kecilkan semua  

Teks -- Matius 16:9-28 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
16:9 Belum juga kamu mengerti? Tidak kamu ingat lagi akan lima roti untuk lima ribu orang itu dan berapa bakul roti kamu kumpulkan kemudian? 16:10 Ataupun akan tujuh roti untuk empat ribu orang itu dan berapa bakul kamu kumpulkan kemudian? 16:11 Bagaimana mungkin kamu tidak mengerti bahwa bukan roti yang Kumaksudkan. Aku berkata kepadamu: Waspadalah terhadap ragi orang Farisi dan Saduki." 16:12 Ketika itu barulah mereka mengerti bahwa bukan maksud-Nya supaya mereka waspada terhadap ragi roti, melainkan terhadap ajaran orang Farisi dan Saduki.
Pengakuan Petrus
16:13 Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: "Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?" 16:14 Jawab mereka: "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi." 16:15 Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?" 16:16 Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!" 16:17 Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. 16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. 16:19 Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga." 16:20 Lalu Yesus melarang murid-murid-Nya supaya jangan memberitahukan kepada siapapun bahwa Ia Mesias.
Pemberitahuan pertama tentang penderitaan Yesus dan syarat-syarat mengikut Dia
16:21 Sejak waktu itu Yesus mulai menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga. 16:22 Tetapi Petrus menarik Yesus ke samping dan menegor Dia, katanya: "Tuhan, kiranya Allah menjauhkan hal itu! Hal itu sekali-kali takkan menimpa Engkau." 16:23 Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus: "Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia." 16:24 Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku. 16:25 Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya. 16:26 Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya? 16:27 Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya. 16:28 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat Anak Manusia datang sebagai Raja dalam Kerajaan-Nya."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · alam maut the place of departed spirits (NIV notes); the unseen world (YC)
 · dunia orang mati the place of the dead
 · Elia a prophet from the 9th century B.C.,a prophet from Tishbe in Gilead to Israel in King Ahab's time,son of Jeroham of Benjamin,a priest of the Harim clan who put away his heathen wife,a layman of the Bani Elam clan who put away his heathen wife
 · Farisi a religious group or sect of the Jews
 · Filipi a town 40 km north of the Sea of Galilee, frequently called Caesarea Philippi,a town in Macedonia 350 km north of Athens
 · Iblis a person, male (evil angelic),an angel that has rebelled against God
 · Kaisarea a town on the Mediterranean 40 kilometers south of Mt. Carmel and 120 kilometers NW of Jerusalem.
 · Kaisarea Filipi a town on the Mediterranean 40 kilometers south of Mt. Carmel and 120 kilometers NW of Jerusalem.
 · kerajaan maut the place of departed spirits (NIV notes); the unseen world (YC)
 · Petrus a man who was a leader among the twelve apostles and wrote the two epistles of Peter
 · Simon a son of Jonas and brother of Andrew; an apostle of Jesus Christ,a man who was one of the apostles of Christ and also called 'the Zealot',a brother of Jesus,a man who was a well-know victim of leprosy who had been healed by Jesus (NIV note),a man from Cyrene who was forced to carry the cross of Jesus,a Pharisee man in whose house Jesus' feet were washed with tears and anointed,the father of Judas Iscariot,a man who was a sorcerer in Samaria and who wanted to buy the gifts of the Spirit,a man who was a tanner at Joppa and with whom Peter was staying when Cornelius sent for him
 · Yeremia a prophet of Judah in 627 B.C., who wrote the book of Jeremiah,a man of Libnah; father of Hamutal, mother of Jehoahaz, king of Judah,head of an important clan in eastern Manasseh in the time of Jotham,a Benjamite man who defected to David at Ziklag,the fifth of Saul's Gadite officers who defected to David in the wilderness,the tenth of Saul's Gadite officers who defected to David in the wilderness,a man from Anathoth of Benjamin; son of Hilkiah the priest; a major prophet in the time of the exile,an influential priest who returned from exile with Zerubbabel, who later signed the covenant to obey the law, and who helped dedicate Nehemiah's wall,one of Saul's Gadite officers who defected to David in the wilderness
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yohanes a son of Zebedee; younger brother of James; the beloved disciple of Christ,a relative of Annas the high priest,a son of Mary the sister of Barnabas, and surnamed Mark,the father of Simon Peter
 · Yunus a son of Amittai; the prophet God sent to Nineveh,the prophet who was swallowed by the great fish; son of Amittai


Topik/Tema Kamus: Petrus | Yesus Kristus | Yesus | Mujizat Kristus | Roti | Anak ...; Gelar untuk Yesus | Sangkal, Penyangkalan Diri | Salib | Malaikat | Tegur, Teguran | Saduki | Orang Farisi | Farisi | Mati Syahid | Bahagia, Yang Berbahagia | Datang, Kedatangan | Surga | Pahala Orang-Orang Kudus | Mulia, Kemulian Kristus | Pintu Gerbang | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Mat 16:18 - PETRUS ... BATU KARANG ... JEMAAT. Nas : Mat 16:18 Dengan kata-kata ini Kristus berjanji untuk mendirikan gereja-Nya berlandaskan kebenaran dari pengakuan Petrus dan murid lain bahwa...

Nas : Mat 16:18

Dengan kata-kata ini Kristus berjanji untuk mendirikan gereja-Nya berlandaskan kebenaran dari pengakuan Petrus dan murid lain bahwa Yesus adalah Kristus, Anak Allah yang hidup (ayat Mat 16:16; bd. Kis 2:14-26). Di dalam ayat ini Yesus mengadakan permainan kata-kata. Ia menyebut murid-Nya itu "Petrus" (Yun. _Petros_, yang artinya sebuah batu kecil), namun Ia melanjutkan dengan mengatakan "di atas batu karang ini (Yun. _petra_, yaitu batu karang yang sangat besar atau tebing batu) Aku akan mendirikan jemaat-Ku," maksudnya: Ia akan mendirikan gereja (jemaat-Nya) di atas pengakuan Petrus yang kokoh.

  1. 1) Yesus Kristus sendirilah yang menjadi Batu Karang itu, yaitu landasan utama dan pertama dari gereja (1Kor 3:11). Di dalam surat kirimannya yang pertama, Petrus mengatakan bahwa Yesus adalah "batu yang hidup ... batu yang terpilih, sebuah batu penjuru yang mahal ... batu yang telah dibuang oleh tukang-tukang bangunan" (1Pet 2:4,6-7). Pada saat yang bersamaan, Petrus dan semua orang percaya lainnya merupakan batu-batu hidup yang digunakan dalam mendirikan rumah rohani yang sedang dibangun oleh Allah (1Pet 2:5).
  2. 2) Tidak pernah dalam Alkitab dinyatakan bahwa Petrus sendiri yang akan merupakan tokoh yang paling berwenang dan tak mungkin salah di atas semua rasul yang lain (bd. Kis 15:1-41; Gal 2:11). Juga, tidak pernah disebutkan dalam Alkitab bahwa Petrus hendaknya mempunyai pengganti-pengganti yang tak mungkin berbuat kesalahan, yang akan mewakili Kristus dan berperan sebagai kepala gereja yang resmi. Untuk suatu pembahasan mengenai doktrin gereja sebagaimana dilihat di sini dan lain tempat di Alkitab

    lihat art. GEREJA.

Full Life: Mat 16:18 - ALAM MAUT TIDAK AKAN MENGUASAINYA. Nas : Mat 16:18 "Alam maut", dimaksudkan di sini adalah Iblis dan semua usaha jahat dunia untuk membinasakan gereja Yesus Kristus. 1) Bagian a...

Nas : Mat 16:18

"Alam maut", dimaksudkan di sini adalah Iblis dan semua usaha jahat dunia untuk membinasakan gereja Yesus Kristus.

  1. 1) Bagian ayat ini tidak berarti bahwa seorang percaya, gereja lokal, atau persekutuan gereja, atau denominasi tertentu tidak akan pernah terjerumus ke dalam kedursilaan, ajaran sesat atau kemurtadan. Yesus sendiri sudah menubuatkan bahwa banyak orang akan meninggalkan iman, dan Ia mengingatkan gereja-gereja yang sedang meninggalkan iman PB agar berbalik dari dosa mereka, kalau tidak mereka akan disingkirkan dari kerajaan-Nya (Mat 24:10-11; Wahy 2:5,12-19; 3:1-6,14-16;

    lihat cat. --> 1Tim 4:1;

    [atau ref. 1Tim 4:1]

    lihat art. KEMURTADAN PRIBADI).

    Janji dalam ayat Mat 16:18 tidak berlaku atas mereka yang menyangkal imannya atau jemaat yang suam-suam kuku.
  2. 2) Yang dimaksudkan oleh Kristus ialah bahwa sekalipun Iblis berusaha sekuat-kuatnya untuk menghancurkan gereja, terjadinya kemurtadan antara orang percaya, gereja menjadi suam-suam kuku, dan guru palsu menyusup ke dalam Kerajaan Allah, gereja tidak akan dibinasakan. Dengan kasih karunia-Nya, kebijaksanaan, dan kuasa-Nya yang mahabesar, Allah senantiasa akan memiliki sekelompok sisa orang percaya dan gereja sepanjang sejarah penebusan, yang tetap setia kepada Injil Kristus yang asli dan rasul-rasul, dan yang mengalami persekutuan-Nya, ke-Tuhanan Kristus serta kuasa Roh Kudus. Sebagai umat Allah yang sejati, kelompok sisa ini akan menunjukkan kuasa Kerajaan dari Roh Kudus melawan Iblis, dosa, penyakit, dunia, dan kuasa-kuasa kegelapan. Gereja semacam inilah yang tidak akan pernah dapat dibinasakan oleh Iblis dan seluruh bala tentaranya.

Full Life: Mat 16:19 - KUNCI KERAJAAN SORGA. Nas : Mat 16:19 Yang dimaksudkan dengan "kunci" dalam ayat ini adalah kekuasaan yang diberikan Allah kepada Petrus dan gereja. Dengan kunci ini mer...

Nas : Mat 16:19

Yang dimaksudkan dengan "kunci" dalam ayat ini adalah kekuasaan yang diberikan Allah kepada Petrus dan gereja. Dengan kunci ini mereka

  1. (1) dapat menegur dosa serta melaksanakan disiplin gerejani (Mat 18:15-18);
  2. (2) berdoa dengan efektif bagi terjadinya kehendak Allah di bumi ini (Mat 18:19-20);
  3. (3) mengikat kuasa-kuasa setan serta membebaskan orang yang tertawan

    (lihat art. KUASA ATAS IBLIS DAN SETAN-SETAN);

  4. (4) memberitahukan kesalahan dosa, standar kebenaran Allah dan hukuman yang akan datang (Kis 2:23; 5:3,9);
  5. (5) memberitakan keselamatan dan pengampunan dosa bagi semua orang yang bertobat dan percaya kepada Kristus (Yoh 20:23; Kis 2:37-40; Kis 15:7-9).

Full Life: Mat 16:24 - MEMIKUL SALIBNYA. Nas : Mat 16:24 Lihat cat. --> Mr 8:34. [atau ref. Mr 8:34]

Nas : Mat 16:24

Lihat cat. --> Mr 8:34.

[atau ref. Mr 8:34]

Full Life: Mat 16:28 - DATANG ... DALAM KERAJAAN-NYA. Nas : Mat 16:28 "Anak Manusia datang sebagai Raja dalam Kerajaan-Nya" mungkin menunjuk kepada peristiwa pada hari Pentakosta ketika Kristus membapt...

Nas : Mat 16:28

"Anak Manusia datang sebagai Raja dalam Kerajaan-Nya" mungkin menunjuk kepada peristiwa pada hari Pentakosta ketika Kristus membaptiskan para pengikut-Nya dengan Roh Kudus dan kuasa yang luar biasa (bd. Mr 9:1; Kis 1:8; 2:4).

Jerusalem: Mat 16:12 - ajaran orang Farisi dan Saduki Seperti ragi mengkhamirkan seluruh adonan, Mat 13:33, tetapi juga dapat membusukkannya, bdk 1Ko 5:6; Gal 5:9, demikianpun ajaran sesat yang dianut par...

Seperti ragi mengkhamirkan seluruh adonan, Mat 13:33, tetapi juga dapat membusukkannya, bdk 1Ko 5:6; Gal 5:9, demikianpun ajaran sesat yang dianut para pemimpin Yahudi dapat menyesatkan seluruh bangsa yang mereka bimbing, bdk Mat 15:14.

Jerusalem: Mat 16:14 - salah seorang dari para nabi Yesus sendiri hanya secara tak langsung dan samar-samar menyebut diriNya seorang nabi, Mat 13:57 dsj; Luk 13:33. Tetapi oleh rakyat dengan terus teran...

Yesus sendiri hanya secara tak langsung dan samar-samar menyebut diriNya seorang nabi, Mat 13:57 dsj; Luk 13:33. Tetapi oleh rakyat dengan terus terang Yesus disebut seorang nabi, Mat 16:14 dsj; Mat 21:11,46; Mar 6:15 dsj; Luk 7:16,39; Luk 24:19; Yoh 4:19; Yoh 9:17. dan sebutan itu memang bersangkutan dengan Mesias. Roh kenabian itu sudah padam sejak nabi Maleakhi, tetapi menurut harapan Yahudi roh itu akan tampil lagi sebagai tanda zaman Mesias. Roh kenabian itu akan tampil lagi dalam diri nabi Elia, Mat 17:10-11 dsj; atau berupa pencurahan umum roh itu, Kis 2:17-18,33. Pada kenyataannya di zaman Yesus sudah tampak banyak nabi palsu, Mat 24:11,24 dsj, dll. Yohanes Pembaptis adalah seorang nabi sejati, Mat 11:9 dsj; Mat 14:5; Mat 21:26 dsj; Luk 1:76, tetapi hanya sebagai seorang perintis yang dijiwai semangat Elia, Mat 11:10 dsj, Mat 11:14; Mat 17:12 dsj. Yohanes telah menyangkal bahwa dia itu "sang Nabi", yang dinubuatkan Musa (Ula 18:15), Yoh 1:21+. Kepercayaan Kristen hanya mengakui sang Nabi itu dalam diri Yesus, Kis 3:22-26+; Yoh 6:14; Yoh 7:40. Namun demikian karunia kenabian tersebar luas dalam jemaat Kristen purba sejak Pentakosta, Kis 11:27+. Gelar Yesus sebagai nabi tidak lama kemudian hilang dari jemaat dan diganti beberapa sebutan lain yang lebih tegas mengungkapkan siapa diri Yesus Kristus.

Jerusalem: Mat 16:16 - Anak Allah yang hidup Bahwasanya Petrus (dan murid-murid lain) mengakui Yesus sebagai Mesias, diceritakan juga oleh Markus dan Lukas, tetapi Matius menambah bahwa Petrus ju...

Bahwasanya Petrus (dan murid-murid lain) mengakui Yesus sebagai Mesias, diceritakan juga oleh Markus dan Lukas, tetapi Matius menambah bahwa Petrus juga mengakuiNya sebagai Anak Allah. Bdk Mat 14:33 dibandingkan dengan Mar 6:51 dst. Bdk Mat 4:3+.

Jerusalem: Mat 16:17 - bukan manusia Harafiah: bukan daging dan darah. Ungkapan ini berarti: manusia, tetapi dengan menekankan kejasmanian dan keterbatasannya berlawanan dengan dunia roha...

Harafiah: bukan daging dan darah. Ungkapan ini berarti: manusia, tetapi dengan menekankan kejasmanian dan keterbatasannya berlawanan dengan dunia rohani, Sir 14:18; Rom 7:5+; 1Ko 15:50; Gal 1:16; Efe 6:12; Ibr 2:14; bdk Yoh 1:13.

Jerusalem: Mat 16:18 - Petrus Baik kata Yunani "petros" maupun kata Aram yang searti "kefa" (=padas)rupanya tidak dipakai sebagai nama diri sebelum Yesus menamai kepala para rasul ...

Baik kata Yunani "petros" maupun kata Aram yang searti "kefa" (=padas)rupanya tidak dipakai sebagai nama diri sebelum Yesus menamai kepala para rasul begitu. Nama itu melambangkan peranan Petrus sebagai dasar jemaat. Boleh jadi Yesus sudah merobah nama Petrus sebelum kejadian di Kaisarea Filipi ini, bdk Yoh 1:42; Mar 3:16; Luk 6:14

Jerusalem: Mat 16:18 - jemaatKu kata Aram yang diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani dengan "ekklesia" (jemaat, gereja) kerap kali ditemukan dalam Perjanjian Lama. Artinya ialah: bang...

kata Aram yang diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani dengan "ekklesia" (jemaat, gereja) kerap kali ditemukan dalam Perjanjian Lama. Artinya ialah: bangsa terpilih, khususnya waktu mengembara di padang gurun, bdk Ula 4:10 dll; Kis 7:38. Ada beberapa kelompok orang Yahudi yang menganggap diri sebagai "sisa Israel" (Yes 4:3) di zaman terakhir, misalnya jemaat kaum Eseni di Qumran. Mereka menyebut dirinya juga dengan kata Aram tersebut. Yesus mengambil alih istilah itu untuk menyebut jemaat Mesias. Perjanjian Baru dari jemaat itu akan diikat oleh Yesus dengan menumpahkan darahNya sendiri, Mat 26:28+; Efe 5:25. Dengan memakai istilah itu sejalan dengan ungkapan "Kerajaan Sorga", Mat 4:17+, Yesus mau menekankan bahwa jemaat di zaman terakhir itu sudah mulai di bumi melalui sebuah masyarakat yang tersusun dan yang kepalanya diangkat oleh Yesus sendiri. Bdk Kis 5:11+; 1Ko 1:2+

Jerusalem: Mat 16:18 - alam maut Harafiah: pintu-pintu gerbang Hades. Kata Yunani "Hades" ini menterjemahkan kata Ibrani "syeol", ialah tempat tinggal orang mati, bdk Bil 16:33. "Pint...

Harafiah: pintu-pintu gerbang Hades. Kata Yunani "Hades" ini menterjemahkan kata Ibrani "syeol", ialah tempat tinggal orang mati, bdk Bil 16:33. "Pintu gerbangnya" di sini diperorangkan sebagai lambang kekuasaan si jahat. Setelah ia menyeret manusia ke dalam kematian dosa, lalu memenjarakannya dalam maut kekal. Dengan mengikuti Pendirinya yang "turun ke alam maut", 1Pe 3:19+, lalu dibangkitkan, Kis 2:27,31. Gereja bertugas merenggut orang pilihan dari genggaman maut, baik maut sementara maupun terutama maut kekal, lalu menempatkan mereka dalam Kerajaan Sorga, bdk Kol 1:3; 1Ko 15:26; Wah 6:8; Wah 20:13.

Jerusalem: Mat 16:19 - kunci Kerajaan Sorga Sama seperti Alam Maut, demikianpun dunia Allah ada pintu gerbangnya. Hanya mereka yang layak, diizinkan masuk; bdk Mat 23:13 dsj; Petrus mendapat "ku...

Sama seperti Alam Maut, demikianpun dunia Allah ada pintu gerbangnya. Hanya mereka yang layak, diizinkan masuk; bdk Mat 23:13 dsj; Petrus mendapat "kunci-kuncinya". Maka Petrus bertugas membuka atau menutup pintu gerbang Gereja

Jerusalem: Mat 16:19 - kauikat...kaulepaskan Kedua kata ini merupakan istilah yang dipakai para rabi Yahudi. Pertama-tama istilah itu mengenai tata tertib jemaat: orang dapat dikucilkan sehingga ...

Kedua kata ini merupakan istilah yang dipakai para rabi Yahudi. Pertama-tama istilah itu mengenai tata tertib jemaat: orang dapat dikucilkan sehingga orang "terikat", atau diperbolehkan masuk lagi (dilepaskan dari pengucilan). Tetapi selanjutnya istilah itu juga dipakai sehubungan dengan keputusan di bidang ajaran atau hukum, lalu artinya: melarang (ajaran, tindakan), (mengikat), atau mengizinkannya (melepaskan). Petrus sebagai kepala (kunci merupakan lambang jabatan itu, bdk Yes 22:22) Keluarga Allah, mendapat kekuasaan di bidang tata tertib untuk mengizinkan orang masuk atau mengeluarkannya kalau dianggap baik; iapun membimbing jemaat dengan mengambil keputusan di bidang ajaran dan akhlak. Tindakan dan keputusan semacam itu oleh Allah di Sorga disahkan. Para ahli tafsir katolik berpendapat bahwa janji-janji Yesus kepada Petrus itu juga mengenai para penggantinya. Kesimpulan itu memang tidak langsung dapat diambil dari perkataan Kristus itu, namun kesimpulan itu dapat dibenarkan, oleh karena Yesus dengan mengangkat Petrus jelas bermaksud menjamin masa depan jemaatNya melalui sebuah lembaga, yang tidak dilenyapkan dengan kematian Petrus. Ada dua ayat lain, Luk 22:31 dst; Yoh 21:15 dst., yang menonjolkan bahwa jabatan Petrus sebagai kepala terutama mengenai bidang kepercayaan dan bahwa Petrus tidak hanya kepala jemaat di masa depan saja, tetapi juga kepala rasul-rasul lain.

Jerusalem: Mat 16:21 - Sejak waktu itu Pada saat yang memutuskan, yaitu saat Yesus untuk pertama kalinya dengan terus terang diakui oleh murid-muridNya sebagai Mesias, Yesus juga untuk pert...

Pada saat yang memutuskan, yaitu saat Yesus untuk pertama kalinya dengan terus terang diakui oleh murid-muridNya sebagai Mesias, Yesus juga untuk pertama kalinya menubuatkan penderitaanNya: dengan peranan mulia sebagai Mesias digabungkanNya peranan sedih yang dipegang oleh Hamba Tuhan yang menderita. Tindakan untuk mendidik ini beberapa hari kemudian diteguhkan oleh kejadian-kejadian di gunung tempat Yesus dimuliakan, tetapi segera melarang murid-murid menyiarkan pengalaman itu dan kembali menubuatkan penderitaanNya, Mat 17:1-12. Dengan jalan itu Yesus menyiapkan kepercayaan murid-muridNya untuk menghadapi krisis yang tidak lama lagi akan ditimbulkan oleh kematian dan kebangkitanNya.

Jerusalem: Mat 16:23 - batu sandungan Dengan usahanya menghalangi jalan yang harus ditempuh Mesias, Petrus menjadi "batu sandungan" bagiNya dan dengan tidak sadar pendukung Iblis sendiri, ...

Dengan usahanya menghalangi jalan yang harus ditempuh Mesias, Petrus menjadi "batu sandungan" bagiNya dan dengan tidak sadar pendukung Iblis sendiri, bdk Mat 4:1-10.

Jerusalem: Mat 16:25 - -- Perkataan Yesus ini berupa paradoks. Mereka yang mengikuti Yesus mempertaruhkan dua tahap kehidupan manusia: yang sekarang dan yang akan datang. Kata ...

Perkataan Yesus ini berupa paradoks. Mereka yang mengikuti Yesus mempertaruhkan dua tahap kehidupan manusia: yang sekarang dan yang akan datang. Kata Yunani "psikhe" yang di sini searti dengan kata Ibrani "nefesy" mengandung tiga arti sekaligus: hidup (nyawa), jiwa dan diri orang. Lihat Kej 2:7; (Maz 6:5).

Jerusalem: Mat 16:27 - perbuatannya Var: kelakuannya

Var: kelakuannya

Ende: Mat 16:13 - -- Wilajah ini letaknja disebelah utara tasik Genesaret. Kota Sesarea Pilipi ialah sebuah kota jang didirikan oleh Herodes Pilipus dan terletak kira-kira...

Wilajah ini letaknja disebelah utara tasik Genesaret. Kota Sesarea Pilipi ialah sebuah kota jang didirikan oleh Herodes Pilipus dan terletak kira-kira 40 km djauhnja dari tasik.

Ende: Mat 16:17 - Daging dan darah pemikiran serba manusiawi.

pemikiran serba manusiawi.

Ende: Mat 16:18 - Engkaulah Petrus Jesus memakai bahasa Aramea dan sebenarnja menjebutnja Kefa artinja bukit batu (tjadas). Sebab itu Jesus sebenarnja bersabda: Engkau bukit batu, dan d...

Jesus memakai bahasa Aramea dan sebenarnja menjebutnja Kefa artinja bukit batu (tjadas). Sebab itu Jesus sebenarnja bersabda: Engkau bukit batu, dan diatas bukit batu ini Aku akan mendirikan geredjaKu. Terdjemahan "Kefa" dalam bahasa Junani ialah "Petros", dalam bahasa Latin mendjadi Petrus. Bdl. Yoh 1:42. Paulus gemar menggunakan nama Aramea dalam bentuk Junani "Kefas". Demikian dalam Gal 1:18; 2:9; 2:14; 1Ko 3:22 dan1Ko 9:5.

Ende: Mat 16:18 - GeredjaKu Istilah "geredja", dalam bahasa Junani "ekklesia" digunakan oleh Septuaginta untuk umat Israel, sebagai umat pilihan Allah. "GeredjaKu" adalah Keradja...

Istilah "geredja", dalam bahasa Junani "ekklesia" digunakan oleh Septuaginta untuk umat Israel, sebagai umat pilihan Allah. "GeredjaKu" adalah Keradjaan Allah jang didirikan oleh Jesus sebagai Mesias, mendjadi umat Allah jang baru.

Ende: Mat 16:18 - Gapura (pintu gerbang) keradjaan maut Aslinja gapura "hades". Hades itu dibajangkan orang Junani dan Romawi sebagai tempat tinggal orang-orang mati, letaknja dipusat bumi atau dibawah bumi...

Aslinja gapura "hades". Hades itu dibajangkan orang Junani dan Romawi sebagai tempat tinggal orang-orang mati, letaknja dipusat bumi atau dibawah bumi. Radjanja ialah maut. Dalam bahasa kiasan orang Jahudi "gapura" melambangkan kekuatan suatu keradjaan. Djadi maksud Jesus disini: maut jang sifatnja membinasakan segala kehidupan, tidak akan mampu membinasakan Geredja Kristus ialah Keradjaan Allah baru.

Ada pula jang menterdjemahkan "gapura (pintu gerbang) naraka", dan menafsirkanja sebagai kekuatan keradjaan setan,

Ende: Mat 16:19 - Kuntji Menjerahkan kuntji-kuntji melambangkan menjerahkan kekuasaan penuh kepada seorang wakil.

Menjerahkan kuntji-kuntji melambangkan menjerahkan kekuasaan penuh kepada seorang wakil.

Ende: Mat 16:19 - Mengikat "melepaskan". Istilah-istilah asli dalam bahasa ketatanegaraan dan kehakiman berarti: mewadjibkan atau melarang orang dan melepaskan mereka dari ikata...

"melepaskan". Istilah-istilah asli dalam bahasa ketatanegaraan dan kehakiman berarti: mewadjibkan atau melarang orang dan melepaskan mereka dari ikatan-ikatan itu pula, mendjatuhkan hukuman atas seseorang, dan membebaskannja dari hukuman itu pula, dengan membenarkannja atau memberi ampun, dan djuga berarti menetapkan undang-undang dan membatalkannja.

Ende: Mat 16:21 - -- Sesudah murid-murid menjatakan kejakinannja, bahwa Jesus benar-benar Mesias dan Putera Allah, maka sudah sampai waktunja Jesus menginsjafkan mereka, b...

Sesudah murid-murid menjatakan kejakinannja, bahwa Jesus benar-benar Mesias dan Putera Allah, maka sudah sampai waktunja Jesus menginsjafkan mereka, bahwa ialah akan menjelamatkan "Israel" bukannja dengan bertindak sebagai seorang radja jang berdaulat gilang-gemilang, melainkan dengan menderita sengsara jang hebat sampai mati dibunuh.

Ende: Mat 16:23 - -- Memang sukar bagi murid-murid membajangkan apa jang dinjatakan Jesus tadi. Hardikan Jesus kepada Petrus tentu sadja demikian keras, hanja untuk meneka...

Memang sukar bagi murid-murid membajangkan apa jang dinjatakan Jesus tadi. Hardikan Jesus kepada Petrus tentu sadja demikian keras, hanja untuk menekankan kesungguhan pernjataanNja itu dan untuk menginsjafkan Petrus setegas-tegasnja akan salah paham dan salah sikapnja.

Ende: Mat 16:23 - KebelakangKu engkau penggoda Petrus seolah-olah hendak menahan Jesus, supaja Ia djangan pergi menempuh djalan sengsara dan penghinaan itu. Petrus penggoda dalam arti, ia seolah-ol...

