kecilkan semua  

Teks -- Roma 4:17 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
4:17 seperti ada tertulis: "Engkau telah Kutetapkan menjadi bapa banyak bangsa" -- di hadapan Allah yang kepada-Nya ia percaya, yaitu Allah yang menghidupkan orang mati dan yang menjadikan dengan firman-Nya apa yang tidak ada menjadi ada.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Topik/Tema Kamus: Abraham | Cipta, Ciptaan | Anak Angkat | Iman | Roma, Surat | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Jerusalem: Rm 4:17 - menjadikan dengan firmanNya Seperti pada hari penciptaan. Sifat-sifat Allah yang disebutkan merupakan ciri khas kekuasaanNya. Dengan jalan itu disiapkan Rom 4:24, di mana kebangk...

Seperti pada hari penciptaan. Sifat-sifat Allah yang disebutkan merupakan ciri khas kekuasaanNya. Dengan jalan itu disiapkan Rom 4:24, di mana kebangkitan Kristus disinggung.

Ende: Rm 4:17 - Bangsa-bangsa banjak Dalam pandangan kaum Israel Abraham hanja bapa-bangsa bagi mereka jang setjara djasmani berasal dari padanja, djadi djandji hanja diuntukkan bagi mere...

Dalam pandangan kaum Israel Abraham hanja bapa-bangsa bagi mereka jang setjara djasmani berasal dari padanja, djadi djandji hanja diuntukkan bagi mereka. Tetapi "dihadapan Allah", jaitu dalam pandangan Allah, menurut nubuat-nubuat dan rentjana penjelamatanNja, ia mendjadi bapa- bangsa bagi sekalian orang jang mewarisi djandji karena kepertjajaannja akan Kristus.

Ende: Rm 4:17 - Memanggil jang tak ada Allah jang Mahakuasa memanggil nama machluk sadja jang hendak diadakannja, maka ketika itu tertjipta djuga. Demikian Allah berkuasa membuat kaum penje...

Allah jang Mahakuasa memanggil nama machluk sadja jang hendak diadakannja, maka ketika itu tertjipta djuga. Demikian Allah berkuasa membuat kaum penjembahan dewa-dewa, jang bukan kaum pilihan, mendjadi kaum pilihan dan turunan Abraham menurut maksud djandji dari semula.

Ref. Silang FULL: Rm 4:17 - banyak bangsa // yang menghidupkan // yang menjadikan // tidak ada · banyak bangsa: Kej 17:5 · yang menghidupkan: Yoh 5:21; Yoh 5:21 · yang menjadikan: Yes 48:13 · tidak ada: 1Kor 1:28

· banyak bangsa: Kej 17:5

· yang menghidupkan: Yoh 5:21; [Lihat FULL. Yoh 5:21]

· yang menjadikan: Yes 48:13

· tidak ada: 1Kor 1:28

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Rm 4:17 - -- 4:17 seperti ada tertulis: "Engkau telah Kutetapkan menjadi bapa banyak bangsa"- di hadapan Allah yang kepadaNya ia percaya, yaitu Allah yang menghid...

4:17 seperti ada tertulis: "Engkau telah Kutetapkan menjadi bapa banyak bangsa"- di hadapan Allah yang kepadaNya ia percaya, yaitu Allah yang menghidupkan orang mati dan yang menjadikan dengan firmanNya apa yang tidak ada menjadi ada.

Paulus mengutip firman ini dari Kejadian 17:5231 untuk menegaskan bahwa kita yang bukan keturunan jasmani dari Abraham dapat disebut "keturunan Abraham." Di sini Paulus tidak berkata bahwa kita adalah bangsa Israel, atau "Israel baru." Istilah bangsa di sini memakai bentuk jamak.

...di hadapan Allah yang kepadaNya ia percaya...

Di atas Paulus sudah berkata "sebab Abraham adalah bapa kita semua," dan di sini dia melanjutkan kalimat itu. Abraham memperoleh sebutan "bapa kita semua" di hadapan Allah yang kepadaNya ia percaya. Dia diberi tempat yang mulia itu karena dia percaya, karena imannya.

Nygren232 mengingatkan kita bahwa bagian pertama dari Surat Roma menjelaskan arti dari pasal 1:17, "dia yang benar karena iman." Abraham adalah contoh utama dan pola yang mantap dari "dia yang benar oleh iman," dan kita adalah keturunannya. Dalam pasal 4:17-25 Paulus menjelaskan arti dari istilah "iman" melalui pengalaman Abraham.

...yaitu Allah yang menghidupkan orang mati...

Allah yang dipercayai Abraham adalah seperti ini. Allah Abraham menghidupkan orang mati. Baik Abraham pada waktu dia memperanakkan Ishak (Ibrani 11:12), maupun Ishak pada waktu dia hampir dikorbankan (Ibrani 11:19) dapat dianggap orang mati yang dihidupkan secara kiasan. Kebangkitan Tuhan Yesus disebut dalam pasal 4:24, yaitu akhir dari diskusi ini, sehingga tidak jauh dari pikiran Paulus di sini.

...dan yang menjadikan dengan firmanNya233 apa yang tidak ada menjadi ada.

Allah yang dipercayai Abraham menciptakan segala sesuatu. Selain semesta alam, Dia juga "menciptakan" keturunan bagi Abraham, walaupun kelihatannya mustahil. Dan Abraham percaya pada janji itu. Jadi bagi Abraham, hal yang kelihatanya mustahil atau tidak mustahil, hal itu tidak menjadi masalah. Yang penting adalah bahwa Allah berjanji kepada dia. Abraham memiliki janji Allah. Apa yang tinggal hanya merupakan pelaksanaan saja. Jadi bagi Abraham, iman berarti memegang pada janji Allah. Ini juga berlaku untuk "mereka yang hidup dari iman Abraham."

Hagelberg: Rm 4:1-25 - -- b. Kebenaran Allah Disaksikan dari PL 4:1-4:25 Jadi, bagaimanakah hukum Taurat diteguhkan, dan tidak dibatalkan? Paulus telah berkata bahwa manusia...

b. Kebenaran Allah Disaksikan dari PL 4:1-4:25

Jadi, bagaimanakah hukum Taurat diteguhkan, dan tidak dibatalkan? Paulus telah berkata bahwa manusia tidak dapat dibenarkan melalui ketaatan pada hukum Taurat. Dalam bagian ini dia akan membuktikan bahwa pernyataan tersebut sesuai dengan ajaran Perjanjian Lama. Dia akan membuktikannya melalui kesaksian dua tokoh Perjanjian Lama yang paling hebat199 dari segi ketaatan, yaitu Bapa Abraham dan Raja Daud. Dua tokoh tersebut dipilih karena kalau pernyataan tersebut dapat dibuktikan melalui kesaksian mereka, maka pernyataan tersebut telah dibuktikan untuk semua.

i. Abraham Dibenarkan karena Iman 4:1-4:5

Bagi orang-orang Yahudi Bapa Abraham adalah teladan, seorang tokoh yang dibenarkan karena perbuatannya. Paulus setuju bahwa dia luar biasa, dan bahwa dia dibenarkan, tetapi Paulus tidak setuju bahwa dia dibenarkan karena perbuatannya.

Hagelberg: Rm 4:17 - -- 4:17 seperti ada tertulis: "Engkau telah Kutetapkan menjadi bapa banyak bangsa"- di hadapan Allah yang kepadaNya ia percaya, yaitu Allah yang menghid...

4:17 seperti ada tertulis: "Engkau telah Kutetapkan menjadi bapa banyak bangsa"- di hadapan Allah yang kepadaNya ia percaya, yaitu Allah yang menghidupkan orang mati dan yang menjadikan dengan firmanNya apa yang tidak ada menjadi ada.

Paulus mengutip firman ini dari Kejadian 17:5231 untuk menegaskan bahwa kita yang bukan keturunan jasmani dari Abraham dapat disebut "keturunan Abraham." Di sini Paulus tidak berkata bahwa kita adalah bangsa Israel, atau "Israel baru." Istilah bangsa di sini memakai bentuk jamak.

...di hadapan Allah yang kepadaNya ia percaya...

Di atas Paulus sudah berkata "sebab Abraham adalah bapa kita semua," dan di sini dia melanjutkan kalimat itu. Abraham memperoleh sebutan "bapa kita semua" di hadapan Allah yang kepadaNya ia percaya. Dia diberi tempat yang mulia itu karena dia percaya, karena imannya.

Nygren232 mengingatkan kita bahwa bagian pertama dari Surat Roma menjelaskan arti dari pasal 1:17, "dia yang benar karena iman." Abraham adalah contoh utama dan pola yang mantap dari "dia yang benar oleh iman," dan kita adalah keturunannya. Dalam pasal 4:17-25 Paulus menjelaskan arti dari istilah "iman" melalui pengalaman Abraham.

...yaitu Allah yang menghidupkan orang mati...

Allah yang dipercayai Abraham adalah seperti ini. Allah Abraham menghidupkan orang mati. Baik Abraham pada waktu dia memperanakkan Ishak (Ibrani 11:12), maupun Ishak pada waktu dia hampir dikorbankan (Ibrani 11:19) dapat dianggap orang mati yang dihidupkan secara kiasan. Kebangkitan Tuhan Yesus disebut dalam pasal 4:24, yaitu akhir dari diskusi ini, sehingga tidak jauh dari pikiran Paulus di sini.

...dan yang menjadikan dengan firmanNya233 apa yang tidak ada menjadi ada.

Allah yang dipercayai Abraham menciptakan segala sesuatu. Selain semesta alam, Dia juga "menciptakan" keturunan bagi Abraham, walaupun kelihatannya mustahil. Dan Abraham percaya pada janji itu. Jadi bagi Abraham, hal yang kelihatanya mustahil atau tidak mustahil, hal itu tidak menjadi masalah. Yang penting adalah bahwa Allah berjanji kepada dia. Abraham memiliki janji Allah. Apa yang tinggal hanya merupakan pelaksanaan saja. Jadi bagi Abraham, iman berarti memegang pada janji Allah. Ini juga berlaku untuk "mereka yang hidup dari iman Abraham."

Hagelberg: Rm 3:21--4:25 - -- 2. Kebenaran Allah Dinyatakan 3:21-4:25 (aiwn/aion hidup) Dalam bagian ini Paulus menyatakan bahwa kebenaran Allah diberikan kepada orang yang perc...

2. Kebenaran Allah Dinyatakan 3:21-4:25

(aiwn/aion hidup)

Dalam bagian ini Paulus menyatakan bahwa kebenaran Allah diberikan kepada orang yang percaya kepada Yesus Kristus.

Sampai di sini semua yang diuraikan berpusat pada murka Allah. Aiwn/Aion kematian dikuasai oleh kuasa Dosa. Tetapi di sini Paulus mulai menyoroti sesuatu yang baru, yaitu kebenaran Allah. Nygren163 menyamakan aiwn/aion hidup yang mulai diceriterakan di sini dengan "ciptaan baru... yang sudah datang" yang disebut dalam II Korintus 5:17. Kalau judul 1:18-3:20 adalah "Murka Allah," judul yang tepat untuk 3:21-4:25 adalah "Kebenaran Allah."

Hagelberg: Rm 1:18--4:25 - -- A. Orang yang Dibenarkan karena Iman 1:18-4:25 Allah memurkai setiap orang, baik orang bukan Yahudi yang tidak benar, maupun orang Yahudi yang mengej...

A. Orang yang Dibenarkan karena Iman 1:18-4:25

Allah memurkai setiap orang, baik orang bukan Yahudi yang tidak benar, maupun orang Yahudi yang mengejar kebenaran dengan Taurat Musa. Yang dibenarkan hanyalah mereka yang percaya kepada Kristus.

Mulai di sini sampai dengan pasal 8 Paulus menguraikan tema yang dikemukakan di dalam pasal 1:16-17. Untuk menguraikan bagaimana kebenaran Allah dinyatakan dalam Injil yang menyelamatkan, dia harus lebih dahulu menyatakan bahwa murka Allah sedang dinyatakan atas dosa segala manusia. Dia harus membuktikan perlunya keselamatan itu. Kebenaran Allah adalah kebenaran yang satu-satunya, dan kebenaran itu hanya dinyatakan "dari iman kepada iman."

Di sini layak dicatat bahwa di dalam bagian ini bukanlah Paulus yang menghakimi angkatan itu, tetapi Injil Kristus yang menghakimi semua manusia. Bukan berarti angkatan itu lebih buruk dari pada angkatan-angkatan yang terdahulu, atau yang kemudian, tetapi mengingat kebenaran Allah semua manusia buruk.

Hagelberg: Rm 1:18--15:13 - -- II. Injil 1:18-15:13 Cranfield,65 setelah menyelidiki seluruh bagian ini, menyatakan bahwa Paulus "membiarkan Injil berbicara sendiri... untuk menen...

II. Injil 1:18-15:13

Cranfield,65 setelah menyelidiki seluruh bagian ini, menyatakan bahwa Paulus "membiarkan Injil berbicara sendiri... untuk menentukan bentuk dan isi bagian utama dari suratnya." Perkataan ini tepat. Paulus tidak menyusun bagian ini (1:18-15:13) untuk menangani suatu situasi tertentu di kota Roma, tetapi bagian ini terbentuk sesuai dengan suatu "akal intern" dari Injil Kristus sendiri. Bukan tidak ada pengaruh sama sekali dari situasi di Roma. Mungkin rencana Paulus untuk mengadakan perjalanan ke Spanyol mempengaruhi beberapa perincian dalam surat ini, tetapi secara keseluruhan, bentuk dan isi bagian ini, 1:18-15:13, ditentukan dari logisnya Injil Kristus saja.

