terus, dan ayat ini menceritakan bagaimana murid-murid Tuhan Yesus dipercayai untuk ikut mengambil bagian dalam pekerjaan ini.
Pernyataan ini harus dimengerti dalam konteks pengutusan sesuai dengan ayat 21-22. Mereka adalah orang yang diutus. Jika mereka mengambil keputusan pergi ke suatu suku, maka dosa orang-orang1417 itu dapat diampuni asal mereka percaya, tetapi kalau mereka mengambil keputusan untuk mengabaikan suatu suku, maka dosa mereka tidak jadi diampuni. Memang keputusan itu tidak mungkin diambil di luar kedaulatan Allah. Dia akan mengutus orang supaya Injil Keselamatan diberitakan kepada orang-orang yang telah Dia pilih.
Hagelberg: Yoh 20:19-23 - -- 3. Yesus menampakkan diri kepada murid-murid-Nya (20:19-23)
Dua orang, yaitu Maria dan Yohanes, telah mengetahui bahwa Tuhan Yesus bangkit. Mutu iman ...
3. Yesus menampakkan diri kepada murid-murid-Nya (20:19-23)
Dua orang, yaitu Maria dan Yohanes, telah mengetahui bahwa Tuhan Yesus bangkit. Mutu iman kedua orang itu jelas dihargai dalam Injil Yohanes. Kemudian Dia menyatakan diri-Nya kepada murid-murid-Nya, dan mereka percaya. Setelah itu, dalam pasal 20:26-29, Dia menyatakan diri-Nya kepada Tomas, yang ditegur karena lambat percaya. Tampaknya ada urutan yang khusus dalam perkembangan peristiwa ini, dari orang yang imannya kuat, sampai orang yang imannya sangat lemah. Melalui urutan kisah tersebut, para pembaca diimbau supaya meneladani Maria dan Yohanes, dan supaya mempunyai iman yang kuat.
Dari segi Injil Sinoptik, peristiwa yang terjadi waktu dua murid Tuhan Yesus menuju ke Emaus, dan di Emaus (Lukas 24:13-32) tampaknya terjadi sebelum Yohanes 20:19, dan percakapan Tuhan Yesus dengan murid-murid-Nya dalam Yohanes 20:19-23 adalah sama dengan percakapan Tuhan Yesus dengan murid-murid-Nya dalam Lukas 24:36-49, padahal Lukas dan Yohanes tidak mencatat rincian-rincian yang sama. Memang tampaknya dengan sengaja Yohanes menceritakan apa yang tidak dicatat oleh Lukas, untuk mengisi apa yang belum dicatat.1398
Hagelberg: Yoh 20:23 - -- 20:23 Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada."1414
Demikian juga pe...
20:23 Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada."1414
Demikian juga pemberian otoritas mengampuni dosa orang sangat penting dari segi pengutusan yang diceritakan dalam ayat 21 di atas. Tuhan Yesus diutus dengan otoritas mengampuni dosa orang menurut pasal 9:39-41. Kalau Tuhan Yesus mengutus mereka sama seperti Bapa telah mengutus Dia, maka mereka juga memerlukan otoritas mengampuni dosa orang.1415 Namun perlu diingat bahwa Tuhan Yesus tidak mengampuni dosa tanpa iman dalam hati mereka yang diampuni (pasal 3:16) ataupun di luar pilihan Allah Bapa (demikian doa Tuhan Yesus dalam pasal 17:2 "Sama seperti Engkau telah memberikan kepada-Nya kuasa atas segala yang hidup, demikian pula Ia akan memberikan hidup yang kekal kepada semua yang telah Engkau berikan kepada-Nya."). Pengampunan dosa tidak dapat dipisahkan dari iman dalam Tuhan Yesus ataupun pilihan Bapa.
Memang pasal 20:23 ini dipakai oleh orang yang hendak memberi otoritas rohani yang luar biasa kepada orang-orang yang ditabiskan dalam gereja mereka. Biasanya orang seperti itu tidak melihat bahwa mereka yang disebutkan dalam Epesus 4:11 (yaitu "baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar") ditugaskan "untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus" dalam Epesus 4:12, bukan untuk menjalankan pelayanan masing-masing. Demikian juga mereka tidak menekankan Efesus 4:16 yang berkata, "Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, --yang rapih tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota--menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih."
Mungkin mereka hendak berkata bahwa ayat ini memberi kuasa itu secara khusus kepada kesebelas murid, yang akan menjadi rasul, tetapi Yohanes tidak berkata bahwa mereka yang dimaksudkan dalam ayat ini, atau dalam ayat 20-23, terbatas pada kesebelas rasul. Yohanes hanya menjelaskan bahwa Tomas tidak hadir waktu itu. Namun Lukas 24:33, yang menceritakan peristiwa yang sama,1416 berkata bahwa yang hadir pada waktu itu adalah "kesebelas murid itu... bersama-sama dengan teman-teman mereka." Lukas berkata dengan jelas bahwa lebih dari "kesebelas murid itu" berada di situ. Apa yang dikatakan dalam ayat 21-23 tidak perlu dibatasi secara khusus bagi rasul-rasul dan keturunan mereka, karena Yohanes ataupun Tuhan Yesus tidak memberi petunjuk bahwa jumlah mereka yang diberi otoritas harus dibatasi.
Orang-orang Yahudi, seperti semua mereka yang berada dalam kamar itu malam hari itu, mengerti bahwa hanya Allah sendiri yang dapat mengampuni dosa (Markus 2:7). Tuhan Yesus tidak mau meniadakan paham tersebut, tetapi Dia mau melibatkan kita dalam proses itu, sesuai dengan bahasan ayat 21 di atas. Sebaiknya ketiga ayat ini dimengerti seperti ini: "Kamu Kuutus (ayat 21), kamu pergi dengan pertolongan Roh Kudus (ayat 22), dan kamu memberitakan Injil Keselamatan sehingga barangsiapa mendengar dan percaya, diampuni (ayat 23). Jika orang tidak mendengar dan percaya Injil, maka dosa mereka tidak diampuni." Bukankah ini sesuai dengan inti dari Injil Yohanes? Sekali lagi, tidak mungkin pengampunan dosa dipisahkan dari pilihan Allah Bapa ataupun iman dalam nama Tuhan Yesus. Ayat ini tidak mungkin berarti bahwa ada manusia yang mempunyai otoritas untuk mengampuni dosa sembarang orang, jika mereka di luar pilihan Allah dan tanpa iman.
Dalam Injil Yohanes kita sudah mengamati tema bahwa Tuhan Yesus menghakimi, seperti dalam pasal 3:17; 9:39; dan 12:31. Pekerjaan penghakiman berjalan terus, dan ayat ini menceritakan bagaimana murid-murid Tuhan Yesus dipercayai untuk ikut mengambil bagian dalam pekerjaan ini.
Pernyataan ini harus dimengerti dalam konteks pengutusan sesuai dengan ayat 21-22. Mereka adalah orang yang diutus. Jika mereka mengambil keputusan pergi ke suatu suku, maka dosa orang-orang1417 itu dapat diampuni asal mereka percaya, tetapi kalau mereka mengambil keputusan untuk mengabaikan suatu suku, maka dosa mereka tidak jadi diampuni. Memang keputusan itu tidak mungkin diambil di luar kedaulatan Allah. Dia akan mengutus orang supaya Injil Keselamatan diberitakan kepada orang-orang yang telah Dia pilih.
F. Kebangkitan Yesus (20:1-31)
Hagelberg: Yoh 13:1--20:31 - -- IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)
Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah b...
IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)
Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah berakhir. Dia meninggalkan orang banyak, dan Dia memperhatikan murid-murid-Nya. Tema kematian-Nya semakin jelas dalam perkataan-Nya kepada mereka.
Hagelberg: Yoh 20:24 - -- 20:24 Tetapi Tomas, seorang dari kedua belas1418 murid itu, yang disebut Didimus,1419 tidak ada bersama-sama mereka, ketika Yesus datang ke situ.1420
...
20:24 Tetapi Tomas, seorang dari kedua belas1418 murid itu, yang disebut Didimus,1419 tidak ada bersama-sama mereka, ketika Yesus datang ke situ.1420
Sebagai seorang dari kedua belas murid itu yang tidak hadir ketika Yesus datang ke situ, Tomas hanya dapat mendengar kesaksian mereka yang melihat Dia.
Hagelberg: Yoh 20:24-29 - -- 4. Yesus menampakkan diri kepada murid-murid-Nya, termasuk Tomas (20:24-29)
Tuhan Yesus melayani Tomas secara khusus, baik karena keperluan Tomas, mau...
4. Yesus menampakkan diri kepada murid-murid-Nya, termasuk Tomas (20:24-29)
Tuhan Yesus melayani Tomas secara khusus, baik karena keperluan Tomas, maupun supaya suatu kebenaran yang penting dapat disampaikan kepada kita. Peristiwa ini tidak diceritakan dalam ketiga Injil Sinoptik.
Hagelberg: Yoh 20:24 - -- 20:24 Tetapi Tomas, seorang dari kedua belas1418 murid itu, yang disebut Didimus,1419 tidak ada bersama-sama mereka, ketika Yesus datang ke situ.1420
...
20:24 Tetapi Tomas, seorang dari kedua belas1418 murid itu, yang disebut Didimus,1419 tidak ada bersama-sama mereka, ketika Yesus datang ke situ.1420
Sebagai seorang dari kedua belas murid itu yang tidak hadir ketika Yesus datang ke situ, Tomas hanya dapat mendengar kesaksian mereka yang melihat Dia.
Hagelberg: Yoh 20:25 - -- 20:25 Maka kata1421 murid-murid yang lain itu kepadanya, "Kami telah melihat1422 Tuhan!" Tetapi Tomas berkata kepada mereka, "Sebelum aku melihat beka...
20:25 Maka kata1421 murid-murid yang lain itu kepadanya, "Kami telah melihat1422 Tuhan!" Tetapi Tomas berkata kepada mereka, "Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak1423 akan percaya."
Tomas menolak kesaksian mereka. Di situ dia salah, dan kesalahan itu penting dalam Injil Yohanes, yang ditulis sebagai kesaksian supaya orang-orang percaya!
Kita sudah mengerti dari Matius 28:17; Lukas 24:11, 25, 38, 41; dan Markus 16:11 bahwa iman beberapa murid kurang kuat. Dalam peristiwa ini Tomas mewakili murid-murid yang mempunyai iman yang lemah.
Tuntutan Tomas, bahwa ia harus melihat bekas paku pada tangan-Nya dan mencucukkan jarinya ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tangannya ke dalam lambung-Nya sungguh keterlaluan dan kurang wajar. Dia menyatakan dirinya sebagai seseorang yang tidak mudah diyakinkan.
Hagelberg: Yoh 20:25 - -- 20:25 Maka kata1421 murid-murid yang lain itu kepadanya, "Kami telah melihat1422 Tuhan!" Tetapi Tomas berkata kepada mereka, "Sebelum aku melihat beka...
20:25 Maka kata1421 murid-murid yang lain itu kepadanya, "Kami telah melihat1422 Tuhan!" Tetapi Tomas berkata kepada mereka, "Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak1423 akan percaya."
Tomas menolak kesaksian mereka. Di situ dia salah, dan kesalahan itu penting dalam Injil Yohanes, yang ditulis sebagai kesaksian supaya orang-orang percaya!
Kita sudah mengerti dari Matius 28:17; Lukas 24:11, 25, 38, 41; dan Markus 16:11 bahwa iman beberapa murid kurang kuat. Dalam peristiwa ini Tomas mewakili murid-murid yang mempunyai iman yang lemah.
Tuntutan Tomas, bahwa ia harus melihat bekas paku pada tangan-Nya dan mencucukkan jarinya ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tangannya ke dalam lambung-Nya sungguh keterlaluan dan kurang wajar. Dia menyatakan dirinya sebagai seseorang yang tidak mudah diyakinkan.
Hagelberg: Yoh 20:26 - -- 20:26 Delapan hari kemudian1424 murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci,...
20:26 Delapan hari kemudian1424 murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata, "Damai sejahtera bagi kamu!"
Adanya pertemuan-pertemuan yang lain tidak dijelaskan. Situasi ini mirip situasi pada hari Minggu yang lalu, tetapi Tomas bersama-sama dengan mereka. Munculnya Tuhan Yesus dan salam-Nya juga sama.
Hagelberg: Yoh 20:26 - -- 20:26 Delapan hari kemudian1424 murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci,...
20:26 Delapan hari kemudian1424 murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata, "Damai sejahtera bagi kamu!"
Adanya pertemuan-pertemuan yang lain tidak dijelaskan. Situasi ini mirip situasi pada hari Minggu yang lalu, tetapi Tomas bersama-sama dengan mereka. Munculnya Tuhan Yesus dan salam-Nya juga sama.
Hagelberg: Yoh 20:27 - -- 20:27 Kemudian Ia berkata kepada Tomas, "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jang...
20:27 Kemudian Ia berkata kepada Tomas, "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah."1425
Tuhan Yesus telah mendengar tuntutan Tomas, dan Dia mengajaknya untuk melakukan apa yang dituntut. Dia tidak berkeberatan dengan tuntutan Tomas yang begitu keterlaluan dan kurang wajar. Dia siap sedia membuktikan diri-Nya pada seseorang yang tidak mudah diyakinkan. Pasti peristiwa ini mudah dipakai dalam penginjilan orang-orang Yahudi yang sering minta tanda.
Tomas dituntut juga: jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah. Tomas (serta semua orang yang tidak mau menerima kesaksian lisan) ditegur oleh-Nya yang mengasihi Tomas dengan kasih yang telah dibuktikan di kayu salib.
Hagelberg: Yoh 20:27 - -- 20:27 Kemudian Ia berkata kepada Tomas, "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jang...
20:27 Kemudian Ia berkata kepada Tomas, "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah."1425
Tuhan Yesus telah mendengar tuntutan Tomas, dan Dia mengajaknya untuk melakukan apa yang dituntut. Dia tidak berkeberatan dengan tuntutan Tomas yang begitu keterlaluan dan kurang wajar. Dia siap sedia membuktikan diri-Nya pada seseorang yang tidak mudah diyakinkan. Pasti peristiwa ini mudah dipakai dalam penginjilan orang-orang Yahudi yang sering minta tanda.
Tomas dituntut juga: jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah. Tomas (serta semua orang yang tidak mau menerima kesaksian lisan) ditegur oleh-Nya yang mengasihi Tomas dengan kasih yang telah dibuktikan di kayu salib.
Hagelberg: Yoh 20:28 - -- 20:28 Tomas menjawab Dia, "Ya Tuhanku dan Allahku!"
Tampaknya1426 Tomas tidak perlu bukti yang dia tuntut! Kata-kata Tuhan Yesus pasti menusuk hati To...
20:28 Tomas menjawab Dia, "Ya Tuhanku dan Allahku!"
Tampaknya1426 Tomas tidak perlu bukti yang dia tuntut! Kata-kata Tuhan Yesus pasti menusuk hati Tomas, karena Dia memakai kata-kata yang dipakai oleh Tomas dalam sikap tidak mau percaya.
Pengakuan Tomas ditolak oleh para sarjana yang tidak menganggap Alkitab sebagai Firman Allah. Menurut mereka, "evolusi teologi" belum diberi waktu yang cukup lama, sehingga "gereja primitif" belum siap mengucapkan pengakuan yang begitu "tinggi".1427 Meskipun demikian, kita yang menganggap Alkitab sebagai Firman Allah tidak heran bahwa Tomas mengerti bahwa Tuhan Yesus, yang jelas telah mengalahkan maut, adalah Tuhan dan Allah. Dalam konteks ini istilah Tuhan1428 tidak hanya berarti "tuan". Istilah ini dipakai dalam Septuaginta (terjemahan Perjanjian Lama dalam bahasa Yunani) sebagai pengganti nama "Yahweh". Istilah Allah juga sangat jelas. Kita harus mengingat bahwa orang Yahudi hanya mempunyai satu Allah, dan tidak mengakui dewa-dewa. Tomas mengaku Yesus sebagai Allah Abraham, Isak, dan Yakub. Tomas menyembah Dia yang disembah oleh Raja Daud dalam Mazmur 35:23: "...ya Allahku dan Tuhanku!" Dengan demikian dia yang meragukan kesaksian teman-teman sampai memberikan tuntutan yang berlebihan berubah menjadi orang yang mengucapkan pengakuan yang luar biasa.
Ada penafsir yang berkata bahwa Tomas mengutuk karena kaget, tetapi orang Yahudi pada abad pertama tidak mengucapkan Tuhanku dan Allahku sebagai kutuk, lebih-lebih karena Tomas berbicara kepada Tuhan Yesus sendiri.1429
Pemakaian kata ganti orang "-ku" dua kali dalam pengakuan ini menyatakan bahwa ini bukan hanya suatu pernyataan teologis atau liturgis, tetapi pengakuan ini bersifat sangat pribadi bagi Tomas. Dari segi struktur Injil Yohanes, kita mengamati bahwa pasal 1:1 berkata, "Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah" dan pasal 1:18 berkata bahwa Firman itu menyatakan Allah. Apa yang dikatakan dalam pasal 1 telah menjadi nyata dalam pengalaman Tomas, dan dalam tiga ayat berikut para pembaca Injil Yohanes, yang tidak melihat Dia, diajak ikut percaya.
Hagelberg: Yoh 20:28 - -- 20:28 Tomas menjawab Dia, "Ya Tuhanku dan Allahku!"
Tampaknya1426 Tomas tidak perlu bukti yang dia tuntut! Kata-kata Tuhan Yesus pasti menusuk hati To...
20:28 Tomas menjawab Dia, "Ya Tuhanku dan Allahku!"
Tampaknya1426 Tomas tidak perlu bukti yang dia tuntut! Kata-kata Tuhan Yesus pasti menusuk hati Tomas, karena Dia memakai kata-kata yang dipakai oleh Tomas dalam sikap tidak mau percaya.
Pengakuan Tomas ditolak oleh para sarjana yang tidak menganggap Alkitab sebagai Firman Allah. Menurut mereka, "evolusi teologi" belum diberi waktu yang cukup lama, sehingga "gereja primitif" belum siap mengucapkan pengakuan yang begitu "tinggi".1427 Meskipun demikian, kita yang menganggap Alkitab sebagai Firman Allah tidak heran bahwa Tomas mengerti bahwa Tuhan Yesus, yang jelas telah mengalahkan maut, adalah Tuhan dan Allah. Dalam konteks ini istilah Tuhan1428 tidak hanya berarti "tuan". Istilah ini dipakai dalam Septuaginta (terjemahan Perjanjian Lama dalam bahasa Yunani) sebagai pengganti nama "Yahweh". Istilah Allah juga sangat jelas. Kita harus mengingat bahwa orang Yahudi hanya mempunyai satu Allah, dan tidak mengakui dewa-dewa. Tomas mengaku Yesus sebagai Allah Abraham, Isak, dan Yakub. Tomas menyembah Dia yang disembah oleh Raja Daud dalam Mazmur 35:23: "...ya Allahku dan Tuhanku!" Dengan demikian dia yang meragukan kesaksian teman-teman sampai memberikan tuntutan yang berlebihan berubah menjadi orang yang mengucapkan pengakuan yang luar biasa.
Ada penafsir yang berkata bahwa Tomas mengutuk karena kaget, tetapi orang Yahudi pada abad pertama tidak mengucapkan Tuhanku dan Allahku sebagai kutuk, lebih-lebih karena Tomas berbicara kepada Tuhan Yesus sendiri.1429
Pemakaian kata ganti orang "-ku" dua kali dalam pengakuan ini menyatakan bahwa ini bukan hanya suatu pernyataan teologis atau liturgis, tetapi pengakuan ini bersifat sangat pribadi bagi Tomas. Dari segi struktur Injil Yohanes, kita mengamati bahwa pasal 1:1 berkata, "Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah" dan pasal 1:18 berkata bahwa Firman itu menyatakan Allah. Apa yang dikatakan dalam pasal 1 telah menjadi nyata dalam pengalaman Tomas, dan dalam tiga ayat berikut para pembaca Injil Yohanes, yang tidak melihat Dia, diajak ikut percaya.
Hagelberg: Yoh 20:29 - -- 20:29 Kata Yesus kepadanya, "Karena engkau telah melihat1430 Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya."
Tampak...
20:29 Kata Yesus kepadanya, "Karena engkau telah melihat1430 Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya."
Tampaknya Dia tidak menegur Tomas, Dia senang bahwa Tomas telah percaya, tetapi Dia lebih senang lagi kalau orang siap percaya tanpa melihat. Tema ini, bahwa iman yang timbul karena orang melihat suatu keajaiban adalah baik, tetapi iman walaupun belum melihat adalah lebih baik lagi, sudah muncul dalam pasal 1:50; 2:23-25; 4:48; 6:26; 10:38; dan 14:11. Namun di antara semua ayat tersebut, ayat ini mengandung pernyataan yang paling jelas. Tema tersebut terkait erat dengan tema kesaksian, karena kesaksian dimaksudkan untuk menimbulkan iman bagi mereka yang tidak sempat melihat Tuhan Yesus. Tema kesaksian sangat penting dalam Injil Yohanes, seperti apa yang nyata dalam kedua ayat berikut. Lagipula tema pengutusan sangat penting dalam bagian ini, yaitu 20:21-31.1431
Ucapan bahagia ini, sesuai dengan ucapan bahagia yang lain,1432 menyatakan bahwa orang itu diterima oleh Allah, tetapi juga mempunyai suatu nada dorongan.1433 Dalam ucapan bahagia ini mereka didorong supaya sungguh percaya, tanpa menuntut tanda seperti apa yang dituntut Tomas. Carson1434 mencatat 1 Petrus 1:8-9, yang berkata, "Sekalipun kamu belum pernah melihat Dia, namun kamu mengasihi-Nya. Kamu percaya kepada Dia, sekalipun kamu sekarang tidak melihat-Nya. Kamu bergembira karena sukacita yang mulia dan yang tidak terkatakan, karena kamu telah mencapai tujuan imanmu, yaitu keselamatan jiwamu." Kutipan ini serta Yohanes pasal 20:29 mengingatkan kita bahwa keadaan rohani kita tidak kurang indah dibandingkan dengan keadaan rohani mereka yang melihat Dia.
Hoskyns1435 mengutip dari seorang rabi yang menulis sesuatu yang mirip ini pada tahun 250 M. "Seorang petobat1436 lebih dihargai Allah daripada semua kaum Israel yang berdiri dekat Gunung Sinai. Andaikata mereka tidak melihat guntur dan api dan kilat dan gentaran gunung dan bunyi sangkakala maka mereka tidak menerima hukum Taurat ataupun menunduk pada Kerajaan Allah. Tetapi seorang petobat tidak melihat semua itu, namun dia datang dan menyerahkan dirinya kepada Allah dan menerima kuk kehendak Allah. Apakah ada orang yang lebih dihargai daripada orang seperti itu?"
Hagelberg: Yoh 20:29 - -- 20:29 Kata Yesus kepadanya, "Karena engkau telah melihat1430 Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya."
Tampak...
20:29 Kata Yesus kepadanya, "Karena engkau telah melihat1430 Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya."
Tampaknya Dia tidak menegur Tomas, Dia senang bahwa Tomas telah percaya, tetapi Dia lebih senang lagi kalau orang siap percaya tanpa melihat. Tema ini, bahwa iman yang timbul karena orang melihat suatu keajaiban adalah baik, tetapi iman walaupun belum melihat adalah lebih baik lagi, sudah muncul dalam pasal 1:50; 2:23-25; 4:48; 6:26; 10:38; dan 14:11. Namun di antara semua ayat tersebut, ayat ini mengandung pernyataan yang paling jelas. Tema tersebut terkait erat dengan tema kesaksian, karena kesaksian dimaksudkan untuk menimbulkan iman bagi mereka yang tidak sempat melihat Tuhan Yesus. Tema kesaksian sangat penting dalam Injil Yohanes, seperti apa yang nyata dalam kedua ayat berikut. Lagipula tema pengutusan sangat penting dalam bagian ini, yaitu 20:21-31.1431
Ucapan bahagia ini, sesuai dengan ucapan bahagia yang lain,1432 menyatakan bahwa orang itu diterima oleh Allah, tetapi juga mempunyai suatu nada dorongan.1433 Dalam ucapan bahagia ini mereka didorong supaya sungguh percaya, tanpa menuntut tanda seperti apa yang dituntut Tomas. Carson1434 mencatat 1 Petrus 1:8-9, yang berkata, "Sekalipun kamu belum pernah melihat Dia, namun kamu mengasihi-Nya. Kamu percaya kepada Dia, sekalipun kamu sekarang tidak melihat-Nya. Kamu bergembira karena sukacita yang mulia dan yang tidak terkatakan, karena kamu telah mencapai tujuan imanmu, yaitu keselamatan jiwamu." Kutipan ini serta Yohanes pasal 20:29 mengingatkan kita bahwa keadaan rohani kita tidak kurang indah dibandingkan dengan keadaan rohani mereka yang melihat Dia.
Hoskyns1435 mengutip dari seorang rabi yang menulis sesuatu yang mirip ini pada tahun 250 M. "Seorang petobat1436 lebih dihargai Allah daripada semua kaum Israel yang berdiri dekat Gunung Sinai. Andaikata mereka tidak melihat guntur dan api dan kilat dan gentaran gunung dan bunyi sangkakala maka mereka tidak menerima hukum Taurat ataupun menunduk pada Kerajaan Allah. Tetapi seorang petobat tidak melihat semua itu, namun dia datang dan menyerahkan dirinya kepada Allah dan menerima kuk kehendak Allah. Apakah ada orang yang lebih dihargai daripada orang seperti itu?"
Hagelberg: Yoh 20:30 - -- 20:30 Memang1437 masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini,
Ayat 29 berkata bahwa o...
20:30 Memang1437 masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini,
Ayat 29 berkata bahwa orang yang tidak sempat melihat, namun percaya, memperoleh suatu kebahagiaan khusus. Oleh karena itu, maka Injil Yohanes ini ditulis supaya mereka yang tidak sempat melihat, dapat percaya dan memperoleh kebahagiaan itu.
Yohanes mencatat bahwa tanda-tanda itu dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya untuk lebih menekankan konsep saksi mata. Dalam ayat ini dan dalam pasal 19:35 konsep saksi mata dan iman para pembaca terkait erat.
Secara harfiah ayat ini dapat diterjemahkan dengan ungkapan, "Dari satu segi...", dan ayat 31 dengan ungkapan "Dari segi yang lain...."1438 Tampaknya ayat 30 ini dicatat dengan perasaan agak sedih sedikit, karena Yohanes tidak dapat menceritakan segala sesuatu yang dibuat oleh Tuhan Yesus yang dia kasihi. Namun perasaan sedih itu harus ditinggalkan, karena ada tugas, yaitu para pembaca perlu diimbau untuk percaya kepada-Nya.
Pada umumnya tanda-tanda yang diceritakan oleh Yohanes terdapat dalam pasal 2-12, tetapi kebangkitan Tuhan Yesus adalah tanda utama.
5. Kesimpulan: tujuan Injil keempat (20:30-31)
Hagelberg: Yoh 20:30 - -- 20:30 Memang1437 masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini,
Ayat 29 berkata bahwa o...
20:30 Memang1437 masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini,
Ayat 29 berkata bahwa orang yang tidak sempat melihat, namun percaya, memperoleh suatu kebahagiaan khusus. Oleh karena itu, maka Injil Yohanes ini ditulis supaya mereka yang tidak sempat melihat, dapat percaya dan memperoleh kebahagiaan itu.
Yohanes mencatat bahwa tanda-tanda itu dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya untuk lebih menekankan konsep saksi mata. Dalam ayat ini dan dalam pasal 19:35 konsep saksi mata dan iman para pembaca terkait erat.
Secara harfiah ayat ini dapat diterjemahkan dengan ungkapan, "Dari satu segi...", dan ayat 31 dengan ungkapan "Dari segi yang lain...."1438 Tampaknya ayat 30 ini dicatat dengan perasaan agak sedih sedikit, karena Yohanes tidak dapat menceritakan segala sesuatu yang dibuat oleh Tuhan Yesus yang dia kasihi. Namun perasaan sedih itu harus ditinggalkan, karena ada tugas, yaitu para pembaca perlu diimbau untuk percaya kepada-Nya.
Pada umumnya tanda-tanda yang diceritakan oleh Yohanes terdapat dalam pasal 2-12, tetapi kebangkitan Tuhan Yesus adalah tanda utama.
Hagelberg: Yoh 20:31 - -- 20:31 tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya,1439 bahwa Yesuslah Mesias,1440 Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu m...
20:31 tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya,1439 bahwa Yesuslah Mesias,1440 Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.1441
Penafsir tertentu hendak mengartikan ungkapan supaya kamu percaya dengan arti, "...supaya kamu yang sudah percaya memang tetap percaya dengan iman yang teguh." Mereka berpendapat bahwa semua yang tercantum di sini (yaitu Injil Yohanes) telah dicatat, supaya orang Kristen lebih kuat dalam iman mereka. Namun sungguh jelas bahwa Injil Yohanes mempunyai tujuan penginjilan yang kuat. Jika pasal 1-12 dibaca ulang, tujuan penginjilan dalam pasal-pasal tersebut tidak dapat disangkal. Hal ini tidak berarti bahwa penginjilan adalah tujuan satu-satunya dari Injil Yohanes. Tampaknya Injil Yohanes juga ditulis supaya kita yang telah percaya dalam nama Yesus dapat dikuatkan dalam iman kita.
Jadi ungkapan supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah adalah suatu imbauan supaya para pembaca yang belum percaya kepada Tuhan Yesus memang percaya. Mereka diimbau untuk percaya bukan hanya bahwa Yesuslah Mesias, tetapi juga bahwa Dia adalah Anak Allah. Orang-orang Yahudi yang belum percaya barangkali tidak mengerti bahwa Mesias bukan hanya manusia saja. Mereka juga perlu percaya bahwa "Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah."
Namun ungkapan yang berikut, supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya, masih perlu diartikan. Mungkin ungkapan tersebut hanya merupakan pengulangan ungkapan sebelumnya yaitu menceritakan keselamatan lagi, namun dalam Injil Yohanes istilah hidup dapat merujuk pada keselamatan, juga dapat merujuk pada kehidupan yang penuh dengan persekutuan yang akrab dengan Tuhan Yesus. Pasal 10:10 berkata, "...Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan." Mungkin ayat ini mempunyai jangkauan yang sama dengan pasal 10:10, yaitu keselamatan, dan juga persekutan yang akrab dengan Tuhan Yesus sehingga hidup berkelimpahan. (Jangan ini diartikan dengan arti berkelimpahan dengan barang-barang jasmani! Baca Lukas 12:15.) Kalau begitu, seolah-olah Tuhan Yesus berkata, "...tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu yang belum percaya bertobat dan percaya bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan juga supaya sebagai orang yang sedang percaya kamu memperoleh hidup yang sungguh adalah hidup, dalam nama-Nya." Dengan kata lain, ada tujuan supaya orang bertobat dan percaya, tetapi juga ada tujuan supaya orang percaya meningkatkan iman mereka dan sungguh mengalami hidup yang sesungguhnya. Paham ini juga didukung oleh ungkapan "orang yang benar karena iman akan hidup" dalam Roma 1:17.1442 Surat Roma juga ditulis untuk menguraikan keselamatan (bagaimana caranya orang dapat menjadi benar karena iman, pasal 1-4) dan hidup yang sesungguhnya (pasal 5-8).