Petrus seolah-olah hendak menahan Jesus, supaja Ia djangan pergi menempuh djalan sengsara dan penghinaan itu. Petrus penggoda dalam arti, ia seolah-olah hendak membudjuk Jesus melawan kehendak BapaNja.

Ende: Mat 16:24 - Menjangkal diri Arti ungkapan ini sangat luas. Dapat disadurkan sebagai: menguasai dan mentjegah segala ketjenderungan, jang bertentangan dengan kepentingan-kepenting...

Arti ungkapan ini sangat luas. Dapat disadurkan sebagai: menguasai dan mentjegah segala ketjenderungan, jang bertentangan dengan kepentingan-kepentingan hidup abadi dan dengan Keradjaan Allah umumnja. Lagi pula berdjuang dan rela berkurban untuk mewudjudkan tjita-tjita Keradjaan Allah pada dirinja sendiri dan orang lain.

"Mengangkat salibnja". Jaitu bukan dengan paksa, melainkan dengan rela hati menerima segala kesusahan dan pengurbanan jang perlu atau berharga untuk Keradjaan Allah dan kehidupan abadi.

Ref. Silang FULL: Mat 16:9 - kamu kumpulkan · kamu kumpulkan: Mat 14:17-21

· kamu kumpulkan: Mat 14:17-21

Ref. Silang FULL: Mat 16:10 - kamu kumpulkan · kamu kumpulkan: Mat 15:34-38

· kamu kumpulkan: Mat 15:34-38

Ref. Silang FULL: Mat 16:12 - dan Saduki · dan Saduki: Kis 4:1; Kis 4:1

· dan Saduki: Kis 4:1; [Lihat FULL. Kis 4:1]

Ref. Silang FULL: Mat 16:14 - Yohanes Pembaptis // para nabi · Yohanes Pembaptis: Mat 3:1; Mat 3:1 · para nabi: Mr 6:15; Yoh 1:21

· Yohanes Pembaptis: Mat 3:1; [Lihat FULL. Mat 3:1]

· para nabi: Mr 6:15; Yoh 1:21

Ref. Silang FULL: Mat 16:16 - Anak Allah · Anak Allah: Mat 4:3; Mat 4:3; Mazm 42:3; Yer 10:10; Kis 14:15; 2Kor 6:16; 1Tes 1:9; 1Tim 3:15; Ibr 10:31; 12:22

Ref. Silang FULL: Mat 16:17 - bukan manusia // di sorga · bukan manusia: 1Kor 15:50; Ef 6:12; Ibr 2:14 · di sorga: Mat 13:11; Mat 13:11

· bukan manusia: 1Kor 15:50; Ef 6:12; Ibr 2:14

· di sorga: Mat 13:11; [Lihat FULL. Mat 13:11]

Ref. Silang FULL: Mat 16:18 - adalah Petrus // mendirikan jemaat-Ku · adalah Petrus: Yoh 1:42 · mendirikan jemaat-Ku: Ef 2:20; Ef 2:20

· adalah Petrus: Yoh 1:42

· mendirikan jemaat-Ku: Ef 2:20; [Lihat FULL. Ef 2:20]

Ref. Silang FULL: Mat 16:19 - Kuberikan kunci // di sorga · Kuberikan kunci: Yes 22:22; Wahy 3:7 · di sorga: Mat 18:18; Yoh 20:23

· Kuberikan kunci: Yes 22:22; Wahy 3:7

· di sorga: Mat 18:18; Yoh 20:23

Ref. Silang FULL: Mat 16:20 - kepada siapapun · kepada siapapun: Mr 8:30; Mr 8:30

· kepada siapapun: Mr 8:30; [Lihat FULL. Mr 8:30]

Ref. Silang FULL: Mat 16:21 - ke Yerusalem // banyak penderitaan // ahli-ahli Taurat // lalu dibunuh // dan dibangkitkan // hari ketiga · ke Yerusalem: Luk 9:51; Luk 9:51 · banyak penderitaan: Mazm 22:7; Yes 53:3; Mat 26:67,68; Mr 10:34; Luk 17:25; Yoh 18:22,23; 19:3 &mid...

· ke Yerusalem: Luk 9:51; [Lihat FULL. Luk 9:51]

· banyak penderitaan: Mazm 22:7; Yes 53:3; Mat 26:67,68; Mr 10:34; Luk 17:25; Yoh 18:22,23; 19:3

· ahli-ahli Taurat: Mat 27:1,2

· lalu dibunuh: Kis 2:23; 3:13

· dan dibangkitkan: Mat 17:22,23; Mr 9:31; Luk 9:22; 18:31-33; 24:6,7

· hari ketiga: Hos 6:2; Mat 12:40; Luk 24:21,46; Yoh 2:19; 1Kor 15:3,4

Ref. Silang FULL: Mat 16:23 - Enyahlah Iblis · Enyahlah Iblis: Mat 4:10; Mat 4:10

· Enyahlah Iblis: Mat 4:10; [Lihat FULL. Mat 4:10]

Ref. Silang FULL: Mat 16:24 - mengikut Aku · mengikut Aku: Mat 10:38; Luk 14:27

· mengikut Aku: Mat 10:38; Luk 14:27

Ref. Silang FULL: Mat 16:25 - akan memperolehnya · akan memperolehnya: Yoh 12:25; Yoh 12:25

· akan memperolehnya: Yoh 12:25; [Lihat FULL. Yoh 12:25]

Ref. Silang FULL: Mat 16:27 - Anak Manusia // akan datang // menurut perbuatannya · Anak Manusia: Mat 8:20; Mat 8:20 · akan datang: Luk 17:30; Luk 17:30; Yoh 14:3; Kis 1:11; 1Kor 1:7; 1Kor 1:7; 1Tes 2:19; 1Tes 2:19; 1T...

