kecilkan semua  

Teks -- Kisah Para Rasul 2:1-39 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Pentakosta
2:1 Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat. 2:2 Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; 2:3 dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. 2:4 Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya. 2:5 Waktu itu di Yerusalem diam orang-orang Yahudi yang saleh dari segala bangsa di bawah kolong langit. 2:6 Ketika turun bunyi itu, berkerumunlah orang banyak. Mereka bingung karena mereka masing-masing mendengar rasul-rasul itu berkata-kata dalam bahasa mereka sendiri. 2:7 Mereka semua tercengang-cengang dan heran, lalu berkata: "Bukankah mereka semua yang berkata-kata itu orang Galilea? 2:8 Bagaimana mungkin kita masing-masing mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri, yaitu bahasa yang kita pakai di negeri asal kita: 2:9 kita orang Partia, Media, Elam, penduduk Mesopotamia, Yudea dan Kapadokia, Pontus dan Asia, 2:10 Frigia dan Pamfilia, Mesir dan daerah-daerah Libia yang berdekatan dengan Kirene, pendatang-pendatang dari Roma, 2:11 baik orang Yahudi maupun penganut agama Yahudi, orang Kreta dan orang Arab, kita mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri tentang perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah." 2:12 Mereka semuanya tercengang-cengang dan sangat termangu-mangu sambil berkata seorang kepada yang lain: "Apakah artinya ini?" 2:13 Tetapi orang lain menyindir: "Mereka sedang mabuk oleh anggur manis."
Khotbah Petrus
2:14 Maka bangkitlah Petrus berdiri dengan kesebelas rasul itu, dan dengan suara nyaring ia berkata kepada mereka: "Hai kamu orang Yahudi dan kamu semua yang tinggal di Yerusalem, ketahuilah dan camkanlah perkataanku ini. 2:15 Orang-orang ini tidak mabuk seperti yang kamu sangka, karena hari baru pukul sembilan, 2:16 tetapi itulah yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi Yoel: 2:17 Akan terjadi pada hari-hari terakhir -- demikianlah firman Allah -- bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia; maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat, dan teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan, dan orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi. 2:18 Juga ke atas hamba-hamba-Ku laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu dan mereka akan bernubuat. 2:19 Dan Aku akan mengadakan mujizat-mujizat di atas, di langit dan tanda-tanda di bawah, di bumi: darah dan api dan gumpalan-gumpalan asap. 2:20 Matahari akan berubah menjadi gelap gulita dan bulan menjadi darah sebelum datangnya hari Tuhan, hari yang besar dan mulia itu. 2:21 Dan barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan. 2:22 Hai orang-orang Israel, dengarlah perkataan ini: Yang aku maksudkan, ialah Yesus dari Nazaret, seorang yang telah ditentukan Allah dan yang dinyatakan kepadamu dengan kekuatan-kekuatan dan mujizat-mujizat dan tanda-tanda yang dilakukan oleh Allah dengan perantaraan Dia di tengah-tengah kamu, seperti yang kamu tahu. 2:23 Dia yang diserahkan Allah menurut maksud dan rencana-Nya, telah kamu salibkan dan kamu bunuh oleh tangan bangsa-bangsa durhaka. 2:24 Tetapi Allah membangkitkan Dia dengan melepaskan Dia dari sengsara maut, karena tidak mungkin Ia tetap berada dalam kuasa maut itu. 2:25 Sebab Daud berkata tentang Dia: Aku senantiasa memandang kepada Tuhan, karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah. 2:26 Sebab itu hatiku bersukacita dan jiwaku bersorak-sorak, bahkan tubuhku akan diam dengan tenteram, 2:27 sebab Engkau tidak menyerahkan aku kepada dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan. 2:28 Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; Engkau akan melimpahi aku dengan sukacita di hadapan-Mu. 2:29 Saudara-saudara, aku boleh berkata-kata dengan terus terang kepadamu tentang Daud, bapa bangsa kita. Ia telah mati dan dikubur, dan kuburannya masih ada pada kita sampai hari ini. 2:30 Tetapi ia adalah seorang nabi dan ia tahu, bahwa Allah telah berjanji kepadanya dengan mengangkat sumpah, bahwa Ia akan mendudukkan seorang dari keturunan Daud sendiri di atas takhtanya. 2:31 Karena itu ia telah melihat ke depan dan telah berbicara tentang kebangkitan Mesias, ketika ia mengatakan, bahwa Dia tidak ditinggalkan di dalam dunia orang mati, dan bahwa daging-Nya tidak mengalami kebinasaan. 2:32 Yesus inilah yang dibangkitkan Allah, dan tentang hal itu kami semua adalah saksi. 2:33 Dan sesudah Ia ditinggikan oleh tangan kanan Allah dan menerima Roh Kudus yang dijanjikan itu, maka dicurahkan-Nya apa yang kamu lihat dan dengar di sini. 2:34 Sebab bukan Daud yang naik ke sorga, malahan Daud sendiri berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: 2:35 Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kaki-Mu. 2:36 Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus." 2:37 Ketika mereka mendengar hal itu hati mereka sangat terharu, lalu mereka bertanya kepada Petrus dan rasul-rasul yang lain: "Apakah yang harus kami perbuat, saudara-saudara?" 2:38 Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus. 2:39 Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · alam maut the place of departed spirits (NIV notes); the unseen world (YC)
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Arab the entire region of the Arabian Peninsula, the Sinai Peninsula, the land of Edom, and all the land between the Jordan Valley and the Euphrates River (ZD).,a region of desert plains
 · Asia A Roman province on the west side of Asia Minor.
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · dunia orang mati the place of the dead
 · Frigia a region located in central Asia Minor
 · Galilea a place where Israel encamped between Jericho and the Jordan,a town between Dor and Tirza in the territory of Ephraim (YC),a town just north of Joppa, originally a military base (YC),a place 12 miles south of Shechem now called Jiljiliah (YC)
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Kapadokia a Roman province in Asia Minor
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · kerajaan maut the place of departed spirits (NIV notes); the unseen world (YC)
 · Kirene an inhabitant of Cyrene.
 · Libia residents of Libya
 · Media a country on the SW coast of the Caspian Sea
 · Mesir descendants of Mizraim
 · Mesopotamia the country between the Tigris and Euphrates rivers,the region between (and around) the Tigris and Euphrates Rivers
 · Nazaret a town in lower Galilee about halfway between the Sea of Galilee and the Mediterranean Sea
 · orang Galilea an inhabitant of Galilee.
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang Kreta the inhabitants of Crete.
 · orang Partia inhabitants of the territory from the Tigris River to India
 · orang-orang Galilea an inhabitant of Galilee.
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Pamfilia a south coastal province of Asia Minor in what is now southern Turkey
 · Pentakosta a sacred festival of the Jews observed 50 days after the Passover
 · Petrus a man who was a leader among the twelve apostles and wrote the two epistles of Peter
 · Pontus the coastal region of north Asia Minor
 · Roma the capital city of Italy


Topik/Tema Kamus: Petrus | Yoel | Hari Raya Pentakosta | Bait Allah /Bait Suci | Aku, Pengakuan Terhadap Kristus | Pentakosta (Hari Raya Pentakosta) | Nabi | Antonia | Lambang Roh Kudus | Roh Kudus | Raya, Perayaan Ulang Tahun | Bahasa | Baptis, Baptisan Roh Kudus | Yerusalem | Daud | Rasul | Anugerah Roh Kudus Yang Ajaib | Ilham Roh Kudus | Kebangkitan | Bahasa yang Ajaib (Bahasa Roh) | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kis 2:1 - PENTAKOSTA. Nas : Kis 2:1 Hari Pentakosta merupakan hari raya terbesar yang kedua dalam tarikh Yahudi. Peristiwa ini merupakan perayaan penuaian setelah panen ...

Nas : Kis 2:1

Hari Pentakosta merupakan hari raya terbesar yang kedua dalam tarikh Yahudi. Peristiwa ini merupakan perayaan penuaian setelah panen gandum ketika hulu hasil dipersembahkan kepada Allah (lih. Im 23:17). Demikianlah hari Pentakosta bagi gereja melambangkan awal penuaian jiwa-jiwa oleh Allah dalam dunia.

Full Life: Kis 2:2-3 - TIUPAN ANGIN KERAS ... DAN ... LIDAH-LIDAH SEPERTI NYALA API. Nas : Kis 2:2-3 Penyataan-penyataan lahiriah ini mempertunjukkan bahwa Allah hadir dan bertindak dengan suatu cara yang luar biasa (bd. Kel 3:1-6; ...

Nas : Kis 2:2-3

Penyataan-penyataan lahiriah ini mempertunjukkan bahwa Allah hadir dan bertindak dengan suatu cara yang luar biasa (bd. Kel 3:1-6; 1Raj 18:38-39). "Api" mungkin sekali melambangkan penyucian dan pemisahan orang-orang percaya kepada Allah bagi pekerjaan memuliakan Kristus (Yoh 16:13-14) dan bersaksi bagi Dia (Kis 1:8). Kedua penyataan ini mendahului baptisan dalam Roh dan tidak diulang lagi di Kisah Para Rasul.

Full Life: Kis 2:4 - PENUHLAH MEREKA DENGAN ROH KUDUS. Nas : Kis 2:4 Apakah makna dari kepenuhan dengan Roh pada hari Pentakosta? 1) Itu berarti dimulainya penggenapan janji Allah dalam Yoel 2:28-2...

Nas : Kis 2:4

Apakah makna dari kepenuhan dengan Roh pada hari Pentakosta?

  1. 1) Itu berarti dimulainya penggenapan janji Allah dalam Yoel 2:28-29 untuk mencurahkan Roh-Nya atas semua manusia pada hari-hari terakhir (bd. Kis 1:4-5; Mat 3:11; Luk 24:49; Yoh 1:33;

    lihat cat. --> Yoel 2:28-29).

    [atau ref. Yoel 2:28-29]

  2. 2) Karena hari-hari terakhir dari zaman akhir ini telah mulai (ayat Kis 2:17; bd. Ibr 1:2; 1Pet 1:20) semua orang diperhadapkan dengan tantangan untuk menerima atau menolak Kristus, (Kis 3:19; Mat 3:2; Luk 13:3;

    lihat cat. --> Kis 2:17).

    [atau ref. Kis 2:17]

  3. 3) Para murid "diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi" (Luk 24:49; bd. Kis 1:8), yang menyanggupkan mereka bersaksi untuk Kristus, menginsafkan orang akan dosa, kebenaran dan penghakiman Allah sehingga mereka berbalik dari dosa kepada keselamataan dalam Kristus (bd. Kis 4:13,33; 6:8; Rom 15:19;

    lihat cat. --> Kis 1:8;

    lihat cat. --> Yoh 16:8).

    [atau ref. Kis 1:8; Yoh 16:8]

  4. 4) Roh Kudus menyatakan sifat-Nya sebagai Roh yang rindu dan berusaha demi penyelamatan orang dari setiap bangsa. Mereka yang menerima baptisan dalam Roh dipenuhi dengan kerinduan yang sama demi penyelamatan umat manusia (ayat Kis 2:38-40; 4:12,33; Rom 9:1-3; 10:1). Jadi, hari Pentakosta merupakan awal dari penginjilan dunia (ayat Kis 2:6-11,39; Kis 1:8).
  5. 5) Para rasul menjadi pelayan Roh. Mereka bukan hanya memberitakan Yesus yang disalibkan dan dibangkitkan, menuntun orang lain kepada pertobatan dan iman kepada Kristus, tetapi mereka juga mempengaruhi orang-orang bertobat untuk menerima "karunia-karunia Roh Kudus" (ayat Kis 2:38-39) yang sudah mereka terima pada hari Pentakosta. Hal menuntun orang lain untuk menerima baptisan Roh Kudus adalah kunci karya rasuli dalam PB (lih. Kis 8:17; 9:17-18; 10:44-46; 19:6).
  6. 6) Lewat baptisan dalam Roh ini para pengikut Kristus menjadi orang-orang yang melanjutkan karya Kristus dalam dunia ini. Dalam kuasa Roh Kudus, mereka terus melakukan dan mengajarkan hal-hal yang sama "yang dikerjakan dan diajarkan Yesus" (Kis 1:1;

    lihat cat. --> Yoh 14:12;

    [atau ref. Yoh 14:12]

    lihat art. TANDA-TANDA ORANG PERCAYA).

Full Life: Kis 2:4 - MULAI BERKATA-KATA DALAM BAHASA-BAHASA LAIN. Nas : Kis 2:4 Untuk pembahasan tentang berbahasa roh pada hari Pentakosta dan dalam gereja, serta kemungkinan adanya bahasa roh palsu, l...

Nas : Kis 2:4

Untuk pembahasan tentang berbahasa roh pada hari Pentakosta dan dalam gereja, serta kemungkinan adanya bahasa roh palsu,

lihat art. BERKATA-KATA DENGAN BAHASA ROH.

Full Life: Kis 2:13 - ANGGUR MANIS. Nas : Kis 2:13 (Yun. _gleukos_) Pada umumnya yang dimaksudkan adalah sari buah anggur yang tidak difermentasi. Mereka yang mengejek murid-murid Yes...

Nas : Kis 2:13

(Yun. _gleukos_) Pada umumnya yang dimaksudkan adalah sari buah anggur yang tidak difermentasi. Mereka yang mengejek murid-murid Yesus mungkin menggunakan istilah ini dan bukan kata PB yang lebih umum untuk anggur (oinos) karena mereka percaya bahwa murid-murid Yesus hanya menggunakan jenis anggur semacam ini. Dalam hal ini, ejekan mereka diucapkan dengan nada sarkastis.

Full Life: Kis 2:14-40 - KHOTBAH PETRUS PADA HARI PENTAKOSTA. Nas : Kis 2:14-40 Khotbah Petrus ketika itu, bersama dengan khotbahnya dalam Kis 3:11-26, berisi pola untuk pemberitaan Injil. 1) Yesus adalah...

Nas : Kis 2:14-40

Khotbah Petrus ketika itu, bersama dengan khotbahnya dalam Kis 3:11-26, berisi pola untuk pemberitaan Injil.

  1. 1) Yesus adalah Tuhan dan Kristus -- tersalib, bangkit, dan dimuliakan (ayat Kis 2:22-36; 3:13-15).
  2. 2) Kini di sebelah kanan Allah Bapa, Ia menerima kuasa untuk mencurahkan Roh Kudus atas semua orang percaya (ayat Kis 2:16-18,32-33; 3:19)
  3. 3) Setiap orang harus beriman kepada Yesus sebagai Tuhan, bertobat dari dosa serta dibaptiskan dalam hubungan dengan pengampunan dosa (ayat Kis 2:36-38; 3:19).
  4. 4) Orang percaya harus menantikan karunia atau baptisan dalam Roh Kudus yang dijanjikan setelah ia beriman dan bertobat (ayat Kis 2:38-39).
  5. 5) Mereka yang mendengar dengan iman harus memisahkan diri dari dunia dan diselamatkan dari angkatan yang jahat ini (ayat Kis 2:40; 3:26).
  6. 6) Yesus Kristus akan kembali untuk memulihkan Kerajaan Allah (Kis 3:20-21).

Full Life: Kis 2:16 - DIFIRMANKAN ALLAH DENGAN PERANTARAAN NABI YOEL. Nas : Kis 2:16 Baptisan dalam Roh serta perwujudan-perwujudan rohani yang mengikutinya merupakan penggenapan dari Yoel 2:28-29. Yoel pada abad ke-8...

Nas : Kis 2:16

Baptisan dalam Roh serta perwujudan-perwujudan rohani yang mengikutinya merupakan penggenapan dari Yoel 2:28-29. Yoel pada abad ke-8 SM menubuatkan adanya suatu pencurahan Roh Kudus yang besar atas umat Allah.

Full Life: Kis 2:17 - HARI-HARI TERAKHIR. Nas : Kis 2:17 Teks : 1) Dalam PL istilah ini dianggap saat ketika Tuhan akan bertindak dengan cara yang luar biasa untuk menghakimi kejaha...

Nas : Kis 2:17

Teks :
  1. 1) Dalam PL istilah ini dianggap saat ketika Tuhan akan bertindak dengan cara yang luar biasa untuk menghakimi kejahatan dan membawa keselamatan kepada umat-Nya (bd. pasal Yes 2:2-21; 3:18-4:6; Yes 10:20-23; Hos 1:1-2:23; Yoel 1:1-3:21; Am 8:9-11; 9:9-12).
  2. 2) PB menyingkapkan bahwa "hari-hari terakhir" diawali dengan kedatangan Kristus yang pertama serta pencurahan pertama Roh Kudus atas umat Allah, dan berakhir dengan kedatangan-Nya yang kedua (Mr 1:15; Luk 4:18-21; Ibr 1:1-2). Saat yang khusus ini digambarkan sebagai zaman penghakiman terhadap kejahatan, kuasa atas setan-setan, keselamatan bagi manusia, dan kehadiran kerajaan Allah.
    1. (a) "Hari-hari terakhir" ini akan berlangsung dengan kuasa Roh Kudus (Mat 12:28).
    2. (b) "Hari-hari terakhir" menyangkut serbuan kuasa Allah lewat Kristus ke dalam alam kekuasaan Iblis dan dosa. Namun peperangan ini baru saja dimulai; itu belum berakhir karena kejahatan dan kegiatan Iblis masih sangat berkuasa (Ef 6:10-18). Hanya kedatangan Kristus yang kedua akan mengakhiri aktivitas kekuatan jahat dan menyelesaikan "hari-hari terakhir" (bd. 1Pet 1:3-5; Wahy 19:1-21).
    3. (c) "Hari-hari terakhir" merupakan saat kesaksian yang memanggil setiap orang untuk bertobat, percaya kepada Kristus dan mengalami pencurahan Roh Kudus (Kis 1:8; 2:4,38-40; Yoel 2:28-32). Kita harus menyampaikan karya keselamatan Kristus melalui kuasa Roh Kudus sementara kita menantikan hari akhir murka Allah (Rom 2:5), yaitu, "hari yang besar dan mulia itu" (Kis 2:20). Kita harus hidup dengan siaga dan waspada setiap hari, sementara menantikan hari penebusan dan kedatangan Kristus untuk umat-Nya (Yoh 14:3; 1Tes 4:15-17).
    4. (d) "Hari-hari terakhir" meresmikan kerajaan Allah yang kini datang dengan seluruh kuasa

      (lihat cat. --> Luk 11:20;

      [atau ref. Luk 11:20]

      lihat art. KERAJAAN ALLAH).

      Kita harus mengalami kepenuhan kuasa itu waktu kita menghadapi peperangan rohani (2Kor 10:3-5; Ef 6:11-12) dan penganiayaan oleh karena kebenaran (Mat 5:10-12; 1Pet 1:6-7).

Full Life: Kis 2:17 - ANAK-ANAKMU LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN AKAN BERNUBUAT. Nas : Kis 2:17 Petrus menghubungkan berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain itu (ayat Kis 2:4,11) dengan nubuat (ayat Kis 2:17-18). Dengan demikian, ...

Nas : Kis 2:17

Petrus menghubungkan berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain itu (ayat Kis 2:4,11) dengan nubuat (ayat Kis 2:17-18). Dengan demikian, berkata-kata dalam bahasa lain dianggap salah satu bentuk bernubuat. Arti sesungguhnya dari bernubuat adalah memakai suara seorang di bawah tuntunan langsung Roh Kudus untuk kemuliaan dan pelayanan Allah. Dalam kitab ini:

  1. (1) seratus dua puluh orang itu "penuhlah -- dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya" (Kis 2:4);
  2. (2) Roh Kudus turun pada Kornelius dan rumah tangganya, dan Petrus "mendengar orang-orang itu berkata-kata dalam bahasa roh dan memuliakan Allah" (Kis 10:44-47); dan
  3. (3) murid-murid di Efesus, ketika "turunlah Roh Kudus ke atas mereka ... berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat" (Kis 19:6).

Full Life: Kis 2:18 - HAMBA-HAMBA-KU LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN. Nas : Kis 2:18 Menurut nubuat Yoel, sebagaimana diterapkan Petrus, baptisan dalam Roh Kudus adalah untuk mereka yang sudah menjadi anggota kerajaan...

Nas : Kis 2:18

Menurut nubuat Yoel, sebagaimana diterapkan Petrus, baptisan dalam Roh Kudus adalah untuk mereka yang sudah menjadi anggota kerajaan Allah - yaitu orang-orang percaya, hamba-hamba Allah, baik laki-laki maupun perempuan, yang sudah diselamatkan dan dilahirkan baru sehingga menjadi milik Allah.

Full Life: Kis 2:18 - PADA HARI-HARI ITU. Nas : Kis 2:18 Petrus, yang mengutip Yoel, mengatakan bahwa Allah akan mencurahkan Roh Kudus-Nya pada hari-hari itu. Ini berarti bahwa pencurahan R...

Nas : Kis 2:18

Petrus, yang mengutip Yoel, mengatakan bahwa Allah akan mencurahkan Roh Kudus-Nya pada hari-hari itu. Ini berarti bahwa pencurahan Roh Kudus dan tanda-tanda adikodrati yang menyertainya tidak dapat dibatasi hanya pada hari Pentakosta. Kuasa dan berkat-berkat Roh Kudus adalah bagi setiap orang Kristen untuk diperoleh dan dialami sepanjang zaman gereja, yaitu seluruh waktu di antara kedatangan Kristus yang pertama dan kedua (pasal Wahy 19:1-20:15;

lihat cat. --> Kis 2:39).

[atau ref. Kis 2:39]

Full Life: Kis 2:33 - TANGAN KANAN ALLAH. Nas : Kis 2:33 Pencurahan Roh Kudus oleh Yesus menunjukkan bahwa Dia sungguh-sungguh adalah Mesias yang dimuliakan, yang kini duduk di sebelah kana...

Nas : Kis 2:33

Pencurahan Roh Kudus oleh Yesus menunjukkan bahwa Dia sungguh-sungguh adalah Mesias yang dimuliakan, yang kini duduk di sebelah kanan Allah dan mendoakan wakil-wakil-Nya di bumi (Ibr 7:25).

  1. 1) Sejak baptisan Yesus hingga hari Pentakosta, Roh Kudus tinggal di atas-Nya sebagai Kristus (yaitu, Dia yang diurapi oleh Roh Kudus; bd. Luk 3:21-22; 4:1,14,18-19). Kini Ia hidup di sebelah kanan Allah Bapa untuk mencurahkan Roh yang sama atas mereka yang percaya kepada-Nya

    (lihat art. YESUS DAN ROH KUDUS).

  2. 2) Dengan mencurahkan Roh Kudus, Yesus bermaksud agar Roh Kudus menyampaikan kehadiran-Nya kepada orang percaya dan memberi kuasa kepada mereka untuk melangsungkan segala yang dilakukan-Nya sementara ada di dunia.

Full Life: Kis 2:38 - BERTOBATLAH DAN ... MEMBERI DIRIMU DIBAPTIS. Nas : Kis 2:38 Pertobatan, pengampunan dosa, dan baptisan merupakan syarat-syarat mula-mula untuk menerima karunia Roh Kudus. Akan tetapi, tuntutan...

Nas : Kis 2:38

Pertobatan, pengampunan dosa, dan baptisan merupakan syarat-syarat mula-mula untuk menerima karunia Roh Kudus. Akan tetapi, tuntutan Petrus bahwa para pendengarnya harus dibaptiskan dahulu di dalam air sebelum menerima janji Roh Kudus (bd. Kis 1:4,8) jangan dipandang sebagai syarat mutlak untuk kepenuhan Roh, demikian pula baptisan dalam Roh bukan akibat langsung dari baptisan dalam air.

  1. 1) Dalam situasi ini, Petrus menuntut baptisan air sebelum menerima janji itu karena dalam pemikiran para pendengar Yahudi, upacara baptisan dianggap sebagai termasuk dalam keputusan pertobatan. Akan tetapi, baptisan air tidak mendahului baptisan Roh dalam peristiwa yang dicatat dalam Kis 9:17-18 (rasul Paulus) dan Kis 10:44-48 (keluarga Kornelius).
  2. 2) Setiap orang percaya setelah bertobat karena dosanya dan dengan iman menerima Yesus Kristus, harus "menerima" (bd. Gal 3:14) secara pribadi baptisan Roh Kudus. Di dalam kitab Kisah Para Rasul karunia Roh Kudus jelas didambakan, dicari, dan diterima untuk diri sendiri (Kis 1:4,14; 4:31; 8:14-17; 19:2-6); satu-satunya perkecualian diterima PB mungkin terdapat dalam kasus Kornelius (Kis 10:44-48). Oleh karena itu, baptisan dalam Roh jangan dianggap sebagai karunia yang diberikan secara otomatis kepada seseorang yang percaya kepada Kristus.

Full Life: Kis 2:39 - BAGI KAMULAH ... DAN BAGI ANAK-ANAKMU DAN ... YANG MASIH JAUH. Nas : Kis 2:39 Janji baptisan dalam Roh bukan saja bagi mereka yang ada pada hari Pentakosta (ayat Kis 2:4), tetapi bagi semua orang yang akan perc...

Nas : Kis 2:39

Janji baptisan dalam Roh bukan saja bagi mereka yang ada pada hari Pentakosta (ayat Kis 2:4), tetapi bagi semua orang yang akan percaya kepada Kristus sepanjang zaman ini: "bagi kamu" -- yaitu pendengar Petrus; "anak-anakmu" -- generasi berikutnya, dan "bagi orang yang masih jauh" -- generasi-generasi berikutnya.

  1. 1) Baptisan dalam Roh dengan kuasa yang menyertainya bukanlah suatu peristiwa yang hanya terjadi sekali saja dalam sejarah gereja; peristiwa itu tidak berhenti pada hari Pentakosta (bd. ayat Kis 2:38; 8:15; Kis 9:17; 10:44-46; 19:6) Tidak juga pada akhir zaman rasuli.
  2. 2) Setiap orang Kristen berhak untuk mencari, mengharapkan, dan mengalami baptisan dalam Roh yang sama yang diberikan kepada orang Kristen PB (Kis 1:4,8; Yoel 2:28; Mat 3:11; Luk 24:49).

BIS: Kis 2:35 - Duduklah ... kanan-Ku Duduklah ... kanan-Ku: Menurut kebudayaan Yahudi, yang diberi kehormatan dan kekuasaan duduk di sebelah kanan.

Duduklah ... kanan-Ku: Menurut kebudayaan Yahudi, yang diberi kehormatan dan kekuasaan duduk di sebelah kanan.

Jerusalem: Kis 2:1 - semua orang percaya Bukanlah kelompok seratus duapuluh orang yang disebutkan dalam Kis 1:15-26, melainkan para rasul yang disebut dalam Kis 1:13-14.

Bukanlah kelompok seratus duapuluh orang yang disebutkan dalam Kis 1:15-26, melainkan para rasul yang disebut dalam Kis 1:13-14.

Jerusalem: Kis 2:2 - tiupan angin keras Ada kesamaan antara Roh Kudus dan angin. Kata (Yunani) yang sama berarti: baik "roh" maupun "angin/nafas", bdk Yoh 3:8+.

Ada kesamaan antara Roh Kudus dan angin. Kata (Yunani) yang sama berarti: baik "roh" maupun "angin/nafas", bdk Yoh 3:8+.

Jerusalem: Kis 2:3 - nyala api Harafiah: lidah api (Yes 5:24; bdk Yes 6:6-7), dihubungkan dengan karunia-karunia bahasa-bahasa lain.

Harafiah: lidah api (Yes 5:24; bdk Yes 6:6-7), dihubungkan dengan karunia-karunia bahasa-bahasa lain.

Jerusalem: Kis 2:4 - untuk mengatakannya Ditinjau dari segi tertentu, Kis 2:4,11,13, mujizat Pentakosta merupakan karunia glossolalia, sebuah gejala yang sering terjadi pada umat purba; lihat...

Ditinjau dari segi tertentu, Kis 2:4,11,13, mujizat Pentakosta merupakan karunia glossolalia, sebuah gejala yang sering terjadi pada umat purba; lihat Kis 10:46; 11:15; 19:6; 1Ko 12-14; bdk Mar 16:17. Pendahulu gejala itu ialah karunia kenabian di Israel dahulu, bdk Bil 11:25-29; 1Sa 10:5-6,10-13; 19;20-24; 1Ra 22:10. Bdk janji nabi Yoel, Kis 3:1-15, yang dikutip oleh Petrus, Kis 2:17 dst.

Jerusalem: Kis 2:5 - yang saleh Dalam teks barat ayat ini berbunyi sebagai berikut: Waktu itu orang-orang Yahudi yang diam di Yerusalem adalah orang yang (datang) dari segala bangsa ...

Dalam teks barat ayat ini berbunyi sebagai berikut: Waktu itu orang-orang Yahudi yang diam di Yerusalem adalah orang yang (datang) dari segala bangsa di bawah kolong langit. Dalam naskah Sinai berbunyi: Waktu itu di Yerusalem diamlah orang saleh yang (datang) dari segala bangsa di bawah kolong langit. Naskah-naskah lain (seperti terjemahan ini) menggabungkan "orang-orang saleh" dengan "orang-orang Yahudi".

Jerusalem: Kis 2:6 - bahasa mereka sendiri Glossolalia, Kis 2:4+, memakai bahasa-bahasa lain untuk memuji Allah, Kis 2:11; bdk 1Ko 14:2+. Berbicaranya para rasul dengan bahasa sekalian bangsa i...

Glossolalia, Kis 2:4+, memakai bahasa-bahasa lain untuk memuji Allah, Kis 2:11; bdk 1Ko 14:2+. Berbicaranya para rasul dengan bahasa sekalian bangsa itu oleh Lukas diartikan sebagai pemulihan kesatuan bahasa yang dirusakkan oleh peristiwa Babel dahulu, Kej 11:1-9. Pemulihan itu melambangkan dan mengantisipasikan pemberitaan Injil kepada dunia semesta.

Jerusalem: Kis 2:11 - penganut agama Yahudi Ialah "proselit" atau orang-orang bukan Yahudi, yang masuk agama Yahudi dengan menerima sunat juga, sehingga menjadi anggota umat terpilih, lihat Kis ...

Ialah "proselit" atau orang-orang bukan Yahudi, yang masuk agama Yahudi dengan menerima sunat juga, sehingga menjadi anggota umat terpilih, lihat Kis 6:5; 13:43; Mat 23:15. Mereka berbeda dengan "orang yang takut akan Allah", Kis 10:2+, yang bersimpati dengan agama Yahudi dan mengunjungi "rumah ibadat" (sinagoge) tetapi tidak bersunat dan tidak menepati semua aturan ibadat yang dibebankan oleh hukum Taurat. Maka "orang Yahudi" dan "penganut agama Yahudi" bukan dua bangsa. Sebaliknya kedua kata itu mengenai semua bangsa yang baru disebut.

Jerusalem: Kis 2:14 - Petrus Petrus bertindak sebagai kepala kelompok para rasul dan paling ditonjolkan, bdk Kis 1:15; 2:37; 3:4,6,12; 4:8,13; 5:3,8,9,15,29; 10-11. Lihat Mat 16:1...

Petrus bertindak sebagai kepala kelompok para rasul dan paling ditonjolkan, bdk Kis 1:15; 2:37; 3:4,6,12; 4:8,13; 5:3,8,9,15,29; 10-11. Lihat Mat 16:19+; Luk 22:23+. Yohanes sering tampil bersama Petrus, tetapi hanya sebagai tokoh kedua, Kis 3:1,3,4,11; 4:13,19; 8:14; bdk Luk 22:8.

Jerusalem: Kis 2:15 - pukul sembilan Harafiah: pukul tiga. Menurut perhitungan Yahudi pukul 1 ialah pukul enam, pukul 3 ialah pukul sembilan dan pukul 6 sama dengan pukul 12 dst.

Harafiah: pukul tiga. Menurut perhitungan Yahudi pukul 1 ialah pukul enam, pukul 3 ialah pukul sembilan dan pukul 6 sama dengan pukul 12 dst.

Jerusalem: Kis 2:16 - nabi Yoel Teks barat tidak memuat nama Yoel. Kutipan dalam Kis 2:17-21 dalam teks barat agak berlainan dari terjemahan Yunani (LXX) yang dengan dekat diikuti ol...

Teks barat tidak memuat nama Yoel. Kutipan dalam Kis 2:17-21 dalam teks barat agak berlainan dari terjemahan Yunani (LXX) yang dengan dekat diikuti oleh naskah Aleksandria.

Jerusalem: Kis 2:17 - hari-hari terakhir Ialah zaman Mesias.

Ialah zaman Mesias.

Jerusalem: Kis 2:20 - hari Tuhan Hari kedatangan Tuhan dalam kemuliaan, "Hari Yahwe", Amo 5:18+. Dalam pewartaan Injil Hari Tuhan itu ialah hari kedatangan Yesus kelak, Mat 24:1+; 1Ko...

Hari kedatangan Tuhan dalam kemuliaan, "Hari Yahwe", Amo 5:18+. Dalam pewartaan Injil Hari Tuhan itu ialah hari kedatangan Yesus kelak, Mat 24:1+; 1Ko 1:8+.

Jerusalem: Kis 2:21 - yang berseru kepada nama Tuhan Orang Kristen menyebut dirinya sebagai "mereka yang berseru kepada nama Tuhan", Kis 9:14,21; Kis 22:16; 1Kor 1:2; 2Tim 2:22. "Nama Tuhan" itu tidak la...

Orang Kristen menyebut dirinya sebagai "mereka yang berseru kepada nama Tuhan", Kis 9:14,21; Kis 22:16; 1Kor 1:2; 2Tim 2:22. "Nama Tuhan" itu tidak lagi mengenai Yahwe, melainkan Yesus, bdk Fili 2:11; Kis 3:16+. Pada hari penghakiman kelak orang diselamatkan atau dikutuk sekedar berseru tidaknya kepada Tuhan, artinya: menghakimi Yesus sebagai Kyrios; lihat Kis 4:12 dan Rom 10:9.

Jerusalem: Kis 2:22 - perkataan ini Isi pemberitaan para rasul semula (kerygma) yang di sini untuk pertama kalinya disajikan, disampaikan kepada kita menurut garis-garis besarnya dalam l...

Isi pemberitaan para rasul semula (kerygma) yang di sini untuk pertama kalinya disajikan, disampaikan kepada kita menurut garis-garis besarnya dalam lima wejangan Petrus, Kis 2:14-39; Kis 3:12-26; Kis 4:9-12; Kis 5:29-32; Kis 10:34-43 dan dalam sebuah wejangan Paulus, Kis 13:16-41. Di pusatnya terhadap sebuah kesaksian, Kis 1:8+, mengenai wafat, kebangkitan Kristus, Kis 2:24+, dan peninggianNya, Kis 2:33+; Kis 2:36+. Kemudian lebih kurang terperinci mengenai karyaNya yang didahului oleh Yohanes Pembaptis, Kis 10:37; Kis 13:24, dan disiapkan dengan pengajaran serta mujizat Kristus, Kis 10:37; Kis 13:24, dan disiapkan dengan pengajaran serta mujizat Kristus, Kis 2:22; Kis 10:38, dan diselesaikan dengan penampakan-penampakan Yesus yang dibangkitkan, Kis 10:40,41; Kis 13:31, dan dengan pencurahan Roh Kudus, Kis 2:33; Kis 5:32. Akhirnya pandangan dilayangkan ke masa yang lampau melalui para nabi Perjanjian Lama, Kis 2:23+; Kis 2:25+ dan ke masa depan; tibanya zaman Mesias dan panggilan kepada orang-orang Yahudi dan bukan Yahudi supaya bertobat, Kis 2:38+, sehingga kedatangan Kristus kelak dipercepat, Kis 3:20-21. Kerangka pemberitaan semula itu juga diikuti serta diperkembangkan oleh injil-injil dan pewartaan gereja purba.

Jerusalem: Kis 2:23 - maksud dan rencanaNya Nubuat-nubuat yang tercantum dalam Perjanjian Lama menyatakan rencana Allah itu; Kis 3:18; Kis 4:28; Kis 13:29, bdk Kis 8:32-35; Kis 9:22; Kis 10:43; ...

Nubuat-nubuat yang tercantum dalam Perjanjian Lama menyatakan rencana Allah itu; Kis 3:18; Kis 4:28; Kis 13:29, bdk Kis 8:32-35; Kis 9:22; Kis 10:43; Kis 17:2-3; Kis 18:5,28; Kis 26:22-23,27; Kis 28:23; Luk 18:31+; Luk 22:22; Luk 24:25-27,44

Jerusalem: Kis 2:23 - bangsa-bangsa durhaka Yang secara konkrit dimaksudkan ialah orang-orang Roma. Pemberitaan (kerygma) semula melontarkan tuduhan serupa kepada orang-orang Yahudi yang dengann...

Yang secara konkrit dimaksudkan ialah orang-orang Roma. Pemberitaan (kerygma) semula melontarkan tuduhan serupa kepada orang-orang Yahudi yang dengannya dilawankan turun tangan Allah dalam membangkitkan Yesus, Kis 2:32,36; 3:13-17; 4:10; 5:30-31; 7:52; 10:39-40; 13:27-30; 17:31; bdk Rom 1:4+; 1Te 2:14+.

Jerusalem: Kis 2:24 - sengsara maut Teks barat: sengsara Hades, bdk Kis 2:27 dan Kis 2:31. "Hades" dalam LXX menterjemahkan kata Ibrani "syeol", ialah dunia orang mati, Bil 16:33; Mat 16...

Teks barat: sengsara Hades, bdk Kis 2:27 dan Kis 2:31. "Hades" dalam LXX menterjemahkan kata Ibrani "syeol", ialah dunia orang mati, Bil 16:33; Mat 16:18+ (alam maut).

Jerusalem: Kis 2:25 - berkata Kutipan Kitab Suci ini mengikuti LXX. Naskah Ibrani hanya mengungkapkan keinginan untuk dibebaskan dari kematian yang mengancam: "dan (Engkau) tidak m...

Kutipan Kitab Suci ini mengikuti LXX. Naskah Ibrani hanya mengungkapkan keinginan untuk dibebaskan dari kematian yang mengancam: "dan (Engkau) tidak membiarkan orang yang Kaukasihi melihat lubang kubur" (Maz 16:10). Maka pembuktian Petrus itu mengandaikan bahwa terjemahan Yunani dipergunakan, yang mengungkapkan gagasan lain dengan menterjemahkan "lubang kubur" sebagai "kebinasaan".

Jerusalem: Kis 2:29 - pada kita Makam Daud bertempat di sebuah bukit yang dahulu disebut "Bukit Sion", yang terletak dekat Bait Allah tetapi lebih rendah, 1Ra 2;10. Ayat Kisah para r...

Makam Daud bertempat di sebuah bukit yang dahulu disebut "Bukit Sion", yang terletak dekat Bait Allah tetapi lebih rendah, 1Ra 2;10. Ayat Kisah para rasul ini dahulu disalahartikan dan tafsir salah itu melahirkan tradisi mengenai makam Daud yang dewasa ini dikunjungi orang. Ia terletak di tempat di mana oleh tradisi ditempatkan ruangan Perjamuan Malam, yaitu di sebuah bukit di bagian barat kota yang sejak abad pertama tarikh Mas. dinamakan Bukit Sion.

Jerusalem: Kis 2:33 - oleh tangan kanan Allah Kata-kata ini diambil dari Maz 118:16, (LXX: "tangan kanan Tuhan (Yahwe) telah meninggikan daku") dan dipergunakan oleh pemberitaan rasuli dengan meng...

Kata-kata ini diambil dari Maz 118:16, (LXX: "tangan kanan Tuhan (Yahwe) telah meninggikan daku") dan dipergunakan oleh pemberitaan rasuli dengan menganggapnya sebagai nubuat tentang Mesias: Kis 4:11; 1Pe 2:7; Mat 21:9,42 dsj; Kis 23:35; Luk 13:35; Yoh 12:13; Ibr 13:6. Tetapi teks Kisah para rasul juga dapat diterjemahkan: Sesudah Ia ditinggikan pada tangan kanan Allah. Begitu kalimat ini menjadi pengantar pada kutipan Kis 2:34 dari Maz 110:1, yang merupakan sebuah pokok lain dalam pemberitaan rasuli: Mat 22:44 dsj; Kis 26:32 dsj; Mar 16:19; Kis 7:55,56; Rom 8:34; 1Ko 15:25; Efe 1:20; Kol 3:1; Ibr 1:3, 13; 8:1; 10:12; 12:2; 1Pe 3:22

Jerusalem: Kis 2:33 - Roh Kudus yang dijanjikan Bahwa Roh Kudus akan diberikan di zaman Mesias sudah dinubuatkan oleh para nabi, Yeh 36:27. Dengan Roh Kudus yang menurut nubuat Yoe 3:1-2 dicurahkan ...

Bahwa Roh Kudus akan diberikan di zaman Mesias sudah dinubuatkan oleh para nabi, Yeh 36:27. Dengan Roh Kudus yang menurut nubuat Yoe 3:1-2 dicurahkan oleh Kristus yang dibangkitkan itu Petrus menjelaskan mujizat Pentakosta yang disaksikan oleh para pendengarnya.

Jerusalem: Kis 2:34 - bukan Daud yang naik ke sorga Pemikiran Petrus rupanya sebagai berikut: Daud yang sudah dimakamkan tidaklah naik ke sorga. Maka bukan dialah yang dimaksudkan oleh ajakan Tuhan itu....

Pemikiran Petrus rupanya sebagai berikut: Daud yang sudah dimakamkan tidaklah naik ke sorga. Maka bukan dialah yang dimaksudkan oleh ajakan Tuhan itu. Sebaliknya ajakan itu ditujukan kepada Dia yang telah meninggalkan makamNya. Ada sebuah var yang mengganti: "malahan Daud sendiri berkata" dengan: "Daud sendiri berkata". Kalau demikian, maka pemikiran Petrus mendekati pemikiran yang terungkap dalam Mat 22:43-45.

Jerusalem: Kis 2:36 - -- Ayat ini merupakan kesimpulan dari pembuktian alkitabiah: Dengan dibangkitkan, Yesus dijadikan Tuhan yang disebutkan dalam Maz 110 dan Mesias yang din...

Ayat ini merupakan kesimpulan dari pembuktian alkitabiah: Dengan dibangkitkan, Yesus dijadikan Tuhan yang disebutkan dalam Maz 110 dan Mesias yang dinubuatkan dalam Maz 16. Sebuah pembuktian serupa yang berpangkal Maz 2:7 (Anak Allah) terdapat dalam Kis 13:33+; Ibr 1:5; 5:5; Rom 1:4+. Bdk juga Kis 5:31 (Pemimpin dan Juruselamat); Kis 10:42+ dan Rom 14:9 (Hakim dan Tuhan atas orang-orang hidup dan mati); Fili 2:9-11 (Tuhan dalam kemuliaan). Melalui kebangkitanNya Yesus mulai memakai segala hak ilahinya yang sebenarnya dimilikiNya sejak lahir.

Jerusalem: Kis 2:38 - bertobatlah Setiap wejangan besar para rasul berakhir dengan sebuah ajakan untuk bertobat (bdk Mat 3:2+) dan mendapat pengampunan dosa: Kis 3:19,26; 5:31; 10:43; ...

Setiap wejangan besar para rasul berakhir dengan sebuah ajakan untuk bertobat (bdk Mat 3:2+) dan mendapat pengampunan dosa: Kis 3:19,26; 5:31; 10:43; 13:38; bdk Kis 17:30; 26:20; Luk 1:77; 3:8; 5:32; 13:3

Jerusalem: Kis 2:38 - dalam nama Yesus Kristus Baptisan diberikan "dalam nama Yesus Kristus" (bdk Kis 1:5+) dan diterima "sambil orang berseru kepada nama Tuhan" (bdk Kis 2:21+; Kis 3:16+): Kis 8:1...

Baptisan diberikan "dalam nama Yesus Kristus" (bdk Kis 1:5+) dan diterima "sambil orang berseru kepada nama Tuhan" (bdk Kis 2:21+; Kis 3:16+): Kis 8:16; 10:48; 19:5; 22:16; 1Ko 1:13,15; 6:11; 10:2; Gal 3:27; Rom 6:3, bdk Yak 2:7. Cara bicara itu kiranya tidak mengenai rumus yang dipakai dalam upacara baptisan, bdk Mat 28:19, melainkan makna upacara itu sendiri, ialah pengakuan iman terhadap Kristus; orang dijadikan milik Kristus dan selanjutnya dibaktikan kepadaNya.

Jerusalem: Kis 2:39 - janji itu Janji terlebih dahulu mengenai orang-orang Yahudi, Kis 3:25-26; 13:46; Rom 1:16+; Rom 9:4+

Janji terlebih dahulu mengenai orang-orang Yahudi, Kis 3:25-26; 13:46; Rom 1:16+; Rom 9:4+

Jerusalem: Kis 2:39 - orang yang masih jauh Orang-orang bukan Yahudi. Ini menyinggung Yes 57:19 yang dikutip dan dijelaskan dalam Efe 2:13-17; bdk Kis 22:21.

Orang-orang bukan Yahudi. Ini menyinggung Yes 57:19 yang dikutip dan dijelaskan dalam Efe 2:13-17; bdk Kis 22:21.

Ende: Kis 2:1 - Pentekosta Artinja menurut kata ialah: "jang kelimapuluh", maksudnja hari kelimapuluh sesudah Paska. Sebagai hari raja agung dirajakan oleh orang Jahudi terutama...

Artinja menurut kata ialah: "jang kelimapuluh", maksudnja hari kelimapuluh sesudah Paska. Sebagai hari raja agung dirajakan oleh orang Jahudi terutama sebagai peringatan akan pemberian hukum taurat di Sinai. Murid-murid jang hadir dalam ruangan ini, tentu mereka jang disebut dalam Kis 1:14; tetapi diduga sekalian 120 murid jang berkumpul waktu pemilihan Matias mendjadi rasul jang keduabelas, menggantikan Judas Iskariot. Lih. Kis 1:15.

Ende: Kis 2:2-4 - -- Tiupan angin jang berdaja kuat tetapi tidak kelihatan melambangkan tjara pimpinan Roh Kudus, dan lidah-lidah api itu bahwa Roh Kudus menerangi akal-bu...

Tiupan angin jang berdaja kuat tetapi tidak kelihatan melambangkan tjara pimpinan Roh Kudus, dan lidah-lidah api itu bahwa Roh Kudus menerangi akal-budi, mengobarkan semangat dan membersihkan hati dari unsur-unsur tak murni. Bdl. Yoh 3:8; 20:22; Mat 3:11.

Ende: Kis 2:5 - Jang beribadat Jang dimaksudkan disini dengan "orang Jahudi' tentu pertama-tama orang-orang Jahudi asli, jang diam tersebar diseluruh kekaisaran Roma dan wilajah-wil...

Jang dimaksudkan disini dengan "orang Jahudi' tentu pertama-tama orang-orang Jahudi asli, jang diam tersebar diseluruh kekaisaran Roma dan wilajah-wilajah lain diluar Palestina, tetapi djuga orang-orang dari bangsa-bangsa kafir, jang oleh pengaruh orang Jahudi pertjaja akan Allah jang Mahaesa dan sekedar mengikuti ibadat Jahudi, tetapi tidak bersunat. Mereka dalam Kis.Ras. disebut "orang beribadat", "orang penjembah Allah" atau "jang menjegani Allah". Jang disebut "prosilit" (#TB Kis 2:11) adalah orang-orang jang menganut agama Jahudi seluruhnja dan telah disunat.

Ende: Kis 2:9-10 - -- Partus, Medea, Elam, Mesopotamia adalah wilajah-wilajah jang terletak dalam wilajah jang sekedar dinamakan Irak. Kapadosia, Pontus, Asia, Frigia, Pamf...

Partus, Medea, Elam, Mesopotamia adalah wilajah-wilajah jang terletak dalam wilajah jang sekedar dinamakan Irak.

Kapadosia, Pontus, Asia, Frigia, Pamfilia termasuk propinsi-propinsi Romawi di Asia Ketjil. Libia dan Sirene terletak dipantai Afrika-Utara. Banjak dari orang-orang asing jang bertobat di Jerusalem kemudian mendjadi pokok umat-umat didaerah-daerah tersebut.

Ende: Kis 2:15 - Pukul ketiga sama dengan djam 9 pagi.

sama dengan djam 9 pagi.

Ende: Kis 2:17 - Achir zaman Maksudnja zaman Mesias.

Maksudnja zaman Mesias.

Ende: Kis 2:17-21 - -- Kutipan dari nabi Joel ini harus dipandang sebagai kiasan untuk mengesankan pesatnja pembaharuan dalam Keradjaan Allah jang baru, dan hebatnja hukum...

Kutipan dari nabi Joel ini harus dipandang sebagai kiasan untuk mengesankan pesatnja pembaharuan dalam Keradjaan Allah jang baru, dan hebatnja hukuman Allah atas segala orang jang menolak atau menentang keradjaan itu.

Ende: Kis 2:21 - Menjerukan nama Allah Ungkapan ini dalam bahasa Kitab Kudus berarti: perdjandjian kepertjajaan dan pengabdian mutlak kepada Allah dan sikap mengharapkan segala sesuatu dari...

Ungkapan ini dalam bahasa Kitab Kudus berarti: perdjandjian kepertjajaan dan pengabdian mutlak kepada Allah dan sikap mengharapkan segala sesuatu daripada Dia.

Ende: Kis 2:21 - Tuhan jang dalam bahasa Perdjandjian Lama adalah pengganti nama Jahwe, dalam bahasa Perdjandjian Baru, seperti dimaksudkan disini pula, mendjadi gelaran ata...

jang dalam bahasa Perdjandjian Lama adalah pengganti nama Jahwe, dalam bahasa Perdjandjian Baru, seperti dimaksudkan disini pula, mendjadi gelaran ataupun mengganti nama Jesus Kristus.

Ende: Kis 2:25-28 - -- Maz 19:8-11.

Ende: Kis 2:34-35 - -- Maz 111:1.

Ende: Kis 2:38 - Permandian dalam nama Jesus Kristus Dapat diartikan : "atas nama J.K.", jaitu menurut pesanan J.K.; atau djuga mendjadi milik Kristus dalam kesatuan dengan Dia. Untuk upatjara resmi mene...

Dapat diartikan : "atas nama J.K.", jaitu menurut pesanan J.K.; atau djuga mendjadi milik Kristus dalam kesatuan dengan Dia. Untuk upatjara resmi menerimakan sakramen permandian, dari semula tak kenal rumusan lain selain jang tertjantum dalam amanat Jesus, Mat 28:19.

Ref. Silang FULL: Kis 2:1 - hari Pentakosta // percaya berkumpul · hari Pentakosta: Im 23:15,16; Kis 20:16; 1Kor 16:8 · percaya berkumpul: Kis 1:14

· hari Pentakosta: Im 23:15,16; Kis 20:16; 1Kor 16:8

· percaya berkumpul: Kis 1:14

Ref. Silang FULL: Kis 2:2 - mereka duduk · mereka duduk: Kis 4:31

· mereka duduk: Kis 4:31

Ref. Silang FULL: Kis 2:4 - Roh Kudus // bahasa-bahasa lain · Roh Kudus: Luk 1:15; Luk 1:15 · bahasa-bahasa lain: Mr 16:17; Mr 16:17

· Roh Kudus: Luk 1:15; [Lihat FULL. Luk 1:15]

· bahasa-bahasa lain: Mr 16:17; [Lihat FULL. Mr 16:17]

Ref. Silang FULL: Kis 2:5 - yang saleh · yang saleh: Luk 2:25; Kis 8:2

· yang saleh: Luk 2:25; Kis 8:2

Ref. Silang FULL: Kis 2:7 - semua tercengang-cengang // orang Galilea · semua tercengang-cengang: Kis 2:12 · orang Galilea: Kis 1:11

· semua tercengang-cengang: Kis 2:12

· orang Galilea: Kis 1:11

Ref. Silang FULL: Kis 2:9 - dan Kapadokia // Pontus // dan Asia · dan Kapadokia: 1Pet 1:1 · Pontus: Kis 18:2; 1Pet 1:1 · dan Asia: Kis 16:6; 19:10; Rom 16:5; 1Kor 16:19; 2Kor 1:8; Wahy 1:4

· dan Kapadokia: 1Pet 1:1

· Pontus: Kis 18:2; 1Pet 1:1

· dan Asia: Kis 16:6; 19:10; Rom 16:5; 1Kor 16:19; 2Kor 1:8; Wahy 1:4

Ref. Silang FULL: Kis 2:10 - Frigia // dan Pamfilia // dengan Kirene · Frigia: Kis 16:6; 18:23 · dan Pamfilia: Kis 13:13; 14:24; 15:38 · dengan Kirene: Mat 27:32; Mat 27:32

· Frigia: Kis 16:6; 18:23

· dan Pamfilia: Kis 13:13; 14:24; 15:38

· dengan Kirene: Mat 27:32; [Lihat FULL. Mat 27:32]

Ref. Silang FULL: Kis 2:13 - anggur manis · anggur manis: 1Kor 14:23; Ef 5:18

· anggur manis: 1Kor 14:23; Ef 5:18

Ref. Silang FULL: Kis 2:15 - pukul sembilan · pukul sembilan: 1Tes 5:7

· pukul sembilan: 1Tes 5:7

Ref. Silang FULL: Kis 2:17 - semua manusia // akan bernubuat · semua manusia: Bil 11:25; Yes 44:3; Yeh 39:29; Yoh 7:37-39 Kis 10:45 · akan bernubuat: Kis 21:9; Kis 21:9

· semua manusia: Bil 11:25; Yes 44:3; Yeh 39:29; Yoh 7:37-39 Kis 10:45

· akan bernubuat: Kis 21:9; [Lihat FULL. Kis 21:9]

Ref. Silang FULL: Kis 2:18 - akan bernubuat · akan bernubuat: Kis 21:9-12

· akan bernubuat: Kis 21:9-12

Ref. Silang FULL: Kis 2:19 - di bumi · di bumi: Luk 21:11

· di bumi: Luk 21:11

Ref. Silang FULL: Kis 2:20 - menjadi darah · menjadi darah: Mat 24:29; Mat 24:29

· menjadi darah: Mat 24:29; [Lihat FULL. Mat 24:29]

Ref. Silang FULL: Kis 2:21 - nama Tuhan // akan diselamatkan · nama Tuhan: Kej 4:26; 26:25; Mazm 105:1; Kis 9:14; 1Kor 1:2; 2Tim 2:22 · akan diselamatkan: Yoel 2:28-32; Rom 10:13

· nama Tuhan: Kej 4:26; 26:25; Mazm 105:1; Kis 9:14; 1Kor 1:2; 2Tim 2:22

· akan diselamatkan: Yoel 2:28-32; Rom 10:13

Ref. Silang FULL: Kis 2:22 - dari Nazaret // dan tanda-tanda // perantaraan Dia · dari Nazaret: Mr 1:24; Mr 1:24 · dan tanda-tanda: Yoh 4:48; Yoh 4:48 · perantaraan Dia: Yoh 3:2; Yoh 3:2

· dari Nazaret: Mr 1:24; [Lihat FULL. Mr 1:24]

· dan tanda-tanda: Yoh 4:48; [Lihat FULL. Yoh 4:48]

· perantaraan Dia: Yoh 3:2; [Lihat FULL. Yoh 3:2]

Ref. Silang FULL: Kis 2:23 - dan rencana-Nya // kamu salibkan · dan rencana-Nya: Yes 53:10; Kis 3:18; 4:28 · kamu salibkan: Mat 16:21 Luk 24:20; Kis 3:13

· dan rencana-Nya: Yes 53:10; Kis 3:18; 4:28

· kamu salibkan: Mat 16:21 Luk 24:20; Kis 3:13

Ref. Silang FULL: Kis 2:24 - membangkitkan Dia // maut itu · membangkitkan Dia: Kis 2:32; Kis 13:30,33,34,37; 17:31; Rom 6:4; 8:11; 10:9; 1Kor 6:14; 15:15; Ef 1:20; Kol 2:12; Ibr 13:20; 1Pet 1:21 &middo...

Ref. Silang FULL: Kis 2:27 - melihat kebinasaan · melihat kebinasaan: Kis 2:31; Kis 13:35

· melihat kebinasaan: Kis 2:31; Kis 13:35

Ref. Silang FULL: Kis 2:28 - di hadapan-Mu · di hadapan-Mu: Mazm 16:8-11

· di hadapan-Mu: Mazm 16:8-11

Ref. Silang FULL: Kis 2:29 - Saudara-saudara // bangsa kita // dan dikubur // pada kita · Saudara-saudara: Kis 22:5; Kis 22:5 · bangsa kita: Kis 7:8,9 · dan dikubur: Kis 13:36; 1Raj 2:10 · pada kita: Neh 3:16

· Saudara-saudara: Kis 22:5; [Lihat FULL. Kis 22:5]

· bangsa kita: Kis 7:8,9

· dan dikubur: Kis 13:36; 1Raj 2:10

· pada kita: Neh 3:16

Ref. Silang FULL: Kis 2:30 - atas takhtanya · atas takhtanya: Mat 1:1; Mat 1:1

· atas takhtanya: Mat 1:1; [Lihat FULL. Mat 1:1]

Ref. Silang FULL: Kis 2:31 - mengalami kebinasaan · mengalami kebinasaan: Mazm 16:10

· mengalami kebinasaan: Mazm 16:10

Ref. Silang FULL: Kis 2:32 - yang dibangkitkan // adalah saksi · yang dibangkitkan: Kis 2:24; Kis 2:24 · adalah saksi: Luk 24:48; Luk 24:48

· yang dibangkitkan: Kis 2:24; [Lihat FULL. Kis 2:24]

· adalah saksi: Luk 24:48; [Lihat FULL. Luk 24:48]

Ref. Silang FULL: Kis 2:33 - Ia ditinggikan // kanan Allah // dan menerima // Roh Kudus // maka dicurahkan-Nya · Ia ditinggikan: Fili 2:9; Fili 2:9 · kanan Allah: Mr 16:19; Mr 16:19 · dan menerima: Kis 1:4 · Roh Kudus: Yoh 7:39; 14:2...

· Ia ditinggikan: Fili 2:9; [Lihat FULL. Fili 2:9]

· kanan Allah: Mr 16:19; [Lihat FULL. Mr 16:19]

· dan menerima: Kis 1:4

· Roh Kudus: Yoh 7:39; 14:26; 15:26

· maka dicurahkan-Nya: Kis 10:45

Ref. Silang FULL: Kis 2:35 - tumpuan kaki-Mu · tumpuan kaki-Mu: Mazm 110:1; Mat 22:44; Mat 22:44

· tumpuan kaki-Mu: Mazm 110:1; Mat 22:44; [Lihat FULL. Mat 22:44]

Ref. Silang FULL: Kis 2:36 - menjadi Tuhan // dan Kristus · menjadi Tuhan: Mat 28:18; Mat 28:18 · dan Kristus: Luk 2:11; Luk 2:11

· menjadi Tuhan: Mat 28:18; [Lihat FULL. Mat 28:18]

· dan Kristus: Luk 2:11; [Lihat FULL. Luk 2:11]

Ref. Silang FULL: Kis 2:37 - kami perbuat · kami perbuat: Luk 3:10,12,14; Kis 6:30

· kami perbuat: Luk 3:10,12,14; Kis 6:30

Ref. Silang FULL: Kis 2:38 - dirimu dibaptis // pengampunan dosamu // Roh Kudus · dirimu dibaptis: Kis 2:41; Kis 8:12,16,36,38; 9:18; 10:48; 16:15,33; 19:5; 22:16; Kol 2:12 · pengampunan dosamu: Yer 36:3; Mr 1:4; Luk...

· dirimu dibaptis: Kis 2:41; Kis 8:12,16,36,38; 9:18; 10:48; 16:15,33; 19:5; 22:16; Kol 2:12

· pengampunan dosamu: Yer 36:3; Mr 1:4; Luk 24:47; [Lihat FULL. Luk 24:47]; Kis 3:19

· Roh Kudus: Yoh 20:22; [Lihat FULL. Yoh 20:22]

Ref. Silang FULL: Kis 2:39 - bagi anak-anakmu // masih jauh · bagi anak-anakmu: Yes 44:3; 65:23 · masih jauh: Yes 57:19; Kis 10:45; Ef 2:13

· bagi anak-anakmu: Yes 44:3; 65:23

· masih jauh: Yes 57:19; Kis 10:45; Ef 2:13

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kis 2:1-4 - Hari Pentakosta Di antara janji tentang Mesias (bahkan yang paling belakangan dari janji-ja...

Matthew Henry: Kis 2:5-13 - Hari Pentakosta Hari Pentakosta ( Kis 2:5-13) ...

Matthew Henry: Kis 2:14-36 - Khotbah Petrus di Yerusalem Khotbah Petrus di Yerusalem ( Kis 2:14-36) ...

Matthew Henry: Kis 2:37-41 - Khotbah Petrus di Yerusalem Khotbah Petrus di Yerusalem ( Kis 2:37-41) ...

SH: Kis 2:1-13 - Roh Kudus tercurah (Minggu, 23 Mei 1999) Roh Kudus tercurah Roh Kudus tercurah Sebelum terangkat ke sorga, Yesus berjanji akan mencurahkan Roh ...

SH: Kis 2:1-13 - Bukan api gadungan (Minggu, 8 Juni 2003) Bukan api gadungan Bukan api gadungan. Manusia memang kreatif. Misalnya membuat api unggun dalam r...

SH: Kis 2:1-13 - Kuasa yang dari Atas (Minggu, 31 Mei 2009) Kuasa yang dari Atas Judul: Kuasa yang dari Atas Ucapan selamat apa yang tepat diucapkan kepada sesama...

SH: Kis 2:1-13 - Mau fenomena saja? (Minggu, 23 Mei 2010) Mau fenomena saja? Judul: Mau fenomena saja? Roh Kudus adalah sebutan yang ditujukan kepada Pribadi Ke...

SH: Kis 2:1-13 - Penekanan Pentakosta (Minggu, 12 Juni 2011) Penekanan Pentakosta Judul: Penekanan Pentakosta Pentakosta pada zaman Perjanjian Baru adalah hari tur...

SH: Kis 2:1-13 - Pentakosta = pesta panen (Minggu, 8 Juni 2014) Pentakosta = pesta panen Judul: Pentakosta = pesta panen Dalam ...

SH: Kis 2:1-13 - Pentakosta (Minggu, 24 Mei 2015) Pentakosta Judul: Pentakosta Pada hari Pentakosta (Hari raya Tujuh Minggu atau Penuaian), semua pengik...

SH: Kis 2:1-13 - Turunnya Roh Kudus (Minggu, 20 Mei 2018) Turunnya Roh Kudus Pentakosta adalah Hari Raya Panen Gandum orang Yahudi, yang jatuh pada hari kelima puluh setel...

SH: Kis 2:1-13 - Ceritakanlah Perbuatan Allah (Minggu, 19 Mei 2024) Ceritakanlah Perbuatan Allah Pentakosta adalah satu dari tiga hari raya utama yang dirayakan umat Allah di dalam ...

SH: Kis 2:1-4 - Dipenuhi Roh Kudus (Sabtu, 29 Mei 2010) Dipenuhi Roh Kudus Judul: Dipenuhi Roh Kudus Jika hidup orang yang di dalam Yesus Kristus telah didiam...

SH: Kis 2:1-11 - Berkata tentang Perbuatan Besar Allah (Minggu, 15 Mei 2016) Berkata tentang Perbuatan Besar Allah Para murid bersama semua orang percaya sedang berkumpul di suatu tempat (1)...

SH: Kis 2:14-36 - Bersaksi dengan berani (Senin, 24 Mei 1999) Bersaksi dengan berani Bersaksi dengan berani. Ketika banyak orang menyangka bahwa para rasul itu mabu...

SH: Kis 2:14-21 - Argumen pertama (Senin, 9 Juni 2003) Argumen pertama Argumen pertama. Orang-orang Yerusalem bertanya, mengapa para murid dapat melakuka...

SH: Kis 2:14-28 - Kuasa memberitakan Injil (Minggu, 7 Juni 2009) Kuasa memberitakan Injil Judul: Kuasa memberitakan Injil Apa tuduhan yang sering diarahkan pada orang-...

SH: Kis 2:14-28 - Fitnah dibalas kebenaran (Senin, 13 Juni 2011) Fitnah dibalas kebenaran Judul: Fitnah dibalas kebenaran Fitnah lebih kejam daripada pembunuhan. Fitna...

SH: Kis 2:14-40 - Penggenapan Nubuat (Senin, 21 Mei 2018) Penggenapan Nubuat Jika kata "Alkitab" dipahami dari sisi bahasa Arab, maka Alkitab dapat dimaknai sebagai Kitab ...

SH: Kis 2:22-36 - Alasan yang terutama (Selasa, 10 Juni 2003) Alasan yang terutama Alasan yang terutama. Yesus dari Nazaret adalah Tuhan dan Kristus/Mesias (ayat ...

SH: Kis 2:29-40 - Kuasa Allah melalui Firman-Nya (Senin, 8 Juni 2009) Kuasa Allah melalui Firman-Nya Judul: Kuasa Allah melalui Firman-Nya Apa yang membuat orang yang mende...

SH: Kis 2:29-40 - Merespons firman Tuhan (Selasa, 14 Juni 2011) Merespons firman Tuhan Judul: Merespons firman Tuhan Ada banyak respons ketika jemaat mendengar kebena...

SH: Kis 2:37-47 - Menerima pengampunan dan karunia Roh Kudus (Selasa, 25 Mei 1999) Menerima pengampunan dan karunia Roh Kudus Menerima pengampunan dan karunia Roh Kudus. Setelah Petrus ...

SH: Kis 2:37-47 - J+1, H+1 dan M+1 (Rabu, 11 Juni 2003) J+1, H+1 dan M+1 J+1, H+1 dan M+1. Sebuah topan tidak dapat dikatakan sebuah topan, bila tidak men...

SH: Kis 2:37-39 - Iman dan Pertobatan (Sabtu, 21 Maret 2009) Iman dan Pertobatan Judul: Iman dan Pertobatan Apakah syarat utama yang Tuhan tuntut apabila kita ingi...

Utley: Kis 2:1-4 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 2:1-4...

Utley: Kis 2:5-13 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 2:5-13...

Utley: Kis 2:14-21 - --NASKAH NASB (UPDATED):Kis 2: 14-21...

Utley: Kis 2:22-28 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 2:22-28...

Utley: Kis 2:29-36 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 2:29-36...

Utley: Kis 2:37-42 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 2:37-42...

Topik Teologia: Kis 2:1 - -- Roh Kudus Roh yang Memenuhi Kel 31:3 ...

Topik Teologia: Kis 2:2 - -- Roh Kudus Roh yang Memenuhi Kel 31:3 ...

Topik Teologia: Kis 2:3 - -- Roh Kudus Roh yang Memenuhi Kel 31:3 ...

Topik Teologia: Kis 2:4 - -- Roh Kudus Roh yang Memenuhi Kel 31:3 ...

Topik Teologia: Kis 2:13 - -- Dosa Para Pendosa Tidak Sopan 2Ra 19:16 ...

Topik Teologia: Kis 2:14 - -- Gereja Langkah-langkah Korektif yang Dilakukan Gereja Gereja Memakai Perjanjian Lama Perjanjian Lama Menjelaskan P...

Topik Teologia: Kis 2:17 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia sebagai Suatu Kesatuan Hidup Keutuhan Manusia Direpresentasikan oleh Flesh (Tubuh, Man, Oran...

Topik Teologia: Kis 2:18 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita dan Peranannya Dalam Agama Wanita Dalam Jemaat yang Mula-mula Wanita-wanita Menerima R...

Topik Teologia: Kis 2:19 - -- Gereja Langkah-langkah Korektif yang Dilakukan Gereja Gereja Memakai Perjanjian Lama Perjanjian Lama Menjelaskan P...

Topik Teologia: Kis 2:21 - -- Yesus Kristus Nama Kristus Orang-orang Percaya Mengalami Banyak Hal di dalam Nama Yesus Orang-orang Percaya Memoho...

Topik Teologia: Kis 2:22 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Kehidupan Yesus ...

Topik Teologia: Kis 2:23 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Mahatahu Kej 6:...

Topik Teologia: Kis 2:24 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Kehidupan Yesus ...

Topik Teologia: Kis 2:26 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Bagian dari Tubuh Manusia sebagai Aspek Moral Kemanus...

Topik Teologia: Kis 2:27 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Yang Kudus dari Allah ...

Topik Teologia: Kis 2:31 - -- Yesus Kristus Yesus Memiliki Tubuh Jasmaniah Yoh 1:14 ...

Topik Teologia: Kis 2:32 - -- Allah yang Berpribadi Allah sebagai Tritunggal Ketritunggalan Allah Tritunggal dalam Pengajaran Perjanjian Baru ...

Topik Teologia: Kis 2:33 - -- Allah yang Berpribadi Bapa Ula 1:30-31 ...

Topik Teologia: Kis 2:34 - -- Keselamatan Kebangkitan Kristus sebagai Peristiwa Keselamatan Makna Kebangkitan Kristus Orang-orang Percaya Dibena...

Topik Teologia: Kis 2:36 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Kehidupan Yesus ...

Topik Teologia: Kis 2:37 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Gereja Kedatangan dan Baptisan Roh Dimanifestasikan di dalam Kehidupan Orang Percaya ...

Topik Teologia: Kis 2:38 - -- Allah yang Berpribadi Allah sebagai Tritunggal Ketritunggalan Allah Tritunggal dalam Pengajaran Perjanjian Baru ...

Topik Teologia: Kis 2:39 - -- Allah yang Berpribadi Allah sebagai Tritunggal Ketritunggalan Allah Tritunggal dalam Pengajaran Perjanjian Baru ...

TFTWMS: Kis 2:1-4 - Permulaan Kerajaan/gereja PERMULAAN KERAJAAN/GEREJA (Kis 2:1-4) Yesaya telah mengatakan bahwa &...

TFTWMS: Kis 2:16-21 - Nubuatan Yoel NUBUATAN YOEL (Kis 2:16-21) Petrus lalu menjelaskan bahwa apa yang ...

TFTWMS: Kis 2:22-24 - Pribadi Yesus PRIBADI YESUS (Kis 2:22-24) Setelah Petrus memberitahu para pendeng...

TFTWMS: Kis 2:25-31 - Nubuatan Daud NUBUATAN DAUD (Kis 2:25-31) Ketika Petrus mengatakan "Allah me...

TFTWMS: Kis 2:32 - Pernyataan Para Rasul PERNYATAAN PARA RASUL (Kis 2:32) Bukti Petrus yang pertama adalah kesaksian ...

TFTWMS: Kis 2:33 - Kehadiran Roh KEHADIRAN ROH (Kis 2:33) Bukti Petrus yang kedua adalah pelbagai mujizat yan...

TFTWMS: Kis 2:34-36 - Bukti Kitab Suci BUKTI KITAB SUCI (Kis 2:34-36) Petrus telah memperkenalkan pemikira...

TFTWMS: Kis 2:37 - Dengan Percaya Kepada Kristus DENGAN PERCAYA KEPADA KRISTUS (Kis 2:37) Ketika Petrus menyimpulkan pengajar...

TFTWMS: Kis 2:38-41 - Dengan Mentaati Kristus DENGAN MENTAATI KRISTUS (Kis 2:38-41) Sama seperti kita tidak dapat...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Penulis : Lukas Tema : Penyebaran Injil yang Penuh Keberhasilan Melalui ...

Full Life: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Kis 1:1-11) ...

Matthew Henry: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) ...

Jerusalem: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH PARA RASUL PENGANTAR Injil ketiga dan Kisah para Rasul aslinya merup...

Ende: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL KATA PENGANTAR Tentang isi dan maksud karangan ini umumnja Mula-mula sebagai landjutan ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) "BERMULA DI YERUSALEM" (Kis 2:1-13) Beberapa pasal di Alki...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 2:1-13) Kita akan angkat lagi kajian kita tentang ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 KJV menulis "bermula di Yerusalem." (Huruf miring oleh saya.) Yang digunakan ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) AWAL PEMBERITAAN INJIL SECARA PENUH (Kis 2:14-36) Kadang-kadang kit...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 2:14-36) Sekali lagi kita merasa enggan meninggalka...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Lihat "Injil" dalam Daftar Kata. 2 Kata "kesebelas&q...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) BAGAIMANA TIGA RIBU ORANG DISELAMATKAN! (Kis 2:37-41, 47) ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 2:37-41, 47) Pada hari Pentakosta, orang b...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Edgar J. Goodspeed, The New Testament: An American Translation. RSV menulis "pemberitaan ...

BIS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL PENGANTAR Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tuj...

Ajaran: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kas...

Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Kisah tentang gereja yang bersaksi SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh ju...

Garis Besar Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) [1] PENGANTAR Kis 1:1-26 Masa empat puluh hari dan sesudahnya:...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #24: Gunakan Studi Kamus untuk mempelajari dan menyelidiki segala aspek dari 20,000+ istilah/kata. [SEMUA]
dibuat dalam 0.33 detik
dipersembahkan oleh YLSA