Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  9. Orang Persia > 
III. Kambises 11 (529 - 522 sM). 
sembunyikan teks

Putra Koresy, Kambises, mengambil alih kerajaan itu sesudah kematian ayahnya. Seperti ayahnya, ia seorang yang cakap dan jendral yang baik. Kambises telah mewakili Koresy pada perayaan tahun baru (disebut "Perayaan Akita") di Babel sejak Koresy menjadi raja Babel. Kambises juga telah berdiri di ibu kota sebagai pengganti resmi raja ketika Koresy mengadakan ekspedisi militer, jika seandainya bahaya menimpa raja. Setelah ia dinobatkan, Kambises memandang ke arah barat untuk memperluas kerajaannya.

Sampai saat ini Mesir telah luput dari pemerintahan asing. Firaun Amasis, yang tidak disukai oleh rakyatnya, memerintah Mesir dengan bantuan para prajurit sewaan dari Yunani. Kambises merebut Memfis pada tahun 525 sM, ketika baik Amasis maupun putranya, Psamtik II, tidak dapat menentang pasukan-pasukan Persia. Hal ini menandai permulaan pemerintahan Persia atas Mesir.

Orang Mesir membenci pemerintahan orang asing. Desas desus palsu bahwa Kambises telah membunuh lembu jantan Apis yang suci adalah suatu penghinaan yang dengan mudah dipercayai oleh orang-orang yang sederhana. Para imam dari kuil-kuil tertentu marah karena mereka tidak lagi menerima perbekalan dengan cuma-cuma dari negara. Sebaliknya, mereka disuruh bekerja di ladang dan beternak unggas untuk kurban persembahan. Perubahan-perubahan inilah yang diperlukan oleh orang Mesir untuk menolak pemerintahan Persia. Bukti arkeologis menunjukkan bahwa Kambises menghormati agama Mesir. Tetapi pemberontakan orang Mesir memaksa dia untuk menarik kendali lebih erat. Setelah kembali dari Mesir, diberitahukan kepada Kambises bahwa Smerdis telah merebut kekuasaan atas Persia. Kambises tahu bahwa hal itu tidak dapat dilakukan oleh Smerdis, saudara tirinya (yang juga dikenal sebagai Barfiya), sebab para pembantunya telah membunuh Smerdis untuk mencegah pemberontakan seperti ini. Gaumate, orang Media yang menyatakan bahwa ia Smerdis (PseudoSmerdis), yang sebenarnya memimpin pemberontakan itu. Kambises tidak hidup lama untuk menindak Gaumate. Ia wafat dekat Gunung Karmel pada tahun 522 sM, mungkin karena bunuh diri.



TIP #24: Gunakan Studi Kamus untuk mempelajari dan menyelidiki segala aspek dari 20,000+ istilah/kata. [SEMUA]
dibuat dalam 0.02 detik
dipersembahkan oleh YLSA