TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Yesaya 1:1

Konteks
Judul
1:1 Penglihatan 1  a  yang telah dilihat b  Yesaya 2  bin Amos tentang Yehuda 3  dan Yerusalem c  dalam zaman Uzia, d  Yotam, e  Ahas f  dan Hizkia, g  raja-raja Yehuda.

Yesaya 6:1

Konteks
Yesaya mendapat panggilan Allah
6:1 Dalam tahun matinya g  raja Uzia 4  h  aku melihat Tuhan 5  i  duduk di atas takhta j  yang tinggi dan menjulang, k  dan ujung jubah-Nya l  memenuhi Bait Suci.

Yehezkiel 1:3

Konteks
1:3 datanglah firman TUHAN kepada imam Yehezkiel 6 , f  anak Busi, di negeri orang Kasdim di tepi sungai Kebar, dan di sana kekuasaan TUHAN meliputi dia. g 
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[1:1]  1 Full Life : PENGLIHATAN.

Nas : Yes 1:1

Yesaya tidak menubuatkan atau mencatat pikirannya sendiri; sebaliknya, ia menerima berbagai penglihatan dari Allah yang diilhamkan oleh Roh Kudus (bd. 2Pet 1:20-21). Dia diizinkan melihat peristiwa-peristiwa yang akan terjadi di dalam rencana keselamatan Allah melalui komunikasi yang tanpa salah dari Allah sendiri.

[1:1]  2 Full Life : YESAYA.

Nas : Yes 1:1

Nama Yesaya artinya "Tuhan menyelamatkan". Selaku nabi yang ditugaskan Allah, Yesaya memulai pelayanannya pada tahun 740 SM, yaitu tahun wafatnya Raja Uzia

(lihat cat. --> Yes 6:1).

[atau ref. Yes 6:1]

Ia bernubuat selama 40 tahun atau lebih dan mungkin wafat sekitar 680 SM

(lih. Pendahuluan untuk keterangan lebih banyak mengenai Yesaya).

[1:1]  3 Full Life : TENTANG YEHUDA.

Nas : Yes 1:1

Pelayanan nabi Yesaya terjadi selama masa kerajaan yang pecah

(lihat cat. --> 1Raj 12:20;

lihat cat. --> 2Taw 10:1).

[atau ref. 1Raj 12:20; 2Taw 10:1]

Kerajaan utara, disebut sebagai "Israel", "Samaria", atau "Efraim", meliputi sepuluh suku Israel. Kerajaan selatan, yang biasanya disebut "Yehuda" dengan ibu kota Yerusalem, terdiri atas suku Yehuda dan Benyamin. Kedua kerajaan ini telah berpaling dari Allah dan hukum-Nya kepada bangsa-bangsa asing dengan dewa-dewa palsu mereka untuk membebaskan mereka dari musuh. Kerajaan utara dikalahkan dan dimusnahkan oleh Asyur pada tahun 722 SM. Yesaya mengingatkan Yehuda bahwa mereka juga akan dibinasakan karena dosa dan kemurtadan mereka (Yes 39:6).

[6:1]  4 Full Life : DALAM TAHUN MATINYA RAJA UZIA.

Nas : Yes 6:1

Tahun itu adalah sekitar 740 SM (bd. 2Taw 26:16-21). Sekalipun Yesaya mungkin sudah bernubuat sebelumnya (pasal Yes 1:1-5:30), kini dia menerima penglihatan dari Allah, disucikan, dan diberikan perintah khusus untuk menyampaikan firman Allah kepada umat yang buta, tuli, dan tidak peka secara rohani (ayat Yes 6:9-10).

[6:1]  5 Full Life : AKU MELIHAT TUHAN.

Nas : Yes 6:1

Penglihatan ini memberikan Yesaya pemahaman yang tepat tentang amanat dan panggilannya. Penglihatan ini menyatakan salah satu pokok utama kitab ini, yaitu bahwa kemuliaan, keagungan, dan kekudusan Allah menuntut bahwa mereka yang melayani Dia juga harus kudus. Gereja-gereja dewasa ini juga memerlukan penglihatan Allah di tengah-tengah mereka sebagai Tuhan yang kudus dan Hakim segala sesuatu. Kesadaran akan perlunya pekerjaan pengudusan Allah di dalam kehidupan kita sudah pasti akan menyertai penglihatan semacam ini; hasilnya bisa menjadi mirip dengan pengalaman Yesaya -- pengakuan dosa yang sungguh-sungguh, penyucian mulia, dan penugasan berkuasa oleh Allah dalam kaitan dengan kehendak dan panggilan-Nya (ayat Yes 6:5-8; bd. Wahy 1:13-17).

[1:3]  6 Full Life : DATANGLAH FIRMAN TUHAN KEPADA IMAM YEHEZKIEL.

Nas : Yeh 1:3

Imam Yehezkiel menerima panggilan untuk menjadi nabi pada tahun 593 SM, 4 tahun setelah dia tiba di Babel. Rupanya dia tinggal dekat Sungai Kebar, mungkin di sebuah saluran pelayaran kapal di Sungai Efrat sekitar 80 kilometer sebelah tenggara Babel. Tugasnya ialah menjelaskan alasan terjadinya penawanan, menubuatkan kejatuhan Yerusalem, membawa umat yang terbuang itu kembali kepada Allah dan memberikan mereka harapan melalui janji Allah tentang pemulihan.



TIP #28: Arahkan mouse pada tautan catatan yang terdapat pada teks alkitab untuk melihat catatan ayat tersebut dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA