Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  8. Ugarit dan Orang Kanaan > 
III. Negeri Kanaan. 
sembunyikan teks

Meskipun Ugarit tidak disebut di Alkitab, kota itu merupakan bagian dari negeri Kanaan. Marilah kita meneliti daerah yang lebih luas dari Kanaan seperti diuraikan dalam Perjanjian Lama.

 A. Arti Kanaan.
sembunyikan teks

Para sarjana masih memperdebatkan arti kata canaan, sama seperti mereka memperdebatkan batas-batas daerah yang ditunjuk oleh istilah ini. Pada abad ke-19, para sarjana berpikir bahwa canaan berhubungan dengan kata kerja bahasa Semit knc, yang dalam bahasa Arab berarti, "membungkuk, bersifat rendah," dan dalam bahasa Ibrani, "tunduk, merendahkan diri." Maka mereka mengartikan Canaan sebagai "dataran rendah." Dewasa ini para ahli bahasa telah meninggalkan pendekatan ini, tetapi seharusnya kita tidak mengabaikan perkataan Kejadian 9:25, "Terkutuklah Kanaan, hendaklah ia menjadi hamba yang paling hina bagi saudara-saudaranya." Dengan mudah kita dapat melihat ide keadaan yang rendah dalam ayat ini. Di sini Canaan memang dapat dikaitkan dengan akar kata bahasa Ibrani knc, "bersifat rendah."

Dewasa ini banyak ahli merasa bahwa canaan berhubungan dengan kata cuneiform Kinahhu, yang berasal dari orang Hur di Mesopotamia. Kata ini berarti "ungu kemerah-merahan," dan mengacu kepada siput murex yang banyak terdapat di pantai-pantai Laut Tengah, yang mengeluarkan bahan celup yang berwarna ungu. Bahan celup ini adalah salah satu hasil utama dari Kanaan; karena itu negeri ini disebut "negeri bahan celup ungu." Orang Fenisi memakai bahan celup ini dalam industri pakaian. Sebenarnya, kata bahasa Kanaan untuk orang Fenisi - phoinike - sangat dekat dengan kata phoinix yang berarti "ungu kemerah-merahan."

 B. Tapal Batas Kanaan. 
sembunyikan teks

Mendefinisikan kata canaan adalah sulit, dan menentukan tapal batas negeri ini adalah sama sulitnya.

 C. Firman Allah dan Kanaan.
sembunyikan teks

Mulai dengan Abraham, dan terus generasi-generasi berikutnya, Allah menjanjikan Kanaan kepada oknum-oknum (seorang bapak leluhur), kemudian kepada kelompok-kelompok (orang Israel di bawah pimpinan Musa dan Yosua). Akan tetapi, negeri Kanaan harus ditaklukkan; negeri itu tidak diserahkan begitu saja kepada orang Israel.

Firman Allah kepada umat-Nya ialah, "Dan kota itu (Yerikho) dengan segala isinya akan dikhususkan bagi Tuhan untuk dimusnahkan . . . Mereka menumpas dengan mata pedang segala sesuatu yang di dalam kota itu, baik laki-laki maupun perempuan, baik tua maupun muda, sampai kepada lembu, domba dan keledai" (Yos. 6:17a, 21).



TIP #05: Coba klik dua kali sembarang kata untuk melakukan pencarian instan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.02 detik
dipersembahkan oleh YLSA