Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  24. Sastra Alkitab >  V. Surat-Surat. > 
C. Surat Yakobus. 
sembunyikan teks

Surat ini ditulis oleh Yakobus, saudara Kristus, kepada orang-orang Kristen Yahudi yang tersebar di seluruh Kekaisaran Romawi. Yakobus bukan sekedar saudara kandung Yesus: ia juga seorang percaya yang sejati. Terdapat kesamaan yang menonjol di antara perkataan Yesus yang tercatat dalam Matius 5-7 dan Surat Yakobus; keduanya memakai banyak gambar dari alam. Beberapa bagian dalam surat ini juga mengingatkan kita pada amanat Yakobus dalam Kisah Para Rasul 15.

Surat ini memperlihatkan latar belakang Yahudi yang kuat. Hal ini membuktikan salahnya dugaan bahwa Yakobus menyusun suratnya menurut diatribe (tulisan berisi kecaman-kecaman yang tajam) Yunani, yang umum terdapat di antara para moralis populer di Yunani. Tulisan jenis itu tidak cocok untuk menghadapi suatu situasi sejarah tertentu.

Gaya menulis dalam kitab ini berwibawa, sederhana, dan terus terang. Kitab ini tidak memiliki kepaduan dari penyajian Rasul Paulus. Jadi, meskipun jelas bahwa tujuan kitab ini bersifat mendidik dan pastoral, susunan dan retorikanya sangat berbeda dengan tulisan-tulisan Paulus. Kitab ini berisi banyak epigram, yang memperlihatkan pengaruh gaya puitis Perjanjian Lama atas tulisan Yakobus. Gaya puitis yang sama sangat menonjol dalam ajaran Yesus, dan beberapa bagian dalam kitab ini jelas mengandalkan ajaran tersebut. (Misalnya, bandingkan Yak. 1:12 dengan Mat. 5:11-12.)

Ada yang mengatakan bahwa Surat Yakobus adalah contoh dari sastra hikmat Perjanjian Baru. Penulis tampil sebagai seorang guru bijaksana yang mengajar para pembacanya tentang cara hidup yang bijaksana. Kaidah-kaidahnya, yang singkat dan agaknya tidak berhubungan, mirip dengan amsal-amsal kuno yang ditulis oleh Salomo. Ciri ini menyebabkan beberapa ahli mengemukakan bahwa Yakobus menulis sesuai dengan gaya mengajarnya. Mereka menganjurkan bahwa surat ini adalah materi katekese (mengajar) yang tertulis.



TIP #31: Tutup popup dengan arahkan mouse keluar dari popup. Tutup sticky dengan menekan ikon . [SEMUA]
dibuat dalam 0.02 detik
dipersembahkan oleh YLSA