TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Kejadian 48:13-20

Konteks
48:13 Setelah itu Yusuf memegang mereka keduanya, dengan tangan kanan dipegangnya Efraim, yaitu di sebelah kiri Israel, dan dengan tangan kiri Manasye, yaitu di sebelah kanan u  Israel, lalu didekatkannyalah mereka kepadanya. 48:14 Tetapi Israel v  mengulurkan tangan kanannya dan meletakkannya di atas kepala Efraim, w  walaupun ia yang bungsu, x  dan tangan kirinya di atas kepala Manasye--jadi tangannya bersilang, walaupun Manasye yang sulung. y  48:15 Sesudah itu diberkatinyalah z  Yusuf, katanya: "Nenekku dan ayahku, Abraham dan Ishak, telah hidup a  di hadapan Allah; Allah itu, sebagai Allah yang telah menjadi gembalaku b  selama hidupku 1  sampai sekarang, 48:16 dan sebagai Malaikat c  yang telah melepaskan aku dari segala bahaya, d  Dialah kiranya yang memberkati e  orang-orang muda ini, f  sehingga namaku serta nama nenek dan bapaku, Abraham dan Ishak, g  termasyhur oleh karena mereka dan sehingga mereka bertambah-tambah menjadi jumlah yang besar di bumi. h " 48:17 Ketika Yusuf melihat bahwa ayahnya meletakkan tangan kanannya i  di atas kepala Efraim, j  hal itu dipandangnya tidak baik; lalu dipegangnya tangan ayahnya untuk memindahkannya dari atas kepala Efraim ke atas kepala Manasye. 48:18 Katanya kepada ayahnya: "Janganlah demikian, ayahku, sebab inilah yang sulung, letakkanlah tangan kananmu ke atas kepalanya. k " 48:19 Tetapi ayahnya menolak, katanya: "Aku tahu, anakku, aku tahu; ia juga akan menjadi suatu bangsa dan ia juga akan menjadi besar kuasanya; l  walaupun begitu, adiknya akan lebih besar kuasanya 2  dari padanya, m  dan keturunan adiknya itu akan menjadi sejumlah besar bangsa-bangsa. n " 48:20 Lalu diberkatinyalah o  mereka pada waktu itu, p  katanya: "Dengan menyebutkan namamulah orang Israel q  akan memberkati, r  demikian: Allah kiranya membuat engkau seperti Efraim s  dan seperti Manasye. t " Demikianlah didahulukannya Efraim dari pada Manasye.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[48:15]  1 Full Life : YANG TELAH MENJADI GEMBALAKU SELAMA HIDUPKU.

Nas : Kej 48:15

Yakub meninggalkan anak-anaknya dengan sebuah teladan iman yang tekun kepada Allah dan suatu kesaksian bahwa Allah telah menggembalakannya sepanjang hidupnya, membebaskannya dari semua bahaya. Kitab Ibrani menunjuk kepada tindakan Yakub bila memberkati Efraim dan Manasye sebagai bukti akhir akan kesungguhan imannya kepada Allah (Ibr 11:21). Hal terbesar yang dapat diwariskan seorang ayah kepada anak-anaknya ialah iman dan komitmennya kepada Allah dan jalan-jalan-Nya. Tidak ada warisan yang lebih berharga lagi.

[48:19]  2 Full Life : ADIKNYA AKAN LEBIH BESAR KUASANYA.

Nas : Kej 48:19

Perhatikanlah bahwa sering dalam sejarah PL Allah memilih yang muda atas yang tua. Ia memilih Ishak dan bukan Ismael (Kej 21:12), Yakub dan bukan Esau (Kej 25:23), Yusuf dan bukan Ruben (ayat Kej 48:21-22; Kej 49:3-4), Efraim dan bukan Manasye (ayat Kej 48:14-20), Gideon dan bukan kakak-kakaknya (Hak 6:11-16), dan Daud atas kakak-kakaknya (pasal 1Sam 16:23). Penekanan ini menunjukkan bahwa yang pertama menurut manusia belum tentu menjadi yang pertama di hadapan Allah. Allah memilih orang berdasarkan kesungguhan, kemurnian, dan kasih mereka, bukan berdasarkan kedudukan dalam keluarga

(lihat cat. --> Mat 19:30;

lihat cat. --> Mat 20:26;

[atau ref. Mat 19:30; 20:26]

1Kor 1:27-28; Yak 2:5).



TIP #27: Arahkan mouse pada tautan ayat untuk menampilkan teks ayat dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA