Resource > Jurnal Pelita Zaman >  Volume 2 No. 1 Tahun 1987 >  SEKITAR BISNIS > 
SITUASI 

Ada hukum-hukum yang mutlak dan universal sehingga selalu berlaku dalam situasi apa pun. Contohnya adalah The Golden Rule of Jesus: "Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka... (Mat. 7:12)", yang senantiasa dapat dipakai di dalam dunia bisnis. Selain itu, ada juga peraturan-peraturan aplikasi yang dapat berubah sesuai dengan situasi dan zaman yang berubah. Contohnya adalah peraturan mengenai perempuan yang harus menudungi kepalanya dalam I Kor. 11:6. Pada zaman itu adalah hal yang janggal apabila seorang perempuan berdoa tanpa tudung kepala (I Kor. 11:13). Peraturan itu tidak cocok lagi dengan keadaan di zaman sekarang, meskipun hukum berdoa kepada Allah dengan hormat dan sepatutnya masih tetap berlaku. Masalah makan daging pada jemaat di Korintus sangat tergantung dari situasi makan tersebut. Secara prinsip orang Kristen boleh makan daging yang dijual di pasar daging, meskipun ada resiko daging itu berasal dari persembahan untuk berhala. Karena "bumi serta segala isinya adalah milik Tuhan" (I Kor. 10:26). Tetapi apabila ada orang yang berkeberatan atau hal itu menjadi batu sandungan bagi orang lain, kalau perlu Paulus tak akan makan daging untuk selama-lamanya. (I Kor. 8:13; 10:28-32). Dalam praktek, keputusan-keputusan semacam ini menjadi sukar. Misalnya saja dalam suatu pesta; tindakan kita diamati oleh dua golongan orang yang senang kita makan daging itu dan yang tidak senang kita makan daging itu. Keputusan kita hanya dua macam: makan daging itu atau tidak. Berarti ada ketidakmungkinan untuk memuaskan semua orang dengan pendapat yang beraneka ragam itu. Di sinilah kita patut mendapat hikmat Roh Kudus dalam mengambil keputusan dan dalam menjelaskannya kepada orang lain dasar keputusan kita itu. Dalam dunia bisnis situasi sangat menekan seseorang, untuk terbawa arus melakukan cara-cara duniawi. Misalnya dalam mempromosikan perusahaan orang biasanya melukiskan keadaan perusahaannya lebih baik dari pada yang sesungguhnya. Apabila promosi perusahaan kita kalah kuat dengan mereka, kita dapat memberikan kesan yang keliru. Dalam hal ini penulis biasanya tetap mempromosikan keadaan sebenarnya dengan catatan promosi kita adalah promosi yang jujur, dengan tidak merendahkan yang lain. Dunia bisnis sangat menuntut kepekaan kita untuk mengetahui situasi dan "pasaran". Dalam banyak hal sebagian budget harus disisihkan hanya untuk mengerti keadaan situasi sekarang.



TIP #04: Coba gunakan range (OT dan NT) pada Pencarian Khusus agar pencarian Anda lebih terfokus. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA