Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  8. Ugarit dan Orang Kanaan > 
V. Sastra Ugarit. 
sembunyikan teks

Apakah sastra yang ditemukan di Ugarit menguatkan apa yang dikatakan Perjanjian Lama mengenai orang Kanaan?

Marilah kita meneliti naskah-naskah dari Ugarit yang ditulis dalam tulisan cuneiform alfabetis yang unik yang dibahas di atas. Naskah-naskah ini dapat dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok yang pertama terdiri atas legenda atau epik, dengan manusia sebagai tokoh utamanya. Golongan yang kedua adalah mitos yang menonjolkan perbuatan para dewa. Pertama-tama, kita hendak meneliti mitos.

 A. Berbagai Mitos.
sembunyikan teks

Kebanyakan mitos Ugarit berkisar keliling Baal dan dewa-dewa lain yang berhubungan dengannya. Baal adalah dewa langit dan hujan. Dua musuh utamanya adalah Yamm (dewa laut) dan Mot (dewa kematian).

 B. Berbagai Legenda. 
sembunyikan teks

Kita hendaknya meneliti dua buah legenda penting dari Kanaan mengenai raja-raja purba. Pertama, cerita adalah Legenda Keret, yang dinamakan menurut tokoh utamanya, putra El. Keret adalah raja di Hubur, istrinya direbut dan keluarganya dibunuh. sebagian besar cerita ini berisi nasihat dari El kepada Keret tentang mana bisa mendapatkan istri yang baru. Keret disuruh pergi ke Udum (Edom?), di mana Raja Paebel mempunyai seorang putri cantik bernama Hurriya. Pencarian Keret itu berhasil. Pasangan itu menikah dengan bahagia dan memulai sebuah keluarga baru, yang memperoleh tujuh anak lelaki dan seorang anak perempuan. Kemudian hari Keret Sakit parah.

Pada saat ini, El, pemimpin para dewa, turun tangan lagi. Ia menggunakan ilmu gaib untuk memulihkan kesehatan Keret, "Aku sendiri akan melakukan sihir itu/Sungguh aku yang akan menahan tangan penyakit itu/Mengusir setan . . . " Sungguh menarik bahwa dalam menggunakan ilmu gaib, dewa itu harus menghimbau kepada suatu kuasa dari luar.

Tidak lama kemudian, seorang anak lelaki Keret, yaitu Yassib, memberontak kepada ayahnya karena kepemimpinannya yang lunak. Keret berkata, "Semoga Horon (dewa wabah dan dunia di bawah) memecahkan, 0 anakku/Semoga Horon memecahkan kepalamu/Asytoret, nama Baal, kepalamu . . . " Maka kita melihat cerita ini mulai dan berakhir dengan seorang ayah yang cemas.

Legenda kedua berbicara tentang seorang raja yang bernama Aqhat, putra Danel (kadang-kadang "Daniel," tetapi bukan Daniel dari Alkitab) dan istrinya Donatiya. Kothar-wa-Khasis (dewa pertukangan) membuat sebuah busur yang indah untuk Aqhat. Busur itu menarik perhatian Anath, dewi perang. Anath menginginkan busur itu untuk gudang senjatanya, tetapi Aqhat menolak semua tawarannya untuk memperoleh busur itu.

Anath menyuruh salah seorang pengikutnya membunuh Aqhat. Yatpan, yang mengambil rupa seekor burung rajawali.

Bapak Danel menyelamatkan jenazah Aqhat dari perut rajawali itu dan mengubur anak lelakinya. Pigat, saudara perempuan Aqhat, mendatangi Yatpan untuk membalas dendam atas kematian saudara lelakinya. Dalam pada itu, Danel memasuki masa perkabungan yang tujuh tahun lamanya untuk Aqhat. Naskah itu berakhir di sini, tetapi banyak ahli merasa bahwa mungkin masih ada lanjutan legenda ini.

Mengapa legenda ini ditulis? Tak seorang pun yang tahu dengan pasti. Cerita ini mungkin mengisyaratkan jabatan suci raja sebagai pemilik kesuburan, sebab naskah ini menyatakan bahwa setelah kematian Aqhat "Baal gagal selama tujuh tahun ... tanpa embun, tanpa hujan." Danel beberapa kali disebut mt rp' e, "penyembuh." atau "pemberi kesuburan."

Ayah Aqhat, Danel, terutama sangat menarik perhatian kita dalam legenda ini. Nabi Yehezkiel mengurangi harapan palsu umatnya akan kelepasan (14:12-23) dengan mengatakan bahwa seseorang hanya akan diselamatkan apabila ia benar. Untuk menekankan hal ini, Yehezkiel berkata, "Biarpun di tengah-tengahnya berada ketiga orang ini, yaitu Nuh, Daniel dan Ayub, mereka akan menyelamatkan hanya nyawanya sendiri karena kebenaran mereka" (Ay. 14, 16, 18, 20). Tiga ayat menyisipkan, "Mereka tidak akan menyelamatkan baik anak laki-laki maupun anak perempuan." Para ahli tidak mengalami kesulitan untuk menentukan jati diri Nuh dan Ayub di Alkitab. Tetapi siapa Daniel? Apakah ia Daniel yang sama yang disebut Yehezkiel di 28:3, "Memang hikmatmu (raja Tirus) melebihi hikmat Daniel; tiada rahasia yang terlindung bagimu"? Banyak penulis telah menganjurkan bahwa Daniel yang disebut oleh Yehezkiel bukan orang yang hidup sezaman dengannya, yaitu Nabi Daniel, melainkan Danel dari legenda Kanaan. Dalam kitab Daniel, kata Daniel dieja dalam bahasa Ibrani sebagai dny'l. Akan tetapi, dalam semua ayat di Yehezkiel, Daniel dieja sebagai dn'l, tepat seperti nama Danel dieja dalam cerita Aqhat.

Apabila orang Ibrani mengetahui tentang Lewiatan orang Kanaan dan menyebutnya dalam sastra agama mereka, bukankah mereka dapat melakukan hal yang sama dengan Daniel?



TIP #03: Coba gunakan operator (AND, OR, NOT, ALL, ANY) untuk menyaring pencarian Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 0.02 detik
dipersembahkan oleh YLSA