Teks -- Efesus 5:26-33 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Jerusalem: Ef 5:26 - dan firman Baptisan tidak ada gunanya kalau tidak disertai pemberitaan Firman yang terungkap dalam pengajaran yang diberikan oleh pejabat yang menerimakan baptis...
Jerusalem: Ef 5:27 - -- Menurut adat di bagian Timur dahulu calon isteri dimandikan dan dihiasi; lalu "anak-anak pernikahan" mengantarnya menghadap bakal suaminya. Sehubungan...
Menurut adat di bagian Timur dahulu calon isteri dimandikan dan dihiasi; lalu "anak-anak pernikahan" mengantarnya menghadap bakal suaminya. Sehubungan dengan Gereja, Kristus sendiri membersihkan calon isteriNya dari segala noda dalam baptisan (Efe 5:26, di mana disebutkan sebuah rumus permandian: firman) untuk mengantarnya menghadap diriNya sendiri, bdk 1Te 5:8.
Jerusalem: Ef 5:30 - anggota tubuhNya Sejumlah naskah menambah: dari dagingNya dan dari tulang-tulangNya (bdk Kej 2:23).
Sejumlah naskah menambah: dari dagingNya dan dari tulang-tulangNya (bdk Kej 2:23).
Jerusalem: Ef 5:32 - -- Dalam ayat Kej 2:24 Paulus menemukan sebuah pralambang yang membuatkan persatuan Kristus dan Gereja "rahasia" itu lama sekali tersembunyi, tetapi seka...
Ende -> Ef 5:26-27; Ef 5:31
Ende: Ef 5:26-27 - -- Untuk mengerti kiasan kedua ajat ini, baik diketahui, bahwa dewasa itu termasuk
upatjara perkawinan, mempelai wanita dimandikan dan dihias oleh teman-...
Untuk mengerti kiasan kedua ajat ini, baik diketahui, bahwa dewasa itu termasuk upatjara perkawinan, mempelai wanita dimandikan dan dihias oleh teman-temannja, lalu barulah dengan resmi dihadapkan kepada bakal suami. Kristus sendiri "memandikan" dan "menghias" mempelainja, jaitu umatNja, lalu "menghadapkannja" kepada Dirinja sendiri.
Ende: Ef 5:31 - Sebab itu Perkataan ini tidak menghubungkan kutipan ini dengan salah suatu
ajat jang mendahuluinja, melainkan termasuk kutipan asli sendiri. Kutipan ini
diambil...
Perkataan ini tidak menghubungkan kutipan ini dengan salah suatu ajat jang mendahuluinja, melainkan termasuk kutipan asli sendiri. Kutipan ini diambil dari I Mos. 2:32.
Maksud langsung kutipan itu disini, ialah menjatakan kemesraan hubungan Kristus dengan umatNja, tetapi selandjutnja, untuk menerangkan bahwa hal hubungan (tjinta) perkawinan kodrati antara dua anggota-anggota tubuh Kristus mendjadi satu dengan hubungan (tjinta) Kristus kepada umat, dan demikian mendjadi "dalam Kristus", jaitu ataskodrati dan kudus. Kesutjian hidup dalam perkawinan harus selaras dengan kekudusan itu dan mengenai suami sesuai dengan sikap Kristus terhadap umatNja, sebagaimana dinjatakan dalam Efe 5:25-27.
Ref. Silang FULL: Ef 5:26 - untuk menguduskannya // dengan memandikannya · untuk menguduskannya: Yoh 17:19; Ibr 2:11; 10:10,14; 13:12
· dengan memandikannya: Kis 22:16; Kis 22:16
· untuk menguduskannya: Yoh 17:19; Ibr 2:11; 10:10,14; 13:12
Ref. Silang FULL: Ef 5:27 - hadapan diri-Nya // tidak bercela · hadapan diri-Nya: 2Kor 4:14; 2Kor 4:14
· tidak bercela: Ef 1:4
· mengasihi isterinya: Ef 5:25
Ref. Silang FULL: Ef 5:30 - anggota tubuh-Nya · anggota tubuh-Nya: Rom 12:5; Rom 12:5; 1Kor 12:27; 1Kor 12:27
· anggota tubuh-Nya: Rom 12:5; [Lihat FULL. Rom 12:5]; 1Kor 12:27; [Lihat FULL. 1Kor 12:27]