Dalam bagian utama ini isi dan akibat kebenaran dari Allah bagi manusia diuraikan.66

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Rm 4:16-25 - Dibenarkan karena iman (Sabtu, 4 April 2009) Dibenarkan karena iman Judul: Dibenarkan karena iman Salah satu pengajaran penting iman Kristen adalah...

SH: Rm 4:16-25 - Oleh kasih karunia melalui iman (Rabu, 13 Mei 2009) Oleh kasih karunia melalui iman Judul: Oleh kasih karunia melalui iman Apa yang dimaksud dengan iman? ...

SH: Rm 4:13-25 - Memegang teguh janji Tuhan. (Senin, 18 Mei 1998) Memegang teguh janji Tuhan. Memegang teguh janji Tuhan. Menilik usianya yang sudah usur dan kondisi la...

SH: Rm 4:13-25 - Apa dasar Abraham dibenarkan? (Kamis, 1 Juni 2006) Apa dasar Abraham dibenarkan? Judul: Apa dasar Abraham dibenarkan? Jika pertanyaan ini dilontarkan...

SH: Rm 4:13-25 - Iman dan Janji (Kamis, 20 Oktober 2016) Iman dan Janji Kita hidup pada zaman di mana manusia sangat mudah melanggar janji, seperti: janji perkawinan, jan...

SH: Rm 4:1-15 - Pembenaran, kasih karunia, iman (Selasa, 12 Mei 2009) Pembenaran, kasih karunia, iman Judul: Pembenaran, kasih karunia, iman Untuk memperkuat argumentasi me...

SH: Rm 4:1-25 - Apakah Aku Punya Iman yang Cukup? (Minggu, 26 Juni 2022) Apakah Aku Punya Iman yang Cukup? Apakah iman saja cukup? Bukankah perbuatan juga merupakan hal yang esensial? Ji...

Utley: Rm 4:16-25 - --NASKAH NASB (UPDATED): Rom 4:16-25...

Topik Teologia: Rm 4:17 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Kuasa Ilahi Kitab Suci Sumber Alkitab Kitab Suci Memiliki Kuasa Final Allah...

TFTWMS: Rm 4:16-25 - Abraham, Bapak Semua Orang Percaya ABRAHAM, BAPAK SEMUA ORANG PERCAYA (Roma 4:16-25) 16 Karena itulah ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Roma (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Kebenaran Allah telah Dinyatakan Tanggal Penul...

Full Life: Roma (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Rom 1:1-17) ...

Matthew Henry: Roma (Pendahuluan Kitab) Jika kita boleh membandingkan satu kitab dengan kitab lainnya dan me...

Jerusalem: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus ...

Ende: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT RASUL PAULUS KEPADA UMAT ROMA KATA PENGANTAR Menurut pendapat paling umum, surat kepada umat Roma ini ditulis ole...

Hagelberg: Roma (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Keunikan Surat Roma Surat Roma adalah satu-satunya surat yang ditulis o...

Hagelberg: Roma (Garis Besar) GARIS BESAR roma I. Pendahuluan 1:1-1:17 ...

Hagelberg: Roma DAFTAR PUSTAKA roma Daftar Kepustakaan Barclay, William, Pemahaman Alkitab Setiap Hari: Roma...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Percaya Kepada Allah (Roma 4:17) Abraham tidak beriman kepada dirinya...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Diselamatkan Oleh Darah! (Roma 3:25; 5:9) Paulus menulis dalam ...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) PASAL 4 CONTOH DARI ABRAHAM, ORANG BERIMAN ...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Mengikuti Jejak Kehidupan Abraham (Roma 4) Para pembaca Pa...

TFTWMS: Roma (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 James R. Edwards, Romans, New International Biblical Commentary (Peabody, Mass.: Hendri...

BIS: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS KEPADA JEMAAT DI ROMA PENGANTAR Surat Paulus Kepada Jemaat di Roma ditulis untuk mempersiapkan me...

Ajaran: Roma (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran utama Kitab Roma dan yakin bahwa manusia diselamatkan hanya...

Intisari: Roma (Pendahuluan Kitab) Inti InjilMENGAPA ROMA?Dalam Kisah para Rasul kita saksikan Paulus memulai gereja-gereja di tempat-tempat yang sekarang ki...

Garis Besar Intisari: Roma (Pendahuluan Kitab) [1] 'MENGAPA SAYA MENULIS...' Rom 1:1-7...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #14: Gunakan Boks Temuan untuk melakukan penyelidikan lebih jauh terhadap kata dan ayat yang Anda cari. [SEMUA]
dibuat dalam 0.07 detik
dipersembahkan oleh YLSA