Resource > Ensiklopedi Fakta Alkitab - Bible Almanac >  5. Agama dan Kebudayaan Penyembah Berhala >  I. Ciri-Ciri Umum Agama Penyembah Berhala: > 
B. Pemujaan Berhala. 
sembunyikan teks

Suatu sifat lain yang umum terdapat pada pemujaan berhala adalah ikonografi keagamaan (pembuatan patung atau totem untuk dipuja). Semua agama ini memuja berhala. Hanya Israel yang secara resmi bersifat aniconic (yaitu, tidak mempunyai patung, tidak ada gambar-gambar yang mewakili Allah). Patung-patung Yahweh, seperti anak lembu jantan yang dibuat oleh Harun dan Yerobeam (Kel. 32; I Raj. 12:26 dst.) dilarang dalam hukum yang kedua.

Akan tetapi sejarah agama mereka tidak selalu bersifat aniconis. Bangsa Israel menyembah berhala sementara mereka hidup dalam perhambaan di Mesir (Yos. 24:14); dan meskipun Tuhan telah membuang berhala mereka (Kel. 20:1-5), orang Moab menarik mereka ke penyembahan berhala lagi (Bil. 25:1-2). Penyembahan berhala mengakibatkan kejatuhan para pemimpin Israel pada periode yang berbeda-beda dalam sejarahnya dan akhirnya Allah mengizinkan bangsa ini dikalahkan "karena kurban-kurban mereka" kepada berhala (Hos. 4:19).

Kebanyakan agama penyembahan berhala menggambarkan ilah mereka secara antropomorfis (yaitu sebagai berwujud manusia). Sebenarnya, hanya seorang pakar yang dapat memandang sebuah gambar dewa-dewa dan orang-orang Babel lalu mengatakan yang mana dewa dan yang mana manusia. Para seniman Mesir biasanya menggambarkan dewa mereka sebagai pria dan wanita yang berkepala binatang. Horus adalah seorang laki-laki yang berkepala rajawali. Sekhmet adalah seorang perempuan yang berkepala singa betina. Anubis seorang laki-laki berkepala serigala, Hathor seorang perempuan berkepala sapi, dan lain sebagainya. Dewa-dewa orang Het dapat dikenal dari gambar senjata yang diletakkan di bahu mereka, atau dari sebuah benda lain yang khusus seperti sebuah topi baja dengan sepasang tanduk. Dewa-dewa Yunani juga digambarkan sebagai manusia, tetapi tanpa ciri-ciri yang kasar dari dewa-dewa bangsa Semit.



TIP #14: Gunakan Boks Temuan untuk melakukan penyelidikan lebih jauh terhadap kata dan ayat yang Anda cari. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA