TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Yesaya 54:5

Konteks
54:5 Sebab yang menjadi suamimu q  ialah Dia yang menjadikan r  engkau, TUHAN semesta alam nama-Nya; yang menjadi Penebusmu s  ialah Yang Mahakudus, t  Allah Israel, Ia disebut Allah seluruh bumi. u 

Yesaya 54:12

Konteks
54:12 Aku akan membuat kemuncak-kemuncak tembokmu dari batu delima, pintu-pintu gerbangmu y  dari batu manikam merah dan segenap tembok perbatasanmu dari batu permata.

Yesaya 5:1-30

Konteks
Nyanyian tentang kebun anggur
5:1 Aku hendak menyanyikan nyanyian tentang kekasihku, nyanyian kekasihku tentang kebun r  anggurnya 1 : Kekasihku itu mempunyai kebun anggur di lereng bukit yang subur. 5:2 Ia mencangkulnya dan membuang batu-batunya, dan menanaminya dengan pokok anggur s  pilihan; ia mendirikan sebuah menara jaga t  di tengah-tengahnya dan menggali lobang tempat memeras anggur; u  lalu dinantinya supaya kebun itu menghasilkan buah anggur yang baik, tetapi yang dihasilkannya ialah buah anggur yang asam. v  5:3 Maka sekarang, hai penduduk Yerusalem, dan orang Yehuda, adililah antara Aku dan kebun anggur-Ku itu. w  5:4 Apatah lagi yang harus diperbuat untuk kebun anggur-Ku itu, yang belum Kuperbuat kepadanya? x  Aku menanti supaya dihasilkannya buah anggur yang baik, mengapa yang dihasilkannya hanya buah anggur yang asam? y  5:5 Maka sekarang, Aku mau memberitahukan kepadamu apa yang hendak Kulakukan kepada kebun anggur-Ku itu: Aku akan menebang pagar durinya, sehingga kebun itu dimakan habis, z  dan melanda temboknya, a  sehingga kebun itu diinjak-injak; b  5:6 Aku akan membuatnya ditumbuhi semak-semak, c  tidak dirantingi dan tidak disiangi, sehingga tumbuh puteri malu dan rumput; d  Aku akan memerintahkan awan-awan, supaya jangan diturunkannya hujan e  ke atasnya. 5:7 Sebab kebun anggur f  TUHAN semesta alam ialah kaum Israel, dan orang Yehuda ialah tanam-tanaman kegemaran-Nya; dinanti-Nya keadilan, g  tetapi hanya ada kelaliman, dinanti-Nya kebenaran h  tetapi hanya ada keonaran. i 
Peringatan tentang pelbagai keburukan
5:8 Celakalah j  mereka 2  yang menyerobot rumah demi rumah dan mencekau ladang demi ladang, k  sehingga tidak ada lagi tempat bagi orang lain dan hanya kamu sendiri yang tinggal di dalam negeri! 5:9 Di telingaku terdengar l  firman TUHAN m  semesta alam: "Sesungguhnya banyak rumah akan menjadi sunyi sepi; n  rumah-rumah yang besar dan yang baik tidak akan ada penghuninya. 5:10 Sebab kebun anggur yang luasnya sepuluh hari membajak akan menghasilkan hanya satu bat anggur; dan satu homer benih akan menghasilkan hanya satu efa gandum. o " 5:11 Celakalah p  mereka yang bangun pagi-pagi dan terus mencari minuman keras, dan duduk-duduk sampai malam hari, sedang badannya dihangatkan anggur! q  5:12 Kecapi dan gambus, rebana r  dan suling, s  serta anggur terdapat dalam perjamuan-perjamuan mereka, tetapi perbuatan TUHAN tidak dipandangnya t  dan pekerjaan u  TUHAN tidak dilihatnya. 5:13 Sebab itu umat-Ku harus pergi ke dalam pembuangan, v  oleh sebab mereka tidak mengerti w  apa-apa; orang-orang yang mulia x  akan mati kelaparan, dan khalayak ramai akan menderita kehausan. y  5:14 Sebab itu dunia z  orang mati akan membuka kerongkongannya a  lapang-lapang dan akan mengangakan mulutnya lebar-lebar dengan tiada terhingga, sehingga lenyap ke dalamnya segala kesemarakan dan keramaian Yerusalem, segala kegaduhannya dan orang-orang yang bersukaria b  di kota itu. 5:15 Maka manusia akan ditundukkan, c  dan orang akan direndahkan, d  ya, orang-orang sombong e  akan direndahkan. 5:16 Tetapi TUHAN semesta alam akan ternyata maha tinggi f  dalam keadilan-Nya, g  dan Allah yang maha kudus akan menyatakan kekudusan-Nya h  dalam kebenaran-Nya. 5:17 Maka domba-domba akan makan rumput di situ seperti di padangnya i  sendiri dan kambing-kambing akan mencari makan dalam reruntuhan gedung-gedung orang kaya. 5:18 Celakalah j  mereka yang memancing kesalahan dengan tali k  kedustaan dan dosa l  seperti dengan tali gerobak, 5:19 yang berkata: "Baiklah Allah lekas-lekas dan cepat-cepat m  melakukan tindakan-Nya, supaya kita lihat; dan baiklah keputusan Yang Mahakudus, n  Allah Israel, datang mendekat, supaya kita tahu. o " 5:20 Celakalah p  mereka yang menyebutkan kejahatan itu baik 3  q  dan kebaikan itu jahat, r  yang mengubah kegelapan menjadi terang dan terang menjadi kegelapan, s  yang mengubah pahit menjadi manis, dan manis menjadi pahit. t  5:21 Celakalah mereka yang memandang dirinya u  bijaksana, yang menganggap dirinya pintar! 5:22 Celakalah mereka yang menjadi jago minum v  dan juara dalam mencampur minuman w  keras; 5:23 yang membenarkan orang fasik karena suap x  dan yang memungkiri hak y  orang benar. z  5:24 Sebab itu seperti lidah api a  memakan jerami, b  dan seperti rumput kering habis lenyap dalam nyala api, demikian akar-akar mereka akan menjadi busuk, c  dan kuntumnya akan beterbangan seperti abu, d  oleh karena mereka telah menolak pengajaran TUHAN 4  semesta alam dan menista firman e  Yang Mahakudus, f  Allah Israel.
Bangsa asing sebagai alat murka TUHAN
5:25 Sebab itu bangkitlah murka g  TUHAN terhadap umat-Nya, diacungkan-Nya tangan-Nya terhadap mereka dan dipukul-Nya mereka; gunung-gunung akan gemetar, h  dan mayat-mayat i  mereka akan seperti kotoran j  di tengah jalan. k  Sekalipun semuanya ini terjadi, murka-Nya belum surut, l  dan tangan-Nya masih teracung. m  5:26 Ia akan melambaikan panji-panji n  kepada bangsa yang dari jauh 5 , dan akan bersuit o  memanggil mereka dari ujung bumi; p  sesungguhnya mereka akan datang dengan segera, dengan cepat! 5:27 Tiada yang lelah q  dan tiada yang tersandung di antaranya; mereka tidak terlelap dan tidak tertidur, tidak terlepas ikat r  pinggangnya s  dan tali kasutnya tidak terputus; t  5:28 anak panahnya ditajamkan, u  dan segala busurnya v  dilentur; kuku w  kudanya keras seperti batu api dan roda keretanya seperti puting beliung. x  5:29 Aumnya seperti singa y  betina, mereka mengaum seperti singa muda; mereka meraung dan menangkap z  mangsanya, membawanya lari dan tidak ada yang melepaskan. a  5:30 Pada hari b  itu mereka akan diliputi oleh suara seperti suara laut c  menderu. Jika orang memandang ke bumi, sesungguhnya, ada gelap d  yang menyesakkan, e  dan terang menjadi gelap f  oleh awan-awan!
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[5:1]  1 Full Life : KEBUN ANGGUR.

