Teks -- Yohanes 13:1-16 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Yoh 13:5 - MEMBASUH KAKI MURID-MURID-NYA.
Nas : Yoh 13:5
Peristiwa yang dramatis ini terjadi pada malam terakhir sebelum
Yesus ditangkap dan disalibkan. Yesus melakukannya
(1) untuk me...
Nas : Yoh 13:5
Peristiwa yang dramatis ini terjadi pada malam terakhir sebelum Yesus ditangkap dan disalibkan. Yesus melakukannya
- (1) untuk mempertunjukkan kepada murid-murid-Nya betapa besar kasih-Nya kepada mereka;
- (2) untuk memberikan gambaran tentang pengorbanan diri-Nya di salib dan
- (3) untuk menyampaikan kebenaran bahwa Dia meminta para murid-Nya
saling melayani dengan kerendahan hati.
Keinginan untuk menjadi yang terbesar senantiasa mengganggu pikiran mereka
(Mat 18:1-4; 20:20-27; Mr 9:33-37; Luk 9:46-48). Kristus menginginkan
agar mereka sadar bahwa keinginan untuk menjadi yang pertama -- menjadi
lebih unggul dan dihormati lebih dari orang Kristen lain - adalah
bertentangan dengan sifat Tuhan mereka
(lihat cat. --> Luk 22:24-30;
[atau ref. Luk 22:24-30]
Yoh 13:12-17; 1Pet 5:5).
Full Life: Yoh 13:8 - JIKALAU AKU TIDAK MEMBASUH ENGKAU.
Nas : Yoh 13:8
Kata-kata ini menunjuk kepada pembasuhan rohani dari dosa melalui
salib. Terlepas dari pembasuhan ini tidak ada seorang pun dapat me...
Full Life: Yoh 13:14 - WAJIB SALING MEMBASUH KAKIMU.
Nas : Yoh 13:14
Gereja mula-mula rupanya mengikuti teladan Yesus Kristus sehingga
benar-benar menaati peringatan-Nya untuk saling membasuh kaki dal...
Nas : Yoh 13:14
Gereja mula-mula rupanya mengikuti teladan Yesus Kristus sehingga benar-benar menaati peringatan-Nya untuk saling membasuh kaki dalam kasih. Sebagai contoh, dalam 1Tim 5:10 Paulus menyatakan bahwa janda-janda jangan dibantu oleh gereja kalau mereka tidak memenuhi syarat tertentu. Salah satu dari persyaratan itu adalah membasuh kaki "saudara seiman".
BIS: Yoh 13:2 - Iblis ... mengkhianati Yesus Iblis ... mengkhianati Yesus: atau Iblis sudah menentukan bahwa Yudas anak Simon Iskariot akan mengkhianati Yesus.
Iblis ... mengkhianati Yesus: atau Iblis sudah menentukan bahwa Yudas anak Simon Iskariot akan mengkhianati Yesus.
Dalam beberapa naskah kuno tidak ada: kecuali kakinya.
Jerusalem: Yoh 13:1 - untuk beralih Sebuah tradisi Yahudi mengartikan kata Paskah (bdk Kel 12:11) sebagai "melewati" (Ibrani, pesan), maksudnya "melewati", menyeberangi Laut Kulzum, Kel ...
Sebuah tradisi Yahudi mengartikan kata Paskah (bdk Kel 12:11) sebagai "melewati" (Ibrani, pesan), maksudnya "melewati", menyeberangi Laut Kulzum, Kel 14. Kristus (dan kita bersama denganNya) "beralih/menyeberang" dari dunia yang menjadi tawanan dosa ini kepada Bapa, Tanah yang dijanjikan. Bdk Yoh 1:21+; Yoh 11:55+
Jerusalem: Yoh 13:1 - mengasihi murid-muridNya Untuk pertama kalinya Yohanes dengan jelas menghubungkan kematian Yesus dengan kasihNya kepada orang-orangNya. Ini sebuah rahasia yang baru pada akhir...
Untuk pertama kalinya Yohanes dengan jelas menghubungkan kematian Yesus dengan kasihNya kepada orang-orangNya. Ini sebuah rahasia yang baru pada akhir dapat diwahyukan, Yoh 13:34; 15:9,13; 17:23; 1Yo 3:16; Rom 8:35; Gal 2:20; Efe 3:19; 5:2,25
Jerusalem: Yoh 13:1 - sampai kepada kesudahannya Maksudnya kurang jelas. Kiranya kesudahan kasih, kasih sampai sehabis-habisnya.
Maksudnya kurang jelas. Kiranya kesudahan kasih, kasih sampai sehabis-habisnya.
Jerusalem: Yoh 13:2--17:26 - -- Cerita tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya dan wejangan yang menyertainya, Yoh 13:2-20, merupakan pendahuluan bagi wejangan-wejangan besar yang...
Cerita tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya dan wejangan yang menyertainya, Yoh 13:2-20, merupakan pendahuluan bagi wejangan-wejangan besar yang diucapkan Yesus dalam bab 13-17. Sebagaimana disajikan oleh Yohanes wejangan-wejangan itu mempersatukan berbagai wejangan yang disampaikan Yesus pada waktu yang berbeda-beda.Bab 16 adalah majemuk sekali dan agaknya hanya dalam bentuk lain menyajikan sekali lagi apa yang dikatakan Yesus dalam bab 14. Wejangan-wejangan itu oleh Yohanes ditempatkan di sini, yakni pada saat Yesus beralih dari hidup di dunia ke hidup sorgawiNya, dengan maksud menyingkapkan makna hidup Yesus yang terdalam.
Var: Setelah suatu perjamuan diadakan
Jerusalem: Yoh 13:2 - iblis telah membisikkan rencana dalam hati Yudas Var: Iblis telah membisikkan ke dalam hati (hatiNya) bahwa Yudas Iskariot akan mengkhianatiNya; var lain: Setelah Iblis memasuki hatinya...: atau: Set...
Var: Iblis telah membisikkan ke dalam hati (hatiNya) bahwa Yudas Iskariot akan mengkhianatiNya; var lain: Setelah Iblis memasuki hatinya...: atau: Setelah Iblis memasuki hati Yudas, supaya ia mengkhianatiNya. Sengsara Yesus berupa sebuah drama di mana dunia yang tak kelihatan berperan di balik manusia bekerjalah kekuasaan setan. Bdk Yoh 6:70 dst; Yoh 8:44; 12:31; 13:27; 16:11; Wah 12:4,17; 13:2; Luk 22:3; 1Ko 2:8.
Jerusalem: Yoh 13:5 - membasuh kaki Ini sebuah pekerjaan yang hanya dilakukan oleh budak, bdk 1Sa 25:41.
Ini sebuah pekerjaan yang hanya dilakukan oleh budak, bdk 1Sa 25:41.
Jerusalem: Yoh 13:8 - tidak mendapat bagian dalam Aku Sebuah ungkapan Ibrani. Artinya: Karena tidak menangkap semangat Gurunya maka Petrus terkucil dari segenap persekutuan denganNya, tidak dapat mengambi...
Sebuah ungkapan Ibrani. Artinya: Karena tidak menangkap semangat Gurunya maka Petrus terkucil dari segenap persekutuan denganNya, tidak dapat mengambil bagian dalam karya dan kemuliaanNya.
Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini
Jerusalem: Yoh 13:10 - membasuh diri Petrus salah menangkap jawaban Yesus, Yoh 13:8, seolah-olah Yesus mau memulai upacara pembasuhan dan pentahiran. Yesus menjawab sekarang bahwa pentahi...
Petrus salah menangkap jawaban Yesus, Yoh 13:8, seolah-olah Yesus mau memulai upacara pembasuhan dan pentahiran. Yesus menjawab sekarang bahwa pentahiran itu sudah terlaksana, karena korbanNya, bdk Yoh 15:2-3; 1Yo 1:7; Ibr 10:22. Makna tindakanNya dijelaskan Yesus dalam Yoh 13:12-15
Jerusalem: Yoh 13:10 - kamu sudah bersih Dalam bahasa Yunani kata yang sama berarti: bersih dan tahir.
Dalam bahasa Yunani kata yang sama berarti: bersih dan tahir.
Jerusalem: Yoh 13:14 - saling membasuh kakimu Artinya: saling melayani dengan rendah hati dan kasih.
Artinya: saling melayani dengan rendah hati dan kasih.
Ende: Yoh 13:1 - Sehabis-habisnja Mungkin djuga:"dengan tak ada batasnja", atau "dengan
sepenuh-penuhnja". Bdl. 1Te 2:16. Aslinja: "sampai achirnja", jang
dapat diartikan sebagai sampa...
Mungkin djuga:"dengan tak ada batasnja", atau "dengan sepenuh-penuhnja". Bdl. 1Te 2:16. Aslinja: "sampai achirnja", jang dapat diartikan sebagai sampai achir hidupNja, tetapi dalam hubungan ini bukan arti itu jang dimaksudkan.
Sebab sesudah mandi kaki dapat berdebu pula ditengah djalan.
Ref. Silang FULL: Yoh 13:1 - raya Paskah // sudah tiba // kepada Bapa · raya Paskah: Yoh 11:55; Yoh 11:55
· sudah tiba: Mat 26:18; Mat 26:18
· kepada Bapa: Yoh 16:28
Ref. Silang FULL: Yoh 13:3 - sesuatu kepada-Nya // dari Allah · sesuatu kepada-Nya: Mat 28:18; Mat 28:18
· dari Allah: Yoh 8:42; 16:27,28,30; 17:8
· sesuatu kepada-Nya: Mat 28:18; [Lihat FULL. Mat 28:18]
· dari Allah: Yoh 8:42; 16:27,28,30; 17:8
· mengertinya kelak: Yoh 13:12
Ref. Silang FULL: Yoh 13:10 - sudah bersih // tidak semua · sudah bersih: Yoh 15:3
· tidak semua: Yoh 13:18
Ref. Silang FULL: Yoh 13:13 - Aku Guru // dan Tuhan · Aku Guru: Mat 26:18; Yoh 11:28
· dan Tuhan: Mat 28:18; Mat 28:18; Luk 1:43; 2:11; 6:46; 11:1; Kis 10:36; Rom 10:9,12; 14:9; 1Kor 12:3;...
· Aku Guru: Mat 26:18; Yoh 11:28
· dan Tuhan: Mat 28:18; [Lihat FULL. Mat 28:18]; Luk 1:43; 2:11; 6:46; 11:1; Kis 10:36; Rom 10:9,12; 14:9; 1Kor 12:3; Fili 2:11; Kol 2:6
· membasuh kakimu: 1Pet 5:5
Ref. Silang FULL: Yoh 13:15 - Kuperbuat kepadamu · Kuperbuat kepadamu: Mat 11:29; Mat 11:29; 1Tim 4:12; 1Tim 4:12
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg -> Yoh 13:1; Yoh 13:1-17; Yoh 13:1; Yoh 13:1-30; Yoh 13:1--20:31; Yoh 13:2; Yoh 13:2; Yoh 13:3; Yoh 13:3; Yoh 13:4; Yoh 13:4; Yoh 13:5; Yoh 13:5; Yoh 13:6; Yoh 13:6; Yoh 13:7; Yoh 13:7; Yoh 13:8; Yoh 13:8; Yoh 13:9; Yoh 13:9; Yoh 13:10; Yoh 13:10; Yoh 13:11; Yoh 13:11; Yoh 13:12; Yoh 13:12; Yoh 13:13; Yoh 13:13; Yoh 13:14; Yoh 13:14; Yoh 13:15; Yoh 13:15; Yoh 13:16; Yoh 13:16
Hagelberg: Yoh 13:1 - -- 13:1 Sementara itu sebelum hari raya Paskah mulai, Yesus telah tahu, bahwa saat-Nya sudah tiba untuk beralih dari dunia ini kepada Bapa. Sama seperti ...
13:1 Sementara itu sebelum hari raya Paskah mulai, Yesus telah tahu, bahwa saat-Nya sudah tiba untuk beralih dari dunia ini kepada Bapa. Sama seperti Ia senantiasa mengasihi murid-murid-Nya demikianlah sekarang Ia mengasihi mereka sampai kepada kesudahannya.947
Ayat ini adalah salah satu ayat yang tampaknya bertentangan dengan jadwal yang diceritakan di atas. Jika ungkapan Sementara itu sebelum hari raya Paskah mulai menjangkau seluruh pasal 13-17, maka perjamuan ini bukan perjamuan Paskah. Namun lebih baik kalau ungkapan tersebut dimengerti sebagai penjelasan yang berlaku khusus pada peristiwa pembasuhan kaki. Setelah pembasuhan kaki, acara perjamuan Paskah berlangsung.
Dalam pasal 12:23 kita membaca bahwa Tuhan Yesus mengerti di situ bahwa saat-Nya sudah tiba untuk beralih dari dunia ini kepada Bapa. Sebelum peristiwa itu, kita membaca bahwa saat-Nya belum tiba, misalnya dalam pasal 2:4 dan 7:8. Jadi saat yang diceritakan mendekat. Saat untuk salib-Nya dan kemuliaan-Nya sudah dekat.
Hagelberg: Yoh 13:1-17 - -- 1. Yesus membasuh kaki murid-murid-Nya (13:1-17)
Peristiwa ini terjadi menjelang hari Jumat.944 Hari Jumat itu adalah hari raya Paskah, tanggal 15 bul...
1. Yesus membasuh kaki murid-murid-Nya (13:1-17)
Peristiwa ini terjadi menjelang hari Jumat.944 Hari Jumat itu adalah hari raya Paskah, tanggal 15 bulan Nisan. Ingat bahwa menurut sistem perhitungan tanggal dan hari yang dipakai oleh orang Yahudi, setiap hari mulai pada waktu matahari terbenam. Jadi akhir hari Kamis adalah ketika rembang petang hari itu. Peristiwa yang diceritakan dalam nas ini termasuk persiapan sebelum mereka makan domba Paskah, yang harus dimakan pada hari raya Paskah, tanggal 15 Nisan. Menurut Markus 14:12 dan Lukas 22:15, Tuhan Yesus dan murid-murid-Nya merayakan Paskah bersama-sama, tampaknya awal hari Jumat (matahari baru terbenam).
The Word file has a chart of the week, but it won't come over into ClarisWorks........
Carson945 menjelaskan bahwa ada tujuh ayat dalam Injil Yohanes, yaitu 13:1, 29; 18:28; 19:14, 31, 36, dan 42, yang tampaknya tidak memungkinkan jadwal tersebut. Tetapi kita akan melihat bahwa ketujuh ayat itu masih konsisten dengan jadwal dan tafsiran ini.
Jadi, matahari belum terbenam, sehingga hari raya Paskah belum mulai. Murid-murid Tuhan Yesus baru selesai dengan segala persiapan untuk perjamuan Paskah sesuai dengan hukum Taurat dan kebiasaan mereka. (Markus 14:12-16 menceritakan bagaimana mereka mendapatkan ruangan untuk merayakan perjamuan tersebut.) Tetapi sebenarnya persiapan belum selesai, karena di antara keduabelas murid tidak ada yang merendahkan diri untuk membasuh kaki mereka. Biasanya tindakan membasuh kaki adalah tugas budak atau pembantu rumah tangga yang rendah, tetapi tampaknya tidak ada budak atau pembantu rumah tanggah bagi mereka di ruangan yang disediakan.
Kekurangan tersebut menjadi kesempatan bagi Tuhan Yesus untuk menyampaikan dua pelajaran yang sangat mengesankan. Dia mengajar mengenai penahiran rohani (ayat 8-10) dan juga kerendahan hati (ayat 12-17). Kedua pelajaran tersebut terarah pada salib-Nya. Penahiran ada di salib-Nya. Demikian juga, kerendahan hati yang paling luar biasa ada di salib-Nya.946 Dengan kata lain, layaklah bahwa "kisah handuk" ini merupakan pendahuluan bagi kisah kematian-Nya, karena baik dengan salib maupun dengan handuk ada penahiran/pembersihan dan ada teladan. Dalam peristiwa ini kita dapat melihat tanda kasih, lambang salib, dan teladan kerendahan hati.
Tepatlah bahwa peristiwa pembasuhan kaki menjadi peralihan antara penginjilan, yang ditekankan sampai titik ini, dan pemuridan, yang ditekankan dalam pasal-pasal berikutnya. Peristiwa pembasuhan kaki menjadi peralihan yang tepat karena unsur penginjilan diringkas dengan tema pembersihan, dan unsur pemuridan diringkas dengan tema kerendahan hati yang mutlak diperlukan dalam pelayanan yang berhasil.
Hagelberg: Yoh 13:1 - -- 13:1 Sementara itu sebelum hari raya Paskah mulai, Yesus telah tahu, bahwa saat-Nya sudah tiba untuk beralih dari dunia ini kepada Bapa. Sama seperti ...
13:1 Sementara itu sebelum hari raya Paskah mulai, Yesus telah tahu, bahwa saat-Nya sudah tiba untuk beralih dari dunia ini kepada Bapa. Sama seperti Ia senantiasa mengasihi murid-murid-Nya demikianlah sekarang Ia mengasihi mereka sampai kepada kesudahannya.947
Ayat ini adalah salah satu ayat yang tampaknya bertentangan dengan jadwal yang diceritakan di atas. Jika ungkapan Sementara itu sebelum hari raya Paskah mulai menjangkau seluruh pasal 13-17, maka perjamuan ini bukan perjamuan Paskah. Namun lebih baik kalau ungkapan tersebut dimengerti sebagai penjelasan yang berlaku khusus pada peristiwa pembasuhan kaki. Setelah pembasuhan kaki, acara perjamuan Paskah berlangsung.
Dalam pasal 12:23 kita membaca bahwa Tuhan Yesus mengerti di situ bahwa saat-Nya sudah tiba untuk beralih dari dunia ini kepada Bapa. Sebelum peristiwa itu, kita membaca bahwa saat-Nya belum tiba, misalnya dalam pasal 2:4 dan 7:8. Jadi saat yang diceritakan mendekat. Saat untuk salib-Nya dan kemuliaan-Nya sudah dekat.
Hagelberg: Yoh 13:1-30 - -- A. Perjamuan Kudus (13:1-30)
Acara yang diceritakan dalam nas ini memang Perjamuan Kudus, tetapi apa yang diceritakan oleh Rasul Yohanes sangat berbed...
A. Perjamuan Kudus (13:1-30)
Acara yang diceritakan dalam nas ini memang Perjamuan Kudus, tetapi apa yang diceritakan oleh Rasul Yohanes sangat berbeda dengan apa yang diceritakan dalam Injil Sinoptik. Injil Sinoptik menekankan tema Perjamuan Kudus, suatu acara yang hampir tidak disebutkan oleh Yohanes. Sebaliknya Yohanes mencatat ajaran yang disampaikan oleh Tuhan Yesus pada waktu itu, ajaran yang tidak diungkapkan dalam Injil Sinoptik.
Hagelberg: Yoh 13:1--20:31 - -- IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)
Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah b...
IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)
Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah berakhir. Dia meninggalkan orang banyak, dan Dia memperhatikan murid-murid-Nya. Tema kematian-Nya semakin jelas dalam perkataan-Nya kepada mereka.
Hagelberg: Yoh 13:2 - -- 13:2 Makan sore telah dihidangkan,948 dan Iblis telah membisikkan949 rencana dalam hati Yudas Iskariot,950 anak Simon, untuk mengkhianati Dia.
Murid-m...
13:2 Makan sore telah dihidangkan,948 dan Iblis telah membisikkan949 rencana dalam hati Yudas Iskariot,950 anak Simon, untuk mengkhianati Dia.
Murid-murid Tuhan Yesus telah melihat kain lenan itu, dan mereka sudah melihat ada basi dan air di situ. Mereka sudah berkesempatan cukup panjang untuk bangun dan membasuh kaki Tuhan Yesus dan teman-teman, supaya mereka merasa lebih segar. Namun tidak ada yang rela. Mereka rela membahas "Siapakah yang dapat dianggap terbesar di antara mereka" (Lukas 22:24), tetapi mereka tidak rela merendahkan diri mereka untuk melayani dengan bentuk pelayanan yang mereka anggap hina.
Yohanes menyebutkan Yudas Iskariot supaya kita mengingat bahwa kematian Tuhan Yesus adalah sesuatu yang pasti, dan supaya kita sadar bahwa begitu besar kerendahan hati Tuhan Yesus, sehingga Dia dapat membasuh kaki Yudas Iskariot, yang akan mengkhianati Dia.
Hagelberg: Yoh 13:2 - -- 13:2 Makan sore telah dihidangkan,948 dan Iblis telah membisikkan949 rencana dalam hati Yudas Iskariot,950 anak Simon, untuk mengkhianati Dia.
Murid-m...
13:2 Makan sore telah dihidangkan,948 dan Iblis telah membisikkan949 rencana dalam hati Yudas Iskariot,950 anak Simon, untuk mengkhianati Dia.
Murid-murid Tuhan Yesus telah melihat kain lenan itu, dan mereka sudah melihat ada basi dan air di situ. Mereka sudah berkesempatan cukup panjang untuk bangun dan membasuh kaki Tuhan Yesus dan teman-teman, supaya mereka merasa lebih segar. Namun tidak ada yang rela. Mereka rela membahas "Siapakah yang dapat dianggap terbesar di antara mereka" (Lukas 22:24), tetapi mereka tidak rela merendahkan diri mereka untuk melayani dengan bentuk pelayanan yang mereka anggap hina.
Yohanes menyebutkan Yudas Iskariot supaya kita mengingat bahwa kematian Tuhan Yesus adalah sesuatu yang pasti, dan supaya kita sadar bahwa begitu besar kerendahan hati Tuhan Yesus, sehingga Dia dapat membasuh kaki Yudas Iskariot, yang akan mengkhianati Dia.
Hagelberg: Yoh 13:3 - -- 13:3 Yesus tahu, bahwa Bapa-Nya telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya dan bahwa Ia datang dari Allah dan kembali kepada Allah.
Dengan kesadaran ...
13:3 Yesus tahu, bahwa Bapa-Nya telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya dan bahwa Ia datang dari Allah dan kembali kepada Allah.
Dengan kesadaran yang penuh mengenai status yang mulia yang Dia miliki, Dia membasuh kaki mereka, dan menuju ke salib-Nya. Sebagai yang memiliki hak dan kuasa yang begitu besar, Dia dapat menghancurkan Iblis, tetapi Dia memilih jalan kerendahan hati dan kasih.
Hagelberg: Yoh 13:3 - -- 13:3 Yesus tahu, bahwa Bapa-Nya telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya dan bahwa Ia datang dari Allah dan kembali kepada Allah.
Dengan kesadaran ...
13:3 Yesus tahu, bahwa Bapa-Nya telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya dan bahwa Ia datang dari Allah dan kembali kepada Allah.
Dengan kesadaran yang penuh mengenai status yang mulia yang Dia miliki, Dia membasuh kaki mereka, dan menuju ke salib-Nya. Sebagai yang memiliki hak dan kuasa yang begitu besar, Dia dapat menghancurkan Iblis, tetapi Dia memilih jalan kerendahan hati dan kasih.
Hagelberg: Yoh 13:4 - -- 13:4 Lalu bangunlah Yesus dan menanggalkan jubah-Nya. Ia mengambil sehelai kain lenan951 dan mengikatkannya pada pinggang-Nya,
Mereka berbaring di ata...
13:4 Lalu bangunlah Yesus dan menanggalkan jubah-Nya. Ia mengambil sehelai kain lenan951 dan mengikatkannya pada pinggang-Nya,
Mereka berbaring di atas bangku, dengan bersandar pada siku tangan kiri. Kepala masing-masing menghadap pada sebuah meja makan.
Tuhan Yesus mengenakan pakaian budak yang rendah, pakaian yang dianggap hina, baik oleh orang Yahudi maupun orang bukan Yahudi.952
Hagelberg: Yoh 13:4 - -- 13:4 Lalu bangunlah Yesus dan menanggalkan jubah-Nya. Ia mengambil sehelai kain lenan951 dan mengikatkannya pada pinggang-Nya,
Mereka berbaring di ata...
13:4 Lalu bangunlah Yesus dan menanggalkan jubah-Nya. Ia mengambil sehelai kain lenan951 dan mengikatkannya pada pinggang-Nya,
Mereka berbaring di atas bangku, dengan bersandar pada siku tangan kiri. Kepala masing-masing menghadap pada sebuah meja makan.
Tuhan Yesus mengenakan pakaian budak yang rendah, pakaian yang dianggap hina, baik oleh orang Yahudi maupun orang bukan Yahudi.952
Hagelberg: Yoh 13:5 - -- 13:5 kemudian Ia menuangkan air ke dalam sebuah basi, dan mulai membasuh kaki murid-murid-Nya lalu menyekanya dengan kain yang terikat pada pinggang-N...
13:5 kemudian Ia menuangkan air ke dalam sebuah basi, dan mulai membasuh kaki murid-murid-Nya lalu menyekanya dengan kain yang terikat pada pinggang-Nya itu.
Bagi mereka (dan bagi kita juga!) peristiwa ini mengejutkan dan membingungkan. Ada orang Yahudi yang berkata bahwa budak Yahudi tidak boleh disuruh membasuh kaki orang. Pekerjaan yang hina itu layak bagi budak asing, perempuan, anak atau murid, tetapi orang Yahudi yang lelaki dewasa, padahal budak, tidak boleh disuruh melakukan pekerjaan yang hina itu.953
Tuhan Allah menjelma menjadi manusia, dan merendahkan diri-Nya sampai Ia menjadi seperti seorang budak hina yang membersihkan segala macam kotoran dari kaki murid-murid-Nya. Jangan dikatakan bahwa Dia melakukan ini padahal Dia adalah Yang Maha Mulia. Sebenarnya kemuliaan Allah dan kerendahan hati tidak bertentangan. Tuhan Yesus menyatakan Allah melalui peristiwa ini. Dalam pasal 1:18 ditulis "Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya."
Hagelberg: Yoh 13:5 - -- 13:5 kemudian Ia menuangkan air ke dalam sebuah basi, dan mulai membasuh kaki murid-murid-Nya lalu menyekanya dengan kain yang terikat pada pinggang-N...
13:5 kemudian Ia menuangkan air ke dalam sebuah basi, dan mulai membasuh kaki murid-murid-Nya lalu menyekanya dengan kain yang terikat pada pinggang-Nya itu.
Bagi mereka (dan bagi kita juga!) peristiwa ini mengejutkan dan membingungkan. Ada orang Yahudi yang berkata bahwa budak Yahudi tidak boleh disuruh membasuh kaki orang. Pekerjaan yang hina itu layak bagi budak asing, perempuan, anak atau murid, tetapi orang Yahudi yang lelaki dewasa, padahal budak, tidak boleh disuruh melakukan pekerjaan yang hina itu.953
Tuhan Allah menjelma menjadi manusia, dan merendahkan diri-Nya sampai Ia menjadi seperti seorang budak hina yang membersihkan segala macam kotoran dari kaki murid-murid-Nya. Jangan dikatakan bahwa Dia melakukan ini padahal Dia adalah Yang Maha Mulia. Sebenarnya kemuliaan Allah dan kerendahan hati tidak bertentangan. Tuhan Yesus menyatakan Allah melalui peristiwa ini. Dalam pasal 1:18 ditulis "Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya."
Hagelberg: Yoh 13:6 - -- 13:6 Maka sampailah Ia kepada Simon Petrus. Kata Petrus kepada-Nya, "Tuan,954 Engkau hendak membasuh kakiku?"955
Tanggapan murid-murid yang lain tidak...
Hagelberg: Yoh 13:6 - -- 13:6 Maka sampailah Ia kepada Simon Petrus. Kata Petrus kepada-Nya, "Tuan,954 Engkau hendak membasuh kakiku?"955
Tanggapan murid-murid yang lain tidak...
Hagelberg: Yoh 13:7 - -- 13:7 Jawab Yesus kepadanya, "Apa yang Kuperbuat, engkau tidak tahu sekarang, tetapi engkau akan mengertinya kelak956."
Mereka belum mengerti bahwa Dia...
13:7 Jawab Yesus kepadanya, "Apa yang Kuperbuat, engkau tidak tahu sekarang, tetapi engkau akan mengertinya kelak956."
Mereka belum mengerti bahwa Dia harus mati di kayu salib. Demikian juga, mereka belum dapat mengerti bahwa Dia, Mesias, mau membasuh kaki mereka, seperi seorang budak.
Dalam pasal 2:22 dan 12:16 Rasul Yohanes, sebagai narator (pencerita), menjelaskan bahwa baru setelah kebangkitan Tuhan Yesus, murid-murid-Nya mengerti suatu perkataan, tetapi dalam ayat ini Tuhan Yesus sendiri menjelaskannya. Dalam dua ayat tersebut Rasul Yohanes cukup jelas mengenai waktu yang dimaksudkan, tetapi dalam ayat ini unsur waktu masih samar-samar.
Hagelberg: Yoh 13:7 - -- 13:7 Jawab Yesus kepadanya, "Apa yang Kuperbuat, engkau tidak tahu sekarang, tetapi engkau akan mengertinya kelak956."
Mereka belum mengerti bahwa Dia...
13:7 Jawab Yesus kepadanya, "Apa yang Kuperbuat, engkau tidak tahu sekarang, tetapi engkau akan mengertinya kelak956."
Mereka belum mengerti bahwa Dia harus mati di kayu salib. Demikian juga, mereka belum dapat mengerti bahwa Dia, Mesias, mau membasuh kaki mereka, seperi seorang budak.
Dalam pasal 2:22 dan 12:16 Rasul Yohanes, sebagai narator (pencerita), menjelaskan bahwa baru setelah kebangkitan Tuhan Yesus, murid-murid-Nya mengerti suatu perkataan, tetapi dalam ayat ini Tuhan Yesus sendiri menjelaskannya. Dalam dua ayat tersebut Rasul Yohanes cukup jelas mengenai waktu yang dimaksudkan, tetapi dalam ayat ini unsur waktu masih samar-samar.
Hagelberg: Yoh 13:8 - -- 13:8 Kata Petrus kepada-Nya, "Engkau tidak akan membasuh kakiku sampai selama-lamanya." Jawab Yesus, "Jikalau Aku tidak membasuh engkau, engkau tidak ...
13:8 Kata Petrus kepada-Nya, "Engkau tidak akan membasuh kakiku sampai selama-lamanya." Jawab Yesus, "Jikalau Aku tidak membasuh engkau, engkau tidak mendapat bagian dalam Aku."
Tampaknya penjelasan Tuhan Yesus tidak memuaskan Petrus. Dia menolak penjelasan Tuhan Yesus dengan perkataan yang sangat tegas.957 Dia hanya menanggapi Tuhan Yesus dengan hikmat dunia, sesuai dengan budaya setempat dan pikiran manusia. Kepribadian Petrus nyata dalam nas ini, seperti juga dalam Matius 16:22. Dalam nas itu Petrus menanggapi ajaran mengenai salib dengan kata, "Tuhan, kiranya Allah menjauhkan hal itu! Hal itu sekali-kali takkan menimpa Engkau." Tampaknya Petrus berusaha melindungi Tuhan Yesus dari segala sesuatu yang tidak sesuai dengan apa yang Petrus anggap kelayakan. Soalnya, saat itu Petrus belum memahami bahwa kerendahan hati yang terkandung baik dalam pembasuhan kaki maupun dalam salib Kristus, sesuailah dengan kemuliaan Allah yang dinyatakan oleh Tuhan Yesus.
Tuhan Yesus tidak dapat berkompromis dengan Petrus. Bagi Dia, urusan ini bukan hanya masalah pembasuhan kaki dan kerendahan hati. Bagi Dia, pembasuhan kaki adalah lambang pengorbanan-Nya di kayu salib. Pembasuhan kaki bukan merupakan syarat keselamatan, tetapi jika Petrus tidak dapat menerima bahwa Mesias merendahkan diri-Nya dan membasuh kaki, dia juga tidak dapat menerima bahwa Mesias mati sebagai pengganti kita. Seandainya demikian, Petrus tidak mendapat bagian dalam Tuhan Yesus.
Hagelberg: Yoh 13:8 - -- 13:8 Kata Petrus kepada-Nya, "Engkau tidak akan membasuh kakiku sampai selama-lamanya." Jawab Yesus, "Jikalau Aku tidak membasuh engkau, engkau tidak ...
13:8 Kata Petrus kepada-Nya, "Engkau tidak akan membasuh kakiku sampai selama-lamanya." Jawab Yesus, "Jikalau Aku tidak membasuh engkau, engkau tidak mendapat bagian dalam Aku."
Tampaknya penjelasan Tuhan Yesus tidak memuaskan Petrus. Dia menolak penjelasan Tuhan Yesus dengan perkataan yang sangat tegas.957 Dia hanya menanggapi Tuhan Yesus dengan hikmat dunia, sesuai dengan budaya setempat dan pikiran manusia. Kepribadian Petrus nyata dalam nas ini, seperti juga dalam Matius 16:22. Dalam nas itu Petrus menanggapi ajaran mengenai salib dengan kata, "Tuhan, kiranya Allah menjauhkan hal itu! Hal itu sekali-kali takkan menimpa Engkau." Tampaknya Petrus berusaha melindungi Tuhan Yesus dari segala sesuatu yang tidak sesuai dengan apa yang Petrus anggap kelayakan. Soalnya, saat itu Petrus belum memahami bahwa kerendahan hati yang terkandung baik dalam pembasuhan kaki maupun dalam salib Kristus, sesuailah dengan kemuliaan Allah yang dinyatakan oleh Tuhan Yesus.
Tuhan Yesus tidak dapat berkompromis dengan Petrus. Bagi Dia, urusan ini bukan hanya masalah pembasuhan kaki dan kerendahan hati. Bagi Dia, pembasuhan kaki adalah lambang pengorbanan-Nya di kayu salib. Pembasuhan kaki bukan merupakan syarat keselamatan, tetapi jika Petrus tidak dapat menerima bahwa Mesias merendahkan diri-Nya dan membasuh kaki, dia juga tidak dapat menerima bahwa Mesias mati sebagai pengganti kita. Seandainya demikian, Petrus tidak mendapat bagian dalam Tuhan Yesus.
Hagelberg: Yoh 13:9 - -- 13:9 Kata Simon Petrus kepada-Nya, "Tuan,958 jangan hanya kakiku saja, tetapi juga tangan dan kepalaku!"
Menurut Carson959, tidak ada makna khusus unt...
Hagelberg: Yoh 13:9 - -- 13:9 Kata Simon Petrus kepada-Nya, "Tuan,958 jangan hanya kakiku saja, tetapi juga tangan dan kepalaku!"
Menurut Carson959, tidak ada makna khusus unt...
Hagelberg: Yoh 13:10 - -- 13:10 Kata Yesus kepadanya, "Barangsiapa telah mandi,960 ia tidak usah membasuh diri lagi selain membasuh kakinya,961 karena ia sudah bersih seluruhny...
13:10 Kata Yesus kepadanya, "Barangsiapa telah mandi,960 ia tidak usah membasuh diri lagi selain membasuh kakinya,961 karena ia sudah bersih seluruhnya. Juga kamu sudah bersih, hanya tidak semua."
Tuhan Yesus memakai semangat sekaligus kesalahpahaman Petrus sebagai kesempatan untuk menjelaskan lebih lanjut mengenai keselamatan yang akan Dia kerjakan bagi kita. Dia mengubahkan kiasan yang Dia pakai. Dalam ayat 8 pembasuhan kaki mengkiaskan keikutsertaan dalam keselamatan atau penahiran kekal melalui pengorbanan Tuhan Yesus, sedangkan dalam ayat 10 pembasuhan kaki mengkiaskan pengampunan "operasional" yang dinikmati orang percaya setiap kali kita mengaku dosa (sesuai dengan 1 Yohanes 1:7-9). Dalam ayat 10 kiasan pembasuhan kaki tidak merujuk pada pengampunan kekal yang kita peroleh sesaat seseorang menerima Tuhan Yesus sebagai Juruselamat. Dalam ayat 10 pengampunan kekal dan keselamatan kekal dikiaskan dengan istilah mandi.
Jika mandi sekali kita bersih (jika percaya kepada Tuhan Yesus kita selamat untuk selama-lamanya); jika selanjutnya kaki menjadi kotor kita perlu membasuh kaki sebelum bersekutu di meja makan (jika berdosa, orang selamat pun perlu mengaku dosa itu sebelum dapat bersekutu lagi dengan Tuhan Yesus).
Pada waktu mereka mendengar penjelasan ini, mungkin setiap mereka ingin mengetahui apakah dia sendiri sudah bersih. Tuhan Yesus belum siap menjelaskan lebih lanjut mengenai hal ini. Sementara ini ungkapan hanya tidak semua harus samar-samar. Masalah Yudas ditangani dalam ayat 18-30. Cukup kalau di sini dicatat bahwa kalimat Juga kamu sudah bersih, hanya tidak semua berarti Yudas Iskariot tidak selamat, dia tidak bersih.
Hagelberg: Yoh 13:10 - -- 13:10 Kata Yesus kepadanya, "Barangsiapa telah mandi,960 ia tidak usah membasuh diri lagi selain membasuh kakinya,961 karena ia sudah bersih seluruhny...
13:10 Kata Yesus kepadanya, "Barangsiapa telah mandi,960 ia tidak usah membasuh diri lagi selain membasuh kakinya,961 karena ia sudah bersih seluruhnya. Juga kamu sudah bersih, hanya tidak semua."
Tuhan Yesus memakai semangat sekaligus kesalahpahaman Petrus sebagai kesempatan untuk menjelaskan lebih lanjut mengenai keselamatan yang akan Dia kerjakan bagi kita. Dia mengubahkan kiasan yang Dia pakai. Dalam ayat 8 pembasuhan kaki mengkiaskan keikutsertaan dalam keselamatan atau penahiran kekal melalui pengorbanan Tuhan Yesus, sedangkan dalam ayat 10 pembasuhan kaki mengkiaskan pengampunan "operasional" yang dinikmati orang percaya setiap kali kita mengaku dosa (sesuai dengan 1 Yohanes 1:7-9). Dalam ayat 10 kiasan pembasuhan kaki tidak merujuk pada pengampunan kekal yang kita peroleh sesaat seseorang menerima Tuhan Yesus sebagai Juruselamat. Dalam ayat 10 pengampunan kekal dan keselamatan kekal dikiaskan dengan istilah mandi.
Jika mandi sekali kita bersih (jika percaya kepada Tuhan Yesus kita selamat untuk selama-lamanya); jika selanjutnya kaki menjadi kotor kita perlu membasuh kaki sebelum bersekutu di meja makan (jika berdosa, orang selamat pun perlu mengaku dosa itu sebelum dapat bersekutu lagi dengan Tuhan Yesus).
Pada waktu mereka mendengar penjelasan ini, mungkin setiap mereka ingin mengetahui apakah dia sendiri sudah bersih. Tuhan Yesus belum siap menjelaskan lebih lanjut mengenai hal ini. Sementara ini ungkapan hanya tidak semua harus samar-samar. Masalah Yudas ditangani dalam ayat 18-30. Cukup kalau di sini dicatat bahwa kalimat Juga kamu sudah bersih, hanya tidak semua berarti Yudas Iskariot tidak selamat, dia tidak bersih.
Hagelberg: Yoh 13:11 - -- 13:11 Sebab Ia tahu, siapa yang akan menyerahkan Dia. Karena itu Ia berkata: "Tidak semua kamu bersih."
Sekali lagi Rasul Yohanes memberikan penjelasa...
13:11 Sebab Ia tahu, siapa yang akan menyerahkan Dia. Karena itu Ia berkata: "Tidak semua kamu bersih."
Sekali lagi Rasul Yohanes memberikan penjelasan kepada para pembaca. Dia menekankan bahwa pengkhianatan Yudas tidak mengejutkan Tuhan Yesus. Dia sudah tahu, dan Dia tetap menuju salib. Sesuai dengan apa yang dinyatakan melalui suatu contoh dalam pasal 11:49-52, dan melalui kutipan dari Perjanjian Lama dalam pasal 12:37-40, segala perlawanan yang dialami oleh Tuhan Yesus tidak terjadi di luar jangkauan kedaulatan Allah.
Hagelberg: Yoh 13:11 - -- 13:11 Sebab Ia tahu, siapa yang akan menyerahkan Dia. Karena itu Ia berkata: "Tidak semua kamu bersih."
Sekali lagi Rasul Yohanes memberikan penjelasa...
13:11 Sebab Ia tahu, siapa yang akan menyerahkan Dia. Karena itu Ia berkata: "Tidak semua kamu bersih."
Sekali lagi Rasul Yohanes memberikan penjelasan kepada para pembaca. Dia menekankan bahwa pengkhianatan Yudas tidak mengejutkan Tuhan Yesus. Dia sudah tahu, dan Dia tetap menuju salib. Sesuai dengan apa yang dinyatakan melalui suatu contoh dalam pasal 11:49-52, dan melalui kutipan dari Perjanjian Lama dalam pasal 12:37-40, segala perlawanan yang dialami oleh Tuhan Yesus tidak terjadi di luar jangkauan kedaulatan Allah.
Hagelberg: Yoh 13:12 - -- 13:12 Sesudah Ia membasuh kaki mereka, Ia mengenakan pakaian-Nya dan kembali ke tempat-Nya. Lalu Ia berkata kepada mereka, "Mengertikah962 kamu apa ya...
13:12 Sesudah Ia membasuh kaki mereka, Ia mengenakan pakaian-Nya dan kembali ke tempat-Nya. Lalu Ia berkata kepada mereka, "Mengertikah962 kamu apa yang telah Kuperbuat kepadamu?
Pada titik ini Tuhan Yesus melangkah dari tema keselamatan menuju tema pemuridan. Sampai titik ini, sedikit sekali yang dikatakan mengenai pemuridan dalam Injil Yohanes, karena sampai di sini fokus ada pada penginjilan. Namun di sini Dia berpaling pada tema pemuridan. Dia mengembangkan apa yang hanya dikemukakan dalam pasal 4:32-38, di mana Dia berkata, "Pada-Ku ada makanan yang tidak kamu kenal."
Hagelberg: Yoh 13:12 - -- 13:12 Sesudah Ia membasuh kaki mereka, Ia mengenakan pakaian-Nya dan kembali ke tempat-Nya. Lalu Ia berkata kepada mereka, "Mengertikah962 kamu apa ya...
13:12 Sesudah Ia membasuh kaki mereka, Ia mengenakan pakaian-Nya dan kembali ke tempat-Nya. Lalu Ia berkata kepada mereka, "Mengertikah962 kamu apa yang telah Kuperbuat kepadamu?
Pada titik ini Tuhan Yesus melangkah dari tema keselamatan menuju tema pemuridan. Sampai titik ini, sedikit sekali yang dikatakan mengenai pemuridan dalam Injil Yohanes, karena sampai di sini fokus ada pada penginjilan. Namun di sini Dia berpaling pada tema pemuridan. Dia mengembangkan apa yang hanya dikemukakan dalam pasal 4:32-38, di mana Dia berkata, "Pada-Ku ada makanan yang tidak kamu kenal."
Hagelberg: Yoh 13:13 - -- 13:13 Kamu menyebut Aku Guru963 dan Tuan964, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuan.
Dia mengingatkan mereka bahwa mereka menghormati...
Hagelberg: Yoh 13:13 - -- 13:13 Kamu menyebut Aku Guru963 dan Tuan964, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuan.
Dia mengingatkan mereka bahwa mereka menghormati...
Hagelberg: Yoh 13:14 - -- 13:14 Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuan dan Gurumu, maka kamupun wajib saling membasuh kakimu;
Jika Dia yang begitu mulia membasu...
13:14 Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuan dan Gurumu, maka kamupun wajib saling membasuh kakimu;
Jika Dia yang begitu mulia membasuh kaki mereka, jika Dia rela melakukan sesuatu yang begitu rendah, maka jelaslah mereka harus ikut rela merendahkan diri dalam segala pelayanan. Seorang hamba Tuhan yang menolak pelayanan karena pelayanan itu terlalu rendah atau hina belum menghayati nas ini. Hamba Tuhan itu tidak meneladani Tuhan Yesus. Semangat bagi Kristus tanpa kerendahan hati adalah sia-sia.965
Hagelberg: Yoh 13:14 - -- 13:14 Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuan dan Gurumu, maka kamupun wajib saling membasuh kakimu;
Jika Dia yang begitu mulia membasu...
13:14 Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuan dan Gurumu, maka kamupun wajib saling membasuh kakimu;
Jika Dia yang begitu mulia membasuh kaki mereka, jika Dia rela melakukan sesuatu yang begitu rendah, maka jelaslah mereka harus ikut rela merendahkan diri dalam segala pelayanan. Seorang hamba Tuhan yang menolak pelayanan karena pelayanan itu terlalu rendah atau hina belum menghayati nas ini. Hamba Tuhan itu tidak meneladani Tuhan Yesus. Semangat bagi Kristus tanpa kerendahan hati adalah sia-sia.965
Hagelberg: Yoh 13:15 - -- 13:15 sebab Aku telah memberikan suatu teladan966 kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu.
Di kalangan gereja...
13:15 sebab Aku telah memberikan suatu teladan966 kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu.
Di kalangan gereja-gereja tertentu, ayat ini dianggap sebagai perintah supaya suatu acara pembasuhan kaki diadakan dalam liturgi kebaktian, namun tampaknya yang diperintahkan oleh Tuhan Yesus bukanlah sebuah acara (yang agak mudah diadakan), melainkan suatu sifat hati (yang jauh lebih sulit dibentuk). Paham ini didukung oleh ayat 16, yang membahas sikap hati, dan bukan liturgi. Dalam 1 Timotius 5:9-10 membasuh kaki disebutkan sebagai syarat untuk menentukan janda-janda yang layak memperoleh bantuan jemaat, sehingga kita mengerti bahwa membasuh kaki bukanlah suatu kebiasaan jemaat mula-mula.
Hagelberg: Yoh 13:15 - -- 13:15 sebab Aku telah memberikan suatu teladan966 kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu.
Di kalangan gereja...
13:15 sebab Aku telah memberikan suatu teladan966 kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu.
Di kalangan gereja-gereja tertentu, ayat ini dianggap sebagai perintah supaya suatu acara pembasuhan kaki diadakan dalam liturgi kebaktian, namun tampaknya yang diperintahkan oleh Tuhan Yesus bukanlah sebuah acara (yang agak mudah diadakan), melainkan suatu sifat hati (yang jauh lebih sulit dibentuk). Paham ini didukung oleh ayat 16, yang membahas sikap hati, dan bukan liturgi. Dalam 1 Timotius 5:9-10 membasuh kaki disebutkan sebagai syarat untuk menentukan janda-janda yang layak memperoleh bantuan jemaat, sehingga kita mengerti bahwa membasuh kaki bukanlah suatu kebiasaan jemaat mula-mula.
Hagelberg: Yoh 13:16 - -- 13:16 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya, ataupun seorang utusan dari pada dia yang mengutusnya....
13:16 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya, ataupun seorang utusan dari pada dia yang mengutusnya.
Apa yang disampaikan melalui sindiran, sekarang ditegaskan melalui pepatah. Jika tidak ada pelayanan yang terlalu hina bagi Tuhan kita, maka sombonglah kita jika kita tidak rela melakukan segala pelayanan yang hina.
Hagelberg: Yoh 13:16 - -- 13:16 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya, ataupun seorang utusan dari pada dia yang mengutusnya....
13:16 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya, ataupun seorang utusan dari pada dia yang mengutusnya.
Apa yang disampaikan melalui sindiran, sekarang ditegaskan melalui pepatah. Jika tidak ada pelayanan yang terlalu hina bagi Tuhan kita, maka sombonglah kita jika kita tidak rela melakukan segala pelayanan yang hina.