Teks -- Ayub 1:2-22 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Ayb 1:5 - ANAK-ANAKKU.
Nas : Ayub 1:5
Sebagai orang-tua beriman, Ayub sangat memperhatikan kesejahteraan
rohani anak-anaknya. Ia memperhatikan kelakuan dan gaya hidup mer...
Nas : Ayub 1:5
Sebagai orang-tua beriman, Ayub sangat memperhatikan kesejahteraan rohani anak-anaknya. Ia memperhatikan kelakuan dan gaya hidup mereka, berdoa agar mereka terpelihara dari yang jahat dan mengalami berkat dan keselamatan Allah. Ayub menjadi contoh seorang ayah yang hatinya terarah kepada anak-anaknya dengan menyediakan waktu dan perhatian yang perlu agar mereka terhindar dari kehidupan yang berdosa
(lihat cat. --> Luk 1:17;
[atau ref. Luk 1:17]
lihat art. ORANG-TUA DAN ANAK-ANAK).
Full Life: Ayb 1:6-7 - IBLIS.
Nas : Ayub 1:6-7
Sebelum kematian dan kebangkitan Kristus, Iblis kadang-kadang bisa
menghampiri Allah, untuk dapat mempersoalkan kesungguhan dan ke...
Nas : Ayub 1:6-7
Sebelum kematian dan kebangkitan Kristus, Iblis kadang-kadang bisa menghampiri Allah, untuk dapat mempersoalkan kesungguhan dan kebenaran seorang percaya (Ayub 1:6-12; 2:1-6; 38:7; Wahy 12:10). Akan tetapi, Alkitab tidak pernah mengatakan bahwa Iblis dapat masuk langsung kepada Allah pada zaman perjanjian baru
(lihat cat. --> Mat 4:10),
[atau ref. Mat 4:10]
sekalipun ia masih menuduh orang percaya. Kita dapat mengatasi semua tuduhan ini dengan darah Kristus, hati nurani yang bersih, dan Firman Allah (bd. Mat 4:3-11; Yak 4:7; Wahy 12:11). Kita selanjutnya dapat dikuatkan dengan kenyataan bahwa kita mempunyai perantara dengan Bapa -- yaitu Yesus Kristus (1Yoh 2:1), yang ada di sebelah kanan-Nya untuk menaikkan doa syafaat bagi kita (Ibr 7:25).
Full Life: Ayb 1:8 - APAKAH ENGKAU MEMPERHATIKAN HAMBA-KU AYUB?
Nas : Ayub 1:8
Di sini kitab ini memperkenalkan pergumulan di antara Allah dengan
musuh besar-Nya, Iblis. Allah menantang Iblis untuk memperhatikan...
Nas : Ayub 1:8
Di sini kitab ini memperkenalkan pergumulan di antara Allah dengan musuh besar-Nya, Iblis. Allah menantang Iblis untuk memperhatikan dalam Ayub kemenangan kasih karunia dan penebusan ilahi. Dalam kehidupan hamba-Nya yang setia ini, Allah memperlihatkan bahwa rencana-Nya untuk menebus umat manusia dari dosa dan kejahatan dapat tercapai.
Full Life: Ayb 1:9 - APAKAH DENGAN TIDAK MENDAPAT APA-APA AYUB TAKUT AKAN ALLAH?
Nas : Ayub 1:9
Iblis menanggapi pernyataan Allah bahwa Ayub itu seorang saleh
dengan mengecam baik Allah maupun Ayub.
1) Iblis mempersoalkan m...
Nas : Ayub 1:9
Iblis menanggapi pernyataan Allah bahwa Ayub itu seorang saleh dengan mengecam baik Allah maupun Ayub.
- 1) Iblis mempersoalkan motivasi Ayub dan dengan demikian kesungguhan dari kebenaran Ayub dengan mengatakan bahwa kasih Ayub kepada Allah sebenarnya bersifat mementingkan diri sendiri dan bahwa ia menyembah Allah hanya karena itu menguntungkannya. Dalam perkataan Iblis tersirat bahwa kasih Ayub kepada Allah tidak ikhlas.
- 2) Iblis selanjutnya menyatakan bahwa Allah itu naif dan menipu diri sendiri karena mendapat pengabdian Ayub dengan memberi berkat dan suap (ayat Ayub 1:10-11). Iblis menyimpulkan bahwa dengan demikian Allah sudah gagal dalam usaha-Nya mendamaikan umat manusia dengan diri-Nya. Jikalau Allah berhenti memberikan perlindungan, kekayaan, kesehatan, dan kebahagiaan kepada Ayub, Iblis yakin bahwa Ayub akan "mengutuki Engkau di hadapan-Mu" (ayat Ayub 1:11).
Full Life: Ayb 1:10 - MEMBUAT PAGAR SEKELILING DIA.
Nas : Ayub 1:10
Karena Iblis datang untuk mencuri, membunuh, dan membinasakan (bd.
Yoh 10:10), Allah menempatkan pagar pelindung di sekitar umat-Ny...
Nas : Ayub 1:10
Karena Iblis datang untuk mencuri, membunuh, dan membinasakan (bd. Yoh 10:10), Allah menempatkan pagar pelindung di sekitar umat-Nya untuk melindungi mereka dari serangan Iblis.
- 1) "Pagar pelindung" itu bagaikan "tembok berapi" rohani yang mengitari umat Allah yang setia sehingga Iblis tidak bisa melukai mereka. "Aku sendiri, demikianlah firman Tuhan, akan menjadi tembok berapi baginya di sekelilingnya, dan Aku akan menjadi kemuliaan di dalamnya" (Za 2:5).
- 2) Semua orang percaya yang dengan setia berusaha untuk mengasihi Allah dan mengikuti pimpinan Roh Kudus berhak untuk meminta dan mengharapkan Allah menempatkan tembok perlindungan keliling mereka dan keluarga mereka.
Full Life: Ayb 1:11 - IA PASTI MENGUTUKI ENGKAU.
Nas : Ayub 1:11
Dalam ayat Ayub 1:6-12 pertanyaan-pertanyaan utama kitab ini
dikemukakan. Mungkinkah umat Allah mengasihi dan melayani Dia karena D...
Nas : Ayub 1:11
Dalam ayat Ayub 1:6-12 pertanyaan-pertanyaan utama kitab ini dikemukakan. Mungkinkah umat Allah mengasihi dan melayani Dia karena Dia adalah Allah dan bukan karena semua berkat-Nya? Dapatkah orang benar mempertahankan iman dan kasih mereka kepada Allah di tengah-tengah musibah yang tidak dapat dijelaskan dan penderitaan yang tidak semestinya mereka alami?
Full Life: Ayb 1:12 - JANGANLAH ENGKAU MENGULURKAN TANGANMU.
Nas : Ayub 1:12
Allah memberikan kekuasaan kepada Iblis untuk membinasakan harta dan
keluarga Ayub; akan tetapi, Ia membatasi apa yang dapat dilaku...
Nas : Ayub 1:12
Allah memberikan kekuasaan kepada Iblis untuk membinasakan harta dan keluarga Ayub; akan tetapi, Ia membatasi apa yang dapat dilakukan Iblis, karena ia tidak diberikan kuasa untuk membunuh Ayub. Iblis menggunakan cuaca yang ganas dan gerombolan yang kejam untuk melawan Ayub (ayat Ayub 1:13-19).
Full Life: Ayb 1:16 - API TELAH MENYAMBAR DARI LANGIT
Nas : Ayub 1:16
(versi Inggris NIV -- api Allah). Yang dimaksudkan mungkin adalah
halilintar (lih. Bil 11:1; 1Raj 18:38).
Nas : Ayub 1:16
(versi Inggris NIV -- api Allah). Yang dimaksudkan mungkin adalah halilintar (lih. Bil 11:1; 1Raj 18:38).
Full Life: Ayb 1:20 - SUJUDLAH IA DAN MENYEMBAH.
Nas : Ayub 1:20
Ayub menanggapi semua musibah yang menimpa dirinya dengan kesedihan
yang sangat, tetapi juga dengan kerendahan hati yang tunduk kep...
Nas : Ayub 1:20
Ayub menanggapi semua musibah yang menimpa dirinya dengan kesedihan yang sangat, tetapi juga dengan kerendahan hati yang tunduk kepada Allah dan terus menyembah Dia di tengah-tengah kesukaran yang hebat (ayat Ayub 1:21; 2:10).
- 1) Reaksi Ayub kemudian hari terhadap musibah selanjutnya terdiri atas keragu-raguan, kemarahan, dan perasaan diasingkan dari Allah (Ayub 7:11). Namun pada saat-saat yang suram ini dan iman yang goyah, ia tidak berbalik melawan Allah, tetapi dengan terus terang mengungkapkan protes dan perasaannya kepada-Nya.
- 2) Kitab Ayub menunjukkan bagaimana orang percaya yang setia hendaknya menghadapi musibah di dalam hidup ini. Sekalipun kita mengalami penderitaan hebat dan kesengsaraan yang tidak dapat dipahami, kita harus berdoa memohon kasih karunia untuk menerima apa yang Allah izinkan menimpa kita dan memohon penyataan dan pemahaman mengenai maknanya. Allah akan menangani perasaan dan keluhan kita yang kacau jikalau diarahkan kepada-Nya -- bukan dengan sikap memberontak, melainkan dengan kepercayaan sungguh-sungguh kepada-Nya sebagai Allah yang pengasih.
- 3) Kitab ini menyatakan bahwa Allah menerima pertanyaan Ayub (pasal Ayub 38:1-41:34) dan pada akhirnya memuji dia karena mengatakan yang "benar tentang Aku" (Ayub 42:7).
si Penggoda: makhluk surgawi yang dianggap sebagai lawan manusia.
orang Syeba: Suku pengembara yang suka merampok dari daerah Selatan.
BIS: Ayb 1:17 - perampok Kasdim perampok Kasdim: Suku pengembara yang suka merampok dari daerah Utara.
perampok Kasdim: Suku pengembara yang suka merampok dari daerah Utara.
Jerusalem: Ayb 1:3 - orang di sebelah timur Ungkapan ini mencakup semua orang yang berkediaman di sebelah timur Palestina, khususnya penduduk wilayah Edom dan Arabia, bdk Bil 24:21+.
Ungkapan ini mencakup semua orang yang berkediaman di sebelah timur Palestina, khususnya penduduk wilayah Edom dan Arabia, bdk Bil 24:21+.
Jerusalem: Ayb 1:5 - menguduskan mereka Istilah ini, bdk Ima 11:1+, berarti: mengadakan upacara pentahiran buat menghapus segenap kenajisan yang membuat orang tidak mampu turut serta dalam i...
Istilah ini, bdk Ima 11:1+, berarti: mengadakan upacara pentahiran buat menghapus segenap kenajisan yang membuat orang tidak mampu turut serta dalam ibadat
Jerusalem: Ayb 1:5 - mengutuk Allah Dalam naskah Ibrani sebenarnya tertulis: memberkati/memuji Allah. Begitu juga halnya dalam Ayu 1:11; 2:5,9. Sudah pasti aselinya tertulis: mengutuki. ...
Dalam naskah Ibrani sebenarnya tertulis: memberkati/memuji Allah. Begitu juga halnya dalam Ayu 1:11; 2:5,9. Sudah pasti aselinya tertulis: mengutuki. Tetapi oleh para penyalin ungkapan ini dianggap kurang pantas, sehingga diganti dengan "memberkati/memuji Allah",
Jerusalem: Ayb 1:6 - menghadap TUHAN Bagaikan seorang raja Allah memberi "audiensi" pada hari-hari tertentu. Mengenai istilah "anak-anak Allah" bdk Ayu 2:1; 38:7; Kej 6:1+; Maz 29:1+; Maz...
