TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Yosua 13:1-6

Konteks
Daerah-daerah yang belum direbut
13:1 Setelah Yosua menjadi tua 1  dan lanjut umurnya, g  berfirmanlah TUHAN kepadanya: "Engkau telah tua dan lanjut umur, dan dari negeri ini masih amat banyak yang belum diduduki. 13:2 Inilah negeri yang tertinggal: segenap wilayah orang Filistin h  dan seluruh negeri orang Gesur, i  13:3 mulai dari sungai Sikhor j  di sebelah timur Mesir sampai ke daerah Ekron k  ke arah utara--semuanya itu terhitung tanah orang Kanaan--;ada lima raja l  kota orang Filistin, yakni di Gaza, di Asdod, m  di Askelon, n  di Gat dan di Ekron--;dan orang Awi o  13:4 di sebelah selatan; seluruh negeri orang Kanaan dan Meara, kepunyaan orang Sidon, sampai ke Afek, p  sampai ke daerah orang Amori; q  13:5 selanjutnya negeri orang Gebal r  dan seluruh gunung Libanon s  di sebelah matahari terbit, mulai dari Baal-Gad di kaki gunung Hermon t  sampai ke jalan yang menuju ke Hamat; u  13:6 semua orang yang diam di pegunungan, mulai dari gunung Libanon sampai ke Misrefot-Maim; v  semua orang Sidon. Aku sendiri akan menghalau w  mereka 2  dari depan orang Israel; hanya undikanlah dahulu negeri itu di antara orang Israel menjadi milik pusaka mereka, seperti yang Kuperintahkan x  kepadamu.

Yosua 15:63

Konteks
15:63 Tetapi orang Yebus, m  penduduk kota Yerusalem, n  tidak dapat o  dihalau oleh bani Yehuda p . Jadi orang Yebus itu masih tetap diam bersama-sama dengan bani Yehuda di Yerusalem sampai sekarang.

Yosua 16:10

Konteks
16:10 Tetapi orang Kanaan yang diam di Gezer tidaklah dihalau mereka. Jadi orang Kanaan itu masih tetap tinggal di tengah-tengah suku Efraim sampai sekarang, tetapi menjadi budak rodi. h 

Yosua 17:11-18

Konteks
17:11 Tetapi di daerah Isakhar e  dan Asyer ada juga kepunyaan suku Manasye, yakni Bet-Sean f  dengan segala anak kotanya, Yibleam g  dengan segala anak kotanya, penduduk Dor h  dengan segala anak kotanya, penduduk En-Dor i  dengan segala anak kotanya, penduduk Taanakh j  dengan segala anak kotanya, dan penduduk Megido k  dengan segala anak kotanya, yakni ketiga daerah bukit l  itu. 17:12 Tetapi bani Manasye tidak dapat m  menduduki kota-kota itu, sebab orang Kanaan berhasil untuk tetap diam di negeri itu. 17:13 Setelah orang Israel menjadi kuat, orang Kanaan itu dibuatnya menjadi orang rodi, tetapi tidaklah sama sekali n  mereka itu dihalaunya 3 . 17:14 Berkatalah bani Yusuf kepada Yosua, demikian: "Mengapa engkau memberikan kepadaku hanya satu bagian undian dan satu bidang tanah saja menjadi milik pusaka, padahal aku ini bangsa yang banyak jumlahnya, karena TUHAN sampai sekarang memberkati aku? o " 17:15 Jawab Yosua kepada mereka: "Kalau engkau bangsa yang banyak jumlahnya, pergilah ke hutan p  dan bukalah tanah bagimu di sana di negeri orang Feris q  dan orang Refaim, r  jika pegunungan Efraim terlalu sesak bagimu." 17:16 Kemudian berkatalah bani Yusuf: "Pegunungan itu tidak cukup bagi kami, dan semua orang Kanaan yang diam di dataran itu mempunyai kereta besi, s  baik yang diam di Bet-Sean t  dengan segala anak kotanya maupun yang diam di lembah Yizreel. u " 17:17 Lalu berkatalah Yosua kepada keturunan Yusuf, kepada suku Efraim dan suku Manasye: "Engkau ini bangsa yang banyak jumlahnya dan mempunyai kekuatan yang besar; tidak hanya satu bagian undian v  ditentukan bagimu, 17:18 tetapi pegunungan w  itu akan ditentukan bagimu juga, dan karena tanah itu hutan, haruslah kamu membukanya; kamu akan memilikinya sampai kepada ujung-ujungnya, sebab kamu akan menghalau orang Kanaan itu, sekalipun mereka mempunyai kereta besi x  dan sekalipun mereka kuat."
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[13:1]  1 Full Life : YOSUA MENJADI TUA.

Nas : Yos 13:1

Pasal ini mengawali bagian kedua dari kitab ini. Tanah itu sudah dikuasai sedemikian rupa sehingga perlawanan terarah sudah tidak ada lagi. Negeri itu "berhenti dari perang" (Yos 11:23), sekalipun masih ada daerah-daerah yang harus ditaklukkan (ayat Yos 13:2-6).

[13:6]  2 Full Life : AKU SENDIRI AKAN MENGHALAU MEREKA.

Nas : Yos 13:6

Allah berjanji untuk menghalau orang-orang Kanaan di hadapan Israel, namun janji ini tergantung pada ketaatan Israel. Karena orang Israel mengabaikan untuk menghalau semua penduduk negeri itu, Allah membiarkan beberapa orang tinggal di antara umat-Nya. Hal ini mendatangkan banyak persoalan bagi bangsa Israel, khususnya mereka mudah jatuh ke dalam penyembahan berhala. Allah tidak terikat dengan janji-janji-Nya jikalau kita tidak setia pada syarat-syaratnya.

[17:13]  3 Full Life : TIDAKLAH SAMA SEKALI MEREKA ITU DIHALAUNYA.

Nas : Yos 17:13

Israel gagal memiliki negeri itu sepenuhnya dan mengusir sama sekali orang Kanaan karena dua alasan.

  1. 1) Mereka menginginkan keuntungan dan kemakmuran yang diperoleh dari kerja paksa dan upeti orang-orang Kanaan. Berkompromi dalam kehendak Allah demi kemudahan dan uang berarti menabur benih-benih kemurtadan bagi masa depan (bd. Hak 1:21,27-29; 2:11-13).
  2. 2) Beberapa orang Kanaan dengan "kereta besi" mereka (ayat Yos 17:16-18; Hak 1:19) memiliki perlengkapan senjata yang lebih unggul dari orang Israel yang tidak dapat mereka kalahkan dengan kekuatan sendiri. Mereka mulai kehilangan kepercayaan kepada kuasa Allah mereka untuk mengalahkan musuh mereka (bd. Mazm 20:7-9).



TIP #30: Klik ikon pada popup untuk memperkecil ukuran huruf, ikon pada popup untuk memperbesar ukuran huruf. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA