TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Yoel 1:2-5

Konteks
Tulah belalang sebagai hukuman TUHAN
1:2 Dengarlah ini, c  hai para tua-tua 1 , d  pasanglah telinga, hai seluruh penduduk negeri! e  Pernahkah terjadi seperti ini dalam zamanmu, atau dalam zaman nenek moyangmu? f  1:3 Ceritakanlah tentang itu kepada anak-anakmu, g  dan biarlah anak-anakmu menceritakannya kepada anak-anak mereka, dan anak-anak mereka kepada angkatan h  yang kemudian. 1:4 Apa yang ditinggalkan belalang 2  i  pengerip telah dimakan belalang pindahan, apa yang ditinggalkan belalang pindahan telah dimakan belalang pelompat, dan apa yang ditinggalkan j  belalang pelompat telah dimakan k  belalang pelahap. 1:5 Bangunlah, hai pemabuk 3 , dan menangislah! Merataplah, hai semua peminum anggur l  karena anggur baru, sebab sudah dirampas m  dari mulutmu anggur itu!

Yoel 2:1-11

Konteks
2:1 Tiuplah sangkakala 4  z  di Sion a  dan berteriaklah di gunung-Ku b  yang kudus! Biarlah gemetar seluruh penduduk negeri, sebab hari TUHAN c  datang, sebab hari itu sudah dekat; d  2:2 suatu hari gelap gulita e  dan kelam kabut, f  g  suatu hari berawan h  dan kelam pekat; i  seperti fajar di atas gunung-gunung terbentang suatu bangsa j  yang banyak dan kuat, yang serupa itu tidak pernah ada sejak purbakala, k  dan tidak akan ada lagi sesudah itu turun-temurun, pada masa yang akan datang. 2:3 Di depannya api l  memakan habis, di belakangnya nyala api berkobar. Tanah di depannya seperti Taman Eden, m  tetapi di belakangnya padang gurun tandus, n  dan sama sekali tidak ada yang dapat luput. 2:4 Rupanya seperti kuda, o  dan seperti kuda balapan mereka berlari. 2:5 Seperti gemertaknya kereta-kereta, p  mereka melompat-lompat di atas puncak gunung-gunung; seperti geletiknya nyala api q  yang memakan habis jerami; seperti suatu bangsa yang kuat, teratur barisannya untuk berperang. 2:6 Terhadapnya bangsa-bangsa gemetar, r  segala muka bertambah menjadi pucat pasi. s  2:7 Seperti pahlawan t  mereka berlari, seperti prajurit mereka naik tembok; dan mereka masing-masing berjalan terus u  dengan tidak membelok v  dari jalannya; 2:8 mereka tidak berdesak-desakan, mereka berjalan terus masing-masing di jalannya; mereka menerobos pertahanan dengan tombak, mereka tidak membiarkan barisannya terputus. 2:9 Mereka menyerbu ke dalam kota, mereka berlari ke atas tembok, mereka memanjat ke dalam rumah-rumah, w  mereka masuk melalui jendela-jendela x  seperti pencuri. 2:10 Di depannya bumi gemetar, y  langit bergoncang; z  matahari dan bulan menjadi gelap, a  dan bintang-bintang menghilangkan cahayanya. b  2:11 Dan TUHAN c  memperdengarkan suara-Nya d  di depan tentara-Nya. e  Pasukan-Nya sangat banyak dan pelaksana firman-Nya kuat. Betapa hebat f  dan sangat dahsyat hari TUHAN! Siapakah yang dapat menahannya? g 
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[1:2]  1 Full Life : DENGARLAH INI, HAI PARA TUA-TUA.

Nas : Yoel 1:2

Umat Allah telah kewalahan oleh malapetaka yang dahsyat. Bagi Yoel, krisis ini dikirim oleh Allah, dan para tua-tua serta umat itu harus berpaling kepada Tuhan dan berseru memohon pertolongan-Nya.

[1:4]  2 Full Life : BELALANG.

Nas : Yoel 1:4

Sifat krisis itu ialah wabah belalang hebat yang menimpa seluruh negeri; seluruh daerah pedusunan dan tumbuh-tumbuhan rusak, dan umat itu menghadapi kelaparan besar. Arti yang tepat dari keempat jenis belalang yang disebut di sini tidak jelas; mungkin yang dimaksud adalah berbagai tahap pertumbuhan belalang.

[1:5]  3 Full Life : BANGUNLAH, HAI PEMABUK.

Nas : Yoel 1:5

Mabuk adalah satu-satunya dosa yang disebutkan dalam Yoel. Mungkin disebutkannya dosa ini menunjukkan bahwa kepekaan moral umat itu terhadap dosa dan kejahatan sudah demikian tumpul sehingga mereka tidak menyadari ketika mereka mencemarkan kekudusan Allah. Gereja harus waspada agar tidak perlahan-lahan menerima cara-cara dunia dan tidak menyadari segala yang mendukakan Roh Kudus

(lihat cat. --> Ef 4:30;

[atau ref. Ef 4:30]

lihat art. PEMISAHAN ROHANI ORANG PERCAYA).

[2:1]  4 Full Life : TIUPLAH SANGKALALA.

Nas : Yoel 2:1-2

Yoel memperkuat peringatannya dengan mengacu kepada "gelap gulita dan kelam kabut", lambang-lambang hukuman dan kebinasaan. Tanggapan yang tepat terhadap hari hukuman Allah ialah ketakutan dan kegentaran.



TIP #14: Gunakan Boks Temuan untuk melakukan penyelidikan lebih jauh terhadap kata dan ayat yang Anda cari. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA