Teks -- Roma 3:19-31 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Rm 3:21 - KEBENARAN ALLAH.
Nas : Rom 3:21
Frasa ini menunjuk kepada tindakan penebusan oleh Allah dalam
lingkup dosa manusia; melaluinya, Dia, dengan cara yang adil (ayat
Rom...
Nas : Rom 3:21
Frasa ini menunjuk kepada tindakan penebusan oleh Allah dalam lingkup dosa manusia; melaluinya, Dia, dengan cara yang adil (ayat Rom 3:26), memulihkan hubungan-Nya dengan kita serta membebaskan kita dari kuasa kejahatan (perhatikan PL, di mana bekerjanya keselamatan dan penyataan kebenaran pada dasarnya merupakan hal yang sama -- lih. Mazm 98:1-2; Yes 46:13; 51:5-8; 56:1; 62:1;
lihat cat. --> Mazm 32:2;
lihat cat. --> Yes 56:1-2).
[atau ref. Mazm 32:2; Yes 56:1-2]
- 1) Penyataan mengenai kebenaran Allah di dalam Injil belum berakhir.
Sebagai kuasa Allah untuk keselamatan yang mendampingi seorang percaya,
maka kebenaran itu selalu segar dan relevan
(lihat art. KATA-KATA ALKITABIAH UNTUK KESELAMATAN).
- 2) Kebenaran dari Allah ini datang kepada kita melalui iman dalam Yesus Kristus (ayat Rom 3:22).
Full Life: Rm 3:22 - IMAN.
Nas : Rom 3:22
Iman kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat merupakan
satu-satunya syarat yang diminta Allah untuk memperoleh keselamata...
Nas : Rom 3:22
Iman kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat merupakan satu-satunya syarat yang diminta Allah untuk memperoleh keselamatan. Untuk pembahasan tentang iman yang menyelamatkan
lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA.
Full Life: Rm 3:24 - OLEH KASIH KARUNIA TELAH DIBENARKAN DENGAN CUMA-CUMA KARENA PENEBUSAN.
Nas : Rom 3:24
Ayat ini mengandung dua kata yang sering dipakai Paulus untuk
menyatakan keselamatan, "dibenarkan" dan "penebusan". Untuk pembahasan...
Nas : Rom 3:24
Ayat ini mengandung dua kata yang sering dipakai Paulus untuk menyatakan keselamatan, "dibenarkan" dan "penebusan". Untuk pembahasan mengenai kedua konsep ini,
lihat art. KATA-KATA ALKITABIAH UNTUK KESELAMATAN.
Full Life: Rm 3:25 - DARAH-NYA.
Nas : Rom 3:25
PB menekankan beberapa kebenaran mengenai kematian Kristus.
1) Kematian itu suatu pengorbanan, yaitu korban darah-Nya (bd.
1...
Nas : Rom 3:25
PB menekankan beberapa kebenaran mengenai kematian Kristus.
- 1) Kematian itu suatu pengorbanan, yaitu korban darah-Nya (bd. 1Kor 5:7; Ef 5:2)
- 2) Kematian itu adalah untuk orang lain, yaitu Dia tidak mati bagi diri sendiri, tetapi untuk orang lain (Rom 5:8; 8:32; Mr 10:45; Ef 5:2).
- 3) Kematian itu bersifat penggantian, yaitu Kristus mengalami kematian
sebagai hukuman atas dosa kita, sebagai pengganti kita (Rom 6:23;
lihat art. HARI PENDAMAIAN).
- 4) Kematian itu adalah mendamaikan, yaitu kematian Kristus demi orang berdosa memuaskan sifat Allah yang benar dan keadaan moral-Nya, sehingga dengan demikian mengalihkan murka Allah dari orang berdosa yang bertobat. Integritas Allah menuntut bahwa dosa dihukum dan korban pendamaian dibuat untuk kita. Melalui korban pendamaian oleh darah Kristus, kekudusan Allah tetap tidak berkompromi dan Dia sanggup menyatakan kasih karunia dan kasih-Nya dalam keselamatan dengan adil. Harus ditekankan bahwa Allah sendirilah yang telah menetapkan Kristus sebagai korban pendamaian. Allah tidak perlu diajak untuk menunjukkan kasih dan belas kasihan-Nya, sebab "Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus" (2Kor 5:19; bd. Yoh 3:16; Rom 5:8; 8:3,32; 1Kor 8:6; Ef 4:4-6).
- 5) Kematian itu adalah penebusan, yaitu suatu korban untuk menebus atau membayar kerugian karena dosa. Dalam pengertian ini, kematian Kristus sebagai korban adalah dalam rangka meniadakan kesalahan akibat dosa. Melalui kematian Kristus kesalahan dan kuasa dosa yang memisahkan Allah dengan orang percaya ditiadakan.
- 6) Kematian Kristus itu mujarab, artinya kematian-Nya sebagai korban pendamaian mengandung khasiat untuk menghasilkan efek penebusan penuh yang diinginkan, bila kita menerimanya dengan iman.
- 7) Kematian itu adalah kemenangan, yaitu di salib Kristus berjuang dan
menang atas kuasa dosa, Iblis, dan segala kekuatan jahat yang
membelenggu manusia. Kematian Kristus adalah kemenangan awal Allah atas
musuh-musuh rohani Allah dan manusia (Rom 8:3; Yoh 12:31-32;
Kol 2:15). Jadi, kematian Kristus bersifat menebus. Dengan membayar
tebusan dengan hidup-Nya sendiri (1Pet 1:18-19), Dia membebaskan
kita dari musuh yang memperbudak umat manusia, yaitu dosa (Rom 6:6),
kematian (2Tim 1:10; 1Kor 15:54-57) dan Iblis (Kis 10:38),
sehingga membebaskan kita untuk melayani Allah (Rom 6:18;
lihat art. KATA-KATA ALKITABIAH UNTUK KESELAMATAN).
Semua hasil di atas dari kematian Kristus sebagai korban membuka peluang keselamatan bagi semua orang, tetapi hanya benar-benar dialami oleh mereka yang oleh iman menerima Yesus Kristus dan kematian-Nya bagi mereka.
Full Life: Rm 3:31 - KAMI MENEGUHKANNYA (HUKUM TAURAT).
Nas : Rom 3:31
Keselamatan dalam Kristus tidak berarti bahwa hukum Taurat tidak ada
nilainya. Sebenarnya, pembenaran oleh iman menopang hukum Taura...
Nas : Rom 3:31
Keselamatan dalam Kristus tidak berarti bahwa hukum Taurat tidak ada nilainya. Sebenarnya, pembenaran oleh iman menopang hukum Taurat menurut maksud dan fungsinya. Melalui pendamaian dengan Allah dan melalui karya pembaharuan Roh Kudus, orang percaya sanggup menghormati dan menaati hukum moral Allah
(lihat cat. --> Rom 8:2;
lihat cat. --> Rom 8:4).
[atau ref. Rom 8:2-4]
Jerusalem: Rm 1:18--3:20 - -- Uraian mengenai Kebenaran Allah yang menyatakan diri melalui Injil, yang nanti akan dilanjutkan dalam Rom 3:21 dst, disusul suatu uraian tentang kebal...
Uraian mengenai Kebenaran Allah yang menyatakan diri melalui Injil, yang nanti akan dilanjutkan dalam Rom 3:21 dst, disusul suatu uraian tentang kebalikannya ialah: di luar Injil hanya "kemurkaan Allah" yang menampakkan diri, baik dalam dunia orang-orang kafir, Rom 1:18-32, maupun dalam bangsa Yahudi, Rom 2:1-3:10. Kemurkaan itu pertama-tama menyatakan dirinya dalam diperbanyaknya dosa manusia. Dalam penghakiman terakhir akan disingkapkan seluruhnya, Rom 2:6+; Mat 3:7+.
Jerusalem: Rm 2:1--3:20 - -- Sekarang Paulus berkata kepada orang Yahudi. Mula-mula, Rom 2:1-16, ia belum menyebutkan mereka, tetapi kemudian, Rom 2:17-3:20, ia berkata dengan ter...
Sekarang Paulus berkata kepada orang Yahudi. Mula-mula, Rom 2:1-16, ia belum menyebutkan mereka, tetapi kemudian, Rom 2:17-3:20, ia berkata dengan terus terang. Orang-orang Yahudi mau main hakim terhadap orang-orang lain, tetapi mereka sendiri tidak terluput, kalau berlaku seperti orang-orang lain itu, Rom 2:1-5,17-24. Hukum Taurat, Rom 2:12-13, sunat, Rom 2:25-29, dan Kitab Suci yang berharga, Rom 3:1-8, tidak membebaskan mereka dari sikap hati yang tepat. Baik orang Yahudi maupun orang kafir dapat dituntut di hadapan pengadilan Allah, Rom 2:6-11; dan kenyataannya kedua-duanya telah menjadi hamba dosa, Rom 3:9-20.
Jerusalem: Rm 3:19 - Kitab Taurat Harafiah: hukum Taurat. Yang dimaksudkan ialah seluruh Kitab Perjanjian Lama, bdk 1Ko 14:34; dll.
Harafiah: hukum Taurat. Yang dimaksudkan ialah seluruh Kitab Perjanjian Lama, bdk 1Ko 14:34; dll.
Jerusalem: Rm 3:20 - -- Menurut Maz 143 tidak ada seorangpun yang dibebaskan, kalau dihakimi oleh Allah menurut perbuatannya. Karena itu orang harus menggunakan prinsip pembe...
Menurut Maz 143 tidak ada seorangpun yang dibebaskan, kalau dihakimi oleh Allah menurut perbuatannya. Karena itu orang harus menggunakan prinsip pembenaran lain, ialah "kesetiaan" Allah pada janji penyelamatan kepada umatNya, dengan lain kata: KebenaranNya. Tentang Kebenaran yang dijanjikan untuk zaman Mesias itu Paulus menegaskan bahwa telah menyatakan diri dalam Yesus Kristus, Rom 3:21. Adapun hukum Taurat hanya aturan lahiriah sehubungan dengan kelakuan manusia. Peranannya dalam rencana penyelamatan Allah bukanlah menghapus dosa, tetapi menyatakannya kepada hati nurani manusia yang berdosa, bdk Rom 1:16+; Rom 7:7+.
Jerusalem: Rm 3:23 - kemuliaan Allah Yang dimaksudkan ialah kemuliaan Allah sebagaimana dipikirkan oleh Kitab Suci, Kel 24:16, ialah kehadiran Allah yang semakin erat berhubungan dengan m...
Jerusalem: Rm 3:24 - penebusan dalam Kristus Yesus Yahwe telah "menebus" Israel dengan membebaskan mereka dari perbudakan di Mesir dan menjadikannya umat milik-warisanNya, Ula 7:6. Dalam menubuatkan "p...
Yahwe telah "menebus" Israel dengan membebaskan mereka dari perbudakan di Mesir dan menjadikannya umat milik-warisanNya, Ula 7:6. Dalam menubuatkan "penebusan" dari pembuangan di Babel, Yes 41:14; para nabi memikirkan suatu pembebasan dengan arti lebih mendalam dan lebih umum, yakni pengampunan dosa, Yes 44:22; bdk Maz 130:8; 49:8-9. Penebusan di zaman Mesias itu terlaksana melalui Yesus Kristus, 1Ko 1:30; bdk Luk 1:68; 2:38. Allah Bapa dengan perantaraan Kristus - atau Kristus sendiri - telah "membebaskan" Israel baru dari perbudakan hukum Taurat, Gal 3:13; 4:5; dan dosa, Kol 1:14; Efe 1:7; Ibr 9:15, dengan memperolehnya, Kis 20:28, menjadi kepunyaanNya sendiri, Tit 2:14, dengan membelinya, 1Ko 7:23; 6:20; bdk Gal 3:13 (terj: menebus); Rom 4:5 (terj: menebus); 2Pe 2:1. Apa yang "dibayar" sebagai uang tebusan dan uang beli ialah darah Kristus, Kis 20:28; Efe 1:7; Ibr 9:12; 1Pe 1:18 dst; Wah 1:5; 5:9. Penebusan itu sudah dimulai di bukit Kalvaria dan terjamin dengan "bayaran muka", ialah Roh Kudus, Efe 1:14; 4:30, tetapi baru akan diselesaikan pada hari Parusia kelak, Luk 21:28, waktu orang ditebus dari maut melalui kebangkitan tubuh, Rom 8:23.
Terjemahan lain: dipertunjukkan
Jerusalem: Rm 3:25 - jalan pendamaian Apa yang dimaksud kiranya "tutup-pendamaian", Kel 25:17; bdk Ibr 9:5. Pada hari raya Pendamaian, Ima 16:1; tutup-pendamaian itu diperciki dengan darah...
Apa yang dimaksud kiranya "tutup-pendamaian", Kel 25:17; bdk Ibr 9:5. Pada hari raya Pendamaian, Ima 16:1; tutup-pendamaian itu diperciki dengan darah, Ima 16:15. Darah Kristus sesungguhnya telah melaksanakan pembersihan dari dosa yang oleh upacara itu hanya dapat dilambangkan. Bdk juga "darah perjanjian", Kel 24:8; Mat 26:28+
Jerusalem: Rm 3:25 - membiarkan dosa-dosa Artinya: tidak menghukumnya. Ini semacam "setengah pengampunan", tidak mempertanggungkan dosa. Hanya hal itu tidak ada maknanya sama sekali, kecuali k...
Artinya: tidak menghukumnya. Ini semacam "setengah pengampunan", tidak mempertanggungkan dosa. Hanya hal itu tidak ada maknanya sama sekali, kecuali kalau nanti dosa benar-benar dihapus dan dihancurkan dengan sungguh-sungguh membenarkan manusia. Terjemahan lain: dengan maksud mengampuni dosa-dosa.
Jerusalem: Rm 3:26 - pada masa itu Ialah masa yang oleh Allah ditentukan dalam rencana penyelamatanNya, Kis 1:7+, supaya karya penebusan Kristus terlaksana, Rom 5:6; 11:30; 1Ti 2:6; Tit...
Ialah masa yang oleh Allah ditentukan dalam rencana penyelamatanNya, Kis 1:7+, supaya karya penebusan Kristus terlaksana, Rom 5:6; 11:30; 1Ti 2:6; Tit 1:3, sekali untuk selama-lamanya, Ibr 7:27, dan supaya mulailah zaman terakhir. Bdk Rom 4:17 dsj; Rom 16:3 dsj; Luk 4:13; 19:44; 21:8; Yoh 7:6,8
Jerusalem: Rm 3:26 - supaya nyata, bahwa Ia benar Ialah; supaya mewujudkan KebenaranNya (yang menyelamatkan, bdk Rom 1:17+) sesuai dengan janji dan membenarkan manusia.
Ialah; supaya mewujudkan KebenaranNya (yang menyelamatkan, bdk Rom 1:17+) sesuai dengan janji dan membenarkan manusia.
Jerusalem: Rm 3:27 - berdasarkan iman Harafiah: oleh karena hukum iman (demikianpun: oleh karena perbuatan). Artinya: oleh karena (berdasarkan) suatu hukum yang tidak lain kecuali percaya
Harafiah: oleh karena hukum iman (demikianpun: oleh karena perbuatan). Artinya: oleh karena (berdasarkan) suatu hukum yang tidak lain kecuali percaya
Jerusalem: Rm 3:27 - bermegah Kata Yunani (kauknesis) yang dipakai menunjukkan sikap hati manusia yang menganggap perbuatannya sebagai jasa dan atas dasar itu menyangka dengan tena...
Kata Yunani (kauknesis) yang dipakai menunjukkan sikap hati manusia yang menganggap perbuatannya sebagai jasa dan atas dasar itu menyangka dengan tenaga sendiri dapat mencapai tujuan adikodrati. Sikap hati itu perlu ditolak, sebab orang memang tidak merebut kebenaran, yang hanya diterimanya sebagai karunia belaka. Dan lebih dari perbuatan manapun pengalaman iman mencegah orang dari sikap itu, sebab dengan iman orang justru menyatakan dirinya tidak mampu. Paulus memperlawankan hukum yang tertulis pada loh-loh batu, 2Ko 3:3, dengan iman, Rom 1:16+, ialah hukum batiniah yang tertulis pada hati, bdk Yer 31:33, dan yang "bekerja oleh kasih", Gal 5:6, dan yang tidak lain kecuali "hukum Roh" (terjemahan: Roh), Rom 8:2.
Var: maka.
Jerusalem: Rm 3:31 - kami meneguhkannya Hanya tata penyelamatan iman memungkinkan hukum Taurat mencapai maksud tujuannya, ialah kebenaran dan kesucian manusia, bdk Rom 7:7+.
Hanya tata penyelamatan iman memungkinkan hukum Taurat mencapai maksud tujuannya, ialah kebenaran dan kesucian manusia, bdk Rom 7:7+.
Ende: Rm 3:19 - Tersumbatlah tiap mulut Orang Jahudi tidak dapat berdalih-dalih, sebab
buku-buku sutji mereka sendiri mempersalahkan mereka sebagai orang berdosa.
Orang Jahudi tidak dapat berdalih-dalih, sebab buku-buku sutji mereka sendiri mempersalahkan mereka sebagai orang berdosa.
Ende: Rm 3:21 - Telah menjatakan diri jaitu dengan membukakan rahasia-rahasia tentangnja
(bdl. Rom 16:25-26; Kol 1:25-27; 2:2-3), lagipun dengan mewudjudkan
kebenaranNja itu didalam segala...
jaitu dengan membukakan rahasia-rahasia tentangnja (bdl. Rom 16:25-26; Kol 1:25-27; 2:2-3), lagipun dengan mewudjudkan kebenaranNja itu didalam segala manusia jang pertjaja akan Kristus. Djalan perwudjudan itu telah mulai dinjatakan sepandjang Perdjandjian Lama.
tidak berdasarkan pengalaman hukum.
Ende: Rm 3:22 - Tanpa membeda-bedakan jaitu antara "kaum terpilih" dan orang-orang bangsa
"kafir"\, jang pertjaja.
jaitu antara "kaum terpilih" dan orang-orang bangsa "kafir"\, jang pertjaja.
Ende: Rm 3:23 - Kemuliaan Allah Dapat ditafsirkan: kehadiran Allah. Orang Jahudipun tidak
hidup dalam perdamaian sempurna (persahabatan erat) dengan Allah, sehingga Allah
tidak menja...
Dapat ditafsirkan: kehadiran Allah. Orang Jahudipun tidak hidup dalam perdamaian sempurna (persahabatan erat) dengan Allah, sehingga Allah tidak menjatakan kemuliaanNja lagi kepada mereka, seperti dahulukala Ia menjatakan kehadiranNja kepada mereka misalnja didalam "Kemah Kudus". Tafsiran lain: mereka tidak mempunjai bagian dalam kemuliaan (kebenaran, kekudusan) Allah, sebab bukan atau belum anak Allah dan ahliwaris surga.
Ende: Rm 3:24 - -- Mereka dibenarkan, jaitu dibebaskan dari dosa dan diberi bagian dalam kebenaran
Allah. Orang Jahudi menganggap, bahwa mereka dibenarkan oleh Allah Pau...
Mereka dibenarkan, jaitu dibebaskan dari dosa dan diberi bagian dalam kebenaran Allah. Orang Jahudi menganggap, bahwa mereka dibenarkan oleh Allah Paulus menegaskan: \= 1) Kebenaran manusia berwudjud anugerah, bukan gandjaran, 2) diberikan melulu atas kerahiman Allah, 3) diberikan karena ditebus oleh darah Kristus, 4) ditebus berarti diperdamaikan dengan Allah, 5) dari manusia hanja dituntut kepertjajaan akan Kristus. \+
Tentang makna istilah "kepertjajaan" dalam bahasa Paulus, batjalah uraian dalam Kata Pendahuluan II, fasal 4, halaman 538 (tjetakan V 1968).
Ende: Rm 3:25 - Tempat perdamaian Istilah asli mengingatkan akan tempat sutji, diatas
"peti perdjandjian" jang dipandang sebagai tachta Allah didalam "kemah kudus",
dimana Ia bisa menj...
Istilah asli mengingatkan akan tempat sutji, diatas "peti perdjandjian" jang dipandang sebagai tachta Allah didalam "kemah kudus", dimana Ia bisa menjatakan kehendakNja kepada Moses. Tempat itu diretjiki dengan darah kurban-kurban untuk memperdamaikan kaum Israel dengan Allah, kalau mereka telah melanggar sjarat-sjarat perdjandjian, tetapi bertobat. Demikian Jesus dalam arti jang djauh lebih tinggi mendjadi tempat perdamaian dengan menumpahkan darahNja.
Ende: Rm 3:25-26 - -- Dapat menimbulkan persoalan, apakah tjotjok dengan keadilan Allah, kalau Ia
membiarkan kedurhakaan dan kedurdjanaan meradjalela sadja berabad-abad lam...
Dapat menimbulkan persoalan, apakah tjotjok dengan keadilan Allah, kalau Ia membiarkan kedurhakaan dan kedurdjanaan meradjalela sadja berabad-abad lamanja, tanpa Ia mendjalankan murkaNja. Bukankah keadilanNja jang mutlak menurut pembasmian, hukum, silih dan tebusan segera djuga? Djawabnja: Allah sabar sampai silih dan tebusan jang sepadan dengan tuntutan keadilan mutlak Allah, dapat dilaksanakan oleh kurban Jesus disalib.
jaitu seolah-olah benar dihadapan Allah karena djasanja sendiri.
Ende: Rm 3:29-30 - -- Seandainja pengalaman hukum ini sjarat mutlak untuk diselamatkan, maka seluruh
bangsa manusia jang bukan Jahudi, dan sebab itu tidak dikurniakan hukum...
Seandainja pengalaman hukum ini sjarat mutlak untuk diselamatkan, maka seluruh bangsa manusia jang bukan Jahudi, dan sebab itu tidak dikurniakan hukum, tak mungkin diselamatkan. Tetapi itu bertentangan dengan pernjataan hukum dan tulisan-tulisan para nabi sendiri, seperti akan ditegaskan dalam bab berikut.
Ende: Rm 3:31 - Meneguhkannja jaitu dengan menondjolkan peranan hakiki hukum sebagai
pemimpin kepada keselamatan Perdjandjian Baru.
jaitu dengan menondjolkan peranan hakiki hukum sebagai pemimpin kepada keselamatan Perdjandjian Baru.
Ref. Silang FULL: Rm 3:19 - Kitab Taurat // hukum Taurat // supaya tersumbat // hukuman Allah · Kitab Taurat: Yoh 10:34; Yoh 10:34
· hukum Taurat: Rom 2:12; Rom 2:12
· supaya tersumbat: Mazm 63:12; 107:42; Yeh 16:63
·...
Ref. Silang FULL: Rm 3:20 - hukum Taurat // mengenal dosa · hukum Taurat: Kis 13:29; Gal 2:16
· mengenal dosa: Rom 4:15; Rom 4:15
Ref. Silang FULL: Rm 3:21 - kebenaran Allah // yang disaksikan · kebenaran Allah: Yes 46:13; Yer 23:6; Rom 1:17; 9:30
· yang disaksikan: Kis 10:43; Rom 1:2
· kebenaran Allah: Yes 46:13; Yer 23:6; Rom 1:17; 9:30
Ref. Silang FULL: Rm 3:22 - kebenaran Allah // karena iman // Yesus Kristus // yang percaya // ada perbedaan · kebenaran Allah: Rom 1:17
· karena iman: Rom 9:30; Rom 9:30
· Yesus Kristus: Gal 2:16; 3:22
· yang percaya: Yoh 3:15; Yo...
· kebenaran Allah: Rom 1:17
· karena iman: Rom 9:30; [Lihat FULL. Rom 9:30]
· Yesus Kristus: Gal 2:16; 3:22
· yang percaya: Yoh 3:15; [Lihat FULL. Yoh 3:15]; Rom 4:11; 10:4
Ref. Silang FULL: Rm 3:24 - kasih karunia // telah dibenarkan // karena penebusan · kasih karunia: Yoh 1:14,16,17; Rom 4:16; 5:21; 6:14; 11:5; 2Kor 12:9; Ef 2:8; 4:7; Tit 2:11; Ibr 4:16
· telah dibenarkan: Rom 4:25; Ro...
· kasih karunia: Yoh 1:14,16,17; Rom 4:16; 5:21; 6:14; 11:5; 2Kor 12:9; Ef 2:8; 4:7; Tit 2:11; Ibr 4:16
· telah dibenarkan: Rom 4:25; [Lihat FULL. Rom 4:25]
· karena penebusan: Mazm 130:7; 1Kor 1:30; Gal 4:5; Ef 1:7,14; Kol 1:14; Ibr 9:12
Ref. Silang FULL: Rm 3:25 - jalan pendamaian // dalam darah-Nya // telah membiarkan · jalan pendamaian: Kel 25:17; Im 16:10; Mazm 65:4; Ibr 2:17; 9:28; 1Yoh 4:10
· dalam darah-Nya: Kis 20:28; Rom 5:9; Ef 1:7; Ibr 9:12,14...
· jalan pendamaian: Kel 25:17; Im 16:10; Mazm 65:4; Ibr 2:17; 9:28; 1Yoh 4:10
· dalam darah-Nya: Kis 20:28; Rom 5:9; Ef 1:7; Ibr 9:12,14; 13:12; 1Pet 1:19; Wahy 1:5
· telah membiarkan: Kis 14:16; 17:30
· untuk bermegah: Rom 2:17,23; 4:2; 1Kor 1:29-31; Ef 2:9
Ref. Silang FULL: Rm 3:28 - hukum Taurat · hukum Taurat: Rom 3:20,21; Kis 13:39; Gal 2:16; 3:11; Ef 2:9; Yak 2:20,24,26
· hukum Taurat: Rom 3:20,21; Kis 13:39; Gal 2:16; 3:11; Ef 2:9; Yak 2:20,24,26
Ref. Silang FULL: Rm 3:29 - bangsa-bangsa lain · bangsa-bangsa lain: Kis 10:34,35; Rom 9:24; 10:12; 15:9; Gal 3:28
· bangsa-bangsa lain: Kis 10:34,35; Rom 9:24; 10:12; 15:9; Gal 3:28
· karena iman: Rom 4:11,12; Gal 3:8
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg -> Rm 3:19; Rm 3:9-20; Rm 3:19; Rm 1:18--3:20; Rm 1:18--4:25; Rm 1:18--15:13; Rm 3:20; Rm 3:20; Rm 3:21; Rm 3:21-31; Rm 3:21; Rm 3:21--4:25; Rm 3:22; Rm 3:22; Rm 3:23; Rm 3:23; Rm 3:24; Rm 3:24; Rm 3:25; Rm 3:25; Rm 3:26; Rm 3:26; Rm 3:27; Rm 3:27; Rm 3:28; Rm 3:28; Rm 3:29; Rm 3:29; Rm 3:30; Rm 3:30; Rm 3:31; Rm 3:31
Hagelberg: Rm 3:19 - -- 3:19 Tetapi kita tahu, bahwa segala sesuatu yang tercantum dalam Kitab Taurat161 ditujukan kepada mereka yang hidup di bawah hukum Taurat, supaya ter...
3:19 Tetapi kita tahu, bahwa segala sesuatu yang tercantum dalam Kitab Taurat161 ditujukan kepada mereka yang hidup di bawah hukum Taurat, supaya tersumbat setiap mulut dan seluruh dunia jatuh ke bawah hukuman Allah.
Mungkin ada orang Yahudi yang masih berusaha untuk melepaskan dirinya dari "vonis" ini dengan berkata bahwa ayat-ayat yang dikutip hanya menunjuk pada orang kafir saja. Mereka dibungkamkan dengan ayat ini. Tidak dapat disangkal bahwa Kitab Suci dimaksudkan secara khusus bagi mereka, dan bukanlah bagi bangsa-bangsa yang lain, yang kafir!
...supaya tersumbat setiap mulut dan seluruh dunia jatuh ke bawah hukuman Allah.
Bukankah justru ini maksud dari seluruh hukum Taurat, supaya setiap orang dibungkamkan? Paulus berkata setiap mulut dan seluruh dunia karena dia tetap membuktikan bahwa orang kafir dan orang Yahudi, mereka sama saja tidak ada pembelaan. Mereka sama saja "tidak ada pembelaan," seperti apa yang dikatakan mengenai orang bukan Yahudi dalam pasal 1:20, dan mengenai orang Yahudi dalam pasal 2:1, yaitu permulaan bagian ini. Susunan argumentasi Rasul Paulus sungguh tertib!
Hagelberg: Rm 3:9-20 - -- c. Murka Allah Dinyatakan melawan Semua Manusia 3:9-20
Nygren146 menguraikan pola argumentasi Surat Roma yang sangat ketat. Kalau Paulus mengemukaka...
c. Murka Allah Dinyatakan melawan Semua Manusia 3:9-20
Nygren146 menguraikan pola argumentasi Surat Roma yang sangat ketat. Kalau Paulus mengemukakan suatu hal baru yang akan dibuktikan dia mengemukakan hal itu dengan suatu pernyataan atau judul yang singkat dan tepat. Dan kalau dia menyelesaikan suatu pokok diskusi dia meringkaskannya dengan singkat dan tepat. Sejak pasal 1:18 Paulus membuktikan bahwa manusia layak dimurkai. Istilah "Murka Allah" adalah judul diskusi tersebut. Dan pasal 3:9 adalah ringkasan diskusi tersebut. Dalam pasal 1:18-1:32 dia menangani orang fasik, yang jelas layak dimurkai. Setelah itu, dalam pasal 2:1-3:8, dia menangani orang Yahudi, satu bangsa yang pada umumnya tidak mau mengaku dosa, dan tidak mau disebut "layak dimurkai." Tetapi Paulus sudah membuktikan bahwa status mereka sebagai bangsa terpilih tidak berarti mereka bebas dari hukuman Allah. Mereka memang memiliki keistimewaan yang menonjol, tetapi "hak bebas dari hukuman" tidak dimiliki mereka.
Hagelberg: Rm 3:19 - -- 3:19 Tetapi kita tahu, bahwa segala sesuatu yang tercantum dalam Kitab Taurat161 ditujukan kepada mereka yang hidup di bawah hukum Taurat, supaya ter...
3:19 Tetapi kita tahu, bahwa segala sesuatu yang tercantum dalam Kitab Taurat161 ditujukan kepada mereka yang hidup di bawah hukum Taurat, supaya tersumbat setiap mulut dan seluruh dunia jatuh ke bawah hukuman Allah.
Mungkin ada orang Yahudi yang masih berusaha untuk melepaskan dirinya dari "vonis" ini dengan berkata bahwa ayat-ayat yang dikutip hanya menunjuk pada orang kafir saja. Mereka dibungkamkan dengan ayat ini. Tidak dapat disangkal bahwa Kitab Suci dimaksudkan secara khusus bagi mereka, dan bukanlah bagi bangsa-bangsa yang lain, yang kafir!
...supaya tersumbat setiap mulut dan seluruh dunia jatuh ke bawah hukuman Allah.
Bukankah justru ini maksud dari seluruh hukum Taurat, supaya setiap orang dibungkamkan? Paulus berkata setiap mulut dan seluruh dunia karena dia tetap membuktikan bahwa orang kafir dan orang Yahudi, mereka sama saja tidak ada pembelaan. Mereka sama saja "tidak ada pembelaan," seperti apa yang dikatakan mengenai orang bukan Yahudi dalam pasal 1:20, dan mengenai orang Yahudi dalam pasal 2:1, yaitu permulaan bagian ini. Susunan argumentasi Rasul Paulus sungguh tertib!
Hagelberg: Rm 1:18--3:20 - -- 1. Murka Allah Dinyatakan melawan... 1:18-3:20
(aiwn/aion kematian)
Dalam bagian ini Paulus membuktikan bahwa murka dari Allah menimpa setiap orang ...
1. Murka Allah Dinyatakan melawan... 1:18-3:20
(aiwn/aion kematian)
Dalam bagian ini Paulus membuktikan bahwa murka dari Allah menimpa setiap orang yang tidak mencari kebenaran dan setiap orang yang mencari kebenaran berdasarkan Taurat.
Nygren67 menjelaskan bahwa bagi kita garis besar yang masuk akal adalah seperti berikut:
1. Kebenaran dari Manusia
a) kefasikan manusia
b) kebenaran manusia melalui Taurat
2. Kebenaran dari Allah
Tetapi garis besar tersebut bukanlah garis besar yang dipakai oleh Rasul Paulus. Oleh karena Paulus selalu berpikir secara theosentris, maka garis besar yang dia pakai adalah seperti yang berikut:
1. Murka Allah...
a) ...melawan kefasikan
b) ...melawan kebenaran manusia yang berdasarkan Taurat
2. Kebenaran Allah
Maka dalam bagian ini (1:18-3:20) Paulus menguraikan apa yang dapat diharapkan dari aiwn/aion kematian yang berada di dunia ini. Aiwn/aion Adam harus dimengerti lebih dahulu, kemudian baru aiwn/aion Kristus dapat dimengerti. Paulus menegaskan bahwa sikap Allah terhadap segala sesuatu dari aiwn/aion ini dapat diringkaskan dengan satu kata, yaitu murka. Dia mulai dengan menguraikan sikap Allah terhadap manusia yang tidak berusaha untuk menjadi benar.
Hagelberg: Rm 1:18--4:25 - -- A. Orang yang Dibenarkan karena Iman 1:18-4:25
Allah memurkai setiap orang, baik orang bukan Yahudi yang tidak benar, maupun orang Yahudi yang mengej...
A. Orang yang Dibenarkan karena Iman 1:18-4:25
Allah memurkai setiap orang, baik orang bukan Yahudi yang tidak benar, maupun orang Yahudi yang mengejar kebenaran dengan Taurat Musa. Yang dibenarkan hanyalah mereka yang percaya kepada Kristus.
Mulai di sini sampai dengan pasal 8 Paulus menguraikan tema yang dikemukakan di dalam pasal 1:16-17. Untuk menguraikan bagaimana kebenaran Allah dinyatakan dalam Injil yang menyelamatkan, dia harus lebih dahulu menyatakan bahwa murka Allah sedang dinyatakan atas dosa segala manusia. Dia harus membuktikan perlunya keselamatan itu. Kebenaran Allah adalah kebenaran yang satu-satunya, dan kebenaran itu hanya dinyatakan "dari iman kepada iman."
Di sini layak dicatat bahwa di dalam bagian ini bukanlah Paulus yang menghakimi angkatan itu, tetapi Injil Kristus yang menghakimi semua manusia. Bukan berarti angkatan itu lebih buruk dari pada angkatan-angkatan yang terdahulu, atau yang kemudian, tetapi mengingat kebenaran Allah semua manusia buruk.
Hagelberg: Rm 1:18--15:13 - -- II. Injil 1:18-15:13
Cranfield,65 setelah menyelidiki seluruh bagian ini, menyatakan bahwa Paulus "membiarkan Injil berbicara sendiri... untuk menen...
II. Injil 1:18-15:13
Cranfield,65 setelah menyelidiki seluruh bagian ini, menyatakan bahwa Paulus "membiarkan Injil berbicara sendiri... untuk menentukan bentuk dan isi bagian utama dari suratnya." Perkataan ini tepat. Paulus tidak menyusun bagian ini (1:18-15:13) untuk menangani suatu situasi tertentu di kota Roma, tetapi bagian ini terbentuk sesuai dengan suatu "akal intern" dari Injil Kristus sendiri. Bukan tidak ada pengaruh sama sekali dari situasi di Roma. Mungkin rencana Paulus untuk mengadakan perjalanan ke Spanyol mempengaruhi beberapa perincian dalam surat ini, tetapi secara keseluruhan, bentuk dan isi bagian ini, 1:18-15:13, ditentukan dari logisnya Injil Kristus saja.
Dalam bagian utama ini isi dan akibat kebenaran dari Allah bagi manusia diuraikan.66
Hagelberg: Rm 3:20 - -- 3:20 Sebab tidak seorangpun yang dapat dibenarkan di hadapan Allah oleh karena melakukan hukum Taurat karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal ...
3:20 Sebab tidak seorangpun yang dapat dibenarkan di hadapan Allah oleh karena melakukan hukum Taurat karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal dosa.
Paulus sudah berhasil membuktikan beban bagian ini, sehingga pasal 3:20a ini hanya ditulis sebagai ringkasan.
...karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal dosa.
Dalam suatu pernyataan yang singkat Paulus menyatakan apa yang dapat dihasilkan dari hukum Taurat, dan juga apa yang tidak dapat dihasilkan dari hukum Taurat. Melalui hukum Taurat kita dapat mengerti bahwa dosa, bukan saja kelakuan-kelakuan yang tidak sesuai dengan sifat Allah, tetapi Dosa, sebagai suatu kuasa, berkuasa mutlak atas segala sesuatu yang berada dalam aiwn/aion lama.162 Demikianlah keberadaan kita dalam Adam. Tidak ada harapan. Kita layak dimurkai oleh Dia yang Maha Adil.
Hagelberg: Rm 3:20 - -- 3:20 Sebab tidak seorangpun yang dapat dibenarkan di hadapan Allah oleh karena melakukan hukum Taurat karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal ...
3:20 Sebab tidak seorangpun yang dapat dibenarkan di hadapan Allah oleh karena melakukan hukum Taurat karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal dosa.
Paulus sudah berhasil membuktikan beban bagian ini, sehingga pasal 3:20a ini hanya ditulis sebagai ringkasan.
...karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal dosa.
Dalam suatu pernyataan yang singkat Paulus menyatakan apa yang dapat dihasilkan dari hukum Taurat, dan juga apa yang tidak dapat dihasilkan dari hukum Taurat. Melalui hukum Taurat kita dapat mengerti bahwa dosa, bukan saja kelakuan-kelakuan yang tidak sesuai dengan sifat Allah, tetapi Dosa, sebagai suatu kuasa, berkuasa mutlak atas segala sesuatu yang berada dalam aiwn/aion lama.162 Demikianlah keberadaan kita dalam Adam. Tidak ada harapan. Kita layak dimurkai oleh Dia yang Maha Adil.
Hagelberg: Rm 3:21 - -- 3:21 Tetapi sekarang, tanpa hukum Taurat kebenaran Allah telah dinyatakan seperti disaksikan dalam Kitab Taurat dan Kitab-Kitab para Nabi
Bagi Cranfi...
3:21 Tetapi sekarang, tanpa hukum Taurat kebenaran Allah telah dinyatakan seperti disaksikan dalam Kitab Taurat dan Kitab-Kitab para Nabi
Bagi Cranfield,164 nats ini, yaitu pasal 3:21-26, adalah "pusat dan hati" dari seluruh 1:16b-15:13. Dia menguraikan bahwa gaya keenam ayat ini tinggi dan khidmat, layak dibacakan dengan suara pelan dan tenang, seperti naskah proklamasi.
Istilah sekarang165 dalam pasal 3:21 ditekankan dalam bahasa aslinya, karena Paulus beralih dari aiwn/aion lama untuk menceriterakan apa yang baru.
Nygren166 menegaskan bahwa sama seperti dosa adalah suatu kuasa yang menguasai manusia dan bukan hanya sekedar suatu kondisi batin bagi manusia, demikian juga kebenaran bukan hanya suatu sifat manusia, tetapi sebenarnya kebenaran adalah suatu kuasa yang dipakai Allah untuk memberikan status baru kepada manusia. Nygren mengatakan bahwa kebenaran Allah sebaiknya diterjemahkan "kebenaran dari Allah."
Pemakaian istilah dinyatakan di sini mengingatkan para pembaca akan pemakaian istilah yang mirip167 dalam pasal 1:17 di mana dikatakan bahwa "kebenaran Allah sedang dinyatakan," dan juga pasal 1:18 di mana dikatakan bahwa "murka Allah sedang dinyatakan." Kalau pasal-pasal 1:17, 1:18, dan 3:21 dibandingkan maka suatu perkembangan terlihat di situ. Dalam 1:18 dikatakan bahwa "murka Allah sedang dinyatakan" melawan, antara lain, kebenaran yang diusahakan melalui hukum Taurat. Lalu dalam pasal 3:21 pernyataan dari 1:17 diperlengkapi dengan kata tanpa hukum Taurat. Tambahan ini merupakan hasil dari diskusi Paulus dalam 1:18-3:20. Kenyataan ini tidak berarti bahwa Perjanjian Lama tidak berguna bagi kita, karena...
...seperti disaksikan dalam Kitab Taurat dan Kitab-Kitab para Nabi
Perjanjian Lama168 sangat berguna bagi kita, bukan karena mengandung hukum Taurat sebagai jalan keselamatan ataupun daftar kewajiban kita, tetapi karena Perjanjian Lama bersaksi mengenai kebenaran Allah yang telah dinyatakan kepada manusia. Sama seperti Yohanes Pembaptis bukanlah Kristus, tetapi dia bersaksi mengenai Kristus, demikian juga Taurat tidak membawa kebenaran Allah, tetapi dia bersaksi mengenai kebenaran Allah.
Dalam ayat ini, 3:21, Paulus memberi garis besar bagian ini. Dalam pasal 3:21-31 dia menguraikan bagaimana kebenaran Allah telah dinyatakan (melalui Kristus), dan dalam pasal 4 dia menguraikan bagaimana kebenaran Allah disaksikan dalam Kitab Taurat dan Kitab-Kitab para nabi.169
a. Kebenaran Allah Dinyatakan melalui Kristus 3:21-3:31
Hagelberg: Rm 3:21 - -- 3:21 Tetapi sekarang, tanpa hukum Taurat kebenaran Allah telah dinyatakan seperti disaksikan dalam Kitab Taurat dan Kitab-Kitab para Nabi
Bagi Cranfi...
3:21 Tetapi sekarang, tanpa hukum Taurat kebenaran Allah telah dinyatakan seperti disaksikan dalam Kitab Taurat dan Kitab-Kitab para Nabi
Bagi Cranfield,164 nats ini, yaitu pasal 3:21-26, adalah "pusat dan hati" dari seluruh 1:16b-15:13. Dia menguraikan bahwa gaya keenam ayat ini tinggi dan khidmat, layak dibacakan dengan suara pelan dan tenang, seperti naskah proklamasi.
Istilah sekarang165 dalam pasal 3:21 ditekankan dalam bahasa aslinya, karena Paulus beralih dari aiwn/aion lama untuk menceriterakan apa yang baru.
Nygren166 menegaskan bahwa sama seperti dosa adalah suatu kuasa yang menguasai manusia dan bukan hanya sekedar suatu kondisi batin bagi manusia, demikian juga kebenaran bukan hanya suatu sifat manusia, tetapi sebenarnya kebenaran adalah suatu kuasa yang dipakai Allah untuk memberikan status baru kepada manusia. Nygren mengatakan bahwa kebenaran Allah sebaiknya diterjemahkan "kebenaran dari Allah."
Pemakaian istilah dinyatakan di sini mengingatkan para pembaca akan pemakaian istilah yang mirip167 dalam pasal 1:17 di mana dikatakan bahwa "kebenaran Allah sedang dinyatakan," dan juga pasal 1:18 di mana dikatakan bahwa "murka Allah sedang dinyatakan." Kalau pasal-pasal 1:17, 1:18, dan 3:21 dibandingkan maka suatu perkembangan terlihat di situ. Dalam 1:18 dikatakan bahwa "murka Allah sedang dinyatakan" melawan, antara lain, kebenaran yang diusahakan melalui hukum Taurat. Lalu dalam pasal 3:21 pernyataan dari 1:17 diperlengkapi dengan kata tanpa hukum Taurat. Tambahan ini merupakan hasil dari diskusi Paulus dalam 1:18-3:20. Kenyataan ini tidak berarti bahwa Perjanjian Lama tidak berguna bagi kita, karena...
...seperti disaksikan dalam Kitab Taurat dan Kitab-Kitab para Nabi
Perjanjian Lama168 sangat berguna bagi kita, bukan karena mengandung hukum Taurat sebagai jalan keselamatan ataupun daftar kewajiban kita, tetapi karena Perjanjian Lama bersaksi mengenai kebenaran Allah yang telah dinyatakan kepada manusia. Sama seperti Yohanes Pembaptis bukanlah Kristus, tetapi dia bersaksi mengenai Kristus, demikian juga Taurat tidak membawa kebenaran Allah, tetapi dia bersaksi mengenai kebenaran Allah.
Dalam ayat ini, 3:21, Paulus memberi garis besar bagian ini. Dalam pasal 3:21-31 dia menguraikan bagaimana kebenaran Allah telah dinyatakan (melalui Kristus), dan dalam pasal 4 dia menguraikan bagaimana kebenaran Allah disaksikan dalam Kitab Taurat dan Kitab-Kitab para nabi.169
Hagelberg: Rm 3:21--4:25 - -- 2. Kebenaran Allah Dinyatakan 3:21-4:25
(aiwn/aion hidup)
Dalam bagian ini Paulus menyatakan bahwa kebenaran Allah diberikan kepada orang yang perc...
2. Kebenaran Allah Dinyatakan 3:21-4:25
(aiwn/aion hidup)
Dalam bagian ini Paulus menyatakan bahwa kebenaran Allah diberikan kepada orang yang percaya kepada Yesus Kristus.
Sampai di sini semua yang diuraikan berpusat pada murka Allah. Aiwn/Aion kematian dikuasai oleh kuasa Dosa. Tetapi di sini Paulus mulai menyoroti sesuatu yang baru, yaitu kebenaran Allah. Nygren163 menyamakan aiwn/aion hidup yang mulai diceriterakan di sini dengan "ciptaan baru... yang sudah datang" yang disebut dalam II Korintus 5:17. Kalau judul 1:18-3:20 adalah "Murka Allah," judul yang tepat untuk 3:21-4:25 adalah "Kebenaran Allah."
Hagelberg: Rm 3:22 - -- 3:22 ...yaitu kebenaran Allah melalui iman dalam Yesus Kristus kepada semua170 dan atas171 semua orang yang percaya. Sebab tidak ada perbedaan.
Akhi...
3:22 ...yaitu kebenaran Allah melalui iman dalam Yesus Kristus kepada semua170 dan atas171 semua orang yang percaya. Sebab tidak ada perbedaan.
Akhirnya Paulus menyebut iman lagi. Istilah ini dipakai tiga kali dalam pasal 1:17, pernyataan tema Surat Roma, dan baru di sini istilah ini dipakai lagi. Kebenaran Allah yang diuraikan dalam Surat Roma adalah suatu kebenaran yang ditawarkan172 kepada semua, dan sungguh diberikan kepada semua orang yang percaya.
Sebab tidak ada perbedaan.
Pernyataan ini mendukung kata "semua" di atas, dan lingkup cakup dari pernyataan ini diuraikan dalam pasal 3:23. Dari segi keperluan orang, semua manusia sama.
Yang penting hanyalah iman, dan bukan suku bangsa atau sunat. Ini hanya dapat diterima kalau hukum Taurat bukan merupakan jalan pada kebenaran Allah, sesuai dengan apa yang sudah dibuktikan di atas.
Hagelberg: Rm 3:22 - -- 3:22 ...yaitu kebenaran Allah melalui iman dalam Yesus Kristus kepada semua170 dan atas171 semua orang yang percaya. Sebab tidak ada perbedaan.
Akhi...
3:22 ...yaitu kebenaran Allah melalui iman dalam Yesus Kristus kepada semua170 dan atas171 semua orang yang percaya. Sebab tidak ada perbedaan.
Akhirnya Paulus menyebut iman lagi. Istilah ini dipakai tiga kali dalam pasal 1:17, pernyataan tema Surat Roma, dan baru di sini istilah ini dipakai lagi. Kebenaran Allah yang diuraikan dalam Surat Roma adalah suatu kebenaran yang ditawarkan172 kepada semua, dan sungguh diberikan kepada semua orang yang percaya.
Sebab tidak ada perbedaan.
Pernyataan ini mendukung kata "semua" di atas, dan lingkup cakup dari pernyataan ini diuraikan dalam pasal 3:23. Dari segi keperluan orang, semua manusia sama.
Yang penting hanyalah iman, dan bukan suku bangsa atau sunat. Ini hanya dapat diterima kalau hukum Taurat bukan merupakan jalan pada kebenaran Allah, sesuai dengan apa yang sudah dibuktikan di atas.
Hagelberg: Rm 3:23 - -- 3:23 Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah
Di sini Paulus mendukung pernyataan di atas. Sesuai dengan pasal 1:1...
3:23 Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah
Di sini Paulus mendukung pernyataan di atas. Sesuai dengan pasal 1:18-32, semua orang bukan Yahudi telah berbuat dosa, dan sesuai dengan pasal 2:1-3:8, semua orang Yahudi telah berbuat dosa, sehingga "tidak ada perbedaan."
Catatan Nygren173 tepat mengenai ayat ini. Setiap pernyataan negatif tentang dosa dan usaha manusia yang sia-sia menggaris bawahi bahwa kebenaran hanya dapat diperoleh dari Allah. Hanya Allah saja yang dapat membenarkan orang. Allah dipermuliakan melalui kegagalan manusia yang menyeluruh, seperti apa yang sudah dikatakan dalam 3:5a.
...telah kehilangan kemuliaan Allah
Arti dari anak kalimat ini banyak didiskusikan oleh para penafsir. Rupanya maksud Paulus di sini adalah bahwa manusia, sebagai gambar Allah, dimaksudkan untuk bersekutu dengan Allah sehingga dia boleh mengambil bagian dalam kemuliaan Allah, tetapi karena dosa, maka sekarang manusia tidak boleh mengambil bagian dalam kemuliaan Allah.174
Demikianlah keadaan manusia. Tidak ada harapan bagi dia. Dia telah berbuat dosa dan dia jauh dari kemuliaan Allah. Dengan ayat ini Paulus meninggalkan tema dosa manusia untuk mendiskusikan kebenaran Allah yang disediakan bagi manusia.
Hagelberg: Rm 3:23 - -- 3:23 Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah
Di sini Paulus mendukung pernyataan di atas. Sesuai dengan pasal 1:1...
3:23 Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah
Di sini Paulus mendukung pernyataan di atas. Sesuai dengan pasal 1:18-32, semua orang bukan Yahudi telah berbuat dosa, dan sesuai dengan pasal 2:1-3:8, semua orang Yahudi telah berbuat dosa, sehingga "tidak ada perbedaan."
Catatan Nygren173 tepat mengenai ayat ini. Setiap pernyataan negatif tentang dosa dan usaha manusia yang sia-sia menggaris bawahi bahwa kebenaran hanya dapat diperoleh dari Allah. Hanya Allah saja yang dapat membenarkan orang. Allah dipermuliakan melalui kegagalan manusia yang menyeluruh, seperti apa yang sudah dikatakan dalam 3:5a.
...telah kehilangan kemuliaan Allah
Arti dari anak kalimat ini banyak didiskusikan oleh para penafsir. Rupanya maksud Paulus di sini adalah bahwa manusia, sebagai gambar Allah, dimaksudkan untuk bersekutu dengan Allah sehingga dia boleh mengambil bagian dalam kemuliaan Allah, tetapi karena dosa, maka sekarang manusia tidak boleh mengambil bagian dalam kemuliaan Allah.174
Demikianlah keadaan manusia. Tidak ada harapan bagi dia. Dia telah berbuat dosa dan dia jauh dari kemuliaan Allah. Dengan ayat ini Paulus meninggalkan tema dosa manusia untuk mendiskusikan kebenaran Allah yang disediakan bagi manusia.
Hagelberg: Rm 3:24 - -- 3:24 dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan melalui175 Kristus Yesus.
Sudah dibuktikan bahwa tidak ada kebenaran y...
3:24 dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan melalui175 Kristus Yesus.
Sudah dibuktikan bahwa tidak ada kebenaran yang dapat dikerjakan oleh manusia dalam aiwn/aion kematian, tetapi ada kebenaran, yaitu kebenaran yang dari Allah, bagi manusia. Itulah kebenaran yang satu-satunya.
Ayat ini tidak mengandung kesan bahwa "semua orang" yang disebut dalam pasal 3:23 telah dibenarkan, dan hal iman tidak apa-apa. Dia sudah menjelaskan bahwa kebenaran tersebut boleh diterima orang "melalui iman dalam Yesus Kristus kepada semua dan atas semua orang yang percaya."
Yang penting adalah bahwa sama seperti "tidak ada perbedaan" antara orang Yahudi dan orang bukan Yahudi, mereka sama-sama dibawa murka Allah, dan tidak dapat membenarkan diri mereka, demikian juga "tidak ada perbedaan" antara orang Yahudi dan orang bukan Yahudi, karena mereka sama-sama dapat dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.
...oleh kasih karuniaNya... dengan cuma-cuma...
Dua anak kalimat ini saling mendukung. Yang pertama, oleh kasih karuniaNya,176 menunjuk pada sumber kebenaran tersebut, sedangkan yang ke dua, dengan cuma-cuma,177 lebih menegaskan sifatnya. Keduanya berarti bahwa manusia tidak membayar apa-apa untuk menerima pemberian ini. Tetapi hal ini sudah nyata bagi para pembaca, karena sudah jelas bahwa segala usaha manusia tidak dapat membenarkan manusia atau membebaskan dia dari murka Allah.
...karena penebusan...
Bagi Nygren178 pemakaian istilah penebusan179 menunjuk pada pembebasan dari perbudakan pada kuasa aiwn/aion kematian, seperti dalam Kolose 1:13 di mana Paulus berkata, "Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan AnakNya yang kekasih."
Hagelberg: Rm 3:24 - -- 3:24 dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan melalui175 Kristus Yesus.
Sudah dibuktikan bahwa tidak ada kebenaran y...
3:24 dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan melalui175 Kristus Yesus.
Sudah dibuktikan bahwa tidak ada kebenaran yang dapat dikerjakan oleh manusia dalam aiwn/aion kematian, tetapi ada kebenaran, yaitu kebenaran yang dari Allah, bagi manusia. Itulah kebenaran yang satu-satunya.
Ayat ini tidak mengandung kesan bahwa "semua orang" yang disebut dalam pasal 3:23 telah dibenarkan, dan hal iman tidak apa-apa. Dia sudah menjelaskan bahwa kebenaran tersebut boleh diterima orang "melalui iman dalam Yesus Kristus kepada semua dan atas semua orang yang percaya."
Yang penting adalah bahwa sama seperti "tidak ada perbedaan" antara orang Yahudi dan orang bukan Yahudi, mereka sama-sama dibawa murka Allah, dan tidak dapat membenarkan diri mereka, demikian juga "tidak ada perbedaan" antara orang Yahudi dan orang bukan Yahudi, karena mereka sama-sama dapat dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.
...oleh kasih karuniaNya... dengan cuma-cuma...
Dua anak kalimat ini saling mendukung. Yang pertama, oleh kasih karuniaNya,176 menunjuk pada sumber kebenaran tersebut, sedangkan yang ke dua, dengan cuma-cuma,177 lebih menegaskan sifatnya. Keduanya berarti bahwa manusia tidak membayar apa-apa untuk menerima pemberian ini. Tetapi hal ini sudah nyata bagi para pembaca, karena sudah jelas bahwa segala usaha manusia tidak dapat membenarkan manusia atau membebaskan dia dari murka Allah.
...karena penebusan...
Bagi Nygren178 pemakaian istilah penebusan179 menunjuk pada pembebasan dari perbudakan pada kuasa aiwn/aion kematian, seperti dalam Kolose 1:13 di mana Paulus berkata, "Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan AnakNya yang kekasih."
Hagelberg: Rm 3:25 - -- 3:25 yang telah dinyatakan Allah sebagai korban pendamaian, melalui iman, dalam darahNya. Hal ini dibuatNya untuk menunjukkan keadilanNya, karena Ia...
3:25 yang telah dinyatakan Allah sebagai korban pendamaian, melalui iman, dalam darahNya. Hal ini dibuatNya untuk menunjukkan keadilanNya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaranNya.
Ayat ini mengandung banyak yang menarik dari segi karya Tuhan Yesus bagi kita, tetapi sebelum karya Tuhan Yesus dipikirkan, perlu dimengerti bahwa menurut pengkalimatan ayat ini semuanya berasal dari inisiatif Allah Bapa. Dialah yang menyatakan Tuhan Yesus sebagai korban pendamaian.
yang telah dinyatakan Allah...
Istilah dinyatakan180 didiskusikan oleh para penafsir.181 Kata kerja ini dapat berarti "bermaksud, ditetapkankan" atau "dinyatakan, dipamerkan." Secara harafiah protiyhmi/protithemi berarti "meletakkan di depan."182 Kata ini hanya dipakai tiga kali dalam seluruh Perjanjian Baru, dan dalam Roma 1:13 dan Efesus 1:9 kata ini berarti "bermaksud," tetapi pada zaman itu kata ini sering dipakai mengenai titah raja yang diberitakan di jalan umum, dengan arti "dinyatakan, dipamerkan."183 Arti itu sangat sesuai dengan konteks ayat ini, karena dalam pasal 3:21 dikatakan "kebenaran Allah telah dinyatakan," dalam 3:25b dikatakan "hal ini dibuatNya untuk menunjukkan keadilanNya," dan dalam pasal 3:26 dikatakan "maksudNya ialah untuk menunjukkan keadilanNya...."
sebagai korban pendamaian...
Kata ini184 juga didiskusikan oleh penafsir Surat Roma.185 Kata benda ini perlu diartikan berdasarkan arti dari kata dasarnya,186 yaitu sebuah kata kerja yang dipakai orang kafir dengan arti "menyenangkan" atau "menenangkan" dewa dengan korban. Dalam LXX istilah ini dipakai dengan arti "memadamkan murka Allah yang muncul karena dosa umatNya."187 Kristus Yesus dinyatakan oleh Allah sebagai korban yang menghilangkan murkaNya terhadap kita. Manusia yang layak dimurkai tidak jadi dimurkai karena murka tersebut telah dicurahkan atas Kristus Yesus, yang telah sebagai korban pendamaian kita.
Pada zaman Perjanjian Lama korban pendamaian tidak kelihatan bagi dunia, tetapi sekarang korban pendamaian yang sempurna sudah "dipamerkan," sudah diperlihatkan.
...korban pendamaian, melalui iman,188 dengan darahNya.
Iman disebut di sini karena, seperti apa yang akan diuraikan oleh Paulus, korban pendamaian tersebut hanya efektif bagi orang yang percaya pada Yesus Kristus sebagai Juruselamat. Perbuatan manusia tidak usah dipermasalahkan. Paulus sudah membuktikan dan menegaskan bahwa perbuatan, ketaatan pada hukum Taurat, tidak berguna.
Melalui darahNya, melalui kematian Yesus Kristus sebagai korban, Dia menjadi korban pendamaian. Dalam Perjanjian Baru darah Yesus tidak hanya menunjuk pada kematianNya, tetapi juga mununjuk pada kematianNya sebagai korban.189 Imamat 17:11 menegaskan kepentingan darah korban.
Dalam pasal 3:24-25 Paulus memakai istilah dari pengadilan ("dibenarkan"), dari pasar budak ("penebusan"), dan dari kemah suci ("korban pendamaian") untuk menceriterakan karya Tuhan Yesus Kristus bagi kita.190
Hal ini dibuatNya untuk menunjukkan keadilanNya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaranNya.
Dalam bagian ini Paulus sudah menegaskan bahwa program Allah diadakan di muka umum, sesuai dengan Roma 3:21, "kebenaran Allah telah dinyatakan." Kenyataan ini sudah "disaksikan" dalam Perjanjian Lama. Dalam 3:25a Kristus sudah dinyatakan atau dipamerkan sebagai korban pendamaian. Unsur ini dilanjutkan di sini. Dengan demikian Dia menunjukkan keadilanNya. Memang dahulu, sebelum korban pendamaian yang sempurna dikorbankan, Dia membiarkan dosa, tetapi hal ini tidak menyangkal keadilanNya. Darah Yesus Kristus berlaku untuk dosa-dosa yang akan dilakukan dan yang dahulu dilakukan.
Hagelberg: Rm 3:25 - -- 3:25 yang telah dinyatakan Allah sebagai korban pendamaian, melalui iman, dalam darahNya. Hal ini dibuatNya untuk menunjukkan keadilanNya, karena Ia...
3:25 yang telah dinyatakan Allah sebagai korban pendamaian, melalui iman, dalam darahNya. Hal ini dibuatNya untuk menunjukkan keadilanNya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaranNya.
Ayat ini mengandung banyak yang menarik dari segi karya Tuhan Yesus bagi kita, tetapi sebelum karya Tuhan Yesus dipikirkan, perlu dimengerti bahwa menurut pengkalimatan ayat ini semuanya berasal dari inisiatif Allah Bapa. Dialah yang menyatakan Tuhan Yesus sebagai korban pendamaian.
yang telah dinyatakan Allah...
Istilah dinyatakan180 didiskusikan oleh para penafsir.181 Kata kerja ini dapat berarti "bermaksud, ditetapkankan" atau "dinyatakan, dipamerkan." Secara harafiah protiyhmi/protithemi berarti "meletakkan di depan."182 Kata ini hanya dipakai tiga kali dalam seluruh Perjanjian Baru, dan dalam Roma 1:13 dan Efesus 1:9 kata ini berarti "bermaksud," tetapi pada zaman itu kata ini sering dipakai mengenai titah raja yang diberitakan di jalan umum, dengan arti "dinyatakan, dipamerkan."183 Arti itu sangat sesuai dengan konteks ayat ini, karena dalam pasal 3:21 dikatakan "kebenaran Allah telah dinyatakan," dalam 3:25b dikatakan "hal ini dibuatNya untuk menunjukkan keadilanNya," dan dalam pasal 3:26 dikatakan "maksudNya ialah untuk menunjukkan keadilanNya...."
sebagai korban pendamaian...
Kata ini184 juga didiskusikan oleh penafsir Surat Roma.185 Kata benda ini perlu diartikan berdasarkan arti dari kata dasarnya,186 yaitu sebuah kata kerja yang dipakai orang kafir dengan arti "menyenangkan" atau "menenangkan" dewa dengan korban. Dalam LXX istilah ini dipakai dengan arti "memadamkan murka Allah yang muncul karena dosa umatNya."187 Kristus Yesus dinyatakan oleh Allah sebagai korban yang menghilangkan murkaNya terhadap kita. Manusia yang layak dimurkai tidak jadi dimurkai karena murka tersebut telah dicurahkan atas Kristus Yesus, yang telah sebagai korban pendamaian kita.
Pada zaman Perjanjian Lama korban pendamaian tidak kelihatan bagi dunia, tetapi sekarang korban pendamaian yang sempurna sudah "dipamerkan," sudah diperlihatkan.
...korban pendamaian, melalui iman,188 dengan darahNya.
Iman disebut di sini karena, seperti apa yang akan diuraikan oleh Paulus, korban pendamaian tersebut hanya efektif bagi orang yang percaya pada Yesus Kristus sebagai Juruselamat. Perbuatan manusia tidak usah dipermasalahkan. Paulus sudah membuktikan dan menegaskan bahwa perbuatan, ketaatan pada hukum Taurat, tidak berguna.
Melalui darahNya, melalui kematian Yesus Kristus sebagai korban, Dia menjadi korban pendamaian. Dalam Perjanjian Baru darah Yesus tidak hanya menunjuk pada kematianNya, tetapi juga mununjuk pada kematianNya sebagai korban.189 Imamat 17:11 menegaskan kepentingan darah korban.
Dalam pasal 3:24-25 Paulus memakai istilah dari pengadilan ("dibenarkan"), dari pasar budak ("penebusan"), dan dari kemah suci ("korban pendamaian") untuk menceriterakan karya Tuhan Yesus Kristus bagi kita.190
Hal ini dibuatNya untuk menunjukkan keadilanNya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaranNya.
Dalam bagian ini Paulus sudah menegaskan bahwa program Allah diadakan di muka umum, sesuai dengan Roma 3:21, "kebenaran Allah telah dinyatakan." Kenyataan ini sudah "disaksikan" dalam Perjanjian Lama. Dalam 3:25a Kristus sudah dinyatakan atau dipamerkan sebagai korban pendamaian. Unsur ini dilanjutkan di sini. Dengan demikian Dia menunjukkan keadilanNya. Memang dahulu, sebelum korban pendamaian yang sempurna dikorbankan, Dia membiarkan dosa, tetapi hal ini tidak menyangkal keadilanNya. Darah Yesus Kristus berlaku untuk dosa-dosa yang akan dilakukan dan yang dahulu dilakukan.
Hagelberg: Rm 3:26 - -- 3:26 MaksudNya ialah untuk menunjukkan keadilanNya pada masa ini, supaya nyata, bahwa Ia benar dan juga membenarkan orang yang percaya kepada Yesus.
...
3:26 MaksudNya ialah untuk menunjukkan keadilanNya pada masa ini, supaya nyata, bahwa Ia benar dan juga membenarkan orang yang percaya kepada Yesus.
Ayat ini mengulangi dan menegaskan apa yang sudah dikatakan dalam 3:25b. Dalam bahasa Yunani Paulus tidak berkata bahwa Yesus Kristus dikorbankan hanya untuk supaya nyata bahwa Allah benar. Arti anak kalimat ini lebih luas dari pada itu. Dia dikorbankan karena Allah adalah benar. Pengertian ini lebih tegas dari pada apa yang kelihatan dalam terjemahan bahasa Indonesia.
Hagelberg: Rm 3:26 - -- 3:26 MaksudNya ialah untuk menunjukkan keadilanNya pada masa ini, supaya nyata, bahwa Ia benar dan juga membenarkan orang yang percaya kepada Yesus.
...
3:26 MaksudNya ialah untuk menunjukkan keadilanNya pada masa ini, supaya nyata, bahwa Ia benar dan juga membenarkan orang yang percaya kepada Yesus.
Ayat ini mengulangi dan menegaskan apa yang sudah dikatakan dalam 3:25b. Dalam bahasa Yunani Paulus tidak berkata bahwa Yesus Kristus dikorbankan hanya untuk supaya nyata bahwa Allah benar. Arti anak kalimat ini lebih luas dari pada itu. Dia dikorbankan karena Allah adalah benar. Pengertian ini lebih tegas dari pada apa yang kelihatan dalam terjemahan bahasa Indonesia.
Hagelberg: Rm 3:27 - -- 3:27 Jika demikian, di manakah kemegahan manusia? Tidak ada! Berdasarkan apa? Berdasarkan perbuatan? Tidak, melainkan berdasarkan iman!
Dengan me...
3:27 Jika demikian, di manakah kemegahan manusia? Tidak ada! Berdasarkan apa? Berdasarkan perbuatan? Tidak, melainkan berdasarkan iman!
Dengan mengemukakan pertanyaan mengenai kemegahan ini, Paulus sudah kembali pada tema bagian ini, yaitu bahwa kebenaran Allah diberikan kepada orang percaya, tanpa perbuatan hukum Taurat. Ada kebenaran yang disediakan bagi manusia, tetapi kebenaran yang ada bagi kita meniadakan kemegahan dari kita.
Pada umumnya orang Yahudi "... bermegah atas hukum Taurat....",191 karena paling tidak mereka memiliki hukum Taurat. Apa lagi sekarang, karena dapat dikatakan bahwa kita sudah benar. Jadi, bagaimana, apakah kita dapat bermegah? "Tidak mungkin!"
Tidak ada!
Secara harafiah Paulus berkata, "Ditutup di luar!"192 Kemungkinan untuk bermegah sudah "ditutup diluar." Mengapa?
Berdasarkan193 apa? Berdasarkan perbuatan? Tidak, melainkan berdasarkan iman!194
Jalan pikiran Paulus sangat terarah. Dia mengejar suatu kebenaran yang amat tegas. Oleh karena prinsip iman, maka orang yang sudah dibenarkan tidak dapat bermegah.
Hagelberg: Rm 3:27 - -- 3:27 Jika demikian, di manakah kemegahan manusia? Tidak ada! Berdasarkan apa? Berdasarkan perbuatan? Tidak, melainkan berdasarkan iman!
Dengan me...
3:27 Jika demikian, di manakah kemegahan manusia? Tidak ada! Berdasarkan apa? Berdasarkan perbuatan? Tidak, melainkan berdasarkan iman!
Dengan mengemukakan pertanyaan mengenai kemegahan ini, Paulus sudah kembali pada tema bagian ini, yaitu bahwa kebenaran Allah diberikan kepada orang percaya, tanpa perbuatan hukum Taurat. Ada kebenaran yang disediakan bagi manusia, tetapi kebenaran yang ada bagi kita meniadakan kemegahan dari kita.
Pada umumnya orang Yahudi "... bermegah atas hukum Taurat....",191 karena paling tidak mereka memiliki hukum Taurat. Apa lagi sekarang, karena dapat dikatakan bahwa kita sudah benar. Jadi, bagaimana, apakah kita dapat bermegah? "Tidak mungkin!"
Tidak ada!
Secara harafiah Paulus berkata, "Ditutup di luar!"192 Kemungkinan untuk bermegah sudah "ditutup diluar." Mengapa?
Berdasarkan193 apa? Berdasarkan perbuatan? Tidak, melainkan berdasarkan iman!194
Jalan pikiran Paulus sangat terarah. Dia mengejar suatu kebenaran yang amat tegas. Oleh karena prinsip iman, maka orang yang sudah dibenarkan tidak dapat bermegah.
Hagelberg: Rm 3:28 - -- 3:28 Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman tanpa perbuatan-perbuatan hukum Taurat.
Kalau manusia dibenarkan karena iman tanpa perbu...
3:28 Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman tanpa perbuatan-perbuatan hukum Taurat.
Kalau manusia dibenarkan karena iman tanpa perbuatan-perbuatan hukum Taurat maka jelas manusia tidak dapat memegahkan dirinya.195 Pernyataan ini mirip sekali dengan Efesus 2:9 yang menyatakan bahwa keselamatan oleh iman "bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri," dan Yeremia 9:23-24 yang berkata, "Janganlah orang bijaksana bermegah karena kebijaksanaannya... tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena... ia mengenal Aku...."
LAI menterjemahkan ayat ini "...karena iman, dan bukan karena ia melakukan hukum Taurat." Ini baik, tetapi Paulus lebih tegas dari pada itu. Tidak cukup bagi Paulus kalau hanya dikatakan bahwa manusia dibenarkan "bukan karena ia melakukan hukum Taurat." Paulus berkata, manusia dibenarkan karena iman tanpa196 perbuatan hukum Taurat. Pada waktu Paulus menceritakan bagaimana caranya di mana orang dapat dibenarkan dia tidak mengemukakan perbuatan orang. Dia hanya menceritakan perbuatan Kristus di kayu salib. Perbuatan yang lain sudah "ditutup di luar" ruang diskusi mengenai hal ini. Segala perbuatan manusia yang diharapkan untuk memperlancar pembenaran manusia berada dalam aiwn/aion kematian.
Hagelberg: Rm 3:28 - -- 3:28 Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman tanpa perbuatan-perbuatan hukum Taurat.
Kalau manusia dibenarkan karena iman tanpa perbu...
3:28 Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman tanpa perbuatan-perbuatan hukum Taurat.
Kalau manusia dibenarkan karena iman tanpa perbuatan-perbuatan hukum Taurat maka jelas manusia tidak dapat memegahkan dirinya.195 Pernyataan ini mirip sekali dengan Efesus 2:9 yang menyatakan bahwa keselamatan oleh iman "bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri," dan Yeremia 9:23-24 yang berkata, "Janganlah orang bijaksana bermegah karena kebijaksanaannya... tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena... ia mengenal Aku...."
LAI menterjemahkan ayat ini "...karena iman, dan bukan karena ia melakukan hukum Taurat." Ini baik, tetapi Paulus lebih tegas dari pada itu. Tidak cukup bagi Paulus kalau hanya dikatakan bahwa manusia dibenarkan "bukan karena ia melakukan hukum Taurat." Paulus berkata, manusia dibenarkan karena iman tanpa196 perbuatan hukum Taurat. Pada waktu Paulus menceritakan bagaimana caranya di mana orang dapat dibenarkan dia tidak mengemukakan perbuatan orang. Dia hanya menceritakan perbuatan Kristus di kayu salib. Perbuatan yang lain sudah "ditutup di luar" ruang diskusi mengenai hal ini. Segala perbuatan manusia yang diharapkan untuk memperlancar pembenaran manusia berada dalam aiwn/aion kematian.
Hagelberg: Rm 3:29 - -- 3:29 Atau adakah Allah hanya Allah orang Yahudi saja? Bukankah Ia juga Allah bangsa-bangsa lain? Ya, benar, Ia juga adalah Allah bangsa-bangsa lain...
3:29 Atau adakah Allah hanya Allah orang Yahudi saja? Bukankah Ia juga Allah bangsa-bangsa lain? Ya, benar, Ia juga adalah Allah bangsa-bangsa lain!
Kalau Allah mempertimbangkan perbuatan dalam hal membenarkan orang, maka perbuatan hukum Taurat harus diutamakan, karena Dialah yang mengilhamkan hukum Taurat. Dan kalau perbuatan hukum Taurat dipertimbangkan, maka orang Yahudi mempunyai suatu jalan keselamatan yang lain dari apa yang disediakan bagi orang bukan Yahudi.
Hagelberg: Rm 3:29 - -- 3:29 Atau adakah Allah hanya Allah orang Yahudi saja? Bukankah Ia juga Allah bangsa-bangsa lain? Ya, benar, Ia juga adalah Allah bangsa-bangsa lain...
3:29 Atau adakah Allah hanya Allah orang Yahudi saja? Bukankah Ia juga Allah bangsa-bangsa lain? Ya, benar, Ia juga adalah Allah bangsa-bangsa lain!
Kalau Allah mempertimbangkan perbuatan dalam hal membenarkan orang, maka perbuatan hukum Taurat harus diutamakan, karena Dialah yang mengilhamkan hukum Taurat. Dan kalau perbuatan hukum Taurat dipertimbangkan, maka orang Yahudi mempunyai suatu jalan keselamatan yang lain dari apa yang disediakan bagi orang bukan Yahudi.
Hagelberg: Rm 3:30 - -- 3:30 karena ada satu Allah yang akan membenarkan baik orang-orang bersunat karena iman, maupun orang-orang tak bersuna juga melalui iman.
Nygren197 m...
Hagelberg: Rm 3:30 - -- 3:30 karena ada satu Allah yang akan membenarkan baik orang-orang bersunat karena iman, maupun orang-orang tak bersuna juga melalui iman.
Nygren197 m...
Hagelberg: Rm 3:31 - -- 3:31 Jika demikian, adakah kami membatalkan hukum Taurat karena iman? Sama sekali tidak! Sebaliknya, kami meneguhkannya!
Kalau "manusia dibenarkan....
3:31 Jika demikian, adakah kami membatalkan hukum Taurat karena iman? Sama sekali tidak! Sebaliknya, kami meneguhkannya!
Kalau "manusia dibenarkan... tanpa perbuatan hukum Taurat," maka rupanya Paulus membatalkan198 hukum Taurat. Apa gunanya hukum Taurat kalau tidak dapat dipakai untuk menuntun orang pada keselamatan? Seperti apa yang sudah diuraikan dalam pasal 3:19-20, hukum Taurat tidak dimaksudkan untuk membawa pembenaran bagi orang taat, tetapi hukum Taurat membawa pengenalan akan dosa, sehingga "setiap mulut tersumbat." Hukum Taurat berfungsi terutama untuk membungkam setiap manusia yang suka memegahkan diri.
Sama sekali tidak! Sebaliknya, kami meneguhkannya!
Dari segi fungsi ini hukum Taurat diteguhkan oleh ajaran Surat Roma yang berkata bahwa manusia hanya dapat dibenarkan melalui iman. Baik iman maupun hukum Taurat sama-sama meniadakan kemegahan manusia, sehingga Paulus berkata kami meneguhkannya.
Hagelberg: Rm 3:31 - -- 3:31 Jika demikian, adakah kami membatalkan hukum Taurat karena iman? Sama sekali tidak! Sebaliknya, kami meneguhkannya!
Kalau "manusia dibenarkan....
3:31 Jika demikian, adakah kami membatalkan hukum Taurat karena iman? Sama sekali tidak! Sebaliknya, kami meneguhkannya!
Kalau "manusia dibenarkan... tanpa perbuatan hukum Taurat," maka rupanya Paulus membatalkan198 hukum Taurat. Apa gunanya hukum Taurat kalau tidak dapat dipakai untuk menuntun orang pada keselamatan? Seperti apa yang sudah diuraikan dalam pasal 3:19-20, hukum Taurat tidak dimaksudkan untuk membawa pembenaran bagi orang taat, tetapi hukum Taurat membawa pengenalan akan dosa, sehingga "setiap mulut tersumbat." Hukum Taurat berfungsi terutama untuk membungkam setiap manusia yang suka memegahkan diri.
Sama sekali tidak! Sebaliknya, kami meneguhkannya!
Dari segi fungsi ini hukum Taurat diteguhkan oleh ajaran Surat Roma yang berkata bahwa manusia hanya dapat dibenarkan melalui iman. Baik iman maupun hukum Taurat sama-sama meniadakan kemegahan manusia, sehingga Paulus berkata kami meneguhkannya.