Teks -- Yohanes 10:18 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Jerusalem -> Yoh 10:18
Jerusalem: Yoh 10:18 - aku memberikannya Kristus adalah Hidup sendiri, Yoh 3:35+, maka tidak seorangpun dapat mengambil hidup itu, Yoh 7:30,44; 8:20; 10:39; Ia memberikannya dengan cuma-cuma,...
Kristus adalah Hidup sendiri, Yoh 3:35+, maka tidak seorangpun dapat mengambil hidup itu, Yoh 7:30,44; 8:20; 10:39; Ia memberikannya dengan cuma-cuma, Yoh 10:18; 14:30; 19:11; itulah sebabnya maka Yesus dapat mengambil sikap mulia dan tenang terhadap kematian dan itu pula sebabnya Yesus begitu bebas terhadap maut, Yoh 12:27; 13:1-3; 17:19; 18:4-6; 19:28.
Ref. Silang FULL -> Yoh 10:18
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg: Yoh 10:18 - -- 10:18 Tidak seorangpun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa808 memberikannya dan berkuasa ...
10:18 Tidak seorangpun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa808 memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas809 yang Kuterima dari Bapa-Ku."
Dia telah mengemukakan pengorbanan-Nya, dan Dia tidak mau meninggalkan hal itu tanpa menegaskan bahwa kematian-Nya bukan suatu kecelakaan, melainkan kehendak-Nya. Dengan sengaja Dia akan mati, demikian juga dengan sengaja Dia akan bangkit. Orang lain tidak mengalahkan Dia. Dia memberitahukan hal ini jauh sebelumnya.
Dia telah diberikan kuasa atau hak untuk melakukan hal ini, sesuai dengan tugas atau perintah yang telah Dia terima dari Allah Bapa. Pengertian yang sama nyata dalam doa yang dicatat dalam Kisah Para Rasul 4:27-28, yang berbunyi "Sebab sesungguhnya telah berkumpul di dalam kota ini Herodes dan Pontius Pilatus beserta bangsa-bangsa dan suku-suku bangsa Israel melawan Yesus, Hamba-Mu yang kudus, yang Engkau urapi, untuk melaksanakan segala sesuatu yang telah Engkau tentukan dari semula oleh kuasa dan kehendak-Mu."
Walaupun dalam ayat ini Tuhan Yesus berkata bahwa Dia mempunyai kuasa untuk bangkit, pada umumnya Perjanjian Baru mengajar bahwa Dia bangkit oleh kuasa Allah Bapa (I Korintus 6:14 dan 15:15). Ajaran itu sesuai dengan ayat ini karena Dia berkata bahwa Dia menerima ini dari Bapa-Nya.
d. Kiasan Gembala (10:11-18)
Hagelberg: Yoh 10:18 - -- 10:18 Tidak seorangpun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa808 memberikannya dan berkuasa ...
10:18 Tidak seorangpun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa808 memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas809 yang Kuterima dari Bapa-Ku."
Dia telah mengemukakan pengorbanan-Nya, dan Dia tidak mau meninggalkan hal itu tanpa menegaskan bahwa kematian-Nya bukan suatu kecelakaan, melainkan kehendak-Nya. Dengan sengaja Dia akan mati, demikian juga dengan sengaja Dia akan bangkit. Orang lain tidak mengalahkan Dia. Dia memberitahukan hal ini jauh sebelumnya.
Dia telah diberikan kuasa atau hak untuk melakukan hal ini, sesuai dengan tugas atau perintah yang telah Dia terima dari Allah Bapa. Pengertian yang sama nyata dalam doa yang dicatat dalam Kisah Para Rasul 4:27-28, yang berbunyi "Sebab sesungguhnya telah berkumpul di dalam kota ini Herodes dan Pontius Pilatus beserta bangsa-bangsa dan suku-suku bangsa Israel melawan Yesus, Hamba-Mu yang kudus, yang Engkau urapi, untuk melaksanakan segala sesuatu yang telah Engkau tentukan dari semula oleh kuasa dan kehendak-Mu."
Walaupun dalam ayat ini Tuhan Yesus berkata bahwa Dia mempunyai kuasa untuk bangkit, pada umumnya Perjanjian Baru mengajar bahwa Dia bangkit oleh kuasa Allah Bapa (I Korintus 6:14 dan 15:15). Ajaran itu sesuai dengan ayat ini karena Dia berkata bahwa Dia menerima ini dari Bapa-Nya.
Hagelberg: Yoh 10:1-21 - -- 3. Yesus sebagai Pintu dan Gembala (10:1-21)
Tidak ada peralihan antara pasal 9 dan pasal 10, dan hubungan antara pasal 10:1-12 dan pasal 9 tidak dije...
3. Yesus sebagai Pintu dan Gembala (10:1-21)
Tidak ada peralihan antara pasal 9 dan pasal 10, dan hubungan antara pasal 10:1-12 dan pasal 9 tidak dijelaskan oleh Rasul Yohanes. Namun kedua bagian ini menceritakan sikap para pemimpin agama Yahudi. Kedua bagian ini juga menegaskan kontras antara sikap Tuhan Yesus dan sikap para pemimpin agama Yahudi. Dalam pasal 9 kita melihat bahwa mereka tidak mencari kebenaran, dan mereka bersikap keras terhadap seseorang yang disembuhkan. Dalam pasal 10:1-21 mereka disebut "pencuri" dan "perampok" domba.
Bagian ini dilatarbelakangi oleh beberapa nas dalam Perjanjian Lama yang menegur para pemimpin agama Yahudi, yang disebut "gembala". Lihat Yeremia 23:1-4; 25:32-38; Zakharia 11; dan Yesaya 56:9-12. Dalam Mazmur 80:1 Allah dikiaskan sebagai Gembala Israel. Lihat juga Mazmur 23:1 dan Yesaya 40:11. Dalam Yehezkiel 34:20-24, Tuhan Allah menjelaskan bahwa Dia akan menempatkan seorang gembala atas mereka, karena domba-domba Israel telah menjadi mangsa gembala-gembala Israel. Gembala itu, yang dikiaskan sebagai "Daud", adalah Mesias.790
Dalam pasal 10:1-9 Dia adalah "pintu", suatu kiasan yang menceritakan kepada kita bahwa Dia adalah Juru Selamat yang benar, yang satu-satu. Akan tetapi dalam ayat 10-21 Dia adalah "Gembala yang Baik". Kiasan "Gembala yang Baik" mengembangkan ajaran mengenai Dia sebagai Juru Selamat. Kedua kiasan ini ("Pintu" dan "Gembala yang Baik") sulit disatukan secara logika. Namun ada beberapa kasus yang mirip kasus ini.791
Hagelberg: Yoh 8:12--10:42 - -- D. Konfrontasi yang Radikal: puncak tanda, perbuatan, dan kata (8:12-10:42)
D. Konfrontasi yang Radikal: puncak tanda, perbuatan, dan kata (8:12-10:42)
II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)