kecilkan semua  

Teks -- Wahyu 1:13 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
1:13 Dan di tengah-tengah kaki dian itu ada seorang serupa Anak Manusia, berpakaian jubah yang panjangnya sampai di kaki, dan dadanya berlilitkan ikat pinggang dari emas.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Topik/Tema Kamus: Kaki Dian Atau Kaki Pelita | Pakaian | Ikat Pinggang | Yesus | Wahyu | Uskup | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Why 1:13 - SEORANG ... ANAK MANUSIA. Nas : Wahy 1:13 Istilah ini menunjuk kepada Kristus yang agung, suatu istilah yang dipakai juga oleh nabi PL, Daniel (lihat cat. --> Dan ...

Nas : Wahy 1:13

Istilah ini menunjuk kepada Kristus yang agung, suatu istilah yang dipakai juga oleh nabi PL, Daniel

(lihat cat. --> Dan 7:13;

[atau ref. Dan 7:13]

Dan 10:16). Dalam penglihatan ini, Kristus digambarkan sebagai raja, imam, dan hakim atas jemaat-jemaat-Nya (bd. ayat Wahy 1:13-16).

Jerusalem: Why 1:13-16 - -- Anak Manusia, Mesias, nampak di sini sebagai Hakim di akhir zaman, seperti dalam Dan 7:13-14 (bdk Dan 10:5-6). Sifat-sifatNya dilambangkan berbagai la...

Anak Manusia, Mesias, nampak di sini sebagai Hakim di akhir zaman, seperti dalam Dan 7:13-14 (bdk Dan 10:5-6). Sifat-sifatNya dilambangkan berbagai lambang: Jubah panjang (bdk Kel 28:4; 29:5; Zak 3:4) melambangkan imamatNya; ikat pinggang dari emas (bdk 1Ma 10:89; 11:58) melambangkan martabat kerajaanNya; rambut putih (bdk Dan 7:9) melambangkan kekekalanNya; mata bagaikan nyala api yang "menguji" batin dan hati, Wah 2:23 melambangkan pengetahuanNya; kaki dari tembaga (bdk Dan 2:31-45) melambangkan kekokohanNya; suaraNya bagaikan desau air bah, kakiNya yang berkilap dan wajahNya yang bersinar melambangkan kebesaranNya yang menakutkan. Di genggamanNya yang berkuasa (tangan kanan) Ia memegang ketujuh jemaat (tujuh bintang, Wah 1:20); Ia membuka mulutNya untuk mengeluarkan keputusanNya yang menjatuhkan hukuman mati (pedang tajam bermata dua) atas mereka yang tidak percaya (bdk Wah 19:15+; Wah 2:16; dan Yes 49:2; Efe 6:17; Ibr 4:12). Pada permulaan tiap-tiap surat yang menyusul disebutkan salah satu sifat yang menonjolkan Kristus sebagai Hakim, sesuai dengan keadaan jemaat yang bersangkutan.

Ende: Why 1:13 - Bagaikan Putera-manusia Jang dimaksudkan ialah Kristus, dengan ingat akan Dan 7:13, tetapi ungkapan itu barangkali djuga dipilih sebab Jesus sendiri gemar memakainja sebagai ...

Jang dimaksudkan ialah Kristus, dengan ingat akan Dan 7:13, tetapi ungkapan itu barangkali djuga dipilih sebab Jesus sendiri gemar memakainja sebagai nama atau gelaran bagi Dirinja.

Ende: Why 1:13 - Djubah pandang melambangkan martabat imamat", "tjinta emas" martabat radja

melambangkan martabat imamat", "tjinta emas" martabat radja

Ende: Why 1:13 - rambut putih kekekalan umur, "kaki tembaga" keteguhan pendirian, "mata bernjala-njala" ketadjaman penglihatan dan semangat, "Pedang tadjam jang keluar dari mulut" ...

kekekalan umur, "kaki tembaga" keteguhan pendirian, "mata bernjala-njala" ketadjaman penglihatan dan semangat, "Pedang tadjam jang keluar dari mulut" ketadjaman dan kekuatan sabda Kristus.

Ref. Silang FULL: Why 1:13 - kaki dian // Anak Manusia // di kaki // dan dadanya · kaki dian: Wahy 2:1 · Anak Manusia: Yeh 1:26; Dan 7:13; 10:16; Wahy 14:14 · di kaki: Yes 6:1 · dan dadanya: Dan 10:5; Wa...

· kaki dian: Wahy 2:1

· Anak Manusia: Yeh 1:26; Dan 7:13; 10:16; Wahy 14:14

· di kaki: Yes 6:1

· dan dadanya: Dan 10:5; Wahy 15:6

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Why 1:13 - -- 1:13 Dan di tengah-tengah ketujuh104 kaki dian itu ada seorang serupa Anak Manusia, berpakaian jubah yang panjangnya sampai di kaki, dan dadanya berli...

1:13 Dan di tengah-tengah ketujuh104 kaki dian itu ada seorang serupa Anak Manusia, berpakaian jubah yang panjangnya sampai di kaki, dan dadanya berlilitkan ikat pinggang dari emas.

Pasal 1:13-18 melatarbelakangi nama-nama yang dipakai oleh Tuhan Yesus mengenai diri-Nya sendiri dalam pasal 2-3. Dalam nas ini kita melihat beberapa unsur dari keberadaan Tuhan Yesus, kemudian dalam pasal 2-3 unsur-unsur tersebut dikemukakan lagi pada saat yang tepat, sesuai dengan keperluan jemaat yang dinasihati.105

Penafsir harus berhati-hati supaya tafsirannya tidak serampangan. Sebenarnya, yang jelas dan pasti dalam penglihatan ini adalah bahwa Kristus sangat mulia, sampai Rasul Yohanes sendiri tersungkur di depan kaki-Nya. Jangan sampai pembahasan tafsiran nas ini mengurangi kesan kedahsyatan yang begitu tampak dalam nas ini.

Pasal 1:13 ini ditafsirkan dalam pasal 1:20, di mana Tuhan Yesus berkata, "... dan ketujuh kaki dian itu ialah ketujuh jemaat." Maka nas ini berarti bahwa Tuhan Yesus berada di tengah-tengah jemaat-jemaat-Nya. Fakta ini patut diingat oleh jemaat-jemaat tertentu, misalnya jemaat Efesus (Wahyu 2:1), yang sudah meninggalkan kasihnya yang semula.

Istilah "anak"106 seringkali mempunyai arti yang tidak harfiah, seperti dalam ayat-ayat berikut ini:

1. Anak buah: Matius 12:27;107 Ibrani 12:5; dan 1 Petrus 5:13.

2. Anggota dari kelompok besar: Markus 3:28; Kisah Para Rasul 13:26;108 dan Efesus 3:5.

3. Orang yang sangat mirip dengan si anu dapat disebut "anak si anu": Matius 13:38 dan Kisah Para Rasul 13:10. Yesus seringkali dijuluki Anak Allah (Matius 26:63), Anak Daud (Matius 22:42-45), dan Anak Manusia (82 kali dalam keempat Injil).

Ungkapan Anak Manusia sangat rumit ditafsirkan. Dari satu segi, sebutan ini dilatarbelakangi Mazmur 8:5 (di mana sebutan ini berarti "manusia" secara umum), Mazmur 80:18 (di mana ungkapan ini mungkin merujuk kepada Mesias, umat Israel, atau raja Israel), Kitab Yehezkiel (di mana sebutan ini dipakai lebih dari 90 kali, untuk merujuk kepada Nabi Yehezkiel sendiri), dan Daniel 8:17 (di mana sebutan ini merujuk kepada Nabi Daniel sendiri).

Dari segi yang lain, julukan Anak Manusia dilatarbelakangi oleh Daniel 7:13 di mana "seorang seperti anak manusia" datang "dengan awan-awan". Dalam Kitab Daniel identitas orang itu sulit dipastikan, tetapi dalam Matius 24:30 Tuhan Yesus berkata bahwa "semua bangsa di bumi akan... melihat Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit", maka jelas bahwa Dia yang disebutkan "seorang seperti anak manusia" dalam Daniel 7:13 adalah Tuhan Yesus sendiri. Kalau pemahaman ini benar, maka julukan Anak Manusia dapat disamakan dengan sebutan "Mesias".

Mungkin beberapa arti yang dikemukakan di atas dapat digabungkan dan diterima. Yesus Kristus adalah manusia,109 seorang nabi, dan juga Dia adalah Mesias. Tidak ada kontradiksi di antara ketiga identitas tersebut.

Susunan kata seorang serupa Anak Manusia yang dipakai dalam Wahyu pasal 1:13 tidak sama dengan yang dipakai dalam keempat Injil, yaitu "Anak Manusia".110 Julukan yang dipakai dalam nas ini lebih mirip dengan Daniel 7:13.

Dalam Daniel 10:5-9, Nabi Daniel melihat seseorang yang mirip sekali dengan apa yang dikatakan mengenai Tuhan Yesus dalam Wahyu 1:12-17. Dalam kedua nas tersebut orang yang digambarkan memakai ikat pinggang dari emas, mempunyai mata yang bagaikan api, kaki yang bagaikan tembaga, dan suara yang sangat besar.

Menurut Beasley-Murray,111 jubah yang panjangnya sampai di kaki dipakai oleh orang yang berkedudukan tinggi, seperti misalnya imam besar (Keluaran 28:4), tetapi bukan hanya imam besar saja yang boleh memakai jubah yang panjang.112

Dalam Keluaran 39:29, ikat pinggang yang dipakai oleh Imam Besar dibuat dari "lenan halus yang dipintal benangnya"; tetapi pada zaman Yosefus, ikat pinggang Imam Besar Israel dibuat dari emas,113 maka ada kesan dalam nas ini bahwa Dia yang dilihat Yohanes adalah Imam Besar. Namun demikian, malaikat yang menyatakan dirinya kepada Nabi Daniel dalam Kitab Daniel 10:5-21 mirip sekali dengan penampilan Tuhan Yesus dalam pasal ini.114

Hagelberg: Why 1:12-20 - -- 2. Penglihatannya sendiri (1:12-20) Penglihatan ini merupakan "potret" yang terbaru dari Tuhan Yesus, dan layak diamati dengan teliti. Memang, dalam n...

2. Penglihatannya sendiri (1:12-20)

Penglihatan ini merupakan "potret" yang terbaru dari Tuhan Yesus, dan layak diamati dengan teliti. Memang, dalam nas ini ada perincian aneh yang masih sulit ditafsirkan, tetapi mungkin artinya dijelaskan di dalam pasal 2 dan pasal 3.

Hagelberg: Why 1:13 - -- 1:13 Dan di tengah-tengah ketujuh104 kaki dian itu ada seorang serupa Anak Manusia, berpakaian jubah yang panjangnya sampai di kaki, dan dadanya berli...

1:13 Dan di tengah-tengah ketujuh104 kaki dian itu ada seorang serupa Anak Manusia, berpakaian jubah yang panjangnya sampai di kaki, dan dadanya berlilitkan ikat pinggang dari emas.

Pasal 1:13-18 melatarbelakangi nama-nama yang dipakai oleh Tuhan Yesus mengenai diri-Nya sendiri dalam pasal 2-3. Dalam nas ini kita melihat beberapa unsur dari keberadaan Tuhan Yesus, kemudian dalam pasal 2-3 unsur-unsur tersebut dikemukakan lagi pada saat yang tepat, sesuai dengan keperluan jemaat yang dinasihati.105

Penafsir harus berhati-hati supaya tafsirannya tidak serampangan. Sebenarnya, yang jelas dan pasti dalam penglihatan ini adalah bahwa Kristus sangat mulia, sampai Rasul Yohanes sendiri tersungkur di depan kaki-Nya. Jangan sampai pembahasan tafsiran nas ini mengurangi kesan kedahsyatan yang begitu tampak dalam nas ini.

Pasal 1:13 ini ditafsirkan dalam pasal 1:20, di mana Tuhan Yesus berkata, "... dan ketujuh kaki dian itu ialah ketujuh jemaat." Maka nas ini berarti bahwa Tuhan Yesus berada di tengah-tengah jemaat-jemaat-Nya. Fakta ini patut diingat oleh jemaat-jemaat tertentu, misalnya jemaat Efesus (Wahyu 2:1), yang sudah meninggalkan kasihnya yang semula.

