Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  19. Transportasi >  I. Jaringan Jalan-Jalan di Luar Palestina. > 
A. Asia Kecil. 
 sembunyikan teks

Asia Kecil adalah Dataran Tinggi Tengah yang tingginya sekitar 900 sampai 1500 m yang di bagian selatan dibatasi oleh gunung-gunung yang tingginya mencapai 4000 m. Pada tiga sisi Asia Kecil terdapat air: Laut Tengah di bagian selatan, Laut Aegea di sebelah barat, dan Laut Hitam di sebelah utara. Gunung-gunung batu yang terjal melingkari pantai Laut Hitam, serta membentuk rintangan alamiah menuju jalan-jalan yang menghubungkan kawasan utara dan selatan Asia Kecil. Orang Lidia pada zaman purba menetap di lembah-lembah subur Asia Kecil barat sepanjang Laut Aegea. Di daerah ini, Croesus, raja terakhir Lidia (sebuah negeri di Asia Kecil pada zaman purba), dikalahkan dalam suatu pertempuran melawan orang Persia. Pegunungan Taurus di sebelah selatan merupakan rintangan berat bagi orang-orang yang ingin ke utara dari Laut Tengah. Namun, orang-orang tersebut dapat mengikuti ngarai-ngarai melalui gunung-gunung. Rasul Paulus menggunakan salah satu celah gunung ini - yang terkenal sebagai Pintu Gerbang Kilikia - pada perjalanannya yang kedua dan ketiga ke Derbe, Listra, Ikonium, dan Antiokhia (Kis. 15:41; 16:1; 18:23 dst.). Dataran tinggi tengah Asia Kecil terdiri atas daerah berbukit-bukit, lembah-lembah sungai, rawa-rawa, dan kerucut-kerucut gunung berapi. Gunung-gunung yang mengurung daerah ini membatasi jumlah curah hujan. Wilayahnya yang gundul dipakai oleh para gembala dan kawanan ternak mereka.

Kekuatan Asia Kecil dalam dunia purba terletak dalam sumber-sumber mineralnya. Perak dan emas ditambang di Kapadokia, di sebelah utara Pegunungan Taurus. Daerah Pontus, termasuk Hattusas, ibu kota orang Het, yang menjadi pusat untuk kayu, perak, tembaga, dan besi. Timah ditambang dekat Hellespont di barat laut Asia Kecil.

almanac


TIP #01: Selamat Datang di Antarmuka dan Sistem Belajar Alkitab SABDA™!! [SEMUA]
dibuat dalam 0.01 detik
dipersembahkan oleh YLSA