Resource > Jurnal Pelita Zaman >  Volume 13 No. 2 Tahun 1998 >  MENGKAJI IKLAN DARI SUDUT ETIKA > 
PENDAHULUAN 

Dalam dunia bisnis, persaingan terjadi semakin ketat dan iklan merupakan salah satu strategi pemasaran produk, baik barang maupun jasa, yang paling penting dan handal. Kehadiran iklan sebenarnya sebagai alat untuk menjembatani produsen dengan konsumen, atau penjual dengan pembeli. Dengan kata lain, semua iklan adalah sumber informasi.1421 Iklan memiliki bobot kepentingan yang berbeda, ketika pengusaha berusaha menampilkan produk semenarik mungkin dan pembeli menginginkan produk seperti yang digambarkan melalui iklan. Dewasa ini secara tidak disadari kemasan iklan telah diwarnai oleh semacam "krisis kebebasan" yang lebih banyak menampilkan apa yang berbau seks atau porno, dengan alasan agar menarik pemirsa atau pendengar. Iklan telah berubah menjadi suatu bungkus yang sangat misterius dan menggiurkan, sehingga tidak jarang pembeli terkecoh oleh keindahan bungkus iklan. Sejauh manakah "kebebasan" secara etis harus dicermati oleh pelaku bisnis agar tidak kehilangan makna fungsi iklan sebagai alat promosi yang efektif.1422 Dengan demikian pelaku bisnis dapat mempertanggungjawabkan secara etis dan moral, serta menguntungkan bagi semua orang.



TIP #17: Gunakan Pencarian Universal untuk mencari pasal, ayat, referensi, kata atau nomor strong. [SEMUA]
dibuat dalam 0.04 detik
dipersembahkan oleh YLSA