kecilkan semua  

Teks -- Yohanes 20:1-10 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Kebangkitan Yesus
20:1 Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur. 20:2 Ia berlari-lari mendapatkan Simon Petrus dan murid yang lain yang dikasihi Yesus, dan berkata kepada mereka: "Tuhan telah diambil orang dari kuburnya dan kami tidak tahu di mana Ia diletakkan." 20:3 Maka berangkatlah Petrus dan murid yang lain itu ke kubur. 20:4 Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat dari pada Petrus sehingga lebih dahulu sampai di kubur. 20:5 Ia menjenguk ke dalam, dan melihat kain kapan terletak di tanah; akan tetapi ia tidak masuk ke dalam. 20:6 Maka datanglah Simon Petrus juga menyusul dia dan masuk ke dalam kubur itu. Ia melihat kain kapan terletak di tanah, 20:7 sedang kain peluh yang tadinya ada di kepala Yesus tidak terletak dekat kain kapan itu, tetapi agak di samping di tempat yang lain dan sudah tergulung. 20:8 Maka masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu dan ia melihatnya dan percaya. 20:9 Sebab selama itu mereka belum mengerti isi Kitab Suci yang mengatakan, bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati. 20:10 Lalu pulanglah kedua murid itu ke rumah.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Magdalena a person (woman) from Magdala
 · Maria mother of Jesus and wife of Joseph,a woman from Magdala in Galilee,the mother of James and Joses,the wife of Cleophas,the sister of Lazarus and Martha in Bethany,the mother of John Mark who was a nephew of Barnabas,a Christian woman in Rome who helped Paul
 · Petrus a man who was a leader among the twelve apostles and wrote the two epistles of Peter
 · Simon a son of Jonas and brother of Andrew; an apostle of Jesus Christ,a man who was one of the apostles of Christ and also called 'the Zealot',a brother of Jesus,a man who was a well-know victim of leprosy who had been healed by Jesus (NIV note),a man from Cyrene who was forced to carry the cross of Jesus,a Pharisee man in whose house Jesus' feet were washed with tears and anointed,the father of Judas Iscariot,a man who was a sorcerer in Samaria and who wanted to buy the gifts of the Spirit,a man who was a tanner at Joppa and with whom Peter was staying when Cornelius sent for him
 · Yunus a son of Amittai; the prophet God sent to Nineveh,the prophet who was swallowed by the great fish; son of Amittai


Topik/Tema Kamus: Maria | Yesus | Yesus Kristus | Magdalena | Yohanes, Injil | Petrus | Makam Suci | Bangkit, Kebangkitan Kristus | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yoh 20:9 - IA HARUS BANGKIT. Nas : Yoh 20:9 Lihat cat. --> Mat 28:6 [atau ref. Mat 28:6] mengenai pentingnya kebangkitan Kristus dan lihat cat. --> Lu...

Nas : Yoh 20:9

Lihat cat. --> Mat 28:6

[atau ref. Mat 28:6]

mengenai pentingnya kebangkitan Kristus dan

lihat cat. --> Luk 24:6

[atau ref. Luk 24:6]

mengenai penegasan kebangkitan-Nya itu.

Jerusalem: Yoh 20:1 - hari pertama Hari ini kemudian menjadi "hari Tuhan", hari Minggu orang-orang Kristen; bdk Wah 1:10.

Hari ini kemudian menjadi "hari Tuhan", hari Minggu orang-orang Kristen; bdk Wah 1:10.

Jerusalem: Yoh 20:5 - ia tidak masuk Murid itu menerima bahwa Petrus patut didahulukan. Bdk Yoh 21:15-17.

Murid itu menerima bahwa Petrus patut didahulukan. Bdk Yoh 21:15-17.

Jerusalem: Yoh 20:9 - Kitab Suci Penginjil tidak mengutip satu ayatpun dari Kitab Suci. Dengan jalan itu ditekankan bahwa kendati Kitab Suci itu murid-murid sama sekali tidak siap unt...

Penginjil tidak mengutip satu ayatpun dari Kitab Suci. Dengan jalan itu ditekankan bahwa kendati Kitab Suci itu murid-murid sama sekali tidak siap untuk menerima pewahyuan Paskah. Bdk Luk 24:27,32,44-45.

Ende: Yoh 20:2 - Kami Maria Magdalena bukan sendirian. Lih. Mat 28:1; Mar 16:1 dan Luk 23:55-24:1.

Maria Magdalena bukan sendirian. Lih. Mat 28:1; Mar 16:1 dan Luk 23:55-24:1.

Ref. Silang FULL: Yoh 20:1 - Maria Magdalena // dari kubur · Maria Magdalena: Yoh 20:18; Luk 8:2; Yoh 19:25 · dari kubur: Mat 27:60,66

· Maria Magdalena: Yoh 20:18; Luk 8:2; Yoh 19:25

· dari kubur: Mat 27:60,66

Ref. Silang FULL: Yoh 20:2 - yang dikasihi // Ia diletakkan · yang dikasihi: Yoh 13:23; Yoh 13:23 · Ia diletakkan: Yoh 20:13

· yang dikasihi: Yoh 13:23; [Lihat FULL. Yoh 13:23]

· Ia diletakkan: Yoh 20:13

Ref. Silang FULL: Yoh 20:3 - ke kubur · ke kubur: Luk 24:12

· ke kubur: Luk 24:12

Ref. Silang FULL: Yoh 20:5 - dan melihat // kain kapan · dan melihat: Yoh 20:11 · kain kapan: Yoh 19:40; Yoh 19:40

· dan melihat: Yoh 20:11

· kain kapan: Yoh 19:40; [Lihat FULL. Yoh 19:40]

Ref. Silang FULL: Yoh 20:7 - di kepala · di kepala: Yoh 11:44

· di kepala: Yoh 11:44

Ref. Silang FULL: Yoh 20:8 - kubur itu · kubur itu: Yoh 20:4

· kubur itu: Yoh 20:4

Ref. Silang FULL: Yoh 20:9 - Kitab Suci // orang mati · Kitab Suci: Mat 22:29; Yoh 2:22 · orang mati: Luk 24:26,46; Kis 2:24

· Kitab Suci: Mat 22:29; Yoh 2:22

· orang mati: Luk 24:26,46; Kis 2:24

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Yoh 20:1 - -- 20:1 Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diam...

20:1 Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur.

Ketiga Injil Sinoptik menceritakan bahwa beberapa ibu pergi ke kubur itu, tetapi Yohanes hanya menceritakan mengenai Maria Magdalena. Mungkin kisah Yohanes terfokus pada Maria Magdalena sebagai persiapan pada percakapan Maria Magdalena dan Tuhan Yesus dalam ayat 11-18.1364

Yohanes tidak menceritakan batu itu dalam kisah penguburan Tuhan Yesus, ataupun bagaimana caranya batu itu diambil. Tampaknya Yohanes menduga bahwa para pembaca telah membaca salah satu Injil Sinoptik.1365 Dia juga tidak menyebutkan penjaga-penjaga yang diceritakan oleh Matius.

Hagelberg: Yoh 20:1-9 - -- 1. Petrus dan Yohanes di kuburan yang kosong (20:1-9) Walaupun keempat Injil menceritakan aspek-aspek yang lain dalam kisah kebangkitan Tuhan Yesus, k...

1. Petrus dan Yohanes di kuburan yang kosong (20:1-9)

Walaupun keempat Injil menceritakan aspek-aspek yang lain dalam kisah kebangkitan Tuhan Yesus, keempat Injil sama-sama menekankan bahwa kubur Tuhan Yesus adalah kosong. Tidak ada mayat lagi, karena Dia sungguh-sungguh bangkit dari kematian.

Hagelberg: Yoh 20:1 - -- 20:1 Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diam...

20:1 Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur.

Ketiga Injil Sinoptik menceritakan bahwa beberapa ibu pergi ke kubur itu, tetapi Yohanes hanya menceritakan mengenai Maria Magdalena. Mungkin kisah Yohanes terfokus pada Maria Magdalena sebagai persiapan pada percakapan Maria Magdalena dan Tuhan Yesus dalam ayat 11-18.1364

Yohanes tidak menceritakan batu itu dalam kisah penguburan Tuhan Yesus, ataupun bagaimana caranya batu itu diambil. Tampaknya Yohanes menduga bahwa para pembaca telah membaca salah satu Injil Sinoptik.1365 Dia juga tidak menyebutkan penjaga-penjaga yang diceritakan oleh Matius.

Hagelberg: Yoh 20:1-31 - -- F. Kebangkitan Yesus (20:1-31)

F. Kebangkitan Yesus (20:1-31)

Hagelberg: Yoh 13:1--20:31 - -- IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31) Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah b...

IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)

Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah berakhir. Dia meninggalkan orang banyak, dan Dia memperhatikan murid-murid-Nya. Tema kematian-Nya semakin jelas dalam perkataan-Nya kepada mereka.

Hagelberg: Yoh 20:2 - -- 20:2 Ia berlari-lari mendapatkan Simon Petrus dan murid yang lain yang dikasihi1366 Yesus,1367 dan berkata kepada mereka, "Tuan1368 telah diambil oran...

20:2 Ia berlari-lari mendapatkan Simon Petrus dan murid yang lain yang dikasihi1366 Yesus,1367 dan berkata kepada mereka, "Tuan1368 telah diambil orang dari kuburnya dan kami tidak tahu di mana Ia diletakkan."

Maria Magdalena tidak menduga bahwa Dia bangkit, demikian juga Petrus dalam ayat 6-7. Tampaknya kengerian penyaliban Tuhan Yesus begitu mengesankan hati mereka, sehingga mereka tidak dapat mengingat nubutan yang telah Dia ucapkan mengenai kebangkitan-Nya.

Begitu banyak mayat dicuri dari kuburan pada zaman itu, sehingga Kaisar Claudius, yang bertahkta dari tahun 41-54 M., mengeluarkan sebuah titah yang mewajibkan hukuman maut bagi orang yang merusak kubur, mencuri mayat, atau membuka segel di batu penutup kubur.1369 Dalam budaya mereka, orang harus dikuburkan secara layak. Maria tidak mau membayangkan buruknya kalau mayat Tuhan Yesus diambil oleh musuh.

Hagelberg: Yoh 20:2 - -- 20:2 Ia berlari-lari mendapatkan Simon Petrus dan murid yang lain yang dikasihi1366 Yesus,1367 dan berkata kepada mereka, "Tuan1368 telah diambil oran...

20:2 Ia berlari-lari mendapatkan Simon Petrus dan murid yang lain yang dikasihi1366 Yesus,1367 dan berkata kepada mereka, "Tuan1368 telah diambil orang dari kuburnya dan kami tidak tahu di mana Ia diletakkan."

Maria Magdalena tidak menduga bahwa Dia bangkit, demikian juga Petrus dalam ayat 6-7. Tampaknya kengerian penyaliban Tuhan Yesus begitu mengesankan hati mereka, sehingga mereka tidak dapat mengingat nubutan yang telah Dia ucapkan mengenai kebangkitan-Nya.

Begitu banyak mayat dicuri dari kuburan pada zaman itu, sehingga Kaisar Claudius, yang bertahkta dari tahun 41-54 M., mengeluarkan sebuah titah yang mewajibkan hukuman maut bagi orang yang merusak kubur, mencuri mayat, atau membuka segel di batu penutup kubur.1369 Dalam budaya mereka, orang harus dikuburkan secara layak. Maria tidak mau membayangkan buruknya kalau mayat Tuhan Yesus diambil oleh musuh.

Hagelberg: Yoh 20:3 - -- 20:3 Maka berangkatlah Petrus dan murid yang lain itu ke kubur. Ayat ini memberi kesan bahwa mereka segera berangkat.1370

20:3 Maka berangkatlah Petrus dan murid yang lain itu ke kubur.

Ayat ini memberi kesan bahwa mereka segera berangkat.1370

Hagelberg: Yoh 20:3 - -- 20:3 Maka berangkatlah Petrus dan murid yang lain itu ke kubur. Ayat ini memberi kesan bahwa mereka segera berangkat.1370

20:3 Maka berangkatlah Petrus dan murid yang lain itu ke kubur.

Ayat ini memberi kesan bahwa mereka segera berangkat.1370

Hagelberg: Yoh 20:4 - -- 20:4 Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat dari pada Petrus sehingga lebih dahulu sampai di kubur. Mungkin Yoh...

20:4 Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat dari pada Petrus sehingga lebih dahulu sampai di kubur.

Mungkin Yohanes lebih muda, tetapi hal itu tidak dapat dipastikan.

Hagelberg: Yoh 20:4 - -- 20:4 Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat dari pada Petrus sehingga lebih dahulu sampai di kubur. Mungkin Yoh...

20:4 Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat dari pada Petrus sehingga lebih dahulu sampai di kubur.

Mungkin Yohanes lebih muda, tetapi hal itu tidak dapat dipastikan.

Hagelberg: Yoh 20:5 - -- 20:5 Ia menjenguk1371 ke dalam,1372 dan melihat kain kapan1373 terletak di sana;1374 akan tetapi ia tidak masuk ke dalam. Di pintu kubur Tuhan Yesus, ...

20:5 Ia menjenguk1371 ke dalam,1372 dan melihat kain kapan1373 terletak di sana;1374 akan tetapi ia tidak masuk ke dalam.

Di pintu kubur Tuhan Yesus, Yohanes ragu-ragu atau bingung. Dia tidak menjelaskan sebabnya, tetapi sikap itu dapat dimaklumi. Mungkin dia takut masih ada orang jahat yang menyembunyikan diri di dalamnya. Mungkin dia takut masuk kubur orang.

Hagelberg: Yoh 20:5 - -- 20:5 Ia menjenguk1371 ke dalam,1372 dan melihat kain kapan1373 terletak di sana;1374 akan tetapi ia tidak masuk ke dalam. Di pintu kubur Tuhan Yesus, ...

20:5 Ia menjenguk1371 ke dalam,1372 dan melihat kain kapan1373 terletak di sana;1374 akan tetapi ia tidak masuk ke dalam.

Di pintu kubur Tuhan Yesus, Yohanes ragu-ragu atau bingung. Dia tidak menjelaskan sebabnya, tetapi sikap itu dapat dimaklumi. Mungkin dia takut masih ada orang jahat yang menyembunyikan diri di dalamnya. Mungkin dia takut masuk kubur orang.

Hagelberg: Yoh 20:6 - -- 20:6 Maka datanglah Simon Petrus juga menyusul dia dan masuk ke dalam kubur itu. Ia melihat kain kapan terletak di sana, Sesuai dengan sifatnya, Simon...

20:6 Maka datanglah Simon Petrus juga menyusul dia dan masuk ke dalam kubur itu. Ia melihat kain kapan terletak di sana,

Sesuai dengan sifatnya, Simon Petrus tidak takut. Sama seperti Yohanes di luar, di dalam Petrus dapat melihat kain kapan itu. Dalam Lukas 24:12 kita membaca bahwa dia melihat kain kapan itu. Kemudian dia pergi, dan "bertanya dalam hatinya apa yang kiranya telah terjadi."

Hagelberg: Yoh 20:6 - -- 20:6 Maka datanglah Simon Petrus juga menyusul dia dan masuk ke dalam kubur itu. Ia melihat kain kapan terletak di sana, Sesuai dengan sifatnya, Simon...

20:6 Maka datanglah Simon Petrus juga menyusul dia dan masuk ke dalam kubur itu. Ia melihat kain kapan terletak di sana,

Sesuai dengan sifatnya, Simon Petrus tidak takut. Sama seperti Yohanes di luar, di dalam Petrus dapat melihat kain kapan itu. Dalam Lukas 24:12 kita membaca bahwa dia melihat kain kapan itu. Kemudian dia pergi, dan "bertanya dalam hatinya apa yang kiranya telah terjadi."

Hagelberg: Yoh 20:7 - -- 20:7 sedang kain peluh1375 yang tadinya ada di kepala Yesus tidak terletak dekat kain kapan itu, tetapi agak di samping di tempat yang lain dan sudah ...

20:7 sedang kain peluh1375 yang tadinya ada di kepala Yesus tidak terletak dekat kain kapan itu, tetapi agak di samping di tempat yang lain dan sudah tergulung.

Tampaknya rincian-rincian ini mengenai letaknya kedua kain itu penting bagi Yohanes, tetapi dia tidak menjelaskan kepentingan itu. Mungkin dia hanya hendak melaporkan secara rinci apa yang dia sendiri lihat di kubur kosong itu, karena kepentingan kebangkitan Kristus dan kesaksian.

Mungkin kain peluh dan kain kapan masih berada dalam bentuk dan tempat yang semula, dan tidak berubah bentuk ataupun tempat pada waktu Tuhan Yesus bangkit dari dalamnya, tetapi ayat 6-7 tidak mengatakan hal itu dengan jelas.

Apa yang dilihat oleh Simon Petrus membuktikan bahwa mayat Tuhan Yesus tidak dicuri. Pencuri-pencuri tidak meninggalkan kain peluh ataupun kain kapan rapih tergulung.1376 Keadaan ini juga dapat dibandingkan dengan kebangkitan Lazarus, yang masih terikat dengan kain kapan. Lazarus bangkit, tetapi harus mati lagi. Kebangkitan Tuhan Yesus berbeda. Pada waktu Tuhan Yesus bangkit, Dia mempunyai tubuh kebangkitan, dan tidak akan mengalami maut lagi. Lazarus perlu ditolong untuk keluar dari kain kapan itu, tetapi Tuhan Yesus tidak perlu pertolongan orang lain. Tampaknya Dia membuka kain peluh yang tadinya ada di kepala, melipat atau menggulungkannya, dan menaruhnya di bangku, karena tidak diperlukan lagi.

Hagelberg: Yoh 20:7 - -- 20:7 sedang kain peluh1375 yang tadinya ada di kepala Yesus tidak terletak dekat kain kapan itu, tetapi agak di samping di tempat yang lain dan sudah ...

20:7 sedang kain peluh1375 yang tadinya ada di kepala Yesus tidak terletak dekat kain kapan itu, tetapi agak di samping di tempat yang lain dan sudah tergulung.

Tampaknya rincian-rincian ini mengenai letaknya kedua kain itu penting bagi Yohanes, tetapi dia tidak menjelaskan kepentingan itu. Mungkin dia hanya hendak melaporkan secara rinci apa yang dia sendiri lihat di kubur kosong itu, karena kepentingan kebangkitan Kristus dan kesaksian.

Mungkin kain peluh dan kain kapan masih berada dalam bentuk dan tempat yang semula, dan tidak berubah bentuk ataupun tempat pada waktu Tuhan Yesus bangkit dari dalamnya, tetapi ayat 6-7 tidak mengatakan hal itu dengan jelas.

Apa yang dilihat oleh Simon Petrus membuktikan bahwa mayat Tuhan Yesus tidak dicuri. Pencuri-pencuri tidak meninggalkan kain peluh ataupun kain kapan rapih tergulung.1376 Keadaan ini juga dapat dibandingkan dengan kebangkitan Lazarus, yang masih terikat dengan kain kapan. Lazarus bangkit, tetapi harus mati lagi. Kebangkitan Tuhan Yesus berbeda. Pada waktu Tuhan Yesus bangkit, Dia mempunyai tubuh kebangkitan, dan tidak akan mengalami maut lagi. Lazarus perlu ditolong untuk keluar dari kain kapan itu, tetapi Tuhan Yesus tidak perlu pertolongan orang lain. Tampaknya Dia membuka kain peluh yang tadinya ada di kepala, melipat atau menggulungkannya, dan menaruhnya di bangku, karena tidak diperlukan lagi.

Hagelberg: Yoh 20:8 - -- 20:8 Maka masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu dan ia melihatnya dan percaya. Dia yang lebih cepat berlari, lebih pela...

20:8 Maka masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu dan ia melihatnya dan percaya.

Dia yang lebih cepat berlari, lebih pelan memasuki kubur, juga lebih cepat percaya. Yohanes menceritakan keadaan hati sendirinya. Dia mengerti secara persis kapan dia percaya. Dia percaya bahwa Tuhan Yesus tidak dimusnahkan di kayu salib, dan bahwa Dia bangkit dan mengalahkan maut.1377 Pada saat itu dia mengerti bahwa apa yang tampaknya merupakan akhir kisah sebenarnya menjadi permulaan dari kisah Tuhan Yesus dan Kerajaan-Nya.

Dapat dikatakan bahwa dalam seluruh Injil Yohanes hanya dalam satu ayat ini Yohanes bermegah. Dia bermegah bahwa dia yang pertama untuk sadar, mengerti, dan percaya bahwa Tuhan Yesus bangkit. Kemegahan itu dapat dimaklumi mengingat Yeremia 9:24 yang berkata, "tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut: bahwa ia memahami dan mengenal Aku...." Murid-murid yang percaya karena mereka melihat Tuhan Yesus, sedangkan lebih dahulu Yohanes percaya karena dia melihat kubur yang kosong, dan kain kapan itu. Dia boleh bermegah.

Kubur yang kosong menjadi bukti yang berguna sampai sekarang. Jika Dia tidak mati dan bangkit dari kubur itu, yaitu jika Dia masih hidup, tetapi menyamarkan diri-Nya, para pemimpin Yahudi pasti mencari Dia dan membuktikan bahwa berita Kristen itu hanya bohong. Ataupun jika Dia mati, dan tidak bangkit, para pemimpin Yahudi pasti mencari mayat-Nya dan membuktikan bahwa berita Kristen itu bohong. Mereka tidak dapat membuktikan apa-apa, karena Dia yang sungguh mati di kayu salib, telah bangkit, dan tidak ada mayat di manapun.

Kubur yang kosong juga amat penting karena memungkinkan harapan Kristen yang diberitakan dalam 1 Korintus 15 dan 1 Tesalonika 4:13-18. Mayat Tuhan Yesus diubahkan menjadi tubuh kebangkitan-Nya.1378

Beberapa penafsir berpendapat bahwa Yohanes melambangkan gereja-gereja bukan Yahudi, sedangkan Petrus melambangkan gereja-gereja Yahudi, dan ada saingan antara Yohanes dan Petrus. Pendapat itu kurang tepat. Dalam keempat Injil Yohanes dan Petrus adalah sahabat, bukan saingan, dan tidak jelas mengapa seorang Yahudi seperti Yohanes menjadi lambang gereja-gereja bukan Yahudi.1379

Hagelberg: Yoh 20:8 - -- 20:8 Maka masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu dan ia melihatnya dan percaya. Dia yang lebih cepat berlari, lebih pela...

20:8 Maka masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu dan ia melihatnya dan percaya.

Dia yang lebih cepat berlari, lebih pelan memasuki kubur, juga lebih cepat percaya. Yohanes menceritakan keadaan hati sendirinya. Dia mengerti secara persis kapan dia percaya. Dia percaya bahwa Tuhan Yesus tidak dimusnahkan di kayu salib, dan bahwa Dia bangkit dan mengalahkan maut.1377 Pada saat itu dia mengerti bahwa apa yang tampaknya merupakan akhir kisah sebenarnya menjadi permulaan dari kisah Tuhan Yesus dan Kerajaan-Nya.

Dapat dikatakan bahwa dalam seluruh Injil Yohanes hanya dalam satu ayat ini Yohanes bermegah. Dia bermegah bahwa dia yang pertama untuk sadar, mengerti, dan percaya bahwa Tuhan Yesus bangkit. Kemegahan itu dapat dimaklumi mengingat Yeremia 9:24 yang berkata, "tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut: bahwa ia memahami dan mengenal Aku...." Murid-murid yang percaya karena mereka melihat Tuhan Yesus, sedangkan lebih dahulu Yohanes percaya karena dia melihat kubur yang kosong, dan kain kapan itu. Dia boleh bermegah.

Kubur yang kosong menjadi bukti yang berguna sampai sekarang. Jika Dia tidak mati dan bangkit dari kubur itu, yaitu jika Dia masih hidup, tetapi menyamarkan diri-Nya, para pemimpin Yahudi pasti mencari Dia dan membuktikan bahwa berita Kristen itu hanya bohong. Ataupun jika Dia mati, dan tidak bangkit, para pemimpin Yahudi pasti mencari mayat-Nya dan membuktikan bahwa berita Kristen itu bohong. Mereka tidak dapat membuktikan apa-apa, karena Dia yang sungguh mati di kayu salib, telah bangkit, dan tidak ada mayat di manapun.

Kubur yang kosong juga amat penting karena memungkinkan harapan Kristen yang diberitakan dalam 1 Korintus 15 dan 1 Tesalonika 4:13-18. Mayat Tuhan Yesus diubahkan menjadi tubuh kebangkitan-Nya.1378

Beberapa penafsir berpendapat bahwa Yohanes melambangkan gereja-gereja bukan Yahudi, sedangkan Petrus melambangkan gereja-gereja Yahudi, dan ada saingan antara Yohanes dan Petrus. Pendapat itu kurang tepat. Dalam keempat Injil Yohanes dan Petrus adalah sahabat, bukan saingan, dan tidak jelas mengapa seorang Yahudi seperti Yohanes menjadi lambang gereja-gereja bukan Yahudi.1379

Hagelberg: Yoh 20:9 - -- 20:9 Sebab selama itu mereka belum mengerti isi Kitab Suci yang mengatakan, bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati. Iman yang Yohanes ceritakan...

20:9 Sebab selama itu mereka belum mengerti isi Kitab Suci yang mengatakan, bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati.

Iman yang Yohanes ceritakan dalam ayat 8 di atas tidak muncul dari pemahaman Firman Tuhan. Pada waktu itu mereka belum mengerti bahwa Perjanjian Lama menyatakan bahwa Tuhan Yesus harus bangkit dari antara orang mati. Apa yang dia lihat di kubur itu menjadi pemicu yang membuka hatinya untuk percaya.

Barangkali ungkapan isi Kitab Suci merujuk pada seluruh Perjanjian Lama, tetapi kadang ungkapan itu dapat merujuk pada satu nas tertentu. Kalau begitu, mungkin ayat yang dimaksudkan adalah Hosea 6:2; Yunus 1:17; Yesaya 53:10-12; atau Mazmur 16:10.

Pada waktu Yohanes menulis kata-kata ini, mereka sudah mengerti isi Kitab Suci yang mengatakan, bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati. Paulus misalnya menegaskan bahwa Dia bangkit sesuai dengan Kitab Suci dalam 1 Korintus 15:3-8, namun semua teologi yang matang itu jauh dari pikiran Yohanes pada pagi itu di dalam kubur Tuhan Yesus, sama seperti murid yang lain yang dikisahkan dalam Lukas 24:25-27, dan 44-47.1380

Tidak kebetulan saja Yohanes menulis bahwa Tuhan Yesus harus bangkit dari antara orang mati. Dia harus hidup, karena demikian kehendak Allah yang berkedaulatan. Tema ini sering muncul dalam Injil Yohanes.

Hagelberg: Yoh 20:9 - -- 20:9 Sebab selama itu mereka belum mengerti isi Kitab Suci yang mengatakan, bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati. Iman yang Yohanes ceritakan...

20:9 Sebab selama itu mereka belum mengerti isi Kitab Suci yang mengatakan, bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati.

Iman yang Yohanes ceritakan dalam ayat 8 di atas tidak muncul dari pemahaman Firman Tuhan. Pada waktu itu mereka belum mengerti bahwa Perjanjian Lama menyatakan bahwa Tuhan Yesus harus bangkit dari antara orang mati. Apa yang dia lihat di kubur itu menjadi pemicu yang membuka hatinya untuk percaya.

Barangkali ungkapan isi Kitab Suci merujuk pada seluruh Perjanjian Lama, tetapi kadang ungkapan itu dapat merujuk pada satu nas tertentu. Kalau begitu, mungkin ayat yang dimaksudkan adalah Hosea 6:2; Yunus 1:17; Yesaya 53:10-12; atau Mazmur 16:10.

Pada waktu Yohanes menulis kata-kata ini, mereka sudah mengerti isi Kitab Suci yang mengatakan, bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati. Paulus misalnya menegaskan bahwa Dia bangkit sesuai dengan Kitab Suci dalam 1 Korintus 15:3-8, namun semua teologi yang matang itu jauh dari pikiran Yohanes pada pagi itu di dalam kubur Tuhan Yesus, sama seperti murid yang lain yang dikisahkan dalam Lukas 24:25-27, dan 44-47.1380

Tidak kebetulan saja Yohanes menulis bahwa Tuhan Yesus harus bangkit dari antara orang mati. Dia harus hidup, karena demikian kehendak Allah yang berkedaulatan. Tema ini sering muncul dalam Injil Yohanes.

Hagelberg: Yoh 20:10 - -- 20:10 Lalu pulanglah kedua murid itu ke rumah. Yohanes pulang dengan iman baru di dalam hatinya, dan Petrus pulang dengan "bertanya dalam hatinya apa ...

20:10 Lalu pulanglah kedua murid itu ke rumah.

Yohanes pulang dengan iman baru di dalam hatinya, dan Petrus pulang dengan "bertanya dalam hatinya apa yang kiranya telah terjadi", menurut Lukas 24:12. Jika seandainya mereka mengetahui apa yang akan terjadi di tempat itu, mereka pasti menunggu, tetapi mereka tidak tahu, dan Tuhan Yesus hendak berbicara dengan orang lain.

Hagelberg: Yoh 20:10-18 - -- 2. Yesus menampakkan diri kepada Maria (20:10-18) Sambil membaca dan mempelajari bagian ini, kita perlu mengingat dan merenungkan perasaan-perasaan ya...

2. Yesus menampakkan diri kepada Maria (20:10-18)

Sambil membaca dan mempelajari bagian ini, kita perlu mengingat dan merenungkan perasaan-perasaan yang mereka alami dalam peristiwa-peristiwa yang terkait dengan kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 20:10 - -- 20:10 Lalu pulanglah kedua murid itu ke rumah. Yohanes pulang dengan iman baru di dalam hatinya, dan Petrus pulang dengan "bertanya dalam hatinya apa ...

20:10 Lalu pulanglah kedua murid itu ke rumah.

Yohanes pulang dengan iman baru di dalam hatinya, dan Petrus pulang dengan "bertanya dalam hatinya apa yang kiranya telah terjadi", menurut Lukas 24:12. Jika seandainya mereka mengetahui apa yang akan terjadi di tempat itu, mereka pasti menunggu, tetapi mereka tidak tahu, dan Tuhan Yesus hendak berbicara dengan orang lain.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yoh 20:1-10 - Kebangkitan Penulis Injil ini, meskipun ia tidak memulai Injilnya seperti penulis-penulis Injil yang lain, namun ia menutupnya sama sepert...

SH: Yoh 20:1-10 - Tuhan yang diambil orang (Minggu, 4 April 1999) Tuhan yang diambil orang Tuhan yang diambil orang. Tuhan yang tidak bangkit atau tuhan yang mati adala...

SH: Yoh 20:1-10 - Kasih timbal balik (Minggu, 31 Maret 2002) Kasih timbal balik Kasih timbal balik. Dua pasal terakhir Injil Yohanes amat penting karena merangkumkan ...

SH: Yoh 20:1-10 - Kubur kosong buktinya (Minggu, 16 April 2006) Kubur kosong buktinya Judul: Kubur kosong buktinya Salah satu baris lagu Sebab Dia Hidup, bertulis...

SH: Yoh 20:1-10 - Firman melahirkan iman (Minggu, 23 Maret 2008) Firman melahirkan iman Judul: Firman melahirkan iman Kesimpulan apa lagi yang ada dalam benak Maria Ma...

SH: Yoh 20:1-10 - Detail Kecil yang Penting (Minggu, 4 April 2021) Detail Kecil yang Penting Kebangkitan Yesus pertama-tama diketahui oleh Maria Magdalena dan beberapa perempuan la...

SH: Yoh 20:1-18 - Yesus bangkit! Yesus hidup! (Minggu, 20 April 2014) Yesus bangkit! Yesus hidup! Judul: Yesus bangkit! Yesus hidup! Dalam kekalutan karena Yesus, Guru mere...

Utley: Yoh 20:1-10 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 20:1-10...

Topik Teologia: Yoh 20:1 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita dan Peranannya Dalam Agama Wanita Dalam Pelayanan Yesus Wanita-wanita Dalam Kehidupan ...

Topik Teologia: Yoh 20:3 - -- Keselamatan Kebangkitan Kristus sebagai Peristiwa Keselamatan Fakta Kebangkitan Kristus Kubur yang Kosong Membukti...

Topik Teologia: Yoh 20:9 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Kuasa Ilahi Kitab Suci Nama-nama untuk Alkitab (Atau Pembagiannya) Kitab Su...

Topik Teologia: Yoh 20:10 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Pekerjaan Para Malaikat Baik Para Malaikat di Dalam Pelayanan Kris...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah Tanggal Penulisan: 80-95 M...

Full Life: Yohanes (Garis Besar) Garis Besar Prolog tentang Logos (Yoh 1:1-18)...

Matthew Henry: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Kita tidak sedang membahas kapan dan di mana Injil ini dituliskan. Kita yakin Injil ini diberikan melalui inspirasi Allah kepada Yohanes, saudara Y...

Jerusalem: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INJIL YOHANES PENGANTAR INJIL YOHANES DAN SURAT-SURAT YOHANES Injil Yoh...

Ende: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN JOANES KATA PENGANTAR Karangan Indjil ini biasa disebut "Indjil keempat". Menurut riwajat...

Hagelberg: Yohanes (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Prakata Pendahuluan Injil Yohanes dapat diumpamakan sebagai sebuah kolam yang b...

Hagelberg: Yohanes (Garis Besar) GARIS BESAR I. KATA PENGANTAR (1:1-18...

Hagelberg: Yohanes DAFTAR PUSTAKA Daftar Kepustakaan Barrett, C. K., The Gospel According to St. John, an Introduction with C...

BIS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES PENGANTAR Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus d...

Ajaran: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusi...

Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Firman Allah terakhir kepada manusia INJIL YANG BERBEDA.Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan p...

Garis Besar Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #16: Tampilan Pasal untuk mengeksplorasi pasal; Tampilan Ayat untuk menganalisa ayat; Multi Ayat/Kutipan untuk menampilkan daftar ayat. [SEMUA]
dibuat dalam 0.23 detik
dipersembahkan oleh YLSA