Resource > Jurnal Pelita Zaman >  Volume 9 No. 2 Tahun 1994 >  GEREJA DALAM ERA POST MODERNISME > 
ERA POST MODERNISME (POS-MO) 
sembunyikan teks

Istilah pos-mo akhir-akhir ini makin santer terdengar. Kurang ada manfaatnya untuk memperdebatkan apakah kita sekarang sudah memasuki era pos-mo atau belum. Tetapi yang jauh lebih penting bagi kita adalah menyadari bahwa zaman kita bukan lagi seperti zaman dekade 80-an. Pada era teknologi (tinggi) elektronika dengan sistem serat optik, telepon seluler dan faksimili; dengan makin padatnya ruang angkasa planet bumi ini diarungi oleh berbagai macam satelit komunikasi, jelas tidak dapat lagi disangkal akan adanya suatu kenyataan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Untuk sekedar memahami berbagai macam perubahan yang cukup besar dan drastis, marilah kita perhatikan apa yang dinyatakan oleh Thomas Wang dalam "AD 2000 and Beyond Magazine", edisi Mei - Agustus 1990

"Orang-orang Eropa Timur berkata bahwa sementara rakyat Polandia membutuhkan 10 tahun untuk mendapatkan kemerdekaan mereka, Hongaria membutuhkan 10 bulan, Jerman Timur dalam 10 minggu, Republik Ceko dalam 10 hari, dan Rumania dalam 10 jam. Tetapi siapa yang sebenarnya membuat segala perubahan yang dahsyat tadi terjadi? Siapa lagi kalau bukan Tuhan? Siapa lagi yang mampu melakukannya?"

Tentu Allah dapat berbuat sesuatu perubahan tanpa manusia atau kelembagaan manusia, kalau Dia menghendakinya. Tetapi biasanya Allah memakai agen, dan perlu dicatat bahwa agen(agen) perubahan tidak selalu orang Kristen! Baik sejarah sekuler maupun Alkitab banyak bersaksi tentang kebenaran tadi! (bandingkan dengan Hak 3:12; 1Raj 11:14; Yes 5:26; 7:18; 10:5,6; Yer 5:15; 6:22; 51:20; Luk 19:43; Kis 9:15; 1 Kor 1:27)



TIP #14: Gunakan Boks Temuan untuk melakukan penyelidikan lebih jauh terhadap kata dan ayat yang Anda cari. [SEMUA]
dibuat dalam 0.01 detik
dipersembahkan oleh YLSA