kecilkan semua  

Teks -- Kejadian 2:1-7 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
2:1 Demikianlah diselesaikan langit dan bumi dan segala isinya. 2:2 Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu. 2:3 Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu. 2:4 Demikianlah riwayat langit dan bumi pada waktu diciptakan. Ketika TUHAN Allah menjadikan bumi dan langit, -- 2:5 belum ada semak apapun di bumi, belum timbul tumbuh-tumbuhan apapun di padang, sebab TUHAN Allah belum menurunkan hujan ke bumi, dan belum ada orang untuk mengusahakan tanah itu; 2:6 tetapi ada kabut naik ke atas dari bumi dan membasahi seluruh permukaan bumi itu -- 2:7 ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kej 2:3 - ALLAH MEMBERKATI HARI KETUJUH ITU. Nas : Kej 2:3 Allah memberkati hari ketujuh (yaitu Sabat) dan menetapkannya sebagai hari yang kudus dan hari perhentian khusus sebagai peringatan a...

Nas : Kej 2:3

Allah memberkati hari ketujuh (yaitu Sabat) dan menetapkannya sebagai hari yang kudus dan hari perhentian khusus sebagai peringatan akan selesainya seluruh karya penciptaan. Kemudian Allah menjadikan hari Sabat suatu hari berkat bagi umat-Nya yang setia (Kel 20:8). Allah menyatakannya sebagai hari perhentian, pelayanan, dan persekutuan dengan-Nya (Kel 16:29; 31:12-17;

lihat cat. --> Mat 12:1).

[atau ref. Mat 12:1]

Full Life: Kej 2:4 - DEMIKIANLAH RIWAYAT. Nas : Kej 2:4 Riwayat penciptaan yang kedua ini (Kej 2:4-25) tidak bertentangan dengan Kej 1:1-2:3. Kisah ini lebih merinci penciptaan laki-laki da...

Nas : Kej 2:4

Riwayat penciptaan yang kedua ini (Kej 2:4-25) tidak bertentangan dengan Kej 1:1-2:3. Kisah ini lebih merinci penciptaan laki-laki dan wanita, lingkungan dan masa percobaan mereka. Pasal Kej 2:1-25 memberikan rincian menurut topik, sedangkan pasal Kej 1:1-31 menyajikan urutan kronologis.

Full Life: Kej 2:4 - TUHAN ALLAH. Nas : Kej 2:4 Nama Allah yang lain diperkenalkan dalam Kej 2:4, nama "Tuhan" (Ibr. _YHWH_, "Yahweh"). Jikalau _Elohim_ (Kej 1:1) merupakan nama All...

Nas : Kej 2:4

Nama Allah yang lain diperkenalkan dalam Kej 2:4, nama "Tuhan" (Ibr. _YHWH_, "Yahweh"). Jikalau _Elohim_ (Kej 1:1) merupakan nama Allah yang umum, yang menekankan kebesaran dan kuasa-Nya

(lihat art. PENCIPTAAN),

"Tuhan" adalah nama pribadi dan perjanjian yang dengannya Allah menyatakan diri kepada umat-Nya. Dalam penyataan nama perjanjian Allah ini terkandung kasih setia-Nya, perhatian akan keselamatan manusia, serta kedekatan dan kehadiran-Nya yang setia bersama umat-Nya. Nama pribadi ini dipakai dalam situasi ketika Dia dilihat dalam hubungan langsung dengan umat-Nya atau dengan alam. Bila kata-kata "Tuhan Allah" dipakai bersamaan, maka nama tersebut mengacu kepada Pencipta mahakuasa yang telah memasuki hubungan perjanjian dengan umat manusia (lih. ayat Kej 2:9-25; Kel 6:6; Im 11:44-45; Yes 53:1,5-6;

lihat cat. --> Kel 3:14).

[atau ref. Kel 3:14]

Full Life: Kej 2:7 - MAKHLUK YANG HIDUP. Nas : Kej 2:7 Pemberian hidup kepada manusia dilukiskan sebagai akibat dari tindakan Allah yang khusus, berbeda dengan penciptaan makhluk hidup lai...

Nas : Kej 2:7

Pemberian hidup kepada manusia dilukiskan sebagai akibat dari tindakan Allah yang khusus, berbeda dengan penciptaan makhluk hidup lainnya. Allah secara khusus memberikan hidup dan nafas kepada manusia pertama, yang menunjukkan bahwa hidup manusia lebih tinggi dan berhakikat lain daripada bentuk kehidupan lain dan bahwa ada hubungan unik antara hidup ilahi dengan hidup manusia (bd. Kej 1:26-27). Allah merupakan sumber pokok dari hidup umat manusia.

BIS: Kej 2:7 - tanah ... manusia tanah ... manusia Kata "manusia" dan "tanah" dalam bahasa Ibrani mempunyai bunyi serupa.

tanah ... manusia Kata "manusia" dan "tanah" dalam bahasa Ibrani mempunyai bunyi serupa.

Jerusalem: Kej 1:1--2:4 - -- Menurut para ahli Kitab Suci kisah penciptaan ini berasal dari kalangan Para Imam. Ia lebih abstrak dan teologis dari pada kisah berikutnya, Kej 2:4-2...

Menurut para ahli Kitab Suci kisah penciptaan ini berasal dari kalangan Para Imam. Ia lebih abstrak dan teologis dari pada kisah berikutnya, Kej 2:4-25. Pengarang kisah pertama ini bermaksud mengelompokkan semua makhluk dengan cara yang ditinjau dari segi logika dapat memuaskan dan yang mencakup segala sesuatu yang dijadikan Allah. Dengan berpegangan pada suatu bagan yang rapih tersusun pengarang mengisahkan karya penciptaan dalam rangka satu minggu. Karya Allah berakhir dengan beristirahat, sebagaimana orang beristirahat pada hari Sabat. Semua makhluk mulai berada atas kehendak Allah. Mula-mula diciptakan apa yang rendah martabatnya, lalu yang lain-lain sampai dengan makhluk yang paling mulia, yaitu manusia, gambaran Allah dan raja alam semesta. Kisah penciptaan ini disusun berdasarkan ilmu pengetahuan yang amat primitip. Karenanya tidak berguna sama sekali berusaha menyesuaikan kisah ini dengan ilmu pengetahuan modern. Tetapi dalam bentuk yang sesuai dengan zaman penyusunannya kisah ini menyajikan ajaran berupa wahyu mengenai Allah yang esa dan transenden, Allah yang ada sebelum dunia dan yang menciptakan segala sesuatu. Dan inilah ajaran yang berlaku bagi segala zaman.

Jerusalem: Kej 2:3 - menguduskannya Hari Sabat (Ibraninya: syabbat) ditetapkan Allah. Sebab Allah sendiri beristirahat (Ibraninya: syabbat) pada hari ketujuh. Namun demikian pengarang me...

Hari Sabat (Ibraninya: syabbat) ditetapkan Allah. Sebab Allah sendiri beristirahat (Ibraninya: syabbat) pada hari ketujuh. Namun demikian pengarang mencegah diri dari menyebut "Sabat", sebab menurut tradisi Para Imam hukum hari Sabat baru dibebankan di gunung Sinai sebagai tanda perjanjian, Kej 31:12-17. tetapi dalam karya penciptaan Allah memberi teladan yang seharusnya dituruti manusia, Kel 20:11; 31:17.

Jerusalem: Kej 2:4 - riwayat Ini menterjemahkan kata Ibrani toledot yang secara harafiah berarti: apa yang dilahirkan, diperanakkan; keturunan. Arti kedua ialah: riwayat bapa lelu...

Ini menterjemahkan kata Ibrani toledot yang secara harafiah berarti: apa yang dilahirkan, diperanakkan; keturunan. Arti kedua ialah: riwayat bapa leluhur serta keturunannya, bdk Kej 6:9; 25:19; 37:2. Dengan menggunakan istilah itu kisah penciptaan ini kehilangan ciri mitologisnya, sebab penciptaan itu menjadi awal sejarah dunia. Istilah itu mencegah juga suatu pengertian yang berkembang di negeri Sumer dan Mesir, bahwa penciptaan merupakan serangkaian kelahiran ilahi (dewa)

Jerusalem: Kej 2:7 - manusia itu dari debu tanah Manusia, Ibraninya: adam, berasal dari tanah, Ibrani" Adamah bdk Kej 3:19. Nama kolektip (umat manusia) ini akan menjadi nama diri manusia pertama, Ad...

Manusia, Ibraninya: adam, berasal dari tanah, Ibrani" Adamah bdk Kej 3:19. Nama kolektip (umat manusia) ini akan menjadi nama diri manusia pertama, Adam, bdk Kej 4:25; 5:1,3

Jerusalem: Kej 2:7 - makhluk yang hidup Manusia menjadi makhluk yang hidup berkat hembusan nafas yang menghidupkan (atau juga berkat roh, Ibraninya ruah,Kej 6:17+; Yes 11:2+). Dalam bahasa I...

Manusia menjadi makhluk yang hidup berkat hembusan nafas yang menghidupkan (atau juga berkat roh, Ibraninya ruah,Kej 6:17+; Yes 11:2+). Dalam bahasa Ibrani "makhluk yang hidup" itu disebut nefesy, bdk Maz 6:5+.

Ende: Kej 2:2 - -- Disini djelaslah, mengapa pengarang telah memilih pemerintjian dalam enam hari. Ia bermaksud mengutarakan kepada umat Israel, bahwa hukum Sabbat adala...

Disini djelaslah, mengapa pengarang telah memilih pemerintjian dalam enam hari. Ia bermaksud mengutarakan kepada umat Israel, bahwa hukum Sabbat adalah hukum jang berasal dari Tuhan sendiri, irama kehidupan jang diletakkan oleh Tuhan sendiri dalam dunia ini. Hari ketudjuh adalah hari istirahat untuk mengenangkan anugerah kurnia Tuhan. Kemudian hari ini dipandang djuga sebagai lambang Istirahat Abadi, jang memahkotai segala sudah-pajah diatas bumi ini.

Ende: Kej 2:4 - -- Dengan ajat 4b (Kej 2:4b) mulailah kissah baru berasal dari tradisi Jahwistis (J) (lihat Kata Pendahuluan). Djuga kissah ini bukanlah tjerita biasa, m...

Dengan ajat 4b (Kej 2:4b) mulailah kissah baru berasal dari tradisi Jahwistis (J) (lihat Kata Pendahuluan). Djuga kissah ini bukanlah tjerita biasa, melainkan disusun setelah dipertimbangkan dengan amat saksama. Tjerita menggambarkan hubungan asli antara umat manusia dan Tuhan, serupa dengan hubungan Israel dan Tuhan, seperti telah diwahjukan oleh Tuhan kepada Israel.

Ende: Kej 2:5 - -- Turutan machluk-machluk disini berlainan dengan fasal 1(Kej 1). Disini pertama-tama manusialah jang ditjiptakan. Kemudian baru machluk-machluk hidup l...

Turutan machluk-machluk disini berlainan dengan fasal 1(Kej 1). Disini pertama-tama manusialah jang ditjiptakan. Kemudian baru machluk-machluk hidup lainnja demi manusia.

Ende: Kej 2:7 - -- Manusia ('adam) badannja berasal dari tanah ('adamah). Tetapi kehidupannja berasal dari Tuhan. Dalam tjerita ini atjap kali kita berdjumpa dengan rang...

Manusia ('adam) badannja berasal dari tanah ('adamah). Tetapi kehidupannja berasal dari Tuhan. Dalam tjerita ini atjap kali kita berdjumpa dengan rangkaian kata seperti 'adam - 'adamah. Adam disini bukanlah nama orang tertentu, melainkan berarti "manusia" pada umumnja.

Endetn: Kej 2:2 - pada hari jang ketudjuh Allah menjelesaikan.... Sam. Junani dan Syr.: "pada hari jang keenam Allah menjelesaikan...."

Sam. Junani dan Syr.: "pada hari jang keenam Allah menjelesaikan...."

Ref. Silang FULL: Kej 2:1 - segala isinya · segala isinya: Ul 4:19; 17:3; 2Raj 17:16; 21:3; Mazm 104:2; Yes 44:24; 45:12; 48:13; 51:13

Ref. Silang FULL: Kej 2:2 - hari ketujuh // segala pekerjaan · hari ketujuh: Ul 5:14 · segala pekerjaan: Kej 2:2-3; Kel 20:11; 31:17; 34:21; Yoh 5:17; Ibr 4:4%&

· hari ketujuh: Ul 5:14

· segala pekerjaan: Kej 2:2-3; Kel 20:11; 31:17; 34:21; Yoh 5:17; Ibr 4:4%&

Ref. Silang FULL: Kej 2:3 - dan menguduskannya // Ia berhenti // pekerjaan penciptaan · dan menguduskannya: Kel 16:23; 20:10; 23:12; 31:15; 35:2; Im 23:3; Neh 9:14; Yes 58:13; Yer 17:22 · Ia berhenti: Mazm 95:11; Ibr 4:1-1...

· dan menguduskannya: Kel 16:23; 20:10; 23:12; 31:15; 35:2; Im 23:3; Neh 9:14; Yes 58:13; Yer 17:22

· Ia berhenti: Mazm 95:11; Ibr 4:1-11

· pekerjaan penciptaan: Kej 1:1; [Lihat FULL. Kej 1:1]

Ref. Silang FULL: Kej 2:4 - Demikianlah riwayat // waktu diciptakan · Demikianlah riwayat: Kej 5:1; 6:9; 10:1; 11:10,27; 25:12,19; 36:1,9; 37:2 · waktu diciptakan: Kej 1:1; Ayub 38:8-11

· Demikianlah riwayat: Kej 5:1; 6:9; 10:1; 11:10,27; 25:12,19; 36:1,9; 37:2

· waktu diciptakan: Kej 1:1; Ayub 38:8-11

Ref. Silang FULL: Kej 2:5 - belum timbul // ke bumi · belum timbul: Kej 1:11; Kej 1:11 · ke bumi: Ayub 38:28; Mazm 65:10-11; Yer 10:13

· belum timbul: Kej 1:11; [Lihat FULL. Kej 1:11]

· ke bumi: Ayub 38:28; Mazm 65:10-11; Yer 10:13

Ref. Silang FULL: Kej 2:7 - Allah membentuk // manusia // dari debu // tanah // menghembuskan nafas // hidup // menjadi makhluk · Allah membentuk: Yes 29:16; 43:1,2; 44:2 · manusia: Kej 1:27; Kej 1:27 · dari debu: Kej 3:19; 18:27; Ayub 4:19; 10:9; 17:16; 34...

· Allah membentuk: Yes 29:16; 43:1,2; 44:2

· manusia: Kej 1:27; [Lihat FULL. Kej 1:27]

· dari debu: Kej 3:19; 18:27; Ayub 4:19; 10:9; 17:16; 34:15; Mazm 90:3; Pengkh 3:20; 12:7

· tanah: Kej 3:23; 4:2; Mazm 103:14; Yer 18:6; 1Kor 15:47

· menghembuskan nafas: Kej 1:2; [Lihat FULL. Kej 1:2]; Ayub 27:3; Yes 2:22

· hidup: Kej 1:30; [Lihat FULL. Kej 1:30]; Yes 42:5; Kis 17:25

· menjadi makhluk: Ayub 12:10; 32:8; 33:4; 34:14; Mazm 104:29; Yes 57:16; Yeh 37:5; 1Kor 15:45%&

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kej 2:1-3 - Hari Ketujuh Pasal ini merupakan tambahan kepada sejarah penciptaan, yang secara lebih kh...

