Resource > Jurnal Pelita Zaman >  Volume 10 No. 1 Tahun 1995 > 
EDITORIAL 
sembunyikan teks

Kita semua mengetahui bahwa Kitab Suci yang sudah dikanonisasi oleh Bapak-bapak Gereja pada masa silam terdiri dari 39 kitab PL dan 27 kitab PB, sehingga total berjumlah 66 kitab. Jadi perbandingan komposisi unsur PL dan PB relatif atau hampir tepat 3 berbanding 2. Dari segi kuantitas ini saja ditambah dengan data faktual bahwa jumlah pasal-pasal dalam PL adalah 929, sedangkan dalam PB 260; sementara jumlah ayat-ayat seluruh PL 23214 dan PB 7959 ... kita dapat memastikan bahwa problematika ataupun isu-isu yang mungkin dibahas dari kandungan kitab-kitab PL melebihi dari rahim kitab-kitab PB.

Seperti yang telah disebutkan dalam JPZ Vol. 9 No. 2, 1994, maka topik-topik yang hendak dibahas pada terbitan kali ini adalah tentang persoalan di seputar PL. Sedangkan puspa ragam artikel lainnya turut memeriahkan penyajian edisi pertama tahun 1995 ini. Pada volume berikutnya JPZ akan menyoroti tema-tema yang mencuat ke permukaan berlatar belakang materi PB. Tentu saja masih sangat banyak hal yang dapat digali, dipelajari dan diperbincangkan dan seantero Alkitab sebagai salah satu mahakarya Allah. Kami berharap pada tahun-tahun mendatang formasi dan informasi serupa akan diulang lagi demi memperdalam pemahaman, memperluas wawasan dan memperkaya khazanah pengetahuan kita tentang isu-isu berkaitan erat dengan PL juga PB.

Tiga artikel di depan berturut-turut membahas struktur sosial ekonomi di Israel kuno, dan pengantar kepada teologi hikmat, serta mengacu pada salah satu tokoh dalam PL kita hendak merenungkan perihal ambisi yang dikuduskan. Selepas dari ketiganya dilanjutkan dengan pemaparan menarik yang memperbandingkan pandangan teologia Harun Hadiwijono dan Calvinisme, kemudian sorotan kritis terhadap etika situasi, dan isu mengenai iman, mahasiswa dan perubahan sosial. Pada penghujung akhir, dan masih cukup relevan dengan Paskah yang baru dirayakan, kita sekali lagi perlu memperdalam penghayatan tentang makna salib dan kesaksian Kristen. Demikianlah menu bacaan yang bisa disodorkan kepada sidang pembaca sekalian. Kami senantiasa menantikan tanggapan, dukungan dan masukan berarti dari saudara-saudara. Sampai bersua lagi dalam JPZ terbitan yang akan datang!



TIP #16: Tampilan Pasal untuk mengeksplorasi pasal; Tampilan Ayat untuk menganalisa ayat; Multi Ayat/Kutipan untuk menampilkan daftar ayat. [SEMUA]
dibuat dalam 0.02 detik
dipersembahkan oleh YLSA