Nas : Yes 5:1-7

Nyanyian kebun anggur ini menunjukkan bahwa Allah berusaha sedapat-dapatnya untuk menjadikan Yehuda bangsa yang benar dan produktif. Hanya ketika mereka gagal menjadi apa yang diinginkan-Nya barulah Allah membinasakan kebun anggur-Nya (bd. perumpamaan Yesus tentang penggarap-penggarap kebun anggur dalam Mat 21:33-44). Perumpamaan Yesaya secara historis menunjuk kepada kebinasaan Yerusalem dan kerajaan Yehuda pada tahun 586 SM.

[5:8]  2 Full Life : CELAKALAH MEREKA.

Nas : Yes 5:8-32

Enam ucapan celaka (yaitu pernyataan hukuman) diucapkan atas enam macam dosa:

  1. (1) Keserakahan yang mementingkan diri (ayat Yes 5:8),
  2. (2) perilaku bermabuk-mabukan (ayat Yes 5:11-12),
  3. (3) cemoohan terhadap kuasa Allah untuk menghukum dosa mereka (ayat Yes 5:18-19),
  4. (4) pemutarbalikan standar-standar moral Allah (ayat Yes 5:20),
  5. (5) keangkuhan dan kesombongan (ayat Yes 5:21), dan
  6. (6) pemerkosaan keadilan (ayat Yes 5:22-23; bd. enam ucapan celaka Kristus kepada golongan agama yang munafik;

    lihat cat. --> Mat 23:13;

    lihat cat. --> Mat 23:28).

    [atau ref. Mat 23:13; Mat 23:28]

[5:20]  3 Full Life : MENYEBUTKAN KEJAHATAN ITU BAIK.

Nas : Yes 5:20

Pada satu pihak, masyarakat sering kali mengagungkan dosa dengan menyebutkan kebobrokan akhlak itu kekuatan jantan, atau dengan menyebutkan kebejatan dan perbuatan tidak wajar itu kebajikan sejati dan kebebasan yang patut dipuji; pada pihak yang lain, masyarakat menentang kebenaran dengan menyebutnya kejahatan. Perhatikan kedua contoh umum ini di mana pola ini terjadi:

  1. 1) Ketidakwajaran seksual (mis. homoseksualitas atau lesbianisme) disebut sebagai gaya hidup alternatif yang sah yang harus diterima secara terbuka, sedangkan penentang perilaku semacam itu, yaitu orang yang menerima standar alkitabiah, disebut orang fanatik yang mengabadikan prasangka yang menindas

    (lihat art. NORMA-NORMA MORALITAS SEKSUAL).

  2. 2) Golongan yang menyetujui pengguguran kandungan disebut orang "peka" dengan komitmen tinggi kepada hak-hak asasi seorang wanita, sedangkan golongan pro-hidup aktif disebut "ekstremis" atau "fanatik agama". Akan tetapi, orang percaya tetap harus mengabdi dengan sepenuh hati dan tidak goyah kepada semua standar Allah mengenai baik dan buruk sebagaimana dinyatakan dalam Firman-Nya yang tertulis.

[5:24]  4 Full Life : MENOLAK PENGAJARAN TUHAN.

Nas : Yes 5:24

Yesaya mengajarkan doktrin tentang hukuman yang sepadan atas dosa. Menolak hukum-hukum Allah dan menghina firman-Nya akan mengakibatkan orang diserahkan kepada semua akibat dosa mereka dan hukuman ilahi (ayat Yes 5:25; bd. Hos 4:6).

[5:26]  5 Full Life : BANGSA YANG DARI JAUH.

Nas : Yes 5:26

Yesaya melukiskan pembinasaan Yehuda yang akan datang oleh bangsa yang dari jauh. Pembinasaan itu sudah dekat dan pasti terjadi, dan Yehuda tidak mempunyai kekuatan apa-apa untuk menolak musuh. Pastilah Yesaya bernubuat mengenai penyerbuan Asyur yang tentaranya menjarah Yehuda pada tahun 701 SM dan tentara Babel yang mulai menyerang tahun 605 SM. Allah sering kali memakai bangsa asing untuk menghukum kemurtadan umat-Nya

(lihat cat. --> Mat 5:13).

[atau ref. Mat 5:13]



TIP #18: Centang "Hanya dalam TB" pada Pencarian Universal untuk pencarian teks alkitab hanya dalam versi TB [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA