Resource > Jurnal Pelita Zaman >  Volume 9 No. 1 Tahun 1994 >  ASTROLOGI: BERGUNA ATAU TIDAK? > 
APAKAH ASTROLOGI ITU? 
sembunyikan teks

Kata "astrologi" berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata, yakni: "astron" yang artinya bintang dan "logos" yang artinya ilmu; jadi, astrologi adalah ilmu yang mempelajari tentang posisi bintang-bintang dan benda-benda luar angkasa lainnya, di mana benda-benda tersebut mempunyai keterkaitan dengan nasib peruntungan manusia.

Astrologi berbeda dengan astronomi, ilmu astronomi mempelajari tata letak bintang-bintang dan planet-planet pada sistem tata surya tertentu dan tidak dikaitkan dengan nasib peruntungan manusia.443

Astrology is an ancient practise that assumes that the position of the stars and planets has a direct influence upon people and events.444

Ramalan-ramalan Astrologi yang biasanya berupa diagram-diagram dikenal sebagai horoskop, hal tersebut untuk menyatakan keterkaitan posisi bintang-bintang dan planet-planet dengan peruntungan nasib seseorang.

Forecast of a person's future based on diagram showing the relative positions of the planets, etc at a particular time e.g. the time of his birth.

Horoskop mempunyai dua belas simbol yang lazimnya dikenal dengan istilah "zodiak", dan setiap zodiak ada di bawah pengaruh dari planet tertentu; pada sistem ini terdapat tujuh planet yang berpengaruh bagi zodiak, yakni: Matahari, Bulan, Merkurius, Venus, Mars, Yupiter dan Saturnus. Untuk lebih jelasnya, kita lihat bagan sebagai berikut:

Nama Simbol Planet yang Tanggal lahir

mempengaruhi yang dipengaruhi

----------------------------------------------------------------------

Aries Domba jantan Mars 21 Maret - 20 April

Taurus Lembu jantan Bulan 21 April - 21 Mei

Gemini Anak kembar Merkurius 21 Mei - 21 Juni

Cancer Kepiting Bulan 22 Juni - 23 Juli

Leo Singa Matahari 24 Juli - 23 Augst

Virgo Gadis Merkurius 24 Augst - 23 Sept

Libra Timbangan Venus 24 Sept - 23 Okt

Scorpio Kalajengking Mars 24 Okt - 22 Nop

Sagitarius Centaur Jupiter 23 Nop - 22 Des

Capricorn Kambing Saturnus 23 Des - 20 Jan

Aquarius Pembawa air Saturnus 21 Jan - 19 Peb

Pisces Ikan Jupiter 20 Peb - 20 Maret

Tanggal kelahiran seseorang merupakan titik awal yang penting dan sangat berpengaruh bagi peruntungan nasib seseorang, sebab melalui tanggal kelahiran inilah jenis zodiak seseorang ditentukan.445

Mempercayai astrologi berarti mendukung akan kepercayaan adanya suatu takdir bahwa kita dilahirkan untuk menjadi "pihak yang menang" atau "pihak yang kalah", di mana seolah-olah bintang-bintang mengambil keputusan-keputusan yang berakibat langsung pada hal-hal yang akan terjadi dalam hidup kita, entah itu baik atau buruk.



TIP #01: Selamat Datang di Antarmuka dan Sistem Belajar Alkitab SABDA™!! [SEMUA]
dibuat dalam 0.02 detik
dipersembahkan oleh YLSA