· Anak Manusia: Mat 8:20; [Lihat FULL. Mat 8:20]

· akan datang: Luk 17:30; [Lihat FULL. Luk 17:30]; Yoh 14:3; Kis 1:11; 1Kor 1:7; [Lihat FULL. 1Kor 1:7]; 1Tes 2:19; [Lihat FULL. 1Tes 2:19]; 1Tes 4:16; Wahy 1:7; [Lihat FULL. Wahy 1:7]; Wahy 22:7,12,20

· menurut perbuatannya: 2Taw 6:23; Ayub 34:11; Mazm 62:13; Yer 17:10; Yeh 18:20; 1Kor 3:12-15; 2Kor 5:10; Wahy 22:12

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Mat 16:5-12 - Tentang Ragi Orang Farisi Tentang Ragi Orang Farisi (16:5-12) Di sini, di...

Matthew Henry: Mat 16:13-20 - Percakapan Kristus dengan Murid-murid-Nya Percakapan Kristus dengan Murid-murid-Nya (16:13-20) ...

Matthew Henry: Mat 16:21-23 - Kristus Menegur Petrus Kristus Menegur Petrus (16:21-23) Di sini dice...

Matthew Henry: Mat 16:24-28 - Harga Nyawa Harga Nyawa (16:24-28) Setelah Kristus memberi...

SH: Mat 16:5-12 - Hipokrit Rohani (Rabu, 22 Februari 2017) Hipokrit Rohani Dalam konteks agama, hipokrit rohani merupakan kejahatan serius. Sering kali masalah hipokrit dip...

SH: Mat 16:1-12 - Perlukah tanda? (Sabtu, 14 Maret 1998) Perlukah tanda? Perlukah tanda? Orang bebal datang kepada Tuhan Yesus acapkali bukan untuk menyerahkan...

SH: Mat 16:1-12 - Pemahaman yang statis (Rabu, 14 Februari 2001) Pemahaman yang statis Pemahaman yang statis. Orang yang merasa dirinya paling benar, sulit menerima penda...

SH: Mat 16:1-12 - Buta karena ketidakpercayaan (Kamis, 10 Februari 2005) Buta karena ketidakpercayaan Buta karena ketidakpercayaan. Orang yang tidak percaya karena tidak meng...

SH: Mat 16:1-12 - Tanda zaman dan ragi (Senin, 15 Februari 2010) Tanda zaman dan ragi Judul: Tanda zaman dan ragi Ada orang, yang karena profesi atau pengalamannya, da...

SH: Mat 16:1-12 - Menjadi waspada dan berjaga (Rabu, 13 Februari 2013) Menjadi waspada dan berjaga Judul: Menjadi waspada dan berjaga Orang Farisi dan Saduki berseberangan d...

SH: Mat 16:1-4 - Kebutaan Rohani (Selasa, 21 Februari 2017) Kebutaan Rohani Apa itu kebutaan rohani? Buta rohani adalah ketidakmampuan seseorang memahami, menerima, dan meli...

SH: Mat 16:13-28 - Antara pendapat dan sikap. (Minggu, 15 Maret 1998) Antara pendapat dan sikap. Antara pendapat dan sikap. Selama perjalanan pelayanan yang Yesus lakukan, ...

SH: Mat 16:13-28 - Iman: kata dan perbuatan (Jumat, 11 Februari 2005) Iman: kata dan perbuatan Iman: kata dan perbuatan. Pengakuan iman yang benar bersumber dari Allah. Ak...

SH: Mat 16:13-20 - Arti sebuah pengakuan (Kamis, 15 Februari 2001) Arti sebuah pengakuan Arti sebuah pengakuan. Seorang ayah bertanya kepada anaknya yang masih berusia tuju...

SH: Mat 16:13-20 - Mengenal siapakah Yesus (Selasa, 16 Februari 2010) Mengenal siapakah Yesus Judul: Mengenal siapakah Yesus Menjelang kesengsaraan-Nya di Yerusalem, Yesus ...

SH: Mat 16:13-20 - Pengakuan iman (Kamis, 14 Februari 2013) Pengakuan iman Judul: Pengakuan iman Biasanya orang karena bergaul akrab akan mengenal sahabatnya lebi...

SH: Mat 16:13-20 - Identitas Yesus (Kamis, 23 Februari 2017) Identitas Yesus Waktu Yesus di dunia sangat terbatas. Selama ini, Yesus dan para murid-Nya hidup bersama. Berbaga...

SH: Mat 16:13-20 - Menjadi Batu Hidup (Sabtu, 4 September 2021) Menjadi Batu Hidup Sebongkah batu alam tidak berharga saat masih berada di gunung. Tetapi, ketika batu itu menjad...

SH: Mat 16:21-28 - Memang tak mudah jalannya (Jumat, 16 Februari 2001) Memang tak mudah jalannya Memang tak mudah jalannya. Keberadaan Mesias sejati bertolak belakang dengan Me...

SH: Mat 16:21-28 - Jalan salib (Rabu, 17 Februari 2010) Jalan salib Judul: Jalan salib Dengan berpegang pada pengenalan dasar murid-murid kepada-Nya, Yesus ...

SH: Mat 16:21-28 - Meniru Yesus (Jumat, 15 Februari 2013) Meniru Yesus Judul: Meniru Yesus Entah apa yang dipikirkan Petrus setelah pengakuan imannya dipuji San...

SH: Mat 16:21-28 - Harga Mati Mengikut Yesus (Jumat, 24 Februari 2017) Harga Mati Mengikut Yesus Konsep para murid bahwa Yesus adalah Mesias dan anak Allah sedang menghadapi ujian bera...

SH: Mat 16:21-28 - Menjadi Murid Yesus (Minggu, 5 September 2021) Menjadi Murid Yesus Menjadi orang percaya atau orang Kristen adalah satu hal, tetapi hidup sebagai orang percaya ...

Topik Teologia: Mat 16:13 - -- Yesus Kristus Yesus Menyebut Diri-Nya Seorang Manusia Mat 8:20 ...

Topik Teologia: Mat 16:16 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Hidup Yos 3:1...