Istilah "anak"106 seringkali mempunyai arti yang tidak harfiah, seperti dalam ayat-ayat berikut ini:

1. Anak buah: Matius 12:27;107 Ibrani 12:5; dan 1 Petrus 5:13.

2. Anggota dari kelompok besar: Markus 3:28; Kisah Para Rasul 13:26;108 dan Efesus 3:5.

3. Orang yang sangat mirip dengan si anu dapat disebut "anak si anu": Matius 13:38 dan Kisah Para Rasul 13:10. Yesus seringkali dijuluki Anak Allah (Matius 26:63), Anak Daud (Matius 22:42-45), dan Anak Manusia (82 kali dalam keempat Injil).

Ungkapan Anak Manusia sangat rumit ditafsirkan. Dari satu segi, sebutan ini dilatarbelakangi Mazmur 8:5 (di mana sebutan ini berarti "manusia" secara umum), Mazmur 80:18 (di mana ungkapan ini mungkin merujuk kepada Mesias, umat Israel, atau raja Israel), Kitab Yehezkiel (di mana sebutan ini dipakai lebih dari 90 kali, untuk merujuk kepada Nabi Yehezkiel sendiri), dan Daniel 8:17 (di mana sebutan ini merujuk kepada Nabi Daniel sendiri).

Dari segi yang lain, julukan Anak Manusia dilatarbelakangi oleh Daniel 7:13 di mana "seorang seperti anak manusia" datang "dengan awan-awan". Dalam Kitab Daniel identitas orang itu sulit dipastikan, tetapi dalam Matius 24:30 Tuhan Yesus berkata bahwa "semua bangsa di bumi akan... melihat Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit", maka jelas bahwa Dia yang disebutkan "seorang seperti anak manusia" dalam Daniel 7:13 adalah Tuhan Yesus sendiri. Kalau pemahaman ini benar, maka julukan Anak Manusia dapat disamakan dengan sebutan "Mesias".

Mungkin beberapa arti yang dikemukakan di atas dapat digabungkan dan diterima. Yesus Kristus adalah manusia,109 seorang nabi, dan juga Dia adalah Mesias. Tidak ada kontradiksi di antara ketiga identitas tersebut.

Susunan kata seorang serupa Anak Manusia yang dipakai dalam Wahyu pasal 1:13 tidak sama dengan yang dipakai dalam keempat Injil, yaitu "Anak Manusia".110 Julukan yang dipakai dalam nas ini lebih mirip dengan Daniel 7:13.

Dalam Daniel 10:5-9, Nabi Daniel melihat seseorang yang mirip sekali dengan apa yang dikatakan mengenai Tuhan Yesus dalam Wahyu 1:12-17. Dalam kedua nas tersebut orang yang digambarkan memakai ikat pinggang dari emas, mempunyai mata yang bagaikan api, kaki yang bagaikan tembaga, dan suara yang sangat besar.

Menurut Beasley-Murray,111 jubah yang panjangnya sampai di kaki dipakai oleh orang yang berkedudukan tinggi, seperti misalnya imam besar (Keluaran 28:4), tetapi bukan hanya imam besar saja yang boleh memakai jubah yang panjang.112

Dalam Keluaran 39:29, ikat pinggang yang dipakai oleh Imam Besar dibuat dari "lenan halus yang dipintal benangnya"; tetapi pada zaman Yosefus, ikat pinggang Imam Besar Israel dibuat dari emas,113 maka ada kesan dalam nas ini bahwa Dia yang dilihat Yohanes adalah Imam Besar. Namun demikian, malaikat yang menyatakan dirinya kepada Nabi Daniel dalam Kitab Daniel 10:5-21 mirip sekali dengan penampilan Tuhan Yesus dalam pasal ini.114

Hagelberg: Why 1:9-20 - -- B. Penglihatannya (1:9-20)

B. Penglihatannya (1:9-20)

Hagelberg: Why 1:1-20 - -- I. Bagian Pertama : \"...apa yang telah kaulihat...\" (1:1-20) Bagian ini merupakan dasar seluruh Kitab Wahyu, karena di dalam bagian ini terdapat pen...

I. Bagian Pertama : \"...apa yang telah kaulihat...\" (1:1-20)

Bagian ini merupakan dasar seluruh Kitab Wahyu, karena di dalam bagian ini terdapat penglihatan tentang pribadi Tuhan Yesus sendiri.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Why 1:9-20 - Penglihatan yang Diterima oleh Rasul Yohanes Penglihatan yang Diterima oleh Rasul Yohanes (1:9-20) ...

SH: Why 1:9-20 - Kristus yang Ilahi (Selasa, 22 Oktober 2002) Kristus yang Ilahi Kristus yang Ilahi. Sebagai sastra apokaliptik, Kitab Wahyu sarat dengan simbol alias p...

SH: Why 1:9-20 - Seperti demikianlah Dia! (Minggu, 14 Desember 2003) Seperti demikianlah Dia! Seperti demikianlah Dia! Nas ini bukan ulasan mode terkini dari penampilan Ok...

SH: Why 1:9-20 - Tuhan menyertai umat-Nya (Selasa, 13 Desember 2011) Tuhan menyertai umat-Nya Judul: Tuhan menyertai umat-Nya Kita tidak asing dengan kata 'Imanuel' yang b...

SH: Why 1:9-20 - Bukan Hoaks (Jumat, 9 September 2022) Bukan Hoaks Kitab Wahyu merupakan surat kepada tujuh jemaat (11). Untuk menunjukkan bahwa tulisannya bukan sekada...

Utley: Why 1:12-16 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 1:12-16...

Topik Teologia: Why 1:13 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Anak Manusia Dan...

TFTWMS: Why 1:12-20 - Apa Yang Yohanes Lihat APA YANG YOHANES LIHAT (Wahyu 1:12-16, 20) Sesuatu tentang...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Perjuangan dan Penyelesaian Tanggal Penulisan...

Full Life: Wahyu (Garis Besar) Garis Besar Prolog (Wahy 1:1-8) ...

Matthew Henry: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tidak semestinya mengurangi nama baik dan wewenang kitab ini bahwa ia sud...

Jerusalem: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Kata "Wahyu" dalam judul Kitab in...

Ende: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHJU JOANES KATA PENGANTAR Tjorak chas karangan ini Dalam ajat pertama, mengenai isinja, karangan ini di...

Hagelberg: Wahyu (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Walaupun kitab ini seringkali ditafsirkan dengan pendekatan yang bermacam-macam, sang...

Hagelberg: Wahyu (Garis Besar) GARIS BESAR wahyu I. Bagian Pertama: "...apa yang telah kaulihat..." (...

Hagelberg: Wahyu DAFTAR PUSTAKA wahyu Daftar Kepustakaan Bauckham, Richard, The Climax of Prophecy: Studies on the B...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) "Ketika Semua Biduan Allah Tiba Di Rumah" Agama Kristen Yang Berjaya Sebuah renungan1berdasa...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) BANTUAN UNTUK MENGAJAR& BERKHOTBAH GNOSTIKISME WAHYU...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 1:9-17, 20) Doa saya adalah semoga, sebag...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Arti utama penglihatan itu adalah sama dengan arti mimpi Nebukadnezar di ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Saya Menyukai Kitab Wahyu! Agama Kristen Yang Berjaya Wahyu Saya tahu waktu itu saya sedang dalam masal...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tujuh Fakta Kitab Wahyu Yang Anda Harus Ketahui Agama Kristen Yang Berjaya Mengenai pelajaran kita tentang Kitab ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) "Awal Yang Baik Menyelesaikan Separuh Pekerjaan" Agama Kristen Yang Berjaya Wahyu Filsuf Aris...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) "Di Sinilah Keberadaan Naga-Naga Itu!" Agama Kristen Yang Berjaya Wahyu Ketika manusia mulai ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tanda-Tanda Penting Dan Simbol-Simbol Mengejutkan Agama Kristen Yang Berjaya Di dalam pelajaran kita sebelumnya, ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) "Terima Kasih Allah, Kami Menang!" Agama Kristen Yang Berjaya etiap kitab Perjanjian Baru memiliki pers...

BIS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Wahyu Kepada Yohanes ini ditulis pada masa orang-orang Kristen ditekan dan dian...

Ajaran: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran yang ada dalam Kitab Wahyu, sehingga mereka melakukannya dal...

Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Apa yang akan terjadi pada masa depan PENULIS.Penulisnya disebut sebagai 'Yohanes' sebanyak empat kali (...

Garis Besar Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Wah 1:1-20...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #19: Centang "Pencarian Tepat" pada Pencarian Universal untuk pencarian teks alkitab tanpa keluarga katanya. [SEMUA]
dibuat dalam 0.10 detik
dipersembahkan oleh YLSA