Matthew Henry: Kej 2:4-7 - Penciptaan Manusia Penciptaan Manusia (Kejadian 2:4-7) ...

SH: Kej 2:1-7 - Enam banding satu (Selasa, 4 Januari 2011) Enam banding satu Judul: Enam banding satu Kata "istirahat" dimaknai sebagai berhenti sejenak untuk me...

SH: Kej 1:31--2:4 - Makan dan istirahat (Jumat, 31 Januari 2003) Makan dan istirahat Makan dan istirahat. Banyak orang yang berwawasan pemikiran modern, mengerti ...

SH: Kej 1:31--2:4 - Makna Sabat (Rabu, 2 April 2008) Makna Sabat Judul: Makna Sabat Apa tujuan Allah berhenti dari segala pekerjaan penciptaan-Nya pada ...

SH: Kej 1:1--2:7 - Allah yang Teratur (Jumat, 20 April 2018) Allah yang Teratur Hakikat kehidupan berawal dari Allah (1). Allah menciptakan alam semesta dalam keteraturan. Ga...

SH: Kej 1:1--2:7 - Kacamata Iman (Jumat, 19 April 2024) Kacamata Iman Kitab Kejadian dengan jelas memberi tahu kita bahwa segala sesuatu berasal dari Allah. Tidak ada sa...

SH: Kej 2:4-17 - Bukan budak, tetapi juga tidak untuk bermanja-manja (Sabtu, 1 Februari 2003) Bukan budak, tetapi juga tidak untuk bermanja-manja Bukan budak, tetapi juga tidak untuk bermanja-manja. ...

SH: Kej 2:4-17 - Pribadi yang diciptakan (Kamis, 3 April 2008) Pribadi yang diciptakan Judul: Pribadi yang diciptakan Kisah penciptaan kedua ini mengambil pendekatan...

Utley: Kej 2:1-3 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 2:1-31 Dem...

Utley: Kej 2:4-9 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 2:4-94 Dem...

Topik Teologia: Kej 2:1 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Alam Memelihara Rasa Keajaiban Terhadap Ala...

Topik Teologia: Kej 2:3 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Urutan Penciptaan Allah Kebaikan dari Urutan Penciptaan Kej ...

Topik Teologia: Kej 2:4 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Urutan Penciptaan Allah Urutan Ciptaan Urutan Ciptaan dari Dunia Alamiah K...

Topik Teologia: Kej 2:7 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Pekerjaan-Pekerjaan Allah Urutan Penciptaan Allah ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Penulis : Musa Tema : Permulaan Tanggal Penulisan: + 1445 -- 1405 SM...

Full Life: Kejadian (Garis Besar) Garis Besar I. Permulaan Sejarah Manusia (...

Matthew Henry: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Di hadapan kita sekarang ada Kitab Suci, atau buku, sebab itulah arti...

Jerusalem: Kejadian (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR JUDUL-JUDUL, PEMBAGIAN DAN ISI Kelima buku pertama Kitab Suci me...

Ende: Kejadian (Pendahuluan Kitab) KEDJADIAN KATA PENDAHULUAN Perintjian Kitab Perdjandjian Lama Perdjandjian Lama terdiri dari 45 kitab, ja...

BIS: Kejadian (Pendahuluan Kitab) KEJADIAN PENGANTAR Buku Kejadian mengisahkan penciptaan alam semesta, asal-usul umat manusia, pangkal dosa dan...

Ajaran: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi kitab Kejadian, dapat memahami kekuasaan Allah dalam sejarah penciptaan, serta ku...

Intisari: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Segalanya Bermula Dari Sini PENTINGNYA KITAB KEJADIANIsi Alkitab tidak akan berarti banyak tanpa Kitab Kejadian. Kitab in...

Garis Besar Intisari: Kejadian (Pendahuluan Kitab) [1] RIWAYAT UMAT MANUSIA Kej 1:1-11:30...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #11: Klik ikon untuk membuka halaman ramah cetak. [SEMUA]
dibuat dalam 0.09 detik
dipersembahkan oleh YLSA