Teks -- 1 Samuel 10:5-27 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: 1Sam 10:5 - MEREKA SENDIRI AKAN KEPENUHAN SEPERTI NABI
Nas : 1Sam 10:5
(versi Inggris NIV -- bernubuat seperti nabi). Kepenuhan seperti
nabi ini (ayat 1Sam 10:6,10-11,13) mungkin sekali mencakup pujian
...
Nas : 1Sam 10:5
(versi Inggris NIV -- bernubuat seperti nabi). Kepenuhan seperti nabi ini (ayat 1Sam 10:6,10-11,13) mungkin sekali mencakup pujian kepada Allah melalui ucapan nubuat dan nyanyian yang diilhamkan Roh Kudus (bd. Bil 11:25).
Full Life: 1Sam 10:6 - MANUSIA LAIN.
Nas : 1Sam 10:6
Allah mengubah sifat batin Saul melalui pengurapan-Nya dengan Roh
Kudus (bd. ayat 1Sam 10:9). Perubahan ini tidak bersifat permanen...
Nas : 1Sam 10:6
Allah mengubah sifat batin Saul melalui pengurapan-Nya dengan Roh Kudus (bd. ayat 1Sam 10:9). Perubahan ini tidak bersifat permanen atau tanpa syarat, tetapi sesuatu yang dapat dipelihara hanya oleh ketaatan kepada Allah. Kemudian Saul menolak untuk taat kepada Allah sehingga, setelah itu Roh Kudus meninggalkannya (1Sam 13:13-14; 15:11; 16:14).
Full Life: 1Sam 10:9 - ALLAH MENGUBAH HATINYA.
Nas : 1Sam 10:9
Saul memiliki banyak sekali karunia pemberian Allah untuk
menolongnya melayani Allah dan Israel dengan cara yang benar. Ia memiliki...
Nas : 1Sam 10:9
Saul memiliki banyak sekali karunia pemberian Allah untuk menolongnya melayani Allah dan Israel dengan cara yang benar. Ia memiliki hati yang diubah, pemberian kuasa oleh Roh Kudus (ayat 1Sam 10:6), tubuh yang kuat (ayat 1Sam 10:23), sikap rendah hati (1Sam 9:21), dan bimbingan serta doa Samuel (1Sam 12:23-25). Perhatikan secara khusus karunia bernubuat (ayat 1Sam 10:10-31), yang menjadi tanda bahwa ia telah diurapi untuk menjadi raja. Sekalipun demikian, oleh kebebalannya sendiri segera Saul gagal untuk tetap setia kepada Allah dan firman-Nya (1Sam 13:13-14).
Full Life: 1Sam 10:25 - HAK-HAK KERAJAAN.
Nas : 1Sam 10:25
Seorang raja Israel haruslah jelas berbeda dengan raja dari
bangsa-bangsa lain. Ia bukan seorang raja yang berkuasa mutlak, tetapi...
Nas : 1Sam 10:25
Seorang raja Israel haruslah jelas berbeda dengan raja dari bangsa-bangsa lain. Ia bukan seorang raja yang berkuasa mutlak, tetapi harus menjadi raja teokratis yang tunduk kepada Allah sebagai Penguasa tertinggi bangsa itu. (Lih. Ul 17:14-20 untuk aneka tugas dan peraturan bagi para raja.)
BIS -> 1Sam 10:21; 1Sam 10:26
BIS: 1Sam 10:21 - Akhirnya majulah para pria dalam keluarga Matri Sebuah terjemahan kuno: Akhirnya majulah para pria dalam keluarga Matri; kata-kata ini tidak ada dalam bahasa Ibrani.
Sebuah terjemahan kuno: Akhirnya majulah para pria dalam keluarga Matri; kata-kata ini tidak ada dalam bahasa Ibrani.
BIS: 1Sam 10:26 - beberapa orang yang gagah berani Sebuah terjemahan kuno: beberapa orang yang gagah berani; Ibrani: Tentara.
Sebuah terjemahan kuno: beberapa orang yang gagah berani; Ibrani: Tentara.
Jerusalem -> 1Sam 8:1--12:25; 1Sam 9:1--10:16; 1Sam 9:26--10:8; 1Sam 10:5; 1Sam 10:5; 1Sam 10:5; 1Sam 10:8; 1Sam 10:10; 1Sam 10:11; 1Sam 10:13; 1Sam 10:17-27; 1Sam 10:21; 1Sam 10:22; 1Sam 10:25; 1Sam 10:26
Jerusalem: 1Sam 8:1--12:25 - -- Kisah tentang terbentuknya pemerintahan berupa kerajaan di Israel ini memberitakan sebuah kejadian yang memutuskan perjanjian di Silo sudah hancur dan...
Kisah tentang terbentuknya pemerintahan berupa kerajaan di Israel ini memberitakan sebuah kejadian yang memutuskan perjanjian di Silo sudah hancur dan persatuan bangsa terancam oleh karena tekanan dari pihak orang Filistin semakin menghebat. Dengan mengulang tawaran yang pernah disampaikan kepada Gideon, Hak 8:22 dst, dan percobaan yang diadakan Abimelekh, Hak 9:1 dst, sebagian dari bangsa Israel menurut seorang raja "seperti ada pada bangsa-bangsa lain", padahal sebagian lainnya menentang usul itu karena berpendapat bahwa Tuhan sendiri, satu-satunya Penguasa di Israel, akan membangkitkan pemimpin-pemimpin manakala diperlukan, seperti dahulu diperbuatNya pada zaman para hakim. Tetapi kurang tepat kiranya berkata tentang "Kisah yang berhaluan anti-monarki" (dari kalangan mereka yang melawan lembaga kerajaan), (bab 1Sa 8; 10:17-24; 12)dan tentang "Kisah yang berhaluan monarki" (dari kalangan pendukung lembaga kerajaan), 1Sa 9:1-10:16:11. Memang ada dua macam tradisi yang berasal dari dua tempat kudus. Tetapi kedua tradisi itu sehaluan mengenai peranan kenegaraan dan keagamaan Samuel. Adapun jasa Samuel yang terbesar adalah: Ia memenangkan suatu lembaga kerajaan yang mempertahankan hak-hak Allah atas bangsa Israel. Cita-cita itu tercapai dalam pemerintahan Daud, setelah usaha Saul mengalami kegagalan. Kepercayaan Daud yang luhur berhasil mempersatukan segikeagamaan dan segi keduniaan yang ada pada lembaga kerajaan di Israel. Sebagai negara Daud tidak melalaikan kewajibannya sebagai orang yang diurapi Tuhan. Selanjutnya cita-cita itu tidak lagi tercapai oleh para pengganti Daud dalam jabatan raja. Maka Daudlah yang tetap lambang raja di masa mendatang, ialah "Orang yang diurapi oleh Tuhan", Mesias. Melalui Dialah Allah mengerjakan keselamatan umatNya.
Jerusalem: 1Sam 9:1--10:16 - -- Ceritera ini tidak berhubungan dengan yang sebenarnya. Kisah ini berasal dari Rama dan memberi kesan bahwa Saul diurapi menjadi raja di masa mudanya t...
Ceritera ini tidak berhubungan dengan yang sebenarnya. Kisah ini berasal dari Rama dan memberi kesan bahwa Saul diurapi menjadi raja di masa mudanya tetapi pengurapannya dirahasiakan sama seperti halnya dengan Daud, 1Sa 9:16. tetapi seorang raja selalu diurapi justru pada waktu ia mengambil alih kekuasaan. Sudah pasti bahwa Saul diurapi, 1Sa 24:7,11; 26:9; 26:9,11,16,23; 2Sa 1:14-15, dan mungkin sekali ia diurapi oleh Samuel. Tetapi hal-ihwal pengurapannya kita tidak mengetahuinya. Seluruh kisah ini berpusatkan Saul. Samuel tampil di dalamnya bukan sebagai hakim melainkan selaku nabi yang secara kebetulan bertemu dengan Saul. Lembaga kerajaan memang dikehendaki Tuhan. Sebab raja pertama dipilih Tuhan sendiri.
Jerusalem: 1Sam 9:26--10:8 - -- Ini ceritera mengenai Saul yang diurapi menjadi raja. Memang raja-raja di Israel diurapi (dengan minyak zaitun) oleh seorang yang mempunyai hubungan k...
Ini ceritera mengenai Saul yang diurapi menjadi raja. Memang raja-raja di Israel diurapi (dengan minyak zaitun) oleh seorang yang mempunyai hubungan khusus dengan Allah, yaitu seorang nabi atau imam, bdk 1Sa 16:13; 1Ra 1:39; 2Ra 9:6; 11:12. Upacara itu menguduskan raja dan menjadikan wazir Tuhan Raja adalah "orang yang diurapi Tuhan", 1Sa 2:35; 24:7,11; 26:9,16; dan lihat Kel 30:22+.
Jerusalem: 1Sam 10:5 - Gibea Allah Ini nama Gibea yang lain: kota itu ialah kota asal Saul, 1Sa 10:10 dst; 1Sa 11:4; 15:34
Ini nama Gibea yang lain: kota itu ialah kota asal Saul, 1Sa 10:10 dst; 1Sa 11:4; 15:34
Jerusalem: 1Sam 10:5 - tempat kedudukan... Filistin Ini sebuah sisipan yang dalam naskah Ibrani kurang jelas. Sisipan ini menyiapkan 1Sa 13:3
Ini sebuah sisipan yang dalam naskah Ibrani kurang jelas. Sisipan ini menyiapkan 1Sa 13:3
Jerusalem: 1Sam 10:5 - nabi "Nabi-nabi" itu hidup berkelompok-kelompok dan menimbulkan ekstase dengan musik dan bergerak-gerak. Ekstase itu dapat menular menyergap orang lain, 1S...
"Nabi-nabi" itu hidup berkelompok-kelompok dan menimbulkan ekstase dengan musik dan bergerak-gerak. Ekstase itu dapat menular menyergap orang lain, 1Sa 19:20-24; 1Ra 22:10 dst. Bangsa-bangsa tetangga Israel juga mengenal hidup keagamaan yang agak primitip semacam itu (bdk "nabi-nabi" Baal, 1Ra 18:25-29) dan di Israel lama dibiarkan saja oleh agama resmi, 1Ra 18:4. nabi-nabi itu berhubungan dengan nabi Elisa, 2Ra 2:3+. Nabi-nabi besar di Israel lain sifatnya. Lihat Pengantar bagi kitab para Nabi.
Jerusalem: 1Sam 10:8 - Gilgal Ialah Gilgal yang di dekat Yerikho, bdk Yos 4:19+. 1Sa 10:8 ini adalah sebuah sisipan yang menyiapkan 1Sa 13:8-15, yang berasal dari sumber lain.
Ialah Gilgal yang di dekat Yerikho, bdk Yos 4:19+. 1Sa 10:8 ini adalah sebuah sisipan yang menyiapkan 1Sa 13:8-15, yang berasal dari sumber lain.
Jerusalem: 1Sam 10:10 - Ketika mereka Ceritera asli kiranya juga menceritakan bahwa tanda-tanda lain terjadi juga.
Ceritera asli kiranya juga menceritakan bahwa tanda-tanda lain terjadi juga.
Jerusalem: 1Sam 10:11 - golongan nabi Orang merasa heran bahwa seseorang yang terkemuka seperti Saul bercampur dengan "nabi-nabi" dari golongan rendahan itu.
Orang merasa heran bahwa seseorang yang terkemuka seperti Saul bercampur dengan "nabi-nabi" dari golongan rendahan itu.
Jerusalem: 1Sam 10:13 - pulanglah ia Dalam naskah Ibrani tertulis: pulanglah ia ke bukit (pengorbanan). Dalam terjemahan Yunani terbaca: pulanglah ia ke Gibea.
Dalam naskah Ibrani tertulis: pulanglah ia ke bukit (pengorbanan). Dalam terjemahan Yunani terbaca: pulanglah ia ke Gibea.
Jerusalem: 1Sam 10:17-27 - -- Ini sebuah tradisi yang berasal dari tempat kudus di Mizpa, bdk 1Sa 7:5+, dan ceriteranya sejalan dengan 1Sa 9:26-10:16 mengenai Saul yang diurapi men...
Ini sebuah tradisi yang berasal dari tempat kudus di Mizpa, bdk 1Sa 7:5+, dan ceriteranya sejalan dengan 1Sa 9:26-10:16 mengenai Saul yang diurapi menjadi raja. Tentang membuang undi semacam itu bdk Yos 7:14-18.
Jerusalem: 1Sam 10:21 - Akhirnya.... seorang demi seorang Ini ditambah menurut terjemahan Yunani. Bagian ayat ini hilang dari naskah Ibrani.
Ini ditambah menurut terjemahan Yunani. Bagian ayat ini hilang dari naskah Ibrani.
Jerusalem: 1Sam 10:22 - Apa orang itu juga Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: Apa ada seorang yang...
Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: Apa ada seorang yang...
Jerusalem: 1Sam 10:25 - hak-hak kerajaan Mengenai "Hukum raja" itu bdk 1Sa 8:11-13. Di sini Hukum itu tertera pada sebuah naskah, semacam perjanjian yang mengikat raja dengan rakyatnya, bdk 2...
Mengenai "Hukum raja" itu bdk 1Sa 8:11-13. Di sini Hukum itu tertera pada sebuah naskah, semacam perjanjian yang mengikat raja dengan rakyatnya, bdk 2Ra 11:17.
Jerusalem: 1Sam 10:26 - orang-orang gagah perkasa Begitu menurut terjemahan Yunani. Naskah Ibrani nampaknya rusak.
Begitu menurut terjemahan Yunani. Naskah Ibrani nampaknya rusak.
Tanda2 ini membuktikan Sjemuel sungguh bitjara atas nama Jahwe.
Ende: 1Sam 10:5 - Gibe'allah adalah tempat tinggal Sjaul (dinamakan djuga: Gibea'Sjaul,
Gibea Binjamin).
adalah tempat tinggal Sjaul (dinamakan djuga: Gibea'Sjaul, Gibea Binjamin).
Ende: 1Sam 10:5 - nabi ini adalah orang2 jang dengan teknik tertentu (musik) mengadakan
suatu exstase, jang dapat menular kepada orang2 lain djuga.
Mereka merupakan suatu ta...
ini adalah orang2 jang dengan teknik tertentu (musik) mengadakan suatu exstase, jang dapat menular kepada orang2 lain djuga.
Mereka merupakan suatu tarekat keigamaan, tetapi agamanja masih agak rendah. Orang2 sedjenis itu djuga terdapat antara kaum kafir. Keadaan exstase itu, jang membawa gerak-gerik jang agak aneh, disebut "bernubuat", berlagak seperti nabi. Kami terdjemahkan dengan "mengigau".
Ende: 1Sam 10:8 - -- Rupa2nja ajat ini harus disambung dengan 1Sa 13:8-15. Tetapi semuanja
kurang terang.
Rupa2nja ajat ini harus disambung dengan 1Sa 13:8-15. Tetapi semuanja kurang terang.
Ende: 1Sam 10:9-12 - -- Kisah ini sedjadjar dengan 1Sa 19:19-24 dan mau memberi keterangan
mengenai suatu peribahasa jang berlangsung.
Kisah ini sedjadjar dengan 1Sa 19:19-24 dan mau memberi keterangan mengenai suatu peribahasa jang berlangsung.
Ende: 1Sam 10:10 - roh Allah adalah daja ilahi jang adjaib, jang mempengaruhi, memimpin dan
menguatkan orang. Sjaul disini digambarkan seperti hakim2 dari Kitab Hakim.
adalah daja ilahi jang adjaib, jang mempengaruhi, memimpin dan menguatkan orang. Sjaul disini digambarkan seperti hakim2 dari Kitab Hakim.
Ende: 1Sam 10:12 - siapa gerangan merupakan suatu penghinaan. Asal-usul nabi2 itu disangsikan.
Mereka tidak sangat dihormati di Israil.
merupakan suatu penghinaan. Asal-usul nabi2 itu disangsikan. Mereka tidak sangat dihormati di Israil.
jakni dari "igau2an" tadi (exstase).
Ende: 1Sam 10:17-25 - -- Disini Sjemuel nampak pula sebagai pelawan keradjaan jang hanja terpaksa
disetudjuinja (fas. 8)(1Sa 8). Menurut susunan sekarang peristiwa ini
melaksa...
Disini Sjemuel nampak pula sebagai pelawan keradjaan jang hanja terpaksa disetudjuinja (fas. 8)(1Sa 8). Menurut susunan sekarang peristiwa ini melaksanakan keputusan jang diambil di Mispa (1Sa 8:4-22).
Ende: 1Sam 10:20-21 - -- Radja disini ditundjuk dengan perantaraan undi (sutji). Sjemuel belum tahu siapa
harus mendjadi radja?
Radja disini ditundjuk dengan perantaraan undi (sutji). Sjemuel belum tahu siapa harus mendjadi radja?
lih. 1Sa 14:41.
Ende: 1Sam 10:25 - dihadapan hadirat Jahwe Kitab undang2 ditaruh dalam kuil Jahwe, jang
dipakai djuga sebagai arsip. Demikian undang2 dilindungi dan didjamin oleh
Allah.
Kitab undang2 ditaruh dalam kuil Jahwe, jang dipakai djuga sebagai arsip. Demikian undang2 dilindungi dan didjamin oleh Allah.
Ende: 1Sam 10:27 - -- Sjaul tidak terima oleh semua orang sebagai radja, seperti kemudian djuga
terdjadi dengan Dawud. Semendjak permulaannja keradjaan di Israil mengandung...
Sjaul tidak terima oleh semua orang sebagai radja, seperti kemudian djuga terdjadi dengan Dawud. Semendjak permulaannja keradjaan di Israil mengandung lembaga, jang kemudian memetjahkan keradjaan itu mendjadi dua bagian.
diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "markas2".
dipindahkan.
diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "ketinggian". (bukit angkar).
diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "seorang masih".
Endetn: 1Sam 10:27 - kira2 sebulan kemudian diambil dari terdjemahan Junani dan latin. Naskah Hibrani rusak.
diambil dari terdjemahan Junani dan latin. Naskah Hibrani rusak.
Ref. Silang FULL -> 1Sam 10:5; 1Sam 10:6; 1Sam 10:7; 1Sam 10:8; 1Sam 10:9; 1Sam 10:10; 1Sam 10:11; 1Sam 10:12; 1Sam 10:13; 1Sam 10:14; 1Sam 10:16; 1Sam 10:17; 1Sam 10:18; 1Sam 10:19; 1Sam 10:20; 1Sam 10:22; 1Sam 10:23; 1Sam 10:24; 1Sam 10:25; 1Sam 10:26; 1Sam 10:27
Ref. Silang FULL: 1Sam 10:5 - ke Gibea // tempat kedudukan // serombongan nabi // dari bukit // gambus, rebana // suling // dan kecapi // akan kepenuhan · ke Gibea: 1Sam 10:26; 1Sam 11:4; 15:34
· tempat kedudukan: 1Sam 13:3
· serombongan nabi: Bil 11:29; Bil 11:29; 1Raj 20:35; 2Raj...
· ke Gibea: 1Sam 10:26; 1Sam 11:4; 15:34
· tempat kedudukan: 1Sam 13:3
· serombongan nabi: Bil 11:29; [Lihat FULL. Bil 11:29]; 1Raj 20:35; 2Raj 2:3,15; 4:1; 6:1; 9:1; Am 7:14
· dari bukit: Im 26:30; [Lihat FULL. Im 26:30]
· gambus, rebana: Kej 31:27; [Lihat FULL. Kej 31:27]; Yer 31:4
· suling: 1Raj 1:40; Yes 30:29
· dan kecapi: 1Sam 16:16; 18:10; 19:9; 2Raj 3:15; Mazm 92:4
· akan kepenuhan: 1Sam 10:10; 1Sam 19:20; 1Taw 25:1; 1Kor 14:1
Ref. Silang FULL: 1Sam 10:6 - Maka Roh // dan berubah · Maka Roh: Bil 11:25; Bil 11:25
· dan berubah: 1Sam 10:9
Ref. Silang FULL: 1Sam 10:7 - lakukanlah apa // oleh tanganmu // Allah menyertai · lakukanlah apa: 2Sam 7:3; 1Raj 8:17; 1Taw 22:7; 28:2; 2Taw 6:7; Pengkh 9:10
· oleh tanganmu: Hak 9:33
· Allah menyertai: Yos 1:...
· lakukanlah apa: 2Sam 7:3; 1Raj 8:17; 1Taw 22:7; 28:2; 2Taw 6:7; Pengkh 9:10
· oleh tanganmu: Hak 9:33
· Allah menyertai: Yos 1:5; [Lihat FULL. Yos 1:5]; Luk 1:28; Ibr 13:5
Ref. Silang FULL: 1Sam 10:8 - ke Gilgal // menunggu tujuh · ke Gilgal: Yos 4:20; Yos 10:43; Yos 10:43; 1Sam 7:16; 11:14-15
· menunggu tujuh: 1Sam 13:8
· ke Gilgal: Yos 4:20; Yos 10:43; [Lihat FULL. Yos 10:43]; 1Sam 7:16; 11:14-15
· menunggu tujuh: 1Sam 13:8
Ref. Silang FULL: 1Sam 10:9 - Allah mengubah // segala tanda-tanda // itu terjadi · Allah mengubah: 1Sam 10:6
· segala tanda-tanda: Ul 13:2; Ul 13:2
· itu terjadi: 1Sam 10:7
Ref. Silang FULL: 1Sam 10:10 - Roh // turut kepenuhan · Roh: Bil 11:25; Bil 11:25; 1Sam 11:6
· turut kepenuhan: 1Sam 10:5-6; 1Sam 10:5; 1Sam 10:6
Ref. Silang FULL: 1Sam 10:11 - Apakah gerangan // golongan nabi · Apakah gerangan: Mat 13:54; Yoh 7:15
· golongan nabi: 1Sam 10:12; 1Sam 19:24; 2Raj 9:11; Yer 29:26; Hos 9:7
· Apakah gerangan: Mat 13:54; Yoh 7:15
· golongan nabi: 1Sam 10:12; 1Sam 19:24; 2Raj 9:11; Yer 29:26; Hos 9:7
· golongan nabi: 1Sam 10:11; [Lihat FULL. 1Sam 10:11]
· ia kepenuhan: 1Sam 19:23
Ref. Silang FULL: 1Sam 10:14 - Dan paman // Mencari keledai-keledai · Dan paman: 1Sam 14:50
· Mencari keledai-keledai: 1Sam 9:3; 1Sam 9:3
· Dan paman: 1Sam 14:50
Ref. Silang FULL: 1Sam 10:18 - yang menindas · yang menindas: Kel 1:14; Kel 1:14; Bil 10:9; Bil 10:9
Ref. Silang FULL: 1Sam 10:19 - kamu menolak // yang menyelamatkan // seorang raja // atas kami // itu, berdirilah · kamu menolak: Bil 11:20; Bil 11:20; Ul 33:5; Ul 33:5
· yang menyelamatkan: Mazm 7:11; 18:49; 68:21; 145:19
· seorang raja: 1Sam...
· kamu menolak: Bil 11:20; [Lihat FULL. Bil 11:20]; Ul 33:5; [Lihat FULL. Ul 33:5]
· yang menyelamatkan: Mazm 7:11; 18:49; 68:21; 145:19
· seorang raja: 1Sam 8:5-7; [Lihat FULL. 1Sam 8:5] s/d 7
· atas kami: Ul 17:14; [Lihat FULL. Ul 17:14]
· itu, berdirilah: Yos 7:14
Ref. Silang FULL: 1Sam 10:22 - itu ditanyakan · itu ditanyakan: Kej 25:22; Kej 25:22; Hak 18:5; Hak 18:5
· lebih tinggi: 1Sam 9:2
Ref. Silang FULL: 1Sam 10:24 - yang dipilih // sama seperti // Hidup · yang dipilih: Ul 17:15; 2Sam 21:6
· sama seperti: 1Sam 9:2
· Hidup: 1Raj 1:25,34,39; 2Raj 11:12
Ref. Silang FULL: 1Sam 10:25 - Samuel menguraikan // tentang hak-hak // kerajaan · Samuel menguraikan: 1Sam 8:9; 1Sam 8:9
· tentang hak-hak: Ul 17:14-20; Ul 17:14 s/d 20; 1Sam 8:11-18; 1Sam 8:11 s/d 18; 2Raj 11:12
&mi...
· Samuel menguraikan: 1Sam 8:9; [Lihat FULL. 1Sam 8:9]
· tentang hak-hak: Ul 17:14-20; [Lihat FULL. Ul 17:14] s/d 20; 1Sam 8:11-18; [Lihat FULL. 1Sam 8:11] s/d 18; 2Raj 11:12
· kerajaan: 1Sam 11:14
Ref. Silang FULL: 1Sam 10:26 - ke Gibea // gagah perkasa · ke Gibea: 1Sam 10:5; 1Sam 10:5; Hak 19:14; Hak 19:14
· gagah perkasa: Hak 20:44; Hak 20:44
Ref. Silang FULL: 1Sam 10:27 - orang-orang dursila // membawa persembahan · orang-orang dursila: Ul 13:13; Ul 13:13; 1Sam 20:7; 1Sam 20:7
· membawa persembahan: 1Sam 10:4; 1Sam 10:4; 1Raj 10:25; 2Taw 17:5; 32:2...
· orang-orang dursila: Ul 13:13; [Lihat FULL. Ul 13:13]; 1Sam 20:7; [Lihat FULL. 1Sam 20:7]
· membawa persembahan: 1Sam 10:4; [Lihat FULL. 1Sam 10:4]; 1Raj 10:25; 2Taw 17:5; 32:23; Mazm 68:30