Bagaikan seorang raja Allah memberi "audiensi" pada hari-hari tertentu. Mengenai istilah "anak-anak Allah" bdk Ayu 2:1; 38:7; Kej 6:1+; Maz 29:1+; Maz 89:7. "Anak-anak Allah" itu ialah makhluk-makhluk sorgawi, lebih tinggi derajatnya dari pada derajat manusia. Mereka menjadi iringan Allah dan dewan penasehatNya. Kemudian hari makhluk-makhluk itu disamakan dengan malaikat-malaikat (begitu misalnya dalam Alkitab Yunani), bdk Tob 5:4+
Jerusalem: Ayb 1:6 - Iblis Ibraninya: Has-satan (pakai kata sandang), bdk Zak 3:1-2. Satan di sini bukan nama diri, seperti halnya dalam 1Ta 21:1. Menurut arti kata Ibrani, "sat...
Ibraninya: Has-satan (pakai kata sandang), bdk Zak 3:1-2. Satan di sini bukan nama diri, seperti halnya dalam 1Ta 21:1. Menurut arti kata Ibrani, "satan" berarti: lawan, 2Sa 19:22; 1Ra 5:4; 11:14,23,25, atau: pendakwa, Maz 109:6. Tetapi dalam kisah Ayub satan berperan sebagai mata-mata. Ia nampak seorang tokoh yang sangat mendua; ia tidak sama dengan "anak-anak Allah", dan ia merasa curiga terhadap manusia; dengan izin Tuhan ia mampu menimpakan segala macam kemalangan dan membujuk untuk berbuat jahat, bdk 1Ta 21:1; di sini ia belum terang-terangan bermusuh dengan Allah, tetapi ragu-ragu kalau-kalau karya ciptaan Tuhan, yaitu manusia, berhasil baik. Begitu satan nampak seorang tokoh yang sinis, yang suka mengejek dan memburuk-burukkan. Selebihnya ia nampak pesimis, ingin merugikan manusia karena iri hati. Hanya ceritera Ayub ini tidak menjelaskan mengapa satan mengambil sikap yang demikian itu. Melihat semuanya itu satan ini sudah berdekatan dengan makhluk-makhluk jahat yang serupa dengan roh jahat; khususnya ada kesamaan antara satan dan ular yang berperan dalam ceritera tentang Firdaus, Kej 3:1+. Akhirnya satan itu memang disamakan dengan roh jahat dan ular itu, Wis 2:24; Wah 12:9; 20:2. Begitu satan menjadi semacam penjelmaan kuasa setani, bdk Luk 10:18.
Jerusalem: Ayb 1:15 - orang-orang Syeba Orang Syeba, bdk 1Ra 10:1+, dan orang Kasdim, Ayu 1:17, ialah (di sini) suku-suku Badui yang suka merampok.
Harafiah: Api Allah. Artinya: halilintar, bdk 2Ra 1:10,12,14.
Jerusalem: Ayb 1:20 - mengoyak jubahnya Mengoyak pakaian dan mencukur kepala adalah pertanda kesedihan dan perkabungan yang lazim, bdk Kej 37:34; Yos 7:6; 2Sa 1:11; 3:31, dll; Yer 7:29; 48:3...
Mengoyak pakaian dan mencukur kepala adalah pertanda kesedihan dan perkabungan yang lazim, bdk Kej 37:34; Yos 7:6; 2Sa 1:11; 3:31, dll; Yer 7:29; 48:37; Yeh 7:18; Ezr 9:3, dll.
Ibu pertiwi disamakan dengan kandungan ibu.
Ende: Ayb 1:3 - orang2 Timur adalah suku2 bangsa Arab dan Edom. Mereka tersohor karena
"kebidjaksanaannja".
adalah suku2 bangsa Arab dan Edom. Mereka tersohor karena "kebidjaksanaannja".
Ende: Ayb 1:6 - anak2 Allah adalah machluk2 jang mengatasi manusia dan merupakan isi
istana (surga) Allah dan pegawai2Nja.
adalah machluk2 jang mengatasi manusia dan merupakan isi istana (surga) Allah dan pegawai2Nja.
berarti: pelawan, musuh, ialah musuh Allah maupun manusia.
ialah: halilintar.
Endetn -> Ayb 1:18
diperbaiki sesuai dengan ajat2 Ayu 1:16.17. Tertulis: "sampai"
Ref. Silang FULL: Ayb 1:2 - anak laki-laki // anak perempuan · anak laki-laki: Rut 4:15; Rut 4:15
· anak perempuan: Ayub 1:13,18; Ayub 42:13; Mazm 127:3; 144:12
· anak laki-laki: Rut 4:15; [Lihat FULL. Rut 4:15]
· anak perempuan: Ayub 1:13,18; Ayub 42:13; Mazm 127:3; 144:12
Ref. Silang FULL: Ayb 1:3 - ratus keledai // dan budak-budak // sehingga orang // sebelah timur · ratus keledai: Kej 13:2; Kej 13:2
· dan budak-budak: Kej 12:16; Kej 12:16
· sehingga orang: Ayub 1:8; Ayub 29:25
· sebel...
· ratus keledai: Kej 13:2; [Lihat FULL. Kej 13:2]
· dan budak-budak: Kej 12:16; [Lihat FULL. Kej 12:16]
· sehingga orang: Ayub 1:8; Ayub 29:25
· sebelah timur: Kej 25:6; [Lihat FULL. Kej 25:6]; Ayub 42:10; Mazm 103:10
· mengadakan pesta: Ayub 1:13,18
Ref. Silang FULL: Ayb 1:5 - dan menguduskan // korban bakaran // berbuat dosa // mengutuki Allah · dan menguduskan: Neh 12:30; Neh 12:30
· korban bakaran: Kej 8:20; Kej 8:20
· berbuat dosa: Ayub 8:4
· mengutuki Allah: 1...
· dan menguduskan: Neh 12:30; [Lihat FULL. Neh 12:30]
· korban bakaran: Kej 8:20; [Lihat FULL. Kej 8:20]
· berbuat dosa: Ayub 8:4
· mengutuki Allah: 1Raj 21:10,13; Mazm 10:3; 74:10
Ref. Silang FULL: Ayb 1:6 - datanglah anak-anak // antara mereka // juga Iblis · datanglah anak-anak: 1Raj 22:19; 1Raj 22:19; Kej 6:2
· antara mereka: Ayub 2:1
· juga Iblis: 2Sam 24:1; 2Sam 24:1; 2Taw 18:21; ...
· datanglah anak-anak: 1Raj 22:19; [Lihat FULL. 1Raj 22:19]; Kej 6:2
· antara mereka: Ayub 2:1
· juga Iblis: 2Sam 24:1; [Lihat FULL. 2Sam 24:1]; 2Taw 18:21; [Lihat FULL. 2Taw 18:21]; Mazm 109:6; [Lihat FULL. Mazm 109:6]; Luk 22:31
Ref. Silang FULL: Ayb 1:8 - hamba-Ku Ayub // akan Allah // menjauhi kejahatan · hamba-Ku Ayub: Yos 1:7; Yos 1:7
· akan Allah: Mazm 25:12; 112:1; 128:4
· menjauhi kejahatan: Ayub 1:1; Ayub 1:1; Kel 20:20; Kel...
· mendapat apa-apa: 1Tim 6:5
Ref. Silang FULL: Ayb 1:10 - membuat pagar // yang dimilikinya // di negeri · membuat pagar: 1Sam 25:16; 1Sam 25:16
· yang dimilikinya: Ayub 1:12; Ayub 2:4; Mazm 34:8
· di negeri: Ayub 1:3; Ayub 8:7; 29:6;...
· membuat pagar: 1Sam 25:16; [Lihat FULL. 1Sam 25:16]
· yang dimilikinya: Ayub 1:12; Ayub 2:4; Mazm 34:8
· di negeri: Ayub 1:3; Ayub 8:7; 29:6; 42:12,17
Ref. Silang FULL: Ayb 1:11 - yang dipunyainya // di hadapan-Mu · yang dipunyainya: Ayub 19:21; Luk 22:31
· di hadapan-Mu: Im 24:11; Ayub 2:5; Yes 3:8; 65:3; Wahy 12:9-10
· yang dipunyainya: Ayub 19:21; Luk 22:31
· di hadapan-Mu: Im 24:11; Ayub 2:5; Yes 3:8; 65:3; Wahy 12:9-10
Ref. Silang FULL: Ayb 1:12 - yang dipunyainya // mengulurkan tanganmu · yang dipunyainya: Ayub 1:10; Ayub 1:10
· mengulurkan tanganmu: Ayub 2:6; 1Kor 10:13
· yang dipunyainya: Ayub 1:10; [Lihat FULL. Ayub 1:10]
· mengulurkan tanganmu: Ayub 2:6; 1Kor 10:13
Ref. Silang FULL: Ayb 1:13 - yang perempuan // makan-makan · yang perempuan: Ayub 1:2; Ayub 1:2
· makan-makan: Ayub 1:4; Ayub 1:4
Ref. Silang FULL: Ayb 1:15 - orang-orang Syeba · orang-orang Syeba: Kej 10:7; Kej 10:7; Ayub 9:24; Ayub 9:24
Ref. Silang FULL: Ayb 1:16 - dari langit // dan penjaga-penjaga · dari langit: 1Raj 18:38; 1Raj 18:38; 2Raj 1:12; Ayub 20:26
· dan penjaga-penjaga: Kej 18:17; Kej 18:17; Im 10:2; Im 10:2; Bil 11:1-3; ...
· dari langit: 1Raj 18:38; [Lihat FULL. 1Raj 18:38]; 2Raj 1:12; Ayub 20:26
· dan penjaga-penjaga: Kej 18:17; [Lihat FULL. Kej 18:17]; Im 10:2; [Lihat FULL. Im 10:2]; Bil 11:1-3; [Lihat FULL. Bil 11:1] s/d 3
Ref. Silang FULL: Ayb 1:17 - Orang-orang Kasdim · Orang-orang Kasdim: Kej 11:28,31; Kej 11:28; Kej 11:31; Ayub 9:24; Ayub 9:24
· Orang-orang Kasdim: Kej 11:28,31; [Lihat FULL. Kej 11:28]; [Lihat FULL. Kej 11:31]; Ayub 9:24; [Lihat FULL. Ayub 9:24]
Ref. Silang FULL: Ayb 1:18 - yang perempuan // sedang makan-makan · yang perempuan: Ayub 1:2; Ayub 1:2
· sedang makan-makan: Ayub 1:4; Ayub 1:4
Ref. Silang FULL: Ayb 1:19 - angin ribut // mereka mati // kepada tuan · angin ribut: Mazm 11:6; Yes 5:28; 21:1; Yer 4:11; 13:24; 18:17; Yeh 17:10; Hos 13:15; Mat 7:25
· mereka mati: Ayub 16:7; 19:13-15
&mid...
· angin ribut: Mazm 11:6; Yes 5:28; 21:1; Yer 4:11; 13:24; 18:17; Yeh 17:10; Hos 13:15; Mat 7:25
· mereka mati: Ayub 16:7; 19:13-15
· kepada tuan: Yeh 24:26
Ref. Silang FULL: Ayb 1:20 - mengoyak jubahnya // mencukur kepalanya // dan menyembah · mengoyak jubahnya: Kej 37:29; Kej 37:29; Mr 14:63; Mr 14:63
· mencukur kepalanya: Yes 3:24; 15:2; 22:12; Yer 7:29; 16:6; Yeh 27:31; 29...
· mengoyak jubahnya: Kej 37:29; [Lihat FULL. Kej 37:29]; Mr 14:63; [Lihat FULL. Mr 14:63]
· mencukur kepalanya: Yes 3:24; 15:2; 22:12; Yer 7:29; 16:6; Yeh 27:31; 29:18; Mi 1:16
· dan menyembah: 1Pet 5:6