Pengertian ini didukung oleh perikop yang berikut, karena di dalam perisitwa itu mereka sedang hidup tanpa suatu iman yang nyata (dalam pasal 21:2-3), sedangkan setelah mereka melihat bahwa Tuhan Yesus berada di situ, mereka mengalami hidup dalam segala kelimpahannya (dalam pasal 21:4-13). Dengan demikian pasal 21:1-13 menjadi suatu "perumpamaan yang hidup" yang mengilustrasikan pokok pasal 20:31.
Hagelberg: Yoh 20:31 - -- 20:31 tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya,1439 bahwa Yesuslah Mesias,1440 Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu m...
20:31 tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya,1439 bahwa Yesuslah Mesias,1440 Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.1441
Penafsir tertentu hendak mengartikan ungkapan supaya kamu percaya dengan arti, "...supaya kamu yang sudah percaya memang tetap percaya dengan iman yang teguh." Mereka berpendapat bahwa semua yang tercantum di sini (yaitu Injil Yohanes) telah dicatat, supaya orang Kristen lebih kuat dalam iman mereka. Namun sungguh jelas bahwa Injil Yohanes mempunyai tujuan penginjilan yang kuat. Jika pasal 1-12 dibaca ulang, tujuan penginjilan dalam pasal-pasal tersebut tidak dapat disangkal. Hal ini tidak berarti bahwa penginjilan adalah tujuan satu-satunya dari Injil Yohanes. Tampaknya Injil Yohanes juga ditulis supaya kita yang telah percaya dalam nama Yesus dapat dikuatkan dalam iman kita.
Jadi ungkapan supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah adalah suatu imbauan supaya para pembaca yang belum percaya kepada Tuhan Yesus memang percaya. Mereka diimbau untuk percaya bukan hanya bahwa Yesuslah Mesias, tetapi juga bahwa Dia adalah Anak Allah. Orang-orang Yahudi yang belum percaya barangkali tidak mengerti bahwa Mesias bukan hanya manusia saja. Mereka juga perlu percaya bahwa "Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah."
Namun ungkapan yang berikut, supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya, masih perlu diartikan. Mungkin ungkapan tersebut hanya merupakan pengulangan ungkapan sebelumnya yaitu menceritakan keselamatan lagi, namun dalam Injil Yohanes istilah hidup dapat merujuk pada keselamatan, juga dapat merujuk pada kehidupan yang penuh dengan persekutuan yang akrab dengan Tuhan Yesus. Pasal 10:10 berkata, "...Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan." Mungkin ayat ini mempunyai jangkauan yang sama dengan pasal 10:10, yaitu keselamatan, dan juga persekutan yang akrab dengan Tuhan Yesus sehingga hidup berkelimpahan. (Jangan ini diartikan dengan arti berkelimpahan dengan barang-barang jasmani! Baca Lukas 12:15.) Kalau begitu, seolah-olah Tuhan Yesus berkata, "...tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu yang belum percaya bertobat dan percaya bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan juga supaya sebagai orang yang sedang percaya kamu memperoleh hidup yang sungguh adalah hidup, dalam nama-Nya." Dengan kata lain, ada tujuan supaya orang bertobat dan percaya, tetapi juga ada tujuan supaya orang percaya meningkatkan iman mereka dan sungguh mengalami hidup yang sesungguhnya. Paham ini juga didukung oleh ungkapan "orang yang benar karena iman akan hidup" dalam Roma 1:17.1442 Surat Roma juga ditulis untuk menguraikan keselamatan (bagaimana caranya orang dapat menjadi benar karena iman, pasal 1-4) dan hidup yang sesungguhnya (pasal 5-8).
Pengertian ini didukung oleh perikop yang berikut, karena di dalam perisitwa itu mereka sedang hidup tanpa suatu iman yang nyata (dalam pasal 21:2-3), sedangkan setelah mereka melihat bahwa Tuhan Yesus berada di situ, mereka mengalami hidup dalam segala kelimpahannya (dalam pasal 21:4-13). Dengan demikian pasal 21:1-13 menjadi suatu "perumpamaan yang hidup" yang mengilustrasikan pokok pasal 20:31.