kecilkan semua  

Teks -- Yohanes 3:13-14 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
3:13 Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia. 3:14 Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan,
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law


Topik/Tema Kamus: Nikodemus | Anak ...; Gelar untuk Yesus | Musa | Yesus | Yohanes, Injil | Ular | Mati, Kematian Kristus | Selamat, Keselamatan | Marah, Kemarahan Tuhan Allah | Surga | Gambaran, Teladan Kristus | Kristus, Allah | Kristus, Nabi | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Jerusalem: Yoh 3:13 - yang telah naik ke sorga Yang dimaksudkan ialah pengangkatan Yesus ke sorga. Pengangkatan itu akan menyatakan asal sorgawi Yesus dan melantik Dia sebagai Anak Manusia yang mul...

Yang dimaksudkan ialah pengangkatan Yesus ke sorga. Pengangkatan itu akan menyatakan asal sorgawi Yesus dan melantik Dia sebagai Anak Manusia yang mulia.

Jerusalem: Yoh 3:14 - ditinggikan Anak Manusia, bdk Dan 7:13; Mat 8:20+; Mat 12:32; Mat 24:30, harus "di tinggikan", artinya: baik ditegakkan di kayu salib, maupun masuk kembali ke dal...

Anak Manusia, bdk Dan 7:13; Mat 8:20+; Mat 12:32; Mat 24:30, harus "di tinggikan", artinya: baik ditegakkan di kayu salib, maupun masuk kembali ke dalam kemuliaan Bapa, Yoh 1:51; Yoh 8:28; Yoh 12:32-34+; Yoh 13:31-32. Untuk dapat selamat orang harus "memandang" Kristus yang "ditinggikan" di kayu salib, Bil 21:8; Zak 12:10; Yoh 19:37+, artinya ialah: percaya bahwa Dia itu anak Tunggal, Yoh 3:18; Zak 12:10; Maka orang dibersihkan oleh air yang keluar dari lambungnya yang tertusuk, Yoh 19:34; Zak 13:1. Gelar "Anak Manusia" dalam Yohanes menekankan kemanusiaan Yesus, walaupun asal-usul ilahiNya ditonjolkan Yoh 3:13; Yoh 6:62. Berkat asal-usul itu Yesus menjalankan lebih dahulu perbuatan-perbuatan Anak Manusia di akhir zaman, Yoh 5:26-29; Yoh 6:27,53; Yoh 9:35.

Ende: Yoh 3:14 - Ditinggikan Jang dimaksudkan disini tentu "ditinggikan disalib".

Jang dimaksudkan disini tentu "ditinggikan disalib".

Ref. Silang FULL: Yoh 3:13 - ke sorga // dari sorga // Anak Manusia · ke sorga: Ams 30:4; Kis 2:34; Ef 4:8-10 · dari sorga: Yoh 3:31; Yoh 6:38,42; Ibr 4:14; 9:24 · Anak Manusia: Mat 8:20; Mat 8:20

· ke sorga: Ams 30:4; Kis 2:34; Ef 4:8-10

· dari sorga: Yoh 3:31; Yoh 6:38,42; Ibr 4:14; 9:24

· Anak Manusia: Mat 8:20; [Lihat FULL. Mat 8:20]

Ref. Silang FULL: Yoh 3:14 - padang gurun // harus ditinggikan · padang gurun: Bil 21:8,9 · harus ditinggikan: Yoh 12:32; Yoh 12:32

· padang gurun: Bil 21:8,9

· harus ditinggikan: Yoh 12:32; [Lihat FULL. Yoh 12:32]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Yoh 3:1-21 - -- 3:1-21 Lahir jasmani, dan lahir dari Roh

3:1-21 Lahir jasmani, dan lahir dari Roh

Hagelberg: Yoh 3:1-21 - -- 3:1-21 Lahir jasmani, dan lahir dari Roh

3:1-21 Lahir jasmani, dan lahir dari Roh

Hagelberg: Yoh 3:13 - -- 3:13 Tidak ada seorangpun yang telah naik ke surga, selain dari pada Dia yang telah turun dari surga, yaitu Anak Manusia.290 Tuhan Yesus sudah menjela...

3:13 Tidak ada seorangpun yang telah naik ke surga, selain dari pada Dia yang telah turun dari surga, yaitu Anak Manusia.290

Tuhan Yesus sudah menjelaskan kepada Nikodemus bahwa "hal-hal surgawi" itu sulit dipercayai, namun di sini Dia mulai menjelaskan bukan hanya bahwa manusia harus diperanakkan dari atas, tetapi juga bagaimana caranya hal ini dapat terjadi, yaitu berdasarkan penebusan yang diadakan oleh Tuhan Yesus sendiri.

Hanya Tuhan Yesus sendiri yang dapat menguraikan "hal-hal surgawi", karena tidak ada seorangpun yang telah naik ke surga. Walaupun banyak karangan di luar Firman Tuhan menceritakan tentang tokoh-tokoh umat Israel (Musa, Daniel, Henokh, Barukh, dsb.) yang naik ke surga dan kembali ke bumi untuk menceritakan apa yang mereka lihat di sana, tetapi Tuhan Yesus menyangkal semuanya itu. Tidak ada orang yang telah menyaksikan hal-hal surgawi, lalu turun ke bumi untuk bersaksi, kecuali Tuhan Yesus sendiri.291 Dia telah turun dari surga untuk menguraikan mengenai hal-hal surgawi dan juga mengadakan cara supaya manusia dapat diperanakkan dari atas.

Dalam Injil Yohanes kebenaran itu bahwa Tuhan Yesus telah turun dari surga diungkapkan berkali-kali untuk menegaskan bahwa Yesus adalah Mesias.292

Dalam Amsal 30:3-4 ada kata-kata yang mirip kata Tuhan Yesus, yaitu, "Juga tidak kupelajari hikmat, sehingga tidak dapat kukenal Yang Mahakudus. Siapakah yang naik ke surga lalu turun? Siapakah yang telah mengumpulkan angin dalam genggamnya? Siapakah yang telah membungkus air dengan kain? Siapakah yang telah menetapkan segala ujung bumi?" Penulis Amsal tidak memiliki hikmat ilahi yang dapat diperoleh seandainya dia dapat "naik ke surga lalu turun". Hanya Tuhan Yesus mempunyai hikmat seperti itu. Dalam Injil Yohanes pasal 1:18 telah dikatakan, "Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya."

Tujuan utama yang Dia punya untuk turun dari surga diuraikan dalam ayat yang berikut.

Hagelberg: Yoh 3:1-15 - -- 5. Yesus dan Nikodemus (3:1-15) Tema iman dikembangkan dalam pasal 3:1-21, pertama melalui ungkapan "lahir baru" yang diuraikan kepada Nikodemus, kemu...

5. Yesus dan Nikodemus (3:1-15)

Tema iman dikembangkan dalam pasal 3:1-21, pertama melalui ungkapan "lahir baru" yang diuraikan kepada Nikodemus, kemudian secara terang-terangan.

Dalam percakapan ini, pengertian lama, pengertian agama Yahudi, akan dikontraskan dengan apa yang ditawarkan oleh Tuhan Yesus. Yang lama menekankan kepentingan kelahiran jasmani. Asal lahir jasmani dalam keluarga Yahudi, orang itu memiliki hubungan yang khusus dengan Allah. Tuhan Yesus menawarkan kelahiran baru, yang mutlak diperlukan untuk menjadi terlibat dalam Kerajaan Allah. Yang lama tidak berarti, harus ada permulaan yang diadakan oleh Roh Allah. Sebenarnya konsep ini sudah diungkapkan dalam pasal 1:13, yang berkata "orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah."

Seperti seorang guru yang mahir, Tuhan Yesus memakai apa yang dimengerti (kelahiran jasmani) sebagai batu loncatan untuk menjelaskan apa yang belum dimengerti (bahwa silsilah dan amal tidak menolong orang untuk mendekat kepada Allah).

Hagelberg: Yoh 3:13 - -- 3:13 Tidak ada seorangpun yang telah naik ke surga, selain dari pada Dia yang telah turun dari surga, yaitu Anak Manusia.290 Tuhan Yesus sudah menjela...

3:13 Tidak ada seorangpun yang telah naik ke surga, selain dari pada Dia yang telah turun dari surga, yaitu Anak Manusia.290

Tuhan Yesus sudah menjelaskan kepada Nikodemus bahwa "hal-hal surgawi" itu sulit dipercayai, namun di sini Dia mulai menjelaskan bukan hanya bahwa manusia harus diperanakkan dari atas, tetapi juga bagaimana caranya hal ini dapat terjadi, yaitu berdasarkan penebusan yang diadakan oleh Tuhan Yesus sendiri.

Hanya Tuhan Yesus sendiri yang dapat menguraikan "hal-hal surgawi", karena tidak ada seorangpun yang telah naik ke surga. Walaupun banyak karangan di luar Firman Tuhan menceritakan tentang tokoh-tokoh umat Israel (Musa, Daniel, Henokh, Barukh, dsb.) yang naik ke surga dan kembali ke bumi untuk menceritakan apa yang mereka lihat di sana, tetapi Tuhan Yesus menyangkal semuanya itu. Tidak ada orang yang telah menyaksikan hal-hal surgawi, lalu turun ke bumi untuk bersaksi, kecuali Tuhan Yesus sendiri.291 Dia telah turun dari surga untuk menguraikan mengenai hal-hal surgawi dan juga mengadakan cara supaya manusia dapat diperanakkan dari atas.

Dalam Injil Yohanes kebenaran itu bahwa Tuhan Yesus telah turun dari surga diungkapkan berkali-kali untuk menegaskan bahwa Yesus adalah Mesias.292

Dalam Amsal 30:3-4 ada kata-kata yang mirip kata Tuhan Yesus, yaitu, "Juga tidak kupelajari hikmat, sehingga tidak dapat kukenal Yang Mahakudus. Siapakah yang naik ke surga lalu turun? Siapakah yang telah mengumpulkan angin dalam genggamnya? Siapakah yang telah membungkus air dengan kain? Siapakah yang telah menetapkan segala ujung bumi?" Penulis Amsal tidak memiliki hikmat ilahi yang dapat diperoleh seandainya dia dapat "naik ke surga lalu turun". Hanya Tuhan Yesus mempunyai hikmat seperti itu. Dalam Injil Yohanes pasal 1:18 telah dikatakan, "Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya."

Tujuan utama yang Dia punya untuk turun dari surga diuraikan dalam ayat yang berikut.

Hagelberg: Yoh 2:1--4:45 - -- B. Pelayanan yang Awal: Tanda, Perbuatan, dan Kata (2:1-4:45)

B. Pelayanan yang Awal: Tanda, Perbuatan, dan Kata (2:1-4:45)

Hagelberg: Yoh 1:19--10:42 - -- II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)

II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)

Hagelberg: Yoh 3:14 - -- 3:14 Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan,293 Dia "telah turun dari surga" karena di b...

3:14 Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan,293

Dia "telah turun dari surga" karena di bumi ini Dia harus ditinggikan. Sesuai dengan peringatan Tuhan Yesus dalam ayat 12, semula hal ini tidak dapat diterima (atau dimengerti) oleh Nikodemus.

Dalam ayat ini, Tuhan Yesus sungguh mulai menjawab pertanyaan Nikodemus, yang diajukan dalam ayat 9. Dia mulai menjelaskan "hal-hal surgawi" di sini, dengan menyiaskan penyaliban-Nya dengan ular yang ditinggikan di padang gurun, yang dikisahkan dalam Bilangan 21:4-9. Jika Anak Manusia ditinggikan, maka manusia dapat diperanakkan kembali.

Yohanes menekankan satu kesamaan antara ular itu dan Tuhan Yesus, yaitu bahwa dua-duanya harus ditinggikan, tetapi sebenarnya kesamaannya lebih luas, karena nampaknya ular itu melambangkan dosa umat Israel, dan waktu Dia disalibkan Tuhan Yesus menjadi dosa untuk kita.

Dalam pasal 12:32-33 ditulis, "'...apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang datang kepada-Ku.' Ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana caranya Ia akan mati", namun dalam nas ini salib-Nya belum diceritakan secara jelas. Istilah ditinggikan (atau "meninggikan") juga dipakai dalam Kisah Para Rasul 2:33; 5:31 (mengenai kenaikan-Nya); Kejadian 40:13 (mengenai kemuliaan seorang hamba); 40:19 (mengenai kematian seorang hamba); dan Yesaya 52:13 (mengenai kemuliaan Hamba TUHAN di surga), maka nampaknya istilah ditinggikan di sini mengandung arti kematian-Nya di kayu salib, kebangkitan-Nya dari kuburan, pengangkatan-Nya ke surga, dan kemuliaan-Nya di surga, tetapi kekayaan istilah ini belum jelas bagi Nikodemus.294 Sama seperti ungkapan "saat-Ku belum tiba" dalam pasal 2:4, petunjuk ini mengenai kematian-Nya belum diuraikan. Konsep perlawanan yang akan menyerang Dia masih belum muncul secara terang-terangan.295

Hagelberg: Yoh 3:14 - -- 3:14 Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan,293 Dia "telah turun dari surga" karena di b...

3:14 Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan,293

Dia "telah turun dari surga" karena di bumi ini Dia harus ditinggikan. Sesuai dengan peringatan Tuhan Yesus dalam ayat 12, semula hal ini tidak dapat diterima (atau dimengerti) oleh Nikodemus.

Dalam ayat ini, Tuhan Yesus sungguh mulai menjawab pertanyaan Nikodemus, yang diajukan dalam ayat 9. Dia mulai menjelaskan "hal-hal surgawi" di sini, dengan menyiaskan penyaliban-Nya dengan ular yang ditinggikan di padang gurun, yang dikisahkan dalam Bilangan 21:4-9. Jika Anak Manusia ditinggikan, maka manusia dapat diperanakkan kembali.

Yohanes menekankan satu kesamaan antara ular itu dan Tuhan Yesus, yaitu bahwa dua-duanya harus ditinggikan, tetapi sebenarnya kesamaannya lebih luas, karena nampaknya ular itu melambangkan dosa umat Israel, dan waktu Dia disalibkan Tuhan Yesus menjadi dosa untuk kita.

Dalam pasal 12:32-33 ditulis, "'...apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang datang kepada-Ku.' Ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana caranya Ia akan mati", namun dalam nas ini salib-Nya belum diceritakan secara jelas. Istilah ditinggikan (atau "meninggikan") juga dipakai dalam Kisah Para Rasul 2:33; 5:31 (mengenai kenaikan-Nya); Kejadian 40:13 (mengenai kemuliaan seorang hamba); 40:19 (mengenai kematian seorang hamba); dan Yesaya 52:13 (mengenai kemuliaan Hamba TUHAN di surga), maka nampaknya istilah ditinggikan di sini mengandung arti kematian-Nya di kayu salib, kebangkitan-Nya dari kuburan, pengangkatan-Nya ke surga, dan kemuliaan-Nya di surga, tetapi kekayaan istilah ini belum jelas bagi Nikodemus.294 Sama seperti ungkapan "saat-Ku belum tiba" dalam pasal 2:4, petunjuk ini mengenai kematian-Nya belum diuraikan. Konsep perlawanan yang akan menyerang Dia masih belum muncul secara terang-terangan.295

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yoh 3:1-21 - Percakapan Kristus dengan Nikodemus Dalam pasal ini diceritakan tentang: I. Percakapan Kristus dengan ...

SH: Yoh 3:13-21 - Menerima karya salib (Senin, 2 Januari 2006) Menerima karya salib Judul: Menerima karya salib Dosa membuat manusia mengalami hukuman Allah. Huk...

SH: Yoh 3:13-21 - Hidup Kekal (Rabu, 1 Januari 2020) Hidup Kekal Istilah kelahiran baru merupakan konsep yang sama sekali tidak dipahami oleh Nikodemus. Ia memaknai k...

SH: Yoh 3:1-21 - Terpikat oleh karya Allah. (Kamis, 31 Desember 1998) Terpikat oleh karya Allah. Terpikat oleh karya Allah. Pelayanan Tuhan Yesus yang begitu menakjubkan, y...

SH: Yoh 3:1-21 - Iman vs moralisme (Minggu, 30 Desember 2001) Iman vs moralisme Iman vs moralisme. Kepada orang yang memiliki moral dan etika yang tinggi, berita kes...

SH: Yoh 3:1-12 - Lahir kembali (Minggu, 1 Januari 2006) Lahir kembali Judul: Lahir kembali Dosa membuat hati rusak dalam pemberontakan terhadap Allah. Ole...

SH: Yoh 3:1-12 - Harus Terlahir Kembali (Selasa, 31 Desember 2019) Harus Terlahir Kembali Kerohanian tidak ditentukan dari gelar yang disandangnya. Ada orang yang memiliki jabatan ...

SH: Yoh 3:14-21 - Berilah respons yang tepat! (Rabu, 23 Januari 2008) Berilah respons yang tepat! Judul : Berilah respons yang tepat! Yesus menerangkan bahwa "Dilahirkan kembal...

Utley: Yoh 3:9-15 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 3:9-15...

Topik Teologia: Yoh 3:13 - -- Yesus Kristus Mahahadir Mat 18:20 ...

Topik Teologia: Yoh 3:14 - -- Yesus Kristus Ular Tembaga Bil 2:19 ...

TFTWMS: Yoh 3:1-36 - Engkau Harus Dilahirkan Kembali "ENGKAU HARUS DILAHIRKAN KEMBALI" (Yohanes 3:1-36) Kadang-...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah Tanggal Penulisan: 80-95 M...

Full Life: Yohanes (Garis Besar) Garis Besar Prolog tentang Logos (Yoh 1:1-18)...

Matthew Henry: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Kita tidak sedang membahas kapan dan di mana Injil ini dituliskan. Kita yakin Injil ini diberikan melalui inspirasi Allah kepada Yohanes, saudara Y...

Jerusalem: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INJIL YOHANES PENGANTAR INJIL YOHANES DAN SURAT-SURAT YOHANES Injil Yoh...

Ende: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN JOANES KATA PENGANTAR Karangan Indjil ini biasa disebut "Indjil keempat". Menurut riwajat...

Hagelberg: Yohanes (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Prakata Pendahuluan Injil Yohanes dapat diumpamakan sebagai sebuah kolam yang b...

Hagelberg: Yohanes (Garis Besar) GARIS BESAR I. KATA PENGANTAR (1:1-18...

Hagelberg: Yohanes DAFTAR PUSTAKA Daftar Kepustakaan Barrett, C. K., The Gospel According to St. John, an Introduction with C...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (YOHANES 3:1-36) Beginilah ceritanya bahwa George Whitefi...

TFTWMS: Yohanes (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Hanya di sini kita menemukan perkataan "kerajaan Allah" di dalam Injil Yohanes. Ia m...

BIS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES PENGANTAR Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus d...

Ajaran: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusi...

Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Firman Allah terakhir kepada manusia INJIL YANG BERBEDA.Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan p...

Garis Besar Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #05: Coba klik dua kali sembarang kata untuk melakukan pencarian instan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.10 detik
dipersembahkan oleh YLSA