Anak nabi sebagai tanda
8:1 Berfirmanlah TUHAN kepadaku: "Ambillah sebuah batu tulis
besar dan tuliskanlah di atasnya dengan tulisan biasa: Maher-Syalal Hash-Bas
1 .
"
8:2 Maka aku memanggil dua saksi yang dapat dipercaya,
yaitu imam Uria
dan Zakharia bin Yeberekhya.
8:3 Kemudian aku menghampiri isteriku;
ia mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki.
Lalu berfirmanlah TUHAN kepadaku: "Namailah dia: Maher-Syalal Hash-Bas,
8:4 sebab sebelum anak itu tahu
memanggil: Bapa! Ibu! maka kekayaan Damsyik
dan jarahan Samaria akan diangkut di depan raja Asyur.
"
Penyerbuan Asyur ke Yehuda
8:5 TUHAN melanjutkan lagi firman-Nya kepadaku:
8:6 "Oleh karena bangsa ini telah menolak
air Syiloah
2 yang mengalir lamban, dan telah tawar hati terhadap Rezin dan anak Remalya,
8:7 sebab itu, sesungguhnya, Tuhan akan membuat air
sungai Efrat yang kuat dan besar, meluap-luap atas mereka, yaitu raja Asyur
dengan segala kemuliaannya;
air ini akan meluap melampaui segenap salurannya dan akan mengalir melampaui segenap tebingnya,
8:8 serta menerobos masuk ke Yehuda, ibarat banjir yang meluap-luap
hingga sampai ke leher; dan sayap-sayapnya
yang dikembangkan akan menutup seantero negerimu, ya Imanuel
3 !
"
8:9 Ketahuilah,
hai bangsa-bangsa, dan terkejutlah,
perhatikanlah, ya segala pelosok bumi, berikatpingganglah,
dan terkejutlah; berikatpingganglah dan terkejutlah!
8:10 Buatlah rancangan, tetapi akan gagal
juga; ambillah keputusan, tetapi tidak terlaksana
juga, sebab Allah menyertai kami!
Yesaya terpaksa bersembunyi
8:11 Sebab beginilah firman TUHAN kepadaku, ketika tangan-Nya menguasai aku,
dan ketika Ia memperingatkan aku, supaya jangan mengikuti
tingkah laku bangsa ini:
8:12 "Jangan sebut persepakatan
4 segala apa yang disebut bangsa ini persepakatan,
dan apa yang mereka takuti janganlah kamu takuti
dan janganlah gentar
melihatnya.
8:13 Tetapi TUHAN semesta alam, Dialah yang harus kamu akui sebagai Yang Kudus;
kepada-Nyalah harus kamu takut
5 dan terhadap Dialah harus kamu gentar.
8:14 Ia akan menjadi tempat kudus,
tetapi juga menjadi batu sentuhan
dan batu sandungan
bagi kedua kaum Israel itu, serta menjadi jerat
dan perangkap bagi penduduk Yerusalem.
8:15 Dan banyak di antara mereka akan tersandung,
jatuh dan luka parah, tertangkap dan tertawan."
8:16 Aku harus menyimpan kesaksian
ini dan memeteraikan
pengajaran
6 ini di antara murid-muridku.
8:17 Dan aku hendak menanti-nantikan
TUHAN yang menyembunyikan
wajah-Nya terhadap kaum keturunan Yakub; aku hendak mengharapkan Dia.
8:18 Sesungguhnya, aku dan anak-anak yang telah diberikan TUHAN kepadaku
adalah tanda
dan alamat
di antara orang Israel dari TUHAN semesta alam yang diam di gunung Sion.
8:19 Dan apabila orang berkata kepada kamu: "Mintalah petunjuk
kepada arwah dan roh-roh peramal
yang berbisik-bisik dan komat-kamit,
" maka jawablah: "Bukankah suatu bangsa patut meminta petunjuk
kepada allahnya? Atau haruskah mereka meminta petunjuk kepada orang-orang mati bagi orang-orang hidup?"
8:20 "Carilah pengajaran
dan kesaksian!
" Siapa yang tidak berbicara sesuai dengan perkataan itu, maka baginya tidak terbit fajar.
8:21 Mereka akan lalu lalang di negeri
itu, melarat dan lapar,
dan apabila mereka lapar, mereka akan gusar dan akan mengutuk
rajanya dan Allahnya; mereka akan menengadah ke langit,
8:22 dan akan melihat ke bumi, dan sesungguhnya, hanya kesesakan dan kegelapan, kesuraman
yang mengimpit, dan mereka akan dibuang ke dalam kabut.
1 Full Life
Nas : Yes 8:1
Arti dari nama putra kedua Yesaya (bd.
lihat cat. --> Yes 7:3)
[atau ref. Yes 7:3]
ialah "segera ke jarahan, cepat ke rampasan." Nama ini bukan hanya
menubuatkan kebinasaan dan kejatuhan Aram oleh Asyur (732 SM) tetapi juga
Israel (722 SM).
2 Full Life
Nas : Yes 8:6
"Air Syiloah" (dalam PB dikenal sebagai kolam Siloam; Yoh 9:7)
mendapatkan air dari sebuah mata air yang mengalir dengan tenang dan
menjadi sumber air bawah tanah Yerusalem ketika dikepung oleh pasukan
asing. Air ini melambangkan pemerintahan Allah yang penuh kemurahan dan
lembut melalui raja-raja wakil-Nya -- yaitu, keturunan Daud yang saleh.
Karena Yehuda dan Yerusalem sedang menolak pemerintahan Allah yang baik
ini, sebagai gantinya mereka akan mengalami "banjir yang meluap-luap" dari
daerah Efrat, yaitu: banjir besar berupa serbuan pasukan Asyur (ayat
Yes 8:7-10).
3 Full Life
Nas : Yes 8:8
Di tengah-tengah nubuat Yesaya, Roh nubuat menunjuk kepada suatu
pengharapan untuk masa depan. Apa pun juga yang terjadi, orang yang setia
kepada Allah tidak perlu takut, karena Imanuel ("Allah menyertai kita", bd.
ayat Yes 8:10) menjadi jaminan bagi semua yang mengandalkan Dia. Dengan
demikian "Imanuel" adalah semboyan kekal umat Allah sepanjang sejarah --
masa lalu, masa kini, dan masa depan (Mat 1:23).
4 Full Life
Nas : Yes 8:12
Yesaya telah berusaha meyakinkan Yehuda untuk meminta bantuan Allah
daripada bantuan bangsa asing. Ia dituduh berkomplot dan berkhianat.
Demikian pula, sepanjang sejarah gereja, orang yang berusaha mengimbau
gereja untuk meninggalkan program manusia dan kekristenan tidak alkitabiah
untuk kembali kepada kuasa, kekudusan, dan misinya yang semula sering kali
mengalami penganiayaan dan ketidaksenangan. Daripada takut kepada orang
lain, nabi itu dinasihati untuk takut hanya kepada Tuhan semesta alam (ayat
Yes 8:12-13).
5 Full Life
Nas : Yes 8:13
Di saat-saat bahaya dan pencobaan, hanya Allah sendiri Yang harus
kita takuti dan harapkan untuk melepaskan (bd. Mat 10:28). Melalui
sikap hormat dan kasih yang patut kepada-Nya, Dia akan hadir bersama kita
dan menjadi tempat perlindungan kita (ayat Yes 8:14).
6 Full Life
Nas : Yes 8:16
Sebagian besar umat Allah hidup dalam kemurtadan, tetapi masih ada
sekelompok kecil yang setia -- para murid yang mengikuti kehendak Tuhan.
Merekalah yang dipanggil untuk memelihara firman Allah. Pada setiap zaman,
murid Tuhan yang hatinya tetap pada firman Allah, harus berjuang untuk
kebenaran Allah yang tidak dapat diubah (lih. Yud 1:3) dan
meneruskannya kepada angkatan selanjutnya.