kecilkan semua  

Teks -- Yohanes 8:1-29 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
8:1 tetapi Yesus pergi ke bukit Zaitun. 8:2 Pagi-pagi benar Ia berada lagi di Bait Allah, dan seluruh rakyat datang kepada-Nya. Ia duduk dan mengajar mereka. 8:3 Maka ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi membawa kepada-Nya seorang perempuan yang kedapatan berbuat zinah. 8:4 Mereka menempatkan perempuan itu di tengah-tengah lalu berkata kepada Yesus: "Rabi, perempuan ini tertangkap basah ketika ia sedang berbuat zinah. 8:5 Musa dalam hukum Taurat memerintahkan kita untuk melempari perempuan-perempuan yang demikian. Apakah pendapat-Mu tentang hal itu?" 8:6 Mereka mengatakan hal itu untuk mencobai Dia, supaya mereka memperoleh sesuatu untuk menyalahkan-Nya. Tetapi Yesus membungkuk lalu menulis dengan jari-Nya di tanah. 8:7 Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Iapun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka: "Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu." 8:8 Lalu Ia membungkuk pula dan menulis di tanah. 8:9 Tetapi setelah mereka mendengar perkataan itu, pergilah mereka seorang demi seorang, mulai dari yang tertua. Akhirnya tinggallah Yesus seorang diri dengan perempuan itu yang tetap di tempatnya. 8:10 Lalu Yesus bangkit berdiri dan berkata kepadanya: "Hai perempuan, di manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?" 8:11 Jawabnya: "Tidak ada, Tuhan." Lalu kata Yesus: "Akupun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang."
Yesus adalah terang dunia
8:12 Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup." 8:13 Kata orang-orang Farisi kepada-Nya: "Engkau bersaksi tentang diri-Mu, kesaksian-Mu tidak benar." 8:14 Jawab Yesus kepada mereka, kata-Nya: "Biarpun Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, namun kesaksian-Ku itu benar, sebab Aku tahu, dari mana Aku datang dan ke mana Aku pergi. Tetapi kamu tidak tahu, dari mana Aku datang dan ke mana Aku pergi. 8:15 Kamu menghakimi menurut ukuran manusia, Aku tidak menghakimi seorangpun, 8:16 dan jikalau Aku menghakimi, maka penghakiman-Ku itu benar, sebab Aku tidak seorang diri, tetapi Aku bersama dengan Dia yang mengutus Aku. 8:17 Dan dalam kitab Tauratmu ada tertulis, bahwa kesaksian dua orang adalah sah; 8:18 Akulah yang bersaksi tentang diri-Ku sendiri, dan juga Bapa, yang mengutus Aku, bersaksi tentang Aku." 8:19 Maka kata mereka kepada-Nya: "Di manakah Bapa-Mu?" Jawab Yesus: "Baik Aku, maupun Bapa-Ku tidak kamu kenal. Jikalau sekiranya kamu mengenal Aku, kamu mengenal juga Bapa-Ku." 8:20 Kata-kata itu dikatakan Yesus dekat perbendaharaan, waktu Ia mengajar di dalam Bait Allah. Dan tidak seorangpun yang menangkap Dia, karena saat-Nya belum tiba.
Yesus bukan dari dunia ini
8:21 Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak: "Aku akan pergi dan kamu akan mencari Aku tetapi kamu akan mati dalam dosamu. Ke tempat Aku pergi, tidak mungkin kamu datang." 8:22 Maka kata orang-orang Yahudi itu: "Apakah Ia mau bunuh diri dan karena itu dikatakan-Nya: Ke tempat Aku pergi, tidak mungkin kamu datang?" 8:23 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini. 8:24 Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam dosamu." 8:25 Maka kata mereka kepada-Nya: "Siapakah Engkau?" Jawab Yesus kepada mereka: "Apakah gunanya lagi Aku berbicara dengan kamu? 8:26 Banyak yang harus Kukatakan dan Kuhakimi tentang kamu; akan tetapi Dia, yang mengutus Aku, adalah benar, dan apa yang Kudengar dari pada-Nya, itu yang Kukatakan kepada dunia." 8:27 Mereka tidak mengerti, bahwa Ia berbicara kepada mereka tentang Bapa. 8:28 Maka kata Yesus: "Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia, dan bahwa Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa kepada-Ku. 8:29 Dan Ia, yang telah mengutus Aku, Ia menyertai Aku. Ia tidak membiarkan Aku sendiri, sebab Aku senantiasa berbuat apa yang berkenan kepada-Nya."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Bukit Zaitun a mountain: Mt. of Olives
 · Farisi a religious group or sect of the Jews
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall


Topik/Tema Kamus: Hari | Yesus | Yohanes, Injil | Penghakiman | Hukuman, Penghukuman | Ampun, Pengampunan | Kristus, Nabi | Kristus, Sifatnya | Kaki Dian Atau Kaki Pelita | Kenal, Tidak Mengenal Allah | Sidang, Persidangan Pengadilan | Tidak Percaya | Terang | Hukuman | Pagi | Mati, Kematian Orang Fasik | Buta, Buta Rohani | Rumah Tuhan | Perintah | Anak ...; Gelar untuk Yesus | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yoh 8:7 - BARANGSIAPA DI ANTARA KAMU TIDAK BERDOSA. Nas : Yoh 8:7 Kata-kata ini tidak boleh dipergunakan sebagai peluang untuk tidak menghukum dosa di dalam gereja, atau menganggap remeh dosa sesama ...

Nas : Yoh 8:7

Kata-kata ini tidak boleh dipergunakan sebagai peluang untuk tidak menghukum dosa di dalam gereja, atau menganggap remeh dosa sesama orang Kristen. Sikap semacam itu memutarbalikkan ajaran Alkitab terhadap dosa antara umat Allah.

  1. 1) Kelakuan gereja terhadap orang berdosa di luar gereja yang belum berkesempatan untuk menanggapi kasih karunia Allah dalam Kristus, dan kelakuannya terhadap mereka di dalam gereja yang berbuat dosa dan tidak menaati Kristus, sangat berbeda.
  2. 2) Alkitab mengajarkan bahwa dosa yang dilakukan oleh mereka dalam gereja tidak boleh dibiarkan (Wahy 2:20), melainkan harus ditegur dengan keras dan disingkapkan (Luk 17:3; 1Kor 5:1-13; 2Kor 2:6-8; Ef 5:11; 2Tim 4:2; Tit 1:13; 2:15; Wahy 3:19; dan Mat 13:30

    lihat cat. --> Mat 13:30

    [atau ref. Mat 13:30]

    mengenai disiplin gereja dalam).

Full Life: Yoh 8:11 - AKUPUN TIDAK MENGHUKUM ENGKAU. Nas : Yoh 8:11 Sikap Yesus ini menunjukkan tujuan-Nya dalam menebus umat manusia (Yoh 3:16). Dia tidak menghukum wanita tersebut sebagai orang yang...

Nas : Yoh 8:11

Sikap Yesus ini menunjukkan tujuan-Nya dalam menebus umat manusia (Yoh 3:16). Dia tidak menghukum wanita tersebut sebagai orang yang tidak layak diampuni, tetapi menghadapinya dengan lembut dan kesabaran supaya menuntunnya kepada pertobatan. Bagi dia keselamatan akan tersedia jikalau meninggalkan "kehidupan berdosa", yaitu tinggalkan perzinaan dan kembali kepada suaminya (bd. Luk 7:47).

  1. 1) Akan tetapi, merupakan penghujatan bila memakai kata-kata ini untuk beranggapan bahwa Yesus menganggap remeh dosa perzinaan dan kesedihan yang disebabkannya baik untuk orang-tua maupun anak-anak.
  2. 2) Yang ditawarkan Yesus kepada wanita ini adalah keselamatan dan jalan ke luar dari kehidupan berdosa. Hukuman-Nya menantikan wanita itu kalau dia menolak untuk bertobat dan masuk ke dalam kerajaan Allah (Rom 2:1-10).

Full Life: Yoh 8:12 - AKULAH TERANG DUNIA. Nas : Yoh 8:12 Yesus adalah terang yang sesungguhnya (Yoh 1:9); Dia melenyapkan kegelapan dan penipuan dengan menerangi jalan yang benar kepada All...

Nas : Yoh 8:12

Yesus adalah terang yang sesungguhnya (Yoh 1:9); Dia melenyapkan kegelapan dan penipuan dengan menerangi jalan yang benar kepada Allah dan keselamatan.

  1. 1) Semua yang mengikuti Yesus dibebaskan dari kegelapan dosa, dunia, dan Iblis. Mereka yang masih berjalan dalam kegelapan belum mengikuti Dia (bd. 1Yoh 1:6-7).
  2. 2) "Barangsiapa mengikut Aku" adalah bentuk kata kerja masa kini yang menunjukkan suatu tindakan yang berkelanjutan -- "barangsiapa yang mengikut terus-menerus." Yesus hanya mengakui kemuridan yang bertahan sampai kesudahan

    (lihat cat. --> Yoh 8:31 berikut).

    [atau ref. Yoh 8:31]

BIS: Yoh 8:11 - -- Dalam banyak naskah dan terjemahan kuno, tidak ada bagian ini (Yoh 7:53--Yoh 8:11); ada yang menempatkannya sesudah Yoh 21:24; ada lagi yang sesudah L...

Dalam banyak naskah dan terjemahan kuno, tidak ada bagian ini (Yoh 7:53--Yoh 8:11); ada yang menempatkannya sesudah Yoh 21:24; ada lagi yang sesudah Luk 21:38; dan ada satu naskah yang menempatkannya sesudah Yoh 7:36.

BIS: Yoh 8:24 - AKU ADA AKU ADA: Mungkin sekali nama ini menunjuk pada nama yang dipakai Allah untuk menyatakan diri-Nya (Kel 3:14).

AKU ADA: Mungkin sekali nama ini menunjuk pada nama yang dipakai Allah untuk menyatakan diri-Nya (Kel 3:14).

BIS: Yoh 8:25 - Untuk apa bicara lagi dengan kalian! Untuk apa bicara lagi dengan kalian!: atau "seperti yang telah Kukatakan kepadamu sejak semula".

Untuk apa bicara lagi dengan kalian!: atau "seperti yang telah Kukatakan kepadamu sejak semula".

Jerusalem: Yoh 7:53--8:11 - -- Bagian ini tidak termasuk dalam naskah-naskah yang paling tua, dalam beberapa terjemahan kuno, dan juga tidak dikenal oleh pujangga-pujangga Gereja ya...

Bagian ini tidak termasuk dalam naskah-naskah yang paling tua, dalam beberapa terjemahan kuno, dan juga tidak dikenal oleh pujangga-pujangga Gereja yang paling dahulu. Ada kalanya bagian ini terdapat di tempat lain dalam Perjanjian Baru. Bagian ini sesungguhnya berbau injil-injil sinoptik dan kiranya tidak berasal dari Yohanes. Barangkali berasal dari Lukas, bdk Luk 21:38+. Meskipun demikian, bagian ini termasuk Kitab Suci dan diakui demikian oleh gereja. Nilai historisnyapun tidak perlu diragukan.

Jerusalem: Yoh 8:8 - dan menulis di tanah Makna perbuatan itu tidak jelas.

Makna perbuatan itu tidak jelas.

Jerusalem: Yoh 8:12 - -- Dalam Perjanjian Baru tema "terang kegelapan" berkembang menurut tiga garis pokok, yang lebih kurang dapat dibedakan. 1) Seperti matahari menerangi se...

Dalam Perjanjian Baru tema "terang kegelapan" berkembang menurut tiga garis pokok, yang lebih kurang dapat dibedakan. 1) Seperti matahari menerangi sebuah jalan, demikianpun apa saja yang menerangi jalan kepada Allah disebutkan sebagai "terang": Dalam Perjanjian Lama hukum Taurat, Hikmat dan firman Allah dikatakan "terang", Pengk 2:13; Ams 4:18-19; 6:23; Maz 119:105; bdk Yoh 2:19; dalam Perjanjian Baru disebutkan sebagai "terang" Kristus sendiri, Yoh 1:9; 9:1-39; 12:35; 1Yo 2:8-11; bdk 2Ko 4:6. Mat 17:2 yang dibandingkan dengan awan bercahaya di waktu keluaran, Yoh 8:12; bdk Kel 13:21 dst; Wis 18:3; dan juga setiap orang Kristen yang memperlihatkan Allah kepada dunia Mat 5:14-16; Luk 8:16; Rom 2:19; Fili 2:15; Wah 21:24. 2) Terang melambangkan hidup, kesejahteraan dan kegembiraan, kegelapan melambangkan kematian, kemalangan dan dukacita, Ayu 30:26; Yes 45:7; bdk Maz 17:15; dengan kegelapan perbudakan di pertentangkan terang kebebasan dan keselamatan di zaman Mesias, Yes 8:22-9:1; Mat 4:16; Luk 1:79; Rom 13:11-12, dan terang itupun sampai kepada bangsa-bangsa lain, Luk 2:32; Kis 13:47, melalui Kristus yang adalah Terang, Yohanes (ayat-ayat yang bersangkutan telah dikutip): Efe 5:14 dan terang itu mencapai kesempurnaannya dalam Kerajaan Sorga, Mat 8:12; 22:13; 25:30; Wah 22:5; bdk Yoh 21:3-4. 3) Perseduaan (dualisme) "terang-kegelapan" menjadi ciri khas dua dunia yang bertentangan satu sama lain, dunia Kebaikan dan dunia kejahatan (bdk naskah-naskah dari Qumran). Begitu pula dalam perjanjian Barupun tampil dua "kerajaan", yang masing-masing dikuasai oleh Kristus, atau Iblis, 2Ko 6:14-15; Kol 1:12-13; Kis 26:18; 1Pe 2:9, dan yang satu berusaha mengalahkan yang lain, Luk 22:53; Yoh 13:27-30. Manusia terbelah menjadi "anak-anak terang" dan "anak-anak kegelapan", Luk 16:8; 1Te 5:4-5; Efe 5:7-8; Yoh 12:36, sekedar mereka dikuasai oleh "Terang" (Kristus) atau "kegelapan" (Iblis) Mat 6:23; 1Te 5:4 dst; 1Yo 1:6-7; 2:9-10; mereka dapat dikenal oleh karena pekerjaan-pekerjaannya, Rom 13:12-14; Efe 5:8-11. Perpecahan (penghakiman) di antara manusia itu menjadi nampak karena kedatangan Terang, yang mewajibkan setiap orang memilih menjadi kawan atau lawan, Yoh 3:19-21; 7:7; 9:39; 12:46; bdk Efe 5:12-13. Namun demikian pandangan tetap optimis; pernah kegelapan kalah terhadap terang. Yoh 1:5; 1Yo 2:8; Rom 13;12.

Jerusalem: Yoh 8:14 - ke mana Aku pergi Anak sungguh-sungguh menjadi saksiNya tersendiri, oleh karena hanya Dia saja yang tahu rahasia asal sorgawiNya, bdk Mat 11:27 dsj.

Anak sungguh-sungguh menjadi saksiNya tersendiri, oleh karena hanya Dia saja yang tahu rahasia asal sorgawiNya, bdk Mat 11:27 dsj.

Jerusalem: Yoh 8:15 - menurut ukuran manusia Harafiah: menurut daging. Orang-orang Yahudi "menghakimi" Yesus menurut apa yang mereka lihat, yakni seorang manusia yang biasa, "dalam daging mereka ...

Harafiah: menurut daging. Orang-orang Yahudi "menghakimi" Yesus menurut apa yang mereka lihat, yakni seorang manusia yang biasa, "dalam daging mereka tidak melihat kemuliaan Anak Allah bersemarak" (Agustinus)

Jerusalem: Yoh 8:15 - Aku tidak menghakimi Ialah Aku tidak mengutuk, menjatuhkan hukuman. Ini sesuai dengan arti kata dalam bahasa Ibrani.

Ialah Aku tidak mengutuk, menjatuhkan hukuman. Ini sesuai dengan arti kata dalam bahasa Ibrani.

Jerusalem: Yoh 8:21 - mati dalam dosamu Dengan menolak Yesus orang-orang Yahudi jatuh binasa tanpa harapan; mereka berdosa kepada kebenaran, Yoh 8:40; Yoh 8:45 dst. Ini "dosa kepada Roh Kudu...

Dengan menolak Yesus orang-orang Yahudi jatuh binasa tanpa harapan; mereka berdosa kepada kebenaran, Yoh 8:40; Yoh 8:45 dst. Ini "dosa kepada Roh Kudus", Mat 12:31 dsj. Bdk Yoh 7:34+.

Jerusalem: Yoh 8:24 - Akulah Dia Ini adalah nama ilahi yang diwahyukan kepada Musa, Kel 3:14. yang artinya ialah: AllahNya Israel satu-satunya Allah yang sejati, Ula 32:39. Dengan men...

Ini adalah nama ilahi yang diwahyukan kepada Musa, Kel 3:14. yang artinya ialah: AllahNya Israel satu-satunya Allah yang sejati, Ula 32:39. Dengan mengetrapkan nama itu pada diriNya Yesus mengenalkan diri sebagai satu-satunya penyelamat, yang dituju oleh segenap kepercayaan dan harapan Israel dahulu. Bdk: Yoh 8:28,58; 13:19 dan lagi Yoh 6:35; 18:5,8.

Jerusalem: Yoh 8:25 - Apakah gunanya... Kalimat ini sukar dimengerti dan diterjemahkan dengan berbagai cara. Misalnya: Pertama: Mengapa Aku berbicara...; atau: Mengapa Aku masih akan berbica...

Kalimat ini sukar dimengerti dan diterjemahkan dengan berbagai cara. Misalnya: Pertama: Mengapa Aku berbicara...; atau: Mengapa Aku masih akan berbicara...; atau: Sesungguhnya, apa yang Aku katakan kepadamu: atau: Terlebih dahulu, apa yang Aku katakan kepadamu. Begitu kalimat ini sesuai dengan Yoh 8:28: Maka kata Yesus: Jalan pikirannya begini: sekarang orang-orang Yahudi mendapat kesempatan mengenal Yesus melalui apa yang dikatakanNya (Yoh 8:25). Kalau mereka baru mengakuiNya/mengenalNya setelah ditinggikan Yoh 8:28, memanglah sudah terlambat.

Jerusalem: Yoh 8:28 - bahwa Akulah Dia Dalam Perjanjian Lama ungkapan "kamu (akan tahu) bahwa Akulah Dia, atau: bahwa Akulah Tuhan (Yahwe)" menekankan kekuasaan ilahi bdk Yoh 8:24+, atau me...

Dalam Perjanjian Lama ungkapan "kamu (akan tahu) bahwa Akulah Dia, atau: bahwa Akulah Tuhan (Yahwe)" menekankan kekuasaan ilahi bdk Yoh 8:24+, atau memberitahukan turun tangan Tuhan yang hebat bdk Kel 10:2; Yeh 6:7,10,3 dst, dll Yes 43:10 (ayat ini sangat serupa dengan Yohanes). Dalam Yoh 8:28 ini diberitahukan pemuliaan Yesus melalui "peninggianNya" di kayu salib, Yoh 12:32+. Peninggian itu akan menanggapi pertanyaan orang-orang Yahudi, dalam Yoh 8:25, tetapi berupa penghukuman atas ketidakpercayaan mereka. Bdk Yoh 19:37; Wah 1:7; Mat 26:64 dsj; 1Ko 2:8.

Ende: Yoh 8:1-11 - -- Tjeritera ini rupanja tidak berasal dari Joanes, melainkan disisipkan kemudian dan berasal dari seorang pengarang lain. Tetapi tidak dapat disangsikan...

Tjeritera ini rupanja tidak berasal dari Joanes, melainkan disisipkan kemudian dan berasal dari seorang pengarang lain. Tetapi tidak dapat disangsikan bahwa diapun diilhami oleh Roh Kudus, dan fasal ini betul termasuk Kitab Kudus. Oleh para ahli dikemukakan, bahwa tjeritera ini tidak terdapat dalam kebanjakan naskah tertua dan terpenting, lagi pula bahwa tak ada hubungannja dengan teks jang mendahului jang biasa terdapat dalam tulisan-tulisan Rasul Joanes.

Ende: Yoh 8:8 - Menulis Barangkali sebarang sadja, untuk menundjukkan bahwa Ia tidak mau tjampur tangan dalam perkara itu.

Barangkali sebarang sadja, untuk menundjukkan bahwa Ia tidak mau tjampur tangan dalam perkara itu.

Ende: Yoh 8:16 - -- Jesus makin lama makin tegas menjatakan kesatuan dan kesamaanNja dengan BapaNja.

Jesus makin lama makin tegas menjatakan kesatuan dan kesamaanNja dengan BapaNja.

Ref. Silang FULL: Yoh 8:1 - bukit Zaitun · bukit Zaitun: Mat 21:1; Mat 21:1

· bukit Zaitun: Mat 21:1; [Lihat FULL. Mat 21:1]

Ref. Silang FULL: Yoh 8:2 - dan mengajar · dan mengajar: Yoh 8:20; Mat 26:55; Mat 26:55

· dan mengajar: Yoh 8:20; Mat 26:55; [Lihat FULL. Mat 26:55]

Ref. Silang FULL: Yoh 8:5 - yang demikian · yang demikian: Im 20:10; Ul 22:22; Ayub 31:11

· yang demikian: Im 20:10; Ul 22:22; Ayub 31:11

Ref. Silang FULL: Yoh 8:6 - untuk mencobai // untuk menyalahkan-Nya · untuk mencobai: Mat 22:15,18 · untuk menyalahkan-Nya: Mat 12:10; Mat 12:10

· untuk mencobai: Mat 22:15,18

· untuk menyalahkan-Nya: Mat 12:10; [Lihat FULL. Mat 12:10]

Ref. Silang FULL: Yoh 8:7 - melemparkan batu // perempuan itu · melemparkan batu: Ul 17:7; Yeh 16:40 · perempuan itu: Rom 2:1,22

· melemparkan batu: Ul 17:7; Yeh 16:40

· perempuan itu: Rom 2:1,22

Ref. Silang FULL: Yoh 8:11 - menghukum engkau // dosa lagi · menghukum engkau: Yoh 3:17 · dosa lagi: Yoh 5:14

· menghukum engkau: Yoh 3:17

· dosa lagi: Yoh 5:14

Ref. Silang FULL: Yoh 8:12 - Akulah // terang dunia // terang hidup · Akulah: Yoh 6:35; Yoh 6:35 · terang dunia: Yoh 1:4; Yoh 1:4 · terang hidup: Ams 4:18; Mat 5:14

· Akulah: Yoh 6:35; [Lihat FULL. Yoh 6:35]

· terang dunia: Yoh 1:4; [Lihat FULL. Yoh 1:4]

· terang hidup: Ams 4:18; Mat 5:14

Ref. Silang FULL: Yoh 8:13 - tidak benar · tidak benar: Yoh 5:31

· tidak benar: Yoh 5:31

Ref. Silang FULL: Yoh 8:14 - Aku pergi // Aku datang · Aku pergi: Yoh 13:3; 16:28 · Aku datang: Yoh 7:28; 9:29

· Aku pergi: Yoh 13:3; 16:28

· Aku datang: Yoh 7:28; 9:29

Ref. Silang FULL: Yoh 8:15 - menurut ukuran // menghakimi seorangpun · menurut ukuran: Yoh 7:24; Yoh 7:24 · menghakimi seorangpun: Yoh 3:17

· menurut ukuran: Yoh 7:24; [Lihat FULL. Yoh 7:24]

· menghakimi seorangpun: Yoh 3:17

Ref. Silang FULL: Yoh 8:16 - mengutus Aku · mengutus Aku: Yoh 5:30

· mengutus Aku: Yoh 5:30

Ref. Silang FULL: Yoh 8:17 - adalah sah · adalah sah: Mat 18:16; Mat 18:16

· adalah sah: Mat 18:16; [Lihat FULL. Mat 18:16]

Ref. Silang FULL: Yoh 8:18 - mengutus Aku · mengutus Aku: Yoh 5:37

· mengutus Aku: Yoh 5:37

Ref. Silang FULL: Yoh 8:19 - maupun Bapa-Ku // mengenal juga · maupun Bapa-Ku: Yoh 16:3 · mengenal juga: 1Yoh 2:23; 1Yoh 2:23

· maupun Bapa-Ku: Yoh 16:3

· mengenal juga: 1Yoh 2:23; [Lihat FULL. 1Yoh 2:23]

Ref. Silang FULL: Yoh 8:20 - dekat perbendaharaan // Ia mengajar // belum tiba · dekat perbendaharaan: Mr 12:41 · Ia mengajar: Mat 26:55; Mat 26:55 · belum tiba: Mat 26:18; Mat 26:18

· dekat perbendaharaan: Mr 12:41

· Ia mengajar: Mat 26:55; [Lihat FULL. Mat 26:55]

· belum tiba: Mat 26:18; [Lihat FULL. Mat 26:18]

Ref. Silang FULL: Yoh 8:21 - akan mati // kamu datang · akan mati: Yeh 3:18 · kamu datang: Yoh 7:34; 13:33

· akan mati: Yeh 3:18

· kamu datang: Yoh 7:34; 13:33

Ref. Silang FULL: Yoh 8:23 - dunia ini · dunia ini: Yoh 3:31; 17:14

· dunia ini: Yoh 3:31; 17:14

Ref. Silang FULL: Yoh 8:24 - Akulah Dia · Akulah Dia: Yoh 4:26; 13:19

· Akulah Dia: Yoh 4:26; 13:19

Ref. Silang FULL: Yoh 8:26 - adalah benar // kepada dunia · adalah benar: Yoh 7:28 · kepada dunia: Yoh 3:32; 15:15

· adalah benar: Yoh 7:28

· kepada dunia: Yoh 3:32; 15:15

Ref. Silang FULL: Yoh 8:28 - Anak Manusia // Bapa kepada-Ku · Anak Manusia: Yoh 12:32; Yoh 12:32 · Bapa kepada-Ku: Yoh 14:24; Yoh 14:24

· Anak Manusia: Yoh 12:32; [Lihat FULL. Yoh 12:32]

· Bapa kepada-Ku: Yoh 14:24; [Lihat FULL. Yoh 14:24]

Ref. Silang FULL: Yoh 8:29 - Aku sendiri // berkenan kepada-Nya · Aku sendiri: Yoh 8:16; Yoh 16:32 · berkenan kepada-Nya: Yes 50:5; Yoh 4:34; 5:30; 6:38

· Aku sendiri: Yoh 8:16; Yoh 16:32

· berkenan kepada-Nya: Yes 50:5; Yoh 4:34; 5:30; 6:38

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Yoh 1:19--10:42 - -- II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)

II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42)

Hagelberg: Yoh 8:2 - -- 8:2 Pagi-pagi benar Ia berada lagi di Bait Allah, dan seluruh rakyat datang kepada-Nya. Ia duduk dan mengajar mereka. Jika Ia datang dari bukit Zaitun...

8:2 Pagi-pagi benar Ia berada lagi di Bait Allah, dan seluruh rakyat datang kepada-Nya. Ia duduk dan mengajar mereka.

Jika Ia datang dari bukit Zaitun, dari timur, Dia menuju ke Bait Allah lewat Pelataran Wanita. Menurut pasal 8:20, Dia mengajar di situ. Oleh karena orang banyak mengikuti perayaan hari Raya Pondok Daun, maka Yerusalem masih ramai, dan seluruh rakyat datang kepada-Nya. Sesuai dengan kebiasaan rabi-rabi Israel, Dia duduk dan mengajar mereka. Para pemimpin agama Yahudi telah menyiapkan diri mereka untuk menantang hak-Nya untuk mengajar sebagai seorang rabi.

Hagelberg: Yoh 8:2 - -- 8:2 Pagi-pagi benar Ia berada lagi di Bait Allah, dan seluruh rakyat datang kepada-Nya. Ia duduk dan mengajar mereka. Jika Ia datang dari bukit Zaitun...

8:2 Pagi-pagi benar Ia berada lagi di Bait Allah, dan seluruh rakyat datang kepada-Nya. Ia duduk dan mengajar mereka.

Jika Ia datang dari bukit Zaitun, dari timur, Dia menuju ke Bait Allah lewat Pelataran Wanita. Menurut pasal 8:20, Dia mengajar di situ. Oleh karena orang banyak mengikuti perayaan hari Raya Pondok Daun, maka Yerusalem masih ramai, dan seluruh rakyat datang kepada-Nya. Sesuai dengan kebiasaan rabi-rabi Israel, Dia duduk dan mengajar mereka. Para pemimpin agama Yahudi telah menyiapkan diri mereka untuk menantang hak-Nya untuk mengajar sebagai seorang rabi.

Hagelberg: Yoh 8:3 - -- 8:3 Maka ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi membawa kepada-Nya seorang perempuan yang kedapatan berbuat zina. Prosidur agama Yahudi menuntut pali...

8:3 Maka ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi membawa kepada-Nya seorang perempuan yang kedapatan berbuat zina.

Prosidur agama Yahudi menuntut paling sedikit dua saksi mata yang bersama-sama melihat dosa seks itu pada saat terjadi. Saksi mata harus melihat dosa itu sendiri, dan bukan hanya situasi yang mencurigakan.682 Juga, Imamat 20:10 dan Ulangan 22:22 mewajibkan bahwa laki-laki itu juga harus dihukum. Dengan sekian banyak syarat, ada kemungkinan sangat besar bahwa perempuan itu dijebak. Tampaknya mereka menjatuhkan perempuan itu hanya untuk membentuk pertanyaan yang tidak dapat dijawab oleh Tuhan Yesus. Mereka tak peduli kekudusan, dan mereka tidak tahu belas kasihan. Mereka hanya mau menjatuhkan Tuhan Yesus, dengan cara apa pun. Mereka mirip orang yang disembuhkan dalam pasal 5:1-15, Farisi yang "buta" dalam pasal 9:39-41, dan pemimpin yang mau membunuh Lazarus dalam pasal 12:10. Pasti para pembaca tidak mau dihitung di antara orang-orang seperti itu!

Hagelberg: Yoh 8:3 - -- 8:3 Maka ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi membawa kepada-Nya seorang perempuan yang kedapatan berbuat zina. Prosidur agama Yahudi menuntut pali...

8:3 Maka ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi membawa kepada-Nya seorang perempuan yang kedapatan berbuat zina.

Prosidur agama Yahudi menuntut paling sedikit dua saksi mata yang bersama-sama melihat dosa seks itu pada saat terjadi. Saksi mata harus melihat dosa itu sendiri, dan bukan hanya situasi yang mencurigakan.682 Juga, Imamat 20:10 dan Ulangan 22:22 mewajibkan bahwa laki-laki itu juga harus dihukum. Dengan sekian banyak syarat, ada kemungkinan sangat besar bahwa perempuan itu dijebak. Tampaknya mereka menjatuhkan perempuan itu hanya untuk membentuk pertanyaan yang tidak dapat dijawab oleh Tuhan Yesus. Mereka tak peduli kekudusan, dan mereka tidak tahu belas kasihan. Mereka hanya mau menjatuhkan Tuhan Yesus, dengan cara apa pun. Mereka mirip orang yang disembuhkan dalam pasal 5:1-15, Farisi yang "buta" dalam pasal 9:39-41, dan pemimpin yang mau membunuh Lazarus dalam pasal 12:10. Pasti para pembaca tidak mau dihitung di antara orang-orang seperti itu!

Hagelberg: Yoh 8:4 - -- 8:4 Mereka menempatkan perempuan itu di tengah-tengah lalu berkata kepada Yesus, "Rabi, perempuan ini tertangkap basah ketika ia sedang berbuat zina. ...

8:4 Mereka menempatkan perempuan itu di tengah-tengah lalu berkata kepada Yesus, "Rabi, perempuan ini tertangkap basah ketika ia sedang berbuat zina.

Mereka membawa perangkap, dengan keyakinan bahwa akhirnya rabi itu dapat didiamkan.

Hagelberg: Yoh 8:4 - -- 8:4 Mereka menempatkan perempuan itu di tengah-tengah lalu berkata kepada Yesus, "Rabi, perempuan ini tertangkap basah ketika ia sedang berbuat zina. ...

8:4 Mereka menempatkan perempuan itu di tengah-tengah lalu berkata kepada Yesus, "Rabi, perempuan ini tertangkap basah ketika ia sedang berbuat zina.

Mereka membawa perangkap, dengan keyakinan bahwa akhirnya rabi itu dapat didiamkan.

Hagelberg: Yoh 8:5 - -- 8:5 Musa dalam hukum Taurat memerintahkan kita untuk melempari perempuan-perempuan yang demikian.683 Apakah pendapat-Mu tentang hal itu?" Perkataan me...

8:5 Musa dalam hukum Taurat memerintahkan kita untuk melempari perempuan-perempuan yang demikian.683 Apakah pendapat-Mu tentang hal itu?"

Perkataan mereka benar, tetapi Tuhan Yesus memahami lebih dari perkataan mereka. Dia juga memahami tujuan mereka.

Hagelberg: Yoh 8:5 - -- 8:5 Musa dalam hukum Taurat memerintahkan kita untuk melempari perempuan-perempuan yang demikian.683 Apakah pendapat-Mu tentang hal itu?" Perkataan me...

8:5 Musa dalam hukum Taurat memerintahkan kita untuk melempari perempuan-perempuan yang demikian.683 Apakah pendapat-Mu tentang hal itu?"

Perkataan mereka benar, tetapi Tuhan Yesus memahami lebih dari perkataan mereka. Dia juga memahami tujuan mereka.

Hagelberg: Yoh 8:6 - -- 8:6 Mereka mengatakan hal itu untuk mencobai Dia,684 supaya mereka memperoleh sesuatu untuk menyalahkan-Nya. Tetapi Yesus membungkuk lalu menulis deng...

8:6 Mereka mengatakan hal itu untuk mencobai Dia,684 supaya mereka memperoleh sesuatu untuk menyalahkan-Nya. Tetapi Yesus membungkuk lalu menulis dengan jari-Nya di tanah.

Pertanyaan mereka memang sulit dijawab. Mereka pasti yakin bahwa mereka dapat menjatuhkan Tuhan Yesus. Jika Ia menjawab bahwa perempuan itu harus dihukum mati, mereka dapat membawah Dia ke pemerintah penjajah, karena Roma tidak memperbolehkan orang Yahudi melaksanakan hukuman mati, menurut pasal 18:31. Sebaliknya jika Dia berkata bahwa perempuan itu harus dilepaskan, tampaknya Ia melanggar hukum Taurat, sehingga nama-Nya dapat dijelekkan di depan orang banyak.

Kita tidak diberitahu mengenai apa yang Dia tulis. Kita hanya diberitahu bahwa Ia menulis. Dengan menulis Ia menunda tanggapan mereka, dan memberikan kepada mereka kesempatan untuk memikirkan keadaan diri mereka sendiri.

Hagelberg: Yoh 8:6 - -- 8:6 Mereka mengatakan hal itu untuk mencobai Dia,684 supaya mereka memperoleh sesuatu untuk menyalahkan-Nya. Tetapi Yesus membungkuk lalu menulis deng...

8:6 Mereka mengatakan hal itu untuk mencobai Dia,684 supaya mereka memperoleh sesuatu untuk menyalahkan-Nya. Tetapi Yesus membungkuk lalu menulis dengan jari-Nya di tanah.

Pertanyaan mereka memang sulit dijawab. Mereka pasti yakin bahwa mereka dapat menjatuhkan Tuhan Yesus. Jika Ia menjawab bahwa perempuan itu harus dihukum mati, mereka dapat membawah Dia ke pemerintah penjajah, karena Roma tidak memperbolehkan orang Yahudi melaksanakan hukuman mati, menurut pasal 18:31. Sebaliknya jika Dia berkata bahwa perempuan itu harus dilepaskan, tampaknya Ia melanggar hukum Taurat, sehingga nama-Nya dapat dijelekkan di depan orang banyak.

Kita tidak diberitahu mengenai apa yang Dia tulis. Kita hanya diberitahu bahwa Ia menulis. Dengan menulis Ia menunda tanggapan mereka, dan memberikan kepada mereka kesempatan untuk memikirkan keadaan diri mereka sendiri.

Hagelberg: Yoh 8:7 - -- 8:7 Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Iapun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka, "Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa,6...

8:7 Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Iapun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka, "Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa,685 hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu."

Semula mereka tidak mau berpikir, mereka hanya mau memaksakan Dia untuk jatuh ke dalam perangkap mereka. Oleh karena itu, maka Dia menyelesaikan tanggapan-Nya. Dia hanya menantang kemunafikan mereka yang begitu besar dan ngeri.

Hagelberg: Yoh 8:7 - -- 8:7 Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Iapun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka, "Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa,6...

8:7 Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Iapun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka, "Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa,685 hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu."

Semula mereka tidak mau berpikir, mereka hanya mau memaksakan Dia untuk jatuh ke dalam perangkap mereka. Oleh karena itu, maka Dia menyelesaikan tanggapan-Nya. Dia hanya menantang kemunafikan mereka yang begitu besar dan ngeri.

Hagelberg: Yoh 8:8 - -- 8:8 Lalu Ia membungkuk pula dan menulis di tanah. Dia memberi kesempatan supaya hati nurani mereka masing-masing bekerja.

8:8 Lalu Ia membungkuk pula dan menulis di tanah.

Dia memberi kesempatan supaya hati nurani mereka masing-masing bekerja.

Hagelberg: Yoh 8:8 - -- 8:8 Lalu Ia membungkuk pula dan menulis di tanah. Dia memberi kesempatan supaya hati nurani mereka masing-masing bekerja.

8:8 Lalu Ia membungkuk pula dan menulis di tanah.

Dia memberi kesempatan supaya hati nurani mereka masing-masing bekerja.

Hagelberg: Yoh 8:9 - -- 8:9 Tetapi setelah mereka mendengar perkataan itu, pergilah mereka seorang demi seorang, mulai dari yang tertua. Akhirnya tinggallah Yesus seorang dir...

8:9 Tetapi setelah mereka mendengar perkataan itu, pergilah mereka seorang demi seorang, mulai dari yang tertua. Akhirnya tinggallah Yesus seorang diri dengan perempuan itu yang tetap di tempatnya.

Semula mereka berpikir bahwa mereka dapat mengenyahkan "rabi" itu dari Yerusalem, tetapi ternyata mereka tidak dapat tahan dalam sinar Terang Dunia. Mereka, mulai dari yang tertua, mundur. Yang lebih tua lebih sadar pada dosanya sendiri.

Hagelberg: Yoh 8:9 - -- 8:9 Tetapi setelah mereka mendengar perkataan itu, pergilah mereka seorang demi seorang, mulai dari yang tertua. Akhirnya tinggallah Yesus seorang dir...

8:9 Tetapi setelah mereka mendengar perkataan itu, pergilah mereka seorang demi seorang, mulai dari yang tertua. Akhirnya tinggallah Yesus seorang diri dengan perempuan itu yang tetap di tempatnya.

Semula mereka berpikir bahwa mereka dapat mengenyahkan "rabi" itu dari Yerusalem, tetapi ternyata mereka tidak dapat tahan dalam sinar Terang Dunia. Mereka, mulai dari yang tertua, mundur. Yang lebih tua lebih sadar pada dosanya sendiri.

Hagelberg: Yoh 8:10-11 - -- 8:10-11 Lalu Yesus bangkit berdiri dan berkata kepadanya, "Hai perempuan,686 di manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?" Jawabnya,...

8:10-11 Lalu Yesus bangkit berdiri dan berkata kepadanya, "Hai perempuan,686 di manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?" Jawabnya, "Tidak ada, Tuan687." Lalu kata Yesus, "Akupun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang."

Tuhan Yesus tidak mengentengkan dosa perjinahan. Dia berbelaskasihan, dan Dia minta supaya perempuan itu meninggalkan dosa itu. Kita tidak tahu mengenai sisa hidup perempuan itu, tetapi melalui peristiwa ini kita lebih mengerti mengenai sifat Terang Dunia, dan juga mengenai sifat kegelapan yang tidak menguasai Terang itu.

Hagelberg: Yoh 8:10-11 - -- 8:10-11 Lalu Yesus bangkit berdiri dan berkata kepadanya, "Hai perempuan,686 di manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?" Jawabnya,...

8:10-11 Lalu Yesus bangkit berdiri dan berkata kepadanya, "Hai perempuan,686 di manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?" Jawabnya, "Tidak ada, Tuan687." Lalu kata Yesus, "Akupun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang."

Tuhan Yesus tidak mengentengkan dosa perjinahan. Dia berbelaskasihan, dan Dia minta supaya perempuan itu meninggalkan dosa itu. Kita tidak tahu mengenai sisa hidup perempuan itu, tetapi melalui peristiwa ini kita lebih mengerti mengenai sifat Terang Dunia, dan juga mengenai sifat kegelapan yang tidak menguasai Terang itu.

Hagelberg: Yoh 8:12 - -- 8:12 Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya, "Akulah688 terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan,...

8:12 Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya, "Akulah688 terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."

Dalam peristiwa yang baru berakhir, Tuhan Yesus bersinar sebagai terang dunia, dan mereka, saksi yang berdosa, mundur dari terang itu. Peristiwa itu menjadi batu loncatan bagi perdebatan yang berikut ini. Seolah-olah Dia meringkaskan peristiwa itu dan percakapan yang berikut dengan memakai ungkapan Akulah terang dunia. Ungkapan ini sangat mengejutkan dalam konteks akhir hari Raya Pondok Daun, karena selain menuangkan air di mezbah, mereka juga menyalakan empat lampu besar di Pelataran Wanita, dan bersukacita menari sepanjang malam dengan obor.

Ungkapan ini juga terkait erat dengan pasal 1:5, yang berkata, "Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya." Seluruh pasal 8, dan sebenarnya pasal 9 juga, merupakan uraian dari ungkapan singkat ini.

Dalam Perjanjian Lama, terang memiliki banyak konotasi. Kemuliaan TUHAN Allah bercahaya dari awan pada siang hari dan dari api pada malam hari, untuk menuntun (Keluaran 13:21-22) dan melindungi (Keluaran 14:19-25) umat Israel. Pemazmur berkata, "TUHAN adalah terangku dan keselamatanku..." (Mazmur 27:1) dan "Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku" (Mazmur 119:105). Bandingkalah juga Zakharia 14:5-7 dan Yesaya 60:19-22.689 Pernyataan Akulah terang dunia membawa kesan yang kaya bagi umat Israel. Pernyataan ini bukan hanya sekadar teologia. Ada berkat bagi orang yang menerapkannya: ia akan mempunyai terang hidup, yaitu terang yang menghasilkan hidup, sama seperti Roti Hidup menghasilkan hidup.

Tema terang dunia tidak diteruskan secara terang-terangan dalam pasal ini, karena orang-orang Yahudi menantang hak Tuhan Yesus untuk bersaksi mengenai diri-Nya sendiri. Ungkapan terang dunia, yang merupakan latar belakang pasal 9, diulangi dalam pasal 9:5. Tema ini mencapai puncak pada akhir pasal 9. Di situlah Tuhan Yesus meringkaskan seluruhnya dengan berkata bahwa orang buta melihat terang, dan orang yang dapat melihat, buta terhadap terang.

Hagelberg: Yoh 8:12-20 - -- a. Wewenang ajaran Yesus (8:12-20)

a. Wewenang ajaran Yesus (8:12-20)

Hagelberg: Yoh 8:12 - -- 8:12 Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya, "Akulah688 terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan,...

8:12 Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya, "Akulah688 terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."

Dalam peristiwa yang baru berakhir, Tuhan Yesus bersinar sebagai terang dunia, dan mereka, saksi yang berdosa, mundur dari terang itu. Peristiwa itu menjadi batu loncatan bagi perdebatan yang berikut ini. Seolah-olah Dia meringkaskan peristiwa itu dan percakapan yang berikut dengan memakai ungkapan Akulah terang dunia. Ungkapan ini sangat mengejutkan dalam konteks akhir hari Raya Pondok Daun, karena selain menuangkan air di mezbah, mereka juga menyalakan empat lampu besar di Pelataran Wanita, dan bersukacita menari sepanjang malam dengan obor.

Ungkapan ini juga terkait erat dengan pasal 1:5, yang berkata, "Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya." Seluruh pasal 8, dan sebenarnya pasal 9 juga, merupakan uraian dari ungkapan singkat ini.

Dalam Perjanjian Lama, terang memiliki banyak konotasi. Kemuliaan TUHAN Allah bercahaya dari awan pada siang hari dan dari api pada malam hari, untuk menuntun (Keluaran 13:21-22) dan melindungi (Keluaran 14:19-25) umat Israel. Pemazmur berkata, "TUHAN adalah terangku dan keselamatanku..." (Mazmur 27:1) dan "Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku" (Mazmur 119:105). Bandingkalah juga Zakharia 14:5-7 dan Yesaya 60:19-22.689 Pernyataan Akulah terang dunia membawa kesan yang kaya bagi umat Israel. Pernyataan ini bukan hanya sekadar teologia. Ada berkat bagi orang yang menerapkannya: ia akan mempunyai terang hidup, yaitu terang yang menghasilkan hidup, sama seperti Roti Hidup menghasilkan hidup.

Tema terang dunia tidak diteruskan secara terang-terangan dalam pasal ini, karena orang-orang Yahudi menantang hak Tuhan Yesus untuk bersaksi mengenai diri-Nya sendiri. Ungkapan terang dunia, yang merupakan latar belakang pasal 9, diulangi dalam pasal 9:5. Tema ini mencapai puncak pada akhir pasal 9. Di situlah Tuhan Yesus meringkaskan seluruhnya dengan berkata bahwa orang buta melihat terang, dan orang yang dapat melihat, buta terhadap terang.

Hagelberg: Yoh 8:12-59 - -- 1. Di hari raya Pondok Daun II: perdebatan Yesus dengan \"orang-orang Yahudi\" (8:12-59)

1. Di hari raya Pondok Daun II: perdebatan Yesus dengan \"orang-orang Yahudi\" (8:12-59)

Hagelberg: Yoh 8:12--10:42 - -- D. Konfrontasi yang Radikal: puncak tanda, perbuatan, dan kata (8:12-10:42)

D. Konfrontasi yang Radikal: puncak tanda, perbuatan, dan kata (8:12-10:42)

Hagelberg: Yoh 8:13 - -- 8:13 Kata orang-orang Farisi kepada-Nya, "Engkau bersaksi tentang diri-Mu, kesaksian-Mu tidak benar." Tema "Terang Dunia" tidak ditanggapi oleh orang-...

8:13 Kata orang-orang Farisi kepada-Nya, "Engkau bersaksi tentang diri-Mu, kesaksian-Mu tidak benar."

Tema "Terang Dunia" tidak ditanggapi oleh orang-orang Farisi itu. Mereka mencari peluang untuk menyerang Dia, sehingga mereka mengetengahkan masalah kesaksian-Nya. Mungkin mereka memikirkan masalah kesaksian karena dalam pasal 8:2-11 yang menuduh perempuan itu adalah saksi.

Menurut Morris690, ungkapan kesaksian-Mu tidak benar berarti bahwa bagi mereka, kesaksian-Nya tidak memenuhi syarat yang sah, sehingga tidak perlu diterima. Mereka tidak memikirkan kebenaran, mereka memikirkan prosedur.

Dalam pasal 5:31 Tuhan Yesus berkata, "Kalau Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, maka kesaksian-Ku itu tidak benar". Mungkin mereka mengutip Dia untuk membungkamkan Dia, tetapi maksud-Nya dalam pasal 5:31 adalah bahwa Dia tidak membawa suatu kesaksian yang bebas dari kehendak Allah Bapa.

Hukum Taurat mewajibkan lebih dari satu saksi untuk menghukum orang (Ulangan 17:6 dan 19:15) sehingga kesaksian seorang diri mengenai dirinya sendiri tidak cukup untuk menghukum orang.

Hagelberg: Yoh 8:13 - -- 8:13 Kata orang-orang Farisi kepada-Nya, "Engkau bersaksi tentang diri-Mu, kesaksian-Mu tidak benar." Tema "Terang Dunia" tidak ditanggapi oleh orang-...

8:13 Kata orang-orang Farisi kepada-Nya, "Engkau bersaksi tentang diri-Mu, kesaksian-Mu tidak benar."

Tema "Terang Dunia" tidak ditanggapi oleh orang-orang Farisi itu. Mereka mencari peluang untuk menyerang Dia, sehingga mereka mengetengahkan masalah kesaksian-Nya. Mungkin mereka memikirkan masalah kesaksian karena dalam pasal 8:2-11 yang menuduh perempuan itu adalah saksi.

Menurut Morris690, ungkapan kesaksian-Mu tidak benar berarti bahwa bagi mereka, kesaksian-Nya tidak memenuhi syarat yang sah, sehingga tidak perlu diterima. Mereka tidak memikirkan kebenaran, mereka memikirkan prosedur.

Dalam pasal 5:31 Tuhan Yesus berkata, "Kalau Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, maka kesaksian-Ku itu tidak benar". Mungkin mereka mengutip Dia untuk membungkamkan Dia, tetapi maksud-Nya dalam pasal 5:31 adalah bahwa Dia tidak membawa suatu kesaksian yang bebas dari kehendak Allah Bapa.

Hukum Taurat mewajibkan lebih dari satu saksi untuk menghukum orang (Ulangan 17:6 dan 19:15) sehingga kesaksian seorang diri mengenai dirinya sendiri tidak cukup untuk menghukum orang.

Hagelberg: Yoh 8:14 - -- 8:14 Jawab Yesus kepada mereka, kata-Nya, "Biarpun Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, namun kesaksian-Ku itu benar, sebab Aku tahu, dari mana Aku d...

8:14 Jawab Yesus kepada mereka, kata-Nya, "Biarpun Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, namun kesaksian-Ku itu benar, sebab Aku tahu, dari mana Aku datang dan ke mana Aku pergi. Tetapi kamu tidak tahu, dari mana Aku datang dan ke mana Aku pergi.

Kebenaran yang telah diuraikan dalam 5:19-30 dan 36-37 diulangi dalam bagian ini dengan kata-kata yang hampir sama.691 Mereka menolak kesaksian-Nya, padahal mereka tidak tahu apa-apa mengenai Dia. Mereka tidak layak menilai kesaksian Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 8:14 - -- 8:14 Jawab Yesus kepada mereka, kata-Nya, "Biarpun Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, namun kesaksian-Ku itu benar, sebab Aku tahu, dari mana Aku d...

8:14 Jawab Yesus kepada mereka, kata-Nya, "Biarpun Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, namun kesaksian-Ku itu benar, sebab Aku tahu, dari mana Aku datang dan ke mana Aku pergi. Tetapi kamu tidak tahu, dari mana Aku datang dan ke mana Aku pergi.

Kebenaran yang telah diuraikan dalam 5:19-30 dan 36-37 diulangi dalam bagian ini dengan kata-kata yang hampir sama.691 Mereka menolak kesaksian-Nya, padahal mereka tidak tahu apa-apa mengenai Dia. Mereka tidak layak menilai kesaksian Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 8:15 - -- 8:15 Kamu menghakimi menurut ukuran manusia,692 Aku tidak menghakimi seorangpun, Tidak ada kontradiksi antara ayat ini dan ayat 16. Tuhan Yesus tidak...

8:15 Kamu menghakimi menurut ukuran manusia,692 Aku tidak menghakimi seorangpun,

Tidak ada kontradiksi antara ayat ini dan ayat 16. Tuhan Yesus tidak menghakimi seperti mereka menghakimi, yaitu menurut ukuran manusia. Dia tidak menghakimi berdasarkan apa yang kelihatan. Dalam ayat yang berikut Dia menjelaskan cara-Nya untuk menghakimi.

Hagelberg: Yoh 8:15 - -- 8:15 Kamu menghakimi menurut ukuran manusia,692 Aku tidak menghakimi seorangpun, Tidak ada kontradiksi antara ayat ini dan ayat 16. Tuhan Yesus tidak...

8:15 Kamu menghakimi menurut ukuran manusia,692 Aku tidak menghakimi seorangpun,

Tidak ada kontradiksi antara ayat ini dan ayat 16. Tuhan Yesus tidak menghakimi seperti mereka menghakimi, yaitu menurut ukuran manusia. Dia tidak menghakimi berdasarkan apa yang kelihatan. Dalam ayat yang berikut Dia menjelaskan cara-Nya untuk menghakimi.

Hagelberg: Yoh 8:16 - -- 8:16 dan jikalau Aku menghakimi, maka penghakiman-Ku itu benar, sebab Aku tidak seorang diri, tetapi Aku bersama dengan Dia yang mengutus Aku. Pola pe...

8:16 dan jikalau Aku menghakimi, maka penghakiman-Ku itu benar, sebab Aku tidak seorang diri, tetapi Aku bersama dengan Dia yang mengutus Aku.

Pola penghakiman yang dipakai oleh Tuhan Yesus berdasarkan hubungan-Nya dengan Allah Bapa. Sesuai dengan apa yang dikatakan dalam pasal 5:30, Dia menghakimi menurut "kehendak Dia yang mengutus Aku." Dipandang menurut ukuran manusia, menurut daging, Dia hanya bersaksi tentang diri-Nya sendiri, tanpa orang lain, tetapi sebenarnya Dia bersaksi, dan Allah Bapa juga bersaksi.

Hagelberg: Yoh 8:16 - -- 8:16 dan jikalau Aku menghakimi, maka penghakiman-Ku itu benar, sebab Aku tidak seorang diri, tetapi Aku bersama dengan Dia yang mengutus Aku. Pola pe...

8:16 dan jikalau Aku menghakimi, maka penghakiman-Ku itu benar, sebab Aku tidak seorang diri, tetapi Aku bersama dengan Dia yang mengutus Aku.

Pola penghakiman yang dipakai oleh Tuhan Yesus berdasarkan hubungan-Nya dengan Allah Bapa. Sesuai dengan apa yang dikatakan dalam pasal 5:30, Dia menghakimi menurut "kehendak Dia yang mengutus Aku." Dipandang menurut ukuran manusia, menurut daging, Dia hanya bersaksi tentang diri-Nya sendiri, tanpa orang lain, tetapi sebenarnya Dia bersaksi, dan Allah Bapa juga bersaksi.

Hagelberg: Yoh 8:17 - -- 8:17 Dan dalam kitab Tauratmu ada tertulis, bahwa kesaksian dua orang adalah sah; Ulangan 19:15 berkata, "Satu orang saksi saja tidak dapat menggugat ...

8:17 Dan dalam kitab Tauratmu ada tertulis, bahwa kesaksian dua orang adalah sah;

Ulangan 19:15 berkata, "Satu orang saksi saja tidak dapat menggugat seseorang mengenai perkara kesalahan apapun atau dosa apapun yang mungkin dilakukannya; baru atas keterangan dua atau tiga orang saksi perkara itu tidak disangsikan." Lihat juga Ulangan 17:6.

Hagelberg: Yoh 8:17 - -- 8:17 Dan dalam kitab Tauratmu ada tertulis, bahwa kesaksian dua orang adalah sah; Ulangan 19:15 berkata, "Satu orang saksi saja tidak dapat menggugat ...

8:17 Dan dalam kitab Tauratmu ada tertulis, bahwa kesaksian dua orang adalah sah;

Ulangan 19:15 berkata, "Satu orang saksi saja tidak dapat menggugat seseorang mengenai perkara kesalahan apapun atau dosa apapun yang mungkin dilakukannya; baru atas keterangan dua atau tiga orang saksi perkara itu tidak disangsikan." Lihat juga Ulangan 17:6.

Hagelberg: Yoh 8:18 - -- 8:18 Akulah693 yang bersaksi tentang diri-Ku sendiri, dan juga Bapa, yang mengutus Aku, bersaksi tentang Aku." Tuhan Yesus sendiri dan Allah Bapa adal...

8:18 Akulah693 yang bersaksi tentang diri-Ku sendiri, dan juga Bapa, yang mengutus Aku, bersaksi tentang Aku."

Tuhan Yesus sendiri dan Allah Bapa adalah saksi yang wajar dalam urusan yang sedang dibahas. Kesaksian orang lain pasti tidak mencakup hubungan Tuhan Yesus dan Bapa-Nya.694

Hagelberg: Yoh 8:18 - -- 8:18 Akulah693 yang bersaksi tentang diri-Ku sendiri, dan juga Bapa, yang mengutus Aku, bersaksi tentang Aku." Tuhan Yesus sendiri dan Allah Bapa adal...

8:18 Akulah693 yang bersaksi tentang diri-Ku sendiri, dan juga Bapa, yang mengutus Aku, bersaksi tentang Aku."

Tuhan Yesus sendiri dan Allah Bapa adalah saksi yang wajar dalam urusan yang sedang dibahas. Kesaksian orang lain pasti tidak mencakup hubungan Tuhan Yesus dan Bapa-Nya.694

Hagelberg: Yoh 8:19 - -- 8:19 Maka kata mereka kepada-Nya, "Di manakah Bapa-Mu?" Jawab Yesus, "Baik Aku, maupun Bapa-Ku tidak kamu kenal. Jikalau sekiranya kamu mengenal Aku, ...

8:19 Maka kata mereka kepada-Nya, "Di manakah Bapa-Mu?" Jawab Yesus, "Baik Aku, maupun Bapa-Ku tidak kamu kenal. Jikalau sekiranya kamu mengenal Aku, kamu mengenal juga Bapa-Ku."

Sekali lagi mereka tidak mengerti perkataan Tuhan Yesus, dan Rasul Yohanes memberi penjelasan kepada para pembaca (dalam ayat 23-27). Kesalahpahaman mereka menyatakan bahwa mereka tidak mengenal Allah Bapa atau Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 8:19 - -- 8:19 Maka kata mereka kepada-Nya, "Di manakah Bapa-Mu?" Jawab Yesus, "Baik Aku, maupun Bapa-Ku tidak kamu kenal. Jikalau sekiranya kamu mengenal Aku, ...

8:19 Maka kata mereka kepada-Nya, "Di manakah Bapa-Mu?" Jawab Yesus, "Baik Aku, maupun Bapa-Ku tidak kamu kenal. Jikalau sekiranya kamu mengenal Aku, kamu mengenal juga Bapa-Ku."

Sekali lagi mereka tidak mengerti perkataan Tuhan Yesus, dan Rasul Yohanes memberi penjelasan kepada para pembaca (dalam ayat 23-27). Kesalahpahaman mereka menyatakan bahwa mereka tidak mengenal Allah Bapa atau Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 8:20 - -- 8:20 Kata-kata itu dikatakan Yesus dekat perbendaharaan, waktu Ia mengajar di dalam Bait Allah. Dan tidak seorangpun yang menangkap Dia,695 karena saa...

8:20 Kata-kata itu dikatakan Yesus dekat perbendaharaan, waktu Ia mengajar di dalam Bait Allah. Dan tidak seorangpun yang menangkap Dia,695 karena saat-Nya696 belum tiba.

Lokasi ini, yang diperlengkapi dengan ketiga belas kotak persembahan, tidak diuraikan, tetapi tampaknya tempat ini ada di Pelataran Wanita, karena dalam Markus 12:41-42 seorang janda memasukkan uang ke dalamnya. Ruangan Sanhedrin tidak jauh dari situ.697 Walaupun Tuhan Yesus berada di tempat yang ramai itu, tidak seorangpun yang menangkap Dia. Jelaslah, bahwa mereka masih membenci Dia, tetapi rancangan mereka belum dapat berjalan, karena dalam rancangan Allah, saat-Nya belum tiba.

Hagelberg: Yoh 8:20 - -- 8:20 Kata-kata itu dikatakan Yesus dekat perbendaharaan, waktu Ia mengajar di dalam Bait Allah. Dan tidak seorangpun yang menangkap Dia,695 karena saa...

8:20 Kata-kata itu dikatakan Yesus dekat perbendaharaan, waktu Ia mengajar di dalam Bait Allah. Dan tidak seorangpun yang menangkap Dia,695 karena saat-Nya696 belum tiba.

Lokasi ini, yang diperlengkapi dengan ketiga belas kotak persembahan, tidak diuraikan, tetapi tampaknya tempat ini ada di Pelataran Wanita, karena dalam Markus 12:41-42 seorang janda memasukkan uang ke dalamnya. Ruangan Sanhedrin tidak jauh dari situ.697 Walaupun Tuhan Yesus berada di tempat yang ramai itu, tidak seorangpun yang menangkap Dia. Jelaslah, bahwa mereka masih membenci Dia, tetapi rancangan mereka belum dapat berjalan, karena dalam rancangan Allah, saat-Nya belum tiba.

Hagelberg: Yoh 8:21 - -- 8:21 Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, "Aku akan pergi dan kamu akan mencari Aku tetapi kamu akan mati dalam dosamu698. Ke tempat Aku perg...

8:21 Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, "Aku akan pergi dan kamu akan mencari Aku tetapi kamu akan mati dalam dosamu698. Ke tempat Aku pergi, tidak mungkin kamu datang."

Pernyataan ini terkait dengan apa yang sebelumnya, karena pada waktu Dia pergi, Dia meninggal, dan berada kembali dengan Bapa-Nya. Setelah Dia pergi, mereka masih tetapi mencari Mesias, suatu usaha yang sia-sia, karena Mesias telah mereka melawan di Yerusalem. Dengan arti itu, mereka akan mencari Dia.699

Mereka akan mati dalam dosa mereka, yaitu dosa ketidakpercayaan. Menurut pengakuan mereka, mereka mencari Mesias, tetapi menurut kenyataan, mereka telah bertemu dan menolak Dia. Oleh karena itu, mereka akan mati dalam dosa mereka. Oleh karena itu, tidak mungkin mereka datang ke sana, yaitu ke sorga. Ungkapan mati dalam dosa juga dipakai dalam Perjanjian Lama (Amsal 24:9 dalam Septuaginta; Yehezkiel 3:18 dan 18:18), tanpa penjelasan.

Hagelberg: Yoh 8:21-30 - -- b. Asal-usul wewenang Yesus (8:21-30) Pemakaian istilah "pula" dalam ayat 21 merujuk pada suatu selaan dalam percapakan, tetapi pada dasarnya tema-tem...

b. Asal-usul wewenang Yesus (8:21-30)

Pemakaian istilah "pula" dalam ayat 21 merujuk pada suatu selaan dalam percapakan, tetapi pada dasarnya tema-tema yang telah dikemukakan, dikembangkan dalam bagian ini. Panjangnya selaan tersebut tidak dapat ditentukan. Dalam pasal 7:37 mereka merayakan hari raya Pondok Daun, dan dalam pasal 10:22 hari raya Pentahbisan Bait Allah dirayakan. Antara dua nas tersebut ada perbedaan waktu dua bulan, tetapi tidak ada penjelasan tanggal-tanggal antara ke dua nas tersebut.

Hagelberg: Yoh 8:21 - -- 8:21 Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, "Aku akan pergi dan kamu akan mencari Aku tetapi kamu akan mati dalam dosamu698. Ke tempat Aku perg...

8:21 Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, "Aku akan pergi dan kamu akan mencari Aku tetapi kamu akan mati dalam dosamu698. Ke tempat Aku pergi, tidak mungkin kamu datang."

Pernyataan ini terkait dengan apa yang sebelumnya, karena pada waktu Dia pergi, Dia meninggal, dan berada kembali dengan Bapa-Nya. Setelah Dia pergi, mereka masih tetapi mencari Mesias, suatu usaha yang sia-sia, karena Mesias telah mereka melawan di Yerusalem. Dengan arti itu, mereka akan mencari Dia.699

Mereka akan mati dalam dosa mereka, yaitu dosa ketidakpercayaan. Menurut pengakuan mereka, mereka mencari Mesias, tetapi menurut kenyataan, mereka telah bertemu dan menolak Dia. Oleh karena itu, mereka akan mati dalam dosa mereka. Oleh karena itu, tidak mungkin mereka datang ke sana, yaitu ke sorga. Ungkapan mati dalam dosa juga dipakai dalam Perjanjian Lama (Amsal 24:9 dalam Septuaginta; Yehezkiel 3:18 dan 18:18), tanpa penjelasan.

Hagelberg: Yoh 8:22 - -- 8:22 Maka kata orang-orang Yahudi itu, "Apakah Ia mau bunuh diri dan karena itu dikatakan-Nya: Ke tempat Aku pergi, tidak mungkin kamu datang?" Sekali...

8:22 Maka kata orang-orang Yahudi itu, "Apakah Ia mau bunuh diri dan karena itu dikatakan-Nya: Ke tempat Aku pergi, tidak mungkin kamu datang?"

Sekali lagi mereka tidak mengerti Tuhan Yesus. Nas ini mirip pasal 7:34-35. Dalam nas itu mereka bertanya, "Adakah maksud-Nya untuk pergi kepada mereka yang tinggal di perantauan, di antara orang Yunani, untuk mengajar orang Yunani?" Ke dua paham itu merupakan perkataan (atau nubuatan) yang ironis. Dia tidak akan bunuh diri, tetapi mereka akan membunuh Dia. Dia sendiri tidak akan "pergi kepada mereka yang tinggal di perantauan", tetapi pengikut-pengikut-Nya akan ke sana.

Hagelberg: Yoh 8:22 - -- 8:22 Maka kata orang-orang Yahudi itu, "Apakah Ia mau bunuh diri dan karena itu dikatakan-Nya: Ke tempat Aku pergi, tidak mungkin kamu datang?" Sekali...

8:22 Maka kata orang-orang Yahudi itu, "Apakah Ia mau bunuh diri dan karena itu dikatakan-Nya: Ke tempat Aku pergi, tidak mungkin kamu datang?"

Sekali lagi mereka tidak mengerti Tuhan Yesus. Nas ini mirip pasal 7:34-35. Dalam nas itu mereka bertanya, "Adakah maksud-Nya untuk pergi kepada mereka yang tinggal di perantauan, di antara orang Yunani, untuk mengajar orang Yunani?" Ke dua paham itu merupakan perkataan (atau nubuatan) yang ironis. Dia tidak akan bunuh diri, tetapi mereka akan membunuh Dia. Dia sendiri tidak akan "pergi kepada mereka yang tinggal di perantauan", tetapi pengikut-pengikut-Nya akan ke sana.

Hagelberg: Yoh 8:23 - -- 8:23 Lalu Ia berkata kepada mereka, "Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini. Kesalah pahaman itu diurai...

8:23 Lalu Ia berkata kepada mereka, "Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini.

Kesalah pahaman itu diuraikan dalam ayat ini oleh Tuhan Yesus sendiri. Dia "akan pergi" bukan ke tempat di dunia ini, karena Dia bukan dari dunia ini. Dia lain dari mereka. Mereka berasal dari bawah.

Hagelberg: Yoh 8:23 - -- 8:23 Lalu Ia berkata kepada mereka, "Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini. Kesalah pahaman itu diurai...

8:23 Lalu Ia berkata kepada mereka, "Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini.

Kesalah pahaman itu diuraikan dalam ayat ini oleh Tuhan Yesus sendiri. Dia "akan pergi" bukan ke tempat di dunia ini, karena Dia bukan dari dunia ini. Dia lain dari mereka. Mereka berasal dari bawah.

Hagelberg: Yoh 8:24 - -- 8:24 Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam...

8:24 Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam dosamu."

Oleh karena mereka "berasal dari bawah", maka mereka akan mati dalam dosa mereka. Ada hanya satu jalan keluar dari perkara ini, yaitu mereka harus percaya kepada Tuhan Yesus.

Tuhan Yesus menjelaskan bahwa mereka harus percaya, bahwa Akulah Dia. Ungkapan ini700, yang mengandung nama Yahweh, dapat diartikan "bahwa Aku adalah..." asal dilengkapi dengan suatu predikat yang tercatat jelas, seperti "Aku adalah Roti Hidup" (pasal 6:35), atau dilengkapi dengan suatu predikat yang dapat dimengerti dari konteks, misalnya "Akulah Dia (yaitu Mesias)" dalam pasal 4:26. Dalam ayat ini, pasal 8:24, kita sulit memilih antara terjemahan "bahwa Akulah terang dunia" (berdasarkan pasal 8:12) dan "bahwa Akulah Yahweh" (berdasarkan pemakaian ungkapan ini dalam Yesaya 40-55 dan Keluaran 3:14).

Walaupun sulit memilih antara dua terjemahan tersebut di sini, perkembangan percakapan ini tetap menyatakan bahwa Dia adalah Yahweh.

Jadi, tidak cukup jika manusia hanya percaya bahwa Yesus adalah seorang rabi yang luar biasa, atau seorang nabi yang terkemuka. Manusia harus percaya bahwa Yesus adalah Yahweh, TUHAN Allah yang diceritakan dalam Perjanjian Lama. Dengan iman itu, mereka, dan segala manusia, tidak akan mati dalam dosa mereka.

Hagelberg: Yoh 8:24 - -- 8:24 Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam...

8:24 Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam dosamu."

Oleh karena mereka "berasal dari bawah", maka mereka akan mati dalam dosa mereka. Ada hanya satu jalan keluar dari perkara ini, yaitu mereka harus percaya kepada Tuhan Yesus.

Tuhan Yesus menjelaskan bahwa mereka harus percaya, bahwa Akulah Dia. Ungkapan ini700, yang mengandung nama Yahweh, dapat diartikan "bahwa Aku adalah..." asal dilengkapi dengan suatu predikat yang tercatat jelas, seperti "Aku adalah Roti Hidup" (pasal 6:35), atau dilengkapi dengan suatu predikat yang dapat dimengerti dari konteks, misalnya "Akulah Dia (yaitu Mesias)" dalam pasal 4:26. Dalam ayat ini, pasal 8:24, kita sulit memilih antara terjemahan "bahwa Akulah terang dunia" (berdasarkan pasal 8:12) dan "bahwa Akulah Yahweh" (berdasarkan pemakaian ungkapan ini dalam Yesaya 40-55 dan Keluaran 3:14).

Walaupun sulit memilih antara dua terjemahan tersebut di sini, perkembangan percakapan ini tetap menyatakan bahwa Dia adalah Yahweh.

Jadi, tidak cukup jika manusia hanya percaya bahwa Yesus adalah seorang rabi yang luar biasa, atau seorang nabi yang terkemuka. Manusia harus percaya bahwa Yesus adalah Yahweh, TUHAN Allah yang diceritakan dalam Perjanjian Lama. Dengan iman itu, mereka, dan segala manusia, tidak akan mati dalam dosa mereka.

Hagelberg: Yoh 8:25 - -- 8:25 Maka kata mereka kepada-Nya, "Siapakah Engkau?" Jawab Yesus kepada mereka, "Apa yang Kukatakan kepadamu pada mulanya."701 Mereka bingung. Mereka ...

8:25 Maka kata mereka kepada-Nya, "Siapakah Engkau?" Jawab Yesus kepada mereka, "Apa yang Kukatakan kepadamu pada mulanya."701

Mereka bingung. Mereka yakin bahwa Dia bukan Yahweh, jadi mereka tidak menerima arti itu, tetapi jika itu bukan maksud-Nya, siapakah Dia? Pertanyaan mereka merupakan suatu pertanyaan yang amat penting.

Dengan suatu kalimat yang sulti diterjemahkan, Tuhan Yesus menjawab bahwa pernyataan-Nya konsisten sejak semula.

Hagelberg: Yoh 8:25 - -- 8:25 Maka kata mereka kepada-Nya, "Siapakah Engkau?" Jawab Yesus kepada mereka, "Apa yang Kukatakan kepadamu pada mulanya."701 Mereka bingung. Mereka ...

8:25 Maka kata mereka kepada-Nya, "Siapakah Engkau?" Jawab Yesus kepada mereka, "Apa yang Kukatakan kepadamu pada mulanya."701

Mereka bingung. Mereka yakin bahwa Dia bukan Yahweh, jadi mereka tidak menerima arti itu, tetapi jika itu bukan maksud-Nya, siapakah Dia? Pertanyaan mereka merupakan suatu pertanyaan yang amat penting.

Dengan suatu kalimat yang sulti diterjemahkan, Tuhan Yesus menjawab bahwa pernyataan-Nya konsisten sejak semula.

Hagelberg: Yoh 8:26 - -- 8:26 Banyak yang harus Kukatakan dan Kuhakimi tentang kamu;702 akan tetapi Dia, yang mengutus Aku, adalah benar, dan apa yang Kudengar dari pada-Nya, ...

8:26 Banyak yang harus Kukatakan dan Kuhakimi tentang kamu;702 akan tetapi Dia, yang mengutus Aku, adalah benar, dan apa yang Kudengar dari pada-Nya, itu yang Kukatakan kepada dunia."

Sebagai Dia yang datang untuk menyatakan Allah Bapa (sesuai dengan pasal 1:18) dan bercahaya di dalam kegelapan (pasal 1:5), Dia masih harus mengatakan banyak kepada mereka. Karena mereka begitu gelap, perkataan itu merupakan penghukuman.

Untuk menegaskan bahwa Dia tidak berbicara dari diri-Nya sendiri, tetapi dari Allah Bapa, Dia memakai ungkapan akan tetapi.703

Hagelberg: Yoh 8:26 - -- 8:26 Banyak yang harus Kukatakan dan Kuhakimi tentang kamu;702 akan tetapi Dia, yang mengutus Aku, adalah benar, dan apa yang Kudengar dari pada-Nya, ...

8:26 Banyak yang harus Kukatakan dan Kuhakimi tentang kamu;702 akan tetapi Dia, yang mengutus Aku, adalah benar, dan apa yang Kudengar dari pada-Nya, itu yang Kukatakan kepada dunia."

Sebagai Dia yang datang untuk menyatakan Allah Bapa (sesuai dengan pasal 1:18) dan bercahaya di dalam kegelapan (pasal 1:5), Dia masih harus mengatakan banyak kepada mereka. Karena mereka begitu gelap, perkataan itu merupakan penghukuman.

Untuk menegaskan bahwa Dia tidak berbicara dari diri-Nya sendiri, tetapi dari Allah Bapa, Dia memakai ungkapan akan tetapi.703

Hagelberg: Yoh 8:27 - -- 8:27 Mereka tidak mengerti, bahwa Ia berbicara kepada mereka tentang Bapa. Sesuai dengan pola Rasul Yohanes, dia menjelaskan kepada para pembaca sesua...

8:27 Mereka tidak mengerti, bahwa Ia berbicara kepada mereka tentang Bapa.

Sesuai dengan pola Rasul Yohanes, dia menjelaskan kepada para pembaca sesuatu yang menolong kita untuk memahami perkembangan percakapan.

Hagelberg: Yoh 8:27 - -- 8:27 Mereka tidak mengerti, bahwa Ia berbicara kepada mereka tentang Bapa. Sesuai dengan pola Rasul Yohanes, dia menjelaskan kepada para pembaca sesua...

8:27 Mereka tidak mengerti, bahwa Ia berbicara kepada mereka tentang Bapa.

Sesuai dengan pola Rasul Yohanes, dia menjelaskan kepada para pembaca sesuatu yang menolong kita untuk memahami perkembangan percakapan.

Hagelberg: Yoh 8:28 - -- 8:28 Maka kata Yesus, "Apabila kamu telah meninggikan704 Anak Manusia, barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia,705 dan bahwa706 Aku tidak berbuat apa-apa ...

8:28 Maka kata Yesus, "Apabila kamu telah meninggikan704 Anak Manusia, barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia,705 dan bahwa706 Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa kepada-Ku.

Mereka akan meninggikan Dia, dengan dua arti. Mereka akan menyalibkan Dia, dan pada saat yang sama mereka akan menempatkan Dia di tempat yang paling tinggi, mulia, dan agung, karena di situ Dia menyatakan kasih yang sempurnya.

Tuhan Yesus tidak mengatakan bahwa semua mereka yang menyalibkan Dia akan percaya bahwa Dia melakukan kehendak Allah. Tampaknya ayat ini mempunyai dua arti. Pertama, bahwa oleh karena salib-Nya, akan ada di antara mereka, orang-orang tertentu yang akan percaya. Bagi mereka yang tidak pernah percaya, harinya akan tiba, di mana mereka pun akan bertekuk lutut dan mengaku bahwa Dia yang telah mereka salibkan adalah Tuhan.707 Kedua, bahwa mereka hanya dapat memahami jawaban yang tepat buat pertanyaan mereka ("Siapakah Engkau?), jika mereka meninggikan (dengan arti menyanjung) Dia.

Hagelberg: Yoh 8:28 - -- 8:28 Maka kata Yesus, "Apabila kamu telah meninggikan704 Anak Manusia, barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia,705 dan bahwa706 Aku tidak berbuat apa-apa ...

8:28 Maka kata Yesus, "Apabila kamu telah meninggikan704 Anak Manusia, barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia,705 dan bahwa706 Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa kepada-Ku.

Mereka akan meninggikan Dia, dengan dua arti. Mereka akan menyalibkan Dia, dan pada saat yang sama mereka akan menempatkan Dia di tempat yang paling tinggi, mulia, dan agung, karena di situ Dia menyatakan kasih yang sempurnya.

Tuhan Yesus tidak mengatakan bahwa semua mereka yang menyalibkan Dia akan percaya bahwa Dia melakukan kehendak Allah. Tampaknya ayat ini mempunyai dua arti. Pertama, bahwa oleh karena salib-Nya, akan ada di antara mereka, orang-orang tertentu yang akan percaya. Bagi mereka yang tidak pernah percaya, harinya akan tiba, di mana mereka pun akan bertekuk lutut dan mengaku bahwa Dia yang telah mereka salibkan adalah Tuhan.707 Kedua, bahwa mereka hanya dapat memahami jawaban yang tepat buat pertanyaan mereka ("Siapakah Engkau?), jika mereka meninggikan (dengan arti menyanjung) Dia.

Hagelberg: Yoh 8:29 - -- 8:29 Dan Ia, yang telah mengutus Aku, Ia menyertai Aku. Ia tidak membiarkan Aku sendiri, sebab Aku senantiasa berbuat apa yang berkenan kepada-Nya." T...

8:29 Dan Ia, yang telah mengutus Aku, Ia menyertai Aku. Ia tidak membiarkan Aku sendiri, sebab Aku senantiasa berbuat apa yang berkenan kepada-Nya."

Tema ini, rasa penyertaan Allah atau kehadiran Allah yang dinikmati oleh Tuhan Yesus, merupakan suatu tema yang amat penting bagi Tuhan Yesus, dan juga bagi Rasul Yohanes. Demikian juga tema ketaatan Tuhan Yesus pada kehendak Allah. Dua tema tersebut tidak dapat dipisahkan. Dia menikmati pesertaan Allah oleh karena Dia melakukan kehendak Allah. Tema yang sama dikembangkan oleh Rasul Yohanes dalam Surat Yohanes yang Pertama. Di situ dia menguraikan bagaimana kita dapat menikmati rasa penyertaan Allah, atau dengan kata lain, persekutan dengan Allah.

Hagelberg: Yoh 8:29 - -- 8:29 Dan Ia, yang telah mengutus Aku, Ia menyertai Aku. Ia tidak membiarkan Aku sendiri, sebab Aku senantiasa berbuat apa yang berkenan kepada-Nya." T...

8:29 Dan Ia, yang telah mengutus Aku, Ia menyertai Aku. Ia tidak membiarkan Aku sendiri, sebab Aku senantiasa berbuat apa yang berkenan kepada-Nya."

Tema ini, rasa penyertaan Allah atau kehadiran Allah yang dinikmati oleh Tuhan Yesus, merupakan suatu tema yang amat penting bagi Tuhan Yesus, dan juga bagi Rasul Yohanes. Demikian juga tema ketaatan Tuhan Yesus pada kehendak Allah. Dua tema tersebut tidak dapat dipisahkan. Dia menikmati pesertaan Allah oleh karena Dia melakukan kehendak Allah. Tema yang sama dikembangkan oleh Rasul Yohanes dalam Surat Yohanes yang Pertama. Di situ dia menguraikan bagaimana kita dapat menikmati rasa penyertaan Allah, atau dengan kata lain, persekutan dengan Allah.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yoh 8:1-11 - Perempuan yang Kedapatan Berbuat Zinah Dalam pasal ini diceritakan tentang: I. Tindakan Kristus untuk men...

Matthew Henry: Yoh 8:12-20 - Yesus Adalah Terang Dunia; Keabsahan Kesaksian Yesus tentang Diri-Nya Yesus Adalah Terang Dunia; Keabsahan Kesaksian Yesus tentang Diri-Nya (8:12-20...

Matthew Henry: Yoh 8:21-30 - Yesus Menubuatkan Kembalinya Dia kepada Bapa Yesus Menubuatkan Kembalinya Dia kepada Bapa (8:21-30) ...

SH: Yoh 8:1-11 - Upaya menjebak Yesus gagal (Rabu, 16 Januari 2002) Upaya menjebak Yesus gagal Upaya menjebak Yesus gagal. Pemimpin-pemimpin agama tetap menolak untuk percay...

SH: Yoh 7:53--8:11 - Adakah orang yang tidak berdosa? (Senin, 18 Januari 1999) Adakah orang yang tidak berdosa? Adakah orang yang tidak berdosa? Usaha orang Farisi untuk mencelakaka...

SH: Yoh 7:53--8:11 - Belas kasih bukan hukuman (Sabtu, 21 Januari 2006) Belas kasih bukan hukuman Judul: Belas kasih bukan hukuman Gagal menangkap Tuhan Yesus dari sisi p...

SH: Yoh 7:53--8:11 - Pengampunan dan pertobatan (Minggu, 10 Februari 2008) Pengampunan dan pertobatan Judul : Pengampunan dan pertobatan Karena masih diburu oleh keinginan untuk men...

SH: Yoh 7:53--8:11 - Bersediakah seperti Yesus? (Selasa, 21 Januari 2014) Bersediakah seperti Yesus? Judul: Bersediakah seperti Yesus? Ketika Yesus mengajar di Bait Allah, para...

SH: Yoh 7:53--8:11 - Yesus dan Musa (Sabtu, 18 Januari 2020) Yesus dan Musa Ketidaksukaan para pemuka agama terhadap Yesus masih berlanjut, sekalipun Hari Raya Pondok Daun su...

SH: Yoh 8:12-29 - Terang dunia (Selasa, 19 Januari 1999) Terang dunia Terang dunia. Kebanyakan orang telah mengenal arti kata "terang." Tanpa "terang" manu...

SH: Yoh 8:12-29 - Terang dunia (Senin, 11 Februari 2008) Terang dunia Judul : Terang dunia Apa gunanya terang bagi dunia? Terang berfungsi memberi cahaya pada ...

SH: Yoh 8:12-29 - Menerima atau menolak Kristus? (Rabu, 22 Januari 2014) Menerima atau menolak Kristus? Judul: Menerima atau menolak Kristus? Bila seorang kenalan bercerita ba...

SH: Yoh 8:12-20 - Status Yesus dan Bapa (Kamis, 17 Januari 2002) Status Yesus dan Bapa Status Yesus dan Bapa. Tuhan Yesus melanjutkan kesaksian-Nya dengan menyatakan bahw...

SH: Yoh 8:12-20 - Terang Dunia (Minggu, 22 Januari 2006) Terang Dunia Judul: Terang Dunia Perayaan Pondok Daun mengingatkan umat Israel saat mereka melewat...

SH: Yoh 8:12-20 - Melihat Terang (Minggu, 19 Januari 2020) Melihat Terang Bayangkan jika tidak ada terang. Gelap! Pasti tidak ada kehidupan. Adanya terang memampukan orang ...

SH: Yoh 8:12 - Yesus terang dunia (Sabtu, 6 Maret 2010) Yesus terang dunia Judul: Yesus terang dunia Bagaimanakah suasana hati kebanyakan orang hari-hari ini ...

SH: Yoh 8:21-36 - Hanya Yesus yang dapat mengatasi masalah dosa (Jumat, 18 Januari 2002) Hanya Yesus yang dapat mengatasi masalah dosa Hanya Yesus yang dapat mengatasi masalah dosa. Kepada orang...

SH: Yoh 8:21-29 - Yesus: jalan kepada Bapa (Senin, 23 Januari 2006) Yesus: jalan kepada Bapa Judul: Yesus: jalan kepada Bapa Hanya Tuhan Yesus yang dapat menyelamatka...

SH: Yoh 8:21-29 - Sungguh-sungguh Percaya (Senin, 20 Januari 2020) Sungguh-sungguh Percaya Percaya kepada Yesus sebagai Tuhan adalah tahap lanjutan dari mengenal pribadi Yesus. Ora...

Utley: Yoh 8:12-20 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 8:12-20...

Utley: Yoh 8:21-30 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 8:21-30...

Topik Teologia: Yoh 8:1 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Intelektual Manusia Yesus Berpengetahuan Luas ...

Topik Teologia: Yoh 8:2 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus ...

Topik Teologia: Yoh 8:7 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Intelektual Manusia Yesus Berpengetahuan Luas ...

Topik Teologia: Yoh 8:9 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Intelektual Manusia Yesus Berpengetahuan Luas ...

Topik Teologia: Yoh 8:11 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Intelektual Manusia Yesus Berpengetahuan Luas ...

Topik Teologia: Yoh 8:12 - -- Yesus Kristus Kandil Emas Kel 25:31 ...

Topik Teologia: Yoh 8:14 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Moral Manusia Yesus Konsisten Dia Dapat Dip...

Topik Teologia: Yoh 8:15 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Me...

Topik Teologia: Yoh 8:16 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Me...

Topik Teologia: Yoh 8:17 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus ...

Topik Teologia: Yoh 8:19 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Dosa Dosa-dosa Terhadap Allah Dosa-dosa Ketidakpercayaan ...

Topik Teologia: Yoh 8:23 - -- Yesus Kristus Yesus Mengklaim Menentukan Otoritas Kekal atas Manusia ...

Topik Teologia: Yoh 8:24 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Manusia Yesus ...

Topik Teologia: Yoh 8:26 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Kebenaran Bil 23:1...

Topik Teologia: Yoh 8:28 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Kebapaan Allah Allah sebagai Bapa Yesus Kristus ...

Topik Teologia: Yoh 8:29 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Ketidakberdosaan Yesus Mat 27:3...

TFTWMS: Yoh 8:1-11 - Akupun Tidak Menghukum Engkau "AKUPUN TIDAK MENGHUKUM ENGKAU" (Yohanes 8:1-11) Dalam ke...

TFTWMS: Yoh 8:12-59 - Akulah "AKULAH" (Yohanes 8:12-59) Baru-baru ini saya mulai mempe...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah Tanggal Penulisan: 80-95 M...

Full Life: Yohanes (Garis Besar) Garis Besar Prolog tentang Logos (Yoh 1:1-18)...

Matthew Henry: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Kita tidak sedang membahas kapan dan di mana Injil ini dituliskan. Kita yakin Injil ini diberikan melalui inspirasi Allah kepada Yohanes, saudara Y...

Jerusalem: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INJIL YOHANES PENGANTAR INJIL YOHANES DAN SURAT-SURAT YOHANES Injil Yoh...

Ende: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN JOANES KATA PENGANTAR Karangan Indjil ini biasa disebut "Indjil keempat". Menurut riwajat...

Hagelberg: Yohanes (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Prakata Pendahuluan Injil Yohanes dapat diumpamakan sebagai sebuah kolam yang b...

Hagelberg: Yohanes (Garis Besar) GARIS BESAR I. KATA PENGANTAR (1:1-18...

Hagelberg: Yohanes DAFTAR PUSTAKA Daftar Kepustakaan Barrett, C. K., The Gospel According to St. John, an Introduction with C...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (YOHANES 8:1-11) Kisah dalam ...

TFTWMS: Yohanes (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Seperti halnya kebanyakan terjemahan moderen, NASB menempatkan ...

TFTWMS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (YOHANES 8:12-59) Apakah arti semua ini bagi kita di zam...

TFTWMS: Yohanes (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Josh McDowell, More Than a Carpenter (Wheaton, Ill.: Living Books, 1977), 25. ...

BIS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES PENGANTAR Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus d...

Ajaran: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusi...

Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Firman Allah terakhir kepada manusia INJIL YANG BERBEDA.Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan p...

Garis Besar Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #02: Coba gunakan wildcards "*" atau "?" untuk hasil pencarian yang leb?h bai*. [SEMUA]
dibuat dalam 0.31 detik
dipersembahkan oleh YLSA