Topik Teologia: Mat 16:17 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Tempat Kediaman Allah Allah Berdiam di Surga ...

Topik Teologia: Mat 16:18 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Gereja ...

Topik Teologia: Mat 16:19 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Beriman kepada Allah Percaya kepada Allah dan Percayailah Dia Telad...

Topik Teologia: Mat 16:20 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Kristus Mat 1:16 ...

Topik Teologia: Mat 16:21 - -- Keselamatan Kebangkitan Kristus sebagai Peristiwa Keselamatan Fakta Kebangkitan Kristus Yesus Memberitahukan Sebel...

Topik Teologia: Mat 16:24 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Menaati Allah Ikut Allah Mengikut Kristus ...

Topik Teologia: Mat 16:27 - -- Yesus Kristus Yesus Mengklaim Kuasa atas Kehidupan, Ruang dan Waktu Ma...

Topik Teologia: Mat 16:28 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Dipanggil sebagai Manusia oleh Banyak Orang Yesus Menyebut Diri-Nya Seor...

TFTWMS: Mat 16:7-10 - Salah Pengertian Murid-murid SALAH PENGERTIAN MURID-MURID (Matius 16:7-10) 7 Maka mereka berpiki...

TFTWMS: Mat 16:11-12 - Peringatan Yesus Diulang PERINGATAN YESUS DIULANG (Matius 16:11, 12) 11"Bagaimana mung...

TFTWMS: Mat 16:13-16 - Petrus: Engkau Adalah Mesias PETRUS: "ENGKAU ADALAH MESIAS" (Matius 16:13-16) 13 Sete...

TFTWMS: Mat 16:17-18 - Yesus: Aku Akan Membangun Jemaat-ku YESUS: "AKU AKAN MEMBANGUN JEMAAT-KU" (Matius 16:17, 18) ...

TFTWMS: Mat 16:19-20 - Yesus: Kepadamu Akan Kuberikan Kunci Kerajaan Sorga YESUS: " KEPADAMU AKAN KUBERIKAN KUNCI KERAJAAN SORGA" (Matius 16:19, 20) ...

TFTWMS: Mat 16:21-23 - Salib Yang Mendekat Dan Pemberitahuan Yesus Yang Pertama Tentang Kematian-nya Yang Mendekat SALIB YANG MENDEKAT DAN PEMBERITAHUAN YESUS YANG PERTAMA TENTANG KEMATIAN-NYA YANG MENDEKAT (Mat...

TFTWMS: Mat 16:24-27 - Pernyataan Yesus Tentang Biaya Pemuridan PERNYATAAN YESUS TENTANG BIAYA PEMURIDAN (Matius 16:24-27) 24 Lalu...

TFTWMS: Mat 16:28 - Yesus Berjanji Bahwa Beberapa Orang Di Sana Akan Melihat Kerajaan Itu YESUS BERJANJI BAHWA BEBERAPA ORANG DI SANA AKAN MELIHAT KERAJAAN ITU (Matius 16:28) ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Matius (Pendahuluan Kitab) Penulis : Matius Tema : Yesus, Raja Mesianis Tanggal Penulisan: Tahun ...

Full Life: Matius (Garis Besar) Garis Besar I. Memperkenalkan Mesias (...

Matthew Henry: Matius (Pendahuluan Kitab) Di hadapan kita terdapat, I. Perjanjian (wasiat) Baru Yesus Kristus, Tuhan dan Jurusela...

Jerusalem: Matius (Pendahuluan Kitab) INJIL-INJIL SINOPTIK PENGANTAR Ada empat kitab dalam Perjanjian Baru yang ...

Ende: Matius (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN MATEUS KATA PENGANTAR Tentang pengarang Indjil ini Karangan Indjil ini sedj...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) Matius: Pelayanan SANG RAJA 16:5-12 "Waspadalah Terhadap Rag...

TFTWMS: Matius (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Donald A. Hagner, Matthew 14-28...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) Matius: Pelayanan SANG RAJA 16:13-20 Dua Pernyataan Penting...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) SOSOK YESUS (Matius 16:13-20) ...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) Siapakah Yesus Orang Nazaret Itu? (Matius 16:13-20) Jawaban atas p...

TFTWMS: Matius (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Josephus Wars 3.10.7. 2 Bersyeba terletak di Yehuda, bagian s...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) Pengakuan Petrus (Matius 16:16) Petrus bukanlah yang pertama yang mengakui ...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) GEREJA KRISTUS (Matius 16:18) Yesus berkata, "Aku akan mendirikan gere...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) Matius: Pelayanan SANG RAJA 16:21-28 Persiapan Saat-Saat Terakhi...

TFTWMS: Matius (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Craig S. Keener, A Commentary on the Gospel of Matthew (Grand Rapids, Mich.: Wm. B. Eer...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) HILANG DAN DITEMUKAN (Matius 16:24-27) Yesus mengajarkan pentingny...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) KEHILANGAN NYAWA (Matius 16:25) Meski jika perlu orang harus rela menyerahk...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) KEINGINAN UNTUK DISELAMATKAN (Matius 16:26) Hal paling tragis apakah yang b...

BIS: Matius (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MATIUS PENGANTAR Buku Matius menyampaikan kepada kita Kabar Baik bahwa Yesus...

Ajaran: Matius (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Matius orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias,...

Intisari: Matius (Pendahuluan Kitab) MENGAPA INJIL INI DITULIS.Matius mempunyai beberapa alasan yang jelas mengapa ia menulis Injil ini:1. Untuk menunjukkan hubungan ant...

Garis Besar Intisari: Matius (Pendahuluan Kitab) [1] KEDATANGAN MESIAS Mat 1:1-4:25...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #10: Klik ikon untuk merubah tampilan teks alkitab menjadi per baris atau paragraf. [SEMUA]
dibuat dalam 0.23 detik
dipersembahkan oleh YLSA