Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  8. Ugarit dan Orang Kanaan > 
VI. Rangkuman. 
sembunyikan teks

Kita tahu bahwa orang Ibrani hidup bertetangga dengan orang Kanaan dan mengetahui gaya hidup, pandangan hidup, agama, dan sastra mereka. Banyak kali orang Ibrani menerima agama orang Kanaan. Pikirkan patung lembu jantan yang didirikan Yerobeam di Betel serta Dan (I Raj. 12:28-29); dalam naskah-naskah Ugarit. El sering kali disebut "Lembu Jantan." Atau ingat kembali betapa seringnya Alkitab merujuk kepada benda-benda Kanaan seperti Asyera (tugu berhala) atau Asyerim (tiang berhala) (Kel. 34:13; Ul. 7:5; 12:3; 16:21; Hab. 6:25; I Raj. 14:15; dll.)

Sebagian besar dari peringatan keras para nabi merupakan reaksi terhadap orang Kanaan. Adakalanya orang Ibrani meminjam dengan leluasa dari orang Kanaan.

Dari bidang-bidang manakah dalam kehidupan orang Kanaan mereka pinjam? Tentu saja dari arsitektur mereka dan teknik-teknik kesusastraan mereka. Sebagian besar pengetahuan kita tentang puisi Ibrani (teristimewa kitab Mazmur dan Amsal) diperoleh dari naskah-naskah puisi yang berharga yang ditemukan di Ugarit. (Lihat "Puisi.") Bahkan orang Ibrani mengacu kepada bahasa mereka sebagai "bahasa Kanaan" (Yes. 19:18).

Akan tetapi, jarang sekali materi yang mereka pinjam itu bersifat agama. Untuk setia kepada Allahnya, Israel harus menjauhi diri dari para tetangga kafirnya. Israel tidak berani bermain-main dengan hal-hal yang dianggap menjijikkan dan tidak diterima oleh Allah. Yahweh dan para juru bicara-Nya menantang Israel untuk hidup di atas kebudayaan-kebudayaan yang ada di sekitarnya, untuk memisahkan diri darinya, serta menjadi saksi dan tantangan bagi mereka.



TIP #16: Tampilan Pasal untuk mengeksplorasi pasal; Tampilan Ayat untuk menganalisa ayat; Multi Ayat/Kutipan untuk menampilkan daftar ayat. [SEMUA]
dibuat dalam 0.02 detik
dipersembahkan oleh YLSA